1

Topic: Check-up Kehamilan

Moms and moms-to-be,
Share donk pengalaman check-up kehamilan (antenatal check-up). Boleh yang di Indonesia/LN, dokter praktek private/government... Hehehe, maklum baru kehamilan pertama (:
Pernah baca-baca online, kalo untuk full scan (apa ya namanya, lupa...) itu usia kehamilan 20w, tapi kok aku di 22w ya. Memang standardnya beda-beda?? Trus idealnya berapa kali visit sampe melahirkan?
Trus, kalo di dokternya, pada ngomongin apa aja sih... Secara waktu visit kedua dulu, cuma masuk kamar dokter gak sampe 5 menit, bayarnya mencekik! Huhuhuhu... kan rugi! *ini critanya mau get the most outta the $$ spent*... Apa aja deh pokoknya yg biasanya ditanyain ke dokternya...

2

Topic: Check-up Kehamilan

hai momchi..

aku selama hamil 2 kali chek darah aja, trisemester pertama biasanya yg lengkap (torch,hepatitis,dll), trisemster kedua cek lagi (gula,hb,trus apalagi gitu aku lupa,yg ini lebih sedikit, aku jg cek gula lengkap pd khamilan kedua krn dicurigai diabetes pd kehamilan,naiknya sebulan drastis 5 kg hehehehe,tp untungnya normal,emang bumilnya aja yg laper terus) dan trisemester ke3 cek darah lagi,biasanya untuk persiapan menjelang persalinan , klo kta dokter aku si selama pemeriksaan usg dan hasil darah normal tdk perlu cek2 sampai selengkap itu (aku jg baru tau ada full scan) usg 4d aja dokter ku bilang tidak perlu selama usg 2d cukup,kecuali ada kasus2 khusus yg perlu penanganan dan perhatian lebih,untuk visit dokter pd kehamilan normal trisemester pertama dan kedua cukup 1 bulan sekali,setelah memasuki 28 minggu baru 2 minggu sekali dan setelah memasuki 36 minggu visit ke dokter 1 minggu sekali.
hehehehe klo ke dokter ya bisa nanya apa ajaaaaa,bener2 apa saja yg berhubungan dgn kehamilan,momchi engga usah ragu nanya sama dokter yg momchi bingung,itu kan memang tugasnya mereka hehehehe

3

Topic: Check-up Kehamilan

Thanks dhienskie infonya!
Kalo aku sih 2 trimester pertama, jarak periksanya lewat dari sebulan, antara 5-6 minggu gitu. jadi selama ini baru ke dokter 2x, dan insyaAllah tgl 28 nanti check ke 3 kalinya...

Yang pertama sih lumayan lama (ngantrenya, hehehe...). Ditanya2in riwayat kelahiran di keluarga, hipertensi. tapi cuma sebatas ditanyain aja sih, gak sampe ambil sample darah untuk periksa lab. trus di-USG untuk nentuin due date bayinya.

Yang kedua, itu yg super singkat. cuma duduk, diperiksa tensi, diperiksa heartbeat bayinya, dibilang mau dikasih suplemen trus disuruh nunggu di luar... huhuhu...

Oya, dua kali visit juga ada tes urine... gak pasti sih untuk apa, tp denger2 untuk meriksa apa ada protein abnormal di urine (bener gak sih??) hehehe...

Ada moms yg lain yang mau kasih suggestion/sharing? :) :)

4

Topic: Check-up Kehamilan

gue waktu dibulan pertama dan kedua, ke dokter dua kali seminggu, soalnya rahim gue kontraksi terus, dan gue kram2 terus... sakiiiiit banget. jadi ama dokternya disuntik hormon buat bikin tenang rahimnya, karena takut dia end up expelling janin. suntikannya 2 kali seminggu (senin kamis, udah kayak puasa aja...).

tapi setelah kram2nya mereda, gue dateng cuma tiap 4 minggu. tiap dateng, test-nya sama: urine dan ultrasound.

