1

Topic: Bidan atau Dokter ?

to all moms..ak mom to be ni.baru 4minggu.bingung mau priksa ke dokter spesialis yg cewek di semarang.enakan mana sih,periksa n melahirkan sama dokter ato bidan?yg punya pengalaman tlg share ya plus minusnya...
thanks all

2

Topic: Bidan atau Dokter ?

hai Diyah, welcome yah :). klo aku kebetulan periksa ke dokter, melahirkan di bidan (soalnya melahirkan di kampung, klo akhir pekan dokter kandungannya cuma dateng klo darurat aja).

klo cm untuk periksa, ke dokter plusnya bisa puas konsultasi soal kehamilan. puas tanya-tanya. soalnya dokter lebih ngerti drpd bidan, wawasannya lebih luas dan alatnya biasanya lebih canggih. pernah periksa kehamilan ke bidan dan kurang puas waktu konsultasi, soalnya tiap nanya kayak dipotong gitu :). tp mungkin ini personal sih ya, kebetulan dapet bidan yg kurang enak ..

minusnya, agak mahal n susah cari dokter cewek. trus dokter cewek biasanya antriannya panjang.

karena selama periksa sampai minggu2 tua semuanya baik2 aja, yakin banget sama kondisi kehamilan. pas akhirnya bersalin tanpa dijagain dokter kandungan, juga gak khawatir karna tahu semuanya baik-baik aja n kondisinya memungkinkan banget untuk persalinan spontan, dan ditolong bidan udah cukup banget kok. kan bidannya juga gak sendiri tapi bertiga :P

plusnya persalinan ditolong bidan, murah banget. klo g salah gak smpe 500ribu deh untuk biaya persalinan (belum kamar dll)

less ego, more heart

3

Topic: Bidan atau Dokter ?

hi mom Diyah,congrat bwt kehamilanx y....
klo aq dlu awal2 hamil periksa ma dokter spesialis slx ga yakin bgt hamil setelah 5thn penantian, dapatx dkterx cowo jd agak risih dikit:) tp pas trimester 2 dan 3 aq rajin k puskesmas aja walaupun agak keselin ma bidanx yg kayakx pelit bgt ngomong,enakx kalo k puskesmas bisa pagi trs dkt ma tempat ngajar,jd selain irit bensin jg irit waktu :).waktu lahiranpun aq d bidan,alhamdulillah dpt bidan yg sabar bgt mw nungguin dari jam 7 pgi ampe jam 7 mlm sambil beri semangat,untungx lg dapat bidan pro IMD dan ASI.trs bener jg kata mom SIDTA lahiran d bidan lebih murah kemaren aq cmn 1jt(termasuk kamar dll),

4

Topic: Bidan atau Dokter ?

ini juga yang aku tanyain ke orang2 (aku juga lagi hamil)...

menurut narasumber (ibu2 yang uda brojol) tergantung dokter and bidannya juga.

kalo plusnya ama bidan biasanya mereka lebih sabar,,sabar dalam artian ga maen gunting and mutusin buat operasi (ya walopun mreka emang ga bisa operasi)... dan lagi murah..heheheeh
CMIIW

5

Topic: Bidan atau Dokter ?

Halo diyah *dadah2 kita sama2 di Semarang :P
idem sama mama2 diatas, tergantung ke dokter/bidannya masing2...Dulu aku di dokter, pernah ke bidan 1x tapi kurang sreg :P

kalau mencari dokter perempuan di threat dokter sepesialis kandungan di semarang ada list nya :)

Falling In Love with My baby ^^

@pnkmomma84
The Pinkypolka

6

Topic: Bidan atau Dokter ?

hi diyah,
Selamat bergabung ya...

gw 2x melahirkan dibantu bidan.
Yg pertama, memang pgn sama bidan, krn bidannya ini ibu mertuanya sahabat gw. kita panggilnya Nenek; sama kayak panggilan anak sahabatku ke beliau :)
Gw sempet 'ribet' gitu, hampir aja mau operasi. Tapi dokternya bilang, gw bisa melahirkan normal dibantu Nenek.
Entah krn gw yg udah kenal Nenek ato gimana, jadinya ngerasanya asyik aja, penuh kasih sayang gitu. Sabaaar banget bantuin gw melahirkan :)
belakangan gw baru tau, kalo si Nenek ini termasuk bidan most wanted di RSB situ, krn orgnya serius santai gitu :)

Yang kedua, gw rencana melahirkan dibantu dokter, di RSB yg sama. Karena si Nenek udah pensiun :'(
Tapi, krn dante udah keburu berojol, jadinya seadanya dibantu bidan yg lagi piket hari itu :)
Dan yg bikin asyik, bidannya ini instruktur senam hamil gw. Jadiii..gw sangat2 merasa nyaman & terbantu :)

2x melahirkan dibantu bidan yg 'kenal', jd selain ngirit jg nyaman :)

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

7

Topic: Bidan atau Dokter ?

