1

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

ikutan share yah mommies.. :)

anakku awalnya masuk therapy center dulu diusia 2tahun karena speech delay. Trus setelah diskusi sama psikolog anak di masa evaluasi per 3bulan, perkembangan bicaranya udah cukup pesat. Tapi karena di therapy center dia lebih banyak interaksi dengan terapisnya (satu terapis menghandle 1 atau paling banyak 2 anak) dan hanya sesekali melakukan aktifitas bareng2 temen yang lain (yang juga punya masalah tumbuh kembang seperti autis, down syndrome dll.), jadi psikolognya menganjurkan supaya anakku disegerakan masuk sekolah.

Soalnya itu akan menunjang kemampuan biacaranya karena banyak anak yang akan jadi "lawan" bicaranya nanti, sekaligus dia bisa mengimitasi beberapa aktifitas guru dan teman-teman sekolahnya. Akhirnya sejak usia 2,5 tahun dia aku masukkan ke preschool. Dan bener sih, perkembangannya semakin pesat setelah dia sekolah :)

Mom of 4 y'o son & @dokterhuda's wife | Blogger | Freelance writer | Passionate baker | Recreational runner | Duri, Riau. T: @nieke | F: /nieke

2

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

Hi Moms, salam kenal, baru join forum nih...

Aku stay-at-home mom dengan anakku yg baru 12 bln.
Setelah sendirian ngurusin dia dan rumah selama ini, muncul rasa guilty karena aku sebenarnya bukan orang yang suka ngurusin anak2 dan sering jenuh. Aku watir ga bisa ngasih stimulasi bermain yg cukup buat dia, terutama karena jenuh itu. Jadi aku lagi mikir nih, good idea nggak sih klo aku bawa dia ke daycare/learning center semacam gymboree atau tumbletots?
Kemudaan kah? Abis klo baca komen Moms yg ada di sini, kayaknya ga ada deh yg naro anaknya di daycare semuda ini :|
Aku kasihan sama anakku sih, tiap kali ibunya kecapean dia dibiarin mondar mandir sendiri di walkernya, hiks!
Terus aku kewalahan baby-proofing rumahku yg kualitasnya jelek dan bnyk area yg kotor (masih ngontrak dan rencana mo bangun rumah sdr) jadi klo aku biarin dia eksplorasi bermain, aku lebih banyak bilang "no" ketimbang "yes" hehehe...
Aku cuma pengen bawa dia ke tempat yg babyproof dan banyak sarana bermain biar dia bebas mencoba macam2 dan ibunya ga was2.
Ada saran Moms?

3

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

lazue - sebenernya sih, umur untuk masukin anak ke sekolah atau child care itu keputusan mama papa-nya kok. ga ada yang salah ama masukin anak cepet atau nanti kalo udah 5-6 tahun.

IMHO, selama mama papanya happy, anaknya pasti happy... kalo mamanya bete di rumah mati gaya ga tau mo ngapain, anaknya bisa kebawa bete. banyak kok mama2 yang bawa anaknya ke gymboree atau tumbletots di umur 12 bulan... selain bikin anaknya senang, mamanya juga jadi senang karena ada break dari monotony 24-jam ama anak... dan biasanya jadi punya ide dari learning center kayak gini, kalo di rumah mo main apa.... jadi ga matgay :)

kalo aku, memang baru masukin anakku ke sekolah pas dia udah 4 taunan... tapi tiap ortu beda2 kok :)

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

4

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

share ya...

sekarang demya 21 bulan.... dulu waktu masih ada nanynya setiap hari sabtu atau minggu ikut gymboree yg bayar harian saja sekedar menghabiskan energinya yg menumpuk tapi dia sudah tau dan selalu bilang "kolah" . pas nany nya resign, kita masukin demya di daycare full time ... nah di daycare ini demya juga bilangnya "kolah"

kalo kita punya rencana sih pengen masukin demya ke sekolah pre school gitu tapi yg konsepnya alam. jatuh cinta sama sekolah putik bisa dr umur 1 tahun. dan kalo bisa lanjut ke sekolah alam indonesia.

patokan umur sih menurut aku tergantung pilihan ORTUnya dan melihat ke anaknya... ada anak yg energynya berlebih malah harus disalurkan kalo tidak tersalurkan malah kesanya anak tsb hyperactive.

atau ada anak juga yg harus di compete biar keluar energinya.... kembali lagi ya semua itu pilihan para ORTU....

