1

Topic: Bangkit dari Debt Trap

rachanlie,
benar2 speechless membaca sharing dari dirimu....apalagi hutang2 itu sampai mencapai tusjut tusjut.... kebayang diriku aja dulu yang harus ngebayar beberapa hutang nyokap ke teman2 ku itu ngak nyampe sampe puluh2jut tetap membuat sesak karena nyokap berhutang tanpa sepengetahuanku....smoga dirimu tegar dan sabar ya...apa sudah pernah dikomunikasikan kepada MIL kalau kedepannya terjadi lagi dirimu dan suami tidak akan bertanggung jawab lagi terhadap hutang2 MIL....yang penting dirimu dan suami tetap kompak kan menghadapi masalah ini....

Mom Putri n Rayhan

2

Topic: Bangkit dari Debt Trap

julidar udah.. suami udah ngomong dengan tegas ke MIL kalau dia sampai mengulangi perbuatannya, suamiku gak mau ada sangkut pautnya lagi. karena dia sekarang juga udah punya orang lain yang harus dia biayai. bukan cuma bayarin hutang MIL aja. Tapi walaupun gitu, tetep aja beberapa orang itu nelpon2nya ke aku dan suamiku untuk nagih hutang. Bahkan pernah dia ngomong ke orang-orang kalau dia di todong dan bb-nya diambil. Ternyata setelah ketauan, itu bukan ditodong, tetapi salah satu orang yang dihutangi, mengambil bb-nya untuk jaminan. Dan orang itu akhirnya tahu nomer telp aku dari bb itu.
Aku dan suami-pun udah capek banget sama kelakuan itu, terlebih lagi suami yang seumur hidupnya berurusan dengan masalah ini. Sekarang aku dan MIL hampir tidak pernah berkomunikasi, karena aku belum bisa memaafkan MIL kalau dia belum mengembalikan uang orang tuaku. Semoga pada akhirnya MIL bisa bener-bener sadar. Karena kelakuannya itu seluruh keluarganya hancur lebur. :(

.. i'm just a girl, a woman, a daughter, a friend, a wife, and a mother..

Our llittle space : http://kakira.my.id/ /@rachanlie

3

Topic: Bangkit dari Debt Trap

To Sidta and Rachanlin and other mamas,
be strong ya, semoga dimudahkan dan dilancarkan usahanya.

to Urbanpapa dan all, jadi pengen nanya. Gimana kita bisa ngecek apakah kita punya CC dengan sebuah bank ya? Sekarang ini promo CC gencar banget dan takutnya ada yang diaktifin tanpa sepengetahuan kita (meski unlikely ya). tapi tetep aja jadi parno.

Ada yang bisa share? Apakah orang2 yg kerja di BI bisa liat?

Before I have kids I have 2 parenting theories.
I have 2 kids now. And I have no theory.

4

Topic: Bangkit dari Debt Trap

adhitya Bisa aja kok ada kartu yang dikasih ke kita dan ternyata udah diaktifkan tanpa sepengetahuan kita (baca ceritanya metariza).

yang selalu kangen sama si pipi gembil

5

Topic: Bangkit dari Debt Trap

baru baca thread ini...
sidta & mira... hugs... semoga kalian berdua sabar ya dan semakin dibukakan pintu rezekinya. amin amin amin. ikut mendoakan.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

6

Topic: Bangkit dari Debt Trap

Adhitya
iya ibu bos ku sendiri juga mengalami hal yang serupa, belum diaktifkan tapi ternyata sudah dikenakan biaya tahunan. Asli itu aneh banget dan tidak sesuai prosedur.

Sidta
huugs ya.. semoga diberi kekuatan untuk menghadapi semua itu..

