1

Topic: Jadwal Bayi Baru Lahir

Kayaknya sejak kita melahirkan (terutama untuk anak pertama), kita agak kesulitan tidur dan si kecil jadi seperti kalong...

pernah baca di buku golden child keluaran Wyeth,kalau bayi sebenernya bisa juga punya jadwal seperti bapak ibunya. rasanya gak percaya dan buat aku agak sulit menerapkannya di hari-hari pertama Fay lahir. ya gimana mau tertib, kalau jadwal tidur dan bangun kita justru jadi ikut sama si bayi...

Waktu baru melahirkan, aku mandiin bayi bisa jam 10 pagi..karena baru tidur jam 4 subuh...si fay pun baru bangun jam 9,karena takut Fay jatuh jadi aku tunggu setelah mata ini benar-benar segar.

tapi setelah lewat 40 hari..dan bekas operasi udah semakin pulih..aku tetapkan hati untuk mendisiplinkan Fay. apalagi setelah melihat betapa efek dari jadwal yang sama akan berpengaruh sampai dia besar nanti. Belajar dari dua anak yang berbeda kebiaasaan, yang satu selalu melakukan kegiatan yang kurang lebih sama dan yang satu punya kebiasaan sesukanya.

si anak dengan kebiasaan yang tertib,pada akhirnya selalu disiplin dan mandiri saat memasuki sekolah. dia bisa mempersiapkan dirinya sebelum berangkat sekolah sendiri. sedangkan anak yang satu lagi..selalu bertengkar dengan mamanya karena bangun kesiangan terus.

mulailah kupikirkan gimana caranya mendisplinkan Fay. AKhirnya setiap jam 6.30 Fay selalu kubangunkan, ajak dia bermain sebentar sambil menyusu, lalu mandikan. kira-kira jam 7.30 dia sudah siap mandi dan 'sarapan',lalu akulah yang mandi dan sarapan. kemudian dia kuajak bermain lagi, setelah itu biasanya dia akan tertidur sendiri saat kutinggal masak sambil dia duduk diatas bouncernya. sekitar jam 11 dia akan kubangunkan lagi, saat itu aku sudah selesai masak. lagi-lagi kuajak dia main..dan tentunya minum susu lagi. setelah itu dia pasti tertidur lagi atau sekedar nonton DVD ..lagi-lagi dia akan mengantuk diatas buaian bouncernya. SOre hari kumandikan dan kuajak dia berjalan-jalan keluar sambil minum susu...biasanya setelah adzan maghrib dengan sendirinya dia akan tidur di tempat tidurnya. di sela waktu tidurnya itu..kusiasati agar dia kenyang..agar tidak terjaga..jadi aku yg harus terbangun untuk memberi dia susu sebelum dia teriak minta susu...

Pola itu sudah kujalankan hampir 1 bulan..dan hasilnya menyenangkan...hanya 1-2kali dia terjaga ditengah malam sisanya dia sangat mengikuti jadwal itu..awalnya memang dia menangis karena harus menahan kantuk dan kadang kelaparan..tapi sekarang dia tidak lagi...Fay justru gelisah jika tidak kumandikan dan kuajak tidur pada jamnya.

ternyata mereka pun bisa mengerti apa itu waktu..jadi..biar ibunya bisa punya waktu kita harus disiplin lebih dulu barulah si anak yg akan ikut akan kebiasaan kuta

a mom with one daughter.snail runner.blog writer.a wife. http://lailaubais.blogspot.com/

2

Topic: Jadwal Bayi Baru Lahir

Ibunyafay, thanks for sharing ya. Infonya berguna bgt buat calon2 ibu,khususnya saya :D

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

3

Topic: Jadwal Bayi Baru Lahir

Wow...tks for sharing ibunyafay
Dulu kepikiran mau bgini...tp gara2 baby blues kacau semua *bawaannya mellow aja
Bener2 berhasil ya mom?
Kl dibangunin apakah baby nya ga marah ?
Dulu pernah denger2 kalo ga baik utk bangunin bayi yg lg tidur..
Mohon sharenya ya:)

'Being a full-time mother is one of the highest salaried
jobs... since the payment is pure love' ~mildred~

4

Topic: Jadwal Bayi Baru Lahir

ibunyafay thanks for sharing. iya setuju emang anak itu pas masih newborn gitu diperkenalkan malam & siang akan lebih bagus in the long term.. baik buat si anak atau buat orang tuanya. dan dari kecil emang mesti nerapin jadwal yang konsisten. biasanya mereka jadi bakal ngikutin secara teratur.

ysee kalo menurut gue ngebangunin gitu gapapa, selama pelan2 dan di compensate. misalnya kita emang ngebangunin si anak jam 7 pagi, maksudnya biar dia kebiasaan bangun jam segitu, tapi tidur siangnya dipercepat yang tadinya jam 11 jadi jam 10 pagi. jadi kayak memperkenalkan jadwal gitu kali yaa..

oiya tambahan gue.. newborn sampe umur setahun, biasanya tidur siang itu 2x sehari. atau gak sekali sehari tapi lamaa... pas udah mulai kenal main dan beraktivitas lain, tidurnya akan berubah, jadi napping timenya cuma sekali sehari.

jadi inget dulu jadwal naia waktu masih newborn:

7am - bangun, trus mandi, maen, diajak keluar, nenen, bfast (pas udah mpasi)
10am - first nap, biasanya sekitar 1-2jam
12pm - bangun, maen lagi. nenen/asip/lunch
4pm - bobok lagi
5pm - bangun, maen
6pm - dinner (pas udah mpasi)
6.30-7pm - mandi (sengaja jam segini biar gue bisa mandiin pas pulang kantor)
8-9pm - bobok lagi sampe pagi.

kalo sekarang sih krn udah sekolah dan udah 2 tahun, pagi gitu ya dia kan sekolah. pulang sekolah maen bentar trus bobok 2 jam-an. bangun2 maen, dinner, mandi trus nungguin mama/papa pulang. kadang ikutan dinner lagi ama papa mamanya baru bobok deh. :)

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

5

Topic: Jadwal Bayi Baru Lahir

kalo menurut pengalaman sih... newborn baby belum ada jadwal rutinnya, krn dia msh blom tau mana pagi / siang / malam. akhirnya terpaksa kita sbg ortu yg ngikutin jadwalnya. tapi kalo pagi sih tetep ya dijemur... sampe gilby 3 bulan+ gue baru bisa menerapkan pola bangun / tidur / main / dll, tp kalo nenen on demand yaa...

alhamdulillah dari gilby 3 bulan, sampe sekarang 10 bulan, tidur malemnya udh rutin.. jd udh bisa diikutin...

kurleb begini schedule-nya:

[list=*]

  • 6.30 am - bangun tidur
    nenen[/*]
  • 7 am - sunbathing
    strolling sm mama ke pasar[/*]
  • 8 am - breakfast (6+)[/*]
  • 8.30 am - bath time[/*]
  • 9 am - main2, baca buku, ntn dvd[/*]
  • 10 am - bobo siang[/*]
  • 12 am - lunch[/*]
  • 1 pm - main2[/*]
  • 2 pm - bobo lagi[/*]
  • 4 pm - snack time[/*]
  • 5.30 pm - shower[/*]
  • 8 pm - bobo[/*]

    heyho.. mama mer is in the house yoo..
    *peace*
  • 6

    Topic: Jadwal Bayi Baru Lahir

    slesta tks for your info yaa..:)

    Kl jadwal pure pas msh newborn gmn..waktu2 nya makan/snack diganti apa dung?
    Dl pas rasya newborn teraturnya cuma pas malem aja. tp dr pagi ke sore ga teratur sama sekali.

    Kl newborn diajakin mainnya apa ya *stupidquestioniknow
    Kyknya pas 2 bulan selama cuti stlh rasya lahir ga byk main deh.
    Waktu terjaga nya dikit bgt.
    Kerjanya kl bangun ya minta nenen, abis nenen bobo lg.
    Plg digendong2 atau taro di box ato di bouncer abis itu bobo lg

    *Kok jd rada sediih yaa? kyknya kurang maksimal ngerawat rasya pas newborn

    'Being a full-time mother is one of the highest salaried
    jobs... since the payment is pure love' ~mildred~

    7

    Topic: Jadwal Bayi Baru Lahir

    kalo aku waktu dapet si ava ini, hari2 awal emang kerasa berat dengan jadwal yang acakadut gitu. tapi untuk masalah mandi aku tetap usahain dia jam 7/7.30 harus mandi dan mandi sore (karena aku kerja, jadi ava aku tinggal sama omanya) biasanya jam 3sore , ini dipasin ama jam adikku yang harus ngaji jam setengah4, jadi omanya ava mandiin ava dulu terus ribet dengan adikku.

    tapi setelah umur 3 bulan ini, udah beberapa minggu dia mulai teratur jadwal tidur, mimik ASI dan jadwal poop (kaloo pee masih ngandalin clodi ya). jadi jadwalnya kira2 gini nih :
    [list=*]

  • [/*]
    jam 7-7.30 : bangun dan mandi ,untuk air mandi udah aku setel anget-anget kuku (bukan anget ya), biar gak kaget kalo diajak renang nanti
    [list=*]
  • [/*]
    jam 8.00 : di duduk depan tivi ato berjemur , omanya masak, muttinya ini mandi siap2 ngantor
    [list=*]
  • [/*]
    ava jarang bobo siang, jadi bobo siang itu terserah dia, kalo emang lagi ngantuk dia bobo aja, kalo gak, omanya yang diribetin hehe dan ini waktu dia poop
    [list=*]
  • [/*]
    jam 15.00/15.30 : mandi sore , air tetep anget2 kuku, kecuali cuaca lagi adem banget. dan ava abakal bobo sampe maghrib pas mutti sama vattinya pulang kerja
    [list=*]
  • [/*]
    jam 18.00-20.30 : dia main2 sama keluarganya , kalo diatas jam setengah9 belum ngantuk, langsung aku bawa ke kamar, mimikin, lampu kamar remang2, bobo deh dia (bangun tengah malem cuman sekali) dan ini bikin muttinya harus rela meluangkan setengah jam di waktu subuh ato jam 12 malem buat merah ASI (lumayan buat stok waktu aku kerja).


    selain itu, ava udah bisa diajak ketawa2, dan dia hafal waktu pulang kerjaku (ditandai dengan gak maunya dia mimik asi lewat botol lagi)

  • 8

    Topic: Jadwal Bayi Baru Lahir

    ysee dulu sih banyaknya kalo bangun ya diajakin maen2 aja, trus waktu snacknya dipake buat nenen atau maen. macem2 maennya, bisa maen2 mobile gitu. ato ya ajak jalan2 aja.. liatin buku, taro di bouncer, etc.

    ? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
    owner - slesta.com | @slesta

    9

    Topic: Jadwal Bayi Baru Lahir

    Hehehe...kirain mainnya gmn
    Kl gitu sih msh dilakuin shin..:)

    Tp rasya memang lebih sering bobo dan nenen...
    bobo nya aja bisa 3kali sehari dan sekali bobo lumayan lama
    Sempet bingung juga wajar apa enggak tp sempet browsing2 katanya normal.
    Jadi dibiarin aja deh.

    sintia_yunista
    Ava pinter yaa..dah tau kl mominya mau pulang
    Siap mimik asi langsung dari pabriknya:)

    'Being a full-time mother is one of the highest salaried
    jobs... since the payment is pure love' ~mildred~

    10

    Topic: Jadwal Bayi Baru Lahir

    ysee,
    azka jg pas newborn bobo terus..dan kata DSA nya wajar kok..bs ampe 18-20jam di bln pertama. abis itu berangsur2 berkurang, jadi cm tidur pagi dan siang. azka si mulai rutin tdr pagi dan siang itu pas 3bln loh..dan 3bln pertama itu kl dia ga tidur nangisss teruss..makanya gue biarin dia tidur. kl ga stress gue hrs gendong2 dia muter2 :( susahnya waktu siang dia tidurr puless,mlm nya dong nangis2 :( mungkin tiap anak kan beda ya..kebetulan aja gue dapet rewell huhu.

    gue udah usahain diajak main, dikenalin malem+siang, dll. spy jadwal tidur malemnya bagus. nothing seems to work. kl malem nya cm laper minta nenen si masih mending. lah ini udah ngempeng, ga mau ditarok di kasur. maunya digendong.

    akhirnya gue gantian ama suami yg jagain. jd pas giliran suami gue kasih asip aja. gue nya nyolong2 tidur 2-3jam. duhhh kl inget masa2 itu rasanya stress bgt huhu, untung udah lewattt hehe

    follow me @ini_dhita || www.inidhita.com ||

    11

    Topic: Jadwal Bayi Baru Lahir

    ysee,
    azka jg pas newborn bobo terus..dan kata DSA nya wajar kok..bs ampe 18-20jam di bln pertama. abis itu berangsur2 berkurang, jadi cm tidur pagi dan siang. azka si mulai rutin tdr pagi dan siang itu pas 3bln loh..dan 3bln pertama itu kl dia ga tidur nangisss teruss..makanya gue biarin dia tidur. kl ga stress gue hrs gendong2 dia muter2 :( susahnya waktu siang dia tidurr puless,mlm nya dong nangis2 :( mungkin tiap anak kan beda ya..kebetulan aja gue dapet rewell huhu.

    gue udah usahain diajak main, dikenalin malem+siang, dll. spy jadwal tidur malemnya bagus. nothing seems to work. kl malem nya cm laper minta nenen si masih mending. lah ini udah ngempeng, ga mau ditarok di kasur. maunya digendong.

    akhirnya gue gantian ama suami yg jagain. jd pas giliran suami gue kasih asip aja. gue nya nyolong2 tidur 2-3jam. duhhh kl inget masa2 itu rasanya stress bgt huhu, untung udah lewattt hehe

    follow me @ini_dhita || www.inidhita.com ||

    12

    Topic: Jadwal Bayi Baru Lahir

    Kayaknya gue termasuk yang ga terlalu disiplin sama jadwal ya... Dari newborn sampe sekarang, gue ga strict Nara harus mandi jam segini, makan jam segini. Entahlah gue salah ato ga, tapi benernya sih karena gue kasian dia masih pules tidur kok dibangunin buat mandi, sama supaya dia bisa agak fleksibel nantinya. Soalnya dulu ada temen gue yang selalu senewen kalo pas jam makannya dia blom makan, jadi sensi n ngomel2 mulu. Begitu makan baru ceria lagi. Kan gawat juga kalo gitu :D

    Dulu waktu newborn, kadang Nara mandi jam 7 kadang juga jam 9 pagi :D Sorenya juga gitu, sebangunnya anaknya. Mostly sih terjadwal, tapi ya ada deh 2x seminggu molor2 dari jadwal. Sekarang sama aja, terutama wknd soalnya kalo wknd kita suka nap bareng n mungkin karena berasa ditemenin, Nara bisa tidur dari jam 14 sampe 17. Kebluk banget ya. Gue n suami sih udah kebangun tapi kita suka tetep duduk di kamar n ngobrol2. Kalo MIL gue termasuk strict urusan mandi, Nara pasti dibangunin n dimandiin jam 630 sama 1530.

    Makan sama aja... Dulu waktu mulai MPASI jadwal makannya tuh jam 830. Pertimbangannya karena masih perkenalan, jadi pagi2 minum ASIP dulu 1x baru dikasih makan supaya lambungnya ga kaget. Tapi setelah makan 3x sehari, kayaknya jadwal makan paginya terlalu deket sama makan siang (830 n 1130). Akhirnya diganti jadi jam 7 n 1130.

    Ganti2 jadwal kayak gini ngebingungin anaknya ga sih? Pernah baca katanya bayi/toddler sangat suka jadwal, tapi ya emang gue kurang displin kali ya... So far sih Nara gpp (I guess).

    yang selalu kangen sama si pipi gembil

    13

    Topic: Jadwal Bayi Baru Lahir

    otty kalo menurut gue sih tergantung dari orang tua & anaknya kalo urusan jadwal. kalo si anak & orang tua gak masalah dengan jadwal yang tidak konsisten ya silahkan aja. kalo di gue, gue sengaja konsisten, karena biar gampang di gue juga. kebetulan emang naia juga dari kecil selalu on the dot. dia tiap jam 1 malem pasti bangun. dan pagi2 on the dot, jam 7 pasti bangun. rada2 aneh, tapi kadang dia malah jadi alarm kita.

    bukan berarti tapi naia gak yang off ya timingnya. seriiinnng.. apalagi weekend! dan biasanya sih kita juga cuek aja. kadang dia bisa baru bangun jam 8 kalo weekend, karena ya mama papanya juga ga brisik siap2 mau ngantor, jadi bisa tidur tenang. urusan makan juga gitu. tapi kita selalu ngusahain supaya di timing yang sama aja, maksudnya biar si anak ga bingung. soalnya kan masih kecil gak bisa ngomong. bisa aja dia lagi maunya makan, udah kelaperan tapi kitanya asik jalan2.. yang ada rewel.

    seringnya sih urusan bobo yang kalo weekend rada ngaco. kayaknya terlalu happy kalo weekend mama papanya ga ngantor, bobonya kadang cuma bentaaarrr ato malah ga bobo sama sekali. heheh..

    pas naia udah mulai sekolah, akhirnya kita usahain banget supaya terjadwal. maksudnya biar gak susah ngikutin jadwal sekolah nya sih. bangun pagi, siap2, dll. so far buat gue yang kerja, jadinya enak, karena gue bisa ngecek dia harusnya jam segini lagi ngapain.

    ? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
    owner - slesta.com | @slesta

    14

    Topic: Jadwal Bayi Baru Lahir

    slesta Kalo urusan perut, gue jadwalin tapi ya itu kadang dikasih ASIP kadang MPASI. Gue juga ga mau anaknya kelaperan, apalagi di mall, bisa bikin heboh nanti :D

    Oiya, mungkin bangun siang pas wknd gara2 kita ga ribut siap2 kerja ya. Nara juga gitu soalnya. Sekarang sih jadwalnya udah lebih teratur: bangun jam 6, mandi jam 630, makan jam 7, dst. Kecuali pas wknd itu tadi, jadwal makan/minumnya doang yang sama. Selebihnya banyakan molor...

    yang selalu kangen sama si pipi gembil

    15

    Topic: Jadwal Bayi Baru Lahir

    ha! kebetulan banget, ada blog post ttg jadwal pas aina umur 2 minggu. ternyata, baru sekitar umur 2 minggu, bisa terscheduled. hari2 sebelumnya berantakan banget:

    ...ngopi dari blog post (maap, bhs enggres):


    • 2-3AM - either i wake up (breast is full) or aina wakes up (hungry), but we both wakes ari up. feeding time. then, we all go back to sleep again.[/*]
    • 5AM - aina wakes up for another feed. usually, she goes back to sleep again without much fuss.[/*]
    • 7AM - another feed again. but this time, she can’t go back to sleep since the sun is up. my mom does the laundry from yesterday.[/*]
    • 8-9AM - bathing time, she hates it. and this followed by immediate feeding, to make her happy. my mom sweeps the house.[/*]
    • 9AM-1PM - the fussy time. she cries and cries and refused to be consoled. she usually sleeps very little during these hours. she feeds normally, though (2-3 hours apart). my mom continues to clean the house. she also goes to buy groceries and cooks during this time, while koda has her breakfast[/*]
    • 1-7PM - she’s usually calmed down, so this is the time when we have lunch (take turns), ari works, i take naps, mom does too. she feeds as usual.[/*]
    • 8-9PM - we have dinner, getting ready for the last feed of the day. koda also has her dinner during this time.[/*]
    • 10PM - after the feed, we go to bed, along with aina. put sleeping aina on her crib in our room (we have moved the crib to our room) and we move all the breastfeeding stuff upstairs, turn off the lights and go to bed. this is the only time that we can sleep around 4 hours straight.[/*]

    ? comic and crochet addict ?
    theurbanmama.com | @turniptopia

    16

    Topic: Jadwal Bayi Baru Lahir

    emangnya kayaknya kasian yah klo kita bangunin padahal lagi enak2nya..dan emang sebenernya waktu dia tidur kan dia lagi growing..yg pasti kita bangunin klo kira2 emang dia udah cukup tidurnya..kalo baru tidur 15 menit padahl belom tidur...biasanya aku toleransi..jadwal itu kan gak wajib banget..pasti dari 1mggu ada aja hari yg gak sama jadwalnya...tp kita coba alihkan biar gak terlalu meleset juga sih...

    klo buat ibu2 baru dan calon2 mama..kayaknya kalo masih dibawah 40hari n belom puput tali pusatnya ini agak2 susah yah...soalnya dia bener2 new comer di dunia...tp paling gak...kita juga mesti tahu banget tuh kecukupan tidur anak sesuai usianya..supaya tumbuh dengan baik yah...

    tp yang penting dari semuanya kayaknya gimana cara yg mo kita terapin buat masing2 anak kita yang pasti beda2 juga kebiasannya..intinya yg penting supaya belajar disiplin dan tetap menyenangkan untuk dia...
    ..

    a mom with one daughter.snail runner.blog writer.a wife. http://lailaubais.blogspot.com/

    17

    Topic: Jadwal Bayi Baru Lahir

    ibunyafay, thanks udah buka thread ini, saya emang pingin tau jadwal bayi2 lain gimana karena saya termasuk yang seenaknya. hebat2 ibu di sini, setelah baca2 saya pingin lebih teratur, biar anak saya nggak jadi kalong kayak saya :(

    sebelum 6 bulan jadwal apapun unpredictable hampir tiap hari. yang predictable, malemnya mesti nangis2 histeris. tidur saya maksimum 4 jam terpotong2, kalo siang-sore toto tidur nyenyak, saya ribet bersih2 dll dll, lumayan "menderita", tapi semangat punya bayi gede banget, jadi melek terus.

    setelah 6 bulan, hidup mulai agak normal, saya jadi sering molor, malah toto yang bangunin saya kalo pagi. malem, akhirnya toto bisa tidur sendiri, lumayan berjadwal, sekitar jam 9-11 malem gitu dia sudah ngantuk, kadang kalo lagi rewel (sakit/teething) baru mau tidur jam 12-1:30 am.

    jadwal ASI on demand sampe sekarang.

    mandi, nah ini, tidak teratur hehe, sebelum 6 bulan jarang toto saya mandiin 2 kali sehari. lebih sering 1 kali, sore aja. setelah 6 bulan kadang 2 kali sehari, tergantung sikon anak, kegerahan ato nggak. tapi yang pasti pinggang ke bawah di"mandiin" 4-5 kali sehari, setiap kali ganti clodi.

    MPASI, 2 kali sehari (jam mengikuti setelah toto bangun dari first nap nya), snack 2 kali sehari.

    gosok gigi pake saputangan dibasahi air anget, 2-3 kali sehari

    sekian :)

    In the light of the moon a little egg lay on a leaf ~ Eric Carle

    18

    Topic: Jadwal Bayi Baru Lahir

    nambah lagi:

    jadwal jemur matahari pagi banyak bolongnya :( mulai besok bangun pagian (harus melek!)

    In the light of the moon a little egg lay on a leaf ~ Eric Carle

    19

    Topic: Jadwal Bayi Baru Lahir

    waktu arifah masi 1 bulan, aku rajin banget baca2 artikel ttg "jam tidur bayi" atau "mendisiplinkan waktu bayi". niatnya sih pengen dipraktekin, hahah..tapi akhirnya malah ga tegaan n ortunya deh yg ngikutin maunya dia. tapi lumayan juga sih, lama2 cukup terpola.

    -minta nenen mulanya tiap jam, sekarang (5.5 bulan) jadi tiap 3 jam, kecuali pas masanya growth spurt...argggghhh..balik lagi ke tiap jam ato klo sekali nenen bolak balik (payudara kanan kiri) masihhh keliatan ga puas (ampe stres n mikir lagi: asi ku berkurang ya???)

    -soal mandi, ga sll tepat waktu, tp ada kisarannya: pagi jam 6-8, sore jam 4-6

    -jemur matahari: klo inget n pagi2 cerah ;)

    -tidur: nahh ini paling susye..masih belom nemu pola tidurnya! terutama untuk tidur siang. klo tidur malem sih alhamdulillah udah lumayan, dari jam 8 pm-4 am, dg terbangun sekitar 2x buat minta nenen. tapi kadang bangun malem n ngajakin main dulu..

    20

    Topic: Jadwal Bayi Baru Lahir

    mamanya toto wah toto waktu kecil mandinya 2hari sekali... jadi mikir gue dulu (sampe sekarang) mandiin naia itu selalu 2 kali sehari. pagi & sore.. dan duanya mandi yang di keramas. sejak naia mulai sekolah aja nih baru yang di keramas hanya kalo sore aja. soalnya kalo pagi2.. percuma juga.. ke sekolah, panas2an jadi mendingan sekalian sore aja.

    soalnya gue dari naia masih bayi paling seneng ama aktivitas mandiin dia. dan sampe naia umur 1 tahun lebih, biasanya yang mandiin naia itu gue tuh pagi & sore. sekarang udah gak, kecuali weekend.

    ? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
    owner - slesta.com | @slesta

    21

    Topic: Jadwal Bayi Baru Lahir

    gw mungkin sedikit mirip ama otty...

    awal2 gw tuh terjadwal banget gara2 ada campur tangan nyokap juga, jam berapapun nara bobo pas NB dan jam berapapun gw bobo jam 7 gw uda mengejar matahari (taelah pelem amat) untuk jemur dia. Soalnya lebih dari itu uda kepanasan banget. Trus abis itu mandiin..(biasanya sih nyusu dulu sebelom mandi) baru bobo...trus gw juga harus uda kelar ini itu,...pokoknya kalo siang sedikit terjadwal kalau malemnya meh kacau balau hehehe...

    tapi setelah 40 harian uda enakkan deh, dia tidur malamnya juga lebih "manusiawi" dan gw juga kayaknya ngurusnya semakin pinter dan lebih santai.

    Pokoknya malahan semakin ke sini gw lebih ngikutin cue anak gw. Apalagi setelah dia napnya siang uda cuma 2x sehari. Jadwalnya Nara tuh biasanya kira2 aja gini

    jam 7.oo -9,oo: setelah bangun,diantara jam ini uda mandi, makan, main,
    10.oo-12.oo: dia uda ngantug lagi jd nap time, stlh bangun makan, trus main
    13.oo-15.oo: setelah main2,biasanya nap time lagi (pasti jam segini ngantug lagi dia)
    16.oo-18.00: jam2 lagi mandi, makan sore, maen sambil menunggu bundanya
    19.oo: kalo weekdays gw biasanya take over setelah pulang kantor, main bentar sama gw, trus siap2 bobo

    kira2 gtu deh...ga patokan setiap hari gini sih, ada kalanya makan paginya mundur gara2 semalemnya dia ngajak maen ga bobo, alhasil tidur telat, atau kadang jam makan siang malah ngantug gara2 nap time 1 tidur bentar...yaaa tergantung Nara deh..:)

    22

    Topic: Jadwal Bayi Baru Lahir

    believe it or not, jadwal bayi Raka sampe anak kecil Raka (from then till now) masih mirip.

    then


    • nenen trus tidur lagi
      [/*]
    • mandi (mandi sama gue sblm berangkat kantor) lanjut jalan-jalan sekeliling komplek
      [/*]
    • pas udah MPASI ya makan
      [/*]
    • biasanya abis makan tidur
      [/*]
    • bangun tidur minum ASIP, makan cemilan lanjut main-main
      [/*]
    • makan siang
      [/*]
    • tidur siang
      [/*]
    • bangun tidur minum ASIP, mandi sore, jalan-jalan komplek
      [/*]
    • makan malam
      [/*]
    • gosok gigi, ganti piyama, nenen
      [/*]
    • malem biasanya bangun 1-2x[/*]


    now

    • bangun tidur, minum susu, mandi, sarapan
      [/*]
    • berangkat sekolah (snacking di sekolah)
      [/*]
    • makan siang
      [/*]
    • tidur siang
      [/*]
    • bangun tidur, snacking lagi
      [/*]
    • main-main atau nonton tv, mandi
      [/*]
    • makan malam, minum susu lagi
      [/*]
    • gosok gigi, ganti piyama, tidur[/*]


    mirip kan? jamnya juga ngga bergeser banget. yang beda hanya tidurnya sekarang lebih sedikit, lalu karena sekarang ngga nenen jadi gosok gigi malam setelah minum susu. trus ngga suka kebangun lagi kalo malem. udah deh.

    And thelilsolder is back. Fire!

    23

    Topic: Jadwal Bayi Baru Lahir

    sLesTa wrote:

    mamanya toto wah toto waktu kecil mandinya 2hari sekali...
    wrote:


    eh enggak lho, jarang 2 kali sehari, tapi pasti 1 kali 1 hari, sore :)

    In the light of the moon a little egg lay on a leaf ~ Eric Carle

    24

    Topic: Jadwal Bayi Baru Lahir

    yah emang kok..kadang kita terpaksa nularin kemalasan2 kita ke anak..awalnya aku gitu juga..tp akhirnya harus disingkirkan..kasiaann..nanti kebiasaan dia sampe tua..:D

    a mom with one daughter.snail runner.blog writer.a wife. http://lailaubais.blogspot.com/

    25

    Topic: Jadwal Bayi Baru Lahir

    wow..bangunnya pada pagi2 bgt ya..hehehe..Leica dong juara,..bangun paling cepet jam 10. jeng jeng..hobinya tidur malem sih..jam 12-1an gitu..skalinya bisa tidur jam 8/9 yaa jam 11 kebangun lagi maen2 baru tidur jam 12an. hebat deh..ibunya jadi suka ikutan molor gara2 baru tidur jam 3an. kebiasaan dari hamil sih..
    tau sih gak baek, cuman mo ngerubah susah bener..giliran leica dibangunin pagi susah banget..balik tidur mulu..(kebluk ;p)

    tapi mandi sehari 2 kali tetep..jamnya aja yg gak tentu. kalo sore antara jam 4/5 gitu. dan dari bayi leica pasti mandi paginya keramas, abis kalo gak suka kecut..keringetan mulu dia..

    Leica and Lucca in the sky with diamonds