1

Topic: Tali Lidah Pendek - Tongue Tie

Mau sharing juga ya. Anak pertamaku lahir 3 bulan lalu. Pas pulang dari RS bilirubin normal sekitar 6. Menyusui sakit di puting, aku kira karena belum benar posisinya atau puting masih kaku, jadi walaupun sampai berdarah aku tahan. Seminggu kemudian pas ke dsa di rs asih dgn dr tania dicek bilirubin naik jadi 10 sehingga belum boleh vaksin polio krn agak kuning. Menurut dr tania lidah anakku tt dan sebaiknya dipotong. Besoknya aku mau cari 2nd opinion ke dr keumala di rs asri. Pas di sana malah disuruh cek bilirubin lagi karena kuning sampai kaki. Pas dicek bl naik jadi 15 dan akhirnya dilaser lx24 jam. Kalo dr keumala bilang tt tidak selalu harus diinsisi karena ga mungkin tuhan kasih sesuatu yang tidak berguna. Dan di rs asri tidak ada sop untuk insisi tt. Dia bilang mungkin anakku kkuning karena menyusuinya belum benar, pas coba dipompa memang asiku blm banyak. Akhirnya aku disuruh observasi dulu, kalau bb kurang naiknya baru dia kasih rujukan untuk insisi ke kmc dgn dr asti. Setelah dilaser dan bl turun jadi 12 dan Karena takut baby kuning lagi karena kurang minum asi, aku balik lagi ke dr tania di rs asih. Sama bidan aku diajarin latch on yang benar, dan dilihat lidah anakku katanya ga usah diinsisi karena kalau tt cirinya lidah ga bisa keluar dari bibir bawah dan kalau lagi menyusui suka lepas2 dari puting mulutnya.
Sedangkan dia lihat pas lagi menyusu anakku ngga begitu. Akhirnya pas sama dr tania ga jadi diinsisi tapi dipantau bb nya, kalay normal berati ga perlu diinsisi. Setau aku rs yg bisa insisi untuk tt hanya asih dan kmc. Untuk nb hati2 kalau tt dia nyusunya sedikit bisa kuning. Jadi ibu harus proaktif sejaj bayi lahir, kalau perlu tindakan segsegera mungkin. Akhirnya baby ku ga jadi diinsisi dan bb normal2 saja.

2

Topic: Tali Lidah Pendek - Tongue Tie

Anak saya 10 bulan.. saya ud ga ASI sejak dia 2 bulan lewat.. sedih banget.. saya ga kepikiran klo dia TT krn dia sering maenin lidahnya keluar.. saya pikir ASI saya yg kurang.. salah banget.. padahal pd ampe penuh n keras.. tp dia nyusu ga kenyang2.. tp krn pas di pompa jg dikit makanya saya pikir ASI saya yg kurang (ud minum segala macem ASI booster). Skrg baru ngeh klo lidah dia ad tali kecil di depannya.. mo dipotong tp takut.. blm pna konsul ke dsa nya.. menurut bunda2 disini gmn ya?

Bio Spray bisa mengatasi stretchmark, keloid, jerawat, pori2 besar, keputihan, dll.. Aman untuk semua usia..

3

Topic: Tali Lidah Pendek - Tongue Tie

mama Angels,
apakah sebelumnya sejak lahir babynya menyusu dengan lancar? Kalau sejak lahir lancar menyusu, semoga bukan Tongue Tie ya. Apa mungkin si baby sedang nursing strike? Coba dikonsultasikan saja dengan DSAnya. Tongue Tie tidak harus selalu dipotong kok. Biasanya akan dianalisa dulu. Kalau memang ingin diberikan ASI lagi, bilang saja sama DSAnya untuk dibantu relaktasi. Nanti akan diberikan bantuan untuk membantu merangsang produksi ASI kembali. Semoga mendapat pilihan terbaik yaa.. :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

4

Topic: Tali Lidah Pendek - Tongue Tie

Bunda Kira Kara.. nyusunya dari lahir campur sufor.. krn ga kenyang2.. terakhir2 itu dia makin lama nyusunya.. bs berjam2 ga lepas.. pas lepas nangis lg.. tp pas nyusu ga sakit sih.. besok mo dibawa ke dsa.. doain anak saya ga tongue tie ga bun.. ato klo tt jg jgn sampe dipotong.. ga tega..

Bio Spray bisa mengatasi stretchmark, keloid, jerawat, pori2 besar, keputihan, dll.. Aman untuk semua usia..