pas masuk trimester 3, datengnya tiap 3 minggu. pas bulan ke 8, jadi tiap 2 minggu. pas bulan terakhir diperiksa seminggu sekali.

tapi kita ga usah bayar per-visit... soalnya, pas masuk trimester ke 2, kita bayar paketan: udah termasuk ultrasound and urine tests, kunjungan dokter, dan bbrp vitamin.

mOmcHi, full-scan gue emang di minggu ke-20. mungkin emang bisa beda2 kali ya? ga tau... gue juga ga yakin...

by the way, kehamilan gue itu direncanakan, jadi pemeriksaan torch, hep, dan masalah2 penyakit keluarga udah pada diperiksa sebelum hamil.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

5

Topic: Check-up Kehamilan

Saya check up mulai week ke-9, setelah itu teratur sebulan sekali sampe umur kehamilan 34 minggu.. Awal2 kehamilan ada tes darah torch dkk, full scan juga pas 22 week, kt dokter sih emang 20 week keatas, kebetulan jadwal visit saya pas 22 week itu.

Sehabis 34 week langsung 2 minggu sekali kontrol, week 36 plasenta diduga udah gak bagus, cek lg week 37 sekaligus rekam CTG, week 38 induksi..

Oh iya, setiap visit dicek urine, berat badan, dan tensi darah. Krn kebetulan saya kontrol di klinik jadi tiap visit selalu scan USG.

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

6

Topic: Check-up Kehamilan

momchi,
waktu 6 mggu (pertama cek kehamilan), saya nanyanya ttg kapan janinnya kliatan? ada pantangan makanan? pertambahan berat badan yg bagus gimana?

Bulan 2 berhubung kena gondongan makin banyak aja yg ditanyain, efeknya apa? obatnya aman ga? trus kena maag parah juga jadi diskusi gimana nanganinnya.

Bulan 3, janinnya udah kliatan gerak2 pas usg, kembalilah saya bawel, kok ga kerasa?kapan kerasanya? trus dokternya nanya saya ada masalah ga di kantor krn kehamilan ini. Saya ceritain aja selain cepet cape, kalo siang bawaannya ngantuuuk mulu hehe.. Btw, kehamilan saya ini ga direncanakan, jadi pas bulan ini justru saya baru tanya penting ga TORCH dan tes2 lainnya. Akhirnya karena saya punya riwayat gondongan, dokter nyaranin buat USG screening (ini sama ga ya sama fullscan? sebaiknya screening ini di minggu 20, tapi dokter yg ahli screening ini sibuk banget, kata dokter saya yg penting udah masuk trimester 2). Selebihnya karena ga ada keluhan yg berarti, yauda cuma 20 menit di dalem)

Bulan 4. Nah ini mulai banyak keluhan, sakit perut kanan bawah yg menusuk, sesak di ulu hati, bentuk perut yg ga simetris. Namanya anak pertama pasti parnoooo. Jadi kemaren di dokter blablabla ungkapin aja smua. Dokter akhirnya memberikan beberapa penjelasan yg menenangkan saya. Trus pas usg, saya juga tanya perkembangan janinnya sgitu normal ato nggak. 40 menit aja gitu di dalem hihihi

Jadi, lama nggaknya kita di dokter ditentukan oleh dokter yg komunikatif ato nggak, plus permasalahan yg dialami selama kehamilan. Kebetulan kehamilan saya termasuk yg agak 'rewel' jadi lumayan banyak nanya. Kadang pas konsultasi bingung juga mau nanya apalagi, eeeh pas pulang baru kepikiran. Solusinya catet keluhan ato apa2 yg mau ditanya sebelum ke dokter.

Sebagian besar pertanyaan saya sebenernya ada jawabannya kalo kita baca buku panduan lengkap ttg kehamilan ato browsing internet. Tapi teteeeup berasa ga afdol kalo blom denger langsung penjelasan dari dokter. Karena menurut saya yg dibuku itu keadaan umumnya, sementara dokter akan memberikan penjelasan meurut kondisi kita. Contoh di buku2, berat janin 18 wk berkisar 150 gr, smentara janin saya 230 gr, langsung d saya tanya knp. Dokter langsung kasi penjelasan lewat suatu diagram yg memperlihatkan bahwa kondisi janin saya masi dlm range yg normal.