Mamonya demya
"teman hidup" papo demy
Finance & Accounting manager FUCHS Indonesia
Dimana bumi kupijak, Disitu langit kujunjung

5

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

alfarabbi mulai saya masukin playgroup umur 2y (sekarang udah 4y8mo),yang jadi pertimbangannya dirumah gak ada teman main seusia nya,dan saya dulu stay at home ,jadi drpd mati gaya mending nemenin kaka main2 di sekolah. Fun bgt...,soalnya untuk anak masi umur 1y -2,5y orang tua juga ikut slma proses "bermain" di sekolahnya.... Mama nya jadi ikutan belajar lagu anak2.... ;)

? Alfarabbi and Hanuun Moms?
?dr. Adityo Putro sejati wife?
? https://twitter.com/QsAdityo ?

6

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

Hmmm..beda2 ya umur berapanya dan alasannya, jadi tergantung kesiapan anak dan ortu juga.

Anak gw yg pertama langsung TK saat umurnya 5thn. Anak kedua, cewe, seneng begaul, jd umur 3 taon udah masuk PG, tp on off..maklum cuma buat isi wkt jg dan kbetulan skolahnya deket rumah. Nahh skrg yg ketiga udh umur 2 taon, gw niatnya mau langsung TK aja nanti krn di rmh banyak yg ngajarin, dia jg tiap hari begaul di luar rmh sama tetangga, jd urusan sosialisasi jg kayanya udah oke..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

7

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

Dear mommies...
aku mau share aja nih

Anakku olive (13 bulan) sejak usia 3 bulan sudah aku titipkan di daycare yang ada sekolahnya juga karena aku mulai masuk kantor.
alasannya adalah aku ngerasa lebih sreg kalau anakku diasuh dengan orang yg "berpendidikan" daripada cuma dirumah saja sama pembantu

So far sih olive perkembangannya bagus dan dia ngga takut kalau liat orang baru
rencananya nti anak kedua juga akan aku titipkan di daycare lagi

i'm so in love with Olivia Meiske Anjani & Regina Fleur Anindhita
@reyyio

8

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

Hai Moms,

kenalkan saya newbie mau ikutan share dikit ya :).. anakku Nadya lahirnya pas 31 desember, umur yang nanggung bgt buat masuk sekolah. Pertama sempet bingung, galau, resah (hehe) umur berapa baiknya nadya masuk playgroup,tapi setelah melihat kesiapan sang buah hati yang selalu minta pergi sekolah,akhirnya tekad bulat akhir juli kemarin (umur 31 bulan) aku daftarin aja ke playgroup deket rumah, masuk skulnya cm 3x seminggu. Alhamdulillah anakku mandiri,ga nangis dalam kelas, malah cenderung mendominasi kata gurunya, padahal umurnya paling muda diantara teman-temannya :p

Jadi kesimpulannya memang kembali lagi lihat psikologi si anak, sudah siapkah dia :)

@jeungnane

9

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

Ikutan share ya...
Kira & Kara mulai masuk sekolah tahun ini, di usianya pas 3 tahun (enaknya kalo anak lahir bulan Juni yach :D)
alasannya:
udah dari tahun kemarin minta sekolah, tapi karena blum dapat yang cocok jadi di tunda.
Kara tipenya introvert, jadi kalo ketemu orang baru suka ngumpet. Kalo maen sama anak lain suka pasang tampang judes, krn sebenarnya dia takut :D Trus perkembangan motorik dia lambat, apalagi motorik kasarnya. Makanya selektif banget cari sekolahnya.
Pas kebetulan ada tetangga yang nawarin untuk homeschooling di rumah dengan tutor datang. Jadi deh kita kumpulin ibu-ibu mudah di kompleks perumahan yang punya visi yg sama soal sekolah. Jadilah homeschooling di rumah teman Ki-Ka. Programnya bisa terarah sesuai kebutuhan anak. Dan alhamdulillah dapat tutor-tutor yang sabar dan telaten juga menguasai psikologi anak. Jadi kerasan di sekolah. Sekolahnya juga cuma 2x seminggu. Stimulasinya bisa dilanjutin di rumah. :) Karena sekolahnya di rumah, jadi gak perlu bayar uang gedung yang mahalnya amit-amit. Biaya per bulannya juga terjangkau.

