1

Topic: Bangkit dari Debt Trap

boleh buka topik ini ya ... kayanya belum ada deh ...

Dear mamas,

adakah yang pernah kena debt trap ? baik KTA, credit card, rentenir, kebanyakan utang sampe g bs dipilah dll.

mertua kena nih,
udah pernah sharing kn soal beliau yang sempet kena musibah trus usaha dagangnya hancur. waktu itu kita udah habis-habisan banget, tapi ternyata jumlah kerusakannya jauuh lebih besar dr itu karena tanpa sepengetahuan siapapun, mertua ternyata kena jebakan lintah darat. dan karena baru ketahuan akhir-akhir ini jumlah utangnya jadi udah membengkak banget.
terus terang ini nih yang bikin keuangan jadi seret banget. karena g pernah bisa diduga kapan beliau akan minta uang ke kita n jumlahnya berapa. kayanya nyisihin uang berapa pun selalu sia-sia :(
apalagi skrg kita juga nanggung 2 adik kn, yg 1 kuliah n satunya lagi SMA. sampe belum sempet nyisihin dana untuk invest pendidikan Asa kelak.

karena g ada solusi lain, akhirnya kemarin kita sepakat jual aset (tanah). tapi gak mau kecolongan lagi, jadinya mau diawasi betul mekanisme pelunasan hutangnya.
yg kemarin terpikir :
1. mendata utangnya berapa n ke siapa aja
2. lunasi dulu yg bunganya paling mencekik
3. negosiasi jumlah yg harus dibayar, tapi agak susah kayanya ya, lintah darat soalnya. trus baru tau klo ternyata di indonesia, hukum lebih memihak si pemberi hutang ya ? :(

ada yg mw share soal debt trap ini ?

less ego, more heart

2

Topic: Bangkit dari Debt Trap

sidta gue mau share yaaa... ehem *sisingkan lengan baju*

kalo di gue kejadiannya adalah debt trap karena credit card. nah buat yang tau gue sekarang dan gimana gue handle financial planning keluarga gue, pasti bingung kok gue ternyata pernah kena debt trap? credit card pulak? padahal gue termasuk an frequent users of credit card sampe sekarang.

tapi justru kejadian ini yang bikin gue jadi melek sama financial planning, belajar instrument financial, etc.

kejadiannya waktu gue masih baru masuk kuliah. jadi masih IJO deh heheh.. berhubung lulus sma gue langsung ke luar negeri (sendirian, gak dianter pulak) jadi gue bener2 learn everything the hard way. salah satunya waktu itu di US selalu offer credit card buat anak2 sekolah. dikasih keringanan selama dia sekolah di university tsb dan dapet limit cukup lah.. gak gede sebenernya hanya $500. in a way sebenernya ini bagus, krn gue jadi bisa belajar untuk build up my credit rating (di US, setiap orang punya credit rating, jadi kita mesti ati2 sama utang kalo gak mau susah nanti2nya). tapi karena gue belom ngerti cara kerja credit card, ya udah gue belanja, bayar hanya minimum amount. namanya juga baru punya credit card, tinggal sendiri dan jauh dari orang tua ya.. jadi bablas.

to cut the story short, akhirnya gue berhutang sampe $6K dari beberapa kartu kredit. ini setelah beberapa tahun. ironically, karena gue dulu belajarnya finance, akhirnya gue sadar kalo ada yang salah dengan financial management gue, especially utang2 credit card ini. akhirnya gue cari2 info dan menemukan kalo gue melakukan balance transfer ke satu credit card, gue akan dapet 0% interest sampe utangnya lunas. jadilah gue transfer semua kesitu, dan tiap bulan gue sisihkan duit untuk bayar. kalo misalnya minimumnya gue mesti bayar $100, gue bayar $150, biar cepet lunas. trus gue disiplin, ga boleh telat bayar, dan gak belanja2 pake kartu tsb juga ga boleh utang pake kartu lain. krn begitu ada bad record, perjanjian 0% itu ilang.

kebetulan gue juga udah mulai kerja, jadi alhamdulillah, akhirnya lunas deh utang2 itu. banggaa banget krn bisa melunasi utang2 sendiri dan dari duit sendiri... dan setelah itu gue jadi ngerti banget ttg cara kerja credit card dan learn the hard way about financial planning.. yang akhirnya jadi asal usul gue bisa melakukan plan yang sama untuk diri gue dan akhirnya keluarga.

berhubungan dengan masalah mertua dirimu, waaahh kasian banget yaa!! tapi semangat, pasti ada cara. emang awalnya bakal susah tapi mesti dilakukan secepatnya. pendataan itu udah paling tepat. trus kalo emang ngutangnya ke lintah darat dengan interest yang gede, mungkin kan kalo dirimu membantu dengan meminjam personal loan? harusnya kalo ke bank interest ratenya mungkin agak lebih kecil? yang penting merubah utang yang tadinya mungkin "illegal" jadi legal, dan bisa dilakukan dengan terms yang memungkinkan. kira2 bisa gak, sit?

mudah2an cepet selesai ya.. good luck ya sita!