Rachanline
Mir, if anything we can do to help u, please let us know yaa.. *pelukMiraeratbanget*

Buat yang punya hutang CC apalagi yang bayar minimum payment per bulannya dan tetap terjerat dengan bunga CC yang tinggi, ini ada cara yang efektif.
1. Gunting CC itu agar tidak bisa digunakan lagi dan kita tidak tergoda menggunakan lagi.
2. Pergi ke bank yang mengeluarkan CC yang bersangkutan kemudian meminta dengan baik penutupan CC tersebut.
3. Hutang kita di bank diminta untuk dihitung final kena bunga bulan terakhir sebelum ditutup. Kemudian nominal tersbut minta agar bisa diangsurkan beberapa bulan sampai lunas. Hal ini ditujukan agar hutang kita tidak berbunga lebih banyak lagi. Soalnya jika terus membayar minimum payment, itu akan seperti efek bola salju. Bunga akan membuat hutang semakin besar.

Menurut pengalaman bos saya, ini bisa dilakukan. Dan harusnya bank tersebut MAU memfasilitasi permintaan kita tersebut. Jika masih ada kendala mengenai ini mungkin bisa minta bantuan Bank Indonesia ke direktorat Intermediasi Perbankan.

Sekian share nya yaa.. :) Hope it helps. CC itu memang gak sehat banget. Mari switching pake Debit Card sajah

7

Topic: Bangkit dari Debt Trap

Adhitya bisa ko kalo mau ngecek kita ada utang dimana aja..dateng aja ke BI terdekat, minta utk cetak histori kita di SID, GRATIS..bawa ktp asli, dan harus dateng sendiri ya :)

~Aysha's mom~

8

Topic: Bangkit dari Debt Trap

Adhitya kakak ipar pernah tuh diaktifin ccnya tanpa sepengetahuan dia, sampai akhirnya annual fee menumpuk hingga 1,5 juta, dan yg menagih debt collector ambon berbadan kekar, datang ke rumah. Serem :( padahal dia gak pernah pake cc itu.

Sidta, rachanlie terharu baca ceritanya.. Semoga dimudahkan ya untuk semuanya..

Vania : Nata & Arsa's mom
http://vaniasatriadi.com @drVania

9

Topic: Bangkit dari Debt Trap

aku punya pengalaman yang bikin gondok banget dengan kartu kredit, kejadiannya sekitar tahun 2007, waktu itu aku bekerja di Makassar, didatengin teman SMA, yang kerjanya jadi marketing kartu kredit bank Mandisendiri, dia mohon2 gitu biar aku apply kartu kredit, aku bilang sebenarnya gak butuh kartu kredit lagi karena aku udah punya 1 CC dari bank tempat aku bekerja yang mana bebas iuran tahunan, dan itupun sangat jarang aku pake. tapi karena dia mohon2 gitu dengan alesan biar targetnya tercapai, yah namanya bantuin temen gak papa deh pikirku waktu itu. toh katanya bebas iuran tahunan.

dan jadilah kartu kredit itu, dari jangankan aktifin, buka amplopnya aja aku enggak, sampai tiba2 di akhir tahun 2008 si teman itu nelpon ngasih tau kalo aku punya tunggakan kartu kredit 750 ribu.whatt??tunggakan dari hongkong, diaktifin aja enggak apalaagi make. ternyata kata teman itu dari iuran tahunan (yang mana dulu kata dia gratis) yang sudah bunga berbunga2. pas aku bilang aku gak mau bayar..si temen dengan santainya bilang udah bayar aja daripada diblack list dan ditagih debt collector..ya ampun berasap banget deh waktu itu rasanya..

akhirnya aku bayar deh 750 ribu (waktu itu mau lebaran) yah itung2 ngasih THR ke Bank Mandirsendiri, si kartu udah aku gunting2 di depan CS di kantor bank mandisi sendiri. duh pelajaran deh buat aku, gak lagi2 apply sembarangan.!!!!

*nulis sambil melotot dan kepala berasap saking betenya*

Say Good Bye to LDL..Thanks Allah !

10

Topic: Bangkit dari Debt Trap

dadidedo wrote:

Sekian share nya yaa.. :) Hope it helps. CC itu memang gak sehat banget. Mari switching pake Debit Card sajah


Wah, ini prinsip suamiku banget. Krmn krn akhir2 ini dia sering diminta tugas ke luar/dalam negeri, aku sarankan dia bikin CC agar lebih mudah dlm pengurusan hotel, pesawat dll. Yang jelas sih bukan buat dapat diskon nonton/belanja di mana ya, soalnya kami tinggal di Balikpapan, yg mana promo CC sangat terbatas, ga kaya di jakarta.

Alasannya suamiku ga mau pake CC krn kalaupun pake CC, kantornya baru akan mengganti sebulan kemudian, jd ya bisa2 sama aja, kami yang harus bayar tagihan CCnya duluan. Suamiku takut nanti dia bakal lupa bayar CC dan nanti malah jd bikin hutang di CCnya bunga-berbunga yang bikin dia gondok atau apes2nya kena blacklist BI.

Untuk pemakainan DC (debit card), kalau untuk hotel (terutama di indonesia) ternyata bisa juga kok booking tanpa CC. Syaratnya tinggal telp hotel saja H-1/beberapa hari sebelum hari H, jaga2 biar ga kehabisan kamar. Soalnya ternyata hotel bintang 4 atau 5 di jakarta sering penuh. Pengalaman ga booking hotel, pernah pas nyampe ke hotel yg kita tuju di jakarta, kita harus cari2 hotel lain krn hotel tsb penuh, pdhl sudah malam, capek, dan bawa anak kecil. Alhamdulillah pihak hotelnya baik, mereka bantuin kita cari hotel lain di deket2 mereka yang masih ada kamar kosong.

Kalau untuk pesawat, kalau kita pakai DC, ya memang jadinya ga bisa dapat harga yang lebih murah ataupun point2 promosi mereka :(. Selain itu pastinya ga hemat waktu dan tenaga krn harus datang ke agen tiket.

Kalau mau switching CC ke DC, DC yang mau kita pakai untuk menalangi urusan2 kantor, bayar biaya dokter, atau keperluan mendadak lainnya, sebaiknya dari rekening (DC) yang berbeda dr rekening (DC) yang dipakai untuk pengeluaran hidup kita sehari-hari, supaya uangnya tidak tercampur2 dan ujung2nya habisnya ga tercatat/out of control.

Dan tidak kalah penting, saldo DC-nya harus lumayan gede krn besarnya pengeluaran mendadak itu seringnya diluar perkiraan kita. Sebenarnya intinya mirip2 CC yang dipakai untuk keperluan mendadak sih, saldonya harus cukup besar. Seperti pengalaman kami kmrn. Krn tugas kantor dan harus menginap di hotel, hotel biasanya minta pembayaran dimuka berapa hari kita akan tingga disitu. Gesek lagi DC-ya manggg.

11

Topic: Bangkit dari Debt Trap

Moms.. ada buku
judulnya "Hidup Tenang Walau Berhutang"
penulis: Shamsudin Abdul Kadir (Konsultan Perencanaan Keuangan).
Penerbit: Hikmah.
Sampulnya warna merah.

Suamiku sih yang udah baca, katanya sih lumayan bisa jadi bahan bacaan utk mengatasi debt trap.

HTH :)

12

Topic: Bangkit dari Debt Trap

adhya, di gramed ada tak ?

less ego, more heart

13

Topic: Bangkit dari Debt Trap

Sidta: ga ngerti mbak.. bbrp bulan yg lalu beli di Toga Mas jl Supratman Bandung pas diskon aje gile :) mungkin bsa googling, sapa tau di toko buku online ada.

14

Topic: Bangkit dari Debt Trap

@sidta,
sorry to hear that..

menurut saya, untuk mengurangi beban hutang rentenir itu *sorry to say* jual aset yg ada dan lunasi hutang yg paling besar jumlahnya karena makin lama makin besar kan hutangnya.

atau mungkin bisa ngomong ke rentenir itu untuk diberhentikan bunganya dan pembayaran dicicl dengan jangka waktu tertentu mungkin.

Semoga masalahnya cepat selesai ya *hugs*

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

15

Topic: Bangkit dari Debt Trap

all Mamas, terimakasih ya :)
maaf banget udah curhat disini ..
alhamdulillah sekarang udah mulai membaik kondisinya. belum lunas total sih, tapi yg berat-berat udah beres.

kuncinya, jangan ditangani dari jauh. pulang, liat langsung kondisinya gimana. awasi bener2 pas jual aset dan pembayaran hutangnya. dan tetep berusaha berpikir jernih ketika yang lain mulai emosional.

agak sulit memang, karena kesannya mengintervensi banget .. tapi emang mesti gitu kali ya ..

alhamdulillah juga rizki selalu datang dari arah yg gak bisa diduga. naik gaji dsb.

sekarang udah mulai membenahi keuangan keluarga kecil. mulai bisa invest juga walau masih kecil-kecilan bin amatiran, dan sebentar lagi adek udah lulus kuliah :)
hikmahnya, kalau udah pernah ngalami yang seberat ini, semoga nantinya mentalnya jadi lebih kuat, gak gampang mewek .. hihi ..

terus mulai berpikir untuk menyiapkan bapak dan ibu kandung menjelang usia pensiun 6 tahun lagi, supaya gak kena parents trap. (eh ini bisa jadi topik diskusi sendiri kali ya ??)

mamas yg lain tetep semangat yaa ... ;)

less ego, more heart

16

Topic: Bangkit dari Debt Trap

rachanlie wrote :

Sampai sekarang kami masih mencoba untuk bangkit dari hutang ini. Sungguh cara yang luar biasa keras yang harus kami jalani. Tapi itulah kehidupan.. Semoga pada akhirnya kami bisa juga mendapatkan apa yang disebut dengan Financial Freedom..
wrote:


Amin :) I pray the same every night :) Sabar, percaya dan berusaha terus kuncinya

Jujur aku selalu berhati-hati dalam mengeluarkan uang (sampai banyak yg bilang pelit) selalu menghindari yang namanya hutang, tapi sama seperti yg lain kadang hutang anggota keluarga kita harus ditanggung bersama :(

Engga mengeluh si...tapi berharap semua tumpukan itu cepat lunas dan tidak membawa efek negatif yang membuat semua anggota keluarga menjadi kesusahan terus menerus :)

Ayo mamas kita sama-sama semangat ya unt terbebas dari semua jenis hutang :)

Falling In Love with My baby ^^

@pnkmomma84
The Pinkypolka

17

Topic: Bangkit dari Debt Trap

Mamas,
Mau ikutan curhat, mohon sharingnya yaa.. semoga ini tidak OOT.
Jadi ceritanya keluarga kami ambil kredit di sebuah bank BUMN untuk tambahan modal usaha yg telah berjalan puluhan tahun. kredit yang diambil adalah KUR (kredit usaha rakyat). dengan term 1tahun. ketika kontrak berjalan sekian bulan, Bapak meninggal. Selama ini yg menjalankan usaha memang ibuk dibantu bapak. Karena Bapak meninggal, otomatis pendapatan pun berkurang, yg mengakibatkan cicilan kredit pun tersendat. Apalagi denda keterlambatanan per hari bener2 ampun deehh.. yang ingin saya tanyakan:
1. KUR ini kan dijamin oleh Lembaga Penjamin Kredit, apa sih fungsinya LPK ini?
2. apabila menemui kendala dengan KUR ini dimana ya konsultasinya dengan pihak pemerintah/LSM?
TFS Mamas.. :) informasi apapun akan sangat membantu keluarga kami..