Oia, untuk brapa kali visit, penjelasan seperti yg dibilang thalia dan dhienskie.
. Ttg tes urine, saya pernah baca untuk melihat kandungan protein yg tersisa di urine, kalo berlebihan ada kemungkinan downsyndrome (?) CMIIW

Engkau takkan pernah bisa menggantikan semua jerih payahnya bahkan satu rintihan diantara rintihan-rintihannya pada saat melahirkan. Di dunia ini tidak ada yg bisa bekerja keras yang melebihi dari yang dilakukan oleh seorang ibu (HR. Muslim)

7

Topic: Check-up Kehamilan

btw, test torch, hepatitis, dkk itu optional (minta sendiri), disarankan dokternya, wajib ato gimana? apa (misalnya) dicek dulu tensinya oleh dokter, trus disarankan ikut test apa aja? koq aku sama sekali gak ada yang gitu-gitu ya... dokternya juga kayaknya adem-adem aja... gak nanya macem-macem, kayak ini kehamilan direncanain ato gak?

wadoooooh... ini dokterku yang gak meyakinkan ato aku yg terlalu parno??

8

Topic: Check-up Kehamilan

sama kyk mba Thalia, disini saya juga periksanya paketan (konsultasi, usg, tes urine & vitamin)... paling nambah-bayar pas kalo ambil tes antenatal aja.

mOmcHi, dari yg selama ini sy amatin kyknya keharusan ngambil tes torch dkk lebih ke pertimbangan dokternya... biasanya dokter bakal minta ngambil tes setelah lihat kondisi & sejarah kesehatan kita; seperti teman sy yg di JKT, waktu hamil pertama disuruh tes torch karena dia lama miara kucing, tapi pas hamil kedua & setelah berkeluarga nggak miara hewan lagi, dokternya bilang optional. Disini (Penang), kata dokter kandungan tes torch tsb optional karena dokternya bilang saya nggak beresiko kena (nggak pernah piara hewan dirumah ataupun kerja nanganin hewan). Sekarang palingan saya berusaha ngejauhin faktor2 pencetus torch itu aja, kayak nggak megang/ngurus hewan berbulu, ngurangin makan daging mentah, daging bakar2an & sayur lalapan.
dokter malah ngewajibin saya utk ambil 2 panel tes antenatal. Waktu week-13 saya ambil tes antenatal-1 berupa screening lengkap profil darah, tes HIV, hepatitis, rubella & VDRL. Tes antenatal-2 ntar baru diambil pas mo masuk trimester-3.

Untuk kunjungan... pas awal kehamilan sih saya sempet dateng 2x dalam sebulan (week 3 & 4) untuk mastiin melekatnya embrio di rahim plus tes darah (soalnya waktu itu tes urine-nya positif, tapi pas di usg kantong kehamilannya belom kelihatan... dan sempat keluar flek juga). Setelah itu, bulan2 selanjutnya datang sebulan sekali; tiap datang selalu tes urine (buat cek kadar gula & protein), nimbang berat badan, ukur tensi darah, trus usg (ngukur janin dari kepala-ke-bokong, ngeliat fungsi tubuh & cek detak jantung) sambil konsultasi. Pas minggu-14, dokter ngelakuin NT(nuchal translucency) scan pake usg 2d untuk mengecek apakah ada kelainan yg mengarah ke down syndrome (biasanya dilakuin antara bulan 3-4). kalau diperlukan, dokter akan minta untuk ngambil tes lanjutan kayak amniocentesis atau cvs. Masuk bulan-5, janinnya diukur dari puncak kepala-ke-kaki. Alat usg-nya punya itungan rumus gitu buat konversi dari ukuran janin ke beratnya (kyk yg Pamz bilang, ada grafiknya juga)
Untuk usg 3d... dokter nyaranin bagusnya dilakukan saat minggu ke 24-28, karena katanya posisi si bayi belum melungker-padet didalam perut. Tapi kt dokter sy usg 3d ini optional juga...lebih karena harganya cukup mahal :P & baiknya dilakukan untuk mengecek keadaan fisik si bayi.