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

3

Topic: Bangkit dari Debt Trap

sLesTa, eh iya takjub kok bs seorang sLesTa terbelit credit card :D, tapi namanya juga baru belajar ya. aku jg nih. baru pernah pake sekali n lunas bulan depan. noted; g boleh telat bayar ...

tentang personal loan; hmm ... dulu pas awal nikah, dgn ilmu cetek anak DIII yg baru pernah dapet pengelolaan utang (pemerintah), ini yg aku saranin ke suami. waktu itu kita ambil ke koperasi kantor. lumayan soalnya dapet SHU+keuntungan2 lain. dan itu sampe skrg belum lunas ... *mewek di pojokan*
hutangnya gede banget sih ...

merubah yg ilegal jd legal, mungkin sepertinya ya, tapi mesti gimana prosesnya .. ini nih yg belum kebayang. alot di negosiasi sepertinya. pake otot :D

semoga setelah ini jd sepertimu mbak, learn the hard way about financial planning ...

less ego, more heart

4

Topic: Bangkit dari Debt Trap

Sidta
Waktu baca cerita diatas, langsung inget tentang nenek yang dulu punya usaha katering lumayan sukses. Tapi tanpa sepengetahuan anak2nya, punya utang dimana2 dan gak jelas juga utang itu untuk apa..

Saran: pastikan bahwa mertua gak akan berhutang lagi
Kejadian di keluarga besarku, nenek tinggal di kota berbeda dengan anak2nya. Hanya satu anaknya yg tinggal sekota dengan nenek.

Untuk menutup utangnya nenek, rumah beserta aset2nya dijual, dan masih ada sisa utang yang ditanggung bersama oleh anak2nya..
Dan ternyata tanpa sepengetahuan anak2nya, nenek itu berutang lagi ke lintah darat (duhhh!) dan gak jelas juga uangnya untuk apa. Mungkin untuk gali lubang tutup lubang (utang yang belum ketauan ama anak2nya)

apalagi skrg kita juga nanggung 2 adik kn, yg 1 kuliah n satunya lagi SMA. sampe belum sempet nyisihin dana untuk invest pendidikan Asa kelak
wrote:

Yang Di Atas pasti akan membalas kebaikanmu kelas Sidta :D amiiiin

Btw, i have no credit card dan tampaknya mencoba untuk tidak tergiur apply *wish me luck*
Tinggal di Jogja belum butuh CC, heheheh

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu

5

Topic: Bangkit dari Debt Trap

Mau sharing aja, dulu keluargaku pernah didatangi debt collector, karena om dan tanteku punya utang. Ada yang utang sama semacam lintah darat, ada juga yang utang credit card, bahkan utang uang sekolah. Kasihan sama kakek-nenekku yang kerap didatangi oleh para penagih utang. Akhirnya utang itu ditalangi oleh mamaku, tapi kayaknya mereka gak kapok-kapoknya berutang. Kejadiannya berulang kali, dari aku masih belum terlalu ngerti, sampai aku akhirnya diajak curhat sama mamaku.
Kayaknya langkah2mu udah oke, Sita... harus didata utang2 yang ada... negosiasi sama penagih utangnya... soalnya setahuku, mereka sebenarnya mau diajak negosiasi, cuma seringnya orang yang punya utang tidak mau menemui mereka, dan ini yang bikin mereka marah...
Mungkin satu hal lagi yang perlu dilakukan adalah bersikap terbuka sama mertua tentang kondisi keuangan kalian sendiri, sehingga gak selalu dianggap kalian pasti bisa menalangi. Kalau memungkinkan, utang itu dibayarkan langsung ke pemberi utang.
Semoga cepat selesai ya masalahnya... peluk....

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

6

Topic: Bangkit dari Debt Trap

Sidta..*hug, sabar ya..smg Allah memberi kemurahan rizki*
Problem kita hampir sama nih, cuma bedanya di aku, bom waktunya belum meledak. Takut banget bapakku punya hutang di luar sepengetahuan kami :). Tapi kalau selama ini kutanya, bilangnya sih ga punya hutang. Berharap smg saja itu benar.

