1

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

Hai Moms.. sebelumnya mohon maaf ya maMods kalo udah ada thread yg bahas ini. udah cari2 kayaknya belum ada.
pengen tau, mamas di sini mulai menyekolahkan anak umur berapa? alasannya apa?

Almira belum genep 14 bulan sih. tapi taun ajaran depan kemungkinan secara umur udah bisa diterima masuk kelompok bermain/pre-school. saya masih belum yakin apa dia udah perlu mulai sekolah di usia 2 tahun-an. kalo iya kan brarti mungkin tau depan udah kudu mulai hunting.

saya WAHM dan (kalo mau) sebetulnya ada waktu buat bermain bareng sama dia. kalo mau ngelatih bergaul, bisa main sama anak tetangga di komplek yg rata2 seumuran. walo begitu, saya kadang pengen kami berdua (saya dan ALmira) ngalamin beberapa jam tidak bersama: punya aktivitas masing-masing. supaya separation anxiety-nya juga berkurang sedikit demi sedikit (ngga tau ini ekspektasi yang tepat atau nggak). ibu saya juga nyaranin begitu.

ada yang bilang, anak perlu masuk preschool biar ga kaget. tapi kalo masuk preschool umur 2 taun, padahal masuk TK baru umur 4 taun dan nanti SD-nya sekitar 7 taun.. brarti sebelum SD 'sekolah'nya udah selama 5 taun-an dong?
too much nggak ya?

please share ya Mommas.. terutama yang anaknya udah SD dan sebelumnya ngalamin PG/TK bertaun-taun. terimakasih :)

2

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

adhya, share ya. Asa sekarang 27 bulan, dan belum mulai sekolah.

awalnya kita terpaksa nunda karena belum menemukan sekolah yang sreg dihati. karena kami dulu tinggal di daerah yg mayoritas non muslim, jadi sekolahnya juga menyesuaikan. sedangkan sekolah yang umum, letaknya di lokasi yang tidak sehat dan fasilitasnya juga kurang memadai, atau gak letaknya lumayan jauh.

mikirnya waktu itu, sebentar lagi akan pindahan. dan di depok tentunya lebih banyak pilihan sekolah. jadi gak papa lah ditunda sebentar. tapi ternyata pindahannya molor.

sempet khawatir soal stimulasi asa waktu itu. soalnya orang tuanya kan kerja semua dan dirumah cm sama si mbak. tapi setelah beberapa bulan, kekhawatiran mulai berkurang. karena seperti yg sering disebut, bayi itu pinter. dia belajar dari lingkungan, walaupun gak ada yang 'sengaja' mengajari.

ternyata dengan memberinya tempat yang luas untuk lari-lari dan eksplorasi, sering diajak ketempat baru, ketemu orang-orang baru, dia bisa belajar juga. target yang diinginkan saat itu emang cuma kosakata, sosialisasi dan kemampuan motorik. alhamdulillah semua tercapai dengan lumayan baik.

sekarang, setelah pindah, mulai kepikiran untuk masuk preschool. tapi hasil diskusi sama ayahnya, mulai ketemu pola. pengen stimulasi asa bertahap dan gak buru-buru. berarti semua PR dia mesti selesai dulu di rumah sebelum keluar untuk belajar hal lain di 'sekolah'. alhamdulillah dari sederetan PR (sapih dot, sapih nenen, makan sendiri, dll) cuma toilet training yg belum 100% selesai. sekolahnya insyaAllah udah nemu.

panjang yah ? :P

so, kapan mulai sekolah ? tahun depan. sekitar februari-juni. menjelang usia tiga tahun. dengan tujuan utama untuk bangun 'fondasi' mental yang kuat, yg lain-lain sih bonus ajah. semoga suasana sekolahnya nanti btul2 menyenangkan ya jadi asanya juga gak bosen.

kalau mamahnya dulu sih mulai sekolah umur 3,5 taunan gitu dan nyenengin banget. kelas 2 SD baru deh nyesek soalnya di-bully. tapi setelah si pembullynya dikeluarkan, jd nyenengin lagi.

less ego, more heart

3

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

ikutan share ya...
klo alesya sekitar umur 2th (lebih dikit) aku masukin ke gymboree yang cuma seminggu sekali, menurutku sangat membantu sekali ketika umur 2th mulai diikutkan dlm suatu komunitas kecil gitu...sengaja masukin ke gymboree krn isinya cuma maen dan nyanyi serta mengembangkan motorik kasarnya.
Umur 3th (kurang dikitlah krn lahirnya bulan agustus, sedangkan thn ajaran baru juni/juli) baru aku masukin ke PG dan skrg alesya umur 5th di TK B.

setauku tiap sekolah mempunyai batasan2 umur minimal untuk jejang PG, ataupun TK A. Klo disekolah PGnya alesya dulu setauku klo PG min umurnya 3th, atau yg mendektai 3th. Klo umurnya masih 2th ada kelompok sendiri namanya Nursery. Tapi di sekolah TKnya alesya yg skrg ini, kelompok paling kecil cuma PG.

