An-Uber Cool Papa

ninit

Begitu banyak hal yang menyenangkan yang saya dapatkan setelah saya menekuni lari. Ternyata lari tidak sekadar aktivitas fisik saja tetapi dengan lari saya memiliki waktu untuk ‘mendengarkan’ diri saya sendiri, mendengar napas, dan suara kaki dalam sebuah ritme. Saat berlari di jalan, saya sering bertemu dengan wajah-wajah yang ‘familiar’ karena hampir setiap minggu saya melihatnya berlari di jalan yang sama. Kami berpapasan dan meski saya tidak mengenalnya, kami selalu bertukar senyum. Meeting people thru running has been one of its real pleasures. Begitu banyak pelajaran, semangat, dan inspirasi yang terus mendorong saya untuk terus menekuni lari.

Karena lari, saya bertemu dengan seorang urban Papa. Senyum ramah dan semangatnya selalu menyapa saya dan beberapa pelari lain. Akhirnya saya berkesempatan untuk ngobrol santai membicarakan pengalamannya tentang lari. Urban Papa yang saya temui ini mulai kembali aktif sport pada tahun 2006.

 
I want to  be able to play ball with my kid-son, when he’s in his teen. Saya tidak mau cuma bisa duduk-duduk saja jadi penonton di pinggir lapangan melihat mereka main basket, futsal, baseball, dan lain sebagainya.” Itu jawabannya ketika saya bertanya kenapa urban Papa ini rajin sekali berolah raga terutama lari.

Kepada saya, urban Papa ini mengatakan bahwa untuk parents seperti kita, kegiatan olahraga yang kita lakukan adalah semata-mata untuk pasangan dan anak-anak kita. Agar kita tetap bugar dan selalu ada untuk mereka dalam kondisi yang sehat. “It’s already too late for us to become a real-athlete. So what we do now is for our kids and our own fun.

So, for urban parents, mari kita berhitung sederhana. Berapa umur anak kita sekarang? Coba bayangkan ketika dia di masa SMP/SMA… Berapa usia kita nanti? Apakah kita masih mempunyai energi dan kemampuan untuk menemani mereka main lempar-tangkap bola? Besides, you will be an Uber-cool Papa if you can still play basketball with his highschool team.

Sport tidak hanya aktivitas fisik. Melalui sport, anak dididik menjadi sportif dan menjadi kuat tahan bantingan mental (urban Mama Papa bisa kembali membaca kisah Widodo, Marthin, dan Theo, anak-anak yang mengikuti Bali Marathon, semangat mereka begitu luar biasa).

Meski demikian, not all men are created equal. But just believe it, bahwa Tuhan kita itu Maha Adil. Kalau ada kendala fisik utk mulai berlari lagi di usia sekarang, pasti ada kelebihan yang diberikan. We just have to look and search within ourself.

Saya jadi ingat apa yang dikatakan seorang penulis Jepang, Haruki Murakami dalam bukunya, What I Talk About When I Talk About Running.

Exerting yourself to the fullest within your individual limits: that’s the essence of running and a metaphor for life.”

Jadi, mari sehat untuk pasangan dan anak-anak kita mulai sekarang.

15 Comments

  1. eka
    Eka Wulandari Gobel June 6, 2012 at 7:36 am

    setuju ih teh ninit!
    yuk mari lari :)

    1. ninit
      ninit yunita June 6, 2012 at 2:49 pm

      mari eka :) kita lari-lari…

  2. siska.knoch
    Siska Knoch June 6, 2012 at 8:21 am

    Daleemmmm….!
    terlepas dari olah lari itu sendiri, apapun tiap parents sepertinya memang wajib punya aktifitas fisik (olah raga) biar tetep seger dan bugar :D

    1. ninit
      ninit yunita June 6, 2012 at 2:50 pm

      bener banget chik… biar tetap sehat dan ‘ada’ buat pasangan & anak2 :)

  3. Sidta
    Dian Arsita Kurniawati June 6, 2012 at 8:50 am

    kalo ngeliat ibu2 yang gombyor dan lemes suka termotivasi, “ngga mau beberapa tahun lagi jadi seperti itu.”
    mau yang kaya mbak ini aja *sambil menatap teh ninit :P

    bener banget teh, lebih banyak hal seru yg bisa dilakukan bareng anak nanti klo kita sehat …

    1. ninit
      ninit yunita June 6, 2012 at 2:51 pm

      sita… apa liat2? ;) ahahaha bisa aja deh sita…

      seneng banget loh liat tweet sita udah mulai lari-lari juga :) seru juga lari bareng anak. asa pasti seneng deh.

  4. swisty
    swisty June 6, 2012 at 12:39 pm

    Setuju Teh Ninit!,Olah Raga itu mau mulainya emang males bgt!.Tapi kalo udah ngerasain manfaatnya,nyandu banget.

    1. ninit
      ninit yunita June 6, 2012 at 2:51 pm

      tosss!
      kayaknya kalo bbrp hari ga olah raga ga enak banget yah, ty.

  5. riekao
    rieka haris June 6, 2012 at 12:59 pm

    Setujuuu teh ninit, Saya dapet pelajaran ini dari papa bos di kantor, yg menikah umur 40 an & skrg saat usia mereka ( Ia n istrinya) 50 an, anak-anak mereka (kembar) baru SD, mereka rutin lari setiap pagi, hari kerja sekalipun mereka mulai dari jam 5 pagi. Tujuan mereka cuma satu yaitu agar mereka tetap sehat n bisa melihat anak anak mereka sampai masuk universitas n jika diizinkan mereka ingin melihat anaknya menikah. Mereka melakukan itu agar sehat dan demi anak anak mereka. Mariiii hidup sehat dan berolahraga!!

    1. ninit
      ninit yunita June 6, 2012 at 2:53 pm

      riekao,
      wah inspiring banget! keren yaa boss-mu.
      sehat memang penting banget… salut deh dgn papa bos di kantormu.

  6. iyu
    yuliana karang June 6, 2012 at 1:06 pm

    setuju ama teteh dan si urban papa itu.
    akan bawa tulisan ini ke pacar supaya diapun semangat olah raga.

    makasih teh :)

    1. ninit
      ninit yunita June 6, 2012 at 2:56 pm

      yuu,
      ayo semangat olahraga :) smg pacar jadi semangat yaa…

  7. sLesTa
    shinta lestari June 7, 2012 at 10:17 am

    great article, nit! iya bener banget.. buat kita2 yang udah punya anak gini, olahraga bukan hanya untuk personal reason, tapi juga demi keluarga, terutama anak2. we need to be healthy for them. we need to be healthy cuz it’s waaay cheaper to get healthy than being sick!

    salut sama si inspiring anonymous papa, dan tentunya untuk semua urban mama & papa yang berpikiran sama, to be healthy for their loved ones :)

  8. garrysury
    Garry Suryaatmaja June 12, 2012 at 9:05 am

    Yup, bener banget cara pikirnya, thnaks for reminding us :)
    Lagipula, seru juga bisa olah raga bareng anak sejak mereka masih kecil, jadi ngebiasain mereka untuk pola hidup sehat dengan olah raga, makanan & minuman bergizi, sama hobi2 yang berguna.

  9. FitnessKu
    ~Frank~ November 13, 2012 at 12:31 pm

    The Spirit of Runnning teaches us better to overcome our real life. :) Great insight Ninit!

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.