1

Topic: Kata Pertama yang diucapkan Bayi ?

apa aku geer apa gimana gitu...
anakku ara 5 setengah bulan kalo mau n*n*n...slalu teriak " nda....nda....."
bunda apa yah maksudnya....

*senyum2geer*

2

Topic: Kata Pertama yang diucapkan Bayi ?

aduh jadi mupeng dengerin ceritanya moms..............
babyku (11 bulan) belum bisa bilang kata-kata jelas, cuma bisa uh... uh... kalo nunjuk or pengen sesuatu. apalagi kalo marah bisa teriak-teriak dia.

doaian ya moms, biar babyku cepet bisa ngomong kayak baby kalian....

3

Topic: Kata Pertama yang diucapkan Bayi ?

Hi Moms,

Saya ingin tahu pasti, sebenarnya seorang bayi mulai bisa ngomong atau mengucapkan sepatah kata itu mulai umur berapa tepatnya.

Mengapa saya tanyakan kapan bayi mulai bisa ngoceh alias ngomong?

Karena putri kami, saat ini baru usia 32 hari sudah mulai ngomong sepotong kata AONG dan AEUNG dan biasanya putriku berceloteh saat setelah kenyang minum susu ASI dan sudah kenyang tidurnya.
Saat itu bayi kami badannya tidak bisa diam, bergerak terus, matanya melotot dan jelalatan kesana kemari, sempat juga terpikir, apakah seorang bayi usia 32 hari itu sudah mulai bisa melihat. Kakinya juga nendang terus kesana ke mari membuat bedongnya jadi terbuka. Bahkan berusaha untuk mengangkat kepalanya dan menoleh kekiri dan ke kanan.

Apakah ada yang pernah mengalaminya?

Kalau malam, sering terbangun dan siangnya tideur terus, jadi ingat lagu Mbah Surip : bangun tidur, tidur lagi.

4

Topic: Kata Pertama yang diucapkan Bayi ?

to Abi Annabella,

saya jg punya pertanyaan yg sama :) bukannya menjawab nih!
baby saya jg menunjukkan pola tingkah yg sama.

kata-kata yg diucapkan cukup jelas mulai usia 2 bln kurang antara lain: "aku", "engga", "enggeh".. Kalo "aku", selalu diucapkan dengan jelas tiap hari berkali-kali tiap main dengan papa mamanya... Kalo "engga" diucapin kalo lagi marah, misalnya tiap aku tarik tangannya dari mulutnya.

Kalo "mama" pernah sekali aja, pas saya engga ada, dia nangis. Yg denger papanya.. hehehe...

Gerakannya jg lengkap : kaki, tangan, badan, kepala, mata.. goyang semua.. Itu dari dia masih 1 bulan... Dari jauh kalo liat saya jg jd tambah sadis gerakannya.. mungkin minta nenen.. hehehe..

5

Topic: Kata Pertama yang diucapkan Bayi ?

sekitar sebulan yg lalu, deru (sekarang 7 bulan) mengeluarkan kata pertamanya dan itu adalah BAPAK. awalnya gw gak percaya pas diceritain suami, pas denger juga selalu nyangkal, "gak ah, bukan bapak. itu dia ngoceh asal aja."

gw baru percaya pas deru teriak "bapak" dengan jelasnya sambil noleh ke arah suami. langsung cemburu deh.. padahal kan "mama" lebih gampang diucapkan ya.

sekarang sih udah nggak cemburu, soalnya deru lebih seneng manggil-manggil mamanya, terutama kalau lagi nangis :D

kosa kata deru sampai hari ini: bapak, mama, mbah, mbak, apa, enggak, emoh.

senang memilikimu lelaki kecilku

6

Topic: Kata Pertama yang diucapkan Bayi ?

iy,, mungkin tergantung bebi juga yaaa.,
sekarang usia 2 bulan-an syabil udah bilang 'nenen' dan di akhiri kata mamah, pake adegan nangis,, dan itu jelas banged!! ada daddnya dan tantenya syabil,,, haha, jadi pada liat-liatan benerrr ga?? tnyata smuahnya mendengar kata yg sama.. heeee =D lalu di kasih asi, langsung di minum deh dari "pabrik nya"

di usia 3 bulanan, dia udah fasih ngomong "engggga,,,"
dan usia 4 bulanan ini si syabil udah celoteh babbling "" dengan adegan bibirnya rapat sambil nahan kata, dan cenderung mo ngomong "beol" . setelah di cek ,,, ternyata dia BAB,, dan masih pake nangis tentunyaa..

ga sabar menunggu dia bilang mamah...=D

7

Topic: Kata Pertama yang diucapkan Bayi ?

jegeg..tiap baby memang beda2 kok..ada yang cepet ngomong, ada yang rada telat, bahkan ada yang umur 4 tahun baru bicara, kaya si super genius Albert Einstein. Dan anak cowok memang relatif lebih telat ngomongnya daripada anak perempuan. Dari hasil baca2, hal ini berkatan dengan korteks-bagian otak besar yang menentukan intelektual seseorang- pada bayi perempuan berkembang lebih dahulu dibandingkan bayi laki-laki. Dan menurut beberapa ahli, cepat atau lambatnya kemampuan bicara anak tidak merepresentasikan kecerdasan si anak kok, nanti di usia selanjutnya anak yang telat ngomong akan catch-up ketertinggalannya kok.
Dan untuk babynya Jegeg, kalau skrg sudah bisa nunjuk sesuatu kalau dia pingin itu pertanda baik lho :). Masalah bicara banyak2 distimulasi saja ya..akan tiba waktunya kok, dan mudah2an ga lama lagi ya.

