1

Topic: Hypnobirth

Hi smua, salam kenal. First post ni
ada yang punya pengalaman tentang hypno birthing kah?
dan seneng bgt rasanya bisa baca2 cerita mamas, soalanya aku dah belajar beli buku browsing dll tetep aja masih gak pede, soalnya mbah putrinya kan orang2 jaman orla (ordelama) dan sering banget bilang.. "halah!! wis coba en sek... gak ngefek gak... =(
nha.. bikin ilfil kan.. secara yang ngomong dah nglairin anak 6 dan tetep semuanya sakit. mohon dibantu ya... *membungkuk bungkuk mohon bantuan *eh gak bs ding kan lagi hamil 32w qiqiqiqi*

2

Topic: Hypnobirth

hi wien, ....
saat hamil dulu, kebetulan belum sempet ikut kelas hypnobirthing. jadi yg dipraktekkan ya hasil browsing ditambah sedikit improvisasi ... :)

kan prinsip pertama hypnobirthing itu, pikiran mempengaruhi seluruh tubuh ya, jadi kalo udah mikir akan sakit, ya sakit beneran ...
karena itu aku nyoba rileks n mikir positif. beberapa hari menjelang duedate n udah sering kontraksi, sering2 ngajak ngomong baby, bilang, "nanti dedek bantu mamah ya .. "

trus waktu di RS juga berusaha santai. kebetulan RS-nya bagus tamannya, ada kolam ikan, ada rusa di belakang ... jd jalan2 aja, makan yg enak-enak, sampe keluar RS bwt beli bakso n nasi pecel. trus pas di kamar juga sambil baca2 majalah, nyemil2 n minum minuman favorit .. pokoknya santai aja, g usah mikir sakitnya. padahal jujur di hati kecil sempet khawatir bgt karna aku kn g ikut senam hamil, males jalan, g ngepel jongkok dsb..

lumayan ngefek sih menurutku. ngelahirin Asa lumayan gak bikin trauma. tetep ada rasa sakit dari kontraksinya tp masih bs ditolerir lah. menjelang lahiran jg masih bs bolak-balik ke kamar mandi sendiri. pagi jam 10 masuk RS baru bukaan 1, jam 11 malem bukaan 2, jam 12 lewat lahir dengan 3 kali ngejan saja (yg pertama salah soalnya ngejan ala sinetron, suaranya keluar :D)

cm waktu itu karena lahirnya rada heboh (kepala udah keliatan dikit, tapi bidan masih tidur .. ), entah gmn akhirnya digunting deh. tp g berasa lho pas diguntingnya. baru pas masa pemulihan jahitan aja maknyus bgt rasanya ... :D

less ego, more heart

3

Topic: Hypnobirth

wien di forum memang gak ada thread khusus ttg hypnobirthing, tapi sudah pernah dibahas di artikel TUM nih.. karena TUM juga kerja sama dengan mbak Eva yang practitionernya hypno-birthing. Ini article-nya ya:

Apakah Itu Hypno-birthing?

Relaksasi dengan Benar

silakan dibaca, semoga berguna.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

4

Topic: Hypnobirth

wien, aku g ikut seminar ato baca bukunya tapi waktu pas hamil dulu dapet bonus cd dari salah satu susu hamil. Selain itu baca dikit artikel di internet. Dan amat sangat positif efeknya :) Alhamdulillah aku engga sakit pas melahirkan dan semua prosesnya lancar. Kuncinya semua energi positif yang dibangun ibu dan janin selama hamil dengan komunikasi dan sugesti yang baik juga berdoa. Semisalnya, "anakku nanti disaat waktunya pasti bisa keluar untuk melihat dunia dengan lancar". Juga Mind-set kita dibantu suami dengan meresapi kalimat, "semua (keluarga, suster, dokter/bidan,dsb) pasti bakal mendukung dan membantu persalinan normal dan lancar". Dan selama proses dijahit dll engga kerasa apa-apa, krn disaat yg sama aku imd. hth y mom :)

5

Topic: Hypnobirth

ifa, kalo dulu tiap ditanya, lahirnya kapan, selalu jawab, hari sabtu, tugu ayahnya nengokin. eh beneran lho sabtu pagi kita berangkat ke RS, malemnya lahir. full ditemeni suami pas di RS ...
eh ini trmasuk hypnobirth gak yah ...

less ego, more heart

6

Topic: Hypnobirth

sLesTa maturnuwun ya infonya :) seneng bgt bisa dapetin artikel lainnya biar lebih maknyus ntar prakteknya

Sidta
serius buk bsia disetting gitu??? wuah bakalan lsg dipraktekin klo gitu, aku mau pesen lairan pagi aja deh soalnya klo malem takut ngantuk :D

ifa : InsyaAllah aku juga ntar maunya IMD biar gak kerasa pas jaitannya. klo hsia gak pake dijahit *ngarep, hadap barat sambil doa*

tengkyu semuanya.. its a destiny to meet you all *hiks...ngluarin 2 tetes air liur eh..air mata*

7

Topic: Hypnobirth

Waa dulu gue juga latihan hypnobirthing tuh, latihan sendiri yang selalu diakhiri dengan tertidur pulas :D Tentang omongan orang, cuek aja lah... Dulu gue juga selalu digituin, katanya mana ada melahirkan yang ga sakit, ntar abis bayinya lahir selamat begadang, dsb.

Kenyataannya? Selama kontraksi memang agak sakit, tapi tidak seseram yang dibayangkan, alhamdulillah :) Setelah lahir juga Nara tidurnya bagus banget, selama hamil emang selalu gue omongin "sekarang udah malem, ini waktunya tidur ya besok pagi main lagi" dan sampe sekarang dia selalu tidur jam 8 malem :)

Yah intinya sih ga ada salahnya mencoba, dan percaya aja apa yang kita lakukan kan demi kebaikan kita dan anak nantinya.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

8

Topic: Hypnobirth

wien
pas hamil ke-2 ini gue ikutan hypnobirthing sama evariny (taunya juga dari TUM). karena udah mendekati due date, gue ambil kelas private. buat gue sih berguna ya, ngerasain banget manfaatnya pas melahirkan

And thelilsolder is back. Fire!

9

Topic: Hypnobirth

Otty, yup, bener bgt. itu juga yang selalu dibilang, gak mungkin daaah..! sejak tau klo aku hamil, aku lsg merubah wall paper compi + wall paper HP dengan list :
[list=*]

  • fun pregnancy[/*]

    [list=*]
  • ibu senang baby riang[/*]

    [list=*]
  • ikhlas dari ibu halal buat baby[/*]

    [list=*]
  • lahir lancar, normal, murah[/*]

    bismillah.. semangat!!
    sugesty lain masukan dari ibu2 akan lsg masuk ke list
    ngajakin baby bobok teratur itu mantabs banget!
    doakan saya ya! :)

  • 10

    Topic: Hypnobirth

    Wah kebetulan lagi cari2 info hypnobirthing nemu thread ini

    Thank you Slesta for sharing the link

    Sbnrnya pgn ikut kelasnya tp yg Juni udh lewat dan yg July tgl 16-17 pdhl EDDku 14 July ^^;; apa baca bukunya aja kali ya? Cukup membantu nda sih?

    11

    Topic: Hypnobirth

    halooo moms... aq baru masuk niiy di TUM.. salam kenaal :)
    Langsung tertarik dengan thread hypnobirth, jadi mo sedikit sharing...
    aq lagi hamil 18 w dan anak pertama, hari sabtu dan minggu lalu ikut hypnobirthing class nya mba eva... awalnya siiy diajakin sepupu ku karena suaminya ga mau ikut kalo ga ad yg dkenal... jadinya iseng aja ikutan karena pengen tau... padahal dokterku ud bilang aku harus lahiran caesar (ada masalah kesehatan gt) tp sapatau bisa hilangin stress menjelang caesar..
    Ternyata, ga nyesel deh moms ikut hypnobirth class itu.. yang paling aku rasain siih, aq bisa latihan rileks (karena selama hamil, emosi ku ga stabil bgt..bawaannya gampang marah dan lebih galak), latihan komunikasi sama janin, dan yang terpenting suami2 "disadarkan" untuk menghargai pengorbanan istri selama proses kehamilan, soalnya pas sesi terakhir peserta kebanyakan pada nangis (suamiku juga ikut nangis) hehehehehe dan sekarang dia lebih perhatian ma aq, :))
    oyaaaa.. sekarang aq juga ud bisa gerakin pendulum dg kekuatan pikiran niiy... hehehehe...kapan2 mo coba bengkokin sendok aaah kayak mas romi rafael...

    banyak prakteknya juga koq, dan kita harus bawa pasangan pas ikut kelas tsb, lebih baik siih suami biar suaminya tauuu kalo hamil itu ga gampaaaaaaang :)

    sekiaaan sharingnya moms... moga2 membantu yaaa

    12

    Topic: Hypnobirth

    waaahh... kayanya seru banget ikut kelas hypnobirthing... aku baru daftar kelas kilat hypnobirthing mba eva juli nanti... masih 1 bulan lagi, tapi uda ngga sabar...

    mungkin dessey bisa coba kelas privatnya... bisa cek di sini...

    healthy, happy, beauty inside out... :)
    my instagram
    my blog

    13

    Topic: Hypnobirth

    Aku ga pernah ikut kelas hypnobirthing. Tapi aku baca buku nya aja. Efektif banget bikin aku benar2 siap waktu menunggu kelahiran anak ke2. Aku sendiri sampe kadang2 penasaran. Kok ga mules2 ya. Padahal dah pembukaan 2 dan menurut data CTG mulesnya dah kuat banget. Sampe bidan aja bingung kok aku masih biasa2 aja. Sampe udah pembukaan 9 aku masih bisa jalan ke toilet karena pengen pee. Suster pada nanya, kok masih bisa jalan n ketawa2 bu? Aku jawab aja, ngapain juga dibikin susah. Kan bentar lagi mo ktmu bebi nya.
    Waktu ngejan juga cuma 15 menit bebi dah keluar. Pokoknya prosesnya enjoyable banget. Kalo ditanya mulesnya cuma kayak mau datang mens ya lebih sakit dikitlah.
    Beda banget sama anak pertama yang harus bikin aku histeris tiap kali kontraksi.
    Intinya ada di mindset dan keikhlasan juga kesiapan kita menerima rasa sakit. Setiap calon ibu pasti akan merasakan hal yang sama. Selalu ingat hadiah besar yang datang setelah semuanya itu. Itu pengalaman saya. HTH ya mamas.

    14

    Topic: Hypnobirth

    Halu halu...ikutan ya...dulu pas hamil langsung praktik hynobirthing ini...baca2 bukunya aja dan rajin mensugesti diri dengan hal2 yg positif kaya "dede nanti kalau lahir bantu mama ya...", "aku pasti bisa melahirkan dengan lancar.." dsb...pokoknya yang bagus2 dan merilekskan pikiran dari hal2 yg suka menghantui bumil hehehe....walaupun memang pada akhirnya anakku lahir prematur...tapi proses melahirkannya bisa dibilang lancar banget...kalo sakit...jujur masih terasa...tapi aku bisa fokus untuk napas...gk pake jejeritan hehee...dan gk ada 5 kali mengejan anakku udah lahir hihi...efek yang paling berasa malah pas habis melahirkan...kalau semua org yang curhat sama aku bilang habis melahirkan tuh capeeekk banget....ngantuuukk banget...aku nggak...melek2 aja..nggak ada berasa capek banget ato gimana...malah rame cicicuit sms ma telp2an ma temen2ku xixixi...happy hypnobirthing ya moms! :)

    coffee is one of my best friend...

