1

Topic: Radang Tenggorokan dan radang paru-paru pada bayi

bunda ada yang punya pengalaman tentang radang tenggorokan dan radang paru-paru pada bayi, sharing ya..:)

kenzie jatung hati mama papa semoga menjadi anak yg sholeh & hidupmu selalu barakaallah.

2

Topic: Radang Tenggorokan dan radang paru-paru pada bayi

tari quennell, enggak pernah, jd g bs share, mungkin bs cerita sedikit dulu biar bs dibahas bareng-bareng ?
di thread antibiotik untuk bayi juga udah pernah disinggung dikit sih tentang radang tenggorokan ini ...

less ego, more heart

3

Topic: Radang Tenggorokan dan radang paru-paru pada bayi

tari quennell...wah, penyakit radang tenggorokan beberapa kali dialami anakku. Aku pernah juga cerita di thread antibiotik untuk bayi yang dikasih Sidta. Kalau yang dialami anakku sih cirinya demam tinggi 39 sd 40 deg C dan susah makan krn tenggorokan kan rasanya sakit untuk menelan. Biasanya demam akan hilang 1-3 hari, tergantung parahnya radang tenggorokannya dan daya tahannya dia waktu itu. waktu masih dibawah 2 tahun kalau demam masih tinggi dan tenggorokannya masih sakit untuk menelan ya makanannya suka kuhalusin dan sedikit2 tp sering, soalnya kalau dipaksakan makan dg tekstur biasa dan porsi biasa, ilyasa suka muntah.

Pertama kali ilyasa kena radang tenggorokan usia 14 bulan. Waktu itu bersamaan dengan tumbuhnya gigi gerahamnya. Sama dokter udah dibilangin kalau anakku mau radang tenggorokan dan batpil krn bagian tenggorokannya yang buat nelan itu (duh, maaf lupa namanya) warnanya merah. Dokter udah ngasih antibiotik, tp waktu itu ga kuminumin. Beneran deh, malamnya mulai demam tinggi sd 39 degC dan selang sehari kemudian batpil sama demam tinggi, 39 deg C. Akhirnya setelah ABnya kuminumin, selang 2 hr kemudian demamnya turun.

Yang kedua waktu umur 15an bulan. Sama juga disertai batpil. Sama dokter dikasih penjelasan kalau radang tenggorokan penyebabnya bisa karena virus, bakteri, alergi thd sesuatu dll. Bisa disertai dg batpil dan bisa juga tidak. Kalau batpilnya sudah keluar biasanya sdh mau sembuh. Waktu itu ilyasa juga dikasih antibiotik juga dan kuminumin.

Ilyasa pernah juga kena radang tenggorokan yang ga disertai batpil. Tiba-tiba aja malam harinya demam tinggi sd 39 deg C. Penyebabnya krn dia nyicip mie instant yang aku makan. Padahal nyicipnya dikit banget. Sepertinya dia masih belum kuat dengan bahan2 pengawet dalam mie instant.

Skrg krn kami sudah mulai terbiasa dg radang tenggorokannya, kalau dia batpil dan demam tinggi ya paling kuminumin obat turun panas saja, sekalian mengurangi konsumsi antibiotil. Sejak masuk usia 2 tahun kalaupun radang tenggoroakn ilyasa ga susah makannya, asal makannya agak kulembutin teksturnya.

4

Topic: Radang Tenggorokan dan radang paru-paru pada bayi

Queen kena radang paru-paru(Pneumonia) saat umur 9 bulan, yang mengharuskan perawatan intensif selama 14 hari di RS. Penjelasan dokternya hal tersebut dikarenakan terjadi penumpukan dahak di paru-paru yang mengundang kuman untuk bersarang.. Jadi ngerasa bersalah karena setiap Queen Batpil, Antibiotik yang diresepkan oleh Dokter selalu aku buang.. :(

Selama observasi dilakukan macem-macem tes, Antibiotik yang dikasi sama dokternya juga diganti beberapa kali karena setelah diberikan tidak menunjukan kemajuan yang signifikan, masih kesulitan bernafas, bahkan sempat ada perkiraan Queen mengidap sakit jantung karena sesak yang tak kunjung sembuh itu.. Tapi sebelum sempat dirujuk ke Ahli jantung, nafasnya berangsur normal. Antibiotik generasi keempatnya cocok alhamdulillah.

