1

Topic: Hamil lagi setelah melahirkan normal

Dear Moms...tanggal 24 Maret 2011 lalu saya baru saja melahirkan prematur secara normal saat usia janin baru 34 minggu. Namun bayi yang saya lahirkan meninggal 1 jam kemudian akibat paru-parunya belum matang sempurna, sehingga mengalami kesulitan pernafasan.
Saya ingin sekali bisa hamil lagi. Berapa lama setelah melahirkan normal saya bisa hamil lagi???

2

Topic: Hamil lagi setelah melahirkan normal

aduh salut sama semua mama yg curhat di tret ini..termasuk aquarien..semangat ya..setelah nifas boleh segera berjuang. semoga diberi kemudahan ya.fyi temenku ada yg baru melahirkan 2bulan dah hamil lg. so dlm setaun melahirkan 2kali dan normal.

3

Topic: Hamil lagi setelah melahirkan normal

aqua_rin
So sorry to hear that :(
mudah2an tabah ya, dan tetep semangat *hugs*

Setau gw, setelah 3-6 bulan udah bisa hamil lagi koq.
Konsultasikan aja sama dsognya, mungkin nanti disesuaikan dengan riwayat medis & kondisi kesehatan psikis & mental mama sekarang. Lebih cepet pulih pastinya lebih cepet untuk bisa hamil lagi.

Yg penting jangan putus asa, selalu berpikiran positif & jalani pola hidup sehat. Mudah2an cepet hamil lagi & sehat-selamat yaaa...
Cemmunguuudh!

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

4

Topic: Hamil lagi setelah melahirkan normal

aqua_rien
dulu temen baik juga pernah ngalamin yg sama, cuman dia pas kandungan 26week. kasusnya kebetulan krn otot leher rahim (CMIIW, lupa bagian detilnya sbnrnya) yg lemah jd gak bisa menahan berat janin. sama dokternya ga dikasih pantangan harus kosong berapa lama untuk hamil lg. bahkan langsung setelah nifas juga gapapa karena kan lahirannya normal yang umumnya gak ada pantangan ngasih jarak antar kelahiran.

yang penting, kondisi psikis si ibu yg harus diperhatikan, dan catatan kesehatan ibunya juga. maksudnya, penyebab kelahiran dini yg dahulu seperti apa dan bgmn cara menanggulanginya. semoga membantu ya.

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

5

Topic: Hamil lagi setelah melahirkan normal

So so sad to hear that mom :(

Kalo anak pertamaku kasusnya malah terbalik, janin udah terlampau tua, telat ditindak SC, makanya lahirnya langsung meninggal.

Sebenarnya kapan aja setelah mom pulih rahimnya setelah melahirkan, udah bisa hamil lagi kok. Apalagi melahirkan normal, lepas nifas biasanya rahim udah kembali normal. Kalo di SC yg lama jedanya, harus >2 tahun after SC. Konsultasikan sama dsog. Yg sabar ya jeng, jaga kesehatan :).

Mommy ? Superben

6

Topic: Hamil lagi setelah melahirkan normal

aqua_rien - *hugs* ... so sorry to hear that :(

sepupu gue juga pernah ngalamin yang mirip, tapi bayinya udah 8 bulan dan meninggal di dalam rahim. dia hamil lagi sekitar 6 bulan setelah melahirkan. coba konsultasi aja ama dokternya... kayaknya sih, buat rien bisa lebih cepet, ya?

smoga sukses ya!!

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

7

Topic: Hamil lagi setelah melahirkan normal

aqua_rien, aku ada temen, seangkatan. pernah keguguran, setelah itu hamil lagi dan meninggal didalam, jadi sama kasusnya mesti diinduksi n lahir normal. waktu itu sampe nangis di kantor pas suami cerita, " .... udah diinduksi dari jam *lupa jam brp*, skrg belum lahir jg ...*
duh, tahun itu pasti berat banget bwt mereka ya ...
tapi alhamdulillah setelah itu dikasih hamil lagi :)

tetep berusaha ya, ... semangat ...

less ego, more heart

8

Topic: Hamil lagi setelah melahirkan normal

aqua_rien..sabar ya bu

aqu juga punya temen yg begitu, malah dah lewat hr HPL alias 40 minggu, 2 hr setelah kontrol tiba2 janinya gk bergerak n ternyata dah meninggal di dalem n supaya bs cepet hamil lg ma sDSog-nya dipaksa dilahirkan normal by induksi supaya bs cepet hamil lg..induksi lumayan lama dr rabu malem smp jum'at pagi lahir..
sekarang sih temeku masih masa nifas, moga cepet hamil lg.

bunda hanif.....

