1

Topic: [contest 2011] Urban Papa | Juni 2011

http://www.facebook.com/photo.php?fbid=10150195513002771&set=a.182383687770.125847.752927770&type=1&theater

Nama : Vika Andini
Twitter Account : @veekha
Email : [email protected]
Judul foto : kehangatan ayah

putri kami adni belum genap berusia 2 bulan usianya. lagi rewel-rewelnya dia. apalagi jika mau tidur, rewel banget deh. segala cara udah aku lakukan, mulai dari menyusui sampai menimang-nimangnya. tetep aja gak berhasil.jika diletakkan di ranjang dia selalu menangis.aku selalu kelelahan jika harus menggendongnya terus selama dia tidur. untunglah suamiku adalah suami yang sangat pengertian. lelah sepulang bekerja tidak menghalanginya membantuku menidurkan adni. anehnya adni bisa tidur lelap di pelukan suamiku. tanpa menghiraukan rasa lelahnya, dia rela tertidur sambil mendekap adni sampai adni benar-benar tertidur lelap dan tidak menangis lagi jika diletakkan di ranjang.

2

Topic: [contest 2011] Urban Papa | Juni 2011

Baiklah..berkat dukungan mamas yg lain, maka foto ini gw aplot.

Nama: Mitha
Twitter account: @muttimitha
Email: [email protected]
Judulnya: In Bed With Papap

http://i1198.photobucket.com/albums/aa457/muttimitha/urbanpapa.jpg

Tempat tidur adalah spot favorit kami, karena kami banyak melakukan berbagai kegiatan di atasnya. Bukan hanya untuk tidur, tapi juga untuk membangun bonding dengan anak-anak. Setidaknya itulah yang dialami oleh suami saya, Papap-nya anak-anak.

Sejak anak-anak masih kecil,saat saya masih bekerja dengan shift sore (pk 15:00-00:00), maupun shift malam (pk. 22:00-09:00), suami saya yang pulang pk 20:00, berganti peran dengan saya dalam urusan tempat tidur. dari menidurkan mereka, membuatkan mereka susu botol bila diperlukan, membawa secara teratur anak-anak yang tengah tertidur ke kamar mandi supaya mereka tidak mengompol, bahkan berjaga memburu nyamuk agar tidak mendarat di kulit anak-anak.

Sesungguhnya bukan hal yang mudah untuk suami saya jalani, karena ia memiliki jam kerja yang panjang juga. Dan begitu tiba di rumah "tugas mulia" yang lain sudah menanti di rumah. Ia bisa saja lebih memilih tidur, tapi ia lebih rela bangun tengah malam demi anak-anaknya. Kegiatan serupa ini berlangsung selama hampir 5 tahun, sampai akhirnya saya resign setahun lalu. Tugas yang selama ini ia jalani pun, kembali saya ambil alih. Namun demikian, kebiasaan anak-anak tidur menempel pada Papapnya tetap berlanjut, meski anak-anak memiliki kasur yang berbeda. :)

Selain menjadi teman tidur, di atas ranjang, suami pun sering berganti peran menjadi pencerita bagi anak-anaknya. Foto di atas diambil ketika Papap mempraktekkan metode read aloud yang saya dapatkan dari workshop bersama TUM.
Meskipun Papap tidak bisa bercerita ala pendongeng ulung, anak-anak tetap antusias membaca bersamanya. Karena yang penting bagi mereka adalah kebersamaan dengan Papap di atas tempat tidur.

In bed with Papap will always be special, because he is truly special..

Happy Father's Day Pap, we love you..

3

Topic: [contest 2011] Urban Papa | Juni 2011

setelah sibuk maju-mundur, ragu-ragu mau ikutan apa gak, akhirnya coba ikutan deh buat ngeramein aja xixi :)

Nama: Diandra
Twitter account: @d1andra7_ben
Email: [email protected]
Judulnya: my Daddy is my Best friend

http://farm6.static.flickr.com/5186/5863337961_43a89d3c1f.jpg

Suami saya bekerja di bidang service oil company yang menuntut ia lebih banyak di lokasi (site), dengan jadwal yang tidak pasti. Kadang setelah menghabiskan waktu 2bulan di lokasi antah berantah (kadang di darat maupun di laut) tanpa sinyal, kami hanya bisa berkumpul 1minggu sebelum ia harus berangkat lagi. Sadar akan kurangnya waktu bersama putranya, suami selalu mencari cara untuk bisa menarik hati dan perhatian Ben saat ia di rumah, salah satunya dengan menempatkan diri sebagai teman bermain.

Jika saya seorang ibu yang memiliki rasa kekhawatiran sangat tinggi, sehingga saya menjadi sedikit (atau mungkin banyak kalau menurut suami) over-protektif terhadap putra pertama kami, Ben, suami saya justru beranggapan bahwa Ben adalah sebagai seorang anak yang bukan lagi bayi dan harus (mulai) mandiri. Jika saya jelas2 menentang metode BLW, dengan alasan takut tersedak, suami justru sangat mendukung metode itu dengan alasan “supaya anak cepat mandiri, kamu jadi bisa fokus dengan pekerjaan rumah dan gak lagi men-skip jadwal makan kamu”. Saat saya masih takut-takut melepas pegangan di kala Ben belajar jalan, “kapan anak bisa jalan kalau ibunya dikit2 takut”, atau seperti baru-baru ini saat suami sudah mulai mengajarkan anak naik ekskalator sendiri, saya selalu protes karena timbul perasaan ngeri mengingat tingginya kasus kecelakaan, tapi lagi-lagi suami punya jawaban “semakin cepat ia diajarkan, semakin ia akan bisa. Selama kita hati-hati saat menjaganya pasti tidak akan terjadi apa2”. Begitu pula saat Ben mulai berbicara , suami selalu telaten meladeni pertanyaan demi pertanyaan yang dilontarkan, terkadang saya berfikir terlalu berat bagi Ben untuk mengerti mengenai hal itu, tapi (lagi-lagi) suami menjawab “perihal dia paham atau tidak saat ini bukan masalah, yang penting kita sudah memberi jawaban yang sebenarnya dan jangan pernah ragu berkata tidak tahu kalau memang kita tidak punya jawaban”, seperti foto yang sempat saya ambil melalui handphone disaat kami menunggu pesawat yang delay, suami sedang asyik membaca koran mengenai berita disentri, Ben pun datang dan ikut minta dijelaskan. Saat beraktivitas pun mereka cenderung memilih bermain outdoor layaknya laki-laki, seperti berlari di lapangan mengejar layangan atau bermain lempar bola di dalam kolam pompa ataupun akrobat koprol di atas tempat tidur, pastinya bukan jenis permainan saat berdua dengan saya.