Btw, anakku juga lumayan telat kok ngomongnya. Pertama ngomong (kata pertama) umur 2 bulan, bilang "nggih"..tapi trus kata itu hilang sampai sekarang. Di umur 7 bulan baru keluar kata "papa". Habis tu "nenen" di usia 14 bulan dan "nana" (mama) di umur 15 bulan, dan baru mulai nambah banyak kosakatanya juga diumur 22 bulan. Aku juga pernah share di thread ini, disini dibahas tentang masalah tentang speech delay dan speech therapy pada toddler, sapa tahu ada mamas yang tertarik :)

8

Topic: Kata Pertama yang diucapkan Bayi ?

Kata pertama memang selalu dinanti2kan ya :D jadi mengenang masa lalu nih..
But trust me, when they reach 3 years old you'll wish that they're in silent mode, wehehehehe.. (curcol punya anak ceriwissss, pdhl gak pernah di stimulate apa2)

biar gak OOT banget..
Rara alomst 9mos sering babbling tp belum ada yg jelas kata2nya..
Tapi ada satu yang jelas banget, kalo kucing kami yg namanya Bubu dateng Rara langsung heboh sambil ngoceh bbuuuubbbbuuuu (bibirnya sambil manyun2 gitu, lucu banget)

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu

9

Topic: Kata Pertama yang diucapkan Bayi ?

hmmm... aku juga lagi menanti nanti kata pertama varro. Selama ini anakku cuma 'coo coo', 'ngge' dan 'boo boo'...
Anak sepupuku malah udah 2,5 tahun, ngomongnya masih kedengeran kyk bubbling, tapi katanya kalo nyanyi burung kakatua malah pinter...
Mungkin karena sering dinyanyiin ama mom-nya setiap pulang kantor kali ya...

Yang jelas, lagi menanti saat anakku bilang 'mama'...

10

Topic: Kata Pertama yang diucapkan Bayi ?

mmm...kayanya bayi rata2 emang ngeluarin bunyi2 yg sama ya, kiara jg sampe 6 bln bunyinya mbuu, bububu, ninini,, enggih, engga (ini spesial kalo lg ngamuk), nah kemaren malem nih dia baru ngoceh mamamama, tapi gw gak geer duluan soalnya menurut baby center nih:
4 to 6 months
At this stage, your child will start to babble, combining consonants and vowels (such as "baba" or "yaya"). The first "mama" or "dada" may slip out now and then. Though it's sure to melt your heart, your baby doesn't equate those words with you quite yet. That comes later, when he's almost a year old.
nah sampe si kiara (bener2 bermaksud) memanggil gw dengan "mama", kayanya simpen dulu senengnya,hehehe....

11

Topic: Kata Pertama yang diucapkan Bayi ?

imelnyamira...babyku jg dulu gitu,umur 4 bulan mulai ngoceh jelas mamama...tp g lama bisa manggil mama...abisitu baru papa
skrg klo manggil mama & papa mesranya minta ampun,mamaaaaa..papaaaaa...dan skrg udah 13 bln kt2nya makin banyak "bukaaa, paaakk, kaaakk or kakak tuaa, mana..."
lain lagi ponakanku kira2 usianya skrg 3 th dan bicaranya telat sekali, ucapannya yg paling jelas hanya ayah dan slebihnya kdengeran spt bubbling kt orang tuanya mungkin gara2 dulu ada sepupunya yg sdh besar & tinggal serumah klo bicara sok2 menggunakan bhs bayi (blablabla blupblup blukutuk blukutuk) dan mrk nyambung/si anak ini mengerti...jadilah sampai skrg ponakanku ini blm lancar bicaranya...klo ibu mertuaku blg sii mungkin ponakanku ini hrs diterapi bicara tp ibunya g mau...

12

Topic: Kata Pertama yang diucapkan Bayi ?

mama senna, wah berarti bentar lagi ya si kiara bisa bener2 manggil gw mama, mudah2an gak lama lagi....denger dia ngoceh2 gak jelas aja udah lucu apalagi kalo bener2 manggil mama...huhuhu...terharu sendiri ngebayanginnya...

13

Topic: Kata Pertama yang diucapkan Bayi ?

imelnyamira...tunggu aj tanggal mainnya mam :p pasti bangganya stengah mati...

14

Topic: Kata Pertama yang diucapkan Bayi ?

Kata pertama yg bisa diucapkan anak2 gw adalah Mamma! Lalu, nenen, papa, bobo, minum, mamam, susu, mbak, opa, eyang, pipis, pupup, minjem, minta, no, pisang,nasi, sana, sini, mandi, peluk, takut, jalan, dan mwah! Hehe.. skrg Dante 15bulan dan kata2nya baru segitu sih kayanya.. Kalo enzo 34bln, udah lebih cerewet dan lucu, tapi kadang masih kebalik2 kalimatnya.

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

15

Topic: Kata Pertama yang diucapkan Bayi ?

Klo baby ku dr umur 6 bln udah suka bilang ENGGAK klo dkasi mkn yg dia ga suka smbil ngerebut sendok sm mangkoknya hihihi

16

Topic: Kata Pertama yang diucapkan Bayi ?

kata-kata pertama Kay (10 mos) itu "cicak" setelah itu "jatuh"...tapi dulu sekitar umur 4-5 bulan, kalo Kay nangis terdengar seperti ayaaaaaaaaaaaahhhhh...ayaaaaaaaaaaaaaaaahhh. Ibunya blm pernah disebut.hiks hiks

17

Topic: Kata Pertama yang diucapkan Bayi ?

baby sha kata pertamanya waktu dia 4bln "nggih"..trus pas umur 5bln until now 6mos2wk seringnya bilang "yah...yah..." kalo dicuekin ayahnya dia bakal teriak "a..yahhhh.."
sama seperti iinsyahrir,aku juga sedih nih baby sha belum pernah nyebut "ma" or ma...ma...ma....padahal mamanya yang bersama dia 24 jm hiks...

18

Topic: Kata Pertama yang diucapkan Bayi ?

NENen..

emang tuang minum -____-"

~ Mama Papa Luv Dastan Foreva ~

19

Topic: Kata Pertama yang diucapkan Bayi ?

Marsya mulai usia 6 bln sampe sekarang (11 mos) panggil Mommy-nya dgn sebutan "Meme", en daddy-nya dgn sebutan "Papa"...pdhal ga ada yg ngajarin panggil aq ama suami dgn sebutan itu. Gak papa ya Nak, tetep usaha sebut mommy en daddy (dlm batin berdoa :p)..hihihii

Mau makan atopun mik susu, tetep bilangnya "mam..mam..mamm..."

MoSya is Mommy-nya Marsya :p

20

Topic: Kata Pertama yang diucapkan Bayi ?

baby Sam (6,5mo) sering banget ngoceh-ngoceh gak jelas. Belakangan aku perhatiin ngocehnya mulai beda dari bulan-bulan sebelumnya. Tanda2 mau ngomong kah? Kemaren itu pas lagi ngerekam pas banget dia lagi ngomong " Da.. Da.. Ma..Ma.." tapi sampe sekarang belom di ulang lagi :(

MoSya baby Sam juga, di ajarin panggil Mommy malah manggilnya mama :( maksudnya oma kali ya. huhuhu

21

Topic: Kata Pertama yang diucapkan Bayi ?

kamil umur 9mo2w, kata yang paling jelas diucapin "ayyaaah" ato kadang "yah", manggil ayahnya, kadang sempat kedengeran bilang "nda".. *jarang banget sih*

tapi yang bikin surprise pas weekend kemaren aku sempat bikinin susu buat dia, dia duduk disampingku sambil bilang "ncu, cek" mungkin artinya,, sebentar susunya masih dibikin,, gara-gara aku sering ngasih penjelasan,. sek sebentar ya sayang, susunya masih unda bikinin..

being a mother is wonderful..
http://anathakamil.wordpress.com

22

Topic: Kata Pertama yang diucapkan Bayi ?

Annys iya mungkin panggilan mommy en daddy agak susah d ucapin, sedangkan anak2 qta lebih sering denger anak2 seusianya pgl ortunya papa en mama :D jd mereka ngikut yg gampang kli yah...hihihi

tp yg masih sering aq bngung, koq tau klo daddy tuh sama dengan papa?? tau drmana dy :p

MoSya is Mommy-nya Marsya :p

23

Topic: Kata Pertama yang diucapkan Bayi ?

sharing... *emaknarsis* kata pertama hilya ," mik.. mik" ambigu banget antara umi-that's how i want her to call me- dan mimicucu:S
kemarin pas 5,5bln bisa bilang a-brr, a-bii.. bapaknya seneng buanged. hehehe. tapi umi nya ttp disebut duluan. I win!*emakkompetitifgajelas*

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

24

Topic: Kata Pertama yang diucapkan Bayi ?

MoSya pinternya baby mu :D Ngerti aja manggil papa. Baby Sam belum bisa nih manggil papa nya. Masih belajar kayaknya. Ato aku nya yg ga ngeh kalo dia udah bisa ngomong ya? hihi

25

Topic: Kata Pertama yang diucapkan Bayi ?

annys iya mgkn baby Sam udah panggil papanya cm pake sebutan lain en mommynya ga tau klo itu panggilan bt papanya :D emng bayi tuh unik bgt yah...jd kangen terus...hihihiihi

MoSya is Mommy-nya Marsya :p