9

Topic: Hamil lagi setelah melahirkan normal

Dear Moms...makasih atas saran & pendapatnya...
Alhamdulillah...sabtu kemarin saya abis cek up ke obgyn...
Hasil usg...kondisi rahim saya sudah bersih dan baik...
Obgyn bilang saya sudah bisa program hamil lagi setelah selesai masa nifas...untuk itu obgyn memberikan saya vitamin untuk memulihkan kondisi saya...
Mohon doanya dari Urban Mama semua...mudah2an Allah SWT segera mempercayai kami kembali untuk mendapatkan keturunan...Amin...

10

Topic: Hamil lagi setelah melahirkan normal

Jadi semangat banget untuk segera hamil lagi...setelah baca beberapa pengalaman Urban Mama yang pernah mengalami kejadian seperti saya...
Hari Sabtu kemarin baru saja cek up ke obgyn...dan dari hasil usg dinyatakan kondisi rahim saya sudah bersih dan baik...sehingga obgyn menyatakan bahwa saya sudah bisa segera program hamil lagi setelah selesai masa nifas...untuk itu obgyn sudah memberikan vitamin untuk membantu memulihkan kondisi kesehatan saya...
Mohon doanya dari Urban Mama semuanya...mudah2an Allah SWT segera memberikan kepercayaan kepada kami untuk kembali memiliki keturunan lagi...Amiin...

11

Topic: Hamil lagi setelah melahirkan normal

aqua_rien, baca ceritanya ikut sedih.. :( tapi pas baca, kata obgyn nya udah bisa program hamil lg ya.. turut senang ya, kudoakan semoga bisa segera memperoleh keturunan kembali.. tetap sehat, kuat ya.. :)

To have a child is to know the beauty of life..-parenthood-

12

Topic: Hamil lagi setelah melahirkan normal

Dear Mamas.. Saya newbie disini & mau share juga pengalamanku dulu. I thought I'm alone with this thing lho.. tapi begitu baca-baca, ya ampun ternyata ada juga mamas yang punya pengalaman kaya saya.

Cerita saya aga mirip sama Amie Kumala. Saya kehilangan si bebi pada bln September 2009 di usia kandungan sudah 38 minggu dengan kontrol dokter sudah 1 minggu sekali.

Waktu terakhir kontrol dokter saya bilang, kondisi bebi ok semua, ketuban ok, detak jantung ok, saya hanya tinggal menunggu kehadirannya saja. 4 hari setelah kontrol terakhir itu saya merasakan kontraksi. Setelah kontraksi sudah berlangsung selang 5 menit sekali, saya ajak suami untuk ke rumah sakit. Karena waktu itu masih subuh, saya dibantu dulu oleh dokter UGD. Cek dalam, pembukaan masih 2 dan oleh dokter UGD saya ditanya posisi kepala bayi sudah masuk atau belum, saya jelaskan kondisi terakhir saya kemarin.

Kemudian dilanjutkan dengan cek CTG, cek denyut jantung bayi. Namun dokter n suster tidak bisa menemukan adanya denyut jantung. Dicoba lagi pake doppler, tetap hasilnya ga terdeteksi.
Mereka juga menanyakan tentang gerakan janin yang terakhir saya rasakan. Saya jelaskan kalau saya hanya merasakan kontraksi dan saya pikir itu adalah gerakan bayi juga karena bentuk perut saya jadi ada yang menonjol kalo sedang kontraksi.

Saya mulai panik dan bertanya-tanya tentang kondisi bebi. Akhirnya setelah dokter obgyn datang, Beliau memastikan kondisi bebi lewat USG dan terlihatlah kalau si bebi sudah ga ada. Penyebab meninggal karena sudah lebih dari 1x24jam terlilit tali pusat di leher yang tidak terdeteksi/belum ada waktu kontrol terakhir, sehingga bebi ga dapet makanan. Sama seperti Mba Amie, saya juga tetap diminta melahirkan secara normal dengan diinduksi. Sedih banget memang dan berasa putus asa, melahirkan tapi bebi sudah ga ada.

Berkat dukungan suami dan keluarga saya berusaha ikhlas. Setelah recovery 6bln kemudian alhamdulillah saya hamil lagi, kali ini saya ganti obgyn. Based on my history, saya disarankan utk mengecek ulang kondisi saya dan suami. Torch negatif, ACA jg negatif. Tapi untuk jaga-jaga dokter tetep ngasi Ascardia utk kelancaran darah. Dokter jg nyaranin utk stay positive dan tenang aja. Alhamdulillah Desember kemarin bertepatan dengan ulang taun saya, bebiku lahir normal n sehat. Saya mendapat kado yang sangat spesial dari Allah.

Jadi Mamas, sedih sampe nangis bombay sih boleh-boleh aja tapi abis itu ayo diikhlaskan dan tetap semangat ya ! Percaya aja kalo ada rencanaNya yang terbaik buat kita.

13

Topic: Hamil lagi setelah melahirkan normal

haduuhh mengalir airmata ini ngebayangin pengalamannya mamikitty, ga kebayang loh klo aku yg ngalamin :'( .. salut buat kbesaran hati dan semangatnya ;)
selamat yaaa udh dapet another gift from God, bertepatan pula sama ultahnya hehehe

upsss biar ga oot, sodara n tmen2ku banyak sekali yg 'kebablasan' setelah lahiran normal, tiba2 hamil lagi anak ke2, dan lucunya smua sekitaran bulan ke 6 :)

Happily devoted to A & a!!

14

Topic: Hamil lagi setelah melahirkan normal

Dear aqua, aku juga baru lahiran anak pertama tanggal 24 mei kemarin.. baby cm bertahan 2 jam aja.. sama, karena lahirkan prematur ( Alhamdulillah secara normal ), tp baby paru-parunya belum matang sempurna, kesulitan bernafas. sedih banget, karena kesulitan nafas, dia bahkan ga bisa nangis.. ga sabar bisa hamil adiknya.. semoga cepet dikasih kepercayaan lg..

15

Topic: Hamil lagi setelah melahirkan normal

so sad mom,, pengalamannya luar biasa, membayangkan janin yang sudah dikandung lama, tapi begitu lahir tidak bisa bersama melihat dunia.. ANYWAY .. tak perlu sedih berlarut-larut, orang yang tangguh adalah yang bisa bangkit berdiri lagi dari setiap masalah...

manusia hanya bisa berusaha dan berdo'a, tapi Tuhan yang menentukan hal terbaik buat kita..

*Cheer Up*..

being a mother is wonderful..
http://anathakamil.wordpress.com

16

Topic: Hamil lagi setelah melahirkan normal

Salut untuk semua Mamas diatas *hugs
aqua_rien dan aqil_alfadhil, yang sabar ya mamas, dan semoga segera diberi anugerah indah lagi dan semua berjalan lancar dan selamat:)

Falling In Love with My baby ^^

@pnkmomma84
The Pinkypolka

17

Topic: Hamil lagi setelah melahirkan normal

salam kenal. saya jg br saja melahirkan anak pertama saya pd tgl 26 Apr 2011 jam 23.00, namun hanya bertahan 1 jam 10 menit. pd jam 00.10 tgl 27 apr 2011,anak saya meninggal dunia. saya melahirkan normal prematur 28 mnggu, BB 1375 gr, TB 37 cm. kata dokter,paru2 anak saya blm sempurna,jd mengalami ksulitan bernafas. kaki anak saya membiru krn kkurangan oksigen. sediiih bngt pas d kabarin klo anak saya sdh tdk dpt d tolong. sbnrnya anak saya sudah mau dimasukkan ke inkubator,namun Allah SWT berkehendak lain.

wkt itu saya nifas hanya 2 minggu. setelah selesai nifas,2 minggu kmudian saya sudah dpt haid yg berlangsung 7 hr. kata dokter,saya sudah boleh hamil lg 3 bln stlh mlahirkan. smoga jk Allah menghendaki saya untuk hamil lg, diberikan janin yg sehat, anak yg soleh n solehah.

18

Topic: Hamil lagi setelah melahirkan normal

Aduh mama2 disini aku terharuu :( Semoga kalian cepat dikaruniai kehamilan lagi yah...

