1

Topic: Kekentalan Darah & Kehamilan

Hi mamas, perkenalkan aku member baru.
Aku baru saja test ACA karena bulan juni lalu mengalami keguguran utk yg kedua kali nya, hasilnya ACA Igg 12 ACA Igm 19,2, apakah nilai ACA Igm 19,2 termasuk positif dan memerlukan treatment khusus?
Aku 2x keguguran dalam setahun terakhir ini karena janin gak berkembang menjelang usia 10 minggu. Test TORCH, gula darah, hormon, sperma suami, semua ok. Untuk tes ACA ini dsog juga blg ok krn ambang batas nya 20,so beliau gak kasih obat apapun dan gak rekomendasi ke dr hematolog jg. Tp kok aku masih was-was ya mengingat sudah 2x keguguran, terlebih kalo aku baca di thread ini ada bbrp yg nilai ACA nya di bawah aku tp sudah dpt treatment khusus. Aku ingin mengetahui pasti penyebab keguguran ku agar bisa diobati sbg persiapan kehamilan berikutnya. Takut jg kalo hrs terulang lg :(

Thx for sharing ya mamas

2

Topic: Kekentalan Darah & Kehamilan

hulla mamas,

hidupkan lagi thread ini yuks :D

Mrs.RGP ditenggal dimana? 2011 lalu dokter Hematologi aku dr. Waluyo di Hermina Bekasi Barat, beliau juga di RSCM Kencana..

Oiya mamas, adakah program khusus untuk Ibu dengan Riwayat ACA untuk kehamilan kedua? Mohon masukannya, aku berencana untuk hamil lagi.. tapi lumayan parno karena kehamilan lalu aku suntuk heparin di usia kandungan menuju 7-8bulan (lupa :)) dan minum ascardia sehari 2x..

Need ur advise mamas, TFS ya.. :*

..love you my beautiful daughter..

3

Topic: Kekentalan Darah & Kehamilan

@AjengAdrianto, yuk kita bangkitkan hahaha. Program hamil kayaknya masih sama kalau aku.
Prof Endy Moegni untuk dr kandungan.
Prof Karmel di Cikini utk dokter darah.

4

Topic: Kekentalan Darah & Kehamilan

Hai Moms

5

Topic: Kekentalan Darah & Kehamilan

Hai moms. Newbie nih. Baru aja ngalamin keguguran karena BO. :( dan ternyata karena darah kental (d dimer dan agregasi trombosit tinggi bgt) . Periksa ke dokter spesialis penyakit dalam di resepin clopidogrel sama xarelto. berapa lama kira2 d dimer bisa turun dan aman buat hamil lagi? Udah pengen hamil lagi :(

6

Topic: Kekentalan Darah & Kehamilan

Bunda2, bisa minta info dong dsog yg ngerti soal kekentalan darah ini yg di surabaya, soalnya rencana saya akan melahirkan di surabaya. Skrg msh di jkt dan di terapi terus dgn ascardia. Skaligus dr.hematologis yg bagus di surabaya dimana yah ? Thx buat infonya bunda2.

7

Topic: Kekentalan Darah & Kehamilan

grupnya sepi yah,

aku baru aja abis terima hasil cek darah nih sabtu lalu dan ternyata d-dimer aku naik lagi jadi 2100 dan langsung dirujuk ke dr hematologi.
ada yang pernah konsultasi dengan dr ronald hukom ??

@dina_noermadi
== it will be a bumpy ride but I will enjoy it as the way it is ===

8

Topic: Kekentalan Darah & Kehamilan

hi mamas,

aku udah 2 bulan ini ketauan pengentalan darah dari hasil tes d-dimer di bulan ke 3 yg tinggi sampe 1300an, sama dokter dikasih obat pengencer darah Plavix seminggu 2x dan di bulan ke 4 tes lagi masih tinggi juga akhirnya diminta tambah dosis jadi selang sehari minum obatnya dan hindari makan sayur hijau tua (kangkung, bayam, dll)

alhamdulillah sih sampai pemeriksaan kmrn pas di week 20 babynya sehat dan tumbuh kembangnya masih normal..

kalau saran mertua yg udah pernah ngalamin pengentalan darah juga, banyakin makan tomat dan strawberry..

semangat mamas, semoga sehat terus ya :)

9

Topic: Kekentalan Darah & Kehamilan

Bunda2, saya mau tny apakah kalau darah kental haruskah menunda hamil smpai darah encer? sy mengalami keguguran pada bln September 2015, sy cek d-dimer sy 620, batas normal 550 dan INR sy sekarang 1,0 padahal sy sudah minum simmarc 2,5 pada hr senin kamis dan hr lain 2, tapi INR tidak naik2. Prof karmel menyarankan sy hrs menaikkan INR 1,5 baru boleh sy hamil lg. sy sedih sekali krn sy sudah ingin sekali punya anak lg..

10

Topic: Kekentalan Darah & Kehamilan

Mama Miguel, ni dgn jane...sorry sy mau tny2, bolehkah mom? sy br tahu kena pengentalan darah sejak bln sept'15 krn sy keguguran. hamil anak 1 BO, hamil ke 2 lahir anak yang sehat, hamil ke 3 keguguran. saya cek ke dr hematologi tnyt sy mengalami kekentalan darah. yang sy mau tnykan apakah kl darah kental dan lg terapi minum obt2an tdk blh hamil dulu seblum darah menjadi lbh encer? krn prof karmel blg INR sy hrs setidaknya 1,5 br blh hamil lg. tapi kt susnya kl memang Tuhan menghendaki sy hamil, ya gpp, bs balik ke prof karmel utk diganti obatnya. sy jg bingung apakah sy harus menunda utk meningkatkan INR, atau mulai promil lg. thx before

11

Topic: Kekentalan Darah & Kehamilan

ayudian wrote:
Hi semua salam kenal...

Saya menikah thn 2010 dan karena cycle saya panjang (37 hari) akhirnya setelah 9 bulan menunggu baru positif. Tp akhirnya harus dikuret karena janinnya tidak berkembang (Blighted Ovum). Setelah dikuret saya memang tidak jaga karena saya pikir tidak akan segampang itu untuk hamil lagi. Kemudian setelah mens 1 x setelah dikuret, ternyata saya hamil lagi tapi sedihnya terulang kembali Bligted Ovum dan saya harus dikuret. Setelah pengalaman 2 x itu, saya melalukan tes chromosome ACA, lupus, bacteria dan banyak lagi semuanya hasilnya bagus. Kemudian saya konsultasi dgn Dr Ivan Sini di RS Bunda dan disuruh tes kekentalan darah protein s dan c. Haislnya ternyata protein s saya rendah dah saya direfer ke Prof Karmel. Apakah ada yang pernah mengalami hal yang sama? Mohon sharingnya ya. Thank you


hai ayudian, sy jg mengalami hal yang sama..syg AT III rendah,D dimer sy tinggi. sy br mengalami keguguran krn kental darah. gmn kehamilannya? sy ke prof karmel.

12

Topic: Kekentalan Darah & Kehamilan

Mama Riguel, ni dgn jane...sorry sy mau tny2, bolehkah mom? sy br tahu kena pengentalan darah sejak bln sept'15 krn sy keguguran. hamil anak 1 BO, hamil ke 2 lahir anak yang sehat, hamil ke 3 keguguran. saya cek ke dr hematologi tnyt sy mengalami kekentalan darah. yang sy mau tnykan apakah kl darah kental dan lg terapi minum obt2an tdk blh hamil dulu seblum darah menjadi lbh encer? krn prof karmel blg INR sy hrs setidaknya 1,5 br blh hamil lg. tapi kt susnya kl memang Tuhan menghendaki sy hamil, ya gpp, bs balik ke prof karmel utk diganti obatnya. sy jg bingung apakah sy harus menunda utk meningkatkan INR, atau mulai promil lg. thx before

13

Topic: Kekentalan Darah & Kehamilan

Hi Moms..
Mau sharing.. Ddimer hamil pertama di angka 593, Ddimer di kehamilan kedua di angka 100. Bisa gitu ya Mom beda2 di tiap kehamilan??

