1

Topic: Aktivitas Rutin Papa sama Anak

halo para papa,

gue curious aja nih, biasanya bapak2 yang kerja kantoran (9-5) pada punya rutinitas tertentu ga dengan anaknya pas udah pulang ke rumah? kalo punya, apaan?

misalnya gini, temen gue ada yang kerja kantoran dan istrinya SAHM. waktu anaknya masih bayi banget, setelah pulang kantor, bapaknya yang mandiin anaknya (sore doang, yang pagi sih ibunya).

yang lain ada ga yang kayak gitu?

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

2

Topic: Aktivitas Rutin Papa sama Anak

suami gue sih pasti main yang kelaki-lakian gitu (mis: lempar/tangkep bola, balapan, tae kwon do).. aduh anak gue fisik banget sih kalo udah ketemu ayahnya. kalau disuruh baca buku pasti, main puzzle, gambar, pasti balik ke mamahnya.

kalo gue kecapekan, baru deh semuanya diurus sampe tidur.

And thelilsolder is back. Fire!

3

Topic: Aktivitas Rutin Papa sama Anak

Suami gw kalo gag lembur, selalu dia yg mandiin anak tiap sore, dan tiap wiken semua bagian anak dia yang ngurus, tiap malem sblm bobo biasanya anak gw baca buku, main puzzle, sampe main sumo sama babenya, pokoknya kalo ada babenya di rumah, emaknya gag laku :D... Kalo wiken mereka maen bola ato sepeda ato maen2 di taman kalo pas cuaca bagus, kalo di rumah aja ya maen apa aja yang anak gw lagi pengen main, anak gw begitu melek langsung yang diabsen babenya dulu, favorit banget deh, mungkin krn emaknya gahar dan babenya gag pernah ngamuk2 kali :p

4

Topic: Aktivitas Rutin Papa sama Anak

gue baru liat ada thread ini *wuih kemana aja?*

sebenernya gue pengen tau sih, sebagai working dad yang mungkin waktu di rumahnya cuma bentar2 during weekdays, apa sih yang para papa lakukan to make sure si anak juga bisa deket?

gue kbetulan juga working mom. tapi karena kantor gue deket, jadi waktu gue ama Naia itu bisa dibilang banyak. kadang siang pun gue pulang ke rumah untuk makan siang & nidurin naia.

tapi suami gue berangkat lebih pagi dan pulang jauh lebih malem. kadang pas di sampe rumah, Naia udah tidur. belom lagi kalo pas lagi biz trip yang paling cepet seminggu. kayak kemaren ini, baru seminggu ke pakistan, pulang ke singapore seminggu, pergi lagi seminggu ke vietnam.

jadi waktu Naia untuk ngeliat papanya itu jaraaangg banget. dan ditambah lagi, pas papanya ada di rumah, walopun papanya pengen maen dan spend time, Naia tetep milih gue untuk maen ama dia.

ya papanya sih berusaha ya, tapi kadang suka bete duluan karena Naia nya maunya sama mama. jadi kadang2 suka dipaksa, kayak jalan maunya digendong mama, jadi tar diambil papanya deh walopun Naia gak mau, tapi akhirnya ya diem. bukannya Naia gak mau sama papanya sih, tapi mungkin karena jarang ketemu aja, dan waktu sama papanya emang jadi dikit banget.

papa yang laen yang ada di posisi suami gue, bisa kasih saran gak? thanks ya!

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

5

Topic: Aktivitas Rutin Papa sama Anak

huhuhu shin...
kasian juga ya ario... :(

jadi inget cerita adit. waktu kecil, dia juga mirip deh sama naia... karena bapaknya kan field engineer, jadi sering banget ditinggal lama. sampe pas pulang... kakaknya adit nanya, "mah, itu siapa?" (nunjuk ke bapak mertua)... huhuhu...