19

Topic: Hamil lagi setelah melahirkan normal

Sedih bgt baca thread ini,semangat yaa mams..jgn putus asa,insyaallah tuhan memberikan yg terbaik,krn dibalik kejadian itu pasti ada hikmahnya..

Falling love with baby B and my Bee..

20

Topic: Hamil lagi setelah melahirkan normal

big hugs untuk semua mama.... yang tegar yang ikhlas. semoga bayi2 tersebut jadi penolong mama di akhirat nanti. amiiiin.

Bussy life...happy life...

21

Topic: Hamil lagi setelah melahirkan normal

aqua_rien wrote:
Dear Moms...tanggal 24 Maret 2011 lalu saya baru saja melahirkan prematur secara normal saat usia janin baru 34 minggu. Namun bayi yang saya lahirkan meninggal 1 jam kemudian akibat paru-parunya belum matang sempurna, sehingga mengalami kesulitan pernafasan.
Saya ingin sekali bisa hamil lagi. Berapa lama setelah melahirkan normal saya bisa hamil lagi???


Dear Bunda aqua_rien,

bagaimana sekarang kabarnya? Apakah sudah hamil kembali, saya baru saja mengalami hal serupa, tgl 26 okt 2011 melahirkan anak ke 2, karena keracunan air ketuban yang sudah berwarna hijau, bayiku hanya bertahan 3 hari saja, tgl 29 okt kemarin meninggal karena kesulitan bernafas juga. padahal saya rutin cek seminggu sekali di trimester ke 3, saya juga berencana ingin segera bisa hamil lagi...

22

Topic: Hamil lagi setelah melahirkan normal

Salam kenal juga Bunda_Rasyid...
Ikut berduka cita atas kehilangan bayinya ya...insyaAllah akan dapat gantinya yang lebih baik...
Menjawab pertanyaan Bunda_Rasyid, semenjak lahiran bulan Maret 2011 yang lalu, saya tetap konsul dengan obgyn yang menangani kehamilan saya dan mengutarakan bahwa saya ingin segera hamil lagi. Obgyn hanya berpesan agar saya menjaga kesehatan dan jangan stres akibat kejadian yang kemarin. Alhamdulillah...setelah selesai masa nifas 30 hari, obgyn menyatakan kondisi rahim saya sudah sehat, dan bahkan saya langsung mendapatkan haid pertama. Alhamdulillah setelah mendapatkan 2x haid pada bulan April & Mei 2011, pada awal bulan Juli 2011 saya positif hamil dengan usia kehamilan 7w4d. Saat ini kehamilan saya sudah memasuki usia 25 minggu dengan kondisi janin yang alhamdulillah sehat dan aktif, insyaAllah kehamilan saya saat ini bisa berjalan lancar sampai dengan melahirkan nanti. Mudah-mudahan bayinya lahir sehat, selamat, dan normal.
Saya cuma bisa menyampaikan untuk Bunda_rasyid, tetap jaga kesehatan, jangan sampe stres, ikhlasin kepergian ade bayi yang sudah meninggal, tetap aktif berhubungan suami-istri, pokoknya lakukan seakan-akan tanpa beban, dinikmati saja. Mudah-mudahan Bunda_Rasyid segera hamil lagi ya. Aamiin.

23

Topic: Hamil lagi setelah melahirkan normal

Dear Bunda Rien,

Amin..Terima kasih untuk balasan dan doanya
senangnya bunda sudah hamil kembali :)
saya jadi bersemangat..insyaAllah saya sudah ikhlaskan kepergian putra ke 2 kami, dan nanti selesai nifas saya akan chek apakah kandungan sudah benar2 bersih atau belum ke DSOG, karena pas lahir plasentanya sudah agak rusak. saya juga sudah mulai mengkonsumsi susu untuk ibu hamil sejak minggu lalu.

saya doakan agar kehamilan bunda lancar dan sehat semua....kabar2i ya bunda kalau sudah melahirkan...