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

10

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

haiz jadi keinget perjuangan( :p ) nyekolahin maisie

pertama banget tuh usia sekitar 22m gw coba masukin ke pg yang sekaligus bisa titip sampe sore(status waktu itu lagi no bs dan no art :( ) hiks cuman tahan 1 minggu karena anaknya nangis terus dan tiap mo berangkat school dah jejeritan ga karuan.....yah ga tega akhirnya pending dululah sekolahnya.

Kedua kali, coba masukkan di pg yang ada sodara dikelas yang sama, waktu itu usia maisie sudah 32m. gw pikir klo ada teman yang sudah di kenal anak gw bakal lebih enjoy dan mudah sosialisasi di school nya. Ternyata ga sukses juga T_T anak gw mau school asal gw ikut tungguin di dalam kelas, nempel kaya perangko dah T_T hiks sampe 2 minggu sekolah ga ada perkembangan , tiap sekolah gw harus tungguin di kelas klo ga dia nangis ga mau didalam( hmm menurut gw selain anak gw aga susah, faktor sekolah yg kurang tegas dan kurangnya jumlah pengajar jadi penyebabnya. Soalnya 1 kelas dengan siswa usia pg a sejumlah 15 pengajar cuma 1, alhasil anak kurang terhandle,dan ortu banyak yg tetap menunggu didalam kelas meski anak sudah school lebih dari 1 m.gw jadi ga sreg juga).So alhasil cukup sudah 2 minggu trial(xixixiiii untung yg disini belum bayar :P umumnya trial 1 minggu but karena ada 2 sodara yg school di sono jadi boleh sampe 2 weeks)ga lanjut.Anak gw ga happy and gw pun ga sreg

Ketiga kalinya setelah survey sana-sini akhirnya maisie gw ikutkan trial lagi :) usia 33m(yang ngebet nyekolahin sebenarnya ortunya yah ini :p hehehee) nah disini pgnya tiap kelas di handle 3 pengajar+klo pas mandarin ada native speakernya lagi so kadang 1 kelas ada 4 pengajar ^_^ dengan siswa sekitar 10-20.Anak terhandle dengan baik dan schoolnya disiplin juga.Ortu hanya boleh menunggu 1 w pertama saja. selebihnya tanggung jawab sekolah. fasilitas lengkap dan yang utama anak gw happy ^_^ sampe sekarang

lebih matang usianya mungkin juga jadi faktor :D heheheeeeeee (selain kualitas sekolah)

11

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

Hai Moms..
nimbrung ya..
My kiddos sekolah dari usia 10 bulan pas mereka udh belajar merangkak..
pertimbangan aku masukin mereka ke baby school agar mereka bisa bersosialisasi aja karna drumah jarang malah bisa dbilang ngga bergaul keluar..
jadi supaya kdua putriku ga kuper aku masukin deh sekolah.. sekarang si kakak udh play group usianya 3y7m n adek 1y6m.. mereka happy2 aja tuh selama sekolah.. ;)
:)

My Kiddos are my heart n soul.. they'll always be my babies, even when they grow old.. Mommy love u Manda n iLa ;)

12

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

Hmmm.. buat menyekolahkan sih sebaiknya dari Paud ya? sekitar 3 - 4 tahun. Tapi langsung TK juga papa sih di 4 tahun, hehe

Masih calon mama ;) - Temenan di FB juga yuk! https://www.facebook.com/ochyi

13

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

kalo tangan kanan sudah bisa pegang kuping kiri. serius gw ini loj, teknik jaman dulu gw terapin. wkwkwkwk