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

18

Topic: Bangkit dari Debt Trap

kira kara gue kurang terlalu ngerti tentang KUR dan T&C nya untuk proses kredit di indonesia. tapi setau gue harusnya ada lindungan atau asuransi dimana kalau si peminjam meninggal, ada keringanan. di negara lain (US atau singapore) setau gue sih ada jaminan untuk peminjam dimana kalau kejadian seperti ini bisa diambil supaya keluarga yang ditinggalkan tidak menjadi penanggung jawab atas hutang tersebut. tapi gue kurang terlalu ngerti proses nya. mungkin bisa di cek dengan Lembaga Penjamin Kredit tersebut ya.

sorry ga bisa bantu banyak.. gue soalnya emang gak punya knowledge banyak ttg sistem perbankan di indonesia, kerja di indonesia cuma 2thn sih :P

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

19

Topic: Bangkit dari Debt Trap

Kika, baca ini jadi agak-agak mengingat-ingat waktu PKL bikin laporannya soal skim kredit KUMK. tapi kok ngga ada yg nyangkut di otak, apa ilang bersama air ketuban .. huhu.

sependek yg kutahu
Lembaga Penjamin Kredit, fungsinya kurang lebih seperti yg dijelaskan sLesTa. askrindo ya kalau ngga salah yg jadi LPK KUR? premi-nya dibayar pakai APBN. trs kalau ngga salah, KUR ditempel asuransi jiwa juga bukan ? iya deh kayanya.
ketentuan kreditnya dulu gimana, mungkin di akta kreditnya ada bagian yg nyebutin soal ini. ke bank penyalur kreditnya aja dulu mbak, ngasih tahu kondisinya. trs cari tahu soal LPK-nya.
yg jelas sih, ada celah bwt keringanan kok.

maaf kalau ngga banyak bantu, mungkin yg lain bisa nambahin.

less ego, more heart

20

Topic: Bangkit dari Debt Trap

Slesta & Sidta,
Di akta kreditnya memang ada pasal dimana kalo yang berhutang meninggal, meskipun belum jatuh tempo, harus segera dilunasi atau kalau tidak, terancam agunan disita. Jadi memang tidak disebutkan ada asuransi. Dan lagi, ternyata bunganya lumayan gede. Padahal di Promo bank yang bersangkutan, KUR ini didukung LPK, karena hanya bank-bank tertentu saja yang ditunjuk pemerintah untuk menyalurkan Kredit Modal Kerja (KMK-KUR) ini. Setelah proses negosiasi, bisa dapat keringanan dengan memperpanjang waktu jatuh tempo. dari 1 tahun, menjadi 2 tahun. Tapi tetap saja berat bagi keluarga kami, karena memang permasalahannya penurunan pendapatan. Solusi yg sampai hari ini masih terfikirkan bagi kami ya menjual asset yang tidak masuk dalam agunan untuk menutupi kekurangan bayar setiap bulan demi menghindari bunga yang semakin membengkak.
Sambil juga saya cari info mengenai LPK wilayah JATIM. TFS anyway.

IMHO, ternyata akta kredit tersebut sedikit tricky (mungkin buat saya yg menyebut tricky krn memang tidak pernah berurusan dgn kredit semacam ini) Jadi yg tertulis dalam akta kredit itu nominal "LIMIT KREDIT" bukan nominal jumlah terhutang. (atau memang seperti ini sistem kredit yang ada?) berapapun jumlah hutangnya, di akta kredit yg tertulis ya LIMIT KREDIT tersebut.
Jadi asumsi Ibu saya sebelumnya jumlah hutang adalah jumlah "LIMIT KREDIT" tersebut. Padahal sebenarnya jumlah hutang pokok berbeda (based on rekening koran yg saya baca). Jumlah hutang pokok 1/5 dari LIMIT KREDIT nya. tapi denda pinalti yang diberikan sekian % dari LIMIT KREDIT. benarkah seperti ini sistem kredit yg ada? benar-benar pelajaran berharga buat saya. Ibu saya yang tidak lulus SD berhadapan dengan informasi yang menyesatkan. Saya sendiri setelah berkali2 membaca akta kredit dan bertanya kanan-kiri tentang "istilah2 sulit" yg ada di akta kredit baru ngerti maksud akta kredit tsb.

Untuk dijadikan pelajaran, sebelum menandatangani kontrak, kontrak apapun sebaiknya benar-benar dipelajari. Minta draftnya untuk dibawa pulang. Selama ini yg sering terjadi, hari ini disodori kontrak, hari ini harus ditanda-tangani. Dengan kontrak setebal itu, istilah-istilah yang bukan untuk orang awam, maka tidak mungkin bisa dipelajari dalam 5 menit saja.

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

21

Topic: Bangkit dari Debt Trap

selama ini jd silent reader, tnyt perjuangan para moms d sini berat bgt ya..
aq sndr jg kebetulan sdg berada dlm debt trap n tiap bulan selalu sj keuangan minus.
uda d atur2 gmn tetep aj minus, tp mgkn kesalahan sy n suami msh krg disiplin dlm hal mknan krn kita berdua suka skali mkn n ngemil..
perlu d atur lebih ketat lg ni spy ga minus n bs nglunasi hutang2, semangat moms..
mana kepkran jg biaya lahiran n biaya stlh baby lahir..
mkny jd d niatin lahiran normal aj n penegn asi ekslusif biar ngurangin biaya susu..
gmn ya cara ngatur spy ga minus, kdg ada pengeluaran yg ga terduga..
msl dpt gaji, uangny d buat byr cicilan hutang dl ato kebutuhan bulanan dl?? ada threat manajemen keuangan ga ya??
hehhee, help bu mods..

22

Topic: Bangkit dari Debt Trap

selly_03 sebenernya apa yang bikin jadi minus? sebaiknya jangan diterusin sering2 minus, in the long run jadinya ga bagus. mesti bisa balance antara income dan expense.

bayar hutang itu mesti dikeluarkan dulu, tapi tentunya mesti disisain untuk pengeluaran bulanan. jadi mungkin di list up dulu, pengeluaran bulanan itu kemana aja.. yang penting2 kayak makan, rent, utang, itu mesti ke cover. sisanya baru bisa dipake untuk yang laen. jadi bisa keliatan, pool yang mana yang menjadi pengeluaran terbesar baru bisa mulai manage gimana caranya supaya menurunkan itu.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

23

Topic: Bangkit dari Debt Trap

dear indri,
nyimak post-mu, saya juga ngerti... tentunya keuangan si pemberi pinjaman juga akan terpengaruh. jangan kan uang besar, uang kecil saja kalau namanya pinjaman rasanya jadi beda... karena dari awal ya namanya meminjam, bukan memberi.

saya sendiri tidak ada pengalaman sih dengan debt collector. jadi ngga bisa komen apa2. :(

imo, kayaknya ngga apa2 juga sih kalau meminta jasa debt collector kalau berbagai usaha sudah dilakukan apalagi itu nominalnya tidak sedikit.

semoga sabar yah dri.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

24

Topic: Bangkit dari Debt Trap

Teh Ninit...
Makasih banyak ya jeng,,,untuk rasa simpatinya...
kalo bisa sudahlah jangan lagi mamak di sini ada yg perlu berurusan dgn debt collector..
Masih nyari2 juga info tentang DC. tetapi sebelum kita bertindak sampai begitu, kita bakal berpikir ribuan kali dulu. Karena ada unsur kemanusiaan di sini.. si mbak mur ini baru melahirkan putra pertamanya (waktu hamil sudah diancam akan melahirkan di penjara krn kasusnya yg dulu). sebenci2nya saya sama si mas dan mbak mur, sy sndiri seorang ibu. sedangkan suami selalu bilang anaknya bukan alasan utk lari dari tanggung jawab. ehhh?
Gini yah kalo cewek tuh, apa2 dipikir pake hati..
Uang memang bukan segalanya. Tapi kondisi financial yg sehat (dan halal) biasanya diikuti dgn kesehatan2 lain..
Semoga diberi semangat dan petunjuk agar bisa melangkah dgn benar. Amiiiin... :)

a wife of a crazy, amusing, charming comedian
a mother of a cute, magnetising princess :cool:

25

Topic: Bangkit dari Debt Trap

pada akhinya memang hutan selalu jadi pembuat masalah finansial ya. untungnya dikeluarga saya jikapun harus berhutang, kami selalu berhutang ke sanak saudara, jadi nggak kena bunga apalagi lintah darat. mudah2an bisa menjadi inspirasi semuanya.