1

Topic: Post-Birth Treatments

mamas..

pengen tau dong, perawatan yang mamas lakukan abis melahirkan apa aja ya?

waktu aku lahiran dulu, aku hanya beli jamu nya ny. meneer trus perutnya dibalurin ama ramuan gitu dan pake stagen. katanya biar perutnya kempes dan darahnya cepet keluar. emang bener sih.. trus sampe dipijit juga yang katanya untuk naekin rahim balik ke tempatnya. emang enak banget yaa..

tapi aku suka penasaran kayak ibu2 yang di luar negeri gitu gimana ya? apa ada nih perawatan2 kayak gini?

share yaa.. thank you!

2

Topic: Post-Birth Treatments

hi bunda lia...

udah dua kali melahirkan, saya melakukan perawatannya hanya pakai stagen aja sih. selebihnya ngga... (hmmm padahal kayaknya dipijet abis melahirkan enaaak banget yaa :)). mungkin ga ada waktu aja saat itu...

kalo yang lain gimana? cerita-cerita dong :).

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

3

Topic: Post-Birth Treatments

wah, aku juga cuma pake stagen... eh, gurita deng. rada telat lagi, gara2 ga bawa guritanya pas 5 hari terpaksa nginep di RS. trus sama kayak bundalia dipakein ramuan2 gitu. tapi cuma bbrp hari, abis itu kegatelan dan ga betah.

pengen dipijet sih, cuma ga boleh soalnya c-section.

katanya sih, kalo breastfeeding, ngebantu naikin dan ngecilin rahim seperti semula juga ya?

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

4

Topic: Post-Birth Treatments

Selain jamu2an sama gurita2an, temen2 kantor gue pada pake obat namanya Paramaria udah pada terbukti itu bikin luka cepet kering & merapat lagi *hiy istilahnya* gue sih belom pernah liat juga ky gimana obatnya tapi moms di kantor gw pada pesen smaa gue yang baru 7mos ini "tar abis lahiran pake Paramaria, cepet loh" (rapetnya) belinya kalo di Bandung harus di toko obat yg ngejual obat tradisional juga yg gede salah satunya yang di Jl Pandu

5

Topic: Post-Birth Treatments

hi bunda lia,

kalo aku pas melahirkan anak pertama dan kedua dibawain sekotak jamu ny.meneer sama ibu mertuaku. tapi berupa pills, karena kalo berupa jamu yg diseduh gitu aku gak bisa minumnya..
trus, dipakein stagen juga sama beliau, dililit2 gitu, tapi aku sih gak nyaman karena kulitku sensitif kalo pake yg ketat2 pasti gatel2..

jadinya aku pake gurita instant (banyak dijual koq), yg cara pakenya gampang banget.

karena kerasa gatel2, stagennya aku pake di luar!
ahaha.. agak nyeleneh sih..
jadi dipakenya kayak obi gituuuu ...

trus dipijit lulur sama tk.pijit khusus ibu melahirkan, kalo di sini sih namanya emak paparazi hihihi... enak banget.. aku sampe ketagihan...
awalnya aku pijit lulur di rumah lulur, tapi karena waktunya lama dan aku gak bisa ninggalin enzodante lama2 akhirnya aku panggil emak tukang urut untuk dateng ke rumah.. lebih murah meriah dan bisa di stop dulu kalo enzodante pengen nenen..

lalu, hair treatment. waktu melahirkan enzo aku potong rambut, tapi nyesel, jadi sekarang aku gak potong rambut tapi rajin hair treatment aja. kalo sempet ke salon, kalo gak sempet treatment di rumah aja pake shampoo natur, hair tonic, dan glossing serum.

kalo untuk wajah, aku pake the skin care nya shiseido. facial juga di shiseido, soalnya di situ ada totok wajah and payudara juga. trus komedonya cuma di vacuum jadi gak dipencet2 g sampe babak belur gitu. jadi keluar dari tempat facial itu wajah terasa kinclong (terasa loh ya..hahaha)

trus pagi2 nyusuin dulu, trus maen skipping ato hulahop (eh nulisnya gimana nih) bentar. mandi, makan, jalan2 sama baby nyari matahari pagi, abis itu kan cape, nyusuin lagi trus ikut bobo deh sama the babies :)

waktu masih cuti sih berasa efeknya, setelah back to work jadi gak sempet centil2an lagi deh :)

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

6

Topic: Post-Birth Treatments

Moms...ada yang punya pengalaman mengkonsumsi obat cina untuk menyembuhkan luka operasi Caesar ngga ya (duh saya lupa namanya)?...konon katanya obat china ini cepat banget memulihkan luka pasca operasi caesar. Kira-kira aman ngga ya moms?

Trus moms..saya lagi mengandung anak ke-2....kehamilan kali ini kok berasa rada 'dekil' gt ya...leher item, perut jg hehehe...apa karena bawaan hamil kali y moms?...kira kira habis melahirkan bakal hilang sendiri ato kudu perawatan jg y moms?

Thank u inputnya moms...^_^

7

Topic: Post-Birth Treatments

hi silvianty...

hamil 'dekil' ini juga dua kali saya alami. perasaan udah mandi dengan bersih tapi kok perut item2 banget... betis... biasanya ga gitu. tapi udah dua kali hamil, selalu kejadian kayak gini. hmmm. bawaan hamil?

tapi ntar juga ilang kok :) kalo pake perawatan mungkin lebih maksimal lagi hasilnya.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

8

Topic: Post-Birth Treatments

wah thanks buat sharing nya yah mamas.
ternyata emang banyak yang pada pake ramuan traditional (javanese ato chinese). i guess tiap tempat punya ramuan masing2 yaa.. senang deh denger share nya..

9

Topic: Post-Birth Treatments

Silvianty, ooh, gue pake tuh obat cina yang buat bikin luka cepet sembuh! rasanya juga lebih mendingan dari obat2 cina yg diminum waktu hamil... honestly, gue ga tau sih seampuh apa obat penyembuh lukanya, soalnya gue baru pernah di ceasar sekali... jadi ga bisa bikin comparison. yang pasti, luka ceasar gue ga pernah sakit sedikitpun (rada gatel2 sih, pas lagi mengering). bagian luarnya sih udah kering dan back to normal dalam 1 minggu. bagian dalem, ga tau...

by the way, kalo mo beli ramuan cina, tanya ama "apotek"nya gimana cara makenya. ntar mereka kasih tau caranya...

tentang hamil dekil, gue sama ama ninit, waktu hamil item2 dan ga bisa ilang... di leher, ketiak, belakang lutut... eww. tapi pas udah lahiran, ilang semua kok.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

10

Topic: Post-Birth Treatments

Wah thank u infonya mba Thalia...obat china itu ngga ngefek ke ASI ato baby nya y mba (jadi kuning ato diare gt) ?

Thank u mba Ninit...hihihi semoga habis melahirkan dekilnya ilang ya...pernah pas hamil nyobain luluran..malah alergi, gatal gatal & mengelupas gt..padahal produk lulurnya udah biasa dipakai waktu sebelum hamil dulu. Kayaknya emang kudu betah ama dekil nya, sampai melahirkan nanti baru bs perawatan lg hehehehe.

11

Topic: Post-Birth Treatments

Silvianty, kalo ga salah, obet nyembuhin luka dalem itu ada banyak. jadi waktu itu sih suami gue bilang ke tukang toko obatnya, ini buat istri saya yang baru ngelahirin ceasar 2 hari yang lalu, dan menyusui. trus dikasihnya yang itu... hehe.

waktu itu, kalo kuning sih engga. well, aina udah kuning 2 hari pertama, tapi itu sebelum gue minum obatnya.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

12

Topic: Post-Birth Treatments

Thalia, obat cina yang kecil2 itu ya?
Sepupu kemaren direkomendasiin itu ama tetangga2..manjur si katanya..Tapi si baby jadi ga mau ama ASInya..

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

13

Topic: Post-Birth Treatments

bukan, nya... bentuknya kaya bola diameter 1 senti, warna coklat, baunya aneh, trus dibungkus ama lilin. ada satu set, tiap makan, dua butir, 1 dari lilin kuning 1 lagi dari lilin merah (apa warna apa ya? lupa...), trus dicampur air panas, kocok2 ampe larut, trus diminum. hihihi, heboh ya... :P

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

14

Topic: Post-Birth Treatments

Thalia : hoo,hihihi..iya heboh..tp kalo emang manjur gue jg mau ah kalo ternyata tar harus caesar.Thanks ya,Thal.

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

15

Topic: Post-Birth Treatments

rainiw, gue post disini aja ya biar ga OOT :)

dari thread yang ini:

rainiw wrote:
mba Thalia, mama-binder ini cara bkerjanya ke pubic bone kyk gimana ya ? pernah lihat di mall, tp kebanyakan lebarnya cuma nutupin wilayah perut-atas aja. Buat yg nutupin pinggul, ibu2sini malah pake bengkung model gurita gitu (*tidaaaakk*). Pengen juga cari mama-binder yg bisa nutupin pinggul & perut bawah :)


iya, dulu aku juga ketemunya cuma yang perut atas doang, makanya ga jadi beli. waktu di rumah sakit, karena aku didiagnosa pubic bone inflamation, jadi pernah dipinjemin mama-binder ini. namanya ga tau apa, mama-binder itu sih ngarangnya gue aja... tapi yang ini lebar gitu, dari pinggang (bawah dikit, kayaknya) ampe pinggul. jadi kayak pake stagen tapi pake velcro jadi lebih ringkes. kalo mo pipis gampang!!!

kalo ada yang ketemu, kasih tau ya bisa beli dimana. aku ga nanya ama suster di rumah sakitnya sih... dipikir gampang nyarinya.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

16

Topic: Post-Birth Treatments

thalia, dulu aku pake mirip ama yg gituan, nyampe pinggul gt tp pake kancing kait semua (bukan velcro).. Belinya di indo sih, dibeliin lebih tepatnya..

Rasanya gak nyaman bgt, neken kemana2.. Mana (maaf) nononnya lg bengkak dan emang naturalnya udah agak2 oversized jd urat2nya kaya mau keluar semua.. Serem akhirnya berenti make meskipun nyokap ttp nyap2an tar perutnya gede lah apa lah.. Emang sih, ampe anaknya 4bln masih disangka hamil muda, hihihi...

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

17

Topic: Post-Birth Treatments

charissarhanie, di indo ada ya? thanks yaaaa! kalo kapan2 berniat hamil lagi, gue mo nitip ah. gpp kok pake kancing kait, daripada gurita. kebayang sih gimana ga nyamannya... tapi buat gue, mending ga nyaman daripada kena pubic bone inflammation lagi. paling engga, jadi bisa jalan, duduk dan pipis sendiri :)

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

18

Topic: Post-Birth Treatments

@charissarhanie, Horeee.. di Indo ada :D klo ada info nama tokonya & dimana, mau dong infonya ya.. thanks yaa :)

19

Topic: Post-Birth Treatments

@Thalia, stauku obat cina utk abis operasi tuh pien tze huang. Cuma ak ga mnm krn tkt ngaruh k asi. Btw gurita jaman skrg jg pake velcro kok,dan nutupin dari perut atas sampe pinggul. Itu bkn ya yg dimaksud? Kalo iya,byk tuh d itc/toko bayi.

@medyratri

20

Topic: Post-Birth Treatments

iya, betul kok ky kata medy, itu gurita biasa, model baru ato engganya sih ga tau, dibeliin ortu di bandung, hehehehe...

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

21

Topic: Post-Birth Treatments

medy,
pien tze huang itu ada cream muka nya juga looh.. aku pernah dikasih sama atasanku oleh2 dari beijing :) katanya sih obat jerawat gitu, dan emang iya, mukanya jadi gak jerawatan..
mungkin pills-nya ini juga buat ngatur hormon yaa buat ngebuang racun gitu?

charissarhanie,
iya, gurita model velcro aku beli di baby shop di mtc bandung.
bisa dipake tanpa dibantu orang lain, cara pake n ngelepasnya mudah banget..

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

22

Topic: Post-Birth Treatments

@charissarhanie, eka, medy... di babyshops itc, ya ? OK noted :D semalam juga iseng cari2, trnyata ada yg jual jg di toko online (yipppie!). Di malay sini, bengkung/gurita velcro dg model serupa moso' dijual selembarnya = RM200 *tidaaaakkkk!!* :O

23

Topic: Post-Birth Treatments

@raini ...
iya, di ITC banyak kog gurita velcro ini ..

weekend kemaren alhamdulillah aku udh hunting sebagian besar keperluan baby, cukup di 1 toko, sebagian besar kebutuhan bayi udah tercukupi :)

aku beli jg gurita model vecro ini, ga mahal kog, ada bbrp pilihan, yg aku beli harganya ga sampe 50rb :)

mau dikirimin nih dari jkt ? ;-)

bunda shafa-hafiz-reefa

24

Topic: Post-Birth Treatments

Eka ho..ho..ada cream mukanya?diversifikasi produk banget ya... setauku pilnya ini udah kayak pil ajaib aja..setiap ada luka dalam pasti byk yang rekomen minum pil ini

Rainiwharganya kalo ga salah 35-40 ribuan deh.murah kok.

@medyratri

25

Topic: Post-Birth Treatments

wahh ada thread ini...
ada yg pernah coba treatment dari dian mustika (http://www.mustikacare.com/) ga?
gua kemarin sempet browsing dan kok agak2 tergoda ya? abis langsung ada perawatn pijet (pijet bayi juga), jamu, dll dg haraga terjangkau...
kalo ada, mau dong reviewnya...

Reborn since El was born
@inicrey