1

Topic: Reksa dana

hi moms, apakah sudah ada thread khusus tentang reksa dana? kalau sudah ouups maap :D..
tapi kalo belum, boleh dunk di share, gimana sich investasi reksa dana ini ? katanya kalau mau inves reksa dana uangnya harus yang hmm istilahnya uang tidak diperlukan (????? mana ada yak)...
perusahaan mana yang bagus trus biasanya berapa dana awal yang diperlukan?
thanks for sharing ya moms

ask, believe then receive... thats the secret
@FmLambe

2

Topic: Reksa dana

@siscalambe :

investasi di reksadana ini macam- macam tergantung jangka waktunya. Ada RD pasar uang, campuran, saham dll.

Reksadana merupakan wadah kolektif untuk berinvestasi di instrumen investasi yg tersedia di pasar bisa berupa obligasi, saham, pasar uang atau lainnya.

Investasi di reksadana kembali ke tujuan keuangan sisca apa, misal tujuannya Dana Pendidikan Anak. Dana Pendidikan Anak kan tidak bisa menunggu karena semakin tinggi jenjang pendidikannya semakin besar Dana Pendidikan yg diperlukan sehingga jangan menunggu dana yg nganggur untuk berinvestasi. Lebih baik mulai sesegera mungkin.

Perusahaan penerbit reksadana yg bagus tergantung dari profil resiko sisca, sejauh mana sisca bisa mentolerir resiko dari reksadana yg akan dipilih.

Dana awal bisa dari Rp. 100.000,- (seratus ribu ruoiah) saja :)

Kalau mau tanya- tanya lebih lanjut bisa PM saya :)

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

3

Topic: Reksa dana

Honey Joseph, thanks ..nanti aku pm ya :)

mommies yang lain gimana, ada pengalaman nga?

ask, believe then receive... thats the secret
@FmLambe

4

Topic: Reksa dana

siscalambe
Tiap bulan saya rutin invest di RD dgn jumlah yang tetap tetapi tidak menggunakan fitur autodebet dari bank. Lebih afdol kalo beli sendiri via internet banking :D
disini udah dibahas lumayan mendalam tentang reksadana, mungkin bisa ceki-ceki dulu

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu

5

Topic: Reksa dana

kalo aku pake RD yang gak auto installment. tapi yg manual beli lwt trf ke bank kustodian trus konfirm ke sekuritasnya. nanti bukti pembelian dikirim via pos langsung kekita. pake panin dana maksima. dana awal min 1jt. minimal top up berikutna 1jt. emang sih minimal pembelian gk pricey dr RD yg bs auto lwt bank biru n kuning. tp luman gampang juga kok beli produk ini. marketing2nya biasan mau dateng ke tempat kt atau fax formnya. return nya jg ok banget. tp karena ini RD saham memang lebih baik u long term.

Go..ASI & Homemade food..
Go..Clothdiapering..
Go..The better future for our children
visit me at: http://javaleste.multiply.com/

6

Topic: Reksa dana

aku udah invest di RD dari tahun lalu. awalnya karena liat Ligwina di Sun TV lalu mulailah aku mampir ke webnya QM dan belajar. kebetulan basic perhitungannya juga aku pelajari di bangku kuliah.

caraku menghitung dana yang masuk ke RD adalah mengurangkan penghasilan dengan tabungan dan pengeluaran. trus aku hitung kebutuhan mendatang, misal biaya sekolah anak 15th lagi 77 juta, berapa dana yang harus diinvest ke RD saham dg asumsi return 20%. aku bagi2 sisa penghasilan untuk masing2 kebutuhan.

aku pake e-banking dari bank kuning. alasannya karna praktis (skrg bersyukur bgt karna jd gak perlu ninggal Danishya di rumah), dpt diskon 50% dan RD yang aku mau juga ada di situ. waktu itu sempat nanya2 ke bank biru tapi kecewa karena product knowledge CSnya kurang bagus.

RD yang aku pake sementara 4 sesuai dgn kebutuhan kami:
1. Dan*re*sa Inde*s Syariah utk pensiun
2. P*M Eku*tas Syariah utk dana SMA dan kuliah Shafa
3. P*M Ama*ah utk dana pendidikan Shafa yg lain
4. Ma*diri Pasar Uang utk mengamankan dana darurat

untuk RD yang keperluannya kurang dari minimal nilai top up, aku investnya tiap3 bln. misal min top up 1jt, kebutuhanku 450rb/bln. aku invest di bln ketiga 1,35 jt.

kenapa pake syariah smua? ya biar lbh tentram aja, kebetulan juga returnnya sesuai. pake produk dr 3 MI itu karena mereka perusahaan pemerintah (CMIIW). untuk memilih MI bisa belajar dr portal reksadana atau baca kontan, biasanya ada edisi bulanan khusus RD di bulan Maret.

7

Topic: Reksa dana

maminya altaf mekanisme kalo beli lewat transfer ke bank kustodian tu gimana? step by stepnya gitu gimana. aku banyak gak ngertinya tentang RD ini, maklum baru pemula. Ditunggu ya pencerahannya... :)

Sayang Hani, selaluu.. | @AyuGemilangs

8

Topic: Reksa dana

Berbeda dengan rieda, aku justru memilih RD dari MI asing. Baru mulai awal tahun 2011 sih, so far pilihanku jatuh ke Sch**der dan B*P P*ri*as beli lewat fasilitas autodebet di bank biru. Pertengahan taun nanti mo nambah 1 lagi, mo menjajal si Manuhidup & beli lewat bank kuning karena RD pilihanku ada disana.

Eh mamas setauku si bank kuning ini beberapa bulan lalu belum diperbolehkan terima nasabah baru tuk pembelian RD ya, sekarang sudah bisa lagikah?

9

Topic: Reksa dana

Lislis_Suharmadi
Udah bisa kok. Kemaren itu untuk nasabah baru belum bisa beli RD karena masih terkait kasus Cit*bank. Gak cm bank kuning aja tapi semua bank (kebetulan belum lama ini ikut nemenin temen apply ke bank kuning)
Entah kenapa kalo aku sreg ama Sch**der. Udah males mantau2 sih. Langsung tancap aja ama produk2nya Sch**der :D

Mau nambahin aja, yg dimaksud rieda dapet diskon 50% dari bank kuning itu untuk subscription fee-nya yaaa

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu

10

Topic: Reksa dana

aQeeLa
Ah thanks infonya, bulan depan meluncur ke si bank kuning ah. Hehe iyah, so far performance si Sch**der gak mengecewakan, B*P Pa**b*s pun oke. Mungkin nanti kalo gak si Manuhidup pengen B*P Pa**b*s lagi, hehe.

11

Topic: Reksa dana

Kepingin sih bisa tiap bulan nambahin unit reksadana yg aku punya, aku punya di Tri...gah dan MAMI, tp gimana ya, kayaknya ga bisa2..hehe.. pengeluaran tambahan ada melulu, harus lebih disiplin lgi nih.

Love you my fam, today, tomorrow and forever :)
Be a better person and giving as much as possible

Mama Alifa dan Dammar ( www.adiseko.wordpress.com)

12

Topic: Reksa dana

mamas,

emang ga boleh ya sebut nama bank? hiks.. aku bingung menebak2 bank kuning ini bank apa ya?

13

Topic: Reksa dana

mila
Bank kuning itu Commonweal*h Bank :D

adisanita
Triknya adalah invest on payday. Kalau aku sih begitu gaji masuk ke rekening (yg hobi banget offline pas tgl 1 aku gajian, bete!) langsung aku transfer semua ke Commbank, terus bayar ini itu, dan langsung beli reksadana. Kalau gak gitu gak bakal kebeli deh. Yang namanya pengeluaran tak terduga tuh selalu ada tiap bulannya :(

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu

14

Topic: Reksa dana

bank kuning: commonwealth bank
bank biru: mandiri bank

cmiiw ya mamas ;)

15

Topic: Reksa dana

Sama tebakannya kaya' Cyndewi :D. Kemaren ngobrol2 sama suami, n bertanya2, emang yg punya supermarket reksadana cuma dua bank itu aja ya di Indonesia?