Jadi tidak heran saat suami mulai kembali bertugas, Ben akan terlihat murung karena kehilangan teman bermain yang asyik. hebatnya lagi, Ben masih segan kalau papa sudah mulai marah saat ia berulah. jadi kata siapa ayah tidak bisa menjadi seorang teman? semoga hubungan ini bisa selalu terjalin sampai Ben dewasa, seperti yang suami saya selalu ucap dari masa pacaran "aku pgn mjd teman bagi anak2ku"

we love u papa :*

4

Topic: [contest 2011] Urban Papa | Juni 2011

http://farm4.static.flickr.com/3246/5863790129_9cd5292ec0_m.jpg

Nama : Cynthya Van Laurent
Twitter : @cinzya
Email : [email protected]
Judul Foto : Sebelum Papa Ke Kantor
Cerita Foto :
Acara menggunting kuku adalah acara yang paling susah buat saya. Entah karena tidak nyaman atau takut, Aiden (now 20m) tidak bisa diam, menangis sambil bergerak-gerak terus. Banyak yang menyarankan untuk emnggunting kuku sewaktu si anak tidur, tapi hal ini tidak berlaku untuk Aiden. Anak yang satu ini sangat perasa, begitu mendengar suara "cetek" kuku digunting, dia bisa bangun dan langsung menangis. Alhasil, seringkali kukunya terlihat panjang, karena saya terus terang jarang mendapat "moment" yang pas untuk menggunting kukunya.
Suatu pagi di bulan Mei 2010, pas di hari Aiden berusia 7bulan, Papanya seperti biasa bermain dengan si cute baby ini sebelum berangkat ke kantor. Tiba-tiba hubby bilang begini "Mama, kuku Aiden panjang juga ya, sini Papa guntingin" Wowwww...agak takut juga, soalnya ini pertama kalinya Papa gunting kuku Aiden. Apalagi waktu itu kan Aiden masih mungil, sementara tangan Papa besar.
Ajaib! setelah guntingan pertama, Aiden kelihatan enjoy, bahkan senyum-senyum dan ketawa. Sewaktu saya foto pun Aiden tidak menangis, apalagi bergerak-gerak. Sepertinya Papa punya charm yang Mama tidak punya, tapi saya bersyukur. Di waktu yang tersisa sedikit pun, hubby menyempatkan diri untuk memperhatikan bahkan mau membantu menggunting kuku Aiden.

I'm so grateful to have them both...

Aiden + Papa = my luvs n mylife

www.cynthya.co.in
@cinzya
Breastfeeding Momma, Work at home, and a helper for other :)

5

Topic: [contest 2011] Urban Papa | Juni 2011

http://farm3.static.flickr.com/2610/5855714617_49db2f398a.jpg

- Nama: Devi
- Twitter account: @deardevi
- Email: [email protected]
- Judul foto: Our Awesome Dad
- Cerita foto:

Bekerja di Jakarta, tinggal di pinggiran Jakarta, sungguh merenggut banyak waktu Papa dari anak-anaknya. Walau selalu pulang tiap malam, rata-rata empat jam sehari yang dihabiskan di jalan, membuat Papa nyaris tak punya energi untuk bermain bersama kedua anaknya (saat itu, sekarang sih udah tiga).
Padahal, Papa adalah jenis family man, yang suka dan cinta banget sama anak-anaknya. Dia tidak pernah terganggu jika anak-anak berisik di sebelahnya, juga tidak terintimidasi dengan tangisan mereka. Bahkan, Papa selalu jadi orang pertama yang memandikan bayi-bayinya begitu mereka pulang dari rumah sakit. Si Mama tidak pernah cukup berani memandikan bayi baru lahirnya yang masih begitu ringkih dan belum puput tali pusarnya. Papa tidak pernah gentar melakukan ini untuk ketiga bayinya.
Sadar bahwa waktu bersama semakin sulit dicari ini, Papa pun memutuskan untuk mengambil cuti dan membawa kami berempat (lima dengan bayi dalam kandungan) berlibur di Pulau Bali. Yippie! Ini adalah liburan pertama kali ke Bali sebagai keluarga, jadi mohon maklum kalau rada norak. :)

Papa Pampi benar-benar awesome & wonderful Dad. Di sana, Papa sibuk bermain dengan anak-anak, memandikan mereka, menghabiskan waktu bersama mereka. Anak-anak bahagia sekali, karena Papa jadi milik mereka tak hanya sehari, melainkan tiga hari penuh!

Thank you buat liburan kemarin, ya, Pa. Anak-anak sukaaa sekali. Mamanya juga happy, bayi di perut ikutan happy, sehingga satu setengah bulan kemudian baby Kimi lahir dengan mudaaah sekali.
We love you, Papa Pampi, our awesome Dad.