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

6

Topic: Aktivitas Rutin Papa sama Anak

Hal rutin pertama yang aku lakukan pertama kali saat sampai rumah adalah memastikan anak-anak salam dan cium tangan, lalu minta Vira cerita tentang harinya sedetail mungkin, e.q.: "Tadi ngapain aja di sekolah?", "main kemana aja hari ini?", "tadi makan apa?", "tadi nangis nggak?", dst.

Aku biasain supaya dia selalu cerita kalau ada apa-apa, termasuk misalnya dia nakal.

Yang biasanya rutin adalah kegiatan weekend, kita pasti keluar rumah untuk ke taman atau ke mall atau berenang atau kerumah saudara, dll, tergantung mood dan permintaan Vira. Apa lagi ya...

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

7

Topic: Aktivitas Rutin Papa sama Anak

salah satu trik yg saya dapet: pastikan di rumah (di komputer atau HP) banyak terpampang foto-foto bapak atau ibunya. dan setiap kesempatan jangan lupa diganti dengan yang terbaru, jadi setiap hari bisa jadi bahan baru untuk cerita mengenai foto itu ke si kecil.

terus siapa yang pergi lama, jangan lupa utk rajin-rajin say hi atau cerita via bbm, mms atau youtube, dengan seakan2 berbicara dengan si kecil. jadi setiap hari si kecil pasti akan update bapak/ibunya sedang ngapain, mukanya sekarang seperti apa. begitupula sebaliknya buat si kecil :)

bapak dari vanya sekaligus baby assistant di nenen baby shop

8

Topic: Aktivitas Rutin Papa sama Anak

Wuah! thanks sarannya om Yudhis ... :D

9

Topic: Aktivitas Rutin Papa sama Anak

hai, semoga belum basi nih :P

wah kalau nataya (3 tahun, 3 bulan) kebalikan sama naia. jadi ayahnya nataya itu sekarang kerja di luar kota dari hari senin-jumat. sehari-hari nataya cuma sama gua doang. nah pas giliran ayahnya pulang on weekends, nataya nempel kaya perangko sama ayahnya. apapun maunya ya sama ayahnya: mandi, pipis, minum susu, makan, main, dll.. gua sih senang-senang aja, haha.. hitung-hitung "istirahat", dan ayahnya sih tampak senang-senang aja. mereka berdua emang bondingnya kuat banget, dari dulu, dari sejak nataya masih usia itungan bulan.. ga apa-apa deh.. konon memang anak perempuan tuh begitu.. kalau sama ayahnya deket banget.. :)

10

Topic: Aktivitas Rutin Papa sama Anak

angki iya gue juga dengernya gitu, biasanya anak cewe deket ama papanya. mungkin sih karena naia masih kecil dan bergantung ama gue dalam urusan ASI, jadi dia gak mau deh lepas dari gue. tapi semakin gede gue makin liat, dia sebenernya sama papanya tuh lebih ngajak maen gitu.. jadi bisa gitu deket2 papanya kalo udah pengen sesuatu. tapi kalo urusan basic kayak makan, minum, mandi, pup & pipis & bobok.. maunya hanya sama gue.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

11

Topic: Aktivitas Rutin Papa sama Anak

angki: sepertinya teori ayah lebih deket ke anak perempuan tdk terbukti di kasus gw :D

secara gw sama brenda pegang vanya itu hampir sama waktunya dalam sehari. pokoknya kalau yg satu lagi kerja, yg lagi sama vanya dari urusan mandi, anter/jemput sekolah, makan, main dan tidur itu harus ditanggung masing2.

tapi namanya mama selalu yg menjadi pilihan utama. jadi kalau lagi proses gantian shift jaga, kita bertiga hadir semua...pas brenda mau pamit pasti vanya langsung mengeluarkan jurus mau sama mama *sambil nangis* alhasil setelah berduaan dgn vanya sepanjang jalan gw harus rela mendengar tangisan kangennya vanya selama ya kurang lebih 10-15 menit :D

setelah nangis selesai, tugas berat selanjutnya adalah bagaimana memikirkan sisa hari dgn bad mood-nya vanya ditinggal mamanya, supaya dia bisa pelan-pelan nyaman kembali dengan gw.

kesimpulan: rutinitas akan membuat si anak tahu baik-disiplinnya kita. keuntungan dr tidak seringnya bertemu si kecil dalam seharian adalah kesempatan utk fokus menyenangkan si kecil pas ketemu. entah pas pagi atau malam, manfaatkan waktu ini semaksimal mungkin. inilah yg membuat kenapa vanya senang sekali bertemu dgn eyang2nya :)

bapak dari vanya sekaligus baby assistant di nenen baby shop

12

Topic: Aktivitas Rutin Papa sama Anak

Kalo gue kegiatan yang paling sering kita lakukan sebenernya masak sih. Paling sering ya kesukaan dia, telur dadar, atau pancake.

Mengenai kedekatan dengan bapak, kebetulan gue anak2 laki semua. yang gue liat adalah bahwa anak pertama deket ke bapak. karena anak kedua memonopoli si ibu.

Before I have kids I have 2 parenting theories.
I have 2 kids now. And I have no theory.

13

Topic: Aktivitas Rutin Papa sama Anak

Kalau Diba kayaknya mirip ama Naia deh, berhubung masih ASI, ya lebih lengket ama bundanya. Kebetulan lagi ayahnya Diba sementara ini kan masih di Jakarta, jadi ketemuannya ganti2an pas ayahnya ke sini atau kita yg ke Jakarta. Untungnya telpon di sini nomer Jakarta, jadi relatif murah lah biaya komunikasinya, sehari bisa lebih dari 5 kali ayahnya telpon atau Diba yg telpon ayahnya. Plus pake video chattingnya yahoo messenger.
Kalau lagi pas ngumpul semua, biasanya Diba lebih banyak mau mainnya ama ayahnya, tapi kalau mandi, makan, nyusu, dan basic needsnya ya tetap ama bundanya. Aktifitas rutinnya Diba dan ayahnya itu adalah pergi main tennis, ayahnya Diba lagi gila tennis, dan Diba senang banget nemenin ayahnya main tennis heheheh. Selain itu, paling senang juga diajak jalan ama ayahnya masuk ke "hutan" atau jalan2 liat binatang dan liat "putri malu". Tapi ya itu, kalau lagi keluar bete-nya atau ada kelakuan ayahnya yg ga sesuai hatinya, bisa tuh si Diba lagi ngambek dan bilang: mau jemput bunda aja di kantor! hehehhe

~ Diba's Bunda ~ Living by the shores of Matano Lake ~ Occassionally attempt to bake ~ Book lover
@annsjamsu

14

Topic: Aktivitas Rutin Papa sama Anak

wah putri malu!! buat anak kecil pasti seru banget maenan ama putri malu... gue inget waktu kecil seneng banget soalnya.. tapi di spore ga pernah liat deehhh.. kasian nih Naia tar bakal ga tau apa putri malu & missed out on the fun. duh!

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

15

Topic: Aktivitas Rutin Papa sama Anak

halo semua, salam kenal :)
thal, ikutan nimbrung yah. biasanya sih kegiatan rutin sepulang kantor dimulai dengan kongkow2 bareng, cerita2/tanya2 tadi di sekolah belajar apa, dsb. kalau sempat kita sholat maghrib/isya bareng. habis makan malam, biasanya gw nemenin Echa (anak cw gw yg pertama, 6 thn) belajar piano or ngerjain pr. abis itu gw mandiin Echa sama Daneen (anak cw gw kedua, 10 bulan). kita mandiin anak2 rada malam, sekitar jam 8-8.15 gitu. abis pakai baju, bacain buku, doa malam, trus bobo deh.

Living with my wife Suci and our lil' angels, Ayesha & Daneen in a small town of Springfield OR.
http://murandi.wordpress.com
http://www.flickr.com/photos/defragments

16

Topic: Aktivitas Rutin Papa sama Anak

andika - ihiy, ada minul... :) silakan, silakaaan... sering2 mampir ya!

