51

Re: Kekentalan Darah & Kehamilan

hai semua,,,
aku lg hamil 12w lebih..
kmarin diminta tes kehamilan lengkap.. Puji Tuhan hasil tokso dll IgMnya negatif hanya IgG yang positif.
hasil test ACA yang agak mengkhawatirkan ACA Igg negatif tetapi ACA Igm equivocal 74.4 sad
itu mendekati positif dengan angka batas 80.
apa itu emang tinggi karena aku lg hamil atau memang punya penyakit aca..
baru akan ketemu dokter sabtu pagi ini..
dan akan tanya detail ttg aca..

thanks yah all buat sharingnya..

52

Re: Kekentalan Darah & Kehamilan

Alhamdulillah sejak gabung urbanmama jd banyak yg bisa dipelajari, ACA ini kali ya yg mengakibatkan temen2ku ada yg keguguran terus n susah hamil...jd bisa share info jg ke mereka, thank you mamas..
Moms, dulu aku minum pil KB yg ternyata bisa mengakibatkan kekentalan darah, aku minum abis kelahiran anak kedua sih, tp kt dktr memang beberapa pil KB jg bisa mengakibatkan darah jd kental, mungkin diantara mama yg menunda kelahiran sblmnya menggunakan pil KB dulu dan jadi kena ACA ini ya? just share aja, siapa tau bukan cuma dari makanan aja yg jd pemicu..

Always love my happy life, alhamdulillah
@ruribuwi

53

Re: Kekentalan Darah & Kehamilan

Sekarang syukurlah aku sedang hamil lagi yg ke 5x-nya, doakan temen2 agar berhasil.
Treatment selama hamil adalah dengan mengkonsumsi Pladogrel(anti pembekuan darah, ngak bisa ascardia karena alergi aspirin), asam folat 10 mg, dan suntik fraxiparine (dosisku sekarang selang seling antara 0.4 dan 0.6) dan itu disuntik setiap hari (dimulai dari saat ketauan hamil) . Dosisnya akan fix di 0.6 begitu berat badanku mencapai 55 kg.

@buwie: betul2 ngak cuma kasus keguguran berulang, susah hamil juga bisa jadi ini penyebabnya. Satu temanku akhirnya hamil stelah 13 tahun program hamil, 10 bulan semenjak treatment ACA, langsung positif dan syukurlah bentar lagi melahirkan.

@Inatoni: so sorry for your loss. Semoga dikuatkan dan cepat hamil lagi. Saat ini aku konsultasi dengan Prof Karmel di Cikini. Prof Karmel sama kayak Prof Djumhana yaitu spesialis Hematolog.

@kanivari: bila perlu, tolong minta SPOGnya utnuk merujuk ke dokter darah.4x kehamilan sebelumnya SPOG ku ngak ada yg concern ke ACA ini, lebih concern ke natural selection alias kelainan kromosom. Saat program hamil ke Prof Endy, dan beliau melihat B2GP ku yang tinggi (dimana ACAku negatif menurut standard Prodia) langsung merujuk ke Prof Karmel. So far so good s.d 10 minggu babynya aktif dan berkembang (dulu2 cuma s/d 8 minggu janinnya). Doakan ya agar selamat sampai lahiran.

Last edited by doglover (2011-05-08 18:05:47)

54

Re: Kekentalan Darah & Kehamilan

doglover, gutlak jeng..
aku pas anak ke 2 jg ACA nya tinggi, jd harus minum aspilet kyk yg dikonsumsi penderita sakit jantung utk ngencerin darah..soale kalo darah kita kentel zat gizi gak bisa diserap maksimal oleh janin..
utk kehamilan sekarang juga di cek ACA nya, alhamdulillah kadarnya normal..

55

Re: Kekentalan Darah & Kehamilan

Doglover SELAMAAAAAAAT AKU TURUT SENANG <3

Semoga sukses sampai lahir yaaaa...

MAAP OOT smile

56

Re: Kekentalan Darah & Kehamilan

divdev77 & peachmargarita, thx u...... masih deg2an neh setiap kali nunggu jadwal USG tongue.