Yang pertama karena mesti sectio jadi ditangani dokter, yang kedua karena ditinggal seminar di bali sama dsognya akhirnya partus dengan bidan. Jadi saya vbac dengan adik 3,2 kg sementara kakaknya hanya 3 kg (bayi kedua lebih gede ya buibu) hanya dengan BIDAN. Bidan, imo, lebih kaya pengalaman dalam hal memantau bukaan rahim dan lebih sabar ya...oya yang kedua merasa aman hendak vbac tanpa dokter karena didampingi mil yang pensiunan bidan :)..

hari ini adalah hari baik

8

Topic: Bidan atau Dokter ?

kalau saya pribadi lebih suka dengan dokter ya...maaf no offense..cuma lebih sreg aja gitu dyah..saya ngelahirin c-sect karna pembukaan ga jalan..so emang musti pake dokter..:)

Now I am a mother of two...Jose and Ramona..

9

Topic: Bidan atau Dokter ?

hoiiiiiiii Diyah...welcome..welcome...:D
selamat ya sama ney aku juga lagi bingung mau lairan di bidan apa dokter. selama ini sih sampek 32w aku selalu di dokter cewek,sempat juga sih waktu pulang ke kampung di dokter cowok, kagak enak, risih banget, ya meskipun dokternya dah tua n jam terbangnya dah banyak banget.
klo plusnya bidan kata ibu n mertuaku sama kayak choco, bidan lebih sabar,murah n gak terlalu menyarankan untuk c-sect atau rekom ke dokter kalo ndak bener-bener gawat banget keadaannya, dan lagi kebetulan adik iparku calon bidan, jadi dia rekom banget aku ke bidan.
klo plusnya dokter, aku bisa liatin si mungil tiap bulan hehe..
mungkin saat ini aku lebih milih brojol di bidan, soalnya bidannya itu ibu temenku, jadi bisa lebih murah n sabar lagi dari pasien yang lain,hehe selain itu juga aku ngerasa lebih nyaman kalo yang ngebantu aku brojolin si mungil sesama kaum hawa, lebih comfort aja (kan dah kenal)

:D Dhias's wife 'n Asyam's mom :D
YM: coshi mickley

10

Topic: Bidan atau Dokter ?

Aku anak yang pertama pakai dokter. Alasannya krn biaya melahirkan ditanggung kantor, jd ya memanfaatkan fasilitas sajah, toh selama kerja gajiku juga dipotong buat asuransi kesehatan. Sayang kalau tidak dimanfaatkan.

Anak yang ke-2 ini aku sudah berstatus SAHM, tp insyaAllah mau pakai jasa dokter juga. Krn alasan safety saja, krn kmrn waktu USG anakku ternyata terlilit tali pusat. Biarpun mnrt dokter aku masih punya kesempatan melahirkan normal, tp buat jaga2 saja kalau2 nanti ternyata perlu tindakan sectio krn alasan ini. Tp mudah2an sih bisa normal delivery, biar bisa cpt sembuh dan pulih, krn si kakak masih 3 thn, masih butuh juga perhatian dr mamanya.

11

Topic: Bidan atau Dokter ?

jd nyari ke thread ini setelah choco bilang :)

dari bulan pertama ceknya ke dokter, itupun dokternya ganti2 sampe bulan ke7 soalnya ga ada yg sreg..giliran ada yg sreg masak aku aja yg masuk si mas-nya suruh tunggu di luar, ngambeklah doi hehehe

setelah ga sreg2 sama dokter, kita nyoba di bidan dan aku sreg alhamdulillah dapet bidannya ramah dan informatif...tp karena posisi bayinya masih melintang jdnya smp sekarang msh periksa di dokter dan bidan...pinginnya sih lahiran normal di bidan.amiin amiin amin :D

12

Topic: Bidan atau Dokter ?

rikandun,,iya sama,,aku juga tadiny gonta ganti dokter...IMO cek ke dokter penting banget walopun mau lahiran di bidan,,soalnya kalo cek bidan bisanya ngeraba doank sama cek detak jantung,,kalo ada kelainan (misal placenta pervia) bidan ga bisa liat.

