1

Topic: Gangguan Pencernaan?

Duh kalau sampai tidak bisa makan daging apalagi kalau sayur sih dilema juga ya bund. Sebelum pergi ke dokter dan konsultasi bisa juga baca bahasan gangguan pencernaan dan nafsu makan dokter Meida. Katanya nih, tergantung tingkat nafsu makannya ntar bisa berhubungan erat sama kesehatan secara keseluruhan terutama bagian perut bund. 

-----edited by mods----------

2

Topic: Gangguan Pencernaan?

cherlee wrote:
Hai Mamas,

Saya lagi bingung banget sama Olan.
Sejak lahir anak ini emang udah bakat alergian, sampe sekarang pun saya masih in search makanan apa aja yg bikin dia ga nyaman.
Sebelum makan solid food, pupnya normal, sehari sekali atau dua hari sekali (karena minumnya sufor).
Setelah makan solid food & ganti susu ke usia 6-12 bulan, masalah ini muncul. Sehari pupnya 3-4x, padat tapi tidak keras.
Dsa bilang dia ngga papa, normal. Saya browsing juga katanya normal, apalagi anak saya termasuk doyan makan alias ga pilih-pilih, apa aja dimakan, kecuali lagi sakit atau tumbuh gigi.

Sampai ketika waktunya ganti ke susu UHT, masalah baru timbul. Anak saya rewel setengah mati, ga mau minum susu & jadi susah makan.
Saya pun akhirnya mengunjungi dokter alergi dan dari situ saya baru tau lebih dalam mengenai alergi ini.
Setelah mengikuti diet, anak saya jadi doyan makan lagi tapi pupnya tetap 3-4x sehari. Dokter alergi menyarankan saya untuk ganti susu. Dia menyarankan UHT (tapi dibaca dulu isinya jgn ada buttermilknya) dan beberapa merk susu bubuk. Tapi Olan jadi rewel lagi. Susu dari yg paling murah sampai yg mahal ga ada yg cocok. Well saya belom coba jenis hypoallergenic sih soalnya katanya pahit, takutnya udah beli mahal2 anak saya ga mau minum lagi.
Saya pun mencoba susu kambing. Di hari pertama coba, malamnya anak saya histeris -- pertanda ada yg ga beres dengan perutnya. Tapi besok2nya ngga begitu dan pupnya jadi 2x sehari.
Tapi baru semingguan minum susu kambing, anak saya diare. Disinilah problem yg ga ada habisnya dan bikin saya cemas & pusing 7 keliling.

Di awal diare, pupnya masih lunak (belum berair) tapi frekuensinya 5-6x sehari. Saya beri l-bio sampai 3hr berturut-turut sehari 2x sesuai resep dsa sebelumnya & susu kambing saya stop, saya beri Rice Milk. Setelah 3 hari, bukannya membaik, pupnya malah jadi encer berampas, frekuensi berkurang 3-4x, baunya sayuran basi. Ampasnya ini berupa sayur bentuk utuh. Saya pun memutuskan ke dsa. Sama dsa cuma dikasih Protexin Infant sehari 3x, jenis sama dengan L-Bio hanya katanya ga mengandung perasa & pewangi, jadi diharapkan cepat sembuh. Dan disuruh diet jangan makan sayur & buah selama 5 hari.
Setelah 3 hari, anak saya bukannya membaik malah tambah parah. Setiap kali mau pup dia nangis2 dulu. Padahal makan udah cuma bubur pake sedikit garam & gula doang, Rice Milk pun akhirnya saya stop (karena masih mengandung sunflower oil -- katanya anak diare jgn kena minyak dulu), diganti teh manis. Dan pernah suatu kali pupnya itu baunya setengah mati seperti bangkai hewan mati.
Akhirnya saya memutuskan ke dsa lain dekat rumah. Ehhh dikasih obat banyak banget, saya ambil sedikit aja. Tapi habis minum obat itu langsung bentol2, saya eliminasi multivitaminnya ternyata bentolnya ga berlanjut jadi asumsi saya multivitaminnya yg bikin alergi. Setelah 3x minum obat, diare mampet, obat saya stop (karena ngeri jg ga tau apa isinya, bentuk puyer).
Setelah itu, selama 2 hari pup 1 hari sekali tapi lengket banget. Saya mulai beri Rice Milk lagi, sayur & buah masih tidak diberi.
Di hari ke-3 mulai lagi. Pupnya padat lunak tapi frekuensinya sehari 5-6x dan berlendir. Saya pun cek feses ke lab & kembali lagi ke dsa. Huh.. Dsanya tetap bilang anak saya ga papa. Ya ampun, sudah mau 2 minggu pup berlebihan begitu kok masih ngga papa sih... Saya disuruh lanjut beri Interlact Drop sehari 5 tetes & hanya diberi tambahan vitamin ZincPro sehari sekali. Hasil lab mengatakan ada darah samar di fesesnya tapi tdk ada parasit.

Sekarang sudah mau seminggu sejak saya dari dsa terakhir, tapi anak saya ini tetap saja pup berlebihan, sehari 5-6x. Kadang pupnya bentuk normal, kadang bulat2 seperti sembelit, kadang lunak banget sampe benyek, kadang berlendir & ada serat2 darah.
Saya pikir, apa Rice Milknya ga cocok ya? Saya pun stop dan kembali ke susu kambing. Eh malamnya malah histeris seperti anak kolik & tetap saja pup terus, malah lagi tidur pun pup, jadi saya tengah malam harus bersihkan itu pup, padahal selama ini ga pernah seperti itu, bahkan di saat dia dulu diare berdarah pun di kala malam seperti ngga pup.
Jadi dia tengah malam pup, bangun tidur pup, habis sarapan pup, mau tidur siang pup, bangun tidur siang pup, habis makan malam pup T_T

Mamas, saya bingung sekali ini. Ada yg pernah mengalami seperti saya? Ini normal atau ngga sih?
Saya tanya teman saya, anaknya pup sehari 1-2x, kadang 3x tapi jarang.

Kalau ngga normal, saya harus kemana?

Thanks before.

3

Topic: Gangguan Pencernaan?

Boleh tau gak skrg gmn ? Anak saya juga nih, udah 1 bulan sering bab cair (masih ada ampas nya sih )