1

Topic: Placenta Previa

hai mama..., aku lagi hamil 15w, n sudah ngalamin bleeding beberapa kali. bulan 1 bleeding kata dokter, mungkin ngabisin sisa2 darah bekas mens. 2 minggu lalu aku painless bleeding lagi. nyadar2nya di panties ku kog udah pink melebar..., dan itu beberapa hari berturut2. periksa ke dokter, kata dsogku bayiku bagus, hanya kandunganku lemah, ari2nya dibawah. jadi gk boleh terlalu capek, gk boleh banyak jalan dan angkat berat2. aku gak dikasih obat apa2 ama dokter berhubungan dengan penguat kandungan.

Emang siy, akhir2 ini akku banyak sekali capek, mulai susternya anakku (1.5th) kabur.., dan anakku sakit flu singapure...jadinya minta gendongan teruss. Ampe sekarang udah dapet pengganti suster juga anakku maunya digendong mulu ama aku...


Setelah baca di TUM, aku ngeh ternyata aku punya banyak alasan untuk PP :
1. Usiaku 34th (>30th)
2. Anak pertamaku lahir lwt CS
3. gw perokok pasif (misua yang ngerokok..., gk bisa dihindari sedikit banyak asap rokok kehirup aku juga siy)
4. pulang pergi kantor aku selalu naik ojek motor (mungkin kena efek ajruk2an ya..)
5. aku sering kecapekan..ama angkat berat2...gendong anakku.

Skarang lagi berusaha untuk tidak terlalu capek.., karna kalau kecapekan perutku suka kram dan berbuntut bleeding lagi.
Ama pengen deh nyari korset ibu hamil.., efek gak ya untuk menahan perut biar gk bleeding2 lagi...ama mo nyoba bersujud ah..., sapa tau bisa mambantu placentaku muter ke atas.
Tadi siy dsogku minta aku kontrol lagi hari kamis, krn masih bleeding. semoga semua baik2 saja....

2

Topic: Placenta Previa

echie wrote:
secara fisik gejalanya apa ya?jd sebelum ada vonis dokter bisa aware duluan..tq

Kalo ndak salah,salah satu gejalanya,di awal kehamilan suka ngeflek-ngeflek gitu..CMIIW

Waktu hamil anak pertama,aku divonis placenta previa letak rendah,gak sampe total, dan gak ada flek sejak awal kehamilan sampe lahiran. Cuma dokter dari awal udah bilang,si placenta menutupi setengah jalan lahir,jadi peluang cesar dan normal fifty-fifty. Alhamdulillah,anakku lahir normal,meski diinduksi,dan di tengah proses lahirannya(saat nunggu bukaan 1-10) sempat bilang, kalo yang 'teraba' placenta,maka ibu harus cesar,tapi kalo yang 'teraba' kepala bayi,ibu bisa lahir normal....Alhamdulillah,kepala bayi yang teraba...lahir dech sikecil(eh,udah gak kecil lagi dech sekarang),usianya udah 5 tahun,dan dah gak sabar minta adik...mohon doanya ya mamas,tahun ini dikasih adik...^_^

Just because i smile all the time, doesn't mean my life is perfect. That smile is a symbol of hope & strength....

3

Topic: Placenta Previa

Jadi inget, dulu pas msk 20w gw sempet ngeflek, tp cuma 1x itu doang. Sama DSog nya disuruh cek darah, tp pas itu hasilnya keliatan kalo urine gw byk bakteri. Jd dr situ gw cm dikasih obat (lupa namanya), sm disuruh minum air putih byk2. Nah! Pas masuk 28w br ketauan kalo trnyata plasenta gw dibawah. Abis dikasih tau gt, agak waswas kl nti hrs SC. Dari situ, gw rajin sujud tiap br bangun tidur & mau tidur. Kalo abis shalat sujud lg smbil doa & ngajakin baby ngobrol biar nanti lahiran bs lancar n normal. Alhamdulillah pas kontrol lg di 35w plasenta udh naik, dan gw bisa lahiran normal.

Oooh.. ARSENIA we love you..!!

4

Topic: Placenta Previa

aku juga di vonis placenta previa marginal pas 21 weeks. terakhir pas kontrol 28 weeks, obgyn bilang kemungkinan SC 70%.

Untungnya selama 30 weeks ini ngga pernah flek ato bleeding, memang sih obgyn banyak bgt kasih larangan. Kaya ngga boleh kecapean & 'campur' sama suami sama sekali, kalo yoga hamil nyeri sedikit langsung stop dll. Smua aku jalanin, gara" exp temen yg PP juga & sempet bleeding, serem juga sih pas tau. Dan pastinya aku ngga mau smp ada apa" sama baby, krn aku baru hamil setelah 1,5th merit.

aku pernah di kasih tau sepupu &temen juga, kl bisa mulai rajin nungging & ajak ngomong baby nya biar nanti lahir normal, trs yg bisa di bilang aneh tuh pas di suruh ngomong "plasenta naik ya biar bisa lahiran normal"
Smoga nantinya bisa lahiran normal & makin yakin sama exp temen" di sini kl PP bisa lahiran normal juga