Yang pertama aku keguguran, kemungkinan besar bukan krn pengentalan darahnya sih, mom.. Nah di kehamilan kedua.. ddimer normal tapi aku defisiensi protein S. Kalo kata obgynku, protein S ini berguna untuk memecahkan gumpalan darah apabila terjadi penggumpalan darah. Jadi untuk tindakan preventif, aku suntik lovenox 2x seminggu dan minum ascardia 1x sehari. Awalnya lebam setiap suntik..tapi belakangan udah enggak, alhamdulillah udah nemu cara nyuntiknya.
Pas screening trimester pertama keliatan kalo aliran darah ke janin tidak terlalu lancar namun masih dalam batas normal dan ukuran janin normal. Kata dokter akan jadi lancar seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Semangat Moms.. ^^

my pregnancy blog: louvanoura.wordpress.com :)

14

Topic: Kekentalan Darah & Kehamilan

semangat levalia !! been there done that ,

kehamilan kedua keguguran kemungkinan besar karena kekentalan darah, kehamilan ketiga alhamdulillah lancar dan sudah melahirkan twinnies 20 okt kemaren walau dengan d-dimer 2700 :D

@dina_noermadi
== it will be a bumpy ride but I will enjoy it as the way it is ===

15

Topic: Kekentalan Darah & Kehamilan

levalia semoga kehamilan lancar ya sampai persalinan tiba

dina noermadi selamat atas kelahiran anak kembarnya ya, pasti lucu banget deh! :)

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

16

Topic: Kekentalan Darah & Kehamilan

mama levalia,
aku tanya via email dan ini adalah jawabannya:
---
Kekentalan darah mungkin suatu sebutan untuk suatu kelainan darah saat kehamilan, merujuk kepada kelainan pembekuan darah. "FYI" memang pada kehamilan normal-pun terjadi peningkatan kemampuan pembekuan darah, dipersiapkan untuk menghadapi persalinan yang notabene pasti terjadi perdarahan. pengukuran laboratorium darah untuk mengukur keadaan pembekuan darah selama kehamilan diantaranya pengukuran kadar trombosit, PT, APTT, agregrasi trombosit,LED, D-dimer, INR dan banyak lagi. tentunya pemberian obat-obatan untuk memperbaiki kondisi pembekuan darah akan berbeda pada setiap keadaan, tidak hanya ditentukan oleh satu hasil pemeriksaan laboratorium tapi berdasarkan pertimbangan klinis dan pemeriksaan penunjang lainnya.
Untuk lebih jelasnya silahkan berkonsultasi dengan dokter anda.
Semoga kehamilan anda menyenangkan. Terima kasih

dr. A. Yogi Pramatirta, SpOG(K)
Konsultan Fetomaternal
---

semoga bermanfaat yaa.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

17

Topic: Kekentalan Darah & Kehamilan

Hallo Semuanya. Aku baru gabung nih. aku Febriyanti.
Aku sangat tertarik dengan forum ini. karena aku juga mengalaminya.
Menikah 8 November 2013 silam, selang 4 bulan dinyatakan hamil dan 2 bulan kemudian saya keguguran dan dinyatakan BO (Blighted Ovum), hasil diagnosa dokter menyatakan saya terkena virus TORCH dan tidak hamil dulu selama 6 bulan. Saya berobat ke Penang, dan dinyatakan baik2 saja, tidak ada TORCH lalu kembali hamil 6 bulan kemudian dan kembali keguguran spontan dalam usia kehamilan 2 bulan.
Saya pindah dokter, kebetulan saya berdomisili di Tanjung Balai, which is harus 4 jam lagi ke pusat kota Medan. lalu saya memutuskan untuk ke Dokter Binarwan di Medan, dan akhirnya saya dinyatakan terkena APS. yang diperiksa adalah IGG beta 2 GPI (Glycoprotein) dan belum positif masih dalam range "Borderline". Tapi tetap saya menerima suntikan Lovenox sejak program kehamilan, well akhirnya saya ambil jalur INSEMINASI karena sperma suami saya juga sedikit. Sampai sekarang saya menerima suntikan lovenox setiap hari. Ingin rasanya saya mengurangi dosisnya menjadi 2 hari sekali, namun dokter menganjurkan agar tetap dilakukan setiap hari. Adakah teman2 di Forum ini yang bisa merekomendasikan dokter HEMATOLOG di kota Medan khususnya?.
Sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih.

salam saya
Febriyanti

18

Topic: Kekentalan Darah & Kehamilan

mpeb23 wrote:
hi mamas,

aku udah 2 bulan ini ketauan pengentalan darah dari hasil tes d-dimer di bulan ke 3 yg tinggi sampe 1300an, sama dokter dikasih obat pengencer darah Plavix seminggu 2x dan di bulan ke 4 tes lagi masih tinggi juga akhirnya diminta tambah dosis jadi selang sehari minum obatnya dan hindari makan sayur hijau tua (kangkung, bayam, dll)

alhamdulillah sih sampai pemeriksaan kmrn pas di week 20 babynya sehat dan tumbuh kembangnya masih normal..

kalau saran mertua yg udah pernah ngalamin pengentalan darah juga, banyakin makan tomat dan strawberry..

semangat mamas, semoga sehat terus ya :)


Hi mama Newborn, salam kenal
wahh aku baru tau deh kalau salah satu penyebab pengentalan darah adalah sayuran hijau. dulu waktu kuliah aku bisa ngabisin 1 ikat bayam sekali makan. sampai sekarang aku juga suka sekali makan bayam. usia kehamilanku sudah masuk ke bulan ketujuh sekarang, dan pemeriksaan terakhir babyku sehat dan sudah 1,6 kg sekarang. tapi suntikan lovenox tetap aku lakukan tiap hari.

19

Topic: Kekentalan Darah & Kehamilan

Febriyanti
mungkin bukan penyebab ya si sayuran hijau ini, tapi lebih ke kandungannya yg bisa memicu kekentalan darah krn banyak mengandung zat besi. Jadi disarankan buat ga makan sayuran hijau dulu.

Coba aja dikurangin makan sayur hijau nya mom, diganti dg sayur lain..pengalaman sih d-dimer aku turunnya agak lebih banyak dibanding sebelumnya setelah ngurangin makan sayur hijau, rajin konsumsi tomat, byk minum air putih, dan banyakin gerak setiap harinya.

oia, jamur kuping juga bagus buat mengencerkan darah.

2 mgg lalu abis cek darah d-dimer aku 1900 di minggu ke 31, udah masuk ke normal sih ya buat trimester 3 tapi dokter ttp ngasi obat minum tiap hari, heu.

20

Topic: Kekentalan Darah & Kehamilan

Terima kasih yaa Mama Ninit atas penjelasannya.. :D

my pregnancy blog: louvanoura.wordpress.com :)

21

Topic: Kekentalan Darah & Kehamilan

@mpeb23
aku baru keguguran 25wk, hamil k2, preeklampsia tiba2 bulan ke5 tensi naik,ketuban kering dan janin kecil. uda 2x kena preeklampsia. gatau knp,blom ke feto,blom berani. kira2 tes apa aja yg bisa mengukur APS? aku rencana mau tes ACA dulu aja..setelah baca2 forum aku jd mikir jgn2 aku APS. 3 obgyn gada yg saranin tes ACA.
Thanks.

22

Topic: Kekentalan Darah & Kehamilan

hai mom, gabung yaa ..

aku bru nikah nov 2015, udh 2x keguguran dalam waktu 4 bulan ..
akhirnya SPOG aku ngerujuk ke ke hematolog ..
hasilnya protein S aku kurang ..
dan sekarang di kasi arixtra 2.5 selama 6hr berturut2 dan dilanjut pake xaltore 10mg selama 24 hr ..
sedih bgt sih awal tau ada kelainan ini, tp yaa gmn lg .. udh gitu obatnya juga harganya , Alhamdulillah bgt ..

23

Topic: Kekentalan Darah & Kehamilan

kamu ke obgyn mana? 2x keguguran pas uk brp wk?

24

Topic: Kekentalan Darah & Kehamilan

yosieyuriqa,
hi mama yosie... hugs. pastinya ngga gampang yaa menghadapi ini. semoga dimudahkan dan dilancarkan usahanya. hugs.
ke obgyn mana yosie? semoga cocok yah.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

25

Topic: Kekentalan Darah & Kehamilan

dear mom Axcel & mbak Nita :

kebetulan sy di sby mom. keguguran pertama 7W saya ke RS Husada Utama, keguguran yg kedua 12W ke RS Kendangsari.

iya makasi mbak, ini sih udah di suru program lagi sm obgyn & hematolognya.
mens kedua di suru cek sel telur ke obgynnya ..
mudah-mudah di beri jalan terbaik sm allah SWT .. amin