kalau punya FB please add juga RETNO SULISTIOWATI

salam
Bunda Rasyid

24

Topic: Hamil lagi setelah melahirkan normal

salam kenal mama,,, aq mau ikutan share.
cerita aq hampir sama dngan mamikitty. ini kehamilan pertama aq, dan memang agak bermasalah karena berat badan bayi kurang, dan aq baru mengetahui kalau aq kena ACA pas usia kehamilan 31 minggu. padahal aq rajin periksa ke dokter setiap bulan namun dan dokter jg bilng kalau kandunganku baik2 aja sampai aq usg 4 dimensi. kata dokter sih aq harus segera d sesar karena peredaran darah ke bayi abnormal tp suami aq nolak dan aq pidah ke dokter d rumah sakit lain. Dan d sana baru ketahuan kalau aq mengidap ACA. dokter menyarankan aq ke ahli hematologi d rs cikini untuk mendapatkan obat pengencer daran dengan cara suntik tiap hari di bagian perut
namun Allah punya rencana lain, pas usia kehamilan masuk 37 minggu anak aq jg meninggal di kandungan. tapi aq dianjurkan melahirkan normal dengn obt prngsang. dan alhamdulillah aq bisa melahirkan normal.
memang rasanya sedih sih kehilangan buah hati yg sudah kita kandung slama 8 bln, tapi aq yakin dibalik semua ini ada hikmah bagi aku dan keluarga. bagi semua mama yg pernah ngalamin kehilangan buah hati agar tetap sabar ya,, dan sedikit saran untuk yg sering keguguran atau buah hati meninggal di kadungan agar periksa ACA deh, krna itu bisa disebabkan keketalan darah pada ibu. kata dokterku ciri2nya bisa dilihat dari air ketuban yg sedikit dan berat badan bayi yg kurang.
semga pengalaman ku bisa berguna bagi semua mama dan doain ya semga aq cepet dikasih kepercayaan lagi untuk mendapkan buah hati,,amin..

25

Topic: Hamil lagi setelah melahirkan normal

salam kenal mamas.....
bulan Mei 2011 sy kehilangan seorang anak laki-laki coz lahir prematur... dan alhamdulillah 4 bln kemudian hamil lagi dan tanggal 15 april 2012 lahirlah seorang baby yang cantik sehat bb 3,1 kg, PB 5,2 cm... Dia anak yang cantik, manis, dan di usia 2 minggu alhamdulillah Allah memberikan rahmat baginya untuk dapat melihat dunia ini, di usia 2 minggu dia sdh dapat mengenal kami semua (sy, Suami,omadan opax)... Di usia genap sebulan dia sudah dapat berdendang da mengeleng2kan kepala disaat kami menyanyikan dia sebuah lagu anakku syg ikut bernyanyi dengan mengeluarkan suara seakan ikut bernyanyi.. di usia itu pula dia sudah dapat bertepuk tangan padah saya mengajarnya baru sekali, jika dia mendengarkan lagu tepuk tangan dia berusaha mengangkat tangan seperti yg sy ajarkan yg sy kagumnya saat mengangkat tangan dia berusaha sehingga mengeluarkan suara agar bs mengangkat tangan dan bisa tepuk... di usia 40 hari sy dan suami mencoba mengenalkan namanya dengan memanggil putri, alhamdulillah dia menoleh kepada kami berdua, dan selang beberapa hari jika kami panggil nama lengkapnya Putri Mutia Yasir dia langsung menjawab dengan mengeluarkan suara mmmhh.... Subhanallah....menurut sy dan suami dia anak yg cerdas... namun pada tanggal 15 Juni Allah mengambil kembali amanah yang telah ia berikan ke kami... tanpa sakit, hanya karna muntah dan kami sebagi ortu panik dan membawanya ke dokter namun dokter memberikan rujukan ke RS ternyata di RS mereka salah dalam memasang infus buat Putri Mutia ku syg... Tapi sy bangga dg kekuasaan Allah... memberikan hembusan nafas terakhir pada Putri Mutia ku syg disaat lafal komat terakhir La ilaha illallah... Segala puji bagi Allah, Hanya Engkaulah penentu Takdir manusia...Walo segala sesutu yg terbaik telah kami berikan kepada anakku syg Putri Mutia Yasir, semau itu adalh milikMU ya Allah... Semoga Engkau berikan kembali secepatnya amanahMu kepada semua mams di forum urban mama... Amin...
Sabar, Ihklas, Berihktiar&doa...
Amanah yg datang dari Allah itu semua titipan kepada kita dan semua yg ada adalah MilikNYA sepenuhnya....
Mams..... doakan sy semoga dapat cepat hamil lagi y.......