1

Topic: Memandikan Bayi

sidiqpr, kalo pengalaman gw, sehari dua kali sih, tapi sepertinya memang tergantung kondisi masing2 aja, nggak ada patokan berapa kalinya.

Gw kan tinggal di pinggiran Jakarta dan daerahnya lumayan panas, dulu anak2 sering berkeringat dan kadang menyebabkan keringet buntet, jadi dengan dimandiin teratur pagi dan sore kulit mereka justru bersih dan seger terus sepanjang hari..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

2

Topic: Memandikan Bayi

aloo momss.. mau tanya mulai berapa bulan ya mulai perlu sabunin muka bayi waktu mandi? n sabunnya sama kah atau diebadain? thankss before ^^

3

Topic: Memandikan Bayi

Hai Mamas..
mau cerita dikit nih, akhir2 ini anak ku kalau dimandiin selalu menjerit histeris. Padahal sebelum nya saat2 mandi itu kegiatan favoritnya.

Awal2 pas nenek nya mandiin pake bangku plastik trs ga seimbang akhirnya jatuh, posisi anakku sih ga knp2 tp dia nangis kejer. Trs pas aku mandiin hal serupa jg terjadi, dan sampe akhirnya dia ngerasain hal yg sama keempat kali nya.
Stupid thing that i had done, aku gak kapok pake bangku plastik itu buat mandiin anak. Dan skrg aku nyesel plus sedih ngeliat dia klo dimandiin ketakutan dan menjerit histeris :(

Segala macam cara ngerayu anak ku untuk mandi gak berhasil, dia trauma bgt kayanya hiks..
Btw anak ku udah mau 7 bulan.

Mamas ada yg bisa bantu kasih solusi gak, udah seminggu ini kejadiannya.

4

Topic: Memandikan Bayi

Isthie

Duh, ikut prihatin ya mama, semoga anaknya cepet pulih dari traumanya. Btw maksudnya dimandiin pake bangku plastik itu si baby ditaruh bangku plastik atau yang mandiin duduk di bangku plastik ya? Maap malah balik nanya.

Anak saya dulu juga pernah agak trauma buat mandi karena kebanyakan polah dan teguling dari baby bathernya. Akhirnya setiap mau mandi, saya/bapaknya ngajak dia hepihepi dulu sampe ketawa2 ngakak, terus pelan2 dibawa ke kamar mandi. Kadang berhasil, kadang nggak.

Kalo pas dia tetep nangis begitu masuk kamar mandi walaupun sebelumnya ketawa2, akhirnya saya/bapaknya mandiin dia sambil dia kami pangku, bahkan dipeluk. Agak ribet sih emang, dan kitanya juga ikutan basah, hehehe.. Tapi in my case itu berhasil, lama2 dia jadi nggak takut & nangis lagi. Mungkin pada akhirnya yakin kalo mandi itu aman karena kita jagain, hehehe..

Semoga bermanfaat ya mama.

5

Topic: Memandikan Bayi

Isthie
ikut sedih bacanya.. Mungkin saran mama qisthi bisa dicoba. Keponakanku juga ada yang tiap mau mandi nangis. pdhl kalo di rumahnya sendiri gak begitu. Tapi kalo datang kesini, ke rumah eyangnya, tiap mau mandi nangis kejer. Akhirnya mandiinnya juga sambil dipangku dan dipeluk. Basah sih, tapi mengurangi. Baru pelan-pelan dibiasakan lagi mandi di baknya.
Atau mungkin bisa juga dicoba cari suasana baru ketika mandi. Warna baknya ganti, atau tempat mandinya ganti. Hanya untuk mengurangi hal yang membuatnya trauma.
Semoga trauma lekas berlalu yaa.. dan Happy mandi dan maen air lagi. *peyuk*

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's