Klo aku bilang sih keputusan menyekolahkan anak atau memilih sekolah itu semua tergantung ortunya dgn melihat kondisi anak, lingkungan serta pertimbangan biaya.

-wife to a great husband, mother for alesya & arsyila-

4

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

Sidta&cinta..thanks banget for sharing :) lumayan dapet pencerahan nih. suamiku udah pengen nyekolahin Almira taun depan dgn alasan "mengakomodasi keinginannya yg besar". tp kalo saya sih pengennya taun depan sekolah 'freelance' dulu. nyari yg bisa sekali sekali masuknya. jadi ga perlu bayar uang pangkal. hehe.

5

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

adhya,
pada awalnya saya juga keukeuh mau sekolahin Alin pas TK aja (sekitar umur 4 tahunan) - tapi belakangan jadi berubah pikiran melihat teman-teman mainnya (disekitar rumah) sudah mulai masuk SD (dulunya pas mereka masih TK masih sering ketemu main siang atau sorenya) dan mulai jarang keluar rumah (sekarang beban anak SD ngga tanggung-tanggung ya). Alin jadi sering ngendon di rumah dan jadi hobby nonton dvd kartun *alarm tanda bahaya mulai berbunyi*. Jadi saya mulai berpikir untuk masukkan dia ke playgroup sekitar awal tahun depan (3y2m). Ini sedang cari-cari info untuk trial :)

-- alin's partner in crime --

6

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

ikutan sharing ah,,, Ben skrg 2tahun 5bln blom sekolah alasannya mamanya di rumah jd bisa pantau dia 100% akhirnya sepakat ama suami utk masukin Ben lgsg TK aja nt saat dia 4tahun,, tnyata kami hrs renovasi rmh, tpaksa pindah ke rmh org tua, nah disinilah byk "drama" muncul,.. smua pola didikan mamanya ky dimentahin smua, namanya jg kakek-nenek cenderung *kelewat* manjain cucunya, ud susah jd nya, mis nya kami ngelarang Ben ntn tv tll srg tp mrka gak tahan dgr Ben nangis jd diijinin, ben dilarang main kluar rumah alasannya kotor jd cmn ngudek2 drmh aja jrg sosialisasi, etc ... krn serba salah akhirnya kami setuju utk masukn ben sekolah aja *nyari aman*.. skrg lg mulai nyari sekolah tp kok mahal smua yaaa *curcol*

7

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

Ikutaan..
Waktu Arza umur 10bulan dan saya masih tinggal sama Ortu, Arza saya ikutkan PAUD di dekat rumah..cuma main2 aja..ngelihatin anak2 kecil lari2 plus nyanyi.. Alasannya waktu itu karena Desa saya masih sepiii bnaget, tetangga juga jauh..g ada anak kecil sepantarannya Arza. Trus Arza juga yakut banget ketemu orang baru, tiap ada yang bertamu ke rumah trus dia disapa..langsung nangis kejer... Setelah beberapa kali "nongkrong" di PAUD..alhamdulillah..lumayan, udah mau ketemu sama orang lain..

Setelah pindah ke Semarang, Arza (18bulan) sempat ikut kelas Toddler gitu di deket rumah.Seminggu 2x..dengan alasan karena di sekitar sini banyak sih anak kecil, tapi kebanyakan g boleh keluar..mainnnya di rumah aja..saya jadi segan, masak ajak arza ke rumah mereka terus..
Setelah 3x ikutan, saya perhatikan Arza selalu minta "mimik" trus tidur setiap waktunya sekolah..akhirnya libur dulu. Lalu ketika waktunya sekoalh lagi, dia mau tapi g mau masuk kelas jadi cuma lari2 dan main di halaman..waktu saya gendong masuk ke eklas dia langsung angis kejer. Akhirnya saya bawa pulang dan saya menyimpulkan klo Arza g suka dengan sekolahnya.