Freelance Photographer | 3D Architecture Impressionist

14

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

Rosyi..kalo gw dulu langsung SD, tapi anak2 gw dari umur 4 tahun udah PAUD meski pun kadang masuk kadang enggak..

akbar, kalo umur 2 tahun udah bisa, brarti udah harus sekolah dong ya? hehhehe..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

15

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

aku belom nyekolahin hilya. nunggu 3 thn deh, which is 2 bulan lagi. udah pinter sih tt nya. tinggal menurut pada instruksi guru aja yg agak bikin aku deg2an. soalnya anakku sangat argumentatif.

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

16

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

Ikutan share ya moms..

Anak saya Niko (sekarang 34 bulan), mulai saya masukkan paud sejak usia 27 bulan). Alasan utamanya sih karena saya dan ayahnya bekerja, dan si pengasuh kurang dapat memberikan stimulasi tumbuh kembang secara optimal.

Mulai Maret-Juni 2013 kemarin, dia saya "titipkan" di PAUD depan kantor. Sebuah PAUD umum/nasionalis milik pemerintah. Niko masuk seminggu 3x dengan ditunggu pengasuhnya. Karena merasa kurang sreg dengan muatan ilmunya (disana tidak diajari mengaji, dll---krn memang bukan sekolah berbasis agama), mulai Juli 2013 saya pindahkan dia ke PAUD Islam. Selama 3 bulan pertama, anakku masih minta ditungguin di dalam kelas. Setelah 3 bulan, dia baru mau ditunggu di luar kelas. Tapiiiiiii, dia adalah satu2nya anak yang masih ditungguin. Semua teman satu sekolahnya tidak ada yang ditungguin lagi. Dan saya sekarang sedang 'stres' karena oleh gurunya, saya disarankan untuk tidak menunggui anak saya lagi dengan alasan melatih kemandirian.

Gimana ya moms, terus terang saya belum tega ninggalin karena dia tipe anak yang "harus pelan-pelan" ketika beradaptasi (kebetulan saya dan ayahnya juga tipe yang pendiam dan malu2..haha..). Gak bisa langsung 'jrengggg' ditinggal gitu, karena nanti saya takutnya dia akan trauma gak mau masuk sekolah lagi.

Atau dia terlalu dini masuk sekolah ya?

(Lho, ini sharing atau malah curhat ya? wkwkwkkkk)

Blessed and lucky mommy :)

17

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

Gak usah stress miminiko.. Hari pertama biasanya memang paling berat, tapi kalo gak dimulai2 kapan mandirinya? :) Gurunya kan udah nyaranin tuh, IMO berarti gurunya udah bisa "baca" situasi bahwa Niko udah bisa ditinggal nih... Yang penting harus konsisten sih mom, kalo ninggal ya udah tinggal aja. Meskipun nangis (baik si anak maupun emaknya) never look back! Soalnya kalo kita "terbujuk" oleh tangisannya nanti dia jadikan itu sebagai senjata, mom Kadang2 anak itu menyimpan kejutan lho! Keliatannya di rumah kalem, pemalu, tapi ternyata begitu ketemu temen2 sebayanya jadi semangat dan gampang berbaur. So, semangat ya, mom! ;)

18

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

feee wrote:
Gak usah stress miminiko.. Hari pertama biasanya memang paling berat, tapi kalo gak dimulai2 kapan mandirinya? :) Gurunya kan udah nyaranin tuh, IMO berarti gurunya udah bisa "baca" situasi bahwa Niko udah bisa ditinggal nih... Yang penting harus konsisten sih mom, kalo ninggal ya udah tinggal aja. Meskipun nangis (baik si anak maupun emaknya) never look back! Soalnya kalo kita "terbujuk" oleh tangisannya nanti dia jadikan itu sebagai senjata, mom Kadang2 anak itu menyimpan kejutan lho! Keliatannya di rumah kalem, pemalu, tapi ternyata begitu ketemu temen2 sebayanya jadi semangat dan gampang berbaur. So, semangat ya, mom! ;)



Waaaah, makasih supportnya ya Mom.. Sebenarnya, rata-rata pada usia berapa sih seorang anak mampu berpisah dgn orang tuanya dalam waktu yang agak lama (jam sekolah 3-4 jam)? Karena kan kebijakan preschool berbeda-beda.. Ada yang membolehkan anak ditunggu, ada yang mengharuskan anak ditinggal. Sebenarnya apa sih landasan/dasar preschool tsb menetapkan kebijakan-kebijakan tsb?

Blessed and lucky mommy :)

19

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

miminiko anakku sih belum genap 4 tahun masuk TK A (anakku lahir September, tahun ajaran baru kan Juli-Agustus). Kan pas mau masuk dites berhitung dulu tuh, 1-10. Eh lha kok dia malah pamer one two three sampe ten. Kata Kepseknya "yaaah..ini sih udah masukin TK aja, nggak usah PG lagi" :D
Kalo namanya kebijakan sih ya pertimbangan masing2 sekolah di luar peraturan dari pemerintah. IMO mungkin pertimbangan rata2 umur anak sudah bisa mulai diajak belajar sambil bermain (TK) atau baru bermain aja (PG).

20

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

feee oh kalo di indonesia bisa ya ditentuin masuk kelas mana berdasarkan kemampuan anak? kalo di singapore, tetap berdasarkan umur. nanti kalo udah SD/SMP baru boleh "lompat kelas" atau di taro di advanced class buat anak2 yang kemampuannya lebih dari temen2nya.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

21

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

Kalo keponakan saya masuk PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) pada umur 3 tahun. Lebih baik emang sejak dini dimasukkan sekolah biar si anak dapat lebih cepat berkembang dan mendapatkan teman baru sehingga dapat bersosialisasi dengan baik.

22

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

dulu Ruby masuk sekolah umur 12mo di kelas momy and me, waktu itu belum bisa jalan, belum sebulan sekolah disana udah bisa jalan, kamampuan bicaranya lebih cepat, kemampuan menggerakkan tubuhnya lebih lincah, seru....

23

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

ikutan share yaaa
si sulung mulai sekolah pas umurnya 3 tahun kurang sebulan
langsung ku masukin TK deket rumah sih waktu itu
alesannya ya karna aku + suami kerja,
jadi ga bisa nganterin kalo masukin PG + jauh pulak
TK pun aku titip sama nene-nya, jadi yg deket2 aja hihii
sekarang sih udah SD kelas 1
lumayan laah, makan bangku tk 3 tahun =D

mom of mochammad

24

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

i_aws, ow 3 tahun dah bisa masuk TK, ya?
gw lagi kepikiran Sabil, 2,5 thn utk skolah tapi mungkin PG atau PAUD. Dia dah seneng ngikutin kakak2nya blajar, dah minta tas dan alat2 tulis sndiri, jadi gak tega juga pas dia minta2 skolah nih, tapi masih mikirin anter2nya, soalnya mbaknya skarang cuma satu, kalo dia nganter Sabil skolah, kasian kakak2nya gak ada yang ngurus.., masih dillema jadinya..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

25

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

Kana (4y1m) belum sekolah. Rencananya baru mau masuk TK bulan Juni-Juli tahun 2014 nanti. Dulu pas masih kecil beberapa kali ikut kelas di playgroup2, tapi hanya sesekali saja ikut trial. Kita memang tidak mau cepet-cepet mulai sekolah karena tidak mau anak cepat bosan sekolah. Selain itu, karena Kana kebetulan lahir bulan november akhir, jadi kita memang tidak memaksa supaya Kana mulai sekolah di usia 4 tahun. Tapi di undur. supaya nanti pas masuk SD, tidak harus ribet nyari sekolah yang mau terima anak di bawah usia standar. Apalagi kita rencana mau memasukkan Kana ke sekolah negeri. Jadi biar ke depannya juga gak pusing sama masalah umur ini.

.. i'm just a girl, a woman, a daughter, a friend, a wife, and a mother..

Our llittle space : http://kakira.my.id/ /@rachanlie