1

Topic: Hamil Kembar

Dear Urban Mama and Papa,

Mohon sharingnya bagi yg sudah pernah atau sedang hamil kembar saat ini.
Saya saat ini sedang hamil dan senin kemarin check up ke Dokter Jacoeb di Sam Marie, di nyatakan hamil 7 minggu dan kembar smile

Terus terang perasaan saya campur aduk antara kaget, senang dan bingung juga. Selain unplanned juga karena anak saya masih berusia 16 bulan. Sedikit flash back, kehamilan anak pertama saya, melalui program fertilitas setelah 5 tahun menikah dengan indikasi PCO.

Sempat googling katanya hamil kembar resiko nya lebih tinggi ya?
Mohon sharing dari teman teman ya

Terima kasih
Yuni

2

Re: Hamil Kembar

Moms mau nanya dpt kembar,ada keluarga moms / suami yg kembar? Aku jg pgn dpt kembar tp blom dikasi ma yg diatas.dr hasil baca2 di internet katanya kalo kembar tu morning sickness nya bs lbh berat.lbh beresiko krn bayinya 2 lbh cpt capek n lelah kondisi ibunya hrs bener2 dijaga.maaf kalo infonya krg membantu.selamat yA

3

Re: Hamil Kembar

dear yuni... selamat yah untuk kehamilan kembarnya...

di keluarga aku juga ada yg kembar... tapi belum dapet giliran nih... hehehe... temen aku juga ada yg lahiran kembar...

menurut cerita... lahir kembar butuh perhatian lebih... karena pertumbuhan janin satu dan yang lain belum tentu sama... selain itu, berat masing-masing baby ngga sebesar bayi tunggal... jadi asupan gizi harus dijaga... selebihnya tetep harus dibawa santai dan happy... karena mereka adalah anugrah bukan beban (meskipun nanti perut bakal lebih gedhe sih...)...  sekali lagi selamat yaaahh... smile

healthy, happy, beauty inside out... smile
my instagram

4

Re: Hamil Kembar

Annisa - conrats buat hamil kembarnya yaaa.., gue sih ga hamil kembar tapi ipar gue dari suami hamil kembar. mau share dikit aja gmn beliau menjalani hamil kembarnya.. 
Awalnya dapet morning sickness (ya rata-rata bumil mau kembar or nggapasti ngerasain yah), trus lama-lama dia ga bisa masuk makanan apapun ampe sekitar 4bulanan, jadi makanan yang masuk bener2 minuman, trus minuman yg pake jelly dan only buah2an (hanya itu makanan yg sukses masuk perut dan ga keluar lagi). baru deh setelah 5 bln atas gitu makannya rada enakan. Bentul kata mama diatas yg bilang harus perhatian ekstra, apalagi akhirnya prematur lahirnya jadi bener2 extra care semua-muanya. Dari berat badan yg kurang, harus disinar, dll... singkat cerita  sekarang sih udah pada gede, anak kembarnyanya udah masuk sekolah TK umur 5 thn. Seneng tiap didandanin pasti bajunya kompakan. trus kadang gaya tidurnya sama dll. Well jalani dengan senang hati aja ya nis, banyak yg pgn punya anak kembar tp ga dapet walopun ada turunan, dikau malah dapet, harus disyukuri banget tuh smile

Last edited by siska.knoch (2011-06-01 22:36:08)

Miguel is my Rocktober Baby
@siskaknoch

5

Re: Hamil Kembar

Annisa Hafizah Yunanta
Senang ada thread ini...Mau sekalian sharing ya moms,
saat ini aku juga dinyatakan hamil TRIPLET oleh dokter, dan sudah masuk 16w. Ketauannya pas USG 8w setelah testpack positif, ada 2 kantong hamil..2 minggu kemudian disuruh kontrol kelihatan bahwa ada 3 janin yang berkembang didalamnya.
Kemarin aku baru USG di dr. Bambang Karsono di klinik Fetomaternal, beliau bilang bahwa kehamilanku berasal dari 2 telur yang dibuahi, nah salah satu telur membelah lagi sehingga jadilah 3 janin. 2 yang identik (berasal dari 1 telur, dan 1 plasenta) 1 lagi tidak identik (berasal dari lain telur, 1 plasenta). Kasus ini tidak harus ada keturunan, pure kekuasaan Allah..Alhamdulillah semua baik2.
Aku dan suami ga ada keturunan kembar sama sekali makanya rada kaget ketika tau bahwa hamil kembar 3, dan sama sekali bukan dengan program bayi tabung karna anak pertamaku, Jehan sekarang usianya baru 9m. kebayang kan nanti seperti punya anak kembar 4..hehe. Anak pertamaku lahir dengan sc, karena belum setahun kemungkinan besar yg ini akan lahir sc juga dan dengan usia kehamilan <35w.. membayangkan hal ini rasanya antara sedih dan bingung juga ya..
Morning sickness hampir ga berasa sama sekali, paling hanya cepet capek, itu juga karna gendong Jehan, selebihnya aku menjalani rutinitas biasa, kuliah, kerja dan ngurus anak..apalagi sudah 2 bulan ini aku LDR sm suami yg juga lagi nerusin kuliah di LN..(maap curhat)
Selama ini, sejak hamil anak pertama aku cek up di dr.Bunindro (RSAB. Budi Kemuliaan)...kalo moms yg lain ada saran, dokter spog mana yg biasa nanganin kembar triplet, info ya..
oiya, banyak yg nanya ini kesundulan, knp ga kb dsb...sebenernya hamilnya memang kita rencanakan..tripletnya yg bener2 kuasa Allah..;)

live in a colourful life with 3 lil angels, Jehan Athar Audry..

6

Re: Hamil Kembar

arika wrote:

saat ini aku juga dinyatakan hamil TRIPLET oleh dokter, dan sudah masuk 16w. Ketauannya pas USG 8w setelah testpack positif, ada 2 kantong hamil..2 minggu kemudian disuruh kontrol kelihatan bahwa ada 3 janin yang berkembang didalamnya.

waww, congratz.. bener-bener amazing grace ya arika *takjub*
semangat yah, bayangin aja yang seru-seru. bentar lagi ngurus 3 anak kembar.. ihhh, pasti lucu-lucu. double stroller masih ada, nah kalo triple stroller kayanya belum ada ya? hihi..

oya, pengalaman orang-orang di sekitarku memang kalau hamil kembar, usia kehamilan berkisar di 35 weeks (prematur). but, ga usah berkecil hati, tanteku hamil kembar dan anaknya lahir cukup bulan. BB dua-duanya juga >2.5 kg

so, keep positive thinking ya mom smile

Last edited by elfandrani (2011-06-15 10:06:08)

7

Re: Hamil Kembar

elfandrani
thanks mom, memang yg terpenting adalah menyiapkan mental dan dukungan keluarga..
dr.Bambang sempat bilang kalau kapasitas rahim hanya sekitar 7kg, udh termasuk plasenta,ketuban dll.. jadi kalau kembarnya 3 ya se rahim itu dipake untuk ber 3..smg bisa lahir selamat amiin, doanya yaa...

live in a colourful life with 3 lil angels, Jehan Athar Audry..

8

Re: Hamil Kembar

Iiiiiih selamaaaaat <3

Lucu yah kalo punya anak kembar, sekaligus dapat dua! Jadi capeknya sekaligus hehe.

Partner kerja gue istrinya lagi hamil kembar juga, satu cowok, satu lagi belum ketauan. Pas gue selametin dan bilang "Enak banget langsung dapet dua!" dia ketawa2 dan abis itu diledekin sama koleganya dia,

"Oh iya enak banget, apalagi kalo bayar masuk sekolah sekaligus dua, ulang tahun dua kadonya, hahaha"

Hahaha gue ampe ktawa, bener sih tapi ahhh anak rejekinya mah ada aja, gue harap semua bayi2 kembar disinipun banyak rejeki dan selamat sampe lahir ya!

Jgn lupa kalo udah lahir POST FOTO2NYAAA aku penasaran dgn bayi kembar!!

9

Re: Hamil Kembar

wow arika... selamat dengan kehamilan kembar tripletnya... semoga sehat-sehat aja yah... pasti nanti babynya hom pim pa tuh kl mau lahiran... mana duluan yg mau ketemu mamanya... big_smile

setuju dg peachmargarita... upload fotonya nanti... wink

healthy, happy, beauty inside out... smile
my instagram

10

Re: Hamil Kembar

peachmargarita & mrs doyi
makasih doanya ya...baiklah coba nanti di upload kalo mereka sudah lahir.. sekarang belajar upoad fotonya dulu..hehe

live in a colourful life with 3 lil angels, Jehan Athar Audry..

11

Re: Hamil Kembar

Annisa & Arika , huaaa selamat yaa..seneng deh dengernya..soalnya dulu saya mupeng bgt pengen dpt kembar walo ga ada keturunan kembar diantara saya n suami. Pnh usaha pake obat penyubur kandungan tp dapetnya satu aja..alhamdulillah bgt msh diksh rejeki smile. Skrg baru ngurus satu anak aja dah capee bgt...apalagi ngurus kembar ya? Salut!! Jd melupakan sejenak cita2 lama en bersyukur bgt sama apa yg ada skrg
hehe. Smoga kehamilannya lancar yaa...smoga ibu & bayi2nya sehat2 selalu..terus ksh update yaa *hug* smile

:: Cheers ::
www.orchidinia.blogspot.com

12

Re: Hamil Kembar

mau ikut sharing yaaa smile kebetulan keluarga gw banyaakkk banget yg kembar, termasuk ade2 gw..hehehe
dulu nyokap yang gw inget perutnya gedeeeeeeee banget!! tapi krn beliau atlit, jadi masih sanggup jalan2..kalo bukan atlit katanya sih pasti udah bedrest tuh..soalnya ternyata ade gw gede2..masing2 beratnya 3kg! hahaha...oia trs lahirnya pun normal pula,hedeeehhh..
kata nyokap sih so far sih sama kaya hamil 1 janin aja...bedanya cuma makan lebih banyak, perut lebih gede, dan perutnya melar parah bangeett susah dibalikin lagi walo olahraga tongue
selamat yaaaa..gw pun pengen dapet kembar hehehe moga2 next nya deh smile

~Aysha's mom~

13

Re: Hamil Kembar

Annisa Hafizah n arika congrats ya smile semoga ibu n baby selalu dlm keadaan sehat walafiat. Amin.

dr dulu pengen bgt hamil kembar tp dr keluarga kedua belah pihak ga ada yg punya keturunan kembar. trs sempet disentil ma mamaku "alaaah ade sok2an mau hamil kembar, hamil biasa aja payah melulu" hihi iya moms, setiap hamil baik anak pertama n ke2 ntah kenapa diriku selalu drop fisiknya.
temen aku ada yg hamil triplet, wkt hamil perutnya disangga pake belt yg dr bahu gt krn gede bgt. trs kl jalan pelaaaann bgt, emang hrs lebih extra hati2. tp keuntungannya krn jarang terjadi di negara kita, dia jd sering bgt masuk majalah2 khusus maternity/parenting gt. kali aja nanti mba arika jg jd sering wara wiri di majalah2 big_smile

eb atha kae nda

14

Re: Hamil Kembar

Dear Mamas,

Terima kasih untuk doa nya, maaf saya baru posting lagi karena selama ini masih berkelut dengan Evening Sickness yang amat sangat. Allhamdulilah kehamilan saya sekarang memasuki week.15. Minggu lalu di USG, 1 janin sudah kelihatan cowok, yg satu nya masih malu malu. Berat badan saya naik 3.5kg. Saya masih melakukan aktifitas sehari hari saya, termasuk ke kantor naik motor (di bonceng suami) dengan sangat hati hati, tapi mulai bulan depan lokasi kantor saya pindah kurleb 20 menit dari rumah, kalau yg sekarang 1 jam perjalanan.

Arika, bagaimana dengan kehamilanmu yg triplet? bisa share ke kita lagi update news nya bagaimana? Untuk makanan, saya gak bisa makan banyak krn langsung mual mual, jadi sedikit sedikit. Spt dirimu juga anak saya yg nomer 1 masih 1.5 tahun smile

Saat ini saya di tangani oleh Dokter Ridwan ke Kemang Medical Care. Selain lokasi dekat rumah dan kantor, juga atas rekomendasi teman teman. Bulan depan Dokter Ridwan mengatakan akan di check organ tubuh secara details. Kemaren sempat di lakukan test darah dan urine komplit untuk test kadar HB, Hepatitis, Virus dll.

Mudah mudahan kehamilan ini kita sama sama di mudahkan dan di lancarkan. Amien

15

Re: Hamil Kembar

hai all...
mau sharing aja nih..

Anak pertamaku juga kembar identik. Aku sih memang ada keturunan kembar dari suami, jadi ngga terlalu kaget pas denger hamil kembar. Kalau mengenai resiko sih memang hamil kembar itu resikonya lebih besar dibandingkan hamil yang bukan kembar. Cuman asal kita bisa ngejaga asupan makanan dan banyak istirahat sih mudah2an semua baik2 aja. Ini beberapa hal yang waktu itu dipesenin ama dr ku yah:

1. jaga bener2 asupan makanan.
karena hamil kembarku di kehamilan yang pertama, dimana pengalaman masih minim banget, jadi aku bener2 disuruh diet TKTP (tinggi kalori tinggi protein). Jadi pada waktu awal kehamilan, jangan kawatir dulu ttg penambahan berat badan. Karena beneran deh, makan sebanyak apapun pasti keserap ama babynya kok :d

2. Bannyak istirahat
ini sih tiap orang beda2 yah. Waktu aku hamil kembar dulu, puji Tuhan ngga terlalu bermasalah. Kita yang tau sendiri batas kita sampai mana, jadi kita sendiri yang nentuin kapan mesti istirahat.

3. rajin check up
Kalo hamil normal kan sebulan sekali yah.. kalo aku dulu saking parnonya, bisa ampe 2 minggu sekali. hi2. Apalagi dulu aku hamilnya kembar identik satu plasenta. Jadi babynya berbagi asupan dari 1 plasenta yang sama. Resikonya kalo bayi kembar 1 plasenta adalah bisa terkena twin-to-twin syndrome. Penjelasan gampangnya adalah salah satu saluran bayi lebih kecil, sehingga asupan ke bayi tersebut jadi kurang. Nah, ini bisa ketauan pada saat usg ataupun dari perkembangan BB bayi.

4. Diet garam di trimester 3.
Ini ngga tau deh berlaku untuk semua bumil kembar ato ngga. Kalo aku kemaren pas trimester 3 tensiku tinggi. Padahal biasanya rendah. JAdi trimeester 3 mulai diet garam deh

5. Banyak berdoa
Gimanapun juga semuanya kembali ke kehendak Tuhan yah mom, jadi harus banyak2 berdoa big_smile

mudah2an bermanfaat yah mom. Ngga berniat menggurui yah, cuman pengen sekedar sharing pengalaman aja... big_smile

Last edited by ceicalia (2011-08-04 13:05:20)

16

Re: Hamil Kembar

arika, ipar temen kantorku jg kemarin hamil triplet (2 cowok, 1 cewek), lahir di RSAB Harapan Kita. dr kandungan Erdwin Rakun, dr anak: Lusi.

17

Re: Hamil Kembar

all, terima kasih atas perhatian semuanya ya...
udh lama ga update kabar di thread ini.
Jadi pas minggu ke 23, aku terserang flu berat. maksudnya hari itu mau kontrol ke RS. Budi Kemuliaan (dr.Bunindro) karena flu semakin parah. Pas di USG dokter menyadari ada hal yang aneh dari si-triplet, salah satu dari yang identik ukurannya tidak sesuai umur dan dokter ga mellihat ada gerakan janin sama sekali. DEG! aku udh ga karuan rasanya, sambil menenangkan di dokter menyarankan aku utk periksa lagi ke dr.Bambang Karsono (spesialis USG) untuk lebih jelasnya. Malam itu juga aku cari jadwalnya dr.Bamabang Karsono, padahal utk ketemu beliau harus bikin janji min sebulan sebelumnya..aku berhasil dapet no urut terakhir which is jam 2.30 dini hari di klinik Moegni menteng.
Hari itu bener2 melelahkan karena harus nunggu dari dokter ke dokter di bulan Ramadhan. Saat dr.Bambang periksa, beliau langsung memberi tau kalau si adek yang paling kecil ukurannya itu sudah tidak berdetak lagi jantungnya..kemungkinan ini banyak terjadi pada kembar yang mempunyai 1 plasenta, karena 'kalah' bersaing untuk mendapatkan asupan nutrisi..lama kelamaan dia tidak bisa bertahan. Perasaan aku saat itu udh campur aduk, sedih, panik, bingung, jauh dari suami pula..ihiks.. tapi dokter menenangkan dan berusaha utk menghibur dengan bilang bahwa ini adalah jalan si adek kecil menyelamatkan kedua kembarannya yg lain..karena dengan begitu, ruang untuk 2 lainnya semakin tumbuh besar dan bisa bertahan lebih lama di dalam rahim jadi lebih besar dibandingkan saat masih bertiga. Dan bagaimana dengan si adek kecil yg sudah meninggal di dalam? jadi inget bahwa itu pernah dibahas di sini. Esok paginya aku kembali ke dr.Bunindro dengan hasil USG dini harinya, dan dokter akan memantau terus perkembangan kedua bayi lain, dengan serangkaian tes darah dan monitor terus apakah si adek yang kecil itu mengalami pengecilan..
Sampai hari ini,  kondisi kedua bayi sehat dan sesuai dengan ukuran usianya dan doakan kami ya moms semoga bisa sehat dan bertahan sampai nanti saatnya melahirkan...sekarang masuk 28 minggu, still a long way to go ya...

live in a colourful life with 3 lil angels, Jehan Athar Audry..

18

Re: Hamil Kembar

arika be strong ya, mom *hugs* semoga kedua janin yg bertahan berkembang dan lahir sbg babies yg sehat-sempurna dan mamanya jg sehat bisa mendidik putra-putrinya. amiin. pengen cpt liat hasilnya di urban kids gallery, euy.. hehehe

It does feel best to be just me! -the Lopshires-
-Mother of warriors-
Hilya -  Nena - Hilmi

19

Re: Hamil Kembar

mom arika u must strong mom,,jadi pengen nangis bacanya, kami doakan semuanya sehat & selamat:)

--- nyanyian qilla sebelum tidur : nyanayyuunyununana" ---

20

Re: Hamil Kembar

Aduhhhhhhhhhh sad Sedih banget bacanya. Yahh sabar ya Arika, semoga yang dua lainnya sehat sampai lahir nanti dan tumbuh besar sehat2 + pintar!

21

Re: Hamil Kembar

tanggal 22 oct 2011 bayi kembar tiga (Triplet) kita telah lahir di YPK Menteng dengan dibantu oleh dr Trijatmo spog dan dr Nurwansyah sp ultrasound. istri berhasil bertahan 36 minggu, dengan perjuangan sangat berat dr Trijatmo mendorong istri supaya bertahan sampai cukup bulan, dan pengecekan rutin oleh specialis ultrasound dr Nurwansyah (ypk menteng), pada minggu ke 28 si kembar ter identifikasi twin to twin syndrome, jadi si kembar identik rebutan supply makanan dan darah krn sharing placenta, dan ditakutkan saling mengalahkan. sehingga dilakukan prosedur Amnio Reduction oleh dr Nurwansyah dengan didampingi dr Trijatmo di YPK Menteng. Prosedur ini dilakukan untuk menyeimbangkan volume air ketuban di keduabelah janin, krn msh terdapat selaput tipis pemisah. prosedur dinyatakan berhasil, karena janin jadi bertumbuh dan volume air ketuban terbagi lbh merata. (campur tangan Tuhan). akhirnya tepat 36 minggu dr Triajatmo memutuskan untuk Caesar, karena kondisi istri juga sudah cukup berat dan tidak nyaman dg perutnya yg membesar. lahir dg berat 2,1 kg 1,6 kg dan 1,5 kg. kemudian dilakukan perawatan intensif oleh dr Rinawati spa dan team sampai anak pulang ke rumah, bayi laki-laki (berat lahir 2,1 kg) pulang 2 minggu setelah lahir, bayi perempuan dg berat lahir 1,5 kg pulang pada hari ke 22 setelah lahir, dan bayi perempuan ke 2, pulang stelah 36 hari perawatan oleh Team YPK Menteng. Puji Tuhan mereka semua sehat sampai saat ini, semoga semua sehat sampai besar nanti. terimakasih atas bantuan dr Trijatmo, dr Nurwansyah, dr Rinawati, dr Luh Yuni dan suster2 kamar bayi YPK, GBU

22

Re: Hamil Kembar

oooh..syukurlah..ternyata si triplet semuanya selamat..

23

Re: Hamil Kembar

waaa... senengnya punya triplet. 3 sekaliguss.. hebat.. congratulations...

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

24

Re: Hamil Kembar

arika Antara sedih dan terharu deh baca post km, terusama pas baca bagian ini... "jalan si adek kecil menyelamatkan kedua kembarannya yg lain".. So adorable! :') Semoga twins nya sehat terus yah sampe lahiran. Harus tetep semangat ya, Arika.

25

Re: Hamil Kembar

annisa & arika,
Selamat ya..semoga sehat2 ya..

Arika,
Ikut berduka atas si kecil sad sedih bacanya..
Semoga 2 saudaranya yg lain semakin berkembang sehat ya..

Kriss,
Selamat ya atas kelahiran triplet smile
Yuk pasang photonya di gallery..
Seru ya liat bayi kembar..

Oh ya, kembar 2 itu perbandingannya 1:80 kehamilan, sedangkan kembar 3 perbandingannya 1:300 kehamilan..
Jadi bersyukurlah, krn yg mengalami kehamilan kembar ini benar2 org tua yg terpilih smile
Kalian pasti org2 yg hebat...
Jaga kesehatan dan tetep semangat ya smile

a life-enjoyer mama smile
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau
ym: untung_ada_eka