Jadi inget juga nih... pas awal hamil dulu sy beli buku "What to expect when you're expecting", isinya informatif & sangat2 ngebantu saya yg clueless karena hamil pertama ini jauh dari ortu & cuma punya jatah sebulan sekali buat nanya2 ke dokter :P dalam buku itu dijelasin gejala apa yg wajar terjadi selama kehamilan, serta gejala apa yg harus jd concern & segera dikonsultasikan ke dokter. Sampai bulan ke-6 ini, yg pernah ditanyain ke dokter adlh tes apa aja yang harus diambil, gimana maintain kenaikan berat badan pas hamil (soalnya sebelum hamil, badan gw termasuk gede), konsultasi kondisi kista (kebetulan baru ketauan ada kista pas hamil & dokter plg concern dg ini), tanya2 ttg kondisi janin berhub. dg berat & ukurannya, sama konsultasi waktu maag & migren saya jadi intensify saat hamil... Dokter kandungan sy termasuk tipe yang kalem aja; baru ngejelasin klo gw-nya nanya. Malah yg selalu ditanyain dia adalah : "pup-nya lancar gak ?" :P

9

Topic: Check-up Kehamilan

@ thalia and charissarhanie,
kalo full scan yang pas 20an weeks itu, lamanya kira2 brp menit (ato jam hehe...)? bisa dapet foto/videonya kah? kalian scannya di mana? aku di NUH sih, dan so far berharap banget dapet foto USG, tapi gak pernah dikasih... ato kitanya yg harus minta ke Dr-nya??

@ semuanya...
kalo ke gynae apa tiap visit discan USG sih? perlu gak sih sebenernya USG tiap visit... that is, kita bisa minta dokter untuk scan ato pasrah aja ama dokternya ngasih gmn? hehehe...

10

Topic: Check-up Kehamilan

hi momchi,
ikutan jawab yaaa ;)

full scan yg 20 weeks, kira2 30 menit... trus dikasih kok CDnya :). kalo di tempat saya, suka ditawarin, mau foto USG ngga... malah ga minta suka dikasih :) kasian kali tiap kontrol ngga pernah sama suaminya.

di tempat saya, usg tiap visit.

btw, tempatnya di
the tow yung clinic,
19 tanglin road, #05-01

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

11

Topic: Check-up Kehamilan

momchi, untuk yang 20th week USG, waktu itu sih bukan di NUH. OB-ku kirim aku ke OB lain yang punya peralatan lebih lengkap. tempatnya waktu itu di Mount E, tapi ga inget lantai berapa dan nama OBnya siapa. cuma sebentar kok, paling 20 menit. gambarnya waktu itu sih dikasih, tapi ama kita ditinggal di file dokternya.

kalo USG biasa (yang tiap bulan), ama OB-ku yang biasa (di Paragon). selalu dapet gambarnya... ga diminta juga dikasih. bisa rekues lagi mo sisi yang mana, dan berapa biji... hehehe. cobain minta aja. kan kalo fotonya dia tinggal print aja. kalo video, ga tau, soalnya ga pernah minta. ini termasuk paket sih... lagian, kalo aku dan suami sih seneng dan ga sabar pengen di USG tiap bulan... seneeeeeng banget liat anaknya goyang2, emut2 dll. agak ketagihan USG, hihihi. biasanya sih, ukur lingkar kepala, berat badan, tinggi dan liat detak jantung, normal apa engga.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

12

Topic: Check-up Kehamilan

Momchi, kl saya kmrn sih gak lama ya, plg set jam aja.. Yg dicek semuanya ky volume rongga kepala, paru2, sistem pencernaan dan sekresi, kerja jantung dan kelengkapan bilik-serambinya, kondisi facial ada sumbing apa engga, tulang belakang, sama jumlah jari tangan dan kaki, semuanya via USG.. Saya dikasih fotonya sih, tp krn babynya ud rada gede jd fotonya gak jelas jg..