Setelah saya ingat2 arza pernah dipukul sama temannya selain itu karena gurunya cuma sedikit dan muridnya lumayan bnyk..jadinya ibu gurunya kurang perhatian ke murid2nya.
Saya sempet cari2 prescholl lain tapi kebanyakan letaknya jauuuhhh dan biyanya "sadis".
Jadi, saya menunda menyekolahkan Arza sampai ntar dia 3tahun karena sekolah yang saya incar..menerima murid denagn usia minimal 3tahun.
Maap klo kepanjangan ya jeng adhya...

Find Me @Mama's Mall
Qibi Zaqibi
ARISAN BUKU YUUK

8

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

menurut gue kalau anak perempuan lebih siap ke sekolah lebih dini dibanding anak laki.

Darren awal masuk pra sekolah pas umur 33 bulan, masih muda banget. Efeknya, waktu naik ke TK kecil minggu pertama mogok sekolah. susah dibangunin kalau pagi.

Tapi akhirnya sekarang udah mendingan udah 4 tahun soalnya :)

Jadi kesimpulan tingkat kesiapan anak juga harus diperhatikan.

rentang umur 0- 7 tahun itu masa bermain buat si anak jadi jgn dibebanin melebihi umurnya :)

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

9

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

Honey josep, setuju sekolah menimbang kesiapan si anak. Anakku sulung masuk 'sekolah' playgroup di usia 2,5 th dan seneeeng banget sekolah hingga yg harusnya sehari masuk- sehari off minta masuk sekolah terus setiap hr:p tapi ada masanya juga mogok sekolah biasanya karena lagi ada saudara menginap. Sebagai ibu tinggal mendampingi saja nggak ada paksaan alhamdulillah selama ini no problemo bangun pagi dsb, hanya problem berlama lama sarapan setiap pagi.

hari ini adalah hari baik

10

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

Kalo anak saya standar sih, masukin playgroup umur 3 tahun hehehe.. Pas pula lahirnya bulan Juni. Tadinya memang pingin langsung TK aja pas 4 tahun. Tapi kasian, utamanya karena pertimbangan sosialisasi, mana anaknya memang susah diem pulak. Dan karena juga adiknya sudah ada. Jadi takutnya dia jadi merasa dicuekin karena mama sibuk ngurus adik. Jadi sekalian mengenalkan dia ke lingkungan baru, biar gag merasa mama nya terambil sama adek :)

Jihan : simply a mom ;) ... http://jihandavincka.com follow me @davincka

11

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

pas banget nich threadnya dgn aku yg lagi bingung mau masukin zia sekolah kpn...

sebenarnya aku bukan lah tipe yg mau nyekolahin zia cepat2, tapi mengingat di umurnya sekarang (19 bulan) zia takut ketemu orang2 baru, jadi kepikiran mau masukin toddler di umur 2 thnnya nanti.

udah sempat lihat2 beberapa, kayaknya sich udah ketemu yg cocok. tapi tiba2 jadi ragu, krn takut kecepatan aja, jadi kelamaan toddlernya (kl mesti 2 tahun), lagi berubah pikiran mau sekolahinnya ntar aja pas 2,5 tahunan, jadi nunggu ke TK di umur 4 tahunnya ga terlalu lama, tapi ya kl lihat sifatnya yg sekarang itu bikin aku pgn zia sekolah, hehe :D.

pastinya saya ga mau sekolah yg terlalu ngebebanin anak krn usianya kn masih bermain, yg lebih penting buat ku sosialisasinya.

12

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

sebetulnya aku juga mau masukin anak pas tk saja. tetapi melihat anak ku yg telat ngomong , akhirnya pas 2thnan mulai trial kesana sini, dan liat kesiapan si anak sambil mencari preschool yg tidak terlalu fokus ke bahasa selain bahasa indo.
ternyata setiap trial selalu nangis dan mungkin belum siap untuk sekolah.
akhirnya belajar dirumah dan puas2in dulu main dirumah.
setelah 2thn 7bln coba trial lagi dan ternyata si anak sdh siap juga ga mau pulang :D
akhirnya mulai sekolah dan setelah 2bln sdh ada perkembangan, mulutnya mau digerakin walo belom mau keluar suara. menjelang 3bln sekolah sdh mau keluar suara dan sekarang lagi mulai bawel2nya. so happy :)

