1

Topic: Labeling

hi moms dads,

pengen sharing aja. pernah suatu hari kami kedatangan tamu yang bawa anak. anaknya seumuran deh sama anak saya yang pertama (3 tahun). trus anaknya ini nempel banget sama ibunya jadi ga mau main sama alde. padahal kita sih ga apa2 kalo anaknya ga mau main tapi keliatannya sang ortu berusaha banget agar anaknya main bareng alde... dan anak itu... nangis.

ibunya berkomentar... "ah kamu tuh cengeng..." sekali... dua kali... tiga kali... :(

bingung juga sebenernya ngadepin situasi kayak gini. kan kasian aja anaknya dikasih label cengeng oleh ibunya sendiri. ntar bisa beneran cengeng dong :(

what do you think, moms... dads?

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

2

Topic: Labeling

wah nit.....ga tega banget deh bacanya....kl mnrtku sih kita sbg ortu ga boleh maksa anak ya, apalagi dengan memberi "label" yang berkonotasi negatif seperti itu ya...kasian anaknya...ntar dia bakal ketanam di otaknya kalo "i am cengeng" dan kebawa sampe gede, kasian kan......

idealnya sih emang kita harus selalu ngasi positive enforcement ya ke anak kita...tp i know it's easier said than done....kudu sabar....

kayaknya gw kudu belajar ama ninit nih...kan udah 2 sekarang, pengalamannya lebih banyak :)

~ Diba's Bunda ~ Living by the shores of Matano Lake ~ Occassionally attempt to bake ~ Book lover
@annsjamsu

3

Topic: Labeling

sejauh ini sifat kita wait & see, karena masalah anak adalah hal yg sensitif dan personal bagi masing2 ortu. atau kalau memang kata2 yg keluar sudah keterlaluan "menurut standard kita," salah satu dari kita harus ajak vanya keluar alias pergi (dengan alasan yg tidak menyingung tentunya)

yg pasti dari kitanya yang harus rajin & kreatif menerangkan si kecil ketika tamu sudah pulang. kenapa tadi mamanya sampai bilang begitu atau tanya sama si kecil pendapatnya soal yg tadi.

berhubung kalau di toko, model tamu yg datang macam2 dan kata2 yg keluar juga macam2. jadi pas setiap tamu pulang, kitalah yang harus rajin filter semua omongan2 yang terjadi di lapangan kalau memang dianggap tidak berkenan bagi standard kita :D

bapak dari vanya sekaligus baby assistant di nenen baby shop

4

Topic: Labeling

Seneng deh ketemu bunda diba disini juga! Yuhuuuuu hehehe :)

Iya Nit, kasian yah kalo anak dilabelin begitu. Dia bakal inget terus dan cenderung nge iya in labelnya. Kalo aku sih biasanya pake kata yang berbeda beda untuk kasus yang sama. Jadi gak kayak label.

Misalnya Bigha nangis utk hal kecil.

Pertama kali ngebilanginnya 'Big, jangan nangis, kan udah jadi kakak!'
Next time begitu lagi 'Eit, inget gak lagunya Bukan Superman, kan LAKI LAKI GAK BOLEH NANGIS...!' (liriknya begitu, biasanya ujung ujungnya malah nyanyi bareng hehe)
Kapan kapan lagi 'Eh pinter mau nangis gak jadi yah, pinter deh kakak!'

Pokoknya intinya sama, jangan cengeng. Tapi kata-katanya di modify terus. Walaupun ada hal hal tertentu yang susah banget harus dibilangin lagi lagi lagi 234x (hehehe berlebihan yah), dia tetep nggak ngerasa di cap jelek.

ibu, tapi bukan ibu-ibu

5

Topic: Labeling

Memang sulit untuk bersikap bijak (duile), kadang2 karena ngga sabar, keluarlah kata-kata "labeling". Aku dulu suka begitu tuh, tapi kalo lagi sadar enggak :D Yang gue lakukan kalo my Lil Soldier (tuh labeling lagi) nangis:

1. Ask why
2. Ask him to show his feeling in words 'Aku sedih', 'Aku marah', 'Aku tidak suka' dsb.
3. Ask how

Anakku tau bahwa bayi menangis karena belum bisa berkomunikasi, maka ketika dia menangis berarti ada sesuatu yang tidak bisa diutarakan dengan kata-kata.

Labeling kan ngga sebatas 'cengeng' ya, kalo memberi label seperti 'Little Soldier' karena dia cita-cita banget jadi tentara masih boleh ngga ya?

And thelilsolder is back. Fire!

6

Topic: Labeling

wah, gue juga sangat menyayangkan kalo ada orang tua yg mencap negatif anaknya sendiri.. seperti label cengeng, nakal, bego, dsb, dst.
bener kata bundadiba itu lama2 bakal tertanam di otak mereka bahwa dia itu nakal, cengeng, penakut dsb.
segimanapun kita merasa anak kita misalnya spt yg ada di label tersebut, sebaiknya jgn diucapin apalagi ke orang banyak.
mesti pinter2nya kita ganti pake kata lain yg lebih baik seperti yg desylittlebig bilang. :)

thelilsoldier.. kalo labelnya nggak negatif ya boleh dong.. malah anaknya akan bangga kan hehehe

7

Topic: Labeling

hi hi ibunya bigha!!!! apa kabar???? udah lama nih ga belanja ya...heehhe...bigha mau punya adek ya bentar lagi.....senangnya.....

thelilsoldier....setuju ama chint13, kalo labelnya positif ga papa dong ya.....keren malah label anaknya hehehhe

lucu juga pake ide kata2 dari lagu ya....tp diba ga pernah denger lagunya superman tante dessy, gimana dong? ntar deh dicari lagunya yg pas apa aja

idealnya sih emang kalo anak lagi "bertingkah" ditanyain hal2 seperti thelilsoldier bilang, tapi kadang2 kenyataannya susah ya.....kan lagi not in the mood ceritanya...tapi biasanya sih kalo udah kelar, Diba sukanya bilang: Diba sendi (baca:sedih) bunda.....padahal kadang ga nyambung ama konteksnya ya, tapi at least masih bisa diajak ngomongin perasaannya kan ya....

~ Diba's Bunda ~ Living by the shores of Matano Lake ~ Occassionally attempt to bake ~ Book lover
@annsjamsu

8

Topic: Labeling

Wah Nit..sering banged kejadian yg ky gitu di sini..banyakan ortu ga sadar dan bilang "She/He is shy"..padahal mah kt nya jg gpp klo anak mrk belum mau main sm Sarah..

Biasanya...kita yg bilang misalnya "It's okay if Kayla is still not comfortable yet..maybe next time you come...she will start to open up"...gitu aja...

Labelling dimana2 dlm bahasa apa aja..ada..lucunya..punten bukan gimana2..pernah kejadian..

Ada tamu ortu Jerman..nge label anaknya dengan pemalu, nakal, dsbnya..

Saya bersimpati dan bilang dlm bhs mereka..."Das macht nichts, wir verstehen"...artinya cukup sederhana "Tidak apa2, kami mengerti" dan ini membuat ortu Jerman minta maaf pd kami sebab nyadar krn memberi label pd anaknya pas kebetulan di depan yg ngerti bhs mereka...

Yg terjadi...biasanya minggu2 berikutnya..anak2 yg main bersama anak kami sudah tidak malu2 atau rada2 heboh lagi...

Gitu aja dulu ya Nit...dan Diba's Bunda..dan chint13 dan thelilsoldier..

Salam :)

A Bandung mother, teacher and traveller, who currently lives and works in north Canada with her husband and daughter.

9

Topic: Labeling

Duh Nit, ini subyek mata kuliah yang gue ajarin di kampus nih.
Labeling jika dilakukan secara negatif dampaknya akan sangat negatif dan berkemungkinan besar menjadi bagian dari pribadi serta meninggalkan luka mental. Sebuah eksperimen dilakukan selama 4 tahun terhadap anak kembar. Yang satu selalu di label terpuji dan satu di label anak bandel. Hasil bentuk sosial ini mempengaruhi pergaulan si anak hingga ke nilai dan karakternya.

Labeling is believed detrimental to self-esteem and self concept (McDermott, 1993). Students with mental disabilities (labeled) cease to be perceived as real people. Rather, their deficits are diagnosed and labeled, and they are treated accordingly.

Jadi gak cuma dia yang merasa terlabel, tapi nanti orang lain akan ikut memberi dia label karena mendengar dia seperti itu dari ibunya, tetangga, pembantu, dll.

Selama ini aku dan istri mencoba "positive reinforcement labeling", contohnya bila Vira mecahin gelas. Kita selalu bilang "Vira kepinteran nih" dan ajarin kepada dia kalau mau sesuatu minta tolong, "kalo mau buru-buru pinter nanti malah rusak, kan Vira belum sampai tangannya".

Salah satu cara yang menurut saya efektif agar anak kita tidak diberi label oleh orang lain adalah mengajarkan dia minta maaf dan berani minta maaf. Ini harus kedua orang tua nih sepaham, jangan sampai karena anak nangis, dia gak mau minta maaf, kita jadi "ya udah, kita pulang aja yuk", karena kasihan anak kita nangis. Yang terjadi nanti ada labeling dari orang tua pihak lain. Hal ini sudah kita praktekkan waktu Vira pertama kali berantem di sekolah.

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

10

Topic: Labeling

Oh maaf lupa ada yudhis juga...salam kenal ya semuanya kecuali Ninit hi hihi...:)

A Bandung mother, teacher and traveller, who currently lives and works in north Canada with her husband and daughter.

11

Topic: Labeling

Oh ada Urban Papa juga...salam kenal ya...btw, kompakan namanya ya Urban Mama..Urban Papa..:)

A Bandung mother, teacher and traveller, who currently lives and works in north Canada with her husband and daughter.

12

Topic: Labeling

momss wktu di pengajian kmren di bahas yg kek gini..
ustad nya cerita, dulu dia prnah ketemu ma imam besar masjidil Haram.
trus di tanya knp beliau bisa menjadi imam di masjidil Haram tsb,,
di jawab nya... krn ini berkat doa ibu nya..
jadii beliau cerita bahwa wktu kecil tuh nakaaal bgt..
kejadian yg di inget, suatu hari ketika ibu nya sedang memasak
sang imam "kecil ini numpahin pasir ke wajan... mengetahui hal itu si ibu pun maraah besar,, sambil berkata.. "Wallahi (demi Allah), smg kamu bsk mnjadi imam masjidil haram"
nah,, jadii meski kita lg sebel ato marah trhadap anak, tapi sebisa mngkin berkata lah yg baik, bukan nya setiap prkataan ibu bermakna doa bagi anak nya...

13

Topic: Labeling

Urban Papa, Inez, tfs.
Sebenernya gue masih bisa nahan diri untuk tdk me-label anak dengan sebutan jelek. Cuman berhubung anak gue punya rasa ingin tau yang lumayan gede, trus aktif banget, trus ditambah dia suka ngelucu, nanny-nya di rumah suka bilang "Raka nakal" sedih deh.

And thelilsolder is back. Fire!

14

Topic: Labeling

hmm yang nyebelin kalo ada org lain (even masih keluarga ya) yang justru memulai labeling ini...mungkin awalnya becanda atau untuk lucu"an, seperti "duh...bandel banget sih" atau "wah dari kecil udah keliatan nih sifat pemberontaknya"...

aku ada pengalaman dimana salah satu saudara menganggap anak yg bandel itu adalah suatu "kebanggaan" tersendiri, karena katanya "kalo nggak bandel ya bukan cowok namanya"... jadi sejak babyku kecil udah di"komporin" untuk jadi "bandel". sebel banget deh rasanya, dan mau ngomong juga gimana ya caranya tanpa menyinggung dia yang lebih tua.

thelilsoldier, totally understand your feeling karna emang anak kecil, apalagi cowok, kadang energinya suka berlebih kan...hehehe..but we can make it into positive things, right? =)

a working mum who longs to be at home with baby yo all day.

15

Topic: Labeling

Inga i feel u. Gw juga ngusahain ngga pernah bilang 'nakal' ke Nara, tapi ternyata mbaknya suka make kata 'nakal'. Sebel deh... soalnya akhir-akhir ini pas gw negur Nara, gw suka nyuruh Nara mikir salahnya apa, trus dia jawabnya "...karena Nara nakal ya Bunda?" hikks sedih. Abis itu gw yang balik sibuk nerangin ke dia klo dia bukan nakal tapi gw menekankan hanya ke salahnya aja. Gw pengennya dia tau salahnya apa supaya ngga diulang, ga pengen sampe sejauh 'nakal' atau 'bandel'

superpippo jadi penasaran sama saudaranya...apa dasarnya dia mikir klo anak bandel itu malah keren?

metariza.com | mother of two |@metariza

16

Topic: Labeling

superpippo wrote:
hmm yang nyebelin kalo ada org lain (even masih keluarga ya) yang justru memulai labeling ini...mungkin awalnya becanda atau untuk lucu"an, seperti "duh...bandel banget sih" atau "wah dari kecil udah keliatan nih sifat pemberontaknya"...


wah, iya... gue juga kewalahan nih ngadepin kayak begini. soalnya, lingkupnya di para tetua di keluarga (tante, om, etc). jadi kita ga bisa frontal nentang. mereka demen banget nge-judge cucu2nya dari pas mereka dibawah satu taun: "wah, dari kecil udah keras kepala, sama ama nyokapnya", atau "wah, bakalan susah makan nih gedenya, gen-nya ada sih".

mengingat gue dulu dilabel kayak gitu, setengah mati gue berusaha biar aina ga kayak gitu. tapi dengan orang lain nge-label, jadi susah banget untuk aina ga mengecap dirinya sendiri sebagai "saya emang dari sononya keras kepala". atau, "susah makan gpp, kan emang genetik".

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

17

Topic: Labeling

Dari masih di dalam perut gue, orang2 kantor udah ngasih label untuk Nara. Kan mereka nanya "Anaknya cewe ato cowo bu?". Ya gue jawab cowo... Langsung disambung "Wah nakal itu nanti". Hiks, kasian kamu nak, blom lahir aja udah dapet label ga enak :(

Sekarang gue lagi usaha ngajarin si mbak untuk ga ngasih label2 negatif buat Nara. Untungnya si mbak emang dari sananya "cukup positif". Jadi kalo Nara ribut minta dimandiin/ganti celana karena pup, si mbak bakal bilang "Nara pinter ya, udah ngerti kalo risih..." sambil ngegantiin celananya.

Yang susah justru sodara sendiri seperti kata superpippo n thalia, emang sih mereka ga maksud ngedoain jelek tapi ya emang udah kebiasaan kali ya. Ngeliat Nara minum/makan banyak, langsung aja dibilang rakus n dibenerin sama suami "Nara anak pinter, makan n minumnya habis terus ya". Kadang2 kalo Nara terlalu aktif bolak-balik n teriak2 juga dibilang bandel, n biasanya langsung gue bilang "Ga bandel oma, Nara cuma agak aktif aja kok".

Semoga label2 negatif itu ga kebawa sampe besar deh...

yang selalu kangen sama si pipi gembil

18

Topic: Labeling

iya bener sih, kalo misalnya lagi maraaah banget sama anak... hati2 dalam berucap. sebab itu bisa jadi do'a. apalagi perkataan ibu. jadi sebaiknya berucap yang baik...

tfs, inez :)
jadi penasaran siapa imam tsb.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

19

Topic: Labeling

gue selalu memberikan label anak gue, "kebanggaan mama-papa" alhamdulillah gue adalah seorang FTM jadi punya banyak waktu untuk mengurus anak. semoga aja, gak terucap hal2 negatif buat anak gue dari mulut gue sendiri.

heyho.. mama mer is in the house yoo..
*peace*

20

Topic: Labeling

inez
Wah jd kl marah sebaiknya kita lgs mendoakan aja yaa..:)
amiin amiin...tfs

Dulu, rasya dtg ke pesta ulang tahun sepupu jauhnya yang umurnya 5thn..
Kebanyakan yg dtg umur nya 3-5thnan
Sedangkan rasya sendiri baru 1thn lbh..
Di pesta itu ada pertunjukan badut, sulap n puppet show
anak2 disuruh duduk rapih di depan panggungnya
Yah namanya jg anak kecil, mana betah si rasya disuruh duduk anteng.
Jd lah dia lari kesana kemari..bahkan sampe naik2 ke panggung ikutan joget dan ketawa2..
Kl menurut ku yah lucu2 aja namanya jg anak kecil...dan byk bgt yg ketawa2
Tp ada orang tua (msh sodara jg) bilang "aduuh rasya nakal sekali sih, ga mau di atur..ga bs yah anteng sedikit"..
Asli masih inget bgt kata2 org itu...
Bukan sedih lg moms...aku lgs nangis di tempat..
Tp alhamdulillah ayahnya lgs speak up...menerangkan apa yg rasya lakuin itu krn rasya itu aktif n ga bs diem..emang dr bs jalan suka bgt naik panggung..pengen jd artis kalii
Tp akunya dah keburu sedih...sebeeeel bgt

Labeling dr org lain itu emang ga bs kita hindarin yaa
Yang penting kita sebagai orangtua nya jangan sampai bgitu
Mudah2an kl sdh kuat dr rumah, anaknya ga akan merasa kl "label" yang dia denger dr luar itu bener..

'Being a full-time mother is one of the highest salaried
jobs... since the payment is pure love' ~mildred~

21

Topic: Labeling

inez thanks buat ngingetin. iya itu bener banget! gue seriiinng banget diceritain ini ama nyokap. maksudnya tuh dia suka curhat kalo lagi kesel ama adek gue.. dia bakal bedoa.. dan tetep bilang kalo anaknya itu adalah anak yang baek, dll. karena gimana pun juga ucapan dari ibu adalah doa, jadi kalo keluarnya jelek nanti anaknya yang kena. jadi gue selalu inget2 ini nih.

ysee ih, kok gitu banget siih yaa? kadang sodara tuh suka ga sadar deh, mentang2 sodara bisa ngomong seenaknya aja.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

22

Topic: Labeling

hi hi hi kalo ngecap dan manggil anak si centil gimana ? cute kan.
Gue jg suka bilang gini, aduuuh karakter kamu keras banget nak mixed dari papa n mama nih,
apa apa ngga ?

@LizCherie

23

Topic: Labeling

Salah satu pelabelan yang bs bikin anak ga pd, kalau udah mengungkap masalah fisik, ky si kurus, si gendut, si pesek, hitam dsb.

Dulu waktu gw kecil (smp sekarang siy :p) tubuh gw amatlah kurus. Gw inget bgt kalo lg jalan ma ortu tiap ketemu orang, pasti orang nanya umur gw berapa dan setelah gw jawab pasti orang tsb berkomentar "oo..umur segini..koq kurus yaaa?" Sampai gw sma itu bener2 bikin gw ga pd. Gw merasa jelek bgt..apalagi gw ga punya pacar. Gw menganggap co ga ada yg suka ma gw krn gw jelek. PD gw baru muncul setelah kuliah, saat temen2 gw banyak yg nanya resep kurus gw..n bilang bdn ky gw cocok pk baju model apa aja.. *gr pun dimulai*

Nah berdasar pengalaman itu, gw ga mau anak gw mengalami hal ky gw. Sedih bgt krn MIL gw dulu sering manggil anak gw si gendut.. Kemarin2 gw bilangin juga kalau gw ga mau ada label fisik dlm memanggil anak. Akhirnya berenti juga..eeeeh tapi..keluar yg lain.. (anak gw ga mancung), tiap lg main MIL menarik2 hidung anak gw sambil bilang "biar mancung..biar mancung" hgggh..bt banget rasanya..untung aja nyokap sepaham dgn gw. Nyokap bilang ke MIL, "gapapa, hidung ciptaan Allah. Kalau qt msh mempermasalahkan bentuk hidung cucu qt yg fungsinya msh berjalan dgn baik, berarti qt ga bersyukur." hihi..manjur juga..MIL langsung diam..

lovely mommy with 2 lovely kids

24

Topic: Labeling

Inez, makasih udah ngingetin.. :)

gue pernah baca kalau kita 'mengkritik' anak, sebaiknya bukan pribadinya yg dikritik, tapi perbuatannya.
misal, bilang 'mencubit itu nakal' instead of 'adek nakal'
jadi kalau ada orang bilang anak kita nakal, mungkin bisa dijelasin 'ohh.. maksud si mbak, waktu kamu nyemplungin sandal ke masakan si mbak, itu tidak baik. mama tau adek bukan anak nakal, jadi jangan suka nyemplungin sendal ke makanan lagi yah..'
palingan besok2 dia nyemplungin sepatu... :)
gitu deh kira2..

25

Topic: Labeling

wah, baru baca...
setuju sama thal & superpippo paling susah kalo ngadepin orang lain yang masih keitung sodara. Apalgi anip masih cucu pertama dari kedua pihak. Terus kebetulan dua-duanya rumahnya deket. Biasanya segala yang kita rancang buat anak itu jadi ga maksimal karena ada campur tangan mereka.
Label yang paling sering ditempelin itu ya anip manja, iseng, jahil dan kadang lebay (banyak ya? hiks)

kalo udah gitu biasanya nenek/org rumah lain langsung di-briefeing. tap memang susah sih ngilangin kebiasaan melabel seperti ini, karena waktu kecil gue juga suka dilabel dan udah ngerasain banget efek negatifnya. sebisa mungkin pengen menghindari hal seperti ini.

gue juga setuju sama fanny sebaiknya memang tindakannya yang dipermasalahkan, bukan anaknya. kalo habis nasehatin anip (kadang2 masih suka kelepasan marahin dia) biasanya gue ama ayahnya selalu bilang kita kasih tau anip karena kita sayang sama anip, dan yg anip lakukan tadi kurang baik..terus mulai main sebab-akibat. mudah2an gue & ayahnya cukup sabar untuk menghindari labeling gini *praying*

"Yes you can't be the real Ultraman, dear. But you will always be my hero..."
twitter @ngiuphobia | www.LittleHouseofRena.com