Kebetulan saya kontrol di klinik, jd tiap visit selalu scan USG, kl di rumah sakit gak tiap visit ya? Setau saya sih ga wajib scan tiap kontrol kok, umumnya yg dipelukan cmn 3x, pas awal utk ngeliat ada kantung apa gaknya; pas full scan; sama menjelang lahiran.. Gatau jg knp klinik jg tiap visit, mungkin ada pertimbangan tertentu..

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

13

Topic: Check-up Kehamilan

Ikutan share juga ah!
kalo dulu saya kehamilannya direncanakan..maksudnya karna 7bulan nunda,akhirnya kita memutuskan untuk "ya,saatnya nih punya anak"..tapi saya ga test apa2 sblm hamil.Malah test darah dan urine itu pas bulan ke-4.Pas hasilnya keluar,dokter cuman nyuruh saya banyak minum air.Saya juga tipe yg suka di-USG..hehehe.Jd tiap bulan saya periksa,saya di-USG.
Skrg masuk minggu ke-23 saya mau pindah dokter..selain mau pindah rumah sakit,saya jg mau cari dokter yg lebih komunikatif.Jd ngerasa kesel sendiri pas baca thread ini..masa' setiap check up ketemu dokternya ga pernah nyampe 15menit.Pdhl nunggunya bisa 2jam tuh.
@pamz : aih,saya baru tau kalo kelebihan protein ada kemungkinan downsyndrome.Kebetulan kandungan protein saya ngepas 30.Jd khawatir.. :|

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

14

Topic: Check-up Kehamilan

hehee... kmrn pas week-20 sy juga full scan, tapi ndak dapet fotonya... :( huhuu, pdhl lg seneng di-usg & lihat2 foto setelahnya. Tp sama spt charissarhanie blg, krn babynya ud rada gede jd fotonya gak jelas jg... yo wis akhirnya gw relakan aja tu foto disimpen jadi data dokternya :P btw mommies, ada yg pernah tes AFP (alpha feto-protein) ? klo ada mau dong sharing infonya... tengkiu ya mommies :)

15

Topic: Check-up Kehamilan

Nyanya, setelah dicek lg di buku panduan kehamilan, sisa protein di urine merupakan indikasi gejala pre eklamsia, bukan down syndrome..hehe sorry salah.

Engkau takkan pernah bisa menggantikan semua jerih payahnya bahkan satu rintihan diantara rintihan-rintihannya pada saat melahirkan. Di dunia ini tidak ada yg bisa bekerja keras yang melebihi dari yang dilakukan oleh seorang ibu (HR. Muslim)

16

Topic: Check-up Kehamilan

Pamz,makasih bgt infonyaaa.Hoo..gitu ya..Kmrn kandungan protein gue 30,sedangkan normalnya kan di bawah 30.Pas gue baca thread ini gue sempet khawatir.Kmrn langsung nanya dokter deh,katanya penyebabnya karna di urine gue itu ada bakterinya.Dokter blg sih gapapa,gue kurang minum aja.Thanks bgt ya,Pamz!

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

17

Topic: Check-up Kehamilan

Moms,

nanya dunk...
Diminta cek darah itu pada kunjungan/usia kehamilan berapa sih?
aku hamil 7 Minggu nih, baru ketahuan hamil pas 5 Minggu lebih terus ke Dokter untuk cek perdana, tapi gak disuruh tes darah, urine ato apa gitu.... cuma USG *kebetulan kantungnya udah keliatan* trus kasih nasihatnya juga standar2 ajah *hehehhe*

18

Topic: Check-up Kehamilan

Hi Keekee,gue disuruh cek urine+cek darah pas hamil 4bulan.Kalo mamas yg lain gmn?

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

19

Topic: Check-up Kehamilan

keekee, seinget aku, cek darahku cuma waktu minggu ke empat... cuma buat mastiin aku hamil apa engga. soalnya waktu di USG, blum keliatan apa2, sedangkan uterus aku cramping gila2an. kalo ga salah, abis itu ga ada tes darah lagi... jadi, mungkin selama udah tau hamil, dan kehamilan berjalan normal, ga usah tes darah lagi... but i might be wrong.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

20

Topic: Check-up Kehamilan

Thalia & Nyanya - I see, mungkin emang kalo dokternya gak merasa perlu tes darah ya gak kali yah... maklum jengs, hamil pertama banyak bingung dan ragunya :P

21

Topic: Check-up Kehamilan

Wah kok gue dulu ga ada tes darah ato apa pun ya? Tes urine juga standar banget: gue ngecek pake test pack hehehe... Itu termasuk tes urine bukan? Abis itu ke dokter n di-USG, udah keliatan kantung janinnya. Tiap kontrol pasti USG sih, gabungan antara 2D n 3D. Nah, sesuai request gue, pas hamil 21 minggu gue USG 4D, full scan itu. Dijelasin n diukurin macem2, lamanya sama kayak yang laen sekitar 30 menit. Abis itu dapet foto n videonya.

Kalo di sini, ga ada standar yang jelas kapan USG 4D. Ada dokter yang mau pas kehamilan 20 minggu, ada yang maunya 28 minggu. Bener2 tergantung dokternya deh...

yang selalu kangen sama si pipi gembil

22

Topic: Check-up Kehamilan

Pertama kali ke dokter umur 6 minggu, udah ada kantong dan janin juga udah keliatan, tapi heartbeat belom kedengeran...disuruh dateng seminggu lagi untuk memastikan heartbeatnya ada...

Minggu ke-7 cek lagi, alhamdulillah heartbeatnya ada, baru deh disuruh tes darah untuk periksa TORCH, hepatitis, diabetes, dll dll (udah lupa… ;P)…
Minggu ke-8 cek lagi sambil bawa hasil tes darah, alhamdulillah semua baik2 aja…

Setelah itu baru kontrolnya tiap 1 bulan…setiap cek selalu di-usg (ini yang selalu ditunggu2 setiap kali kontrol…walaupun berkontribusi paling besar terhadap biaya kontrolnya…bahkan lebih mahal dari fee dokternya)…awal2 diukur panjang bayinya head to toe…waktu bayinya udah agak gede yang diukur beratnya, diameter kepalanya, air ketuban cukup atau ngga…oiya setiap abis di-usg juga selalu dikasih print out-nya…

Waktu bulan ke-7 di-usg 4D trus di print out profil muka bayinya…
http://farm3.static.flickr.com/2780/4304844509_cf2db77378_t.jpg
Masuk bulan ke-8 mulai kontrol 2 minggu sekali, trus bulan ke-9 kontrolnya seminggu sekali…

Setiap kontrol biasanya cuma ngabisin waktu 10menitan, pernah juga cuma 5 menit gara2 kitanya juga buru2 mau kondangan…mungkin karena kehamilannya ga rewel dan bumilnya juga ga bawel…sementara dokternya juga baru banyak ngasih info kalo ditanya...

there's no place like home...

23

Topic: Check-up Kehamilan

Piw, lucu yaaa profil mukanya keliatan gitu pas di-USG 4D. Btw,4D itu keinginan kita apa dokter yg nyuruh si?Lumayan mahal ya?Boleh tau ga brp biayanya?Pengen deeeh :)

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

24

Topic: Check-up Kehamilan

nyanya
waktu itu ga minta kok usg 4Dnya...
sepertinya mesin usgnya emang canggih gitu...2D bisa 4D bisa...jadi mau 2D apa 4D harganya sama aja...di Sam Marie tempat saya kontrol sih usgnya doang 223rb!!!

there's no place like home...

25

Topic: Check-up Kehamilan

Piw, oh gitu..sepupuku crita soalnya biayanya sekitar 400ribu.Coba besok ta' tanya dokterku ah.Kebeneran besok jadwal cek up.Lucu soalnya keliatan jelas gitu mukanya.Hehehe.Thanks ya..

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva