1

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

hi moms,

share dong pengalaman ttg senam hamil dan persiapan sebelom melahirkan disini! apakah menurut kalian senam hamil itu useless atau bener2 helpful banget?

gue sendiri selama hamil gak ikutan senam hamil yang khusus. tapi gue yoga sendiri di rumah. kebetulan gue emang dari dulu suka yoga, jadi selama hamil gue beli dvd yoga for pregnant ladies gitu dan diterapin aja di rumah sendiri. plus karena gue juga ngantor dan mesti naek public transportation, jadinya gue jalan kemana2.

dan sebelom detik2 lahiran pun, gue disuruh bebersih apt ama nyokap. ngepel, nyapu, ngangkat2 barang dan jalan seharian kesana kemari. walopun bikin gue capek dan ngomel2 karena kecapekan jalan kesana kemari tapi ternyata mayan helpful pas lahiran. karena jadinya cepet banget dari bukaan sampe lahiran & stamina gue pun mayan kuat tuh.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

2

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

Menurut gue sih berguna. Apalagi buat gue yg memang pada dasarnya ga suka olahraga hihi. Selama hamil, gue aktif banget sih..naik turun TransJakarta dan jembatan penyebrangan, di rumah jg beberes dll. Tapi semakin besar perut, semakin malas deh stretching..nah, senam hamil ini jawabannya. Selain otot jd ga kaku..dapet juga ilmu napas dll.

"If evolution really works, how come mothers only have two hands?"
~Milton Berle~

3

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

menurut aku sih berguna, terutama buat ibu yg mau melahirkan anak pertama. soalnya di senam hamil kan diajarin ngatur pernafasan, posisi mengejan, dll. jadi ada bayangan apa sih yang akan dilakukan ketika tiba saatnya melahirkan. yaa, walopun biasanya banyak yg lupa pada prakteknya, at least ngebantu ibu merasa pede menghadapi persalinan :)

mamagaya
- mom of triple A -
@ilzie

4

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

Ditto to ilzie,
menurut aku berguna, terutama untuk anak pertama. selain maksa kita untuk gerak juga terutama penjelasannya mengenai posisi melahirkan, cara ngeden dst. emang pas praktek suka lupa, tapi minimal masuk ruang bersalin udah ada bayangan apa yg bakal terjadi. Yang paling aku inget dari saran waktu senam hamil, pas ngeluarin bahu bayi nafasnya harus pendek2 biar ga robek hehehe

My little xerox's is waiting home for me

5

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

shin, kalo gw termasuk yg ga terlalu semangat untuk senam hamil.

tapiii pas hamil pertama ikutan sih. waktu itu ikut di RSPI, bareng2 sama liza nathalia (gila ya, udah biasa senam gitu masih ikut senam hamil di tempat lain), gimana ngga merasa terintimidasi hahaha soalnyaaa... abis senam itu gw biasanya jadi ngantuuuk banget. kan diputerin lagu2 lembut tuh. relaksasi ceritanya. malah jadi rileks beneran alias tidur. tapi masih diberi kesadaran buat denger instruksi kalo senamnya udah selesai :).

makanya hamil yang kedua, sama sekali ngga senam2an.
tapi mungkin karena di singapur kemana2 jalan... dan kadang gendong anak pertama yang ketiduran (hamil besar masih gendong anak juga)... jadi udah masuk ke olah raga ya?

cuma yang diinget... pas melahirkan katanya jangan nutup mata.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

6

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

kenapa tuh nit gak boleh tutup mata?

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

7

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

temen bilang nanti matanya merah2 gitu shin... dan dua kali melahirkan ga berani spekulasi, takut bener. jadinya ngeliat langit2 tempat bersalin deh...

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

8

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

hamil enzodante ikutan senam hamil. ikutannya pas udah masuk bulan ke 8, deket2 lahiran. itupun hanya sekitar 4x, tiap minggu pagi, kalo suami bersedia nganter.

di rumah ngikutin instruksi dari buku. ikutan secara live biar gak salah aja gerakannya, dan emang bawaannya jd ngantuk banget yaaa zzz..

di tengah sesi biasanya ada istirahat sekitar 30menit. diisi dengan sharing - tanya jawab tentang kehamilan/kelahiran, juga ada kuis2 dan doorprize dari sponsor (biasanya pigeon n j&j) - sambil menikmati semangkuk bubur kacang ijo. lumayan sich nambah temen n jd agak pede pas lahiran.

sama kyk shinta n nit, aku jg banyak jalan n gendong2 enzo. mungkin krn banyak jalan kaki n udah ada bekal teknik pernafasan n cara ngeden itu ya, proses kelahiran normal n lancar2 aja.

oh ya, bocoran ttg teknik lahiran:
1. Ngangkangnya harus total, biar jalan lahirnya luas :-P
2. Posisinya kayak sit up gt, jd tumpuannya ke pantat.
3. Kedua paha disangga sama kedua tangan kita, sedangkan telapak kaki diarahkan ke pembantu persalinan (oh ya, aku sempet nendang2 susternya loh, hehe. kapan lagi.)
4. Dagu nempel ke dada, mata melototin perut, jadi nanti pas anaknya keluar, kita bisa liat.
5. Cara nafasnya; ambil nafas panjang dari idung. tahan. ngeden. pas ngeden ini nafas gak boleh keluar dari hidung ato mulut. jd oxygennya ngalir ke perut n bener2 buat ngebantu ngedorong baby biar mudah keluar.
6. Pantat ga boleh diangkat, karena tar robekannya panjang. Makanya posisinya bertumpu pd pantat.
7. Gak boleh mengerang, karena kelenjar2 di leher nanti membengkak, bahkan bisa pecah; makanya suka ada yg lehernya bengkak abis ngelahirin. Nah, itu gunanya menempelkan dagu ke dada.
8. Gak boleh merem, karena nanti kelenjar2 di mata bisa pecah. Ada yg matanya merah bgt abis lahiran, bahkan bs buta. Makanya matanya disuruh melototin perut. Asyik loh, ngeliat perut kita menyusut pas bayinya keluar.
9. Kalo kepala bayi udah keluar, kita cuma perlu nafas pendek2 aja; hah hah hah gt, kayak kepedesan. Katanya biar mengurangi kontraksi rahim, jd lukanya gak melebar.

Yuk ah melahirkan lagi :-D

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

9

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

ninit wrote:
cuma yang diinget... pas melahirkan katanya jangan nutup mata.


nyokap gue juga bilang gitu tuh, nit... kata dokternya dia waktu ngelahirin gue, kalo merem pas ngeden, pembuluh darah di mata bisa pecah, trus, jadi merah2 dan ga ilang...

eka - haha, asik juga nih ada bocoran... LOL.

ttg senam hamil, gue juga salah satu yang ga pernah ikutan. kata OB gue, ga usah... ntar juga lupa kok pas lagi ngelahirin... haha! jadi, waktu itu sih pede aja dan langsung di-coach ama bidan.

kalo buat gue, yang missing dari ga ikutan kelas-kelas yang behubungan ama hamil dan melahirkan itu, gue jadi ga punya temen yang lahirannya deketan. kan enak tuh kalo punya geng ibu2 yang anaknya sama umurnya, lahirannya deketan... bisa cerita2 dan tukeran pengalaman, info, dan usul2. sekalian biar anak2nya main bareng.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

10

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

eka - thanks yaa tipsnya (semoga inget kalo nanti hamil dan melahirkan lagi)

soal senam hamil, gw orang yang males olahraga tapi maksain buat ikutan senam hamil demi belajar cara pernafasannya. Dasar ngga betah-an, cuma ikut 3 kali doang dan...bener juga pas melahirkan NGGAK INGET sama sekali. Waktu lagi kontraksi, susternya berkali-kali bilang "ayo bu, nafas...nafas..." rasanya pengen jitak sambil bilang "daritadi juga saya udah nafas" karena sama sekali ngga ngeh maksudnya dia adalah nafas seperti yang diajarin waktu senam hamil. Baru sadar sekitar setengah jam kemudian kalo yang dimaksud adalah nafas yang 'itu' *malu sama susternya* LOL.

kalo nanti hamil lagi, kayanya ngga mau senam hamil...tapi rencananya pengen yoga aja.
oya soal tutup mata pas ngeden, tante gw ada waktu gw melahirkan juga bilang hal yang sama tapi ancemannya lebih serius "klo lagi ngeden jangan merem...nanti ngga buka mata lagi loh", ngeriii karena pas gw tanya kenapa tante gw ga bisa jawab. Baru tau dari forum ini alasan sebenernya... thanks ya.

metariza.com | mother of two |@metariza

11

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

So far aku sama kaya Slesta. Berhubung dulu hobi banget Yoga. Jadi selama ini exercise nya Yoga Hamil sendiri di rumah. Beli buku Yoga Hamil terus dipraktekan sendiri deh di rumah. Alhamdulillah bermanfaat banget. Terutama melancarkan peredaran darah dan tetap membuat aku beraktifitas.
Tapi nanti sih pengennya kalau udah trimester 3 ikutan Senam Hamil juga siih. Idealnya (biar gak lupa) dimulai di minggu keberapa sih ya?