6

Topic: [contest 2011] Urban Papa | Juni 2011

whuaaaa.. bagus2 bgt foto dan ceritanya :)

7

Topic: [contest 2011] Urban Papa | Juni 2011

- Nama: Aini
- Twitter account: @rainiw_
- Email: [email protected]
- Judul foto: Daddy's Little Girl
- Cerita foto:

http://aini.rumahatiku.com/wp-content/uploads/2011/06/AlmaAbah.jpg

Foto ini diambil waktu kami sekeluarga piknik ke pantai Tanjong Asam. Tempatnya rada jauh lah dari rumah, tapi sedari semalam sebelum berangkat, Ibrahim sudah nggak sabar pengen bawa Alma main di pantai :))

Begitu keesokan paginya menginjak kaki di pantai... langsung deh anak-bapak kalap lihat air. Keduanya sama-sama suka air, suka bermain di tempat terbuka... dari jam 9 pagi sampai 12 siang mereka main di pantai, samasekali yang ada cuma ketawa, ketawa & ketawa. Sama capek sih, tapi abis itu ketawa lagi & cibang-cibung main air lagi :lol: Kalau untuk mengenalkan Alma ke kegiatan yang adventurous, memang lebih cocok didampingi Baim deh (daripada saya yang serba ketar-ketir). Saya lebih cocok pecicilan dengan kamera untuk mengabadikan setiap momen lucu saat Alma & abahnya main air, dan ekspresi saat Alma menemukan hal-hal baru seperti kalau air laut itu asin & kalau pasir itu tidak bisa dimakan :P

Saat melihat hasil jepretan di hari itu... saya jadi terpikir kalau menjadi orangtua adalah mencari keseimbangan, terutama dalam hal berinteraksi dengan anak. Sang bapak sama-sama punya peran besar dalam mengurus anak, tidak melulu semua dipegang oleh ibunya. Dan untuk anak perempuan, her father is the guide, the savior, the protector, the role model of her life and the ultimate caretaker who nourishes her in the loving & protective atmosphere.

We love you soooo much, Abah Baim. Happy Father's Day :)

8

Topic: [contest 2011] Urban Papa | Juni 2011

http://farm4.static.flickr.com/3181/5865395286_e0c916fc8d.jpg

nama : citraria
twitter : @citraria_kusuma
email : [email protected]
judul foto : Like Father Like Daughter

Cerita Foto :

Ada pepatah bilang, kalo setiap pasangan menikah dan memiliki anak perempuan pasti akan mirip dan lebih dekat dengan bapaknya. Awalnya saya gak pernah "ngeh" sampai suatu ketika foto ini dibuat. "Hey, it's true! Bentuk mata, hidung dan senyum mereka sama persis!"

Sejak kecil, keira memang lebih dekat dengan Papa-nya. Kata pertama yang bisa diucapkan keira dengan jelas adalah "papa". Hobi mereka pun sama yaitu yang berhubungan dengan olah raga air dan setiap kali ada waktu senggang papa selalu mengajak keira untuk pergi berenang. Lihat bagaimana mereka sangat menikmati aktivitas berenang tersebut! Senang rasanya melihat senyum lebar bahagia dari kedua orang yang sangat berarti dalam hidup saya.

Happy Fathers Day, Papa Adi...
We love you!

9

Topic: [contest 2011] Urban Papa | Juni 2011

http://farm4.static.flickr.com/3281/5865465324_0b7dd7caea.jpg

- Nama: Sita
- Twitter account: @racharlina
- Email: [email protected]
- Judul foto: Cepet Sembuh Papa
- Cerita foto:

Buat Neil (anakku, 6 bulan saat di foto), Papa adalah temen maen paling seru! Tiap Papa pulang kantor, pasti dia berbinar-binar. Tiap bangun tidur, langsung deketin Papa sambil minta diajak maen. Seneng banget pokoknya kalau maen sama Papa. Neil paling seneng digendong n maen pesawat-pesawatan sama Papa. Herannya kalau maen pesawat2an sama orang lain, dia cuma akan senyum-senyum, tapi kalau sama Papanya dia bisa ketawa bahagiaa banget.

Sampai pas tanggal 1 Mei 2011 kemaren, Papa dapat musibah dan tangan kakinya patah semua, jadi harus rawat inap di RS karena harus dioperasi. Hari pertama Papa di RS, aku ga tega ajak Neil ke RS karena kasian, takut ntr sakit. Tapi ternyata Neil malah sediih banget di rumah. Cuma dieem aja. Jangankan mau ketawa, senyum aja susaaah banget :(

Akhirnya aku nekad ajak Neil ke RS dan ketemu Papanya. Dan bener juga, langsung dia berbinar-binar lagi lihat Papa. Pas aku taruh di tempat tidur, dia ngoceeeh aja kayak cerita ke Papanya. Dia kayaknya agak heran sih, kok tumben Papa ga ajak maen pesawat2an. Tapi dia tetep hepi, karena akhirnya ketemu Papanya. Jadi selama 3 hari opname di RS, Neil ke RS terus kecuali pas malem pulang ke rumah. Dan hobinya maen diatas perut Papa kayak di foto,hihihi lucu deh. Aku yang sedih karena dapet musibah, bisa terhibur banget ngeliat pemandangan itu. So priceless :) Dan Neil berhasil jadi cowok favorit para suster di RS itu, hahaha

Sampai sekarang Papa masih tahap pemulihan, dan belum bisa maen heboh sama Neil. Tapi Papa tetep the best Papa karena dalam keadaan tangan dan kaki sakit pun, tetep berusaha sebisa mungkin bantuin Mama ngurus Neil, nyuapin, gantiin popok, dan terutama ngajak maen Neil pas Neil lagi bersemangat! :D

Cepet sembuh lagi ya Papaa..Mama dan Neil cinta Papa *huugs and kiss*

10

Topic: [contest 2011] Urban Papa | Juni 2011

http://a1.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/264629_2030734458868_1559331399_2129509_3182464_n.jpg
- Nama : Lisna E.
- Twitter account : @lisnaeko
- Email : [email protected]
- Judul foto : Kangen-kangenan
- Cerita foto :
Suamiku pedagang yang harus pergi keluar kota. Kalau dia pergi, pasti Zafran sakit. Jadi keberangkatan selalu ditunda satu hari. Ini salah satu foto setelah suami pulang dari Bali. Tetapi sebenarnya suami lebih sering di rumah. Suamiku yang dulunya lebih sering keluar kota, lebih sering di rumah sejak kehadiran Zafran. Dan lebih sayang lagi ke aku, terutama Zafran.