Sayang Hani, selaluu.. | @AyuGemilangs

16

Topic: Reksa dana

Seru seru...ikut menyimak aja...yak lanjutkan mamas :D

17

Topic: Reksa dana

mamamods, bisakah bahasan tentang reksadana di thread finansial matter dipindah ke sini aja? daripada bacanya lompat-lompat dari thead ini ke thread itu.

Sayang Hani, selaluu.. | @AyuGemilangs

18

Topic: Reksa dana

aqeela, thanks dah nambahin. kalo beli di CMW via e-banking emang dapat diskon 50% untuk fee pembeliannya. misal beli 1juta kena fee 15.000 (1,5%) kita cuma bayar 7.500. lumayan kan kalo pembeliannya rutin? (",)

mamas yang beli sch**der boleh share udah invest brp lama dan returnya kah? mulai tergoda lirik produk asing nih..

19

Topic: Reksa dana

rieda,
kalo return kan bisa diliat di infovesta atau portal reksadana

ayu
setau ku cimb niaga sama bca juga ada kok..
cuma yang paling user friendly memang mandiri dan commbank karena mandiri ada yang installment dari 100rb/bln sama kalo commbank bisa online beli nya. jadi gampang

follow me @ini_dhita || www.inidhita.com ||

20

Topic: Reksa dana

moms, apa sih perbedaan/keuntungan dan kelebihan beli RD lewat bank kuning or bank biru?? :)
dan klo milih Manajemen Investasi yang bagus gimana ato nggak ngaruh ?
masih baru belajar RD nih :)

kenzie jatung hati mama papa semoga menjadi anak yg sholeh & hidupmu selalu barakaallah.

21

Topic: Reksa dana

tari quennel sama2 gampang sih antara bank kuning dan biru, tp dari segi kemudahan, banyak yang bilang (termasuk suami sendiri, dia pengguna bank kuning juga) kalo bank kuning lebih fleksibel dari segi kemudahan bertransaksi (bisa i-banking), pas banget nih blog yang gw suka baca lagi bahas perbedaannya, mungkin bisa dibaca2 juga :)

Reborn since El was born
@inicrey

22

Topic: Reksa dana

mamas hari ini aku resmi buka investasi RD di bank kuning, td pilihnya dua :
1. Manu*** saham andalan
2. Scro*** dana istimewa
dua2 nya jenis RD saham, knp pilih saham, karena tujuannya jk.pjg untuk dana pendidikan anak.. trus aku pilih yg tiap bulan di debet..sama tuh kyk aqeela n friends..kalo ga tiap bulan di-disiplinkan beli RD..tujuan jd tidak mudah tercapai..
oh ya dua manajer investasi ini juga pny track record bgs..as I know..secara wkt skripsi aku bikin performa 2 taunan para manajer investasi he3..

mamanya mas fadhil n dedek nafisa :)

23

Topic: Reksa dana

crey, TFS :) baru aja baca blognya

kenzie jatung hati mama papa semoga menjadi anak yg sholeh & hidupmu selalu barakaallah.

24

Topic: Reksa dana

tanya dong moms...
klo misalnya sebelumnya udah punya RDS yg selama ini dibeli lgs dari MI, trs misalnya minta dijadiin auto debet ke bank biru itu bisa gak ya?

-wife to a great husband, mother for alesya & arsyila-

25

Topic: Reksa dana

menyimak....menyimak...menyimak.....klo ada waktu mau akh ke bank kuning...

bunda hanif.....