1

Topic: Hernia pada Bayi Laki-Laki

Moms, adakah baby Cowonya yang mengalami hernia? Ibu Mod's kalau ada thread yang sebelumnya ngebahas ini monggo dipindahin. Soalnya udah aq search ngga ada yaa..

Babyku Rafi (8 bln) divonis dokter kena hernia. Sebelumnya udah di USG terlebih dahulu untuk memastikan. Kalau dia nangis kenceng, ngeden, ngulet bagian kelaminnya (maaf)yg kantong buah z***r membesar. Penjelasan dokter, otot yang melindungi usus halusnya gagal menutup ketika ia lahir sehingga ususnya keluar masuk ke kantong buah z***r tersebut. Dokter udah menyarankan operasi sejak dia masih umur sebulanan. Karena dikhawatirkan ususnya yang turun kejepit tidak masuk lagi. Tapi aq & suami masih mmenunda karena masih ga tega. Adakah babynya ada yang mengalami hal ini? Jika harus operasi gimana resikonya? apakah pemulihannya cepet?Aq kuatir karena namanya baby kalau sakit kan hny bisa nangis.Tapi ada juga tetangga yang menyarankan untuk segera operasi sebelum dia besar karena takut efek psikologisnya dia trauma dan sebelum dia banyak bergerak. Minta masukannya ya moms...Trimss

2

Topic: Hernia pada Bayi Laki-Laki

Saudaraku juga ada yang baby nya kena hernia tapi ortu nya memutuskan untuk menjalani pengobatan tradisional dan tidak melakukan operasi.
belum tau kelanjutan pengobatan nya gmn berhasil ato gak.
maaf mom gak bisa bantu :(

Anugrah terindah "Drey Fandry Fahri"

3

Topic: Hernia pada Bayi Laki-Laki

irsary
Coba sambil baca2 thread yg ini http://theurbanmama.com/forum/topic1108-hernia-pada-toddie-boy.html
Aq baca sekilas,anaknya emg uda masuk toddler,tp divonis hernia dr masih bayi banget. Mgk bs ada pencerahan.

Garnetzhia and Ametysha are my little angels

4

Topic: Hernia pada Bayi Laki-Laki

Hi irsasry,
aku gak berpengalaman ini tapi ada sodara yg pernah cerita babynya hernia waktu masih baru2 banget, tapi dy gak tunda2 operasi, dan pemulihannya trnyata not too bad. kalo soal resiko, harusnya ditanyakan lebih lanjut ke dokter, dy harus bisa jelasin. dan ada bagusnya jg cek2 second opinion biar pasti n lebih jelas apa yg harus dilakukan atau enggak.

soal trauma, ada yg bilang kl emang operasi2 besar itu baiknya dibawah 2 thn karena memorynya masih short term alias masih 'gampang lupa'.

kalo sampe ususnya kejepit itu emang bakal lebih repot. and tetangga yg bilang sblm dy banyak gerak itu bener juga, krn akan makin gak comfortable buat si bayi kalo dah makin banyak gerak.

ini sekedar ngambil dr pengalaman sekitarku aja, semoga bs sedikit ngebantu buat pertimbangannya.

Mamanya FAE. Cloth-diapering, babywearing addict, mostly co-sleeping, part-time baby led weaning, breastfeeding, no maids, no nanny so far, still studying (hopefully not for long! dah ketuaan bgt bgt bgt nih), LOVE my super difficult, no quits, 24/7 job! <3 <3 <3

5

Topic: Hernia pada Bayi Laki-Laki

Ada yg tahu ttg hidrokel?

6

Topic: Hernia pada Bayi Laki-Laki

Bayiku juga gitu.. Ketauan pas umur sebulanan.. Blom sampe bengkak di buah zakarnya.. Cuma suka ngeden dan ngulet.. Dan bisa ada jendolan gitu.. Agak susah kedeteksi krn pas ke dokter eh ilang jendolannya.. Akhirnya stlh konsultasi with soo many doctors ( bela2 in ngantri ampe malem ke smua good doctors yg pernah kita denger). Semua menyarankan operasi sedini mungkin. Akhirnya tepat dia masuk 2 bulan dioperasi. Operasinya sekitar 30 menit tp kita nunggunya diluar bisa 2 jam (buat saya rasanya kaya 20tahun). Recovery of course not easy.. Tpi besok harinya babyku uda sperti biasa.. Uda ketawa2 dan nyusu seperti biasa. Saran saya cari dokter yg bagus banget.

7

Topic: Hernia pada Bayi Laki-Laki

Hai moms, ak penghuni baru nii...salam kenal yaaa..
Lagi cari2 info seoutar hernia pas nemu threat ini. Babyku jg ada hernia...:( sedihnya krn babyku lahir prematur. Usia kelahiran sii uda 2,5 bulan tp usia koreksiny 1,5 bln. Berat baru 3kg. Jd penanganan hernia cm operasi ya? Ada info dokter yang bagus?

8

Topic: Hernia pada Bayi Laki-Laki

Hi mommy deew, baby ku dokter bedah pake dokter Lim di rs grha kedoya. Waktu didiagnosa pake dsa sejak lahir namanya dokter Viktor di rs sama. Pas uda didiagnosa ga lgsg percaya. Saya cari dokter ahli Usg utk tau pasti namanya dr.sidharta. Trus second opinion dsa lineus. Memang menurut info lmyn good doctors jdi pas daftar harus punya stok sabar yang bamyak...

Update: has been 3 months sejak operasi skrg baby nya uda 5 months old.. Bekas operasi uda samar2, uda hampir ga kliatan. Dan so far ga ada keluhan apa2 stlh operasi.

9

Topic: Hernia pada Bayi Laki-Laki

Waaa trimakasi infonya mom hazley,, bs buat referensi deh.
Seneng dengernya babay mu skrg ttp sehat n bekas operasi jg baik...
Duhh doain smg hernia baby ku jg bs segera sembuh yaa..

Btw berapa hari di rumah sakit? Ak dapet info ktny operasi hernia sehari jg bole pulang, apa bener bgtu?
Luka operasinya kecil ya?

10

Topic: Hernia pada Bayi Laki-Laki

Sbnrnya bole langsung pulang.. Tp ternyata anakku ada hernia umbilical jg. Jdi sekalian juga dioperasi. Krn umurnya waltu itu bru 2 bulan dan prosedur lebi dri 1 jdi kita decide untuk stay aja just in case. Krn klo uda pulang knp2 takut kebingungan. Lagian jg sebenarnyan biaya operasi pasti uda termasuk kamar 1 malem. Luka operasi anakku di lipatan perut sekitar 3cm. Tp coba di usg dulu aja.. Di cek hernia kiri atau kanan atau dua2nya.. Jgn sampe prosedur musti 2x ya mom..

11

Topic: Hernia pada Bayi Laki-Laki

Wah thanka bgt mom hazley sharing infonya,, berguna banget ni... Salam ya buat baby mu.