13

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

netta kalo dimasukin ke preschool gitu, biasanya ga ada kurikulum yang memberatkan anak sih. lebih ke arah bermain atau learning by playing. kayak nyanyi, liat2 gambar, etc. dan kalo si anak gak tertarik juga gapapa. imo, kalo umur2 toddler gitu emang kadang lebih enak dimasukin ke sekolah krn jadi lebih terarah aja dia maen apa. kalo udah tk, baru lebih berat karena udah mulai belajar ttg alphabets, angka, dan mungkin baca (considering di indonesia masuk SD banyak yang menerapkan tes baca).

yang pasti kalo masih preschool gitu, kita sebagai orang tua lebih banyak involved, jadi ya kita bisa limit mau sebanyak apa si anak mesti "belajar". dan benar, tujuan utama biasanya hanya untuk sosialisasi. selain itu juga untuk ngajarin disiplin ttg waktu krn harus bangun pagi siap2 untuk ke sekolah. tentunya ya gak disiplin keras2 amat yaa.. yang penting si anak tau kalo ada jadwal rutin dimana dia ke sekolah untuk ketemu temen2nya.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

14

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

slesta & chyntiasm
oo..gt, makasih ya masukannya, sangat bermanfaat buatku.
jadi makin pgn zia cpt2 sekolah *loch?! emak labil*, hehe

15

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

kalo aina (4.5 thn) baru mo masuk sekolah tahun depan... beberapa hari lagi sih, karena di singapur sekolah mulainya januari, instead of juli.

mungkin aku termasuk ortu yang pengen masukin sekolah setelat2nya. waktu aina masih bayi, malah sempet research2 tentang homeschooling. apa lagi gue WAHM, jadi ada waktu untuk bikin aktifitas2 di rumah. tapi ternyata malah anaknya sendiri yang minta pengen sekolah. ya sudah lah.

aina sempet minta sekolah pas umur 3 tahun. tapi pas beneran mo masuk, dia malah ga mau. katanya, dia ga mau ditinggal sendiri di sekolah dan kangen ama mamanya, hihihi. yah, mungkin belum siap. jadi gue tunggu satu tahun.

sekarang sih, dia lagi excited banget pengen sekolah.

IMHO, kalo anak takut ama orang atau ga mau ngomong, itu normal kok. kalo dari pengalaman gue, tanpa sekolah pun, itu akan ilang sendiri, karena ada umur2 tertentu si anak emang nempel ama mamanya. aina dari umur 1.5 ampe 3 thn, wary banget ama stranger. kalo diajak ngomong, ngumpet, kalo dipegang bisa nangis. tiba2 di umur 3 tahun lebih, mendadak jadi berani... malah sekarang udah bisa disuruh beli barang di toko.

tapi jadinya ya kayak sidta, semua peer dikerjain sendiri di rumah: toilet training, sapih, makan sendiri, emotion control (termasuk controlling separation anxiety), belajar nulis, matematik dasar, dll. kalo ada waktunya sih (misalnya ibu rumah tangga), IMHO lebih seruan tunggu agak gedean sebelum dimasukin ke sekolah. seneeeeng banget rasanya kalo bisa main sambil ngajarin... seru!

kalo aina-nya ga minta, mungkin masih gue tunda lagi sekolahnya, hihihi :P

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

16

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

nah, nambahin dari inputnya thalia kalo emang mamanya kayak thalia yang kerja di rumah atau stay at home mom, nunda anak sekolah selama2nya sih oke banget. karena ada mama yang di rumah yang bakal ngasih PR dan ngajarin. gak ditinggal sama nanny. sementara kalo mamanya macam gue yang kerja di kantor.. sekolah adalah option yang terbaik. daripada di rumah jadi nonton tv seharian, hanya gaul ama nanny (beruntung kalo nanny-nya baik & pinter, kalo gak? bikin stress!) .. dan dari gue kerasa banget bedanya naia yang udah mulai sekolah daripada kalo di rumah aja.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

17

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

nambahin lagi inputnya, gue baru mau masukin keira sekolah tahun ini pas dia udah 3thn. awalnya guepun pengennya anak gue sekolah agak lebih cepet biar bisa sosialisasi, gak cuman nonton TV dan main sama nanny di rumah pas gue ngantor. ternyata setelah diliat2, pergaulan keira termasuk cukup bagus. dia punya banyak temen di kompleks apartemen dan anaknya sama sekali gak introvert. dari yang gue takutin dia gak punya temen dan cenderung pendiam, ternyata dia malah punya banyak banget temen maen dan cerewetnya bukan main. malah dia catch-up english banyak banget dari temen mainnya.

awal2 perkenalan sekolah ke keira adalah pas gue masukin dia les balet. awalnya gue khawatir dia bakal nangis pas hari pertama ternyata enggak sama sekali. malah dia lupa say byebye sama gue saking excitednya. ini tanda buat gue kalo dia siap, karena emang sebelumnya dia udah minta sekolah bbrp kali.

sekarang tujuan gue nyekolahin keira sekolah biar englishnya lebih terarah sama ada bekal agama dari luar selain yg kita ajarin sehari2 dirumah. mungkin nanti untuk adiknya gue mau observasi lagi apa emang dia perlu sekolah lebih cepet atau sama kayak kakaknya. beda karakter anak, beda kondisi, mungkin beda juga kebutuhannya.

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

18

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

thalia
waaa...makasih banyak ya masukkannya :)
ya, aku juga dengernya gt, usia zia lagi fasenya "bunda aja" tapi pas takut ke orang lain bikin khawatir, tapi kl emang bisa berlalu dgn sendirinya, jadi lebih tenang dech gwnya :D

19

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

waahh baru masuk thread ini lagi...

Sama juga sih, El (22 mos) belum disekolahin juga karna pertimbangannya di rumah ada orang dan punya temen (walo anak yg lebih gede) di tetangga...
Mungkin baru mo liat2 lagi setelah El 3 tahun, perlu playgroup ato langsung TK. Lagian jaman dulu anak mulai disekolahin kan pas TK ya, cuman mungkin karna skarang semakin banyak preschool dan anggapan anak butuh sosialisasi juga makanya lumayan juga sih biar anak punya temen main dan aktivitas ya...

Tips gw mensiasatinya: thank God ada TUM, jadi bisa sering2 kopdaran ama TUMblers, at least EL tau dan kenal makin banyak anak dan punya temen bermain bareng walo frekuensinya sebulan sekali sih hihihi...
See TUM how much i love you? :D

Reborn since El was born
@inicrey

20

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

bner banget crey, untungnya punya temen2 baru dari tum, jad sering bgaul deh anak2nya hehehe
kalo gw masukin aysha (2,5yo) sekolah di umur 11 bulan, tp itupun sesekali aja kalo pas kebetulan gw di bdg. Jadi bayarnya pun per datang. menurut gw lebih aman ketimbang bayar bulanan, soalnya belom tentu anaknya juga mau kan kalo rutin, apalagi itu masih maen2 doang ehehehe
nah pas umur 2 taun, kan naek kelas tuh, jadi harus ditinggal ama mamanya..nah muley deh drama. aysha ga mau ditinggal. pernah sekali gw kabur, aysha ditinggal. yang ada pas gw jemput, eh dia masih nangis aja dong sampe pulang, hihihihi jadi 1,5 jam kerjaan dia cuma nangis sambil nanya2 "mana mamah"..selanjutnya kejadian lagi sampe ke 3x nya, dan sejak itu gw berentiin dulu. ga mau maksain kalo aysha belom siap untuk ditinggal dan susahnya karena aysha ga rutin sekolahnya jadi harus ulang lagi dari awal proses pengenalannya. jadi udah 5 bulan nih aysha stop sekolah, mau lanjut sekolah lagi akhir bulan ini kayanya pas udah pindah ke jkt, itupun liat anaknya dulu mau atau engga hehe :)

~Aysha's mom~

21

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

Mia apakah itu namanya separation anxiety kali ya? huhuhu kasian Aysha... Apa mungkin karna kalo di Tasik, dia ngerasa punya banyak waktu ama mamanya ya jadi pas ditinggal langsung ngerasa uncomfortable...
Tapi tfs ya mi, jadi belajar juga psikologi anak mengenai sekolah ini...
Dan bener ya bisa dimulai dengan per kedatangan :)

Reborn since El was born
@inicrey

22

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

Mia Septiana, crey..btw, temen2 sekelas anakku di TB, sudah pada 4 tahun tapi masih byk juga yg kalau ditinggal mamanya pada nangis2. Jadi kadang ada beberapa mama yg nungguin anaknya di kelas. Padahal sih kalau di peraturannya orang tua tidak boleh masuk kelas.