12

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

ibu-ibu.. itu cuma tips looh..
waktu ngelahirin anak pertama aku agak2 gak ngeh.. namanya juga baru pertama kali ya..
pas mau ngelahirin anak ke-2 aku baru mulai tanya2 gerakan ini gunanya untuk apa, gerakkan itu gunanya untuk apa.. jadi pas kerasa pegel2 aku bisa praktekin gerakan2 di senam hamil..
gara2nya ada bidan yg komentar waktu aku baru kelar melahirkan anak pertamaku,
'iyaaa.. kalo gak pernah olah raga ya jadinya kaku...'

prakteknya sih, terserah aku yaa.. yg penting anaknya keluar. itu aja :)

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

13

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

Moms, thanks utk tips2 n bocorannya nih, hehee.. jd dpt bayangan ttg hasil bersenam-senam ria n moderately active selama hamil dg kelahiran nanti.. :)

Sama dg dadidedo, aku pngen tahu jg niy : biasanya klo ikut kursus senam hamil tu pas bulan ke brp ya ? Aku pernah di-wanti2 utk ikut senam hamil pas bln ke-6. Tp klo lht jadwal kursus di RS, baru ada pas bln ke-7, hehe

14

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

Kalo aku ga senam hamil karena kelasnya mahal waktu masih di singapore. Gantinya aku banyak jalan kaki, dan kayanya it's the best exercise deh! Jalan kakilah kemana2, santai tapi banyak dan konsisten. Supaya otot2 bagian bawahnya terlatih.

a frantic housewife :p

15

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

SENAM HAMIL BERGUNA SEKALI buat ku..walaupun blm melahirkan niih..lg nunggu detik2 menjelang brojol..hehe. Tp yg jelas sih setiap abs senam hamil aku selalu ngerasa fit dan pegel2 di punggung bawah ilang.
Aku senam hamil di RS.Puri Cinere tiap hari Sabtu. Lumayan enak kok tempatnya. Bayar 40rb.dpt snack,vitamin and penyuluhan atau kursus2 jelang persalinan. Sebenernya pgn sih coba di Brawijaya women hospital,walaupun lbh mahal (100rb per visit ) tapi blm smpet2 niih..
Dan kalo pengen yang gratis,enak and nyaman plus bisa sekalian shopping..mamas bisa coba di Kalbe Nutrition For Life di PIM2 lt.2 persis sebelah Watsons. Kalo disitu jdwlnya emg gak tentu,tapi lbh seringnya selasa dan minggu tiap jam11.00-13.00.Ada kelas senam hamil and yoga,instrukturnya oke bgt !! tempat nyaman and setiap selesai kelas dpt goodie bag plus minum prenagen sepuasnya..hehe

salam kenal buat semuanya yaah..im new here..

-the happy rock n roll expecting mom-

16

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

perlu bangeeeeeeeeet... dulu aku ngelahirin di rs intl bintaro..
bidannya yg ngajarin baik2 bener..
jadi tau posisi benernya gimana untuk ngeden, cara ngeden yg bener..
trus yg ga bole dan apa yg bole..

-disuru potong kuku, supaya ntar kalo kesakitan ga kena cakaran yg tajem yg d sebelah :p
-diajarin cara bersiin PD, dan massage PD..
-kalo ngeden ga bole merem
-diajarin tarik napas yg bener

trus yg paling penting relaksasi nya itu lho.. enak banget..

aku ampe 13x senam hamil, tapi lahirnya akhirnya cesar :lol:

17

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

Aku termasuk malessss mau ikutan senam hamil ini. Walaupun denger-denger dari temen banyak yang menyarankan, katanya paling ngga satu kali aja harus ikutan.

Nah waktu kehamilan 8,5 bulan aku tanya ke dokter obgynku : perlu ngga dok senam hamil?
Beliau malah ketawa trus bilang : sebetulnya penelitiannya menunjukkan yang iku senam hamil sama yang ngga, dari seluruh proses bersalin (yang lamaaaaaaaa itu), cuma beda 10 menit.
Trus beliau bilang lagi : yaaaa, tapi daripada nggak ya boleh aja sih. yang penting jalan paginya yaaa..harus teratur tiap hari 30 menit.

habis denger itu aku jadi lebih males lagi, hehehoho..
Tapi akhirnya pas hamil 9 bulan (telat banget ya..) ikut kelas senam hamil di RS Bunda Menteng. bayarnya 50 ribu. Diajarin cara relaksasi kaki, pinggang dll dalam suasana syahdu yang bikin aku ngantuk :)
Yang terahir, diajarin cara mengejan buat yang hamil tua.

Pas melahirkan, aku mencoba mempraktekkan cara bernafas yang diajarin, tapi kayanya ngga bisa mengurangi rasa sakit waktu kontraksi. Setelah gagal induksi-berenti di bukaan 4, akhirnya berakhir dengan caesar juga. Sia-sia deh latihan mengejannya, hehehehe..

Kesimpulanku : senam hamil lumayan membantu ngajarin relaksasi kaki, punggung, pinggang untuk trimester tiga. Tapi secara aku ngga pernah mengejan normal, jadi ngga tau berguna ngga untuk normal birth.

a wife, a mom, a doctor, forever medical student :)

18

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

menyenangkan juga ya mengingat masa lalu..secara senam hamilku yg trakhir 3,5 th lalu..aku senam hamil di rs. hermina pasteur..secara memang pasien disitu bayarnya cuma rp. 4000,00 (empat ribu) maap menjelaskan soalnya liat moms yg lain koq ampe puluhan ribu gitu ya..hehe..itu juga udh dpt snack,minum ama biasa promo seringnya dari pigeon (jd pny bnyk bgt hair lotion soalnya tiap minggu dibaginya ituuu terus ama pigeon), dpt johnson juga ..lumayan..aku ngerasain banget pentingnya senam hamil, selain diajarin untuk kalo pegel, sakit punggung ama kram dooong..pas udh hamil tua diajarin juga ngeden yg bener..kbtulan instruktur disana bidan2 muda, yg sekaligus suster yg membantu persalinan..jd secara aku aktif bgt senam hamil dari 7 bulan..pas ngelahirin susternya mengcoach kta gitu mengingatkan apa yg udah diajarin terutama cara bernafas yg ga boleh ngeluarin suara di tenggorokan karena ga akan ada tenanganya..jd beneran mesti bernafas dipusatkan mendorong diperut..alhamdulillah walopun kelilit ari2..aku bisa ngeden bener,posisi tangan ama kaki bener dan pandangan mata yg menuju ke perut ga merem..walopun kayak yg useless (secara gerakannya slow2 aja)..tp sangat2 berguna loh moms..

19

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

saya juga gak senam hamil, hehehe... mahal soalnya, tp kebetulan istrinya temen sekantor yg bareng2 hamil ada yg ikut, jadi tiap abis dia ikutan class-nya besoknya ngopi bahan2nya dan minta diajarin, hihihi... (kaya anak kuliahan aja)

tapi emang saya banyak bgt jalan kaki dan naik turun tangga, kebetulan kerjaan yg emang banyak survey di jalan juga mengharuskan keliling2 lokasi survey mulu selama at least 2jaman, lumayan gempor, tapi babynya emang cepet turun sih.. cuman jadi gak ngerti ngatur napas aja pas nahan kontraksi..

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

20

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

Hai all,

Waktu hamil anak pertama, saya ikut senam hamil yang diadakan rumah sakit (Boromeus, Bdg). Jujur, waktu itu nggak bisa berkomentar banyak ttg berguna/ga karena belum ada pengalaman sama sekali. Begitu hamil anak kedua, saya nggak ikut senam hamil lagi tapi mencoba taichi for pregnancy menggunakan panduan DVD. Saya mulai dari hamil 7,5 bulan 2-3 kali seminggu hingga due date. Ini linknya kalo ada yg berminat/pengen tahu:
http://www.amazon.com/Tai-Expecting-Mothers-Beth-Hopkins-Acampora/dp/B0007W4O62
I must say, ber-taichi ini pengalamannya lain banget dg senam hamil itu. Kalo buat saya pribadi, gerakan senam hamil hanya fokus di aspek fisik aja, dan memang didesain untuk kepentingan melahirkan di rumah sakit yang posisi melahirkannya udh fixed (ngangkang di depan dokter/bidan). Tapi nggak menyentuh aspek mental, relaksasi, dan bonding dengan bayi.
Setelah saya mencoba taichi, buat saya efeknya jauh lebih menyeluruh. Seusai latihan, badan saya segar, pikiran saya tenang, dan rasanya lebih connect dengan kehamilan & bayi saya. Dan meskipun lewat DVD itu ga diajarkan cara napas, ngeden, dll, tapi taichi itu efeknya ke kondisi keseluruhan kita.
Waktu melahirkan anak ke2, saya waterbirth dan nggak di rumah sakit. Badan saya jadinya mengapung dengan posisi telentang, dan nggak bertumpu pada pantat. Saya ngeden dan napas mengikuti kehendak tubuh saya aja. Malah dengan tidak terbebani dengan mikirin 'seharusnya' gimana, saya merasa lebih rileks dan natural untuk menjalani proses persalinan.

Thank you udah boleh sharing...

~ D ~

|momma of two cuties, lucky wife of a fine man, slave of her own thoughts|

21

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

hi mbak dee,
jadi tertarik melakukan apa yang udah mbak dee lakukan (belum hamil lagi sih... jadi pengen :)) saat melahirkan.

mbak dee ada rencana menulis buku ttg pregnancy & melahirkan ngga mbak?

sering2 sharing pengetahuan di forum ya mbak :) seneng deh berbagi pengalaman.

[a mama who loves POCOYO]

22

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

Ditto sama Thalia. OB gw juga bilang sebetulnya ga wajib ikutan, karena nanti smuanya terjadi scr natural. *Thalia, jangan2 OB kita samaan? * Apalagi di kelas senam itu bisa terlalu banyak input yang bikin bingung, secara gw ini gampang panik & makin banyak tau malah makin nggak pede (padahal saat itu udah hamil 7bulan). Jadi gw cuma berbekal baca2 buku aja. Nggak senam, ga olah raga kecuali jalan-jalan pagi, itupun ga rutin.

Briana lahir 2 minggu lbh awal, prosesnya lumayan cepet untuk lahiran anak pertama - total dari kontraksi sampai lahir sekitar 7 jam.

Sedikit nyimpang: Kebetulan buku terakhir yang gw baca ada foto-foto yang mnrt gw lumayan vulgar, ibu yang lagi berjuang ngelahirin anaknya. Gw sampe trauma liatnya & mutusin untuk C-section aja. Ah, enggak deh, baru liat fotonya aja gw dah mau pingsan.... OB gw tetep bertahan ga mau ngasi C-section kecuali darurat banget. Dia ngasi gw waktu 1 minggu untuk reconsider. Nggak ada 2 hari kemudian, anak gw udah keluar duluan

Journal of Baby Briana Hopscotchbaby
Dhi's cooking corner CookingEtcetera

23

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

Hopscotch, hihi, jangan2 emang sama lagi... tapi gue lahirannya di Singapore. kalo beda negara, berarti bukan dong :)

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

24

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

ninit wrote:
temen bilang nanti matanya merah2 gitu shin... dan dua kali melahirkan ga berani spekulasi, takut bener. jadinya ngeliat langit2 tempat bersalin deh...


Gue termasuk yang pembuluh darah matanya pecah waktu ngelahirin. Gue gak merem waktu ngeden (gue liatin susternya). Katanya sih lebih karna gue gak bener ngedennya, istilahnya ketahan di leher gt - Gue emang gak ikutan senam hamil, karna jadwal bentrok ama kerja. Alhasil pembuluh darah mata pecah, sama muka penuh bintik2 merah (kaya kena DBD).

Waktu masih pecah, efek ke penglihatan sih gak ada ya, sama aja. Cuma orang yang ngeliatnya aja serem... :)
Anak kedua kudu fokus ke latihan nafas, nih!

“The mother's heart is the child's schoolroom.”

25

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

Dee wrote:
Waktu melahirkan anak ke2, saya waterbirth dan nggak di rumah sakit. Badan saya jadinya mengapung dengan posisi telentang, dan nggak bertumpu pada pantat. Saya ngeden dan napas mengikuti kehendak tubuh saya aja. Malah dengan tidak terbebani dengan mikirin 'seharusnya' gimana, saya merasa lebih rileks dan natural untuk menjalani proses persalinan.


yang pernah gue baca metode waterbirth itu posisi sambil duduk, kalau dengan posisi terlentang dan mengapung...hmmm jadi penasaran where's the place mbak dee? bisa jadi rekomendasi ke mommy wanna be lainnya :)

pengalaman gue senam hamil memang membantu untuk melemaskan otot" bagian kaki dari atas ke bawah jadi gak kaget pada saat kontraksi tapi dengan catatan harus rajin dan akan lebih ngefek lagi kalau renang, bener" semua badan ikut gerak tapi karena di air jadi ringan. Makanya masuk akal banget kalau metode waterbirth bisa membuat si mommy relax dan gak terlalu mikirin sakitnya kontraksi tapi hehe gue masih bingung kapan waktu yang tepat si mommy masuk kedalam air (pas pembukaan ke berapa) coz temen gue ada yang baru masuk pas pembukaan 8, karena udah terlanjur gak comfort di air malah gagal deh waterbirth nya.

- while we try to teach our children all about life, our children teach us what life is all about -