1

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

dear moms...
anak gw umurnya 2 tahun. kebetulan gw dan keluarga baru pindah ke australia. sebelum pindah, anak gw memang belum bicara. cuma, baru2 ini gw ke dokter disini dan disarankan supaya dia ikut speech therapy.
nah...gw jadi bingung...karena dia kan belum ngerti banget bahasa inggris. kalo speech therapy disini kan pasti terapis-nya bule, takutnya kalopun ikut speech therapy malah tambah bingung.

gimana ya? apa gw tunggu dia sampe umur 2.5 tahun? atau gw ikutin aja terapi-nya?
gw juga bingung... kalo speech therapy tuh sebenarnya ngapain sih?
makasih....

2

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

mamabear8 kalo boleh tau, belom bicara itu maksudnya dengan kata2 yang benar, apa emang belom ngomong samsek?

soalnya kalo emang belom ngomong dengan bener, kayaknya banyak yaa anak umur segitu belom bener2 bisa ngomong. jadi kayaknya too early untuk decide harus speech therapy. imo yaa..

gue sendiri belom punya pengalaman sih ke speech therapy gitu. tapi anak gue juga umurnya 2 tahun, ngomongnya walopun udah bisa dan ngerti semua yang diomongin, ya speech nya masih belom jelas banget.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

3

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

mamabear8, kalo boleh tau, anaknya ada kesulitan dengan menelan makanan?

Aku sendiri belum pernah ada pengalaman dengan speech therapy, tapi yang aku tau dari pelajaran linguistics, speech therapy untuk baby & toddler sepertinya tidak berhubungan dengan bahasa CMIIW, tetapi lebih dengan memproduksi sounds dari pergerakan kombinasi alat2 suara yang berhubungan dengan swallowing dan chewing.

4

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

mamabear8,
anakku juga umurnya 2thn, bicaranya udah agak2 nyambung. tapi ada juga ponakanku yg bicaranya masih 'bajijibu? bajijiba? jibujubi?' nah kayak gt yg bener2 gak ngerti. tp gak harus ikut speech therapy koq.
selama anaknya merhatiin kita saat kita ajak bicara kayaknya baik2 aja. atau saat namanya dipanggil lalu dia nyari yg manggil, artinya sehat2 aja.
biasakan ngobrol aja mom dengan anaknya, dan gunakan bahasa yg benar (gak dicadel2in) tar jg anaknya ngikutin koq.

yg harus diwaspadai adalah bila terdapat tanda2 autisme dan tuli pada anaknya.

karena ada ponakan temenku, blm bisa bicara dan anaknya anteng banget, kalem gitu. pas ada suara petir, dan saat pintu kebanting, dia cuek aja ga nunjukin kaget. baru deh ketauan kalo belum bisa bicaranya karena gangguan pendengaran.

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

5

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

kalo pendengaran, dia gak bermasalah. dia bisa ngerti semua yang gw omongin. dia cuma bisa ngomong mama dan papa. kalo mau sesuatu, dia nunjuk dan bilang "ugh ugh".
dia gak bermasalah sih soal nelen makanan.
gw emang agak keberatan untuk terapi soalnya banyak yang bilang takut anak-nya trauma, cuma keluarga gw nyuruh terapi.

mungkin lebih baik gw tunggu sampe 2.5 tahun kali ya? liat perkembangan dia. terima kasih ya semua-nyaaaa.... feeling a lot better...

6

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

mamabear8, setahu saya, kalau memang tidak ada masalah pendengaran, juga mengerti omongan mama papanya, bisa jadi one day tiba2 anaknya langsung nyerocos :), karena semua vocabulary masih dia simpan sekarang. wish you all the best!

In the light of the moon a little egg lay on a leaf ~ Eric Carle

7

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

mamabear kalo dia gak masalah dengan menelan, bisa mengerti omongan orang, sepertinya umur 2 thn bicara belum jelas masih normal. Anakku waktu umur 2 thn jg belum bisa ngomong jelas, sedangkan kakaknya umur 1 thn udah jelas bicaranya (tiap anak berbeda), tapi masuk 2.5 thn, langsung nyerocos, sampe sekrg bawelnya minta ampun, sampe kita bilang dia punya verbal diarrhea... he..

8

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

mamabear8
setuju ama para mamas atas kalo usia 2thn kadang ada yg udah agak jeas ngomong dan ada yg belum.. gue juga liat ini diponakan-ponakan gue.. tiap anak beda..

btw mau share pengalaman sepupu niy:
dia selalu ngomong pake bhs inggris ke babynya (dr kecil ampe kuliah sepupu sekolah diluar), suaminya ajak ngomong pake bahasa sunda, trus ama nannynya pake bhs indonesia alhasil ampe 3 thn anaknya masi bingung ngomong!!! Kesiannn liatnya.
contoh: ibunya billang: ball untuk bola, ayahnya bilang: bal, trus nannynya bilang : Bola... guess what?! anaknya tiap minta bola bilang: Ba' kesian kan.. itu baru dari satu kata loh.. can u imagine??
Akhirnya pegi ke phycholog gitu, dan menurut sang ahli.. mengajarkan anak berbagai macam bahasa sah sah aja asal si-anak sudah mengerti bahasa ibu.. bahasa ibu disini maksudna bahasa sehari-hari/dominan yg akan dipakai si-anak nantinya. sekarang siy anaknya udah umur 5 thn+ dah alhamdulillah udah bisa dan lancar ngomongnya :)
yaa ini cerminan aja kok mam.. buat pencerahan aja .. :)

Miguel is my Rocktober Baby
@siskaknoch

9

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

mamabear8, anak gw skrg 2th3bln dan baru mulai terapi wicara.
Umur 18bln gw sempet bawa dia ke psikiater anak karena gw curiga ada gangguan speech delay (bahkan gw sempet parno anak gw autis). di umur 18bln itu dia belom ngeluarin kata2 yang berarti dan sulit diajak kontak mata/fokus. dari psikiater memang menunjukkan ada sedikit tanda2 gangguan, tapi terlalu dini untuk mendiagnosa apa pun, dia cuma menyarankan agar di rumah anak gw banyak distimulasi dgn diajak ngomong, cerita, denger musik/radio, dll. dalam bahasa ibu dan HARUS mengurangi (bahkan stop) nonton TV (anak gw seneng nonton TV, DVD brainy baby, barney, etc.). to be noted, gw dan suami bekerja all day, anak di rumah cuma sama pengasuh yang ga begitu cerewet juga, dan dia gak ada masalah pendengaran.
i may have started it too early but i never regret, at least i know what to expect.
1 - 2 bulan ga ada perkembangan yg berarti, akhirnya disarankan terapi. awalnya play therapy, di mana dia dibiarkan main sambil kita dampingi (mainannya diarahkan spy merangsang motorik halus - kasar). 2 - 3 bulan ikut terapi (bolong2 dan ga rutin), perkembangannya gak terlalu signifkan.
Masuk umur 2th, gw semakin parno, jumlah kata yg dikuasai bisa diitung pake jari dan dia masih sulit fokus dan ga bisa berkomunikasi secara efektif. dia pun dinyatakan mengalami speech delay dan akhirnya anak gw disarankan terapi okupasi.
dari sudut pandang orang awam kaya gw, gak banyak beda terapinya, hanya memang lebih terarah dan tidak sebebas saat play therapy, khususnya pelatihan motorik halus dan kasar. dsini gw niatin rutin terapi 1x seminggu, dan bener2 STOP nonton TV. alhamdulillah 3 bulan terakhir perkembangannya sangat pesat, kosakata meningkat tajam, interaksi meningkat (sebelumnya relatif cuek dan asik sendiri) dan lebih ekspresif. hanya memang dia baru bisa bicara sekata-sekata aja, belum bisa merangkai 2 kata. baru 2 mg terakhir dia mulai terapi wicara, belum tahap terapi sih, masih observasi kemampuannya gimana dan terapi macam apa yg tepat buat dia.

*waduh jadi panjang ya*

anyway, IMO, kalau memang lo khawatir utk terapi wicara karena kendala bahasa, saran gw sih perbanyak aja stimulasi di rumah, quality time/floor time ditingkatkan. sebenernya sampai umur 3 tahun, stimulasi masih bisa dilakukan sama ortu aja. gw memutuskan memakai terapis karena gw dan suami kerja, jadi kurang percaya aja kalau full menyerahkan upaya stimulasi ke pengasuhnya...

HTH..maaf kepanjangan...

a mother of energizer bunnies

10

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

SunShine - thanks banget udah cerita panjang lebar... interesting banget ceritanya!

mo nanya dong. kenapa ya mesti stop nonton TV? apa itu bikin dia jadi pasif bicara?

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

11

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

thalia, sama2...justru gw yg berterima kasih karna cukup melegakan bisa sharing ini...belom nemu yang senasib soalnya....

betul, stop nonton tv salah satunya karena bisa bikin pasif bicara. lebih tepatnya mengurangi interaksi dia dengan orang lain karena dia lebih terpaku atau lebih memilih nonton tv daripada berinteraksi/berbicara dengan orang lain. kenapa? karna tv akan sangat menarik bagi anak kecil, warna-warni, gambarnya berubah terus, bersuara. memang ada yang diajarkan, tapi arah komunikasinya hanya one way, tidak mengharuskan si anak untuk berdialog. berdialog ini yang memang kadang frustrating utk beberapa anak.

tapi IMO kembali ke anak itu sendiri kali ya, dan balance-nya dengan stimulasi yang lain. soalnya ponakan gw doyan nonton tv juga, dan gak ada masalah dengan perkembangan sosial-bahasanya, tapi ibunya emang FTM dan agak cerewet juga.

a mother of energizer bunnies

12

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

gilby dong udah mulai bisa ngomong *bangga* walopun jalannya telat, tapi ngomongnya udah bawel, kaya yang bener aja :)

mama: gilby, bilang "papa"
gilby: "tatah"
mama: no, bukan "tatah" tapi "pa-pa"
gilby: "PAPA"
mama: good, sekarang bilang "mama"
gilby: "ABAH"
mama: hah? abah? bukan, tapi "ma-ma"
gilby: "APA"
mama: ?
wrote:


gilby bisa lancar bilang "mama" kalo lagi: laper, mo nenen, ngantuk :)

heyho.. mama mer is in the house yoo..
*peace*

13

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

SunShine:
Gue ngeliat sendiri tuh anak yang kebanyakan nonton tv jadi agak terlambat ngomong. Bisa jadi memang karena terlalu pasif ya?

And thelilsolder is back. Fire!

14

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

meralda - hihi kocak banget sih! klo arifah udah mulai bersuara pa-pa-pa-pa-pa, padahal manggil ortunya ayah bunda. tapi tetep sih, klo mau nenen n ngantuk, suara yg keluar "ndaaaa" ;)

15

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

SunShine, thelilsoldier - iya emang si tv bikin pasif..jd mending ga sama sekali, atau tetep diimbangin sama stimulasi lain dari ortu/orang rumah.
DSAku dah nyontohin, sejak si baby lahir dokternya gendong dan ngajak liat2 keluar jendela sambil diceritain ada apa aja di luar..
Pas arifah masih 1-2 bulan dan blm celingak celinguk pun, aku sering nyeritain ada benda2 apa aja di sekeliling, or apa aja yg ada di jalan klo lg bepergian..

16

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

SunShine wrote:
thalia,
betul, stop nonton tv salah satunya karena bisa bikin pasif bicara. lebih tepatnya mengurangi interaksi dia dengan orang lain karena dia lebih terpaku atau lebih memilih nonton tv daripada berinteraksi/berbicara dengan orang lain. kenapa? karna tv akan sangat menarik bagi anak kecil, warna-warni, gambarnya berubah terus, bersuara. memang ada yang diajarkan, tapi arah komunikasinya hanya one way, tidak mengharuskan si anak untuk berdialog. berdialog ini yang memang kadang frustrating utk beberapa anak.


Oh gitu ya? padahal Lana udah sangat lengket dgn tivi, soalnya tv sangat ngebantu kalo kebetulan bundanya lagi didapur or kerja RT lainnya, maklum gak ada ART.

17

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

bundanyalana
sbnrnya tivi masih gpp sih, asal kitanya jg ngontrol tontonan dan ajak ngobrol anaknya tentang acara yg ditonton. Misal lagi nonton mickey, kitanya juga ikut nanya2 ttg siapa itu mickey atau bisa ikut nyanyi2. cuman efek sampingnya, anaknya bisa jadi malah terlalu bawel, hihihi..

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

18

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

ponakan gue dong, baru lancar ngomong pas umur 3 taun! sebelomnya dia nggak ngomong sm skali. cuma "emmm.. emmm... emmm" gara2 nyokapnya stress, jarang ngajakin ngomong anaknya, dan iya, krn sering nonton TV. dia cuma liaaaat aja, tp gak dipraktekin ngomongnya. :(

heyho.. mama mer is in the house yoo..
*peace*

19

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

hmm, kayaknya pointnya SunShine bukan jangan nonton TV... tapi stimulasi ngomongnya...

SunShine wrote:
tapi IMO kembali ke anak itu sendiri kali ya, dan balance-nya dengan stimulasi yang lain. soalnya ponakan gw doyan nonton tv juga, dan gak ada masalah dengan perkembangan sosial-bahasanya, tapi ibunya emang FTM dan agak cerewet juga.


gue sama persis kayak bundanyalana, kerja dari rumah dan ga punya pembantu. jadi otomatis aina nonton TVnya buanyaaaak banget. tapi IMHO, ga ada masalah ama speech-nya (malah yang ada bawelnya luar biasa... tapi kayaknya itu karena ibu bapaknya bawel, hehe).

anyways, pengen nanya lagi ke SunShine: biasanya, speech therapy itu sendirian apa rame2 ama anak2 lain (kayak kelas gitu)?

dan sebenernya apa sih tanda2nya kalo anak mesti ikutan speech therapy?

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

20

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

thalia,
speech therapy-nya sendirian sih. tapi kalau di klinik tempat anak gw, karena yang terapi banyak dan bermacam-macam jenis (wicara, okupasi, dll) kadang mereka ditempatkan di satu ruangan, tapi terapisnya tetep 1 terapis - 1 anak koq.

tanda2 mesti ikut terapi ya?
hmm...sebenarnya kan ada standar milestones perkembangan anak ya, dalam hal ini khususnya perkembangan bicara dan bahasa. IMO, once kita liat bahwa perkembangan anak kita tidak sesuai dengan beberapa milestones, itu saatnya kita berkonsultasi dengan ahlinya dan mempersiapkan diri untuk terapi. perlu diingat bahwa milestones itu hanya gambaran umum, setiap anak kan unik, punya perkembangan sendiri, jadi penilaiannya akan balik ke insting ortunya masing-masing.
banyak banget referensi milestones ini, tapi gw pikir pasti ada benang merahnya, itulah yang kita jadikan patokan. salah satu referensinya gw baca di sini.

a mother of energizer bunnies

21

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

SunShine - ah i see. thanks for the info and the link! *baca2 dulu*

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

22

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

Masalah gw sama bgt ma mamabear8 cm bedanya anak gw emang lahir d Australia & umur nya 18bln.Gw ngajarin anak gw sebagian besar bahasa indonesia.Tp gw jg ngajarin dia bahasa inggris untuk kata2 yg mudah.Dia ngerti semua yg gw ucapin & dia ngelakuin smua yg gw suruh baik dlm bahasa indonesia ataupun bahasa inggris.Gw udh sering minta dia ngulangin kata yg gw ucap,tp yg kluar beda.Gw jg sering menunjuk benda & mengucapkan nama benda itu berulang-ulang.Tp setiap dia ngeliat sesuatu yg udah gw ajarin,(misalnya 'baby') dia langsung nunjuk & blg 'aahh'.Nurse nya jg nyuruh gw untuk pergi speach therapy,tp tunggu liat perkembangannya 2bln kedepan.Apa mungkin karena d rumah yg ajak dia ngobrol cm gw & ayah nya jd vocab dia hanya terbatas?Tp tiap weekend dia slalu ktemu dng tmen2 indonesia nya yg seusia dia antara.Memang d antara tmennya dia yg pling kecil,tp tmen yg usianya beda 3bln dng dia udh bnyk vocab nya.Tp ada jg yg umurnya 2,5thn hanya bs beberapa kata.Apa benar karena anak laki2 biasanya klo ngomong terlambat.Aga takut jg krn keponakan laki2 gw d indonesia jg br bs ngomong umur 3thn,itu pun msh ikut therapy. tq sblom nya buat masukannya:)

23

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

Dulu gue juga sempet parno sendiri waktu Nisa udah lewat setahun belom cerewet dan bisanya cuma "uugh...ugh..." Apalagi kata nyokap gue dulu umur setahunan dah hafal lagu... Kalo diliat2, emang waktu itu pembokat gue pendiem bgt, plus gue sama hubby kerja, jadi waktu interaksi sedikit...

Mulai kata2 pertama 15 bulan, tapi dikiiiit bgt, cuma 2-3 kata aja... selebihnya masih "uugh...ugh..." Mulai cerewetnya umur 18 bulan, pas lagi liburan ke Bali dan ketemu sama ponakan yang udah cerewet... Jadi gue sih berkesimpulan, lingkungan tuh ngaruh juga, apalagi ketemu temen usia sebaya yang lebih pinter ngomong, jadinya kaya terpacu ikutan ngomong...

“The mother's heart is the child's schoolroom.”

24

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

Kayaknya selain lingkungan, faktor tiap anak juga pengaruh ya. Gue share aja cerita tentang gue n adek gue.

Waktu kecil, kita diasuh sama nyokap n ada ART juga. Dulu gue udah mulai ngomong umur 9 bulan, tapi adek gue yang 1 taun lebih muda baru ngomong sekitar umur 18 bulan (kalo ga salah). Jelas nyokap gue jadi parno berat, karena cara pengasuhan kita sama, lingkungan sama, makanan sama, semua sama. Malah temen ngomongnya adek gue harusnya nambah, yaitu gue yang super cerewet. Tapi adek gue diem aja, walopun dia ngerti semua yang diomongin orang lain. Sampe dibawa ke dokter n dicek, tapi dokternya bilang semua normal, cuma nunggu waktunya aja. N bener, tiba2 dia bisa ngomong banyaaaaak banget n lancar. Jadi dia nyimpen semua vocabnya n dikeluarin sekaligus, ga kayak gue yang belajar dikit2.

sunshine Thanks buat link-nya ya :)

yang selalu kangen sama si pipi gembil

25

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

sepupu gue yang kakak beradik juga mirip banget kejadiannya ama otty. kakaknya mulai ngomong dibawah 1 taun dan bawel abis. adiknya ampe umur 2 tahun, ngomongnya cuma 2 kata: "uuugggh" ama "boooo" (ibu, maksudnya). tapi begitu si adik umur 2.5 taun, langsung ngomong lancar banget.

dulu gue (dan tante, om, dan keluarga yang lain) pikir itu aneh. tapi ternyata otty dan adiknya juga gitu ya?

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia