1

Topic: Memilih RS dan Dokter Kandungan

Dear Moms, sebelumnya semoga ini gak double thread ya.

Saat ini saya sedang hamil 4bulan (kehamilan pertama), tapi sampai saat ini msh agak ngerasa
kurang cocok dengan dr nya, karena masih ngerasa kurang dapet informasi yang saya inginkan. seperti keluhan detail yg saya tanyakan, info" yang sempat saya tahu, saat saya tanyakan kepada Dr.nya, hanya terjawab standar seperti ingin tidak membuat saya stress.

Sekarang baru 2 dr. yang pernah saya temuin dan 2 RS sampai usia kandungan 4 bulan ini dan semua dekat dengan rumah.

Kemudian beberapa kali saya mendapat rekomendasi RS dan Dr.kandungan
yang dapat komunikatif, detail dan bisa panjang lebar (secara perasaan itu akan membuat saya lebih nyaman dan yakin), tapi masalahnya RS itu cukup jauh dari rumah saya yang di daerah kebon jeruk dan RS itu berada di Ampera.

Jadi saat ini saya butuh masukan nih moms, sebaiknya saya tetap memilih Dr dan RS dekat rumah atau yg bisa buat saya nyaman?

Karena mertua saya selalu mewanti-wanti kalo RS jauh dari rumah akan repot pada saat menjelang melahirkan.yang sebenarnya itu juga tidak salah.

Atau ada pengalaman moms dengan RS yang jauh dari rumah?

Terima kasih ya sebelumnya :)

2

Topic: Memilih RS dan Dokter Kandungan

Hai Motty, salam kenal ya, sy jg lagi hamil 24w anak kedua
Kalau sy jg ada 2 dokter kandungan, yg pertama dekat dg rumah (20 menit aja), menentramkan hati tp ga sreg sm RS-nya krn selain dokternya nyuruh sc lagi tanpa nawarin vbac (alasannya pun ga banget, kan udah terlanjur diobras, ngapain mw lwt bawah pula - pdhl sy pengen bgt bs VBAC) juga ragu utk bisa rooming in & pro asix, tapi krn dokter tsb cuman praktek di RS tsb ya mau ga mau gantian gitu kontrolnya

Dokter yg kedua di Carolus krn memang bsk pgn lahiran di sana, sudah tanya2 jg ttg biaya persalinan & tipe kamar perawatan di sana, so far dokter Carolus mendukung utk VBAC & ini bikin sreg di hati, hanya utk menempuh rumah-RS butuh paling cepet sejam, cuman mikir juga kan nt lairan moso sih lgsg jebrol disaat kita ngerasa ada tanda2, kan butuh bbrp waktu kan ya..jd keputusan masih mantap utk VBAC di Carolus

Nah, selama ini selang seling kontrolnya, misal bulan pertam
a kontrol di Carolus, bulan berikutnya (atau in case ada hal yg darurat) di RS dkt rumah, bulan depannya Carolus lagi
Decision is in ur hand, not in a doctor hand :)

3

Topic: Memilih RS dan Dokter Kandungan

motty tiap orang emang beda2 ya. kalo dirimu lebih suka ama dokter yang menjelaskan panjang lebar, gue malah lebih prefer ama dokter yang cukup menjelaskan bagaimana kondisi gue and straightforward aja. dua2 dokter gue kebetulan sama tuh. ngomongnya jarang, jadi kalo kontrol asli cepet banget. yang penting dia cek kandungan gue semuanya oke, gak ada yang aneh2.. ya sudah. kalo ada apa2, dia baru jelasin panjang lebar.

imo, ini bikin gue jadi lebih relax sih selama hamil, jadi ga mikir macem2.. dan nganggep ya gue bisa kok mau ini itu, toh dokter juga gak masalah.

tapi again, itu gue. tiap orang beda2.. nah, kalo udah gini, mendingan elo ke dokter yang elo sreg. masalah tempatnya jauh, kalo cuma kontrol doang sih harusnya oke ya, tapi mesti tanya ke dokternya, apa bisa deliver di RS lain. kali aja dia juga praktek di tempat lain. kalo gak, nah itu baru repot. tapi seperti kata missyayuk decision is in your hand, not your doctor's hand. jadi tergantung kitanya juga lebih convenient dimana. kalo ngerasa dokter yang deket tempatnya tapi gak terlalu komunikatif, mungkin bisa dipancing dulu, tanya aja apa yang mau ditanyakan, kan toh udah bayar untuk kontrol ama dia.

gabung di TUM juga mudah2an bisa bantu jawab pertanyaan2 ttg kehamilan atau kekuatiran selama kehamilan. sering2 dong maen disini kalo gitu yaaa! :)

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

4

Topic: Memilih RS dan Dokter Kandungan

Klo saya memilih RS dan dr kandungan berdasarkan:

- Jarak
Memudahkan apalagi semakin besar kehamilan, makin males buat berlama-lama di jalan raya.

- Type dokter
Saya suka dokter yang komunikatif, pro kelahiran normal dan pro asi.tapi g terlalu banyak omomg juga. Pernah ketemu dokter yang banyak banget kasih keterangan soal kehamilan saya tapi jadinya malah parno. Yang penting pertanyaan2 saya terjawab, klo masih kurang puas bisa cari info di TUM :). satu lagi, saya tidak suka dokter yang g terlalu royal kasih resep ini itu...

- Antrian
Walopun dokternya oke, tapi klo antrian segambreng dan bikin emosi jiwa.. saya mundur drh. Masih banyak dokter lain.. :)

- Budget
Biaya kontrol dan biaya melahirkan masih masuk di budget saya..

Waktu anak pertama saya setia sama satu dokter, tapi pas anak kedua ini saya sampe ganti dokter sebanyak 6x. Dan akhirnya mengambil kesimpulan..klo dokter juga g mungkin sempurna, klo ada bebrapa kriteria yang kurang oke tapi di sisi lain dia oke..ya apa salahnya.
Akhirnya saya kembali ke dokter lama (sama seperti anak pertama). dokter ini kurang pro ASI, tapi dia komunikatif (penjelasannya cukup), g gampang kasih obat dan vitamin, dan mendukung saya untuk VBAC.
Tapi tiap mama punya pendapat2 yang ebrbeda ya..
HTH
Semoga kehamilannya sehat dan lancar ya...

Find Me @Mama's Mall
Qibi Zaqibi
ARISAN BUKU YUUK

5

Topic: Memilih RS dan Dokter Kandungan

Halo motty kalo gw sih setuju sama piyut soalnya biar dokternya ok banget dan kita klik tapi kalo harus ngantri sampe lewat tengah malem sih sori dori mori yah.

Pas hamil akhirnya gw ganti obgyn gara2 ga tahan sama antriannya, padahal dah ngerasa cocok banget dan udah lama jadi pasiennya. Pernah ngantri sampe jam 1 pagi, kalo ga bunting sih gpp, tp yang namanya lagi bunting kan pastinya cepet capek. Setelah melahirkan, buat cek2 lagi organ dalam dan pasang KB belik lagi ke dia :D

6

Topic: Memilih RS dan Dokter Kandungan

hai motty, ikutan sharing yah...

aku juga hamil anak pertama, aku pertama pilih rsnya dulu...aku pilih rs yang aksesnya dari rumah atau kantor tidak terlalu susah, misalnya agak jauhpun harus yang dekat tol.
lalu aku baca2 di TUM di tread obgyn, untuk tau dokter siapa yg banyak direkomendasikan..setelah itu aku daftar ke rs tsb dan kalo ternyata antriannya panjang banget ya aku ganti ke dokter lainnya.