13

Topic: Bidan atau Dokter ?

ikutan share mom,

aku periksa rutin ke dokter kandungan.. kl lahiran di bidan, coz kondisi janin posisinya bagus, aku sendiri jg gk ada keluhan(kelainan) yang berarti selama masa kehamilan ..

jadi aku n suami memutuskan di bidan aja tp tetep yang udah senior dan atas rekomendasi dari DSog-ku.. kl bidan katanya temenku sih lebih telaten dibanding dokter yang kl udah susah dikit , udah harus C-section, selain itu biayanya jg agak murah kl di bidan..

tp itu kembali lagi tergantung kondisi ibu dan janin..

being a mother is wonderful..
http://anathakamil.wordpress.com

14

Topic: Bidan atau Dokter ?

rikandun semoga bisa lahiran normal :D

aku dari awal periksa sama dokter sih, mirip ama rikandun. sempet ganti dokter sampe 4 kali, hingga nemu yang sreg dengan dokter ke-4 ini. waktu hamil sih niat mau periksa ke bidan, cuman karena memanfaatkan fasilitas kantor jadi lebih memilih ke dokter, untuk dapet penggantian :D

lahiran pun dengan dokter, karena merasa cocok ama si dokter. dsa ku orangnya sangat kooperatif dan sangat membantu. yang bikin kita semangat waktu itu, si dokter sangat encourage kita untuk bisa lahiran normal. pas kontrol terakhir baru diinfo kalau baby L dulu ada kelilit tali pusar, tapi tetep kasih semangat untuk bisa normal. walaupun dia info, jika memang diharuskan sc, yakin bahwa itu yang terbaik untuk ibu dan anak. saat proses melahirkannya, aku dibikin rileks. malah sempet diajak bercanda, ketawa-ketiwi bareng (ampe sekarang lupa waktu itu ngomongin apa :p)

Happy being iyu for our lycka and for my ilud

15

Topic: Bidan atau Dokter ?

choco, evi pane agree with both of you :)

lycka terimaakasiih doanyaa, jd smangat niih hehehe

16

Topic: Bidan atau Dokter ?

hai diyah...

kalo gw 2x melahirkan di bidan delima.
bidan delima itu bidan yg udah ketauan bagus reputasinya dari pemerintah. gak semua bidan bisa jadi bidan delima loh, ada kriteria khususnya..biasanya bisa dilihat di plang bidannya, ada tulisan bidan delima/gak.

pertimbangan knp pilih bidan adalah karena bidan lebih sabar, trus prakteknya di rumah jadi ada terus buat nemenin kita. gak kayak dokter yg pd beberapa kasus melahirkan temenku malah baru dateng pas pembukaan 10 or mlh gak dateng sama sekali karena sibuknya.
tapiiii...semua tergantung kita ya, lebih sreg dimana.
pas hamil gw juga suka cek usg ke dokter kok karena alat2nya kan lebih canggih :)

17

Topic: Bidan atau Dokter ?

di bandung, dari pertama hamil aku langsung ke obgyn.. baek banget dan peralatannya canggih..
pas ke sukabumi pernah sekali obgyn disini ditemenin sama bidan, udah berumur gitu, baeeeek banget dan keibuan.. mungkin bedanya gitu ya? hihihi.. obgyn2 itu pada muda dan to the point.. kalo bidan lebih hangat dan keibuan...

kalo ga salah nanti juga di RS pas mau lahiran, sambil nungguin dokter dateng biasanya ditungguin dulu sama bidan..

love. misskimos. baby

18

Topic: Bidan atau Dokter ?

Kemaren di RSPI, selama hamil ya kontrol sama ob-gyn. Pas observasi, sama bidan jaga, tapi ob-gynnya dateng terus kok.

Kalo normal itu kayanya di RSPI, gabungan ob-gyn kita sama dibantu oleh bidan, tapi karena kemaren gue c-sect, ya ob-gyn :)

19

Topic: Bidan atau Dokter ?

dulu waktu melahirkan, cek kehamilan dan melahirkan dibantu sama obgyn. Tapi didampingi bidan, karena bidan itu sabar dan mijetin kita pas mau melahirkan, kalau dokter cuma datang-ngeden-bayi keluar-jahit-beres.

makanya melahirkan anak kedua mau sama bidan aja.. pengalaman kemarin melahirkan paling sakit waktu nunggu dokternya datang.