Ttg yang no 3 itu, Aku sampai pernah tanya ke Omku, yang kebetulan seorang hakim. Menurut Omku, kalau menurut hukum di Indonesia, ahli waris tidak berkewajiban membayarkan hutang orang tuanya, terutama jika ortu mereka itu berhutangnya ke Bank?..Eh, aku yg salah dengar/salah mengerti ga ya? CMIIW ya. Tapi waktu itu aku sampai 2x nanya ke Omku dan Beliau tetep jawab dengan jawaban yang sama.

sLesTa..alhamdulillah akhirnya bisa selesai ya, malah jadi bisa banyak belajar dari situ. Kalau aku dl pernah punya CC krn tergiur hadiah bonekanya *aih noraknya aku*. Ada uang adminnya, 10 rb kalau ga salah. Krn keseringan lembur di kantor dan emang orangnya pelupa, eh akhirnya uang adminnya bunga berbunga jadi 200an ribu. Habis itu ga berani lagi pake CC.

aQeeLa..ternyata cerita begini banyak ya. Maksudku berhutang tanpa sepengetahuan keluarganya. Waktu salah seorang dari keluarga besar kami meninggal, kami sekeluarga besar shock banget krn hutangnya gede banget. Sampai semua iuran buat nutup hutangnya krn gaji istrinya tinggal 125 ribu sebulan.

7

Topic: Bangkit dari Debt Trap

aqeela, indriani kalo gue justru credit card itu bukanlah benda yang mesti dimusuhi. walopun pernah punya pengalaman buruk tapi krn gue jadi tau mesti kayak gimana ama credit card, jadi gue sekarang malah menggunakan itu to my advantage. dan so far gue malah senang bisa pake credit card aja untuk segala macam transaksi. ya kebetulan emang gue tinggal di negara yang bisa cashless. karena gue emang males bawa2 cash.

kalo di jakarta aja masih rada susah sih begini, apalagi di yogya ya?

indriani hmm.. interesting.. kalo ke bank, ahli waris ga perlu bayar utangnya? masak sih? tapi emang mungkin aja sih, tapi kayaknya tetep ada yang mesti dibayarin deh. *mau cek ah*

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

8

Topic: Bangkit dari Debt Trap

sLesTa..mungkin caranya dengan bank langsung menyita aset si penghutang. Kalau sudah tahu jawabannya kabar-kabari ya :)

9

Topic: Bangkit dari Debt Trap

gabriella wrote:
Mungkin satu hal lagi yang perlu dilakukan adalah bersikap terbuka sama mertua tentang kondisi keuangan kalian sendiri, sehingga gak selalu dianggap kalian pasti bisa menalangi.


Sidta
setuju banget sama gabriella, bersikap terbuka tentang kondisi keuangan kalian hal yang perlu dilakukan agar gak selalu dianggap bisa menalangi

I feel you Sidta, sharing ya....saya juga pernah merasakan hal yang sama, cuman bedanya yang punya hutang adalah Ibu saya sendiri, kok kayaknya ngak kelar2 hutangnya selama bertahun2, cuman pas saya nanya hutangnya kepada siapa saja, Ibu saya malah marah, seolah2 saya yang pelit banget tidak mau membantu Ibu saya (ayah saya sudah meninggal), disisi lain juga saya punya adik yang saya biayai sekolahnya dari mulai SMA s/d Sarjana, kuliah di Universitas Swasta pula, bisa kebayang setiap bulan yang harus saya sisihkan untuk adik saya tsb untuk uang kost, makan, biaya kuliah, etc ditambah lagi setiap bulan harus mengirim Ibu saya (ada saja keperluan yang berbeda setiap bulannya)..huh...menarik nafas

Nah, pas lahiran Rayhan kan caesar, sedangkan kantor tidak menanggung biaya caesar, jadi hanya 20% yang ditanggung sama kantor, seminggu kemudian Rayhan juga kuning sehingga harus dirawat di RS, Ibu saya yang waktu itu datang ke sini untuk menjenguk saya melahirkan...melihat sendiri bagaimana kita susah payah mengumpulkan uang untuk membayar biaya perawatan Rayhan di RS karena uang tabungan yang ada telah dipakai untuk caesar, sejak itu Ibu saya jadi lumayan pengertian dan tau kalo selama ini jika setiap kali dia menelpon minta uang, kalo kita tidak berikan berarti memang kita sedang tidak punya uang...sorry kalo jadinya curcol..

Tapi pointnya adalah memang penting mertuanya Sidta tau kondisi keuangannya keluarga Sidta..seperti Ibu saya tsb....sorry kalo tidak banyak bantu..kalo kasusnya dengan Lintah Darat, cuman setau saya kalo kasusnya trapped dengan Kartu Kredit, kita bisa ke bagian collection nya dan memberitahukan kalo kita tidak mampu membayar, sehingga bisa dikasi keringanan untuk membayar berapa persen dari total hutang tsb atau mencicilnya, jadi kita bisa nego dengan banknya.

Sabar ya Sidta, smoga masalah ini bisa dicari jalan keluar terbaiknya :)

Mom Putri n Rayhan

10

Topic: Bangkit dari Debt Trap

Slesta, kalo pengalamanku CC mamaku gak perlu dibayar karena memang ada premi asji tambahan yang dibayarkan tiap bulan... tapi ini kayaknya optional ya, gak wajib.
Tapi waktu kpr ke bank kayaknya ada pasal itu deh, kalo yang berutang meninggal dunia, otomatis lunas... mungkin memang ada asji yang ditempelin ke kredit itu kali ya...

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

11

Topic: Bangkit dari Debt Trap

waa banyak yg reply. padahal maju mundur nih mw bikin thread. tapi karna sering liat sendiri banyakk bgt yg kejebak (siapa sih yg g punya utang ?) akhirnya diberani2in. udah terlanjur bikin juga .. hihi

Aqeela, sipp. akan dipastikan sepasti-pastinya klo g ada penambahan hutang lagi. kasian juga soalnya. mertua berhutang karena waktu itu stroke, jd bener2 terpaksa karna g mw ngerepotin. skrg udah lumayan pulih sih.
aku CC dikasih bank padahal gak apply >< . sekalinya dipake kemarin karna ada promo cash back+bunga 0% kalo beli HP. dan emang lagi butuh HP ...

mb Ella, pernah ngalami juga y tryt .. seneng deh bs sharing. Iya, pengennya bisa terbuka, dan emang udah terbuka. tapi mentok mungkin mereka g tw mw curhat ke siapa lagi ...
rencana udah bagus ya ? ok tinggal pelaksanaan (yg justru berat :D)

mb Indri, klo ke bank, tidak perlu dibayar kan karena ada agunan/asji yg nempel ke kreditnya bukan ? setauku memang klo kredit ke bank, apalagi skim UKM/KUMK gt memang dia bs dinego pembayarannya .. karena kn tujuan kreditnya memang untuk membantu pengusaha kecil n dananya dari pemerintah (dulu lap PKL ambilnya penyaluran KUMK :P )
klo KPR, ada asuransi jiwanya memang. tapi klo ambilnya join income sm suami, ada persentasenya sendiri. kalo salah satu meninggal yg lunas ya sesuai persentase itu g semua. ada asuransi kebakaran juga ..

mo lanjut, tapi kayanya akan panjang. setengah jam lagi deh yaa .. boleh ?? :)
*kabur

less ego, more heart

12

Topic: Bangkit dari Debt Trap

hai mba sidta. 'lam kenal. wah so sorry to hear ur story.

bdw, mo nanya kalo ngambil KTA di bank ato utang sama rentenir itu biasanya pake agreement gag siy? ada klausul yg bilang status utang saat penghutang punya handicap gituh gag? aku juga pingin belajar niy soal ginian. bukan mo ngutang siy tapi kali ajah bisa inform untuk orang lain

sama niy, dulu alm. kakekku juga ternyata punya hutang gag bilang2 sama keluarga. tapi untungnya sekarang udah lunas sama anak-anaknya.

btw, tengkyu ni mba dibuka threadnya. bisa jadi pembelajaran buwat semua. pantengin terus ah threadnya :)

Desperately want to be 'Emak Asik' for her children
Suka nyampah di @ http://meettheprabandono.blogspot.com

13

Topic: Bangkit dari Debt Trap

Sidta,
baru tau ceritanya, huhuhu.. sabar ya..
semoga ada pencerahan dan urusannya lekas beres & dipermudah.

Sama kayak slesta,
gw juga gak memusuhi CC, hanya penggunaannya yg diakalin.
jadi memang hanya pake 'keuntungannya'.
gw juga tetep seneng belanja pake CC, tapi berusaha untuk nyari smarter way-nya.
kayak pake kartu mandiri untuk belanja di hypermart, kartu citi untuk belanja di giant & isi bensin, bca card untuk makan di resto or ngopi di starbuck, dll. lumayan banget, malah kadang belanja gratisan krn redeem points.

pendataannya udah bener tuh sita,
beresin aja satu2, dan harus tegas & disiplin.
ngobrol baik2 sama pemberi utang, krn dengan datang dan memperjelas maksud u/ mencicil/minta keringananpun udah menunjukkan itikad baik.