57

Re: Kekentalan Darah & Kehamilan

moms, aku ikut sharing ya ttg darah mengental..

waktu pertama kali cek hamil ke obgyn, aku diminta tes lab, trus ketauan kalo darahku mudah mengental (tapi gak ngerti levelnya sejauh apa). jadi dokterku kasih aspilet (aspirin dosis rendah) dan sederet pantangan. Pantangannya: santan, kulit ayam, bebek, telur bebek, dan coklat.

sekarang kehamilanku udah masuk minggu ke 26. mudah2an semua terus lancar. smile

-

@nyiell | http://nurillairyani.com

58

Re: Kekentalan Darah & Kehamilan

@doglover selamattt yaaa semoga lancar dan sehat terus

mo tanya soal pantangan makan, kok tanya sama prof. Ary (Hematologi) ga ada pantangan makan ya? padahal aku uda sempet bilang, di internet pernah baca pantangan makannya, tapi kok dia kekeuh makan apa aja boleh yaaa

trus bingung.. d dimer itu kalo aku liat di hasil lab normalnya <300, d dimer aku 200 kok dibilang ketinggian ya, jadi dikasi obat, sekarang d dimer uda 100 dan dibilang udah ok

ini apa harus cek ke another hematologist ya?

59

Re: Kekentalan Darah & Kehamilan

dear mamas,

Ikutan sharing juga ya...

Saya ada riwayat spontan abortus tahun lalu d usia kehamilan 6w..
di awal kehamilan tidak ada masalah sama skali (waktu tau hamil lg, dikontrol oleh dr spesialis d salah satu kabupaten d pekanbaru, ikut suami tugas)

Pas cuti lapangan di usia 18w, pulang k bekasi dan memutuskan untuk kontrol biasa n usg ternyata langsung ditemukan ada yang ga beres d kandungannya...dokter bilang untuk test darah, glukosa dll..(saat itu dokter blm blg pasti antara ACA atw pre-eklamsia) *Obgyn: Dr. Yudianto Hermina Bekasi*

Hasil test pun keluar sminggu kemudian, krn udah kburu balik ikut suami tugas jadi hasilnya d kirim by email untuk konsultasi k dokter spesialis d kabupaten tersebut, hasil yang terima..beliau bilang ga ada apa2 n ga usah cemas...campur aduk waktu itu rasanya, tetep konsultasi dgn dokter d bekasi dan memutuskan untuk balik k bekasi lagi dan suami tetap dsana *nasib LDR-an*

Bgitu sampe d bekasi lagi langsung k dr. Yudi dan disarankan untuk k Hematologi (Dr. Wulyo Hermina Bekasi) besoknya langsung ketemu Hematologi dan dikasih Ascardia 80mg 2x1, dan ngulang test lagikrn memang disarankan oleh lab untuk test lagi stelah 6mgg...

Nah skrg udah dapet hasil test yang k2 dan hasilnya + ACA IgG maupun IgM nya dengan D-Dimer 580..tetep masi di kasih Ascardia dgn dosis sm krn dr. Wulyo bilang ini masi bisa kita kontrol dengan ascardia, nanti pertengahan bulan cek lab untuk DPL + Hemastosisnya dan akan menjadi kontrol bulan sampe menjelang klahiran...

Alhamdulillah di usia 28w ini kondisi BabyInside sehat dengan BB sudah 1000gr, dan ga ada pantangan makan tetep harus banyakin buah dan sayur *no junk food ya*

Karena penyakit ini menyerang antibodi kita sendiri jadi penanganannya pun beda2 tiap orang...

Maap y mamas jadi curhat niy....

Saling mendoakan ya smoga sehat slalu smile

..love you my beautiful daughter..

60

Re: Kekentalan Darah & Kehamilan

Hallo semua, salam kenal yahh... aku baru gabung nihhh,, soalnya baru tau kalau aku jg mengalami kekentalan darah.
Usiaku 23 tahun, belum merit, tp dr semenjak pertama kali dapat haid, sampai sekarang haid ku tidak pernah lancar, 2 bulan - 4 bulan sekali. Jadi aku takut jika kedepannya mgkn akan susah dapat anak.
Apa para ibu2 disini, yang mengalami keguguran atau susah hamil, juga memiliki masalah ketidaklancaran haid seperti saya?
Saya sudah ditangani oleh Prof. Karmel sejak januari 2011, dikasi obat, Ranitidin, Ascardia dan Simarc untuk diminum setiap hari. Saya juga sudah 3 kali test IMR, hasilnya malah turun dari 2,3 ke 2,0 ke 1,3.. cuma aku gak tau cara baca hasil IMR ini. Mau tanya dunk, angka2 IMR ini menunjukkan kekentalan darah yang seperti apa yah?
Sekarang aku pantang sayur2an hijau, tauge, alpukat, terutama kol dan brokoli. Ada yang pernah anjurin aku minum seduhan buah jeruk nipis setiap hari. Apa ada yang pernah coba metode ini?

61

Re: Kekentalan Darah & Kehamilan

@kanivari: pas udah hamil sih aku tetep makan sayur2 ijo yang dipantang itu, cuma ngak berani terlalu banyak. Tapi tetep kayak alpukat & teh hijau aku ngak berani.
Waktu itu aku cek d-dimer=200, dokterku sih ngak bilang tinggi, tapi emang obatku juga udah banyak seh, kalao dibilang tinggi jadi bingung deh musti minum obat apa lagi big_smile.

@rettyana: wah dokter kita sama neh. INR jg kurang ngerti seh, cuma kalau konsumsi pengencer darah harusnya INR diharapkan >1.5, ikutin prof-nya aja. Untuk haid, haidku lancar 28-30 hari siklusnya.
Temenku ada yang haidnya 2 bulan sekali, tapi 3 bulan merrid sudah isi tuh, jadi kayaknya bukan patokan susah hamil. Kecuali kamu sudah merrid 1 tahun tapi belum isi2, mungkin saja PCO tapi inipun bisa diobatin ngak usah khawatir.

62

Re: Kekentalan Darah & Kehamilan

@doglover jadi d-dimer 200 itu jg termasuk ga normal ya biarpun ga tinggi, abis batasan normal di hasil lab-nya 300, trus pas d-dimer aku 200, dokternya bilang wah ini ketinggian, dikasi obat lagi lah, jadi obatnya dua ascardia sama tricolipid, sebenernya serem minum obat banyak2 gitu, tapi ga berani juga kalo ga minum, takutttt kenapa2 bayinya

63

Re: Kekentalan Darah & Kehamilan

kanivari cil baru tau ternyata elo aktif di tret ini.  jadi elo ada kekentalan darah yah cil?

a worker by choice, a mom & wife by nature
business director - theurbanmama.com
owner - slesta.com | @slesta

64

Re: Kekentalan Darah & Kehamilan

iya selsta, pas hamil ke-dua dokternya suruh periksa semua lab, tokso segala macem, nah ternyata si ACA ini positif

tadinya sih santai aja, abis dokter kandungan ga ngasi detail lebih jelas, kalo sebenernya bisa bahaya bgt, pas baca thread ini baru tau, ternyata serius bgt

kalo ngomong sama prof hematologi, ACA ini keknya serem bener, karena bisa bikin pembuluh darah jadi tipis which leads to stroke muda/ serangan jantung muda

65

Re: Kekentalan Darah & Kehamilan

Loh @Doglover, TEH IJO AMA ALPUKET GA BOLEH KENAFAAA??

*aku panik*

Kemaren baru dgn bersemangatnya minum jus alpuket dan teh ijo mah sering banget huhuhu...

Ada yg tau? Hub nya teh ijo + alpuket ama darah kental apa?

Btw hari ini 33 minggu, mau konsul ke dokter, apakah harus terus nerusin Ascardia? Karena kalo terusin gue serem besok ngelahirin darahnya tar ngga membeku lagi, huhuhu takuts.

66

Re: Kekentalan Darah & Kehamilan

Kanivari, 200 sih menurut dokterku normal. Btw obatku lebih banyak lagi loh:
Sebelom hamil:  Pladogrel(pengganti ascardia, soalnya alergi), folic acid 5mg, cestrol(obat kolesterol, ternyata kolesterolku  tinggi 220-an, LDLnya juga tinggi -->pantesan kepalaku pusing mulu, jadinya INRnya bandel ngak naek2), sama Simarc.
Setelah hamil: Pladogrel, folic acid 5mg, obat suntik.

peachmargarita, logikaku nangkepnya karena berwarna hijau, hihi ngak tau juga sih, cuma waktu itu masih program hamil, udah dikasih obat segabrek tapi INR-nya masih rendah juga(darahnya masih kental), trus aku tanya boleh minum teh hijau ngak saya minum teh hijau sehari 3x, trus dokternya ketawa "pantesan ngak naik2", trus dipantang deh teh hijau ama alpukat.

67

Re: Kekentalan Darah & Kehamilan

peachmargarita *kita beda 3mgg y, aku mgg ini 30w..maap OOT*

Emang ada diagnosa kekentalan darah jg? Aku si sjauh ini emang cuma dkasih ascardia krn D-Dimer nya masi tgolong normal..bsk baru mw k hematologi lg krn abis cek lab DPL + Hemostosis..

..love you my beautiful daughter..

68

Re: Kekentalan Darah & Kehamilan

Halo, salam kenal yah

Saat ini aku lagi hamil 30W dan ini anak pertama, kehamilan yg ke 4. Saat ini lg di treat sama dokter kandungan Achmad Mediana di Kemang medical care plus dr.Noorwati soetandio (hematolog) di rspi.
Setiap hari sejak tau hamil disuntik inviclot 2x dlm sehari plus minum ascardia.
Share dong teman2 yang udah sukses melahirkan dengan menderita APS ini? deg2an nih walaupun msh blm waktu lahiran. itu lahirannya harus cesar yah ato gmn? berhenti suntikan & minum obtnya di minggu ke brp? ato gmn? pls share. makasih yah sebelumnya.

69

Re: Kekentalan Darah & Kehamilan

ddembul, kemarin sempet BBMan sama temen yang APS juga, dan dia ada thalasemia juga, jadi APS-nya mayan berat, dia bilang sih disuntik sama 2 hari sebelum cesar, dan abis melahirkan pun dr darahnya masi ngasi pengencer darah

oiya, mo tanya dong, yg ke dokter darah, sering dirusu balik seminggu sekali ga sih? duuhh aga BT juga disuru balik seminggu sekali, ga diturutin serem, tapi kata obgyn selama bayi baik2 aja, sebulan sekali aja
ada yg pernah ngaret ga ke dr darah nya?

70

Re: Kekentalan Darah & Kehamilan

ddembul, temenku sih lahiran caesar, tapi aku mau request ke dokterku untuk lahir normal, semoga bisa. Setauku habis melahirkan, temenku itu disuruh ama prof karmel untuk tetap suntik selama 5 hari, dosisnya dia tuh 0.3 fraxiparine (sejenis lovenox).

Kanivari, aku sih disuruh balik 1 bulan sekali, mungkin karena hasilnya masih OK, jadi ngak disuruh balik cepat2. Emang sih males juga ke dr darah, tiap datang diambil darah ~_~.

71

Re: Kekentalan Darah & Kehamilan

doglover aku hasil darah ddimer 100 juga disuru balik 2 minggu sekali, kalo naek 300 bailk seminggu sekali, hmmm keknya dr.darah-nya komersil ya... ganti aja apa ke dr.karmel yaaa, ambil darahnya sih ga masalah, bayarnya yg masalah hehehehehehehe 800rb aja dokter+lab (lama2 asuransi bisa abis ini)
lagipula obgyn juga bilang, sebulan sekali aja ke dr.darahnya selama janin-nya baik2 aja

oiya ddembul sempet tanya ke obgyn aku, dia bilang APS bisa normal kok, dia bilang selama ini dia nanganin APS persentasinya 50% normal 50% cesar, tapi itu juga karena pasiennya yg minta cesar

72

Re: Kekentalan Darah & Kehamilan

kanivari, d-dimerku malah  500-an loh waktu kemaren cek di 22 minggu, tp dosis obatku tetap sama fraxi 0.4 & 0.6 selang seling. Dan disuruh kontrol tetap 1 bulan sekali. Cek D-Dimer di RSCm kalo ngak salah 300-ribuan + dokter 200 ribu. Minggu depan mo kontrol lagi disuruh test D-Dimer+APTT. Yoo..pindah ke prof karmel big_smile

73

Re: Kekentalan Darah & Kehamilan

@AjengAdrianto: iya beda 3 minggu berarti kamu sudah mendekati Hari H donk?  Semoga lancar yaaaaaaa! smile *Maap OOT*

Sampe akhir kehamilan kemarin, darah gue masih aja kental lho. Sekitar 300 ribu plateletnya. Ya tapi sukurlah ga ada masalah karena tetap minum Ascardia sampe sehari sebelum operasi.

Setelah itu dokter bilang, kekentalan darah tinggi ada positifnya karena setelah operasi bekas jahitan jadi cepat sembuh...cuma emang pas hamil aga bahaya kalo ga di-treatment.

Jangan kuatir ya mamas2 disini, asalkan di-treatment, bisa aman kok sampe melahirkan, gue adalah contohnyaa smile

74

Re: Kekentalan Darah & Kehamilan

doglover aku ga jadi pindah ke prof karmel deh, soalnya dsog ku bilang prof karmel agresif, kalo ada aca biar dikit langsung disuntik (makin horor) makanya dia refer aku ke prof ary (minum obat aja)
trus kata obgyn, sebulan sekali aja ke prof ary, kalo disuru suntik, bilang aja baby-nya baik2 aja, lanjutin medication sekarang aja, asal cek baby-nya 2 minggu sekali

75

Re: Kekentalan Darah & Kehamilan

@Kanivari: minum ascardia juga kah?