Selain karena Pneumonia, sesak tersebut bisa diperparah karena ada riwayat alergi di keluarga kami, dan nampaknya sesak Queen juga lebih disebabkan faktor psikologis takut sama dokter serta petugas rumah sakit lainnya, bahkan petugas cleaning service yang ga pernah kontak langsung sama dia, pokoknya kalo pintu terbuka, sorot mata langsung tajam dan mulai sesak nafas,,,

Terapi yang diberikan adalah obat minum dan suntik(Antibiotik), terapi uap setiap 4 jam sekali dan fisiotheraphy setiap pagi&sore dengan cara ditepuk-tepuk area paru-paru (dada, punggung, dan tubuh bagian pinggir).

Saat dokter mendiagnosa Queen sakit Pneumonia, aku langsung shock karena penyakit ini salah satu penyakit yang menyebabkan kematian, tapi jika ditangani dengan benar bisa terselamatkan dan sembuh total.

5

Topic: Radang Tenggorokan dan radang paru-paru pada bayi

suskia, kasus queen hampir sama dengan kenzie kenzi batuk baru tiga hari( itupun udah minum obat dr dokter )tapi akhirnya harus opname krn sesak paru2 ada lendirnya yg tidak bisa keluar, tapi pertama dr. mediagnosa radang tenggorokan sampai akhirnya minggu ke 2 diagnosa pneumonia, secara klinis kenzie kelihatan sehat sekali berat badan naik dan aktif, sesak cuma 3 hari, panas 38 cuma 2 hari, bahkan udah tidak diinfuas sejak hari ke-5 masuk rs. sekarang hari ke 14 kenzi di RS. masalah utamanya leukosit tingggi hari 1: 16.000 harike 5: 11.000 hari ke 7: 13.000 dan hari ke 13: 20.000. hasil foto paru2 hari ke 5 sangat bersih. sekarang di beri antibiotik maxian ( maaf klo ejaan salah) 3x sehari. dr juga agak bingung kenapa hasil lab berbanding terbalik dengan hasil klinis, anaknya juga tdk pernah panas. ;(. hari ini periksa lab lagi untuk second opinion di prodia, smg hasilnya bagus.

kenzie jatung hati mama papa semoga menjadi anak yg sholeh & hidupmu selalu barakaallah.

6

Topic: Radang Tenggorokan dan radang paru-paru pada bayi

Hi Tari,
El (14 mos) minggu lalu baru kena radang tenggorokan awalnya...
Gejalanya demam terus 3 hari (kadang2 siang turun pas malem naik lagi) sampe 39.3C. Awalnya masih PD buat home treatment soalnya anaknya tetep aktif ga lemes, cuman bingung juga kan kira2 apa nih penyebabnya dan karna udah >72 jam demam akhirnya dibawa ke dsa. Diperiksa tenyata tenggorokannya merah dan hipotesa awal radang tenggorokan, terus dikasih parasetamol dan transpulmin karna El udah mulai batuk...
Kita disuruh observasi 1 hari kalo panasnya ga turun, harus tes ISK dulu dan amati kali2 abis panas turun keluar bercak2 merah... Tapi ternyata panasnya malem itu langsung turun dan batuk2nya mulai sering (batuk berdahak), kasian sih kaya sampe sesek gitu kaya batuk orang dewasa..
tapi per tadi pagi, treatmentnya hanya berendem air hanget, minum air anget, trus jemur matahari...
Mmhh, coba cari second opinion ya kalo anaknya aktif sayang juga diagnosanya begitu...
Karena kalo kata dsa saya, demam itu hanya alarm dan reaksi tubuh melawana kuman/virus, jadi kita harus cari tau penyebabnya dan setelah tau penyebabnya itu yang harus diobati...
Semoga cepet ketahuan ya penyebabnya kenzie dan semoga lejkas sembuh *hugs*

Reborn since El was born
@inicrey

7

Topic: Radang Tenggorokan dan radang paru-paru pada bayi

tari quennell, kalo gak salah Leukosit itu nunjukin kalo antibodynya lagi berperang melawan virus yang menyerang tubuh. Udah coba tes ISK juga? lupa cerita, ternyata salah satu penyebab panas Queen juga karena ada infeksi saluran kencing, tapi sembuh pas masih dikasi AB generasi ke-beraapaa gt,,(aku lupa). Ohya hari keberapa di RS, dilakukan tes darah lagi untuk mengetahui jika ada kemungkinan Virus selain penyebab pneumonia, maka darah Queen dites dengan cara dibiakan. hasil tesnya keluar agak lama sih, sekitar semingguan, dan alhamdulillah ga ada virus lain.

Sabar yah Mommy,,yang penting Kenzie udah ditangani oleh ahlinya..kalo dirasa perlu, setuju sama Crey coba cari second opinion.
Semoga cepet sembuh yah Kenzie.. :)

8

Topic: Radang Tenggorokan dan radang paru-paru pada bayi

Arhur kena radang paru2 pas 5 bulan. Kata Dsa nya ada bakteri. Opname 3 hari. Akhirnya kudu minum antibiotik(even emaknya gak rela), di nebulizer selama 4 jam sekali. Setelah pulang, obat n antibiotik gak di minum sampe habis(pikir cuma tinggal sisa2 doang). Seminggu kumat lagi, untung gak opname, cm dosis antibiotik di tambah :(

Kalo radang tenggorakan, aku tetep ngasih obat racikan dari dokter. Coz uda Mpasu, kutambah frekuensi buah yang bikin perutnya dingin(ex : melon, pir), dengan assumsi bahwa radang ini coz panas dalam.

@lina_moi

9

Topic: Radang Tenggorokan dan radang paru-paru pada bayi

@all salam kenal..
duuhhh jd degdegan nih.. diagnosa untuk radang paru gmn sih??
anakku 4m udah dalam 2 bln terakhir batuk pilek terus. sembuh 2 hr, batpil lg,, sembuh 2 hr batpil lg... udah k dktr diksh puyer meski diagnosanya mnurutku ngambang.. jd, obatnya kubuang. ada yg bs ngasih masukan mesti gmn? u/radang paru test2 apa aja yg diperlukan ya?? maaf malah ikutan nanya :)

10

Topic: Radang Tenggorokan dan radang paru-paru pada bayi

Biasanya di rongsen bu.

@lina_moi

11

Topic: Radang Tenggorokan dan radang paru-paru pada bayi

umi2rai, dokter bisa ngedeteksi pneumonia hanya dari pemeriksaan stetoskop. Aku sempet bete sama DSA nya karena dia langsung memvonis pneumonia tanpa hasil lab dulu, mana baru denger istilah itu pula dan nampak menyeramkan,, Barulah setelah ada pradiagnosa itu dilakukan foto thorax(rontgen) sama tes darah..

Setelah aku gugling, ternyata kasus pneumonia itu bisa kedeteksi sama stetoskop saja ko..
IMHO Bukannya menyangsikan kemampuan dokter yah, cuma kita sebagai pasien yang awam dunia kedokteran kan ngerasa lebih yakin kalo ada data penunjang kaya tes lab dkk.. :D

12

Topic: Radang Tenggorokan dan radang paru-paru pada bayi

suskia

ohhh gitu.. thanks banget nih infonya.. jd, ada pencerahan..u/yg smuanya, moga anaknya pada sehat2 ya,,, salam hangat buat si kecil :-*

13

Topic: Radang Tenggorokan dan radang paru-paru pada bayi

tari,

ini gw ringkes dari materi pesat kemarin ya.

faringitis=radang tenggorokan
-hari 1/3 disertai gejala utama nyeri tenggorokan
- penyebab virus & GABHS (group A b hemolytic streptococcus
- streptococcal pharyngitis atau strep throat jarang pada usia < 2-3 thn, insiden tertinggi pada usia sekolah, menurun pada masa remaja dan dewasa

faringitis streptokokus
-gejala timbul cepat, nyeri menelan hebat, demam, tidak disertai batuk, sering disertai nyeri kepala dan gejala saluran cerna (sakit perut, muntah)
- faring merah, tonsil membesar dan dilapisi lapisan eksudat warna kuning kemerahan. sering disertai pembengkakan kelenjar getah bening leher.

faringitis virus
- gejala timbul lebih perlahan, meliputi meler, batuk, diare
- adanya konjungtivitis (mata merah/ belekan), pilek, suara serak, batuk lebih mengarah ke infeksi virus.

faringitis; terapi
- antipiretik/analgetik (parasetamol atau ibuprofen) dapa mengurangi demam dan meringankan nyeri tenggorokan
- kumur2 dengan air garam hangat
- dewasa: lozenges - local relief

faringitis streptokokus; terapi
- sebagian besar streptokokus yg tdk diobati akan membaik dalam beberapa hari, tapi terapi antibiotik dini dapat menunjukkan perbaikan klinis dalam 12-24 jam
- manfaat utama terapi adalah mencegah demam reumatik akut -> terapi antibiotik diberikan dalam 9 hari penyakit

pneumonia

- peradangan jaringan paru
- penyebab kultur jaringan paru: jarang & sulit
- virus; penyebab utama ISPAbawah pada bayi & anak <5 tahun

gejala pneumonia
-sering didahului gejala ISPA
-nafas cepat, meningkatnya usaha nafas
-infeksi berat: sianosis (kebiruan di bibir) dan kelelahan pernafasan terutama pada bayi
pemeriksaan penunjang rontgent dada.

terapi pneumonia
- oksigen, cairan & makanan (nasigastric tube, infus)
- pneumonia krn bakteri: antibiotik
- rawat inap & rawat jalan

semoga berguna ya informasinya, dan sehat2 yaa semuanya :)

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

14

Topic: Radang Tenggorokan dan radang paru-paru pada bayi

Alhamdulilah Kenzie udah dinyatakan sehat dan keluar RS.tanggal 12 mei. ketika di RS. sebenarnya yang saya heran itu masalah leukosit yang tinggi padahal anak udah aktif dan tidak panas. setelah konsultasi dengan prof dr. ismu spa di surabaya. ternyata klo anak habis sakit leukosit tinggi itu wajar dan akan turun secara alami. dan benar setelah obat-obatan dihentikan 2 hari kemudian leukosit normal. beliau mengibaratkan begini : seperti mobil pemadam kebakaran jadi pada saat terjadi kebakaran mobil2 itu akan keluar dari garasi dan melaksanakan tugasnya memadamkan api setelah itu kembali ke garasi lagi, sama dengan leukosit pada saat ada infeksi krn bakteri maka leukosit yng ada di sumsum tulang belakang akan keluar dan kalau udah selesai tugasnya akan kembali lagi ke sumsum tulang belakang dan perjalanannya memakan waktu tidak langsung cepat, padahal waktu itu saya sangat kawatir krn dokter anak di rumah sakit tempat kenzie dirawat(dokter anak berbeda) akan melakukan tes culture darah dan tes matux ( tes infeksi TBC ) krn jml leukosit yang tinggi, tapi akhirnya semua itu tdk perlu kata dr ismu tidak ada indikasi ( beliau menjelaskan panjang lebar kenapa tidak perlu melakukan tes tersebut ), sekarang mama happy :) seperti kenzie ( kenzie wlaupun sakit anaknya sangat aktif dan minum susunya juga kuat).

kenzie jatung hati mama papa semoga menjadi anak yg sholeh & hidupmu selalu barakaallah.

15

Topic: Radang Tenggorokan dan radang paru-paru pada bayi

Beberapa minggu lalu, ibbay, anak ke-2ku (9 bln) sakit. Diagnosa dari dokter dia terkena radang paru-paru (bronchopneumonia).

Gejalanya :
[list=*]

  • Hari 1 : Sore hari mendadak demam tinggi sd 38.9 deg C. Aku beri obat turun panas paracetamol. Demam turun tapi beberapa jam kemudian naik lagi. Batuk mulai muncul, dan malam itu dia muntah, kuamati banyak juga dahaknya. [/*]
  • Hari 2-3 : Paginya masih demam tinggi, hampir 39 deg C. aku bawa ke dsa langganan. Kata dokter demamnya bukan karena radang tenggorokan. Dokter memberi obat batuk plus disuruh melanjutkan pemberian obat turun panas. Hari 2-3 Ibbay muntah 2-3x sehari. Muntah bercampur dahak. Biasanya muntah setelah minum ASI.[/*]
  • Hari ke-4 : Demam masih belum turun. Kuamati dia kelihatan sesak nafas, padahal batuk tidak parah. Dan di keluargaku tidak ada riwayat asma. Berbekal feeling ga enak, subuh-subuh kubawa dia ke UGD RS Santosa Bandung.[/*]


    Dokter umum yang menangani langsung curiga Ibbay kena radang paru-paru dari mengamati nafasnya yang kelihatan sesak + demamnya. Langsung cek darah dan rontgen. Setelah hasil tes darah keluar memang kelihatan kalau leukositnya tinggi (21.000), normalnya 11.000, jadi sudah hampir 2x normal. Langsung disuruh rawat inap. Aku sih menurut saja saran dokter, soalnya seingatku dulu pernah baca-baca kalau pneumonia itu penyebab angka kematian tertinggi no-2 pada bayi. Maka dari itu penanganannya harus cepat.

    Masuk ke kamar rawat inap ibbay langsung diinfus dan dipasang selang oksigen. Disuntik antibiotik juga. Sedihnya melihat dia frustasi krn susah gerak jd bbrp kali pingin cabut selang infus+selang oksigennya. Setiap beberapa jam sekali juga diuap agar dahaknya encer dan bisa dikeluarkan lewat muntah/BABnya.

    Sekitar jam 9 pagi waktu dsa visit, mulailah aku tanya beberapa hal ttg bronchopneumonia. [list=1]
  • Penyebabnya bisa virus/bakteri/jamur. Dokter memberi antibiotik supaya leukositnya yg tinggi cepat turun lagi. [/*]
  • Kuman masuk bisa jadi krn :[/*]
    [list=*]
  • Tertular dari orang di sekitarnya (mmg saat itu ada yang sdg batuk parah di rumah). Pada orang dewasa mungkin hanya menyebabkan batuk biasa, tapi pada bayi yg imunitasnya msh rendah bisa menyebabkan dia terkena pneumonia. [/*]
  • Saat itu anakku sdg fase oral, sedang gemar memasukkan segala macam benda ke mulut.[/*]


    Alhamdulillah hanya perlu 2 hari rawat inap, hari ke-3 sudah boleh pulang. Antibiotik yg tersisa harus diminumkan sampai habis supaya kuman tidak resistant. Anakku dianjurkan juga imunisasi IPD sebagai booster. Semoga tdk akan pernah kambuh lagi :)

    Kmrn sempat browsing cari2 info ttg bronchopneumonia, dan mmg seperti yg dsa anakku bilang, salah satunya bisa baca-baca dari sini :
    http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Gizi+dan+Kesehatan/Bayi/pneumonia.rentan.pada.bayi/001/001/1215/38/3

    HTH ya moms

  • 16

    Topic: Radang Tenggorokan dan radang paru-paru pada bayi

    3 minggu yg lalu si kelinci tiba2 batpil. ketularan adek yg bat pil limayan parah. abis k dokter n makan antibiotik (menurut dokter infeksi tenggorokan. dia sembuh bt bbrp hari. eh tiba2 demam tanpa batuk tp pilek dikit. sampe 39.
    balik ke dokter yg sama. lagi2 d bilang radang tenggorokan. yg katanya kambuh lg karena dia belom sembuh bener eh uda kena lg.
    waktu bbrp hari sebelom dia demam memang saya ad pilek parah dan rada demam. sepertinya ketularan dr saya :(

    udah bbrp hari setelah sembuh dr demam, eh..... tiba2 2 hari yg lalu pas mlm2 dia bersin. dan mulai pilek lg...
    saya pikir kedinginan doank... ternyata abis itu kemaren tiba2 batuk dan dapasnya mulai rada sesak dan berbunyi nyaring grok2.
    tapi orgnya tetap lincah padahal ud setengah mangap2. joget2 dan ga mau istirahat...

    akhirnya pagi ini setelah dia nangis2 subuh2 krn pusing (dia suruh saya pijitin palanya) dan susah napas, saya berhasil nemu dokter yg praktek d hari minggu dan lumayan dekat rumah...

    kata pak dokter ini dia bukan lg kena bronchiolitis (dulu d sg pernah kena 2 kali tp sembuh dengan di uap n tanpa antibiotik)
    tapi ada pneumo dikit... emang bs ya pneumo itu kena dikit ato banyak? :/ bingung dan panik nih...

    jadi tadi di uap dengan ventolin dan bisolvon.
    pulang ke rumah dia makan obat bat pil dan antibiotik lagi...
    sekarang napasnya udah ga secepat tadi. pas d itung udah normal, 30 kali semenit...

    semoga aja obat kali ini bisa bener2 menyembuhkan dia... huhuhu

    17

    Topic: Radang Tenggorokan dan radang paru-paru pada bayi

    Dari gambaran ronstgen nya kali mamamiao taunya. Klo bronkopneumonia (bp) sendiri biasanya dikategoriinnya ringan-sedang-berat gitu salah satunya diliat dr kecepatan nafas anak sama retraksi dada. Ada ko ciri2 gampang mendiagnosa pneumonia versi who yg buat dokter2 puskesmas gitu. Jd lebih gampang ngertinya,klo lebih pro emang didenger pake stetoskop,lab,dan rontgen (biasanya sih rontgen buat tau jenis bakterinya,jd biar lbh tepat pemberian ab nya aja) GWS Kelinci !

    18

    Topic: Radang Tenggorokan dan radang paru-paru pada bayi

    duh, baca thread ini hati saya mencelos lagi. Jadi ceritanya weekend kemarin saya marathon bantuin sahabat saya yang bayinya masuk Rumah Sakit karena diagnosa Radang paru-paru.
    Cerita awalnya, si bayi di usia 5 bulan'an terkena batpil yang cukup lama, 1 bulan'an. Kata dokter A ada alergi. Belum lama sembuh dari batpil kena diare. Karena dokter A cuti, diperiksa dokter B, didiagnosa infeksi usus. Belum sembuh total, lalu kontrol ke dokter C, dokter yang handle dia sejak lahir dan dirujuk untuk tes feses ke lab. belum sempat dilakukan, dini hari si anak mendadak panas tinggi, nafas cepat dan dibawa ke Rumah sakit. Sempat kejang. Setelah diperiksa ternyata infeksi sudah menyebar kemana-mana termasuk di Paru-Paru. Keesokan harinya, si bayi meninggal :(
    Semoga sharing-sharing yang di bagi mama-mama diatas tentang handling radang tenggorokan dan radang paru-paru benar-benar membantu sehingga kita punya pengetahuan tentang apa yang harus dilakukan ketika mendapat cobaan yang serupa.

    -WiwiT-
    An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
    @wiwidwadmira | the Setyadi's

    19

    Topic: Radang Tenggorokan dan radang paru-paru pada bayi

    astaghfirullaah, baru buka thread ini trus liat postingan mom ki-ka, innalillaahi wa inna ilaihi rojiun :(

    -one kind word can change someone's entire day-

    20

    Topic: Radang Tenggorokan dan radang paru-paru pada bayi

    anak saya, Raissa (13bln), divonis kena radang tenggorokan kmrn malem pas check-up ke dsa. senin dini hari tiba2 badannya demam trus disusul batpil yg menurut saya dahaknya parah. kalo tidur selalu gelisah, mgkn karna hidungnya mampet :( akhirnya hari rabu kmrn periksa ke dsa karna demamnya on off dan batpilnya jg dahaknya ga kunjung berkurang. saya perhatikan jg kadang dia nafas lewat mulut :( sm dsa nya dikasih antibiotik sm obat batpil dlm bentuk puyer + sanmol drop. kalo 2 hari demamnya ga sembuh disuruh cek darah :( Semoga ga ada apa2 dan cuma radang tenggorokan biasa :(

    21

    Topic: Radang Tenggorokan dan radang paru-paru pada bayi

    Mom dewi1010, semoga Raissa cepat sembuh ya. Kasian klo lihat bayi sedang sakit.

    Baca thread ini bikin saya khawatir, karena saya ada asma dan khawatir akan menurun k anak saya :(

    22

    Topic: Radang Tenggorokan dan radang paru-paru pada bayi

    makesa wrote:
    Mom dewi1010, semoga Raissa cepat sembuh ya. Kasian klo lihat bayi sedang sakit.

    Baca thread ini bikin saya khawatir, karena saya ada asma dan khawatir akan menurun k anak saya :(


    Amiin . makasi mom :)
    iya, kasian tidurnya ga nyenyak
    Ibu saya jg punya asma , tp ga nurun ke saya maupun adik saya..