1

Topic: Baby Shower

mamas yang sedang hamil atau pernah hamil...
adakah yg pernah bikin acara baby shower?

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

2

Topic: Baby Shower

baby shower tuh selametan gitu ya Nit? 4bulanan atau 7 bulanan gitu?

And thelilsolder is back. Fire!

3

Topic: Baby Shower

thelilsoldier - iya, selametan gitu, kalo ga salah umur 7 bulan, ya? CMIIW... trus biasanya tamu2nya pada bawain hadiah buat si bayi. jadi mengurangi pengeluaran ortunya... heheh.

gue dulu ga pake baby shower/selametan segala sih. jadi ga tau.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

4

Topic: Baby Shower

inga kalo di luar negeri biasanya ya deket2 mau lahiran. basically ya perayaan kedatangan si bayi. jadi acaranya seru2 gitu.. dan yang dateng bawain barang keperluan bayi, jadi memudahkan ibunya.

di indonesia ada yang namanya nujuh bulanan, tapi ada sebagian yang gak merayakan nujuh bulanan, tapi dijalanin pas 4bulanan.

jadi anything sih.

hayoo kalo ada, share dong! sama foto2 dan acaranya ngapain aja. *ehem* kebetulan ada majalah yang pengen cover ini dan pengen tau member TUM yang pernah ngerayain baby shower.. hayoo buruan share yaa! :)

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

5

Topic: Baby Shower

Slesta - bener ga sih kalo 4bulanan itu adat sunda?
Gue betawi-jawa, suami padang.Dulu sempet mo ngadain 4bulanan gitu,tp pas nanya mertua di keluarga ga pernah bikin kaya gitu. Di keluarga nyokap gue sendiri ngadainnya nujuh bulanan. Tp gue akhirnya ga ngadain kedua2nya sih. Hehehe. Btw,dari acara 4bulanan yg gue datengin..ga ada satu pun tamu yg bawa hadiah buat bayi.Karna mitos yg ga boleh beli2 sblm hamil tua itu kali ya (tp ini kan dikasih ya? Ga beli).

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

6

Topic: Baby Shower

nyanya setau gue yang 4blnan itu lebih ke agama (muslim). karena roh si jabang bayi itu masuk di umur 4bln, jadi biasanya dibikin selametannya pas 4blnan. gue dulu sih pas 4bln kan masih di spore, jadi nyokap gue bikin pengajian. tapi pas 7 bulan kebetulan gue lagi di jakarta, bikin lagi pengajian juga.. ga pake acara nujuh bulanan adat sih.. tapi ya hanya pengajian biasa aja. minta didoain biar lahirannya lancar.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

7

Topic: Baby Shower

Hey moms... Waktu hamil... Gw dibuatin surprise baby shower sama beberapa temen deket... Ini sukses bgt surprise-nya krn suami gw dengan sukses bisa ga ngebocorin rencana ini :)

selain di 'hujani' dengan hadiah, acaranya diisi dg games yang berhubungan dengan bayi. Seperti minum teh dari botol susu. Terus nebak rasa cokelat yang ada di diaper (it really look like a real poo hehe). Dan tebak foto masa kecil dari semua yg hadir.

Pas baby shower itu... ada satu aturan, yaitu ga boleh nyebut kata bayi, baby or babies... Yg nyebut mukanya dilumurin pake lotion warna putih... Kebayang kan... Acaranya berhubungan dg bayi dan pastinya secara ga sadar kata itu pasti kesebut... Akhirnya sore itu kita celemotan di Portico-Sency...

Gw blm sempet upload foto2nya disini... Tapi kalau ada waktu bisa liat di fb, my account is IntanDian Sarwono...

A brand new mom who loves the smell of mint, the taste of berries and the unexpected twist of life.

8

Topic: Baby Shower

Gue termasuk yang ga bikin acara apa2, gara2 menurut gue kalo doa ya bisa tiap hari, yang penting ikhlas. Bokap gue yang Jawa cuma bilang "buang2 uang" pas gue tanyain tentang 7 bulanan :D Apalagi nyokap gue yang orang Kalimantan, lebih males lagi bikin gitu2an. Jadi cocok, gue ga bikin apa2 hehe...

yang selalu kangen sama si pipi gembil

9

Topic: Baby Shower

waktu hamil, aku pake acara 7blnan. acaranya pengajian aja sama ibu2 pengajian di sekitar rumah, ngga pake acara adat. dan emang ngga ada yg ngasih kado juga. yg ada mesti nyiapin bingkisan buat ibu2 pengajian yg udah berbaik hati menyempatkan untuk dateng :)

intandian,
iiih.. denger ceritanya aja udah seru bgt. ntar (kalo) hamil anak kedua mau minta dibikinin surprise juga ah :D :P
looking fwd for the pics..

10

Topic: Baby Shower

Hi Mum,
Kalau saya dulu ada acara :
1. 7 bulanan kehamilan (mamaku yang buatin) karena aku ada di kalimantan, hal ini kami lakukan sebagai wujud syukur kepada Alloh SWT atas kehamilanku dan memohon kemudahan dan kelancarannya kelak melahirkan. Bagi kami tidak ada istilah buang uang (sorry mum...otty ini bagi kami), tokh makannya dibagi dan kita berbagi soalnya mum
2. Ketika Aqiqah, Wajib bila mampu didalam Agamaku
Itu aja sey....

MamanyaShabrina
"Yuk berhemat pemakaian Listrik dan Air serta kita pilah sampah organik dan non organik di rumah kita" :D

11

Topic: Baby Shower

Hwaaa ikutan yaaa...

Aku orang Jawa, hubby orang Bima...terutama dari keluarga papaku nuansa adatnya masih kental...tapi kalo mo ngikutin adat Jawa banget kan bawaannya selametan mulu tuh, nah jadilah kita ambil jalan tengah (berhubung adat Bima gk ada juga yg namanya 4 bulanan or 7 bulanan)...kami cuma pesen makanan aja untuk dibagi2kan ke tetangga2 terdekat dalam bentuk nasi kotak untuk acara 4 bulanan yang menunya dipandu sama nenekku...ada urap, peyek, dsb...terus harus ada ayam inkung (ayam bumbu kuning yang dimasak utuh, gk dipotong-potong)...kalo ini kita pesen 3 ekor aja...1 buat di rumah, 1 buat omnya hubby yang paling deket, 1 buat di rumah mertua....sebelum dibagi2in kita berdoa bersama dan semua makanan pesenan itu ditaro di tengah2 ruangan...jadi "kena" doanya hehehe....

Pas 7 bulan rencananya mo bikin begitu lagi...apa daya Aira keburu lahir :P, jadilah pas Aira pulang n puput puser dibikinin selametan puputan aja yang sama kaya 4 bulanan itu. Seru aja sih, lebih ke seneng karena bisa berbagi kebahagiaan tanpa perlu bermewah2 :)

Sayang ndak ada fotonyaaaaa.... :((

coffee is one of my best friend...

12

Topic: Baby Shower

Kalo gw dulu acara 4 bulanan yah pengajian gitu karena alasan yang dibilang slesta umur 4 bulan kan rohnya udah masuk ke raga bayinya,,
Kalo di komplek rumah gw sih suruh siapin parfum (yang biasa kita pake) plus air isinya bunga bunga gitu yang wangi terus pas baca shalawat gitu ibu hamilnya berdiri nyamperin semua ibu2 sambil ditoel pipinya pake aer bunga terus kita nyemprotin parfum ke ibu yang abis noel pipi kita pake aer.

Nah pas 40 harian Ghiffari jg gitu kan potong rambut tuh ceritanya sambil dipotong rambutnya sekuprit dia ditoel pake bedak.. sebel deh jadi cemong cemong gitu mana gw blm tau kalo ga boleh dipakein bedak tabur wkt itu. :(
Malah banyak yg ngasih kadonya justru pas acara ini.

Dan pengajian ini berlangsung selama kurang lebih 3-4 jam,, Pegellll banget hehe.. Tapi gw salut sama ibu2 pengajian yaang rata2 udah nenek2 itu.

Btw IntanDian kayanya seruuuuu,,, mau dunk cerita lengkapnya..

Gw baca di majalah ayahbunda no.17 jg lagi bahas baby shower. Jadi kaya bikin baby wishlist gt ga si? atau segimana dikasihnya?

13

Topic: Baby Shower

Ayo intandian tolong ditulis dengan lengkap ceritanya dan pajang foto2nya juga :)

yang selalu kangen sama si pipi gembil

14

Topic: Baby Shower

Hai Mamas.. Gw termasuk yang mengadakan baby shower atau acara adat nujuh bulanan.. Untuk mempertahankan tradisi aja sih.. Kebetulan eyang gw (buyutnya anak gw) masih ada, jd masih diajarin tradisi2 jawa.. Sampai upacara turun tanah (tedhak sithen) anak gw juga dilakukan.. Ada foto2nya di rumah.. Nanti malam gw share yaah mamas.. :)

Vania : Nata & Arsa's mom
http://vaniasatriadi.com @drVania

15

Topic: Baby Shower

Slesta - hoo gitu.Brarti bkn bdasarkan adat mana dong yaa..hehe,kirain.
IntanDian - aih serunya.Ditunggu foto2nya yaaa. Penasaran bgt!

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

16

Topic: Baby Shower

IntanDian: share juga fotonya di sini dong.. Soalnya gak bisa buka fbnya.. Hehe. Pasti seru banget!

Vania : Nata & Arsa's mom
http://vaniasatriadi.com @drVania

17

Topic: Baby Shower

kl gw ki makasar ga ada acara gituan, tp mertu yg sunda keukeh mau 7 bulanan akhirnya diambil jalan tengah kita sembayangan aja dirumah ama seorang bruder yg kebeneran dtg dr jogja. Nyediain tumpeng and kue yg manis2(waktu itu pake kelepon) biar anak byk rejeki, katanya... mau uplod foto tp malu abis waktu hamil muka bengkak bgt jd ga pede :(

happy with my lovely hubby and cute evelyn

18

Topic: Baby Shower

wah gw sama persis kaya slesta..acara 4 bulanan ya itu pengajian karena usia 4 bulan itu udah ada raga nya..nah tapi waktu itu sempet rebutan acara 4 bulanan mau di rumah ortu gw atau mertua, jadilah gw kasi solusi di rumah mertua pas 7 bulanan..pdhl gatau maksudnya apa..hehe jadinya ya pengajian juga..katanya sih yg adat 7 bulan gitu adat Jawa yah?

~Aysha's mom~

19

Topic: Baby Shower

wah seru banget ceritanya mba IntanDian!*menunggu sama2 dengan mamas yang lain;D*

gue juga ada 7bulanan, di rumah mertua di Jakarta. Sebenernya kalo keluarga hubby sih ada keturunan Chinese, tapi karena gue masih ada Jawa2nya, so gue juga ngadain 7bulanan. acaranya sembahyangan/ibadat oleh bapak dan ibu yang ada di lingkungan sekitar rumah ibu mertua, kemudian dilanjut bikin rujak. hohoho..dan pedes abisss..

katanya kalo rujaknya pedes, anaknya cewek..eh terbukti..tapi ini si percaya ga percaya aja seeh..

20

Topic: Baby Shower

Hey mom ikutn sharing yaa... Aq org bali dgn adat yg msh kental bgt, suami ambon-jawa ..otomatis acara 7bulanan tmasuk acara heboh yg dsiapn dr jauh2 hari...Mulai dari siapn makanan, souvenir utk kluarga, bunga utk siraman air kembang, bkin rumah2n utk kelapa,dll...tmsuk ribet tp seru bgt...acaranya mau diadain pas usia kandungan 30w tapiii apa daya...snasib sama mommyaira, Ben kburu lahir saat usia kandungan baru 28w..walhasil smua nya di-cancel d, dr mulai orderan makanan smpe souvenirnya hihi..sdih n miris sih..soalnya tmasuk acara ptg saat kehamilan upacara 7bulanin itu :( akhirnya aq baru bs 'nebus' saat Ben usia 1th, keliling komplek kasih nasi kuning kotakan, potong tumpeng di NICU brg suster2 yg ud jagain Ben slama 3bln lbh..sbg ucapan syukur krn Ben bs jd spt skrg ;)

21

Topic: Baby Shower

inga,
shin... gw pikir kalo baby shower itu cuma yg temen2 deket bumil. jadi udah ketauan baby boy/girl. trus bikin acara... yg dateng bawa kado. biasanya hasil wish list dari bumilnya. trus 'party'nya suka pake tema. trus kalo pulang dikasih goodiebag.

nyanya,
iya bener kata shinta. kalo 4 bulanan lebih ke muslim. gw juga gitu, dua kali yang diadain pengajian 4 bulanan... ngga 7 bulanan.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

22

Topic: Baby Shower

Gw udah liat dong, foto baby shower-nya IntanDian Iyaa.. seru banget!!

diandra7 Wah, ben lahir pas 28 minggu? 3 bulan di NICU? Wah hebat banget Diandra!! Semoga Ben sehat terus yaa.. :)

Beda sama acaranya IntanDian which is the real baby shower ;), baby shower versi gw adalah siraman nujuh bulanan, jadi emang acara adat yang dilakukan saat usia kandungan 7 bulan. Rangkaian acaranya:
1. Pengajian
2. Sungkeman
3. Siraman
4. Belah kelapa
5. Ganti baju 7x
Begitulah kira2 kalo gw nggak salah yaa..

Dan ini sebagian foto2nya:
http://sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc1/hs263.snc1/9030_155369794053_697169053_2561033_4671003_n.jpg
http://sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc1/hs243.snc1/9030_155369804053_697169053_2561035_1806934_n.jpg
http://sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc1/hs243.snc1/9030_155369809053_697169053_2561036_7076173_n.jpg
http://sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc1/hs263.snc1/9030_155370694053_697169053_2561053_1773872_n.jpg
http://sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc1/hs243.snc1/9030_155370699053_697169053_2561054_571184_n.jpghttp://sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc1/hs243.snc1/9030_155370709053_697169053_2561055_7253529_n.jpg

Vania : Nata & Arsa's mom
http://vaniasatriadi.com @drVania

23

Topic: Baby Shower

bunnia, mo komen aja, cantik banget..glowing! :) ini acara adatnya lengkap bgt gtu ya?
intandian, upload fotonya dooong.. penasaran. di fb gk bisa diliat yah..
huhuhu.. senangnya yg ada acara2an.. pas lg hamil lg sibuk ujian trus pindah2an, gak sempet ngapa2in.. mudah2an ntar pas anak berikut :D

24

Topic: Baby Shower

bunnia waaaah cantiiiiik bgtttt..aura keibuan ny kluar bgttt...psti seru bgt yaAaa...iy, Ben lahir prematur,hehe..Puji Tuhan skrg sehat :)

intandian posting dnk foto2nya ama detail crta nya...ky ny seru bgttt...

25

Topic: Baby Shower

bunnia,wih..adat lengkap ya...cantik deh..

Dulu gw jg pengen buat 7blnan tp karena udh ga punya nyokap,kayaknya ribet ya ngurus persiapannya. Alhasil buat pengajian ama ptg tumpeng aja. Pas 4bln malah ngaji sendiri krn msh mabok mual.

Baby shower modern mungkin yg versi Intan ya?seru keliatannya...

@medyratri