    15

    Topic: Hypnobirth

    LittleSha nampaknya sukses berat hypnobirthing-nya... jadi makin penasaran sama hypnobirthing, meskipun bulan depan mau ikut kelas,. boleh kasih reference untuk buku hypnobirthing-nya...?? :D

    healthy, happy, beauty inside out... :)
    my instagram
    my blog

    16

    Topic: Hypnobirth

    mrs doyi wrote:
    LittleSha nampaknya sukses berat hypnobirthing-nya... jadi makin penasaran sama hypnobirthing, meskipun bulan depan mau ikut kelas,. boleh kasih reference untuk buku hypnobirthing-nya...?? :D

    buku nya yang itu lho. Title : Melahirkan tanpa rasa sakit
    penerbit : bip
    penulis : Evariny Andriana
    ada bonus CD panduan relaksasinya juga. Pokoknya tobs markotobs degh.

    17

    Topic: Hypnobirth

    mau nanya dong.. utk yg udah ambil kelas hypnobirth, diajarin teknik bernafasnya jg gak?

    aku skrg lagi ambil kelasnya jg, 5x pertemuan, yg metode Mongan (sama gak ya dengan yg bu Eva ini). Pernafasannya masuk n keluar pake hidung, n tenang gitu ritmenya. aga beda ama cara Lamaze yg biasa diajarin di rs yah... memang di rs jg dibilangin sih, metode pernafasan itu sebenarnya banyak banget....
    Pengen tau aja utk yg udah nge'praktek'in, sukses gak cara bernafas methode hypbnobirthnya?

    btw, so far, kursusnya ngebantu banget utk cari teknik relaksasi, semoga bisa diterapkan pas labour nanti.. :)

    Aster - mum of Adam

    18

    Topic: Hypnobirth

    Mrs doyi,
    Thanks buat infonya, tp krn temenku bilang udh agak telat kl minggu2 akhir, jdnya beli bukunya aja yg ada CDnya itu by Bu Lanny kl nda salah.

    Isi CDnya ta pindahin di iPod terus suka didengerin kl lg di jalan atau sblm tidur (bikin cepet tidur juga sih hehe ;P) Skrg ydh 39w3d dan sptnya msh blm ada tanda2 ya, jd ya sambil menunggu aja sambil think positive. Doakan ya mamas! *loh kok jd pesan sponsor xD*

    19

    Topic: Hypnobirth

    alhamdulillah.. hypnobirthing worked.

    ini saya copas dr thread induksi alami:

    persalinanku september kmaren bner2 indah dan ngga sesakit yg banyak ibu2 pernah gambarkan. kolaborasi relaksasi hypnobirthing, pijat endorphin di punggung, accupressure sperti yg ada di link itu dan tentu saja izin dari Allah. aku coba accupressurenya setelah 3hari keluar lendir+darah, bayi udh turun panggul banget tp belum ada kontraksi yg beneran. naah pas kontraksi udh dateng beneran, aku malah ngga tlalu ngrasain karna pake teknik pijat accupressure tapi ngga semua titik ta coba). setelah pecah ketuban, pembukaan juga lebih cepet.

    saya baca bukunya mba Evariny dan dengerin CDnya juga. tp sebenernya teknik relaksasi yg digunakan bisa apapun, trgantung apa yg bisa bikin sang ibu nyaman. waktu menjelang melahirkan banget, saya ga dengerin musiknya di CD mba Evariny tp baca dzikir dan denger asmaul husna dr mp3 di HP.

    menurut saya, dukungan dr pendamping persalinan (ibu, suami, dll) juga penting. harus disepakati sebelumnya bahwa ketika sudah datang waktu persalinan, semua harus tenang dan rileks. karna kalo si ibu ybs dah rileks tp yg dampingin panik ato ga suportif.. ya kolaborasinya jd kurang optimal :D

    20

    Topic: Hypnobirth

    Setuju sama adhya, hypnobirthing works.

    Aku gak ikutan kelasnya, cuma baca buku dan dengerin cd-nya aja. Baru baca dan latihan juga pas udah cuti hamil, which is sebulan sebelum lahiran (ternyata lahirnya maju, jadi latihan cuma 2,5 minggu aja). But it works loh. Lumayan membantu, dibandingin pas lahiran anak pertama dulu.

    Lucunya tiap kali latihan pake cd, aku selalu ketiduran sampe pules. Eh, ternyata pas melahirkan juga gitu loh, selalu tidur pules in between kontraksi. Bahkan pas udah bukaan akhir, yang kontraksinya udah selang 5 menit, itu aku masih bisa tidur pules pake mimpi! Jadi begitu kontraksi (udah bukaan 8-9 nih), masih merintih-rintih, tapi pas kontraksi ilang, langsung tidur pules. Tidurnya berasa lama loh, wong sempet mimpi segala, padahal cuma 5 menit (aku minta suamiku itungin menitnya). Bidannya sampe heran hehehehe...

    21

    Topic: Hypnobirth

    wuiiihh.mantaaapp... Anti Suryawan sampe tidur pas melahirkan? ckckck..
    saya herannya setelah melahirkan bisa langsung jalan ke kamar mandi sendiri buat pipis dan selama 24 jam setelah melahirkan ngga krasa capek ato ngantuk. tetep fit aja gitu. ngga tau deh kenapa. padahal sebelum melahirkan cuma dikasi coklat toblerone putih sama mbak iparku.

    22

    Topic: Hypnobirth

    waah..kalo ngedenger share mamas soal melahirkan yg lancar karena hypnobirth, jadi nyesel deh kenapa aq dulu ga ikut kelas hypnobirth juga. padahal aq udah latihan pernafasan selama hamil. it worked sih, tapi cuma sampe pembukaan 7. begitu masuk pembukaan 8 aq-nya panik n malah ga bisa nafas dg benar, ngos2an gitu sampe dikasih oksigen.
    walhasil, ujung2nya telentang di meja operasi juga.. hiks, hiks.

    23

    Topic: Hypnobirth

    mamas... akhirnya dua hari ini, aku ikut kelas hypnobirthingnya mb evariny...

    sekarang perasaan lebih plong, tenang, lebih bersyukur, lebih happy menjalani kehamilan. dan ada perasaan terharu juga, karena sebentar lagi, insyaAllah dipercaya jadi ibu... meskipun masih 32w dan baru kemaren praktek hypnobirthingnya, tapi perasaan yakin dan siap menjadi ibu, jadi lebih tebal... semoga perasaan positif ini terus tumbuh dan bertahan... :)

    oia, jadi lebih sayang sama suami dan baby di perut juga...

    healthy, happy, beauty inside out... :)
    my instagram
    my blog

    24

    Topic: Hypnobirth

    mommys mau tanya, untuk hypno ini bagus bu lanny atau bu eva yah?
    kalau mau beli cd & buku nya bisa dimana?
    thanks info nya :)

    ? If U don't go after what U want, U'll never have it.
    ? If you don't ask, the answer is always no
    ? If you don't step forward. you'll always in the same place

    25

    Topic: Hypnobirth

    purpleday...

    imho, ambil kelas hypno ke bu lanny atau bu eva sama aja... yang waktu dan lokasinya paling match aja buat kamu... kl aku kebetulan ikut kelas hypno mba eva karena lokasinya cuma 5menit dari rumah dan waktunya pas di kehamilan 32w... pas deh...

    kl bukunya bisa beli di toko buku atau di sini

    healthy, happy, beauty inside out... :)
    my instagram
    my blog