so far obgyn hasil rekomendasi mamas di TUM ini cocok sama aku, tidak terlalu panjang lebar menjelaskan tapi singkat dan padat.
tidak terlalu banyak aturan dan larangan serta tidak mudah memberikan obat ....cocoklah sama aku dan suami =)

@dina_noermadi
== it will be a bumpy ride but I will enjoy it as the way it is ===

7

Topic: Memilih RS dan Dokter Kandungan

ikut share juga ya..
Saya memilih dokter yang komunikatif tapi ga terlalu banyak omong juga. Kalau pas ada pertanyaan pengen dijawab jelas, kalau ga ga pengen diceramahi..hehe. Terus saya prefer dokter perempuan. Bener banget soal antrian...dulu waktu kehamilan pertama saya rela ngantri sampe malem karena memang dokternya top dan sreg banget. Tapi pas kehamilan kedua ini lebih nyantai jadi mempertimbangkan dokter yang tidak terlalu membutuhkan pengrbanan antri. Sayang waktunya sementara masih punya toddler yg butuh perhatian.

Soal RS dan lokasi, saya pilih dekat kantor, meskipun relatif jauh dari rumah. Pertama tentu saja karena sreg dengan RS ini, pro ASI, IMD, room in, pelayanan bagus, etc. Selain itu biar pas kontrol tinggal ngabur bentar dari kantor karena saya dosen, agak fleksibel waktunya. Ujung2nya balik lagi ke alasan tadi, supaya waktu sama anak pertama ga berkurang:D

Soal nanti repot pas melahirkan karena jarak tempuh dan macet, sama seperti @missyayuk saya pikir kan proses lahiran ga instant (apalagi pengalaman anak pertama malah saya ga ada kontraksi sampai minggu ke 41, jadi ke RS buat induksi). Jadi asal masih 1 jam-an, masih ok. Sempat sih survey ke RSIA yang di deket rumah, tapi kurang sreg dan akhirnya tetap memilih yang deket kantor.

8

Topic: Memilih RS dan Dokter Kandungan

motty,
Kl aku pilih RS & dokter kandungan yg jaraknya dekat dgn rumah/kantor. Kebetulan dulu kantor deket dgn rumah, jd cari RS/dokter jg yg deket sama kantor/rumah.

Sebenernya ada RS besar yg lbh deket, tp pilih RS & dokter di di RS Bersalin tsb, krn merasa nyaman. Aku berencana melahirkan di RSB tsb, jd yasudah dr awal periksa di RSB itu. Pilih RSB karena RSB tsb ga kayak rumah sakit, arsitekturnya kayak rumah tinggal biasa, malah lbh mirip spa gitu..jadi ga nakutin.

Lebih suka lagi krn dokter & suster dan pegawai2nya yg ramah, jd mmg feel like home.

sayangnya, antriannya panjang bgt. tp udah telanjur cinta; jd antisipasinya aku ambil no antrian via telp., atau dateng sendiri wkt pagi sblm ke kantor. Jadi datengnya pas deket2 no antrian, biar ga terlalu lama nunggu. Paling nunggu 2-3 pasien lah..
Dulu sih aku ga terlalu masalah sm no antrian, krn pulang kantor jg memang udah malem. Jadi waktu nunggunya aku bisa pake utk mandi, makan malem & santai2 dulu di rmh. Biasanya kalo no nya udah deket, pihak RS telpon minta kita utk dateng.
pernah 1-2x nunggu lama, krn dokternya ada 'operasi'. Tapi gpp sih, kalo ga smpt malem ini, bisa besoknya. Toh tempatnya deket dr rumah & kantor. Ya dibawa asyik aja :)

Tapi tiap org sih bisa beda2 ya..ini sih aku aja..yg emang pengennya nyantai :)

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

9

Topic: Memilih RS dan Dokter Kandungan

thanks moms semua sharingnya.. :)
sepertinya aku jadi pilih RS yang deket tapi ganti dokter hehe (setelah baca sharing moms semua)

soalnya jarak tempuh gak cuma sejam. gak macet aja (ramai lancar) itu
bisa hampir 2 jam hahahaha

jadi aku pilih yg jarak tempuh aman aja deh. yang penting semua dalam standart yang baik.