dan kalo memungkinkan, ambil personal loan ke bank untuk menutup utang ke lintah darat tsb. bagaimanapun, imo, lebih baik ngutang ke bank/koperasi daripada hrs ngutang sama lintah darat. kalo sama bank/koperasi, urusan hukumnya jelas, sedangkan kalo sama lintah darat itu urusannya bakal panjang.

diskusikan dengan suami & mertua, dengan begitu mertua & sidta-suamipun masing2 punya prioritas dan tanggung jawab thd utang tersebut.
sebagai anak memang berkewajiban untuk take care orang tua kan, tapi dengan porsi yg layak dan gak sampe bikin kehidupan keluarga jadi susah.
bisa juga sih seperti ini: untuk kebutuhan sidta pribadi & rumah tangga, krn sidta berpenghasilan, sebagian besar dari sidta. sedangkan untuk urusan utang & anak2, pake penghasilan suami. it sounds fair, imo.dan setelah beres urursan sama lintah darat, tinggal beresin urusan sama bank. dan jangan lupa untuk pake credit shield, jadi kalo misalnya kita meninggal, utangnya lunas, so kita ga ga ninggalin utang ke anak2 atau keluarga yg ditinggalkan.


well sidta, gw rasa kerja keras & keikhlasan kita bakal diganti dengan sesuatu yg lebih besar. percaya deh.
semangat ya..
big hugs for u!

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

14

Topic: Bangkit dari Debt Trap

wah sidta...*hug*

kebetulan yg gw juga pernah ngalamin ini, eh nyokap gw maksudnya....
nyokap gw bergaul sama orang (lintah darat) yg salah, yg sering hura2 gk jelas.awalnya sih manis dengan bilang "saya bayarin dulu deh, gampang nanti dicicil", tp bayarnya so pasti lebih besar. itu berlangsung cukup lama juga, smp akhirnya ibuku gali lobang tutup lobang tuk bayarin hutang n tetep gk ketutup..akhirnya setelah utangnya membengkak cukup parah smp 100 jt lebih (include bunganya) akhirnya ibu cuma bisa nangis n cerita ke bapakku..
so pasti bapakku shock n ngamuuukkk....(n ini berlangsung smp utang lunas)
ibuku utang sm 3 rentenir (semua tetangga), rentenir 1 akhirnya mau dibayar modalnya aja n sedikit uang lebih (waktu itu sekitar 25 jt), rentenir 2 kita bayar cicil, dengan ibuku jualan nasi warteg kira2 3 thnan (berenti krn aku punya anak, jd ibuku beralih dr pengusaha ke pengasuh :P ).
nah rentenir 3, yg paling bikin stress, jd kita nego, krn bukti2 yg gk jelas n perhitungan utang yg gk masuk akal, so kita nego kita balikin modalnya aj sekitar 15 juta-an..tp dia gk mau n marah2 smp2 mengeluarkan hinaan-hinaan n bawa pengacara plus polisi, tp waktu itu kita nekad ngelawan (krn dah gk punya uang, aku msh kul n gk dpt kerjaan, adeku msh SMA), ikut lapor polisi dll deh..smp akhirnya kita lolos n gak bayar SamSek ke rentenir itu :) (krn dia capek ngurus bolak-balik tapi gk mempan..hahahaha)

tp selama prose 3 taun itu, byk tangis, haru, marah dll deh yg bikin kita tambah kuat as family..oh iya ibuku juga dihukum keluar rumah ma bapakku :P, ibuku boleh keluar cm atas ijin bapakku itu juga paling jauh 200 m :D

so sidta, semua pasti ada hikmahnya yg penting kamu se keluarga kuat, n jgn takut sama mereka, biasanya mereka cuma jago ngomong n nekad (walau takut juga sih), sabar jgn cepet emosi ya...*peluuukkk

bunda hanif.....

15

Topic: Bangkit dari Debt Trap

Ah iya ini nih, masalah dgn renternir, saya sudah melihat banyaaak banget entah tetangga atau saudara jauh yang kebelit hutang+bunga beranak pinak. Rumah yang kami miliki sekarang pun dilepas pemiliknya karena bakal disita sama rentenir -dengan harga hanya 1/4 pasaran karenanya pemilik dahulu bersyukur banget rumah itu kami miliki, ...dan kejadian seperti itu banyak ditemui di masyarakat. Homeless deh akhirnya padahal usia sudah merayap senja. Karena banyak menyaksikan hal seperti ini sebisa mungkin saya menghindari hutang. Alhamdulillah seperti aqeela, bahkan kredit card pun saya tidak punya...konskuensinya ya kalau nggak ada uang ya nabung dulu buat memilik barang. Hahah jadul ya tapi begitulah. Semoga bisa terus begitu. Ahaha curcol ya sidta, ya gimana lagi para mama bener sih memperlakukan hutang:data dan lunasi asap karena hutang di rentenir itu beranak cucu bahkan cicit. Semoga sabar dgn cobaannya, dan semoga cepat bisa
menabung buat family kecilnya.