20

Topic: Bidan atau Dokter ?

mau nambahin plus-nya melahirkan di bidan ah. kan kadang prakteknya gak di tempat yg lengkap bgt fasilitasnya. malah ada yg di rumah. gak ada itu namanya ruang bayi, jadi otomatis rooming-in deh. mendukung banget buat yg mau ASIX karna bayi seharian dan semalaman sm kita. paling diambil klo mau dimandiin aja.

klo di daerah, melahirkan di bidan gak perlu antri. waktu tanteku mau SC dulu, di waktu yg berdekatan obgyn-nya nanganin 7 pasien loh. klo bidan kan banyak.

periksa hamil di obgyn klo di daerah, antriannya juga maknyuss bgt

less ego, more heart

21

Topic: Bidan atau Dokter ?

pengalamanku anak pertama (eh, emang baru satu ding :p) periksa di dokter sejak bulan pertama. tapi mendekati HPL, aku sempat periksa di bidan dekat rumah, karena kalo ke dokter agak males ngantrinya. kalo mendekati HPL disarankan untuk sering periksa, minimal seminggu sekali. pas melahirkan di rumah sakit (normal) dibantu bidan sama dokter.

22

Topic: Bidan atau Dokter ?

sama sperti beberapa mamas di atas, anak pertama sejak awal ke dokter untuk periksa karena lebih lengkap fasilitas dan syukurnya dapat dokter cewek yang ramah plus sabar banget ama pertanyaan2 kita.
karna rekomen dokternya aku bisa normal dan gak ada masalah, plus udah minta rujukan ke RSB dekat rumah, ternyta pas aku lagi bukaan 1 nyampe itu RSB, dokternya cowok plus ruang bersalinnya gak representatif (maaf, aku dapat tempat bersalinnya masak dekat pintu keluar gitu jadi risih kan kelihatan orang)
akhirnya pindah RSB walau agak jauh tapi, dan pas ditanya mo dibantu bidan apa dokter aku jawab bidan aja, alhamdulillah dapat yang sabar dan suka bercanda. jadi emang bener, tergantung keadaan kehamilan kita deh mo pilih dokter apa bidan, plus aku banyak dengar nih ya, klo bidan selain lebih sabar dan jam terbang tinggi, mereka paling pro ASI jadi pasti dr awal yang sabar tuh ngelatih si ibu untuk ngasih ASI (pendapat beberapa tmn juga nih)

I am a wife, a mother and a teacher...
Teach and learn how to love and care each other...

23

Topic: Bidan atau Dokter ?

2x aku lahiran di bidan sih. Tapi aku biasa ANC nya ke dokter dan bidan. Jadi sebulan 2x gt. Personally aku prefer lahiran di bidan, karena lebih sabar dan feel home aja karena kliniknya rumahan. Tapi tetap kontrol k dsog untuk jaga2 just in special case aja. Yang ke 3 ini aku juga rencana lahiran di bidan. Tapi aku mungkin pake bidan di puskes dekat rumah. Karena puskes nya dah ok. Bidan nya juga dah pada kenal.

24

Topic: Bidan atau Dokter ?

ikut sharing ya..

pertama hamil kemaren full ke dokter aja periksanya.
pas masuk trisemester 3 aku udah mulai tanya2 ke dokterku ttg posisi bayinya,trus kira2 bisa normal apa enggak?dijawabnya bisa aja bu...dibawa banyak jalan ya...ya gw yakin benerlah klo ntr bisa normal..

pas udh seminggu menjelang hpl udah harap2 cemas krn gak ada rasa apa2 smpe usia 39w 4hr..karena penasaran disuruh mertuaku periksa ke sodara yg pensiunan bidan untuk sharing n dipegang2 si bayi udah turun apa belum..ternyata oh ternyata bayiku masih di atas aja gak turun kepanggul trus disaranin langsung operasi aja krn gak bakal kontraksi n turun lagi posisinya soalnya kepala bayi udh lebih besar dari liang turun ke panggulnya..

singkat cerita akhirnya csect,alhamdulillah bayiku normal dan sehat..

setelah lahiran diskusi sama suami ttg posisi bayi yg gak turun,dia kesel juga kok dokter gak dari dulu2 kasih warning ke kita klo posisi bayi belum turun,jadi kita siap klo mo csect..

pas curhat sana sini sama yg lebih senior akhirnya diambil kesimpulan klo dikasih rejeki utk hamil yang berikutnya kita mo combine dokter n bidan terutama mulai masuk 5-6bulan..mungkin kalo ke bidan bisa lebih dipegang2 n dikasih saran lebih banyak ya soalnya dia kan juga pernah ngalamin hamil n melahirkan sedangkan dokter kandungan yang cowok tentunya gak akan sedetail bidan apalagi masalah2 'ke-perempuan-an'nya :)
pengennya si untuk anak kedua vbac klo memungkinkan.. :D

"mom of two"
#rasyaabhinaya
#brianaryasatya

25

Topic: Bidan atau Dokter ?

@nanad : wah bisa gt yah. Biasanya padahal bidan yang lebih suka maksa untuk lahiran normal apapun.