1

Topic: Memenuhi Kebutuhan Nutrisi

Kalau kita mikirin cara untuk memenuhi nutrisi yang seimbang untuk anak memang kadang bikin hampir frustasi ya Mam. Apalagi anak biasanya sering pilih-pilih makanan, dan cenderung hanya mau makan makanan yang disukai aja kan. Akhirnya banyak dari kita sebagai orang tua yang khawatir tentang apa yang dimakan si Kecil dan bukan gak mungkin bakal kekurangan gizi.

Terus,kira-kira bagaimana sih cara yang paling efektif untuk dapat memenuhi nutrisi anak? Kita bisa mulai dari tips-tips berikut, Mama!
 
1.Ikuti selera makan anak
Kalausi Kecil emang lagi gak lapar, kita juga gak perlu memaksakan dia untuk mau makan. Begitu juga kalau mau menyuapin makanan bergizi yang tidak disukai oleh anak. Bukannya suka, ini justru bakal membuat anak semakin keras kepala mempertahankan selera makan yang diinginkan.
Coba deh sajikan menu makanan sehat dengan porsi kecil, Mam. Terus, coba kasih kesempatan si Kecil buat mandiri meminta makanan yang dia inginkan. Secara perlahan-lahan, kasih pengertian pada anak untuk memilih menu makanan yang sehat.
 
2.Kasih makan dengan jadwal rutin
Kalaumau memberi makanan dan makanan ringan, pastikan jadwalnya rutin di sekitar waktu yang sama setiap hari ya, Mam. Karena kalau kita membiarkan anak untuk meminum jus atau susu sepanjang hari, ini bisa menurunkan nafsu makan. Tapi kalo si Kecil dibiasakan dengan jadwal rutin, nantinya dia akan dapat mengaktifkan alarm tubuh mengenai kebutuhan makan.
 
3.Coba kenalin dengan makanan baru
Anak-anak sering menyentuh atau mencium makanan baru. Bahkan dapat memuntahkan makanan baru tersebut kalo memang tidak menyukainya. Kalau seperti itu, kita harus tetap kenalin si Kecil dengan makanan tersebut ya, Mam. Coba komunikasikan tentang warna makanan, bentuk, aroma dan tekstur bukan mengenai rasanya. Kita juga bisa sajikan makanan baru bersama dengan makanan favorit si Kecil, Mam.
 
4.Meminta anak untuk membantu memilih makanan
Memintaanak untuk membantu memilih buah-buahan, sayuran dan makanan sehat lainnya. Kalau kita di rumah, coba minta si Kecil buat membantu mencuci sayuran atau mengaduk adonan, Mam. Biasanya dia akan mau makan makanan yang kita buat dengan bantuannya, Mam.
 
5.Memberikan contoh yang baik
Kalaukita menerapkan makanan sehat untuk diri sendiri, tentunya anak juga akan lebih mengikuti. Saat kita makan makanan sehat, ajak si Kecil untuk makan makanan sehat juga, Mam.
 
6.Menyajikan makanan dengan lebih kreatif
Menyajikanmakanan sehat dengan lebih kreatif, dapat membuat anak lebih tertarik untuk memakannya. Tambahkan brokoli cincang atau paprika hijau untuk saus spaghetti, menaburi sereal dengan irisan buah atau kita juga bisa membuatkannya bento dengan berbagai macam karakter.
 
7.Berikan nutrisi tambahan
Saatsi Kecil ada di usia antara 1-10 tahun, biasanya bakal mengalami kehilangan nafsu makan di usia tertentu kan, Mam. Kalau ini terjadi, berarti si Kecil mengalami kekurangan nutrisi. Kalau sudah begini, kita perlu memberikan nutrisi tambahan. Untuk nutrisi tambahan yang menyerupai susu dan memiliki kandungan gizi yang lengkap kita bisa dapatkan di Pediasure Complete, Mam. Selain untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil, pemberian nutrisi tambahan ini bisa membantu untuk mendorong peningkatan berat badan.

Gak mau kan si Kecil kekurangan nutrisi di masa pertumbuhan dan perkembangannya? Kalau gitu, 7 tips di atas ini bisa Mama terapkan agar nutrisi si kecil terpenuhi dengan baik, Mam. Lalu, dari 7 tips diatas, apa aja yang udah Mama lakuin? Share yuk! :)

2

Topic: Memenuhi Kebutuhan Nutrisi

dira, wah makasih ya tips nya, membantu sekali nih buat mama-mama yg kadang anaknya suka susah makan. Kebetulan anak-anakku ga susah makannya, jadi ga terlalu pusing masalah makan makanan. 

Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

http://dieta.web.id/

3

Topic: Memenuhi Kebutuhan Nutrisi

Sempet ngalamin anak susah makan juga, akhirnya aku kasih nutrisi tambahan supaya dia gak kekurangan nutrisi.
Aku juga sama mam, aku kasih pediasure complete sambil terus bujuk dia buat tetep makan 

4

Topic: Memenuhi Kebutuhan Nutrisi

oh ya imho katanya malah jangan dikasih kebanyakan susu nutrisi kalo anak ga mau makan ya, nanti katanya malah males makan karena sudah kenyang dengan susu nutrisi, karena susu biasa saja sudah mengenyangkan apalagi susu nutrisi. itu sih katanya ya, jadi better di kasih cemilan makanan yang lain saja. 

Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

http://dieta.web.id/

5

Topic: Memenuhi Kebutuhan Nutrisi

Gak juga sih mam.
Aku kasi dia tambahan nutrisi dari Pediasure tapi dia tetep makan.
Kayaknya selagi  kita kasih tambahannya nutrisinya sesuai aturan, masih fine-fine aja. Toh si krucil ada asupan makanan padatnya juga :D

Malahan sekarang berat badannya udah mendingan dari kemarin-kemarin, gak gemuk tapi cukup berisi :)