hari ini adalah hari baik

16

Topic: Bangkit dari Debt Trap

all .. cukup ya peluk-peluknya .. tar ada yg cemburu tuh dirumah :P
capek juga pelukan terus ..mari kita melakukan yg lain .. *hush
aku gpp kok. makany bikin thread ini, pengen belajar bareng gimana carany biar g kena debt trap.

Julidar, berat juga ya .. menilik dari ceritanya. tapi udah lebih baik kn kondisinya ? iya, karena udah mentok g bs bantu dgn materi, pengennya bantu dgn otak aja. soalnya kan kalo kita mikirnya bs lebih rasional.

Indah Prabandono, kalo KTA (kretap ?) di bank ada agreementnya mbak. tp klo rentenir seringnya nggak ada hitam diatas putihnya, justru itu jd susah karena g jelas jumlah utangnya sebenernya berapa. tapi sekarang sedih juga cos di desa2 gitu rentenir keren2 bgt kedoknya koperasi .. :( sedih banget kalo liat para petani itu kena debt trap n dibodohi habis2an. udah skrg panen gagal semua kn ...

kaka Eka, sudah ambil kredit di bank kakak .. :D tapi jumlahnya g cukup. that's why kita jual aset. jadi sebenernya uangnya udah ada, tapi jumlahnya g imbang sm hutangnya. karena itu mesti pinter2 nglunasinnya ..

siti, iya ..s elalu ada hikmah ya ... yg jelas makin kerasa jd sebuah keluarga :) .
btw beneran ya mesti silat lidah. bisa dilaporin ke polisi juga kah ??
gemess .. dikampung itu satu gang gitu lho yg kena debt trap. aparatnya pada kemana ya ..
termasuk pengasuhnya Asa jg kena. kasian bgt padahal dy utang untuk pengobatan anaknya, yg akhirnya meninggal.

namila, betul mbak .. banyak banget kejadian. gemes deh .. :(
di kampung itu petani-petani tergerogoti utang sebenernya ...

less ego, more heart

17

Topic: Bangkit dari Debt Trap

Sharing sedikit.
Tau kan kalau kita apply credit card kita akan mendapat 2 kartu, yaitu Visa dan Master, nah walau dibilang hutang kartu gabungan dan di manual book tertulis cukup membayar pakai kartu saja, ternyata keduanya ini membayarnya harus terpisah.

Saya pernah bingung kok kenapa kartu kredit gak lunas-lunas. Saya kebiasaan bayar di ATM memakai satu nomor kartu kredit saja, dan yang keluar akan seluruh utang. Namun saat dibayar ternyata cuma 1 kartu saja yang terbayar.

Contoh: misalnya punya hutang 1 juta di visa dan 2 juta di master. Kita di ATM masukin pin Master, akan keluar total hutang kartu gabungan senilai 3 juta. Nah, kalau kita bayar minimum payment 300 ribu, itu master terbayar tapi Visa walau terbayar kita kena late payment.

Bank tidak akan memberi tahu kalau kita dapat late payment, kita cuma di acknowledge sudah membayar minimum payment. Saya pernah yang namanya late payment untuk satu kartu bisa 1 juta lebih, padahal rajin bayar. Baru setelah membaca statement report sejak tahun lalu paham sistem ini.

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

18

Topic: Bangkit dari Debt Trap

gw waktu itu lapor polisi dengan judul, Tindakan Tiodak Menyenangkan yg dilakukan oleh Si rentenir..cos dia kerumah gw sambil teriak2, gebrak2 meja n caci maki, sempet bawa pengacara n dia sempet panggil polisi juga dgn alesan bahwa ibuku tukang bohong n mo dikeroyok warga :(

tp pas polisi itu dateng krumah, ibuku sempet mo ditanya2 di kantor polisi, tp ku bilang gk usah disini aja, ibu saya sakit dan ibu saya gk ada masalah sama warga...trus langsung panggil pak RT deh n bapak polisi pulang :)

besoknya langsung aku meluncur ke kantor polisi ngelaporin dia n SAY NO to DAMAI :D (tp kebetulan ibuku punya temen yg suaminya polisi polsek wilayah rumah, jd aman deh :) )

jd klo dia nekat, kita so berani aj, paling dia jago dimulut aja.. eh tergantung sikon deh, mungkin byk yg galak juga ya ?

bunda hanif.....

19

Topic: Bangkit dari Debt Trap

tapi sekarang sedih juga cos di desa2 gitu rentenir keren2 bgt kedoknya koperasi
wrote:

kok tega banget sih mengambil keuntungan di atas penderitaan orang lain

*maap OOT*

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu

20

Topic: Bangkit dari Debt Trap

urban papa emang kalo apply credit card akan otomatis dapet 2? kayaknya itu tergantung programnya deh. dan emang harus dibayar terpisah, karena visa dan mastercard itu 2 perusahaan yang berbeda. kalo gue sih dari dulu selalu pake mastercard, entah kenapa. jadi kalo apply credit card, gue kekeuh, mintanya mastercard aja. tapi pasti ada at least 1 visa. sebenernya sih keduanya ga ada bedanya. bedanya cuma di issuer aja, mastercard & visa.

hmm.. kayaknya bahasan ttg credit card ini mendingan dipisah ya. ntar gue pisahin deh, biar enak bahasannya.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

21

Topic: Bangkit dari Debt Trap

urban papa dan slesta

iya gw baru tau nih klo apply CC otomatis dpt 2. gw punya 2 CC dr 2 bank yg berbeda. 1 visa, 1 mastercard. tapi ketika apply gak lgs dapat 2 tuh CCnya.

bener slesta bahasan ttg CC penting euy. soalnya gw msh awam cara penggunaan, pelunasan, advantage, system dsb-nya. Apply CC jg setelah bersuami. merasa agak yakin, klo gak sanggup bayar CC, ada yg bantu bayarin hehehehe :p

happy go lucky me ^_^

22

Topic: Bangkit dari Debt Trap

Sidta,
ikut prihatin denger ceritamu, sekaligus kagum dan terharu juga dengan 'sepak terjang' Sidta dan suami.

basically gue setuju sama usul2 teman2 di atas.
ambil personal loan, ajak si kreditor ngomong baik2, ajak keluarga ngomong baik2 ttg keadaan kel. Sidta dan kondisi ekonomi Sidta sendiri.

Gue juga setuju banget sama kata2 Eka bahwa sbg anak kita emang wajib bantu ortu dan adik2 tapi 'dengan porsi yg layak dan gak sampe bikin kehidupan keluarga jadi susah'

sebelumnya maaf ya kalau omongan gue mungkin terkesan harsh and insensitive.. tapi menurut aku Sidta juga gak boleh ngelupain tanggung jawab Sidta sebagai ibu which is berusaha sebaik mungkin memfasilitasi masa depan untuk Asa. IMHO, investasi pendidikan Asa justru harus jadi prioritas, baru sisanya untuk membantu keluarga.

Sekali lagi maaf ya Sid, kalau kurang berkenan :)

oya Sid, kalau para kumpeni di sini bilang 'alle begin is moeilijk'
artinya : semua pada awalnya susah..
sebagai keluarga muda, pasti banyak tantangannya di awal membangun rumah tangga.. believe me, i know :)
tapi.. kalau kata orang indo, semua akan indah pada waktunya.
one day, you will look back and smile. dan semua 'tantangan' ini bakal jadi pelajaran dan kebanggan tersendiri setelah berhasil dilewati.

:)

23

Topic: Bangkit dari Debt Trap

Sidta, suggest setelah didata ygmesti dilunasi ya utang ke rentenir. Bahaya,krn biasanya ga ada perjanjian tertulis. Sebisa mungkin ambil pinjaman/KTA dari bank atau kantor. Kalo mau yg bunganya fix ambil yg syariah. Kalopun suatu saat gak bisa /telat bayar,msh bisa negotiable asalkan MUDAH dihubungi.
Hati2 krn sekali telat bayar,nama akan dimasukkin ke daftar bulanan black list BI. Kalo bln dpn byr (eh ato nunggu 2bln ya,lupa)akan di lift up kok,cuman ya selama msh dlm daftar ga bisa minjem2 dulu..

urbanpapa, emang kalo di ATM keluarnya total tagihan gitu ya? Baru tau krn ga pernah byr lwt ATM:p Cuma memang Visa dan Master different company,billing statementnya juga pasti beda. Setau gw ga ada bank yg ngeprint visa dan master di lembar yg sama. Jadi kalo dpt billing statement memang hrs diceki2 dulu:)

@medyratri

24

Topic: Bangkit dari Debt Trap

biar gak nyampur2.. disini dibahas ttg topik "banking dari debt trap" aja ya. ttg credit card, silakan dibahas di tret SINI aja.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

25

Topic: Bangkit dari Debt Trap

Aduh.. Baca pengalamannya Sidta jadi inget.. Dan again jadi pengen mewek lagi.. :(

Seperti Sidta, yang berhutang adalah mertua. Dan di kasusku adalah MIL. Beberapa tahun sebelum aku dan suami nikah, setelah FIL meninggal, gak lama datenglah orang yang nuntut minta uangnya ke keluarga suami. Ternyata MIL berhutang banyak bgt sampe tus jut tus jut.. Dan akhirnya MIL dituntut ke polisi untuk urusan ini. Singkat kata, akhirnya suamiku dan MIL kehilangan rumahnya. Akhirnya suamiku tinggal di rumah temennya dan MIL dirumah adiknya (yang akhirnya jadi berantem juga).

Semua ini berawal dari gaya hidup.. Ya MIL masih "terbius" dgn gaya hidup jetset jadi dia berhutang kesana kemari termasuk ke temennya yg "rentenir" untuk membiayai gaya hidupnya. Dia juga royal kesemua orang. Gampang banget beli macem-macem. Awalnya aku gak tau. Tapi sekarang setelah tau, bawaannya jadi curiga terus setiap dia ngasih barang ke kita. Sedih banget.

Dan singkatnya.. Akhirnya MIL waktu itu bilang tobat. Makanya akhirnya mereka keadaan agak membaik. Apalagi waktu itu MIL terkena TBC. Dan dia harus tinggal di rumah adiknya untuk berobat intensif. Setelah MIL sembuh, saya dan suamipun menikah. Dan suami saya akhirnya membayari sedikit demi sedikit hutang MIL ke rentenir itu. Karena MIL juga tidak bekerja.

Seperti biasa, MIL yang masih agak terbius dengan gaya jetset pun maunya pernikahan yang heboh dan besar2an. Tetapi aku dan suami kekeuh maunya yang simple aja. Akhirnya pernikahanpun terselenggara.

Setelah menikah, orang tua saya seperti kebanyakan orang tua lain memberikan "bekal" ke saya untuk simpenan. Tetapi... sebulan setelah kami menikah, kami baru tahu kalau MIL tidak pernah membayar tagihan-tagihan dari sanggar yang dipakai oleh pihak keluarga MIL untuk pernikahan kami. Dan karena kami berdua belum punya simpanan banyak, akhirnya semua "bekal" dari orang tua saya pun digunakan untuk membayar tagihan2 itu. Lagi-lagi suami saya marah besar. Dan MIL pun berjanji untuk tidak berkelakuan seperti itu lagi dan dia akan "mengurus" hal itu. Tetapi hingga kini akhirnya uang tersebut hangus saja. Sayapun tidak memiliki simpanan lagi.

Tak lama sayapun hamil, dan melahirkan. Setelah beberapa lama, di hari wedding anniversary kami, saya mendapat telp. Lagi-lagi dari seseorang yang kebetulan saya kenal sebagai teman MIL, meminta saya untuk melunasi hutang-hutang MIL yang lagi-lagi bernilai tusjut tusjut mendekati M. Betapa shocknya saya mendengar itu. Apalagi dihari anniversary yang hanya terpaut beberapa hari dari hari ulang tahun saya. Saya rasanya pengen mati aja. Kok masalah gak selesai-selesai. Apalagi dengan oknum pelaku yang sama.

Well takdir berkata lain. Dan sayapun akhirnya bisa menerima hal ini. Suami saya ternyata seumur hidupnya selalu berurusan dengan debt trap dari kelakuan MIL ini. Tetapi dia akhirnya selalu bisa bangkit. Sedikit demi sedikit dia membantu ibunya untuk melunasinya. Tetapi ketika akhirnya dia berkeluarga, diapun tak bisa lagi membantu untuk melunasi hutang ibunya. Terlebih lagi keluarga kami akhirnya juga terlilit hutang karena kartu kredit (yang juga sempat dipakai oleh MIL) dan juga hutang pribadi ke orang tua saya. Beban pun bertambah karena tanpa sepengetahuan kami, MIL juga meminjam uang ke orang tua saya, dan tidak pernah mengembalikannya, bahkan ketika mama saya menagihnya.

Sampai sekarang kami masih mencoba untuk bangkit dari hutang ini. Sungguh cara yang luar biasa keras yang harus kami jalani. Tapi itulah kehidupan.. Semoga pada akhirnya kami bisa juga mendapatkan apa yang disebut dengan Financial Freedom..

.. i'm just a girl, a woman, a daughter, a friend, a wife, and a mother..

Our llittle space : http://kakira.my.id/ /@rachanlie