10

Topic: Memilih RS dan Dokter Kandungan

motty Hihihihi.. Problemnya serupa banget.. Domisili juga serupa.. Akupun rumah daerah kebun jeruk dan DSOG yang banyak recommended emang daerah selatan. Kalo dulu anak pertama, aku akhirnya kontrol dan lahiran di RS daerah Panglima Polim. Karena kebetulan deket banget sama rumah Tanteku. Dan waktu pas mau lahiran malah berangkatnya dari hotel di deket lapangan banteng, bukan dari rumah.. Malah agak macet. Hahahaha.. Emang sih kalo dari jarak lumayan juga dari rumah ke RSnya. Dulu akhirnya milih kesana karena aku emang suka sama RSnya dan kebetulan cocok sama DSOGnya. Selain itu juga kadung kecewa berat sama RS di pinggir tol kebon jeruk itu. DSOG-nya gak ramah berat.

Nah hamil kedua ini, mikirnya nyari RS yang deket rumah. Yg deket mall itu. Dan udah dapet juga DSOG yang lumayan ok. Tapiiiiii.. Ternyata oh ternyata, bulan kemaren DSOG aku gak praktek lagi di RS itu. Dan kalo aku mau tetep di RS itu, mau gak mau harus ganti *lagi* DSOG baru yang mana baru denger namanya aja suamiku langsung gak mau. Jadi tampaknya bakalan balik lagi ke RS yang lama di Panglima Polim itu, walaupun rumah Tanteku udah pindah. Tapi emang sebenernya milih itu preference juga sih. Aku kurang suka RS bersalin yang kayak gedung banget. Kalo yang di Panglima Polim itu kan homey banget dan banyak makanan disekitarnya. Itu penting banget buat nanti suamiku nungguin disana. Moga-moga bisa cepet nemu DSOG dan RS yang sreg yah.. :)

.. i'm just a girl, a woman, a daughter, a friend, a wife, and a mother..

Our llittle space : http://kakira.my.id/ /@rachanlie

11

Topic: Memilih RS dan Dokter Kandungan

piyut wrote:
Klo saya memilih RS dan dr kandungan berdasarkan:

- Jarak
Memudahkan apalagi semakin besar kehamilan, makin males buat berlama-lama di jalan raya.

- Type dokter
Saya suka dokter yang komunikatif, pro kelahiran normal dan pro asi.tapi g terlalu banyak omomg juga. Pernah ketemu dokter yang banyak banget kasih keterangan soal kehamilan saya tapi jadinya malah parno. Yang penting pertanyaan2 saya terjawab, klo masih kurang puas bisa cari info di TUM :). satu lagi, saya tidak suka dokter yang g terlalu royal kasih resep ini itu...

- Antrian
Walopun dokternya oke, tapi klo antrian segambreng dan bikin emosi jiwa.. saya mundur drh. Masih banyak dokter lain.. :)

- Budget
Biaya kontrol dan biaya melahirkan masih masuk di budget saya..

Waktu anak pertama saya setia sama satu dokter, tapi pas anak kedua ini saya sampe ganti dokter sebanyak 6x. Dan akhirnya mengambil kesimpulan..klo dokter juga g mungkin sempurna, klo ada bebrapa kriteria yang kurang oke tapi di sisi lain dia oke..ya apa salahnya.
Akhirnya saya kembali ke dokter lama (sama seperti anak pertama). dokter ini kurang pro ASI, tapi dia komunikatif (penjelasannya cukup), g gampang kasih obat dan vitamin, dan mendukung saya untuk VBAC.
Tapi tiap mama punya pendapat2 yang ebrbeda ya..
HTH
Semoga kehamilannya sehat dan lancar ya...



salam kenal mbak, setuju banget, halo semua, saya baru disini.

12

Topic: Memilih RS dan Dokter Kandungan

rachanlie wrote:
motty Hihihihi.. Problemnya serupa banget.. Domisili juga serupa.. Akupun rumah daerah kebun jeruk dan DSOG yang banyak recommended emang daerah selatan. Kalo dulu anak pertama, aku akhirnya kontrol dan lahiran di RS daerah Panglima Polim. Karena kebetulan deket banget sama rumah Tanteku. Dan waktu pas mau lahiran malah berangkatnya dari hotel di deket lapangan banteng, bukan dari rumah.. Malah agak macet. Hahahaha.. Emang sih kalo dari jarak lumayan juga dari rumah ke RSnya. Dulu akhirnya milih kesana karena aku emang suka sama RSnya dan kebetulan cocok sama DSOGnya. Selain itu juga kadung kecewa berat sama RS di pinggir tol kebon jeruk itu. DSOG-nya gak ramah berat.

Nah hamil kedua ini, mikirnya nyari RS yang deket rumah. Yg deket mall itu. Dan udah dapet juga DSOG yang lumayan ok. Tapiiiiii.. Ternyata oh ternyata, bulan kemaren DSOG aku gak praktek lagi di RS itu. Dan kalo aku mau tetep di RS itu, mau gak mau harus ganti *lagi* DSOG baru yang mana baru denger namanya aja suamiku langsung gak mau. Jadi tampaknya bakalan balik lagi ke RS yang lama di Panglima Polim itu, walaupun rumah Tanteku udah pindah. Tapi emang sebenernya milih itu preference juga sih. Aku kurang suka RS bersalin yang kayak gedung banget. Kalo yang di Panglima Polim itu kan homey banget dan banyak makanan disekitarnya. Itu penting banget buat nanti suamiku nungguin disana. Moga-moga bisa cepet nemu DSOG dan RS yang sreg yah.. :)


wah rachanlie, jgn2 kita tetanggaan nih mba hihi iya semoga yg ini udah dokter terakhir deh :)

13

Topic: Memilih RS dan Dokter Kandungan

Klo gw, pilih RS : 1. Nyaman 2. Sesuai Budget 3. Mendukung IMD n Rooming In 4. Dekat/akses mudah

Pilih DSOG : 1. Komunikatif n ramah 2. Ga pelit informasi 3. Pro normal tapi jug riwayat bedah SC nya jug bagus (just incase) 4. Jadwalnya available di rs2 deket rumah

:)

Can't take my eyes of you... :) :) :)

14

Topic: Memilih RS dan Dokter Kandungan

Haiii moms semuaaa :) , aku ikutan sharing yaaa :D

Aku juga punya problem DSOG ku yang satu ini kalo periksa cuma sekedarnya aja sih jadi lumayan ga puas aku nya liat baby ku, tapi dari segi jarak tempat praktek ntu DSOG dari rumahku lumayan deket cuma 20 menit ajaa.. trus penyampaian nya kalo aku ada keluhan baru dia respon, ga kasih tau duluan kalo aku ada keluhan ( ketuban bocor ).. karena aku kurang puas juga dengan DSOG ku yang satu ntu, akhirnya aku pindah DSOG yg lain, kata temen''ku sih no 1 di bandung..
Dan Ternyataaaaa.... memang benerr, fast respon pas aku diperiksa di USG gt moms, si DSOG nya bilang aku harus dirawat 3Days karena aku pecah ketuban karena infeksi di kandungan aku :( dan DSOG baik hati ntu support aku tuk sembuh dan meyakinkan aku kalo DSOG nya bisa buat aku pulih kembali :) ... Dengan dirawat 3Days dan budget yang lumayannn guedeee bangettt :D terbayar dengan puasss dengan pelayanan DSOG di Melinda Hospital, akhirnya aku sembuh dan ketuban baby aku sempurna lagi/ ga ada kebocoran, dan sembuh total dari infeksi kandungan dan lagiiii aku ga pernah keputihan en gatel'' lagi di sekitar V...

:):):)

Instagram:Kemalasary
Twitter :@perfectX2n

15

Topic: Memilih RS dan Dokter Kandungan

pilih RS:
1. RSIA yg pro ASI, IMD, dan rooming in
2. Jarak/akses gak terlalu jauh dari rumah (max 30 menit)

pilih DSOG:
1. Perempuan
2. Komunikatif & informatif
3. Gak banyak larangan yg gak perlu
4. Jadwal praktik

16

Topic: Memilih RS dan Dokter Kandungan

Hallo All..
saya hamil anak pertama dan masih 10W. Baca thread ini kok byk singkatan yg saya ga ngerti ya. Maklum masih awam. TUM & VBAC apa ya?

Apa memang sebaiknya mencari2 dokter kandungan yg terbaik? Saat ini saya cek dengan DSOG perempuan di RS. Mitra Keluarga Depok. Ada yang domisili di depok kah? Bisa tolong rekomendasi DSOG yang baik?
Terima Kasih

ainasofia & aisyavira's mommy

17

Topic: Memilih RS dan Dokter Kandungan

TUM itu singkatan The Urban Mama ya? Maaf, masih awam. =)

ainasofia & aisyavira's mommy

18

Topic: Memilih RS dan Dokter Kandungan

dhetiezhar, TUM itu ya forum kita ini, The Urban Mama. VBAC itu Vaginal Birth After Caesarian (melahirkan normal setelah sebelumnya melahirkan sesar).

kalo saya milih RS yang sayang ibu dan anak. yang bagaimanakah itu? yang support pemberian ASI. IMD minimal 1 jam (walaupun sesar), rooming-in, tidak menjadikan sufor sebagai pilihan. hal tersebut saya jumpai saat tur ruang bersalin di salah satu RS yang kata mama motty terletak di Ampera. turnya Desember 2010. perkembangan terakhirnya saya kurang tau ya mama, boleh 'shopping' dulu barangkali ke RS tersebut :)

setelah itu pilih dokter kandungan yang komunikatif, informatif, pro lahiran normal. kalau ga dapet referensi, mungkin bisa cobain dokternya satu per satu.

setelah itu, pertimbangan saya adalah biaya. kemudian jarak dari rumah.

mama motty, kalo dari Kebon Jeruk ke Ampera kejauhan, mungkin bisa ke YPK Menteng? setauku RS ini juga sayang ibu dan bayi, atau RS di sekitar Kebon Jeruk yang rekomended?

Mother of Katya and Karim

19

Topic: Memilih RS dan Dokter Kandungan

Hellow,
Aku juga tinggal di kebon jeruk n lagi hamil 28 weeks,
dari awal aku di RS Siloam Kebon Jeruk dengan Dr. Maria Ratna Andijani (sengaja milih yg perempuan).
Aku pilih di sini karena deket rumah ku yg di kebon jeruk n rumah ortu di ciledug ga jauh lah..
Kalo dari RS nya siy bagus bgt yah pelayanannya, dari hasil tanya kiri-kanan juga selain dr. kandungan dokter rs.siloam ini bagus2.
Dr. maria sendiri juga orangnya enak, santai, komunikatif, pro kelahiran normal.
Sebelumnya waktu masi usaha buat hamil aku di Rs. Harapan Kita, ada 2 dokter yang pernanh tangani aku tapi ga terlalu sreg gitu... Jadi walau akhirnya berhasil hamil aku ga lanjutin. Pas ama dr. maria ini aja baru nemu chemistry nya hehehe... mungkin karena sesama cewe kali yah..

20

Topic: Memilih RS dan Dokter Kandungan

Hi Moms...
Aku hamil anak pertama, uk 24 wks dan selama ini check-up di Brawijaya Women & Children dengan dr.Uf Bagazi. Sebenernya aku & suami sangat cocok dgn dr.Uf yang open-minded dan positif, tapi sayangnya aku mulai ragu dengan tenaga kesehatan (suster) yg bisa sabar menerapkan hypnobirthing, keseriusan/komitmen RS dalam menerapkan IMD (bukan hanya sekedar meletakkan bayi di dada ibu sebentar sebagai formalitas) dan juga mengenai rawat gabung. Karena itu aku mulai mempertimbangkan pindah ke Kemang Medical Care yang katanya menerapkan hal2 di atas lebih serius, apalagi saat aku ikut kelas AIMI ASI para konselornya membenarkan hal tersebut.

Jadiiii, mohon bantu info nya moms kalau ada yang punya pengalaman atau tau obgyn dan dokter anak di KMC yang recommended (pro-normal, IMD, ASI dan paham hypnobirthing) tapi yang pasti jg bukan yang harus antri lamaaaa bgt setiap mau kontrol a.k.a terlalu populer ya ehehehe karena capek jg nungguinnya.

Thx moms ;)

21

Topic: Memilih RS dan Dokter Kandungan

sharing yah,wktu aku hamil dulu,aku disaranin ma ibuqu periksa di klinik bersalin deket rumah,kebetulan di klinik itu bukannya cuma bidan,tp juga ada dokter kandungannya,klo periksa sama bidan sih bsa tiap hari, mpe jm 8 malem,,tp klo sama dokter cuma khusus hr jumat mulai jam 7 malem..
krn kehamilan pertama,aku putusin tuk priksa hr jumat mlm tiap bulannya,biar bsa di USG ma dokter,berhubung kliniknya rame bgd,,antriannya bsa loh mpe jm 10 mlm (ibu2 hamil pd pulang mlm :P ) trus di periksanya ga kan sampe 10mnt! singkat,padat,jelas n biar cepet.. dokternya baik,mw ngelayanin smua pertanyaan,jd klo ga nanya yah rugi ndiri..
Pas persalinan, aku sih ditanganin ma ibu bidan,bidan2nya terlatih (bidan andalan nih) sabar,ga byk ngelarang trus ga buta informasi juga :)
Menurutku sih,klo pilih RS & Dr.kandungan yah klo bsa yg gampang aksesnya,klo pun jauh,ga kan maceet2 bgd (mendingan deket yah..xixiix,,brabe klo ngelahirin dijln),RS yg ga terkenal blum tentu jg buruk kan?
tenaga medisnya (dokter,bidan ato suster) yg terlatih&sabar
smoga bermanfaaat :)

Love my chubbygirL Alisha Sasqi :)
http://riryhusni.wordpress.com/
https://www.facebook.com/riryhusni
twitter: @riry_husni

22

Topic: Memilih RS dan Dokter Kandungan

ikutan sharing ah

kalo aku sama sprti Motty,
suka nya dokter yg jelasin panjang lebar.

wktu tau hamil, aku kontrol ke 3 dokter berbeda,
3 dokter ini jg aku pilih berdasarkan rekomendasi teman2 dan kakak.

aku jg ngerti sih dokter itu cocok2an, makanya aku test ke 3 dokter ini.

dokter yg cocok ku pilih berdasarkan:

-penjelasan
kalo di tanya mau jawab dgn jawaban yg gampang di mengerti.
ada dokter yg bilang "ga boleh makan ini itu ya", di tanya kenapa, jawabannya "ya jangan lah, ga bagus tuk ibu hamil"

kan gimana ya kurang sreg gitu dgr nya, mstinya kan bs d jelaskan karna mengandung zat ini atau itu

-availability
ada jg dokter yg oke, tapi sering bepergian ke luar kota atau bahkan ke luar negri..

-budget
yg pasti mesti sesuaikan sama budget masing2 jg ya

23

Topic: Memilih RS dan Dokter Kandungan

Relly, di KMC aq dulu dengan dr. Diah Sartika. kebetulan beliau lagi ibadah haji sekarang. dr. Diah itu komunikatif, informatif, very-very friendly dan mau respon kalo kita nanya-nanya di luar jam praktik. awalnya lewat SMS, ga berapa lama dia minta lewat BBM aja. setelah melahirkan pun masih kontak dan aq pribadi kangen melulu ama dr. Diah ini.. hihi...

aq sengaja milih dokter kandungan yang cewe karena suami lebih nyaman kalo aq diperiksa ama dokter cewe. dr. Diah antriannya ga berjam-jam kok, kecuali kalo periksanya pas weekend yaaa, harus dateng lebih awal karena meskipun sudah bikin appointment, antriannya berdasarkan per kedatangan.

tapi, kalo liat testimoni ibu-ibu yang lain, banyak yang favorit ke dr. Ridwan. silakan mom, dicobain satu per satu.

Mother of Katya and Karim

24

Topic: Memilih RS dan Dokter Kandungan

Pertimbangan aku milih RS :
1. Jarak max 30 menit dengan mobil.
2. Pro IMD, rooming in, care sama ibu n bayi
3. Fasilitas lengkap, nggak cuma fasilitas standar, tapi juga ada fasilitas pendukung seperti ada senam hamil, kasih seminar/kursus prenatal, sedia konselor laktasi, dll. Jadi istilahnya one-stop-solution buat bumil :)
4. Harga pelayanan masuk sama budget yang dicover kantor/asuransi.
5. Reputasi baik (berdasarkan rekomendasi dari orang2 yang udah aku kenal maupun review di forum)

Pertimbangan aku pilih obgyn :
1. Komunikatif, syukur2 orangnya humoris.
2. Memberi penjelasan dengan detail, namun disampaikan dengan cara yang menenangkan pasien.
3. Mau diajak diskusi, nggak diburu2 waktu kalo konsultasi.
4. Antrian relatif tidak panjang. Nunggu terlalu lama malah efeknya nggak oke ke aku n baby :p
5. Tempat praktek alternatif lainnya masih terjangkau
6. Reputasi dan pengalaman.

Sekarang aku jadi pasien dr Bawono Hasan di RS Hermina Bekasi. Bener-bener mbah yang satu ini klop banget sama aku n suami. Humoris, detail, komunikatif, nenangin aku yang panikan, pokoknya so far kehamilan aku bener-bener lancar (ini kehamilan kedua, setelah yang pertama cuma bertahan 11 minggu dengan obgyn+RS lain).

Tinggal nunggu aksi persalinannya nih hihihihi.

:) A smile is the prettiest thing you can wear :) | IG : iam_mrsred | http://iammrsred.wordpress.com

25

Topic: Memilih RS dan Dokter Kandungan

bundokatya wrote:
Relly, di KMC aq dulu dengan dr. Diah Sartika. kebetulan beliau lagi ibadah haji sekarang. dr. Diah itu komunikatif, informatif, very-very friendly dan mau respon kalo kita nanya-nanya di luar jam praktik. awalnya lewat SMS, ga berapa lama dia minta lewat BBM aja. setelah melahirkan pun masih kontak dan aq pribadi kangen melulu ama dr. Diah ini.. hihi...

aq sengaja milih dokter kandungan yang cewe karena suami lebih nyaman kalo aq diperiksa ama dokter cewe. dr. Diah antriannya ga berjam-jam kok, kecuali kalo periksanya pas weekend yaaa, harus dateng lebih awal karena meskipun sudah bikin appointment, antriannya berdasarkan per kedatangan.

tapi, kalo liat testimoni ibu-ibu yang lain, banyak yang favorit ke dr. Ridwan. silakan mom, dicobain satu per satu.


Hi bundokatya thank u masukannya, nanti aku coba cek dan ngobrol2 ke dr.Diah setelah pulang dari ibadah haji. Iya yang aku denger juga favoritnya dr.Ridwan tp harus rela antri lama banget hehehe jadi keluar dari pilihan.

:)