11

Topic: [contest 2011] Urban Papa | Juni 2011

http://farm4.static.flickr.com/3266/5865745092_7d87228f87.jpg
- nama : Dewi Aprie
- twitter : @dewiaprie
- email : [email protected]
- judul foto : Semangat Makan Bareng Dady
- cerita foto : Makan adalah salah satu waktu favorit Tata (15mos) *saya rasa* , karena kalau makanan sudah disiapkan dia akan semangat angkat sendok/alat makan yg ada buat makan, ya Tata sdh pinter makan, berkat metode BLW yg saya baca di TUM, :)
dan Dady nya selalu pulang kantor pas jam makan malam keluarga. nah.. foto ini diambil pada salah satu moment itu. Entah bagaimana dan apa yg dipikirkan Tata, dia selalu tertarik makanan yg ada di piring dady (bukan momy, anma, atau onty nya). Foto ini adalah moment ketika Tata sdh selesai makan lalu melihat makanan di piring dady masih ada, Tata berinisiatif ambil garpu, sodorkan ke dady makanannya, dengan bahasa bayi mengatakan "niech dad.. ak suapin ya" :) saya sukaaaa moment itu.. ^^ bahkan momy nya wkt itu minta disuapin pun ga digubris.. only Dady.. (T.T) dan kalau saya perhatikan, sepertinya selera makan Tata mirip seperti dady nya.. :D kalo sudah seperti ini pasti dady nya langsung mengklaim, "Tata kan paling sayang dady ya" :P

Happy Dady day.. Tata and Momy Love U dad.. :)

love U always my Callysta

12

Topic: [contest 2011] Urban Papa | Juni 2011

http://farm3.static.flickr.com/2776/5865643372_d481703370.jpg

- Nama: Lala
- Twitter account: @oilalaa
- Email: [email protected]
- Judul foto: Daddy's Lil Devil
- Cerita foto:

Sebagai anak saya merasa sangat dekat dengan Papa dibanding dengan adik-adik saya karena waktu kami masih kecil Papa sempat bersekolah di luar negeri tanpa membawa keluarganya. Setelah selesai kuliah dan kembali ke Indonesia, hanya saya yang masih ingat muka Papa dan satu-satunya yang memilih dirinya untuk membacakan cerita sebelum tidur. Sedangkan dua adik saya yang lain sudah lupa bahwa itu adalah Papa dan selalu meminta mama yang membacakan cerita untuk mereka.

Ketika saya akan menikah, Papa lebih banyak menuntut daripada mama. Semua acara dan detilnya harus sesuai keinginannya sehingga akhirnya kami jadi sering beradu mulut. Salah satu acara yang Papa minta untuk diadakan adalah acara adat Minang "babako". Jauh-jauh hari, Papa berpesan agar saya menyiapkan testimonial memohon maaf kepada orang tua yang akan dibacakan saat babako. Kata Papa, pesannya harus yang menyentuh ya. Selalu saya jawab gampang, sebentar juga beres. Yang terjadi kemudian saya lupa. Pada hari H, saya terpaksa go live tanpa script memohon maaf kepada orang tua dan disampaikan dalam waktu 5 menit. Giliran Papa berikutnya menjawab permohonan maaf saya. Papa saya memang jagoan. Beliau menyiapkan sekitar delapan lembar nasehat yang diketik rapi olehnya sendiri dan salah satu isinya yang membuat saya menangis sesunggukan adalah ketika beliau membaca ulang isi surat-surat yang saya tulis untuknya ketika saya masih sangat kecil. Surat-surat itu ternyata masih disimpan rapih olehnya. Ada surat yang katanya saya selipkan di tas kerjanya dengan ucapan selamat bekerja. Lalu ada surat untuknya ketika papa sedang dinas keluar kota namun dalam surat itu saya mengira dia pergi karena saya sedang mengambek sehingga dia meninggalkan kami. Di surat yang sama saya meminta maaf dan memintanya untuk pulang karena "Lala sayang papa, Lala sayang mama, dan Lala sayang adik-adik."

Saat beliau membaca nasehatnya saya tersedu-sedan dan sebagian besar keluarga besar pun menangis haru. Sepupu saya mengatakan itulah pidato terpanjang papa yang pernah disampaikan (Papa memang langganan memberi sambutan dan doa di hampir setiap acara keluarga dari pernikahan sepupu sampai buka puasa bersama), juga yang terindah yang pernah ia dengar.

Belum cukup membuat kami menangis bombay saat acara Babako, Papa juga sudah dari jauh-jauh hari berpesan ke Penghulu bahwa nasehat pernikahan akan disampaikan sendiri olehnya, bukan oleh Penghulu seperti pada umumnya. Mungkin dalam hati dia pikir kesempatan nih bisa ngomelin anak dan tidak mungkin dibantah. Tidak mungkin saya balas omongan Papa di depan sejuta umat? Tapi setelah menikah saya bersyukur Papa sudah ngotot untuk sering-sering memberi nasehat pada pernikahan kami karena semua nasehatnya sangat berarti penuh makna bagi saya dan suami. Lembaran ketikan nasehatnya pun tersimpan rapi di arsip dan kelak akan kami bagi dengan anak-anak kami.

~ Lala ~
help! mama is bitten by the travel bug.