5

Topic: Placenta Previa

ini pengalamanku sendiri jadi sept 2011 kemarin aku melahirkan SC krn dr umur 4 bulan ada indikasi kondisi kandunganku PP(plasenta Previa) setiap aku kontrol berharap ari2nya bergeser ga lagi nutupin jalan lahir, bulan ke 5,6,7,8 tetep aja ga ada perubahan, dokter cuma titip pesan ga boleh kecapean dan 70 pct mereka vonis aku bakal lahir SC harapan ga pernah putus meskipun kadang sering meneteskan air mata karena ini kehamilan pertamaku dan temen2 sekantor dan keluarga ga ada pengalaman melahirkan SCdan pada bulan ke-8 tiba2 aku mengeluarkan cairan pink dan perutku keras kata dokternya gejala kontraksi dirawatlah semaleman di rs 2 hari kemudian aku pendarahan hebat layaknya ketuban pecah tapi bukan cairan melainkan darah yang keluar akhirnya aku dirawat lagi 3 hari di infus nonstop katanya untuk menguatkan paru2janinku dan mengurangi pendarahan setelah 3 hari dirawat malamnya aku diijinkan pulang sama dokter kemudiaaaannn jam 1 pagi aku bleeding lagi sampai akhirnya dokter memutuskan aku untuk segera operasi karena kasian sama aku dan bayiku karena sudah 3x bleeding lahirlah #Tegar di usia 33 weeks,syukurlah operasi berjalan lancar bayiku kecil (2,250 gr).

Aku tetap positive thinking SC ataupun lahiran normal itu anugrah yang penting bayi sehat dan selamat, tapi moms yang saat ini lagi hamil PP tetap semangat, sepupuku ada yang mengalami PP juga di bulan bulan terakhir jalan lahirnyapun terbuka akhirnya bisa lahiran secara normal

6

Topic: Placenta Previa

dari awal kehamilan gw pesen ke dokter untuk lahiran secaranormal, dan dokter support hal itu, tapi di bulan ke 6 berbagai kasus satu persatu mulai terjadi, dari bayi kelilit plasenta lah, sampe posisi bayi yg sungsang, oleh dokter disarankan untuk menjalin komunikasi dengan si bayi dengan cara membelai2 perut seolah2 kita kita ngobrol, apalagi pas nginjak trimester 3, gw sengaja bercapek2 ria, dari mulai jalan kaki sejauh mungkin, naik turun angkot, kreta, tangga dsb....gw lakuin smua itu dengna harapan lahiran normal...tp dari minggu ke 37 pas periksa dalem, posisi kepala bayi belum pas di rongga jalan lahir ato apalah, gw kurang paham waktu itu, suami yg rajin bertanya ini itu ma Obgyn nya, dari minggu ke 38 sd minggu 39 gw ngerasa setiap jalan, kok kayaknya berasa ada yg mau jatuh dan rasanya pengen pipis terus, gw pikir mungkin udah mo deket lahiran, pas minggu ke 39, paginya gw masih sempet ikut senam hamil, pulang senam hamil, gw sempet jalan2 juga di sekitar rumah, sorenya gw pergi ke dokter buat periksa, terus dokter ngecek kok detak jantung bayi gw diatas rata, lalu di cek di ruangan khusus untuk make sure aja, jadi laporan suster sesuai prediksi dokter, dan gw ngalamain yg namanya pengen pup dan mual2, ternyata itu kata dokter bayi gw meronta seolah minta tolong untuk segera dikeluarkan karena ternyata dia terlilit dan jalan lahir gw terhalang oleh placenta (placenta previa), mau gak mau malam itu gw C-Section, pas tengah malem....setelah lahiran, dokter mengatakan bhw air ketuban gw udah mulai agak menghijau, dan alhamdulillah bayi gw gak kenapa2...

simple mom

7

Topic: Placenta Previa

oh..baru baca thread ini setelah didiagnosa placenta previa di kehamilan 35weeks..pantes klo jalan agak lama rasanya kaya didesek bgt ky yg hampir2 brojol n sakit bagian selangkangan nya..masih ada chance buat geser normal lagi ga ya?ini kehamilan ke 2 ku sih yg pertama lahiran normal jadi agak2 nervous begitu dokternya bilang kemungkinan hrs caesar..

8

Topic: Placenta Previa

Hai Mamas, untuk yang punya pengalaman Placenta Previa sebagian , dan usia kandungan masih dibawah 7 bulan, masih ada harapan untuk placentanya bergeser naik, sering-sering nungging (kl muslim, sujud sangat membantu), trs sering-sering juga bilang sm baby diperut supaya dia juga bantu supaya posisinya berubah.. hope it helps. 

9

Topic: Placenta Previa

Halohola,

Mau sharing pengalaman juga.
Bener kata mbak @adita07 . Jika placenta previa terlihat di UK di bawah 28 weeks, insya Allah masih ada kesempatan berubah posisi. aku didiagnosis punya marginal placenta previa di UK 14weeks. Alhamdulillah pelan2 bergeser ke tempatnya seiring dengan meregangnya otot rahim :) karena rahim kita kayak balon. Terakhir kontrol (UK 23weeks) alhamdulillah plasenta sudah tidak menghalangi jalan lahir sama sekali. banyak2 memberi afirmasi kepada diri sendiri dan komunikasi sama janin ya, mamas. komunikasi juga sama teman2 pelindung nya selama di rahim (ketuban, tali pusat dan plasenta) and keep an active lifestyle believe me, it works! :)

10

Topic: Placenta Previa

Halo mom, jalan terbaik memang ikutin kata dokter saat check up. 

11

Topic: Placenta Previa

Apapun jalan lahirnya, sama2 jadi ibu kok mom. Jika dokter menyarankan sc dan itu demi keselamatan kita sendiri, nggak masalah. Semua proses persalinan tidak mengurangi nilai sebagai ibu. Biar mom lebih tenang, bisa konsul2 ke dokter ya.