Gaya Hidup Sehat, Investasi Masa Depan

The Urban Mama

image credit: gettyimages.com

Urban mama tentunya sudah sering mendengar berbagai tips investasi keuangan untuk merencanakan masa depan dengan lebih baik. Namun di tengah kesibukan kita saat ini, ada satu hal yang tidak boleh dilupakan, yaitu menerapkan gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat adalah investasi masa depan yang terpenting, karena dengan tubuh yang sehat kita bisa bebas berkarya dan beraktivitas.

Berikut kami bagikan beberapa tips penting berkaitan dengan gaya hidup sehat:

  • Berolahraga rutin selama 30–60 menit, sebanyak 3-4 kali seminggu amat bermanfaat bagi kebugaran fisik, terutama kesehatan jantung. Menurut penelitian, olahraga rutin dapat mengurangi risiko serangan kanker payudara hingga 30–50%. Agar tidak lekas bosan, pilih jenis olahraga yang disukai dan lakukan bersama dengan teman-teman atau pasangan.
  • Makan buah dan sayuran, setidaknya 5 porsi sehari, amat berguna bagi kesehatan jantung, kecantikan kulit, melawan obesitas, serta mencegah kanker. Agar manfaatnya optimal, pilih sayur dan buah beraneka warna yang memiliki kandungan vitamin berbeda-beda. Serat dan antioksidan di dalamnya juga ampuh menangkal radikal bebas, menyehatkan pencernaan, dan bonusnya membuat awet muda!
  • Asupan asam lemak omega-3 amat baik untuk kesehatan otak, mata, dan jantung, terutama bagi ibu hamil. Sumber asam lemak omega-3 terbaik adalah jenis ikan yang berlemak sehat, seperti salmon atau tuna. Kedua jenis ikan ini mengandung dua zat penting asam lemak omega-3, yaitu eicosapentaenoic acid (EPA) dandocosahexaenoic acid (DHA).
  • Pilih yang organik. Sedapat mungkin, pilihlah bahan pangan organik yang bebas dari pestisida yang membahayakan kesehatan. Batasi pula konsumsi junk-food yang miskin serat, kaya kandungan lemak jahat, serta banyak mengandung garam dan bahan pengawet.
  • Tidur cukup. Menurut National Sleep Foundation di Amerika, kurang tidur bisa melemahkan imunitas tubuh, menurunkan kemampuan berpikir, serta meningkatkan risiko obesitas. Karena itu, penuhi kebutuhan tidur sebanyak 7-8 jam per hari. Biasakan tidur dalam ruangan redup ataupun gelap, agar hormon tubuh bisa bekerja lebih baik dalam memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.
  • Manajemen stres. Stres bisa mengancam kesehatan, baik dari segi fisik ataupun mental. Karena itu, biar pekerjaan menumpuk, sisihkan waktu untuk relaksasi, berlibur, atau melakukan meditasi. Rahasianya terletak pada kemampuan memanfaatkan waktu secara efektif serta memelihara pikiran positif.
  • Cukup asupan cairan. Bagai air hujan yang membasuh debu dari dedaunan, mencukupi jumlah asupan cairan bisa membantu tubuh kita menyingkirkan endapan racun, menstabilkan suhu tubuh, serta memelihara cadangan energi dan fungsi otak.
  • Suplemen. Asupan suplemen tidak mutlak diperlukan, asalkan urban mama bisa mencukupi kebutuhan gizi dari makanan sehari-hari. Sayangnya, kesibukan yang padat sering membuat kita lalai memperhatikan kualitas makanan. Solusinya, urban mama bisa mencukupi asupan vitamin dan mineral dengan mengonsumsi suplemen. Konsultasikan pada dokter mengenai jenis suplemen yang tepat.

Bagaimana urban mama, sudah berapa langkah hidup sehat yang dijalankan hari ini? Kalau belum, ayo kita segera bergerak, jangan lupa mengajak serta seluruh anggota keluarga. Urban mama ingin tahu tips lain tentang kesehatan, bisa coba membacanya di sini.

8 Comments

  1. ninit
    ninit yunita July 1, 2013 at 6:25 am

    setujuuu banget!
    sehat itu penting. kalo ngga sehat… beraktivitas akan ngga mudah. sakit ngga enak banget…

    yuk! sempatkan untuk berolahraga. investasi penting :)

  2. Kira Kara
    Bunda Wiwit July 1, 2013 at 1:19 pm

    Tipsnya kereeennn.. kesindir banget nih.. langsung #jleb
    *umpetin junk food* hik :( Thanks for reminding me!

  3. gabriella
    Gabriella Felicia July 1, 2013 at 6:54 pm

    Wow, bener banget… pengen rutin olahraga ah… udah ngerasain sakit tuh ganggu aktivitas banget!

  4. ZataLigouw
    Zata Ligouw July 1, 2013 at 10:17 pm

    makasihhh udah diingetin ya TUM. Teorinya sih udah tau..tapi prakteknya agak susah ya. Mudah2an dengan baca artikel ini jadi lebih semangat berolahraga dan mengkonsumsi makanan sehat..

  5. cindy
    cindy vania July 1, 2013 at 10:52 pm

    huhu..paling susah menghindari junk food dan masih belum bisa cukup waktu tidurnya :( dan mau mulai olahraga lagi setelah beberapa minggu off.

    Makasih banget udah diingetin :)

  6. thalia
    thalia kamarga July 1, 2013 at 10:55 pm

    waduh, manajemen stress dan tidur cukup ini yang berat euy… gagal mulu, hihihi.

  7. faris_haikal
    Faris Haikal July 2, 2013 at 1:17 am

    wah bener banget nih infonya, tapi sampai sekarang masih belum bisa olahraga rutin dan tidur yang cukup. mudah2an bisa jadi pengingat, yhanks for the tips

  8. siska.knoch
    Siska Knoch July 2, 2013 at 6:28 am

    Waaa… bener banget tipsnya, udah rutin olah raga dan makan buah, tapi buahnya masih sehari sekali, dan ternyata minimal 5 porsi perhari yaaa? masih kurang bgt dong… hihi

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.