1

Topic: IMD

Moms, share donk pengalaman tentang IMD...
Apa sih efek positifnya IMD buat ibu dan bayi?

2

Topic: IMD

aku dulu ga terlalu IMD, bayiku abis keluar, dikasi liat bentar trus dibersiin dulu (kayaknya dilap doang) trus dibungkus. sekitar 20 menit kemudian (akunya dijait dulu dll) baru bayinya dikasi ke aku buat latihan nyusu... lumayan lah daripada berjam2 kemudian baru latihan nyusu..

kalo IMD yg bener2 kan setelah keluar trus dilap bentar, ga sampe 5 menit udah latihan nyusu ke ibunya, malah ditaro gitu aja ke dada dan dibiarin ngerayap sendiri (istilahnya breastcrawl)

bagus buat bonding ibu dan bayi, memacu keluarnya ASI, memastikan bayi dapet colostrum dan rahim ibu cepet nyusut.

3

Topic: IMD

hai momchi,

waktu melahirkan enzo dan dante, aku sempet imd sekitar 1 jam (agak-agak lebih).

pas bayinya keluar, aku tanya sama midwifenya, bisa IMD ato engga. karena di klinik bersalin tempatku melahirkan, hanya bisa IMD dan rooming-in hanya jika kondisi memungkinkan; yaitu bila kondisi ibu dan bayi sehat selamat.

bayinya cuma dilap badannya aja dari darah2, jadi kepala dan tangannya masih berlendir2 gitu.. seru! tapi katanya lendir2 yg nempel di jari2 bayi itu berguna buat memudahkan bayi saat crawling dan berfungsi sebagai radar untuk mencari letak nipple si ibu.

dante pas ditaro di dadaku malah bengong-bengong gitu... masih terpesona sama dunia baru kali ya.. jadi pas keluar langsung merhatiin ruangan persalainan, gayanya kayak mandor aja :)
20 menit kemudian baru deh nyicip2 nenen... itu juga gak langsung nenen kenyang gitu, cuma diicip2...

imd ini bagi ibu berguna untuk menghindari ketegangan saat terjadi proses suntuk-menyuntik atau jahit-menjahit di bawah sana. karena saat bagian bawah kita dirawat, perhatian kita malah ke newborn baby dan hati rasanya seneeeng banget bisa melihat si kecil yg lahir sehat selamat.

selama dibaringkan di dadaku, babynya diadzani oleh papanya.
setelah itu, baby dialihkan ke ruangan bayi untuk dibersihkan, ditimbang dll. while aku ikut dibersihkan juga pake aer anget dan dipindahin ke kamar inap untuk istirahat.

beberapa jam kemudian, setelah istirahat aku mandi dan makan, kemudian baby bisa dibawa ke kamarku untuk disusui dan rawat gabung.

IMD ini berguna buat mempercepat proses penyembuhan luka melahirkan, membuat bayi lebih allert, dan memperkuat bonding antara ibu, bayi dan bapak :)

saranku, bila kondisi kehamilan ibu aman dan sehat, IMD ini sebaiknya dilakukan.

enjoy!

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

4

Topic: IMD

eka seru banget pengalaman IMD nya.

gue sendiri dari awal udah bilang gue pengen ngelakuin IMD ini. tapi entah kenapa kok kayaknya dokter dan midwife yang dari awal gue bilangin ini, entah ga ngerti proses IMD apa gue salah ngomong.. yang pasti ngejalaninnya gak kayak eka, tapi lebih kayak ibudea. jadi dibersiin dulu bayinya, sementara gue lagi dijahit. trus baru bayi nya ditaro di dada gue dan dibiarin nenen. bentar sih, sekitar 30 menitan, tapi mayan bisa dapat colostrum nya. pas gue dipindahin ke kamar pun, si bayi ikut rooming ama gue. tapi pas udah tidur, dipindahin ke baby room. dan selama di rumah sakit, emang bener2 ga dikasih apa2, dan gue diajarin untuk bisa latch on dengan bener. jadi tiap waktunya naia feeding, dianterin ke gue, even tengah malem.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

5

Topic: IMD

momchi,
kalo bisa skin to skin contact kalau bayi baru aja dilahirkan. ini penting karena suhu tubuh, detak jantung, pernapasan bayi akan lebih stabil. jadi bayi-nya emang naked, ga pake selimut... begitu juga ibu (topless).

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

6

Topic: IMD

slesta,

sama, waktu bilang pengen IMD juga dokter dan suster di klinik bersalinku gak terlalu gimanaaa.. gitu. kesimpulan mereka gak bisa janjiin, karena berhasil/tidaknya IMD ini dipengaruhi oleh banyak faktor.

tapi mereka ngejelasin alasannya.
setiap kehamilan itu unik dan beresiko, bisa jadi selama hamil baik2 aja eh pas melahirkan malah ribet banget, kena stress, tiba2 darah tinggi dll. banyak faktor yang mempengaruhi normalnya persalinan.
fungsi dokter dan suster2 di klinik bersalin tempatku itu yg utama adalah membantu persalinan, menyelamatkan ibu dan bayi. jadi bila kondisi persalinan memungkinkan, yaitu si ibu dan bayi sehat dan selamat, maka IMD ini bisa berhasil.
juga karena dipengaruhi oleh jumlah dokter atau suster yg ada pada saat persalinan kita terjadi.

jadi dari awal dokter dan susternya lebih ngutamain kita untuk hidup sehat dan ngehindarin stress biar persalinannya lancar dan IMD dan menyusuinya juga lancar.

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

7

Topic: IMD

ga tau kenapa ya aku ga wanti2 banget buat IMD yg sebenarnya... yg penting secepet mungkin belajar nyusu... *hehe ga terlalu particular masalah ini*

alhamdulillah bisa ASI juga...

buat yg bisa IMD banget2, diusahain aja.... kalo pun kondisi ga memungkinkan, tetep banyak cara supaya full ASI kok :)

hmm mungkin misalnya nanti mau punya anak lagi, bisa direncanakan untuk IMD yg bener2 plus skin contact kayak yang teh ninit bilang

8

Topic: IMD

kalo misalnya mau waterbirth, gak bakalan bisa IMD donk yah?
mungkin ada yg pernah waterbirth mau share? (:

btw, di singapore gak ada yah IMD yg bener2?

9

Topic: IMD

hmm, emang IMD yang bener2 itu sebenernya kayak apa sih? btw IMD singkatan apa ya? ada link yang bisa jelasin?

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

10

Topic: IMD

hi, aku baru ajah bergabung 5mnt lalu:p, salam kenal semuaaa...$
Thalia, IMD itu inisiasi menyusu dini. Kalo di googling banyak kok:). Kemaren aku sih baca buku dr utami roesli. Lengkap kap, masalah IMD ini. Karena aku pengen banget bisa IMD pas lahiran nanti.
Eka, senangnya bisa berhasil IMD:)

11

Topic: IMD

endrika, makasiiiiih! ternyata singkatan dari Bahasa Indonesia toh... dari tadi cari2 IMD di google, dapetnya ga nyambung ama breastfeeding. baca2 dulu ah...

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

12

Topic: IMD

something like Early Latch On. Jadi definisinya bisa banyak sih, early nya se early apa? hehe ga penting ya? :P

anyway, di singapur kayaknya bisa IMD beneran, komunikasi aja ama dokternya maunya gimana... bikin birth plan yg jelas.. biar dokter, suster dll pada ngerti semua kita maunya gimana.

13

Topic: IMD

kalo aku lahiran pertama gak IMD karena masih dongdong IMD itu apaan dan kebetulan RS tempat melahirkan jg kayaknya belum familiar sama IMD.
jadi abis lahiran, bayi dibersihkan. emaknya dijahit. abis dijahit, bayi cuma ditunjukin sebentar langsung dibawa ke ruang bayi. sekitar setengah hari baru diantar ke kamar buat rooming in.
efeknya di aku :
- pas dijahit sakit banget sampe aku ngerasa lebih sakit dijahitnya daripada melahirkan, jadi rada trauma.
- karena lemas abis kesakitan dijahit, pas bayi ditunjukkan cuma bisa ngelihat telapak kakinya aja. teler berat.
- abi rada susah belajar nyusunya.

nah, lahiran anak kedua pengen banget IMD.
begitu bayi lahir, ditaro di dada. skin to skin. dibiarin merangkak sambil diadzanin bapaknya. dokter datang lahirin placenta + jahit (dokternya telat datang. hehe). selesai jahit menjahit baru deh diambil suster buat dibersihkan dan diukur. setelah diukur, langsung dikasih lagi buat menyusu. menyusunya langsung jago loh. walopun pas IMD doi cuma icip2 aja gak menyusu beneran.
efeknya di aku :
- lebih tenang dan happy
- dijahitnya jadi gak berasa sakit2 amat dibanding kelahiran pertama
- adek al langsung mahir menyusu.

kalo emang kondisi memungkinkan sih sebaiknya IMD.
selain manfaatnya banyak, moment-nya juga priceless...

mamagaya
- mom of triple A -
@ilzie

14

Topic: IMD

hmm, seru2 juga nih ceritanya...

btw, IMD itu bisa ga untuk yang C-Section? apa cuma bisa buat Vaginal Delivery aja?

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

15

Topic: IMD

thalia kalo kondisi memungkinkan bisa kok. teman aku ada yang c-section juga tetep bisa IMD.

ini juga ada cerita tiara lestari waktu dia melahirkan anak pertamanya dengan c-section :
http://tiaralestari.blogspot.com/2007/08/inisiasi-menyusu-dini-save-one-million.html

mamagaya
- mom of triple A -
@ilzie

16

Topic: IMD

wah, ilzie, makasih banget! artikelnya sangat informatif! jadi ternyata bisa ya... hmm, jadi mikir2 buat anak berikut.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

17

Topic: IMD

thalia, setuju ama ilzie, c-section tetep bisa imd kok (menurut buku yang aku baca...hihihihi), cuma tingkat keberhasilan-nya lebih rendah, hanya 50%. Kemaren aku ikut kelas breastfeeding gitu, jadi diajarin beberap posisi bayi untuk IMD, in case lahiran-nya harus operasi.
waah, enak banget tuuh tiara lestari....eyang anak-nya, dr. utami roesli...hihihihi...pakar-nya IMD di indonesia...

18

Topic: IMD

Hi semuanya,

Sedikit berbagi aja mengapa IMD penting. Menurut pakar gentle birth, Dokter Leboyer, momen IMD menjadi sangat penting karena begitu bayi keluar, sang ibu dan sang bayi akan mengalami kondisi hormonal puncak yang TIDAK AKAN pernah dialami lagi seumur hidup. Dan momen itu terjadi ketika ada inisiasi bonding yang terjadi melalui pemberian ASI. Momen itu disebutnya (hehe): Falling In Love. Dan ketika itu terjadi, risiko trauma pada bayi dan juga risiko baby blues pada ibu akan menurun drastis. Jadi bukan hanya masalah kolostrum aja. Tapi juga kondisi mental bayi dan ibu.
Selain itu, ketika bayi berjuang mencari puting si ibu, itu adalah insting survival yang sangat penting dan mendasar pada mamalia, yang efek jangka panjangnya akan berpengaruh pada stamina fisik, kesehatan, dan juga inteligensinya. Sebelum IMD populer, kebanyakan rumah sakit cenderung males2an dan ogah2an untuk membiarkan ibu bersama bayinya sesegera mungkin, dengan alasan ibunya capeklah, anaknya harus dibersihkan, dsb. Padahal momen itu adalah momen terpenting dalam detik2 pertama si bayi beradaptasi dengan dunia di luar rahim.

@Momchi:
Anak kedua saya waterbirth, dan langsung IMD. Begitu bayinya keluar, segera diletakkan di dada, dan tunggu saja bayinya akan bergerak sendiri mencari ASI. It was an amazing moment. Nggak usah takut bayinya kedinginan, karena begitu nempel di tubuh ibu, dia akan terhangatkan dg sendirinya. Yang penting kepala ditutup dg topi, atau sama badannya dibalut handuk juga bisa.

~ D ~

|momma of two cuties, lucky wife of a fine man, slave of her own thoughts|

19

Topic: IMD

Setuju ama Dee:), malah menurut referency, ketika bayi kedinginan, suhu tubuh ibu akan naik dengan sendiri-nya untuk menghangatkan baby-nya. Begitu juga sebaliknya. Kalo baby-nya kepanasan, suhu tubuh ibu akan turun.
Amazing yaaa...:), semoga ntar aku sukses juga IMD-nya...

20

Topic: IMD

Yay,thanks semuanya udah sharing.Saya rencananya anak pertama ini mau IMD :)

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

21

Topic: IMD

selamat menikmati IMD yaaa urban mamas :) amazing banget deh rasanya!

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

22

Topic: IMD

ilzie wrote:
thalia kalo kondisi memungkinkan bisa kok. teman aku ada yang c-section juga tetep bisa IMD.

ini juga ada cerita tiara lestari waktu dia melahirkan anak pertamanya dengan c-section :
http://tiaralestari.blogspot.com/2007/08/inisiasi-menyusu-dini-save-one-million.html


Ilzie makasih ya linknya, baru mo nanya kalo caesar bisa IMD ga ya, aq berencana normal tp kan siapatau caesar tapi aq pengen ASIX dr awal & bisa IMD juga. Faktor obat bius ga ngaruh ya ke ASI nya ?

23

Topic: IMD

Alhamdulillah aku berhasil IMD pas lahiran kemarin,jadi pas bayinya keluar aku langsung bilang ke dokternya aku mau IMD(padahal gak janjian sebelumnya),terus sama susternya bayiku langsung ditaruh di dadaku (belom dimandiin cuma dilap2 doang)
selagi bayiku mencari2 puting susu,mulailah dokter menjait,mengobras dan sebagainya :),jadi gak terasa soalnya aku sibuk perhatiin bayiku,dan terkagum2 dengan kemampuannya yg pelan2 dah bisa ngangkat2 kepala buat nyari puting susu.Itu pengalaman yang amazing banget.Asi juga jadi lancar dan bayi juga mendapat colestrum yg penting buat imun tubuhnya.
pokoknya kalo memang kelahirannya gak bermasalah dan bayinya sehat IMD aja.

love zahra,berumon and books

24

Topic: IMD

senang dan termotivasi membaca pengalaman IMD teman-teman. terimakasih! ternyata fungsinya banyak banget ya, mulai dari kolostrum, memperlancar ASI dan kemampuan menyusui pada bayi, mempererat ikatan ibu & bayi, mengurangi sakit pas dijahit, sampai mencegah baby blues... spektakuler!

senang memilikimu lelaki kecilku

25

Topic: IMD

wowww.... aku juga pengen IMD, makasihhhh urban mamas buat sharing pengalamannya...
aku pasti bisa! doain yaa :)

Reborn since El was born
@inicrey