Jalan-jalan Hemat dan Menyenangkan

Mama Windy

Keluarga kami pada dasarnya senang jalan-jalan. Rasanya sangat menyenangkan, setelah setiap hari anak-anak ditinggal di rumah, weekend kami nikmati di luar dan membiarkan anak-anak menikmati suasana di luar rumah bersama kedua orang tuanya.

Beberapa tempat jalan-jalan hemat dan menyenangkan favorit kami sekeluarga:

Taman Mini

Ini adalah salah satu obyek jalan-jalan hemat kami, yang merupakan tempat favorit Nathan, si sulung. Yang menjadi kesukaannya di Taman Mini adalah taman burung, tempat ia bisa melihat bermacam-macam burung, sambil berlari-larian. Taman Burung juga relatif sepi, jadi Nathan bisa merasa lebih bebas. bahkan kami merayakan ulang tahun kedua Nathan di Taman Bunga Keong Mas, atas permintaannya sendiri.

Tiket masuk:

  • Kendaraan: Rp10.000,-/mobil
  • Pengunjung: Rp9.000,-/orang
  • Saat masuk ke taman bunga/taman burung, setiap orang memang harus membayar lagi, tapi menurut saya cukup murah, hanya sekitar Rp6.000,- per orang. Bahkan saat merayakan ultah Nathan di gazebo taman bunga, kami menyewa gazebo seharian Rp350.000,-. Letak gazebo di tengah-tengah taman bunga yang luas, jadi tamu-tamu undangan bisa bebas berlari-larian di sekitar gazebo itu.

Taman BUnga Keong Mas TMII 2010

Ragunan

Anak-anak pasti senang kalau diajak ke Ragunan, karena mereka bisa melihat secara langsung hewan-hewan yang biasanya hanya bisa dilihat di televisi. Nathan senang bisa melihat hewan-hewan diberi makan oleh petugas. Nathan juga bisa naik gajah atau naik delman di Ragunan. Udara di Ragunan cukup segar, banyak pepohonan rindang membuat suasana cukup adem.

Tiket masuk:

  • Dewasa: Rp4.500,-/orang
  • Anak-anak: Rp3.500,-/orang

 

Museum TNI Satria Mandala

Daya tarik museum ini untuk anak-anak adalah beraneka ragam senjata yang dipamerkan. Di salah satu sayap museum juga ada banyak pesawat tempur  dengan ukuran sebenarnya. Tidak boleh dinaiki, tapi bermain dan berfoto dekat pesawat-pesawat tempur sudah sangat memanjakan fantasi jagoan-jagoan kecil.

Tiket masuk:

  • Dewasa: Rp2.500,-/orang
  • Anak-anak: Rp1.500,-/orang

 

Museum Nasional

Mama and Nathan , Museum Nasional 2012

Atau biasa disebut Museum Gajah karena ada patung gajah kecil pemberian Raja Thailand di depannya. Museum ini sangat menarik, karena isinya sangat lengkap, dari mulai zaman prasejarah, zaman penjajahan, sampai keragaman budaya nasional yang masih ada sampai sekarang seperti batik.

Kalau buat Nathan Museum TNI adalah yang paling keren, kalau buat saya, Museum Nasional adalah yang paling menarik, sebab koleksinya banyak, museumnya luas, dan nyaman karena ber-AC dan relatif terawat dan bersih.

Tiket masuk:

  • Dewasa: Rp5.000,-/orang
  • Anak-anak: Rp3.500,-/orang

 

Alun-alun Tangerang

Alun Alun Tangerang, 2010

Biasanya kami ke sini hari Minggu pagi sambil mengantar Romo main basket. Romo main basket, Nathan berlari-lari main di tamannya, sementara Netta tidur di gendongan. Nathan sudah senang sekali kalau bisa bebas berlarian ke sana-sini. Kita bisa bermain-main di sini dengan gratis.

Taman Kota BSD

Dengan suasana yang sangat rimbun, suasananya adem sekali, di sini biasanya kita joging mengitari taman, lalu duduk-duduk di bangku tamannya. Masuk ke taman ini juga gratis.

Tips untuk jalan-jalan hemat:

  • Pakai baju yang menyerap keringat, kaus, celana katun yang nyaman, dan sandal/sepatu datar.
  • Bawa baju ganti, khususnya untuk anak-anak, sebab mereka akan banyak bergerak.
  • Selalu oleskan losion anti nyamuk untuk mengantisipasi gigitan nyamuk atau serangga lain
  • Bawa makanan dan minuman dari rumah selama perjalanan (kami biasanya membawa lontong/arem-arem/bacang atau roti, mengenyangkan tapi praktis). Karena kalau beli di sana menurut kami rasanya kurang cocok dan kebersihannya kurang terjamin.
  • Jangan bawa uang berlebih atau memakai perhiasan berlebih.

Bagi kami, kebersamaan keluarga dengan jalan-jalan hemat tidak kalah seru dengan jalan-jalan kami yang lain yang memakan biaya lebih besar. Selamat berjalan-jalan!

5 Comments

  1. hary
    hary augustina December 18, 2012 at 7:48 am

    wah. seru moom tiap weekend ya.
    di tempat saya dulu kalou jalan jalan muraj yah ke pantai :)
    tapi sekarang disini mah gak bisa liat pantai. jadi jalan jalannya melihat persawahan dan alun alun

    bener bener . acara weekend keluarga tak harus selalu mengeluarkan biaya mahal. :)

  2. Mama Windy
    Windy Agnestien December 18, 2012 at 10:45 am

    wah,.. tulisannya tayang.. gak nyangka.. :)
    terima kasih mom hary augustina, iya emang bener banget kok, weekend seru bareng keluarga ga harus mahal.. :)

  3. mimarura
    mimarura December 18, 2012 at 1:20 pm

    anakku paling senang ke musium satria mandala. karena banyak pesawat dan halamannya luas banget jadi dia bebas lari lari kesana kemari

  4. eka
    Eka Wulandari Gobel December 18, 2012 at 3:03 pm

    toss! enzo dante juga suka banget kalo diajak ke taman mini atau ragunan. murah meriah dan seharian :)
    yg belum tinggal jalan2 ke museum nih, anak2nya belum bisa tertib sih, tangannya masih suka nyamber2 dan larinya masih seneng nabrak2in sendiri gitu :D

  5. Mama Windy
    Windy Agnestien December 18, 2012 at 3:26 pm

    @mimamura : iya,.. anakku dan ponakanku yg cowo juga,.. ntar dia berfantasi deh, seolah lagi perang gitu.. mereka heboh sendiri liat2 dan deket2in senjata2 dan pesawat2 itu.. :) plus lari2 di halamannya yg luas, pastinya.. pas pulang, di mobil dijamin udah pada tidur kecapean.. hehe

    @eka :yok ah, ajak ke museum,.. museum yg menurut kami menarik selain 2 museum diatas juga museum transportasi dan museum IPTEK di TMII, museum layang-layang di pondok labu, m.. apa lagi ya.. kata adekku museum polisi juga bagus, tp gak tau, belom kesana.. :p

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.