13

Topic: [contest 2011] Urban Papa | Juni 2011

http://i11.photobucket.com/albums/a174/jiblay/254941_1838430840252_1224948164_31699745_7354020_n.jpg


Nama : Sally Octoveny
Acc Twitter : @sallyfauzi
Email : [email protected]
Judul Foto : Internet Freak
Cerita Foto :
Like Father, Like Son. Begitu lah biasanya orang bilang.
Begitu pun Fadly dan bapak nya. Kalo udah ketemu komputer, kapan aja dimana aja, pasti sama² anteng. Seperti bapaknya yang udah menggeluti dunia internet dari akhir tahun 90'an, Fadly pun punya minat yang sama seperti bapak nya. Tapi, masih sebatas nonton Thomas di Youtube :D

Kadang hati ini suka jengkel kalo liat mereke ber-2 kompak seperti ini. Liat aja gaya nya, sama banget. Bagaikan lupa ama dunia nyata. Bapak dan anak suka lupa mandi kalo udah dalam situasi seperti ini. Tapi di sini letak kekompakan mereka. Melihat mereka "sok" berdiskusi tentang apa yang dilihat Fadly, kadang membuat saya senyum² sendiri. Dan mudah²an, banyak hal positif yang bisa diambil Fadly dari kebiasaan Bapak nya ini. Dan kemampuan nya bisa melebihi Bapak nya ... Amin.

14

Topic: [contest 2011] Urban Papa | Juni 2011

http://farm3.static.flickr.com/2697/5865186049_c7699d4b67.jpg
- Nama: linda
- Twitter account: @lindahertita
- Email: [email protected]
- Judul foto: Silent Papa
- Cerita foto:

Papanya Lilo ini, orangnya pendiem, bahkan saking diemnya dia itu jaraaaanggg banget ngobrol sama anaknya sendiri. Iya sih...anaknya emang belum bisa ngomong tapi so far yg saya tangkap dia cuma bilang baaa.....gendang gendung.....sama apaaaa??? *sigh

Waktu Lilo bayi, dia memperlakukan anaknya layaknya boneka india, boleh dilihat jangan dipegang. Lilo umur 3 bulan mungkin ya dia baru berani gendong anaknya sendiri. Jadi kalo ada mama2 lain yang bilang bisa ganti2an ganti popok, gendong or ngasih ASIP ke anak sama suaminya....it's totally so not me! *sigh

Tapiii....papa-nya Lilo :
- ga bisa tidur kalo anaknya gak diselahnya
- lebih sedih dari saya kalo anaknya sakit
- bahkan pernah saya dapati nangis waktu Lilo colic

Dan, Lilo pun....
- bangun tidur yang dicari pertama kali adalah kuping papanya
- selalu nungguin kalo papanya lagi sholat n anteng banget mskipun sebelumnya habis nangis ato rewel

Oh well....I know the love between them is unspoken....dan saya tau...Papa Lilo loves Lilo more than anything in this world and more than I can imagine....

15

Topic: [contest 2011] Urban Papa | Juni 2011

Nama : Dinda Permata
Email : [email protected]
Twitter : emaknyahazel

Judul foto : Solat bersama papa


Kalau tidak diingatkan ada event Father’s Day di TUM rasanya aku nyaris lupa berterima kasih kepada suami yang sudah membantu merawat dan membesarkan Hazel (eL)


Pap, ingat gak waktu eL baru lahir, dia nolak mam gendong. El ternyata baru tenang kalau sudah pap gendong..

Pap, makasih udah mau bangun malam buat ganti popok eL atau sekedar nimang. Sampai sekarang, selarut apapun pap juga yang mengantar eL ke WC. Masa toilet training terasa sangat menyenangkan dan mudah karena pap..

Pap, makasih sudah meluangkan waktu yang sempit untuk memandikan eL sebelum berangkat kerja setiap paginya..

Pap, makasih masih sempat menyuapi eL setiap hari. Masa-masa GTM eL terasa tidak berat..

Pap, makasih dah mau bantuin mam bersih2 rumah, ngucek berember2 pakaian kotor. Padahal mam tahu, seharian bekerja di kantor sangatlah melelahkan..

Pap, makasih dah penuh perhatian memijat kaki mam setiap malam disaat mam merasa letih atau sekedar ingin bermanja..

Pap, makasih sudah memberi semangat disaat mam mengalami nursing strike. Mam belajar banyak bersabar dari pap..

Pap, makasih meninggalkan kebiasaan merokok. Mam tahu ini tidak mudah, tapi pap berhasil melalui semuanya..

Pap, makasih selalu mempersilahkan mam makan duluan. Bahkan kadang terlambat makan, pap selalu ingin memberikan ASI yang terbaik untuk eL..

Terima kasih sudah menjadi Iman keluarga yang baik, penyayang, penyabar dan bertanggung jawab. Semoga Allah SWT selalu memberi pap kesehatan dan kebahagiaan dunia akhirat. Amin.


"Selamat Hari Ayah"

http://farm6.static.flickr.com/5080/5865768342_878525f717.jpg

Behind The Scene foto :
Diambil selesai papa mengimani solat magrib. Sebelumnya eL merengek mau dipakaikan sarung seperti papa. Karena belum punya, papa mengambil nursing cover mama dan menjadikan sarung sesaat sebelum kami memulai solat. Terlihat eL bersemangat sekali, sampai solat selesai sarung masih dipakai dan tidak mau dilepas.

@emaknyahazel

16

Topic: [contest 2011] Urban Papa | Juni 2011

http://a2.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc4/35603_486193756381_640956381_5694585_5470960_n.jpg

nama : mamanyanaya
twitter : @twitwiwit
email : [email protected]
judul foto : Naya, Anak Papa Eas!

Cerita Foto :

Dari sejak bayi, Naya deket banget ama papanya. Waktu masih sering bangun tengah malem, Naya pasti banyak diajak ngobrol ama Papa Eas. Dari kecil juga Papa sering mangku Naya sambil main piano, sampai sekarang Naya suka banget "main" piano. "Kaya Papa Eas Ma!", gitu katanya :)

Apapun yang Papa lakukan, Naya pasti pengen ikutan. Mulai dari makan sushi, mandiin Husky, minum teh, main piano, sampai ikutan setiap Papa Eas perform. Makin besar, setiap ditanya "Naya anak siapa?" pasti jawabannya "Anaknya Papa Eas" (sambil meringis lebar).

Saat ini, 2 hari dalam seminggu, Naya saya tinggal hanya berdua Papa Eas-nya. And everything's running well :) Bahkan pada saat Naya ngga ketemu Papa Eas, dia pasti minta saya telpon Papa Eas-nya, cuma buat bilang "Papa Eas di mana? Pulangnya masih lama nda? Naya kangen..."

Papa Eas emang bisa diandalkan, mulai dari gantiin popok, nimang-nimang Naya ampe bobo waktu lg rewel, nyuapin, ngajak main, bacain cerita, ngajarin main piano, bikin Naya ketawa ngakak ampe ngejawab pertanyaan-pertanyaannya Naya yang mulai ajaib.

Papa Eas, our-cuddly-papa-bear, thank's for being here with us, jadi papa, bodyguard, temen, sahabat, tukang ledeng, tukang listrik, supir, ojek buat Mama ama Naya. I love you so much dear :)

"Naya sayang Papa sebesar Mama, sayang Mama sebesar Papa"
*terharu*

17

Topic: [contest 2011] Urban Papa | Juni 2011

http://30.media.tumblr.com/tumblr_lna45vNphT1qcw4r0o1_500.jpg

Nama : Siska Mulysaputri
Twitter account : [at]mulyssa
Email : putri[underscore]siska[at]yahoo[dot]com
Judul foto : Learn How to Shoot

Suami saya bekerja dari rumah, dengan keberadaannya yang hampir 24 jam dirumah, membuat saya tenang saat bekerja di kantor bahkan saat lembur maupun jika harus dinas keluar kota.
Dia adalah breastfeeding father, sekaligus pengajar untuk Fatih--anak kami.
Mulai dari mengawasi saat dia bermain, menemaninya makan, menungguinya saat sakit, semua dia lakukan dengan sempurna. saya sangat bersyukur mempunyai partner yang tangguh :)

Foto ini diambil saat suami saya memotret Fatih dan Fatih selalu ingin tahu pose-pose yang diambil oleh Ayahnya, dia bahkan sekarang sudah tahu caranya memotret menggunakan SLR di umurnya yang baru 22bulan! :D

18

Topic: [contest 2011] Urban Papa | Juni 2011

Nama: Dyah Arini
Twitter account: dyaharini
Email: [email protected]
Judul foto: MacGyver Wannabe

Cerita foto:
Dulu, waktu saya kecil, senang sekali dengan serial tivi MacGyver.
Tokoh utama nya yang namanya sesuai dengan judul serialnya, dikenal dapat mengaplikasikan ilmu teknik nya dalam kejadian sehari2 bahkan seringkali digunakan untuk menyelamatkan diri.
Dan itu juga pengakuan Bapak saya sekaligus Kiki Raisha. Setiap ada benda yang rusak dan setiap pula saya mengeluh karena benda itu tidak bisa saya gunakan, langsung sang MacGyver Wannabe beraksi. Dengan gaya seriusnya memperbaiki barang, *mulutnya maju ke depan yang menurun ke saya sepertinya* akhirnya barang tersebut selesai diperbaiki. Yang langsung saya sambut, Wuuuuaaaaa....hebat.. Langsung Bapak saya bilang, kan MacGyver. Hehehe...
Memang Bapak orang yang lucu, dengan badannya yang tidak kurus, pernah meloncat2 sambil mempraktekan nyanyian arah mata angin supaya saya hafal. Ga pernah lupa momen itu.

Bapak adalah orang yang sangat perhatian, selalu khawatir pada saya, anak perempuan satu2nya dan selalu siap sedia menjemput saya kapanpun. Selalu mendamaikan saya dan ibu saya ketika kita berdua beradu pendapat. Kalau setiap rapat di kantor, kue rapatnya ga pernah dimakan, malah dibawa pulang sebagai oleh2 buat anak2nya.

Sekarang, Bapak sudah menjadi Kiki yang baik buat Raisha, selalu ingat Raisha kapan pun dan dimana pun. Posisiku tergantikan. Selalu bersemangat ketika masuk FO, pasar baru, supermarket, apapun dan nanya, Raisha butuh apa. Sekarang, setiap saya Bandung, pasti langsung ditunjukkin baju2 buat Raisha, yang katanya dibeli sendiri tanpa ajak Nini (neneknya Raisha).
Sering telpon ke rumah, ingin dengar suara Raisha, walau saat itu Raisha belum bisa ngomong. Apa yang didengar coba? ckckck... Oh, mungkin dalih ingin dengar suara anaknya alias saya. Geer. ;p

Semoga Kiki umur panjang, sehingga Raisha bisa merasakan sendiri betapa MacGyver yang satu ini benar2 bisa diandalkan.

Dan ini dia foto MacGyver keren ketika rambutnya mulai memutih tapi tetap funky ngikutin gaya anaknya klo foto. :D
http://farm6.static.flickr.com/5072/5862078089_db166e07da.jpg

@dyaharini

19

Topic: [contest 2011] Urban Papa | Juni 2011

Nama: Nyanya
Twitter account: @almaviva
Email: [email protected]
Judul foto: A Dad for Everybody

http://farm4.static.flickr.com/3293/5865977336_559479c58d.jpg

Saya yakin, seorang bapak pastinya sayang dan peduli sama anaknya. Jadi begitu melihat ing dekat dan sangat peduli sampe ke menu2 makanannya Rinjani segala, saya ga heran. Karna saya pikir toh seorang bapak memang sudah seharusnya seperti itu. Tapiii lain cerita kalo ing perhatian ama Bian. Anak dari teman kita yang sangat membutuhkan sosok seorang bapak. Kenapa gitu, karna kebetulan teman kami ini (bapaknya) kerja di luar kota jauh dari keluarganya.

Saya tidak pernah cemburu atau pun khawatir takut terbagi kasih sayang ing terhadap Rinjani setiap ing membahas perkembangan Bian, mengantar Bian ke dokter, atau mengajak Bian bermain. Bian termasuk anak yg agak sulit berinteraksi dengan orang lain. Ing punya banyak trik menghadapi Bian. Saya lihat langsung, gimana ing mengambil hati Bian kala Bian marah atau kesal atau ga bisa diajak kompromi.

Dan yang lebih mengagumkan adalah ketika Rinjani dan Bian swimdate di hari ulang tahun Rinjani. Bian takut berenang. Bahkan mendekat ke kolam pun dia ga mau. Tapi entah gimana caranya akhirnya mereka terlihat asyik bermain di pinggir kolam. Dari kejauhan saya mengamati sambil ngambil moment kebersamaan mereka dan sempet ngomong sendiri.. wow, how a kid can change your life. Karena saya tau persis, ing itu dari dulu ga pernah suka anak kecil. Menurut pengakuannya, dia suka anak kecil, tapi ga mau repot ngurusin. Trus ketika skarang kenyataannya ing menjadi sosok seorang bapak yang baik, ngga hanya untuk Rinjani, tapi juga untuk 'anak-anak kami' yang lain, saya jadi sangat bersyukur dan bangga :)

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

20

Topic: [contest 2011] Urban Papa | Juni 2011

Nama: Gita Firdausi
Twitter account: gitapinky
Email: [email protected]
Judul foto: mancing yuuk...

http://farm3.static.flickr.com/2800/5866085116_2d30499bc4_m.jpg

Cerita foto:
Setiap lebaran kami selalu mudik ke rumah mertua di kampung. Suatu desa nun jauh di pelosok Kabupaten Kuningan Jawa Barat dimana setiap rumah masih ada balong--kolam yang berisi ikan gurame atau ikan mujair.
Dan inilah moment yang selalu dinanti-nanti oleh Himmah. Dari mengamati abi memasang umpan, saat melempar kail dan akhirnya tawa girang ketika abi berhasil mendapatkan ikan. Foto ini diambil ketika Himmah masih berusia 17 bulan. Saat itu sih hanya melihat saja. Kalau sekarang tidak saja mengamati, Himmah juga turut berperan melempar kail dan menarik pancing ketika ikan sudah makan umpannya. Bahkan ada kejadian lucu ketika kami mudik liburan Juni kemaren, Himmah ikut memakan kue papais--kue sejenis bugis yang sedianya untuk umpan ikan. karena itu kue kesukaan Himmah..hahaha..seperti tidak rela kuenya dijadikan umpan.
Memancing benar-benar menjadi momen yang me-refresh our mind, sederhana tapi menguatkan hubungan ayah dan anak. I love this scene very much

soo much in love with triple H: Himmah, Hilal and Hilya

21

Topic: [contest 2011] Urban Papa | Juni 2011

http://a4.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/180951_10150109270468649_713793648_6369979_9009_n.jpg


- Nama: Adhya
- Twitter account: AdhyaLarasati
- Email: [email protected]
- Judul foto: Ayah: Almira's First Barber
- Cerita foto:

Foto ini menggambarkan 1 dari sekian banyak kegiatan yang dilakoni suami saya bersama Almira. Dia sangat ingin berpartisipasi dalam hampir semua pengasuhan Almira, termasuk salah satu peristiwa istimewa ini: potong rambut pertama. Sehari setelah aqiqah, suami saya bersikukuh untuk memotong sendiri rambut anak kami. Bukan karena ngga mampu bayar kapster salon, tapi katanya biar mantep.

Kegiatan cukur rambut menunggu Almira bobok. Dalam posisi badannya dibedong dan kepalanya beralaskan kertas kado bekas, suami saya beraksi menggunting rambut anaknya helai demi helai. Sampai akhirnya dia nyerah nyukur 'manual' dan pinjam pencukur kumis elektrik canggih milik kakak iparnya. Meskipun awalnya grogi dan takut melukai kulit kepala Almira, tapi akhirnya rambut Almira habis juga di tangan ayahnya. Alhamdulillah..

Suami saya, ayah terbaik bagi Almira. Selalu menyapa sejak Almira dalam kandungan, selalu punya tenaga ekstra untuk bermain bersama sepulang kerja, menemani begadang Almira, menggendong semalaman kala Almira sakit, dan yang paling khawatir saat Almira opname di rumah sakit.

We love ayah. Semoga setiap tetes peluhmu untuk keluarga, dibalas Allah dengan surga.

22

Topic: [contest 2011] Urban Papa | Juni 2011

Nangis baca postingannya oilalaa *padahal lagi dikantor*
Dibagian si oom bacain surat2 lala..
Kalo..kalo besok Raka nulis note buat gua.. bakal gua simpen kayak si oom, dan kalo ada umurnya sampe nganteri Raka nikah.. bakal gue bacain kayak si oom!

*apus umbel*

Bibunya Raka dan Rayyi
Twitter : @tickzie
Tumblr : bibunyaraka.tumblr.com

23

Topic: [contest 2011] Urban Papa | Juni 2011

http://the.karimuddin.com/wp-content/uploads/2011/06/IMG_1048.jpg

- Nama: Anggraini Karimuddin
- Twitter account: dadidedo
- Email: [email protected]
- Judul foto: Goodnight Ayah :)
- Cerita foto:

Bonding seorang ibu dan anak memang gak ada duanya. Apalagi kita, sebagai kaum wanita diuntungkan dari kebersamaan selama 9 bulan waktu bayi masih di rahim. Kemudian setelah lahir bonding akan lebih erat terjalin karena kegiatan menyusui dan tentunya masa-masa awal kita mengurus si baby. Memang akan lebih susah bagi seorang ayah untuk merasa dekat dan "attach" kepada anaknya. Perlu usaha yang spesial dan tentunya tulus.

Namun hal ini nampaknya tidak berlaku sama si Ayah. Secara effortless, Ayah menjalin bonding yang teramat gampang dengan Aghnan. Memang penyesuaian dirasakan lebih berat bagi ayah. Apalagi waktu 30 hari pertama. Kalau Bunda kan memang di rumah terus jadi enak. Buat ayah yang harus berangkat kerja setiap paginya dan mau menemani istrinya bergadang, buat saya itu luar biasa. Tidak hanya sekedar bergadang. Ayah berpartisipasi langsung dalam ganti popok Aghnan, menggendong Aghnan sampai tertidur dan terkadang pagi-paginya Ayah juga yang mandiin Aghnan.

Ayah memang partner yang luar biasa. Dan pastinya seorang Ayah yang luar biasa buat Aghnan. Semakin Aghnan beranjak besar, dia semakin "ngefans" sama ayahnya. Bagaimana tidak, Aghnan lebih fasih memanggil "Ayah" dibanding "Bunda" duluan. Terus setiap bangun tidur pasti yang dicari setelah "nenen" tentunya adalah "Ayah". Buat aku inilah yang aku harapkan. Aghnan tidak sekedar dekat dengan Bunda nya. Namun juga mengagumi sosok Ayahnya. Melihat ayah anak bonding adalah hal yang luar biasa.

Momen paling mengharukan mungkin bisa dilihat di foto diatas. Ketika ayahnya sudah kecapekan dan tidur duluan. Tadinya Aghnan masih pengen main dan pengen ngajak Ayah main, namun diberitahu kalau ayah kecapekan dan gak bisa ajak main sekarang. Kemudian Aghnan bergulir ke dekat ayahnya sambil ngomong "Ayah.. Ayah.." dengan nada berbisik. Lucunya gaya ngomongnya Aghnan mirip dengan gaya Ayah kalau say goodnight ke Aghnan :) Lama tidur2an di samping ayah, gak lama (gak pakai rewel) Aghnan pun bobo disamping ayah. :')

Happy father's day ayah. Sosok kamu tidak tergantikan buat aku dan Aghnan. Suami yang super sabar. Ayah yang luar biasa. You're simply the best!! We love you tremendously :-*

24

Topic: [contest 2011] Urban Papa | Juni 2011

Nama : Claudia “Dudut” Adrianto
Twitter account: @doetzkie
Email: [email protected]
Judul foto: Finding Nemo
Cerita foto:

http://i228.photobucket.com/albums/ee177/yoses_album/DA1_7298.jpg


>mari kita ramaikan forum Urban Papa … Towettt towetttt … Seruuu!!!<
Ini ketiga kalinya suami gw mengajak putra kami, Celesto, untuk berenang. Kebetulan saat itu sedang ke Klapa, Pecatu-Bali, jadi ada kesempatan untuk berenang bersama Celesto. Selain menjaga dan menggendong Celesto berenang, Otep menyempatkan diri untuk beristirahat sejenak di pinggir kolam (Enjoying the view). Pada saat itulah Otep menjelaskan pemandangan laut yang ada di hadapan kami. Apakah Celesto mengerti atau tidak, tidaklah begitu dipikirkan. Ngoceh aja terus. Hihihi. Sekalian persiapan nanti kalo mau nonton Finding Nemo, tinggal flashback kalo papanya sudah pernah ngajak ke pantai. Soalnya Si Nemo kan hidupnya di laut. Hehehe. Memang bener di bawahnya Klapa, langsung Pantai Dreamland. Intinya Celesto sudah mulai diperkenalkan dengan keindahan alam dan lingkungan sekitar. Kami anggap apa yang kami bagikan padanya adalah benih yang baik hingga suatu hari akan kami lihat hasilnya. Ini adalah cara kami (selalu) BELAJAR serta MENGAJAR; dan juga having fun bersama Celesto. And the question is, can you find Nemo, Celesto? :D

"a mother can touch a whole generation just by loving her own child well"

25

Topic: [contest 2011] Urban Papa | Juni 2011

Nama : Asti Kurniawan
Twitter account: @astoism
Email: [email protected]
Judul foto: A walk on the beach,just the two of us
Cerita foto:

http://farm4.static.flickr.com/3256/5865793348_e2d2eae6b4.jpg
IMG01505-20101204-0810 by asti kurniawan, on Flickr

Ini foto Raffa dan Papanya (Ivan) waktu pertama kali ke pantai,tentu saja karena baru pertama kalinya ke pantai,Raffa yang tadinya kita kira akan hepi sekali ternyata malah nangis ketakutan kalau menginjak pasir..saya terus terang agak kecewa karena berharap Raffa akan senang ceria,tapi Ivan yang sabar berusaha menuntun Raffa untuk perlahan-lahan belajar menaklukkan rasa takut,bahkan tetap mengajaknya bercanda supaya tidak tegang dan akhirnya walaupun hanya beberapa saat Raffa menikmati jalan di pantai :)

Ivan sebagai papa Raffa benar2 sosok papa yang baik sekali,selalu berpikiran positif,sabar,dan ga pernah sekalipun keluar emosi walaupun Raffa misalnya menguji kesabaran,itu sebabnya seringkali malah saya yang ditenangkan oleh dia kalau sudah terlanjut emosi,dia memang lebih tenang dalam menghadapai segala sesuatu,selain itu dia juga satu orang yang paling tahu bagaimana membuat Raffa bisa lepas dan tertawa terbahak2 tanpa henti,setiap Ivan pergi kerja Raffa pasti melepas dengan tangis tapi setiap pulang mendengar mobilnya saja Raffa lansung beranjak ke jendela dan senang sekali melihat papanya pulang,dan pasti lansung dipeluknya!ga perlu deh salam2 hehe dia kangen sekali rupanya dengan teman baiknya :)

Buat dia bersama keluarganya adalah hal terpenting,and i"m blessed to have him as the father of my son,Raffa

Specially written for our Funny and Loving Papa,Love you! ^^ -- Asti & Raffa