5

Topic: Tali Lidah Pendek - Tongue Tie

angels,
aku nanyain juga ke mama monik #TUMExpert...
jawabannya bagini:
---
Di buku ASI ku ada soal TT. Ada kriteria Scoring Hazelbaker dan yg terbaru Siriraj Score untuk penegakan diagnosis TT. Penjelasan sekilas Hazelbaker ada di buku ASI ku kalau Siriraj tidak ada karena termasuk ilmu laktasi terbaru.

Ibu memerah tiap 2-3 jam dan tergantung growth untuk estimasi suplementasi ASI perah per harinya.

Untuk dr laktasi saya saat ini cuma ke guru saya dr Utami Roesli di St Carolus atau dr Wiyarni Pambudi karena bila kurang komprehensif terjadi miss diagnosis TT.
---

semoga membantu yaaa.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

6

Topic: Tali Lidah Pendek - Tongue Tie

Saya samaan kaya sarahanief, anak ke3 ku tongu tied, type 2 . Alhamdulillah bisa asix. Saya curiga sejak usia 2-3 minggu krn sakiit banget saat menyusui. Dan ada suara berdecap saat menyusu. Milk blister seriiing banget. Pernah info ke dsa apakah anak saya tt krn sampai usia sebulan sy masih kesakitan saat menyusui, dan ditolak oleh dsa krn bb naik baik.

Saat usia 5bln, baru dipastikan kl emg anak saya tt type 2 dr pemeriksaan KL. Tapi akhirnya saya dan dsa memutuskan utk tdk menginsisi krn risiko lbh besr drpe benefit. Yah memang pd saya sakit, bahkan bbrp kali memerah asip campur darah, tp anakku baik2 saja. Lagipula sdh 5,5bln sebentar lagi mpasi. Risiko plg mungkin.. cadel, dan saya ngga keberatan sendainya dia cadel. Hehehe.

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

7

Topic: Tali Lidah Pendek - Tongue Tie

Anak saya yg pertama itu juga TT, tp dsa nolak insjsi krn bb naik banyak 1,4kg dlm 1bulan.

Sukses S3 asi sih, tp skr ngomongnya cadel.. mau insisi skr tapi saya berat di resiko bius totalnya.. takut knp2.. jd ya, gpp deh cadel.

Nah anak kedua saya juga TT,kali ini saya ke dsa lain yg menyetujui insisi. Ternyata ibu2, abis insisi malah ga mau nen, kaya bingung punya lidah baru (usia baby 10hr).

Mau lagi nen setelah pijat lidah, silahkan youtube ya, 2hr kmd udah lancar..

Skr anaknya usia 7,5m msh nen Alhamdulillah

8

Topic: Tali Lidah Pendek - Tongue Tie

Hi mama... mau tanya donk, tau kah dsa di RS Mitra Keluarga depok yang bisa insisi tongue tie, babyku aiko 1m sepertinya tongue tie, tali lidahnya hampir kedepan dan lidahnya agak pendek, pengen ketemu dsa yang paham hal ini, supaya kalau memang harus insisi bisa langsung gitu mumpung baru 1 bulan. Makasih mama...

A mom and a wife of sailor and their chubby son Satria
http://www.mamaayuutami.com

9

Topic: Tali Lidah Pendek - Tongue Tie

Haloo Ayu Utami, 
Bisa coba ke KL dulu. Apa ada masalah lain? Misalnya pada saat nyusuin, apa PD mu sakit? Kenaikan BB aiko gimana? 
Kalopun bener Tongue Tie, semoga gak sampai di insisi ya  ;)

-Diva
IG&Twitter: @divadivavid
GarASI-KiTa BreastFriend, Mom of duo ARP

10

Topic: Tali Lidah Pendek - Tongue Tie

hi ayu,
setuju sama diva... boleh ngga coba konsultasi dulu sama KL? second opinion aja yu...

oh ya ini ada artikel tentang tongue tie mungkin bisa dibaca dulu yu. http://theurbanmama.com/articles/ketika-tongue-tie-mengintai.html

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

11

Topic: Tali Lidah Pendek - Tongue Tie

ayunohime wrote:
Hi mama... mau tanya donk, tau kah dsa di RS Mitra Keluarga depok yang bisa insisi tongue tie, babyku
aiko 1m sepertinya tongue tie, tali lidahnya hampir kedepan dan lidahnya
agak pendek, pengen ketemu dsa yang paham hal ini, supaya kalau memang
harus insisi bisa langsung gitu mumpung baru 1 bulan. Makasih
mama...


Yang aku thau, di Depok ada dr. Annisa Karnadi (dr. Annisa Rohima), konselor laktasi yang selama ini aku lihat rajin kasih edukasi
soal menyusui (ada websitenya http://duniasehat.net), termasuk pernah
posting soal TT di facebooknya waktu rame dibahas seberapa perlu sih
insisi. Tepatnya di RS Permata Depok, kalau ada acara AIMI Depok suka
hadir juga. Coba aja ke beliau, semoga mendapat penanganan terbaik ya :).

12

Topic: Tali Lidah Pendek - Tongue Tie

Hello.. Rai juga ternyata tt, karna sampe 2 tahun samsek ga ngomong n kosa katanya hanya sedikit.. Less than 10.. Sempat konsul ke dr asti di kmc, beliau keukeh harus insisi kl tidak insisi ada kemungkinan rai akan speechdelay dan sangat tlat bicaranya, mengganggu pertumbuhan.. Karna rai ketaunan tt setelah umur 2 tahun, harus operasi, which is bius total.. Sekeluarga ga ada yg setuju, dan kita minta opinion ke dr rina yg handle rai dari newborn.. Dr rina sangat kontra, beliau bilang, rai pertumbuhan sangat bagus, bb sangat oke, tidak ada keluhan ketika menyusui jadi tidak ada alasan untuk diinsisi. Insisi hanya boleh dilakukan apabila sangat menghambat proses menyusui dan kenaikan bb anak, itupun hanya sekitar 10% kejadian. Beliau advice ke saya, kalau telat bicara itu ya terapi wicara, bukan asal main insisi.. Dan voila, itu terbukti, saya masukkan rai ke preschool yg berbahasa indonesia, sering playdate dengan teman temannya, kurang dr setahun perkmbangan bicaranya luar biasa, dari yg tidak ada suaranya sama sekali sekarang menjadi tidak bisa berhenti bicara, kecuali lagi tidur :p buat ibu2 yg anaknya terdeteksi tt, dont worry, benar yg dibilang segala sesuatu pasti di ciptakan Tuhan dengan manfaatnya.. Insisi itu last option. Teman saya, anaknya tt, mamanya flat nipple, tapi mereka berhasil menyusui sampai 2 tahun, tanpa insisi. Oia, tt tidak mengurangi kemampuan anak dr segi apapun kok, lick ice cream rai jago bgt, sangking jagonya, mamanya ga pernah disisain. Yg satu satunya rai belom bisa adalah, mengangkat lidahnya sampe menyentuh langit2 mulut.. Rai paling sebel kl aku godain begitu.. Susah mamaaaa.. Susaaaah.. :)) so, selalu cari 2nd 3rd 4th sampe 5th opinion ya sebelum memutuskan anak di insisi atau tidak..




the happiest mommy in da world with a great husband and a lovely daughter.. :D

13

Topic: Tali Lidah Pendek - Tongue Tie

offira,
wahhh firaaa makasih atas sharing pengalamannya dan memberikan masukan yang semoga bisa jadi pertimbangan bagi mama-mama yang anaknya dikatakan TT.

betul... sebelum memutuskan insisi harus cari info dan minta opini kepada yang ahli 2,3,4 dst :) supaya mendapat keputusan yang terbaik.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

14

Topic: Tali Lidah Pendek - Tongue Tie

Hai...aku dapet video bermanfaat tentang tt nih.. https://youtu.be/U_66Omvn5Ro Semoga bermanfaat ya..xoxo



the happiest mommy in da world with a great husband and a lovely daughter.. :D

15

Topic: Tali Lidah Pendek - Tongue Tie

offira,
wah thanks firaaa! udah ngasih info2 yang bermanfaat. semoga mama-mama yang anaknya TT menyempatkan nonton yaa. 

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

16

Topic: Tali Lidah Pendek - Tongue Tie

Hai moms..

Aku sharing juga yaaa ttg baby ku yang Tongue Tie juga :)

Baby ku si Kalila ketauan Tongue Tie ketika dia umur 1.5 bulan. Iyaa ciri2nya typical seperti yang lain. Bundanya bener2 tersiksa ketika nyusuin dan Kalila gak pernah puas kalo nyusu langsung walaupun udah berjam-jam. Bahkan pernah dari malem sampai subuh aku susuin, dia masih nangis2 kelaparan, aku sampai ikutan nangis2 juga karena kesakitan nipple udah luka parah and i was really exhausted like i had no energy left. Kayaknya waktu itu udah benar2 sampai di batas kemampuan aku secara fisik dan psikologis. Karena udah ngga kuat lagi akhirnya aku pakai metode exclusive pumping, udah nyerah banget nyusuin langsung. I really can't bear the burden any longer.

Singkat cerita, aku ke klinik laktasi dan baru ketauan kalo Kalila Tongue Tie. Aku setuju dengan tindakan insisi. Alhamdulillah, aku berhasil relaktasi setelah insisi. Pasca insisi juga butuh perjuangan karena Kalila gak langsung pintar menyusu, ada proses adaptasinya. 

Intinya, keputusan untuk melakukan tindakan insisi tergantung dari kondisi si ibu dan bayi. Setiap ibu memiliki kesulitan dna challenge yang berbeda-beda dalam proses menyusui. Kalo adanya Tongue Tie benar2 menghambat proses menyusui dan memberikan dampak buruk secara fisik dan psikologis yang udah gak sanggup lagi ditanggung oleh si ibu dan si bayi, maka tindakan insisi menurut pengalaman aku sih merupakan keputusan yang terbaik.

Selain itu, setau aku tongue tie ada grade nya (tingkat keparahan), dari grade 1 - 4. Kalo ngga salah grade 1 itu yg paling parah. Saat itu Kalila didiagnosa masuk ke grade 2 tapi udah nyerempet ke grade 1. Makanya bundanya sampai kuwalahan dan mau pingsan rasanya pas nyusuin :p 
 
Jadi ibu2 coba diidentifikasi rasa sakitnya pas nyusuin, kalo pas nyusuin rasanya mau pingsan sampai puting berdarah2 dan itu berlangsung terus menerus (gak ada progress) bisa jadi baby nya masuk ke kategori grade 1 or 2.

Nah, setau aku memang gak semua tongue tie perlu diinsisi. Kalo grade nya masih rendah (grade 3 atau 4 kali ya) masih bisa diajarkan proper breastfeeding dengan posisi dan pelekatan yg baik.

Alhamdulillah, sampai sekarang Kalila masih menyusu langsung dan sudah lancar. Aku gak pernah menyesal dengan keputusan insisi karena untuk kondisiku saat itu, insisi merupakan opsi terbaik. 

Dan iya, insisi itu gak semenyeramkan itu dan nothing to lose. Sangat worth it dengan hasil yg aku rasakan sekarang. Gak kebayang kalo aku gak mau Kalila diinsisi, mungkin sampai sekarang aku masih kejar tayang pumping terus terusan untuk memenuhi demand ASI Kalila.

Aku happy banget, sekarang menyusui Kalila terasa menyenangkan dan as a bonus, aku juga bisa nabung ASIP sekitar 150 - 300 ml sehari. Kalo pas exclusive pumping, boro2 nabung, buat memenuhi kebutuhan dia sehari hari aja udah ngos ngosan :p

So, keputusan ibu untuk insisi atau tidak memang tergantung dari separah apa kondisi yg sedang dialami. Kalo benar2 parah dan sangat mengganggu proses menyusui, aku rasa gak ada salahnya mengambil opsi tindakan insisi tsb.

Aku juga sharing pengalaman tongue tie Kalila di blog. Here's the link if you want to know the details :)

http://farahnida.tumblr.com/post/152687783559/my-breastfeeding-journey-with-kalila

17

Topic: Tali Lidah Pendek - Tongue Tie

farah nida,
wahhh farah. terima kasih sudah berbagi pengalaman. ikut senang alhamdulillah Kalila sekarang lancar jaya yaaa menerima ASI, duh malah sekarang farah udah bisa nabung ASI yaaa... keren!!! 

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

18

Topic: Tali Lidah Pendek - Tongue Tie

Ikutan share ya.. anakku yg kedua, divonis tongue tie pas masi di rs. Awalnya aku santai2 aja dan DSA gak maksa di insisi selama aku masih nyaman nyusuin. Eh pas pulang kerumah..anakku berontak gak mau disusuin..rupanya dia mulai kesusahan dan aku jg udah merasa mulai kesakitan kalau nyusuin. Akhirnya di umurnya yg seminggu di insisi..setelah itu semua normal..alhamdullilah.

lalu skrg anakku yg ketiga dari awal masalahnya susah latch on. Tapi aku pikirinnamanya jg proses. Sampai akhirnya diputuskan ke klinik laktasi dan bener aja ada tongue tie, liptie dan undertie. Again, gak dipaksa buat langsung di insisi..aku jg milih nunggu karena masih ragu2 perlu insisi apa enggak, karena aku nyusuin pun gak terasa sakit. tapi ternyata setelah 2 minggu BB bayi gak naik malah cenderung turun terus pdhl anaknya nyusunya gak putus2. Akhirnya diputuskan buat di insisi aja...dan karena BB bayinya lumayan turun banyak (umur 1 bulan blm balik ke BB lahir) akhirnya dicampur sufor pakai sns. Duuh rasanya gimanaa gitu. Tapi skrg..alhamdulilah udah naik. Masih asi dan pelan2 sns nya diisi pake asip. Intinya, kalau sudah mengarah ke penurunan BB bayi..lebih baik insisi segera karena semakin kecil anaknya semakin baik insisinya dilakukan. 

19

Topic: Tali Lidah Pendek - Tongue Tie

Mba Ninit,

Iyaa alhamdulillah banget mba.. it feels like everything has paid off :) sekarangpun masih struggle juga karena payudara masih sering keras dan bengkak, pernah juga sampai meriang dan demam. Jadi pas lagi kejadian kayak gitu Kalila suka rewel juga pas lagi disusuin, mungkin karena flow asi nya lbh lambat/sedikit daripada biasanya, jadinya dia bete deh :p

Akhir2 ini nipple PD kanan agak sakit lagi nih pas nyusuin. Agak curiga tongue tie nya reattach. Duh i really hope not, can't imagine if i have to go through it all over again.. Masih kebayang Kalila jejeritan pas diinsisi dan pas senam lidah pasca insisi.

Ada yg pernah ngalamin ngga tongue tie nya reattach dan harus insisi lagi? Aku pernah denger bahkan ada yg harus ngalamin 3 kali insisi. Gak kukuuu~

Perjuangan masih panjang banget yaaa.. semoga dimudahkan dan dilancarkan. Aamiinn :)

20

Topic: Tali Lidah Pendek - Tongue Tie

momofthree,
wah alhamdulillah sekarang udah lancar-lancar yaaa.
iya bener kalau memutuskan untuk insisi better ketika anaknya kecil yaa. 

tapi BB baby#3 udah naik kan sekarang? 

farah,
faraaah rajin2 di massage yaaa payudaranya. aku pernah tuh mastitis dan ga enak bangettt :( meriang trus PD keras banget kayak batu... akhirnya di masas di carolous... aduh sedap banget sampe nangis :D tapi abis itu lancar jaya.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

21

Topic: Tali Lidah Pendek - Tongue Tie

ninit iya alhamdulillah mom. sebaiknya memang dibawah umur seminggu seperti anakku yg kedua. karena kan asi masih diproduksi oleh hormon kehamilan (atau kelahiran ya hihihi lupa)...jadi pasti sedang deras2nya tuh diawal kelahiran. Nah...begitu lepas seminggu...yang berperan meningkatkan produksi asi adalah hisapan bayi..jd kalau 2 minggu belum bagus hisapannya...nanti malah timbul masalah baru..kayak anakku yg ketiga ini. Ini penjelasan dari dr laktasiku sih. Makanya kmrn aku galaaaau berat, apakah harus segera insisi atau menunggu sampai umur 2 minggu. Mungkin kalau pas seminggu aku sudah putuskan untuk insisi...gak separah ini BB anakku turunnya. Sekarang menyusu sudah pintar, latch on bagus. Tapi kalau ngikutin tabel sebetulnya anakku tertinggal jauh, jadi masih masuk ke ketegori gizi buruk..hiks. BB bayi 2 bulan minimal 4,2 kg...anakku baru 3,8 kg, karena pas sebulan itu BBnya gak naik (malah turun) pas lahir 2,75 kg sementara pas sebulan 2,6 kg. Pusing yg ada hehehe...maap yaaaa jd curhat kok ya :)

22

Topic: Tali Lidah Pendek - Tongue Tie

Mba, anaku juga sama abis insisi ngisap PD terasa sama saja sebelum di insisi, trus kenaikan bb nya pun 1bln naik 600gr. Anak Mba gmn skrg?