1

Topic: IMD

meta Iya terharu banget... Tapi dulu kayaknya semua energi gue udah terkuras, jadi gue ga bisa nangis :D Cuma takjub dan terharu aja. Tapi malah sekarang kalo nginget2 gue sampe nangis :)

yang selalu kangen sama si pipi gembil

2

Topic: IMD

aku dulu juga IMD, prosesnya skitar 50 menit, tp setelah nemu puting, bayiku ga langsung diangkat. beneran lho, ga kerasa sakit waktu dijahit, padahal aku dijahit sampe 1,5 jam huhu...

3

Topic: IMD

Metariza - Meta! LOL. Eike jd senyum2 sendiri dah tuh..baca istilah elo IMD IMD-an :)) ah mo IMD bnran atau IMD2an..dua2nya pasti bikin kita terharu biru yaaa.. Huhuhu..

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

4

Topic: IMD

metariza ... konsul ke Dr.Utami itu datengnya kmn mba?
aku masih blank nih.. :)

? ???..happy new mom..??? ?

5

Topic: IMD

bukan meta, tapi aku bantu jawab yaa..

dr. utami itu ada di Jakarta Women & Children Clinic di Prapanca.
IMHO, beliau bagus sebagai konselor, kalau mau ilmu2 secara teoritis oke deh sama beliau. Tapi kalau untuk praktek, lebih jago suster2 di klinik laktasi St. Carolus. Dan biaya lebih murah pula..

btw ILDA domisili di mana?

6

Topic: IMD

muttimitha ... jakarta selatan, mbak..
klo ke RS. St. Corolus itu langsung dateng aja ke bagian laktasi gt ya mba? dan kemudian dibantu suster2nya?..
maap banget nanya mulu.. :D

? ???..happy new mom..??? ?

7

Topic: IMD

iya..langsung ke klinik laktasi aja.

ada baiknya ke sana sblm melahirkan, jadi tau gmn posisi latch on yg benar dari awal, supaya nipple-nya gak lecet nantinya.
trus biasanya akan diajarin jg breast care-nya gmn..

kalo aku dulu dateng ke sana pas bayi sdh lahir & bermasalah dgn asi. dulu rasanya dah mentok banget, gak tau hrs minta bantuan kmn. tapi kelar dari sana, alhamdulillah beres tuh masalah per-asi-annya.

o iya ini no tlp klinik laktasi yg di carolus: 021 315 4187, mdh2 an gak berubah yaa..

8

Topic: IMD

Setelah membaca posting2 ini jadi menyesal tidak sukses IMD, padahal kondisi lumayan mendukung. Setelah Airysa lahir langsung dibersihkan (Sekitar 5 menit) dan gak lama di taruh di dadaku. Rasa sakit benar2 hilang dan hanya terfokus bahwa anakku sudah lahir. Langsung aku elus2. Kulitnya masih lengket banget dan warnanya masih purplish. Dia ditaruh hanya sekitar 15 menitan saja. Susternya tanya mau dibiarkan atau dibersihkan dan dicek kamar baby. Berhubung 1st time Mom dan kuatir banget kalo babynya kedinginan dan kalo dibersihkan/ceknya telat bisa ada negative effect untuk babynya langsung diiyakan utk dibawa ke kamar baby. Hiks hiks hiks. Pokoknya anak ke2 harus sukses IMD.

9

Topic: IMD

Angelclaud
huhuhu.. jangan sedih..
masih ada kesempatan tar buat anak ke-2 nanti..
semangat!!

;)

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

10

Topic: IMD

ILDA, maaf ya baru liat lagi...untung udah dijawab sama Muttimitha :)
klo di Carolus belum tentu ketemu Dr. Utami (tergantung jadwal prakteknya) tapi di sana ada konseling laktasi khusus yang memang berpengalaman. Ngga perlu ke Dr. Utami juga gapapa...setuju sama Muttimitha, sebaiknya sejak hamil sempetin dateng untuk belajar latch on, jadi nanti pas udah melahirkan bisa inget-inget lagi untuk dipraktekin.

metariza.com | mother of two |@metariza

11

Topic: IMD

hmmmm.....baru nyadar kalo waktu itu belum jadi juga sharing tentang IMD di sini

dari sejak hamil emang udah niat IMD, apalagi udah ikutan milis sehat dan asiforbaby, jadi semakin memantapkan niat, apalagi setelah tau benefitsnya, plus dengan umur yang semakin menua, jadi pengennn banget ngasi yg terbaik buat anak

berhubung tinggal in the middle of nowhere, dan selama kehamilan di sini periksa ama DSOGnya ga pernah nyaman, akhirnya gw mutusin untuk melahirkan di Jakarta aja. setelah cari info sana sini, dan berdasarkan rekomendasi beberapa teman, pilihan akhirnya jatuh ke RSB Asih dengan dr.Nurwansyah, dengan pertimbangan rumah sakit ini pro-ASI, pro-IMD dan pro-rooming in. jadi memang sebelum hari-H, setiap kali tugas ke Jakarta selalu kontrol ke dr. Nur (dokternya friendly dan informatif banget, mau juga kalo ditanya2in via telp atau sms) dan udah info kalo mau melahirkan di situ dan niat IMD.

Pas hari-H, setelah proses melahirkan selama 14.5 jam, udah ngerasain sakit normal, sakit induksi, dan akhirnya sakit c-section, lahirlah Diba, dan alhamdulillah banget bisa IMD (mungkin dr Nur udah capek juga kali ya denger kebawelan gw ngingetin beliau mulu kalo mau IMD heheheh). Jadi prosesnya pas Diba dikeluarin dari perut, cuma dibersiin seadanya, trus langsung ditaro di perut (agak ke atas dikit ya, karena perut bagian bawah kan sambil dijahit tuh) masih berdarah2 gitu....begitu ditaro di perut, subhanallah....takjub banget liat baby yg baru lahir langsung deh reflex bergerak ngusel2 gitu nyari puting. Diba lumayan cepat merayap ke arah putingnya (gw sih sugesti aja karena sejak dalam perut udah dicekokin ama IMD ama bundanya hehehhe), pinter banget ya bayi2 itu.....proses dari ditaro di perut ampe nemu puting dan mulai menghisap ga nyampe 30 menit, perasaan tuh udah mengharu biru banget deh, dan airmata juga ga kerasa meleleh ajah :) total prosesnya sampai kelar sekitar 1 jam, dan beneran lho, yg lain udah ga dipeduliin, aku aja ampe ga nyadar kalo ternyata menggigil kedinginan krn AC di ruang operasi heheh

kalau mau konsul ttg IMD dan per-ASIan sih mungkin lebih enak ke klinik laktasi ya. kalo aku sendiri sempat konsul dengan dr Utami, tapi ya itu, harus rela antri dan tunggu waktu luangnya beliau. tapi emang dapat ilmu banyak banget

good luck for upcoming mamas on their IMD ya....duh, jadi pengen punya anak lagi deh :)

~ Diba's Bunda ~ Living by the shores of Matano Lake ~ Occassionally attempt to bake ~ Book lover
@annsjamsu

12

Topic: IMD

baca pengalaman IMD mamas diatas jadi sedih sendiri, gue gak sempat IMD karena Lana lahir ketubannya hijau jadi langsung masuk ke ruang anak diobservasi. Malah dikasi sufor duluan ma suster RS karena harus berpisah 5hari ma dia, gue keluar RS, dia masih dirawat. Insya Allah kalau punya anak kedua mesti dan Fardhu ain hukumnya untuk IMD dan ASI eksklusive, amin.

13

Topic: IMD

seneng deh denger kisah mamas yg pd sukses IMDny,

mw sharing jg ah, dr skitar 7bln udh bilang k dokter spog saya mw IMD n beliau ngedukung bgt. Pas lahiran hrs sesar krn ketuban udh ijo n kentel (pdhal udh pembukaan 8), g tau kenapa pas operasi saya ngerasain gemetaran yg sangat n pusing jd stengah sadar, pas denger suara bayiny masih tetep minta IMD tp g kuat ngangkat kepala jd g bisa liat megumi pas d taro d dada, g lama susterny bilang megumi tidur n lsng d ambil, krn stengah sadar, pusing n gemeteran bgt saya iya2x aja bgitu megumi d ambil dr saya. Kl inget jd sedih g tw knp jd g berdaya pas operasi, mdh2xan sukses imd pas anak ke-2 nanti aminn
smangat!! :)

14

Topic: IMD

bundadiba..toss ah...dokterku jg dr. Nur..dialah dokter kandungan ketiga (dlm kehamilanku yg ke-dua) yg fully support IMD..

15

Topic: IMD

mutti - toss juga! emang top ya dr.Nur, cuma ya itu harus sabar nunggunya aja hehhe....duh, jadi pengen hamil lagi deh

~ Diba's Bunda ~ Living by the shores of Matano Lake ~ Occassionally attempt to bake ~ Book lover
@annsjamsu

16

Topic: IMD

Aku sekarang masih week 33... Rencana mau sc... Trus kemaren kontrol ke dokter bilang msu imd... Ternyata dokternya gak pro imd :( kelamaan dia bilang... Tapi dia tetep bilang nanti dikasih menyusui dini... Tapi tetep tergantung kondisi bayinya juga.....

Jadi bingung juga... Menyusui dini itu yg abis operasi baru dikasih bayinya utk menyusui ato gimana ya?? Kemaren mau nanya dokternya udah keburu down gara2 dok nya gak mau imd :(

17

Topic: IMD

haloo mo tanya.. mom eka waktu melahirkan dimana?

an extraordinary wife and mom ;)

18

Topic: IMD

merinding sekaligus terharu baca pengalaman moms yang berhasil IMD,
sampe mewek terharu juga ngeliat video IMD di blognya tiaralestari itu..subhanallah, soo amazing!

thnx for sharing ya, skrg baru masuk minggu ke-27, semoga nanti juga bisa IMD (amiiin..)
jadi semangat neh survey RS yang dukung IMD di bandung (yosh!)

.: mama rafa-riza :. :rolleyes:
@mmelzz

19

Topic: IMD

hay hay moms,
sy baru nih di sini, baru juga mau melahirkan anak pertama :)
baru baca2 dikit tentang IMD dan udah bilang ke RB, bidan dan dokter klo lahiran nanti mau IMD, tapi ada yang pengen saya tanya deh...semoga bukan pertanyaan bodoh ya, tapi penasaran :)

nanti pas melahirkan tuh baiknya kita pake pakaian kya apa yah supaya pas IMDnya lancar? kan ga mungkin yah sempet2nya buka bra dulu gitu??? maaf ya klo nanyanya aneh...mohon dijawab, trims

20

Topic: IMD

nengbita,
hihihi.. Tenang aja, pasti sempet koq..
Gw jg dulu di sela2 mules2 itu sempet nyisir2 n semprot2 parfume segala koq..
Biasanya pas mau lahiran pihak rs/rb udah nyuruh ganti kostum koq,
modelnya 2 pcs, rok yg kayak kain sarung yg bagian pinggangnya bisa diserut pake tali, dan kemeja berkancing depan/model kimono gitu..
Kalo gw pas lahiran anak kedua krn proses bukaan dan mules2nya cepet banget jadinya gw pake daster favorite gw, agak ketat dan ada gambar sapi (halah).. Waktu lahiran jg pake daster itu, tapi entah kapan tau2 pas lagi imd gw udah pake kostum dari rs/rb itu.. Kayanya waktu gw lg mengejan2 itu deh gw digantiin bajunya. Ganti bajunya juga divantuin suster2 cantik dan baik di rs/rb.
Tenang aja, tar pas lahiran banyak suster yg bantuin dan kasih semangat koq.
Semoga lancar ya lahirannya nanti!

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

21

Topic: IMD

eka, mau tanya doong.. sukses IMD dulu lahiran dimana di bandungnya..? ;)
makasih yaaa..

an extraordinary wife and mom ;)

22

Topic: IMD

ruuzuly
dulu gw lahiran di rsb harapan bunda margahayu-metro (klinik dr.bambang).
Coba deh liat2 ke thread sebelah, kayaknya udah gw share di thread 'rumah sakit bersalin di bandung', dan proses 'melahirkan dante' juga udah pernah gw share di article di 'our stories'.
Coba search dulu aja ya, soalnya skrg gw buka tum pake hp. Tar di rumah deh ya gw cariin..

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

23

Topic: IMD

Wow! Mba eka thx yaw atas info dan semangatnya.. Cihuy lah ya klo msh bs dandan mah :)

24

Topic: IMD

Terharu n nangis baca sharing para mamas yg berhasil IMD...menyesali kenapa baru kenal IMD setelah join milis n afdhal waktu it dah berumur 2mos..n kenal TUM baru2 aja padahal mungkin kalo tau dari dulu n dbicarakan dengan dr ny mungkin ad kesempatan untuk IMD karena RS ny sendiri disini sangat mendukung asix n rawat gabung.. Pasti ny IMD moment yg sangat indah n tak terlupakan untk para ibu..mudah2an ad kesempatan untk anak ke 2nanti :-)

25

Topic: IMD

ummu afdhal..dulu aku juga gagal IMD waktu lahiran pertama, tp ceritanya agak beda. Sebenarnya dari hamil sdh pingin nyoba IMD, sdh bilang sama dsognya dan beliau setuju. Tapi karena habis melahirkan aku jadi kejang2 gitu, mirip orang yang menggigil kedinginan, maka diputuskan ga jadi IMD. Jadi waktu dokter lagi ngejahit, badanku kejang, awalnya kaya kedinginan gitu, makin lama makin cepat gerakan kejangnya, tapi aku masih bisa sadar sih. Sempat tanya juga ke dokternya kenapa jadi kejang gini, kata dokter sih gpp. Tapi kok ya dirawat di rumah sakit sampe 5 hr baru boleh pulang yah? :(

Mungkin agak beda, aku ga begitu menyesal ga bisa IMD. Yah di-ikhlaskan saja. Karena menurutku manusia cuma bisa berencana, Allahlah yang menentukan. Tapi alhamdulillah 3 jam setelah lahiran babyku diantar dan aku bisa menyusui dia untuk memberikan kolustrum. Itu sudah lebih dari cukup bagiku.