23

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

d1andra7 wrote:
ikutan sharing ah,,, Ben skrg 2tahun 5bln blom sekolah alasannya mamanya di rumah jd bisa pantau dia 100% akhirnya sepakat ama suami utk masukin Ben lgsg TK aja nt saat dia 4tahun,, tnyata kami hrs renovasi rmh, tpaksa pindah ke rmh org tua, nah disinilah byk "drama" muncul,.. smua pola didikan mamanya ky dimentahin smua, namanya jg kakek-nenek cenderung *kelewat* manjain cucunya, ud susah jd nya, mis nya kami ngelarang Ben ntn tv tll srg tp mrka gak tahan dgr Ben nangis jd diijinin, ben dilarang main kluar rumah alasannya kotor jd cmn ngudek2 drmh aja jrg sosialisasi, etc ... krn serba salah akhirnya kami setuju utk masukn ben sekolah aja *nyari aman*.. skrg lg mulai nyari sekolah tp kok mahal smua yaaa *curcol*



Waaa bener banget..nathan kalo sama oma opanya dibolehin ngapain aja..alesannya "daripada nangis..kasian". Jadinya semua disiplin yg udah gue kasih mental semua..

Love ur parents. We are so busy growing up. We often forget they are also growing old.

24

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

ikut sharing ya...

tadinya sebelum punya anak saya juga berpikir seperti thalia, mau masukin sekolah setelat-telatnya. :P

Beda cerita setelah Nala (now 16m) lahir, sejak 2 bln Nala ikut saya kerja setiap hari (saya mengajar di SD), sampai umurnya 9 bln.

Setelah Nala full time di rumah, saya tetap membawanya 2x seminggu untuk bermain di playgroup di tempat saya bekerja. Saya berani mengambil pilihan ini karena di playgroup ini kelas-kelasnya berupa ruang terbuka (meminimalkan resiko saling menularkan sakit, maklumlah kelas balita) dan kegiatan terstrukturnya sangat sedikit (kira-kira 10 menit saja, bernyanyi bersama). Sisanya anak-anak bermain di dalam dan di luar kelas didampingi guru. Waktunya juga cukup fleksibel, anak boleh datang dan pulang jam berapa saja s/d 11.30. Saya batasi Nala hanya main paling lama 2 jam, kemudian neneknya akan menjemputnya pulang.

Saya tidak "berharap" nala harus bisa ini dan itu di sekolah, sih. betul-betul sebagai sarana menyalurkan energi dan memenuhi kebutuhannya atas ruang terbuka dan aneka permainan. Ada teman-teman sebaya untuk bermain, iya. Cuma anak umur segini belum begitu bersosialisasi, kan? Masih main sebelahan tapi nggak ngobrol. Malah Nala belajar rebutan mainan karena sekolah dan sempat jatuh dari tempat tidur karena sok main trampolin karena sekolah juga. Hehehe.

Kosakatanya lebih banyak bertambah karena kami sering mengajak bermain, menyanyi, dan mengobrol di rumah, belajar makan sendiri atau minum dengan gelas juga dilakukan di rumah. Di sekolah jadi bisa ikut makan bersama teman-teman yang lebih besar.

Tentang separation anxiety, Nala bukan bayi yang gampang takut sama orang, mungkin juga pengaruh selalu berada di lingkungan ramai dari bayi. Begitu pula saat mulai "sekolah", dia baik-baik saja kalau saya tinggal. Sekarang, justru mulai muncul acara nangisnya kalau saya tinggal. Kayaknya memang ada periode itu deh di usia toddler. Semoga nanti hilang sendiri kalau tiba saatnya (seperti Aina).

Jadi kalau ditanya umur berapa sebaiknya mulai sekolah, saya rasa tergantung kesiapan anak dan tujuan ortu menyekolahkan anaknya. Juga kondisi sekolah sesuai atau tidak dengan kesiapan anak dan tujuan ortunya tadi.

25

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

update yaaa :)

jadi ceritanya aina udah sekolah 3 hari... so far so good, ga ada acara nangis. malah excited dan mau masuk sendiri (ga usah pake dianter2). bekelnya: 5 foto gue & snowy di dalem tasnya, jadi kalo kangen, liat foto... haha.

hari pertama, begitu pulang langsung nempel... trus dia cerita selama 2 jam betapa excitednya dia di sekolahan. tapi kangen. jadi sempet liatin foto2 beberapa kali.

hari kedua: udah ga ada nempel2nya. tapi ceritanya masih banyaaaak. sepanjang naik sepeda pulang, dia bawel banget & nyanyi2 bahasa chinese (baru diajarin di kelas, gue ga ngerti).

hari ketiga: barusan nih... pas gue drop dia di sekolah, gue tanyain, kemaren, ngeliat foto berapa kali? trus dia jawab: "oh engga liat foto kok, aku ga kangen sama sekali ama binggi...", sembari lari masuk sekolah...

*ibunya broken hearted*.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia