1

Topic: Hamil Kembar

menok,
ALhamdulillah Alma-Aida lahir sehat. Tumbuh cerdas ya twin!! :)
Bundanya semangat yaaa.. mampir di thread menyusui bayi kembar untuk sharing ilmunya bersama mama yang lain yaaa.. Semoga sukses ASIX *bighug*

Vitachan dan miss_lia
Waaa.. jaga kesehatan yaaa.. Hamil kembar memang rawan prematur. Mendingan dengerin saran dokter deh. Saya dulu terlalu "lincah" gak bisa diem bedrest, akhirnya juga harus menuai hasil Kira-Kara lahir prematur :)
Take care ya bumils kembar :D

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

2

Topic: Hamil Kembar

menok,
wahh namanya bagusss,,,alma aida,,,,semoga tumbuh jadi twins yg sehat terus yaaa,..

miss_lia
iya jgn smpe deh dirawat krn kontraksi yg suakitnya masyaallohh...udah tedrakhir pas db itu aj,,aq jg gk maw lagi k rs gr2 kontraksi+ mules...kasian dedeksnya jugaa..

Kira Kara
si twin prematur bund? klo boleh tau pas uk kehamilan brp weeks? tnda2nya gmn bund??

3

Topic: Hamil Kembar

vitachan,
iya, prematur. lahir di minggu ke 33. waktu itu ketuban pecah dini. karena kapasitas rahim saya yg kecil, sebenarnya dokter menyarankan bedrest di usia 30weeks. tp karen saya msh merasa baik2 saja, saya msh nekat ke ktr dan baru ambil cuti di week 32. kemana2 masih naik motor. cuti pun saya msh beraktifitas spt biasa, bahkan sempat jahit bed set buat si kembar. hehe.. jgn ditiru bandelnya ya... dijadikan pelajaran aja. :D
oh iya ada cerita kelahiran si kembar disini
semoga bermanfaat :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

4

Topic: Hamil Kembar

uhuk! kirain jeng wiwid hamidun lagi. hehehe..

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

5

Topic: Hamil Kembar

senangnya ada thread ini. makasi bunda kira kara udah share link ini :)banyak yg mau di share nih kehamilan kembar aku yg banyak surprisenya :)

ini kehamilan aku yg ke 4 tapi anak kedua (dan ketiga)kehamilan aku yg kedua dan ketiga keguguran yg ketiga bialngnya blighted ovum yg kedua ga tau kenapa :)2-2nya gugur dikehamilan 3 bualn dan dikeluarin lewat kuret. anak pertamaku udah 2 th 9 bulan :)

kehamilan kali ini aku ngerasa banyak banget surprisenya moms beda dengan kehamilan pertama yg anteeeeeng banget berasa ga hamil badan aja yg berubah jd gendut aku naek 22 kg dikehamilan pertama moms dengan bb bayi 4 kg hehehehe.

akhir tahun aku baru pindah ke tasikamalaya karena suamiiku pindah dinas kesana. bulan februari aku telat dateng bulan periksa ke dokter kandungan pas periksa usia kandungannya udah 6W. di usg dibilang ada kista hiks *shock tp bayinya belum keliatan akhirnya usg trans V dan diblang bayinya sehat udah ada detak jantungnya dan KEMBAR (ga tau harus gimana) *antara bahagia dan bingung kembar dengan kista?????
#dokternya kepinteran jadi ga menjelaskan detail ke pasien

akhirnya suamiku memutuskan kita ke jakarta dan periksa di jakarta dengan lebih banyak pilihan dokter. hari itu juga (sabtu) kita putuskan berangkat ke jakarta. seninnya aku pun langsung kontrol ke dokter kandungan. diperiksa beliau jawabannya sungguh menenangkan iya kamu ada kista tp kita liat dulu apakah fungsional apakah harus diangkat. oh ya beberapa hari belakangan aku ngeflek dikit tapi masih tenang karena aku pikir perekatan ke dinding rahim. tenanglah untuk sementara waktu.

But ternyata hari rabunya aku ngeflek agak banyak telp dokternya disuruh bedrest akhirnya diresepin penguat kandungan dan bedrest sampe hari minggu (dirumah aja ga di rs).

sampe kehamilan 3 bulan aku ga ada keluhan lagi moms dan ternyata kembali ngeflek dikehamilan 3 bulan yg keluar darah segar pas lagi buang air kecil (#sigh shock lg) telp dokter disuruh rawat akunya ga mau mikirin jauh dari suami anak yg pertama agak rewel akhirnya minta bedrest dirumah aja dikasih penguat kandungan lg. bedrest 5 hari alhamdulillah USG lagi sehat mereka :) *usgnya setelah fleknya berhenti ya moms. aku sempet nanya masalah kistanya tp ga terlalu keliatan karena kebelakang.

akhirnya aku iseng2 ke dokter di rs.sari asih ciputat dikehamilan 14w karena dekat rumah dipamulang sebelumnya ke hermina ciputat tapi ga tahan klo udah sore macetnyaaaa. pas di rs ini di periksa ama dokternya dibahas lagi kista dibilang klo kistanya gede ini kira2 8 cm tp saya ga bisa mastiin jenis apa akhirnya dirujuk ke fetomaternal di fatmawati.

penasaran akhirnya aku nekat nyetir ke fatmawati abis kontrol tp pas sampe sana udah tutup pendaftarannya :( balik lagi besoknya jam 9 pagi udah dateng daftar dan antrinyaaaaa lamaaaa banget dipanggil dokter jam 1/2 12 tanya2 disuruh antri lg buat usg akhirnya usg dan benar KISTA DERMOID lebih kurang 8 cm di ovarium kiri. balik lagi ke doter tadi konsul dan disaraninn di angkat kistanya di kehamilan 15-16 W karena kehamilannya kembar dengan resiko keguguran 10-15%.

waaah aku shock moms ga tau harus gimana gambling ga diangkat takut meluntir atau pecah trus menggangu janinnya karena gede sementara ada 2 janin juga diperut klo diangkat ga siap harus kehilangan lagi ;(

akhirnya aku balik lagi ke hermina tanya2 sama dokter nya kasi liat hasil usg kemaren dan beliau pun jg ga memutuskan terserah pasien dengan melihatkan kemungkinan2. ga puas ke Rs sari asih lagi liatin hasil usg kemaren dan doternya langsung memutuskan kamu baiknya dioperasi aja dengan segala resiko yg sama seperti sebelumnya. aku dan suami pun bingung.

akhirnya kita putuskan operasi sabtu kontrol seninnya langsung operasi. cukup makan waktu lama moms 2 jam operasinya dengan belahan vertikal yg lebih panjang dari caesar horizontal waktu melahirkan anak I dan ternyata gede kistanya lebih dari 10 cm segede bola tenis (hah gedenya dok) dan dikanan rupanya juga ada kista tp ga gede jadi ga perlu diangkat ovariumnya cukup kistanya aja.

alhamdulillah moms sampe sekarang bayi aku sehat2 aja udah 26 W 6 D. terakhir kontrol berat bayi 1 846 gr dan 2 814 gr. ada 2 ketuban dan 1 plasenta. mohon doanya ya moms terakhir tensi aku juga tinggi 130/90.


wah ga berasa udah panjang curhatannya. ;D doain ya moms kehamilan ini lancar2 aja sampe lahiran :)

6

Topic: Hamil Kembar

Haiii moms...

Senang bs berada disini..

Ak sedang mengandung bayi kembar dlm satu kantong. Pd kehamilan 12 week ak ngalamin flek...lemes rasanya.
Tp puji Tuhan sikembar sehat lg tendang tendangan malahan.
Ak flek setelah pulang dr jalan jalan...hihiii.. krn kecapean

Konsekuensinya adl ak harus totaly bedrest.

Tidur ga nyaman lho moms.. hadep mana aja ga nyaman.
Jd sll tdr pagi... :(
Tp untungbya suami siap siaga sll.

Mual muntah dan masuk angin banget banget... huaaah

Tp harus ttp smangat dan banyak doa.

Doakan ya sikembar sehat keduanya. :)

7

Topic: Hamil Kembar

bundanadine
woooww.. congratulations... and welcome to the club.

Iya, aku pun dulu waktu hamil, tidur rasanya gak nyaman... miring kiri salah, kanan salah, telentang juga gak enak... Tapi tetep semangat dan excited menanti kelahiran si kembar.
Semoga si kembar selalu sehat, lahir selamat semua. Take a good care yaa... :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

8

Topic: Hamil Kembar

Kira Kara wrote:
bundanadine
woooww.. congratulations... and welcome to the club.

Iya, aku pun dulu waktu hamil, tidur rasanya gak nyaman... miring kiri salah, kanan salah, telentang juga gak enak... Tapi tetep semangat dan excited menanti kelahiran si kembar.
Semoga si kembar selalu sehat, lahir selamat semua. Take a good care yaa... :)



Halo bunda Kira Kara ...
Amiiin...mohon doanya selalu :)

Terimakasih dan salam,

9

Topic: Hamil Kembar

Hai bun...

Mau absen juga, saya hamil triplet bund... kembar 3. Iya bund, tidur udah nggak ada posisi yg enak. Perut bentuk-nya benjol ke kanan soalnya posisi debaynya satu di kanan, satu melintang di atas, satu melintang di bawah.Tapi alhamdulillah, nggak pernah ngeflek,meskipun sy masih kerja. Baru minggu ini bedrest, nunggu waktu lahiran minggu depan.

Sekarang udah 34w. Perkiraan awal dokter dulu hpl-nya pas hari ini. Pas diobservasi lagi ternyata rahim saya regangannya masih bagus, jadi masih bisa diundur lahirannya minggu depan, jadi usia 35w (ngarep semoga bisa diundur lagi..) Di minggu 33 udah disuntik pematang paru buat jaga2. Jadi sekarang lg h2c nih bund... pengennya nanti debay2nya lahir diatas 2kg n ga masuk nicu. Pas kontrol sabtu kemaren sih berat debay2nya masih 1,8kg...

Yang bikin galau nih bund, saya dari minggu lalu kena pilek. Ga sampe panas sih, cuman meler doang. Sekarang tinggal mampetnya. Tapi kira2 pengaruh ke debay2 apa ga ya bund...?

10

Topic: Hamil Kembar

belinih
Subhanallah.. Triplet.. dan masih awet di rahim.. Keren euy. Semoga lahir semua sehat, selamat yaaa...
Kalau sudah lahiran, jangan lupa share disini! ada Twin Club Gallery, menyusui bayi kembar, sampai mengasuh si kembar

Kalau soal pilek, coba konsul ke DSOGnya waktu kontrol. Kalau yakin mamanya kuat, Insyaallah bayinya kuat-kuat kok. hamil Triplet dan kuat sampe 35 weeks itu saja amazing lhooo... Stay healthy ya bumil!! :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

11

Topic: Hamil Kembar

Bundanya Kira Kara, Alhamdulillah, saya masih diberi kekuatan oleh Allah.. Semua tak lepas dari ijin Allah serta dukungan keluarga dan rekan2 kantor. Misua perhatian banget njaga saya dan kandungan, full antar jemput, pas ga da pembantu juga dibela2in masak buat sya dan debay . Rekan2 kerja juga pengertian banget, sy ga dikasih keja yg berat2, dan dimaklumi kalo saya sering ijin istirahat.

Soal pilek, saya udah bilang ke dokternya. Cuman dikasih panadol biru aja. Itu aja yg kuminum cuman 2. Soalnya ga kerasa pengaruhnya. Akhirnya pake cara2 aalami, kayak tidur dikebo2in, minum air putih yg banyak, minum jeruk nipis + madu. Cuman ya itu. Sembuhnya perasaan lama banget.. ni udah seminggu. Masih mampet aja. Tidur jadi tambah susah..

Debay2 sih alhamdulillah, masih aktif gerak2 di perut. Semoga ga pengaruh apa2 ya ke debay2 n semoga kuatnya saya, juga sejalan dengan kuatnya para debay.. amin....

12

Topic: Hamil Kembar

Salam kenal bunda2 the twins....sy sgt terkesan sekali dgn cerita bunda2 bebat ini. jd pengen ikit nimbrung deh..Kbtln jg sy sekarang sdg hamil kembar 34w. Hy saja sedikit komplikasi. krn sy ada perlengketan usus n rahim, penipisan dinding rahim, krn ini kehamilan yg ke 5x by secar, terdeteksi DM gestational dengan harus suntik insulin sehari 3x sampai HPL nanti di 37w dan usia sdh 39th. Sekarang sy hrs menjalani diet kalori..Kehamilan sy termasuk beresiko tinggi. Mknya sejak awal kehamilan sdh dirujuk ke dr spog fetomaternal (kehamilan risti). berat janin skrg; 1,7kg & 1,275kg. awalnya sy g terlalu senewen,tp ketika tahu bb janin sy di usia 34w ini hy sekian kg.....sy jd agak sedikit khawatir. Bisa gak yah the twins mencapai berat yg diharapkn dimasa HPL nanti???? apalg hr ini sy br sj pulang dr opname akibat kontraksi hebat 4hr yg lalu. Mmg kl khamilan twins kita hrs mempersiapkn segalanya....termsk mental kelahiran premature n masuk NICU....sy skrg hy berserah diri kpd Allah....dan berdoa smg the twins bs bersabar menunggu sampai at least 37w n jg memohon segalanya dpt diberi lemudahan n kelancaranNya.

13

Topic: Hamil Kembar

belinih
setujuuuu.. yang paling mantap di hati emang home treatment yaa.. Semoga cepet bolong hidungnya, biar bernafas dengan lega :)

shantyadewi
cihhuuiiii... nambah lagi deretan ibu hamil kembar. welcome to the club. Sependek pengetahuan saya, salah satu resiko hamil kembar adalah terbaginya nutrisi untuk 2 janin atau lebih. Terkadang nutrisi terbagi tidak seimbang sehingga selisih BB satu janin dengan yang lain lumayan besar. Dulu DSA ki-ka pernah bilang yg penting usaha ibu maksimal dengan makan makanan yang mengandung kalori tinggi. Selama perkembangan organ dalam si janin bagus, paru-paru, jantung, lambung, dll berkembang sempurna, resiko bisa diminimalisir. Semoga si kembar di dalam kandungan berkembang baik yaa... Tantangannya dapat terlewati. Lahir semua dengan sehat dan selamat. Maap belum bisa banyak membantu :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

14

Topic: Hamil Kembar

Bunda Kira Kara
Iya bun....sedihnya yaa itu krn ada dm gestasional, jd sy hrs membatasi asupan kalori yg masuk. Hy 2000cal/hari. G boleh lebih :-(. Sy skrg diet karbo jadinya sy bingung, krn g boleh kelebihan makan....padahalkan kita bumil sering klaperan n pengennya makan yg enak2 ya saay..... :'(. Yaaah emang hrs ditahan dulu neeh, kata Alloh... "Terlalu sering mkn enak nih orang" hihihi..cuma jd agak sedikit senewen deh saya. Thanks ya bun atas supportnya ;-). Ikutan forum ini jd nambah wawasan n gak merasa risau sendiri....alhamdulillah ;-)

15

Topic: Hamil Kembar

Salam kenal bun,,,
Saya jg hamil kembar dah jln 23week,,,jk baby boy semua.
Kalo kt dokter hpl bisa maju ya rencana sih hpl akhir agustus ,,
Bun katanya kalo dah diatas 30week sering ada rasa konpal ya,,kaya apa sih rasanya konpal,,takut jg sih soalnya kan pas deket lebaran takutnya gak ada dokter.
Dulu pas 8week pernah pendarahan tp skrg dah gak lg dan pas usg fetomaternal, posisi plasenta disamping,,,

16

Topic: Hamil Kembar

shantyadewi

Wah, repot juga ya bund..padahal kbutuhan kalori para twin lebih banyak dibandingkan kehamilan tunggal. Malah biasanya untuk kehamilan kembar sama dokter diasarankan untuk makan2 yang manis2 biar bayinya gede. Trus solusinya dari dokter untuk kebutuhan asupan para twin gimana bund? Apa banyakin protein?

17

Topic: Hamil Kembar

Mau absen bunda semua.. Saya jg hamil triplet. Skrg masuk 17 weeks.. Tapi skarang sedang merasa sangat2 khawatir.. Semua dikhawatirin.. Oyaa,saya baruuu aja gabung disini,salam kenal ya bunda semuaaa...
Salam kenal khusus buat bu belinih,berharap bisa japri dengan ibu nih buu.. :)

18

Topic: Hamil Kembar

shantyadewi,
waahh.. makin complicated yaa.. iya, saran dokter gimana ya? Tapi semoga semua tetep lahir sehat selamat semuanya yaaa...

retnoabadi
konpal itu kontraksi palsu ya?! brixton hicks istilah kerennya. Aku dulu mulai week 24 malah sudah mulai ngerasain brixton hicks. Kalo di aku dulu Rasanya itu perut kakuuu banget. Keras, kenceng gitu.. Ada juga beberapa itu yang ngerasa agak mules. Tapi di aku gak kerasa mules sama sekali, hanya kaku, kenceng, dan keras bangettt ngett...

dhadek
another triplet??! wooowww... subhanallah... kereeenn... Yuuuk ah, sharing-sharing disini pengalaman hamilnya... biar bisa dibaca bumil-bumil yang lain yang membutuhkan... Semoga sehat selamat sampai lahiran nanti yaaa.. *kiss2 buat para janin triplet*

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

19

Topic: Hamil Kembar

dhadek

Wah... sesama hamil triplet... pembuahan alami apa ikut promil nih bund? Kontrolnya sama dokter siapa?

Sy insyaAllah lahiran jumat siang tgl 9 mei di bunda menteng sama dr karel... monggo kalau mau berkunjung...

Lg khawatir apa bund? jgn diajak stress bund.. ntar debaynya ikut ngerasain juga lho. Tapi iya sih, minggu2 segitu sy juga lagi fase khawatir. Tapi setelah browsing2 sana sini, baca buku, jd silent reader di TUM, dll, makin kesini makin tenang. N sy makin yakin kalo Allah hanya akan memberikan ujian bagi hambanya yang sanggup, buktinya sampai saat ini sy diberikan kekuatan menjalani kehamilan ini tanpa keluhan yang berarti. Jd apa yg diberikan Allah selanjutnya, sy cuma bisa berserah kpd Allah bun..

Jd jangan khawatir bund.. kita pasti diberi anugrah ini karena kita kuat...

20

Topic: Hamil Kembar

Mbak retno abadi....
Iya mbak sy baruu aza keluar dr rs nih. 4hr hrs bedrest total akibat konpal hebat. Gak ada mules cm kenceng bangeeet....dan sakiit gt. Sy lsg dikasih cairan infus duvadilan (anti kontraksi) selama diopname 4hr itu. Dan cairan albumin utk menambah protein utk twins. Dan sy kembali di suntik penguat paru2 janin yg ke 4xnya. Ohiya, krn dm sy masih diatas normal krn ini bs mempengaruhi kehamilan, bs preeklamsia dan menghambat perkembangan janin, jd sy wajib suntik insulin 3x sehari. Tapi tenang aza....sikapi ini semua dengan berserah kpd Alloh SWT ;-)

Mbak belinih....
Betuuul mbak, ini semua ujian yg Alloh berikan bg setiap umatNya. Makasih ya mbaak atas kata2 wisenya...wonderfull ;-)

Mbak dhadek....
Wooow....selamat ya atas tripletnya....jarang2 lo. Aq yg dpt twins aza rasanya gimanaaaa gitu....g kebayang pas lahirannya nanti. Apalg yg triplet yaah?!...smg semuanya dimudahkan n dilancarkan yaaa....jgn dibawa beban ya , nanti malah jd g baik utk kondisi babiesnya. Ibu yg kuat, babynya jg akan kuat...Serahkan semua kpd yg maha Kuasa.

21

Topic: Hamil Kembar

Bunda kira kara
Makasih doanya.....aamiin.... :-*

22

Topic: Hamil Kembar

Ohiya, fyi....diabetes /dm gestational saya ini pd saat awal kahamilan belum muncul (ketika cek darah lengkap awal). mulai muncul ketika diusoa kehamilan masuk 28weeks ada indikasi bb saya naik pesat dlm waktu 1bln (5kg), kmdn dokter menuruh sy cek darah lengkap ulang baru sy dinyatakn ada diabetes gestatio. Kasus sy ini sama dgn kasus Angelina Jolie pd saat dia hamil twins pertamanya, terindikasi dm gestatio ini. Akhirnya dia hrs suntik insulin 3x sehari sampe hplnya sama dgn spt saya skrg, yg akhirnya belajar nyuntik sendiri dirumah. sdh dicoba dgn diet karbo saja, g mempan, malah naik lg. Sampe sy pk catering khusus diet dm bumil, trtep aza masih tinggi.
Pfuuuh....ini pengalaman yg sangat berharga bg saya n suami. Btw 2000cal/hari itu cukup kenyang lo bun ;-), cm nasi ditakar, disarankn nasi merah/kentang. g bs makan enak aza, g nendang gituuu...agak anyeeep :-P.
Tp yaah....ini yg hrs dijalanin ya sudahlah.....smg Alloh memberikn kami kemudahan, kelancaran n kebaikan setelah ini semua dilewati ;-)

23

Topic: Hamil Kembar

Halo, mommy twins .. salam kenal :) Aku jg lg hamil kembar 26 minggu dan insya Allah cowok dua2nya, hehehe .. perut ud buesar banget dengan berat masing2 840 dan 738 gram, sampe solat aja ud agak terhambat gerakannya :p Pasti bakal mantengin threat ini trus, belajar dari mommy2 yang udah lbh pengalaman :)

24

Topic: Hamil Kembar

ellanoviantri,

Welcome to d club n salam kenal juga....
Aq sejak usia hamil 24 weeks dah susah sholatnya. Akhirnya sholat dengan duduk sampe sekarang niiih....Alloh tdk akan memberatkn umatNya. Selama kita msh melaksanakn kewajibanNya. Smg mb ella n the twins dilancarkn n dimudahkn segalanya ya.... ;-)

25

Topic: Hamil Kembar

asiiikkk.. makin ramee...
welcome to the club ellanoviantri

shantyadewi semoga DM gestasional nya aman terkendali yaa.. Jadi bisa melahirkan dengan lancar dan semua selamat.

Pengalaman ibu hamil memang selalu unik yaa.. kalau aku dulu tidak ada masalah dengan gerak. aktifitas tetap berjalan normal. aku masih bisa ke kantor seperti biasa, shalat seperti biasa, bahkan masih bisa jahit sprei untuk tempat tidur bayi. hanya saja memang lebih cepat capek. Keluhannya berdiri agak lama sedikit sudah pusing. Uluhati mati rasa, bener-bener kebas, ternyata kejepit bayi. Dan Brixton hicks parah sejak usia 20 weeks. Jadi kalo mulai terlalu sering konpal, hati-hati yaa..

Semoga kehamilan dan persalinannya lancar semua ya bumils...

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's