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

17

Topic: Aktivitas Rutin Papa sama Anak

ikutan ah...
Aktivitas rutin Nara dan Ayahnya adalah main perang-perangan (atau apapun itu namanya yang heboh-heboh ga jelas) trus baca buku cerita atau cerita karangan Ayahnya. Gw ngga laku klo main robot-robotan atau Optimus-Megatron.. dia bahkan ga suka dibacain cerita sama gw, katanya ngga seru! huh.. jadi bondingnya kuat karena di mata Nara Ayahnya seruuu sekali ? sementara gw bagian yang lebih ‘keibuan’ seperti cerita kegiatan sehari-hari ngapain aja atau ngelonin bobok (untuk ini dia ngga mau sama Ayah), mandiin dan nemenin sikat gigi.

Klo gw lagi repot, kadang Ayahnya juga yang mandiin, nemenin sikat gigi dan gantiin piyama. Tapi klo dimandiin Ayah suka kelamaan sampe jari-jarinya keriput dan Nara sebel “tukan gara-gara Ayah mandiinnya lama, tangan Nara jadi keriput”, LOL.

metariza.com | mother of two |@metariza

18

Topic: Aktivitas Rutin Papa sama Anak

ikutan juga...

rutinitasnya sama ayah sampai saat ini masih mainan doang sih ya...

alya sekarang17 bulan, lagi suka menghafal nama-nama benda, buah dan hewan! sekarang, setelah kami pulang kerja, biasanya main di kasur sama alya... dan akhir-akhir ini dia lagi suka minta ayahnya tengkurep, terus dia naik... "aik tuda...." (naik kuda) katanya... terus kadang-kadang ganti juga... "aik dadah..." (naik gajah)

semoga dgn thread ini dapet inspirasi rutinitas2 lain yang lebih berkualitas...hehehe

thanks...

belajar terus... jadi ibu-ibu :)

19

Topic: Aktivitas Rutin Papa sama Anak

Kl aktivitas rutin rasya sama ayahnya kyknya belum pernah deh main perang2an atau yg kelaki2an gitu *gw juga jd heran

Mereka lbh sering bercanda2an aja, yah main kelitik2an, main cium udel, main jenggot ayahnya, main thomas dan mobil2an sambil ayahnya ngarang indah crita seputar yg sedang dimainin, baca buku cerita, joget2 lah bduaan, berkomplot utk ngisengin bunda nya (ini yg plg sering deh kyknya)

Justru main brantem2an lbh sering sm bundanya..
Baru nyadar jg nih...
Ada yg salah ga ya??

'Being a full-time mother is one of the highest salaried
jobs... since the payment is pure love' ~mildred~

20

Topic: Aktivitas Rutin Papa sama Anak

mba YSee samaaaa... Zieboy juga ga pernah main yang "kelaki-lakina" sama papanya, malah lebih seneng kasih minum/makan kucing tetangga setiap pagi baru bangun tidur :p

PostModern Mama

21

Topic: Aktivitas Rutin Papa sama Anak

Ikutan yaa..
Waktunya jevan berduaan ama papanya tanpa mama adalah 2 malam di weekdays and 1 hari weekend :P

Weekdays suami gw kerja pagi-sore, jadi sehari2 jevan lengketnya sama gw, krn gw di rumah. Tapi gw ada jadwal praktek malam n weekend dimana papanya jevan lagi nggak ngantor. So di waktu gw praktek, dia yg full pegang jevan dari mulai minum susu, mandiin, main, kasih makan, boboin, cuci baju,..semuanya.
Mereka sih enjoy bgt tuh, bisa main sepuasnya n ngeberantakin rumah semaunya :P

22

Topic: Aktivitas Rutin Papa sama Anak

Oh iya kok bisa yaa lupa
ada kok yg rutin kelaki2an:D

Main bola..kok bs lupa ya gw
Kmrn ultahnya dikadoin gawang pulak
Heboh lah di rumah main bolanya

Krn ayah nya rutin futsal every sunday morning
rasya pun ikut serta
*bundanya stay at home hahaha

nandra toss dong..kirain rasya doang yg ga suka main perang2an:)
Eh rasya jg suka lho sm kucing tetangga..tp sygnya itu kucing ga mau dipegang2 sm yg bukan pemiliknya

'Being a full-time mother is one of the highest salaried
jobs... since the payment is pure love' ~mildred~

23

Topic: Aktivitas Rutin Papa sama Anak

Nih yaa..kalo ayahnya Atreyu biasa kan brkt jam 730 pulang skitan jam 9 mlm lah sampe rmh. Biasanya tuh pagi2 Reyu bangun duluan (gw udah sibuk d bawah nyiapin sarapan,etc)..trus dia bangunin deh ayahnya, main2 bentar. Nanti ayahnya mandi biasanya Reyu iutan d kmr mandi, entah main air atau sekalian mandi sama ayahnya (klo Reyu-nya berjadwal pergi pagi jg). Jadi dr bangun tidur sampe gw siap dgn sarapan tuh mereka berduaan aja (ini berlangsung sejak Reyu sekitar mur 9bln).

Trus skitar 2 bln terakhir nih, dia jg menuntut sarapan sama ayahnya hehehe, dan minta menu yg sama persis dgn ayahnya, kalo beda dia bakalan tutup mulut :p (lagi2 lumayaann ibu nya bisa santai2 hihihi). Jam 730 ayahnya ngantor deh, reyu dadah2...ato skalian pergi sama gw :)

Ntar malem biasanya Reyu dah tdr dulu tuh abis magrib, tapiiii tiap ayahnya ayahnya pulang, buka pintu kamar...bisa dipastikan dia bangun lg...minta main, ya udah ayahnya makan mlm, kadang dia ikutan ngemil..abis itu main2 d kamar sampe nyariin gw utk nyusu hehehe.

Kalo weekend ayahnya juga minta kuasa penuh hahaha..dr mandiin, nemenin makan, sampe main, kalo memungkinkan sampe nidurin (Reyu msh seringan sambil nyusu tdrnya, sementara ayahnya tdk ber'susu' :p), sabtu sore gw berjadwal latihan capoeira, klo Reyu ikutan, brarti ayahnya ikutan jg..gw latihan , mereka main2-jalan2 d sekitar tmpat lthn gw di senayan. Ato klo Reyu ditinggal yaa ayahnya yg jagain d rmh :)

Pertanyaannya adalah: Berapa kali kata "ayahnya" muncul pd cerita diatas?? hiahaha *jadi kuis* :p

Carita Chandra Sakirun
------------------------------------------
If we're about to die anyway, I'd rather die fighting! Come for me, G'mork! *I* am Atreyu!
(Atreyu *The Never Ending Story*)

24

Topic: Aktivitas Rutin Papa sama Anak

ikutan juga ah.... :)
sebenernya sih ayahnya anip ngga kantoran kerjanya, dan banyak dirumah juga. Tapi ada satu kegiatan yang ga boleh ketinggalan kalo weekend, yaitu main game bareng. Jadi anip dapet jatah main game cuma hari sabtu & minggu aja, makanya kalo hari2 itu dia selalu bangun pagi & udah nunggu di r.kel buat main game/nonton dvd sama ayahnya. Ntar siangnya baru pergi keluar, sama ayahnya juga. Pokonya kalo urusan main & jail-jailan kompaknya sama ayahnya deh :p

"Yes you can't be the real Ultraman, dear. But you will always be my hero..."
twitter @ngiuphobia | www.LittleHouseofRena.com

25

Topic: Aktivitas Rutin Papa sama Anak

hai..hai..ikutan ya..
saya FTM & suami kerja kantoran. enaknya kantornya deket banget,jadi pagi tuh yg mandiin dzana (2mo) hampir selalu papinya (saya malah cuma pernah 2x mandiin dia hehe). pulang kantor langsung mandi,trus serah terima dzana deh ke papinya lagi, cuma pindah kalo nangis2 maw nyusu aja. seneng bgt y klo liat papas lg bonding ma anak2nya, seperti waktu pertama liat dzana ketawa, papinya lsg berkaca2 gtu.. terharu..