Keppel Centre for Art Education

Bepergian bersama keluarga merupakan hal yang biasa dilakukan urban mama ketika berlibur. Salah satu kota tujuan wisata yang mungkin paling sering dikunjungi adalah Singapura, selain karena jaraknya yang cukup dekat, Singapura juga memiliki banyak tempat hiburan dan aktivitas menarik untuk anak-anak dan keluarga, seperti yang pernah ditulis oleh Mama Angie di sini.

Bagi urban mama yang ingin berlibur ke Singapura dan mengajak si kecil, urban mama wajib mengunjungi Keppel Art Centre for Art Education yang terletak di pusat kota Singapura ini. Keppel Centre bukan hanya tempat bermain, tetapi si kecil dapat berkreasi, berimajinasi serta berinovasi.

Pertama kali saat saya mengunjungi tempat ini, saya sangat terkesima dengan konsepnya. Keppel Centre for Art Education dibuka pada bulan November 2015, merupakan bagian dari National Gallery Singapore dan terletak di lantai 1. Keppel Centre for Art Education bertujuan untuk mendorong dan menstimulasi anak-anak menggunakan imajinasi mereka, berpikir kritis, memecahkan masalah secara kreatif, berinovasi, berkolaborasi, dan berkomunikasi.

Ada empat ruang di Keppel Centre for Art Education dan memiliki nilai edukasi yang berbeda di setiap ruangnya:

1. Art Corridor

Sebelum memasuki Keppel Art Centre Education, urban mama akan menemukan puzzle artwork dimana anak dapat mempelajari warna, bentuk, garis, dan tesktur melalui bermain taktil. Di sini anak-anak dapat mengambil cakram atau taktil berwarna-warni dan melintasi jalur puzzle yang berbeda. Anak-anak bisa saja 'terjebak' di sepanjang jalan. Bermain cakram atau taktil di sepanjang art corridor ini dapat menimbulkan rasa keingintahuan anak.

2. Art Playscape

Di ruangan ini, anak-anak didorong untuk bermain imajinatif layaknya seperti di hutan. Anak-anak seperti memasuki sebuah lukisan dan diajak untuk mengeksplor hutan imajinatif, menjelajahi labirin, bersembunyi di rumah pohon dan menyelamatkan diri dari sungai berbahaya. Inilah wujud hutan ajaib bernama The Enchanted Tree House.

3. Project Gallery

Selesai menggali imajinasi di hutan, anak-anak diajak untuk mengasah kreativitas di gelari proyek yang dinamakan Home a Sapiens. Di sini aroma futuristik begitu terasa dengan dekorasi yang sangat bagus. Ada miniatur rumah terbang dari kayu rumah berbentuk balon udara, serta rumah di atas perahu yang menggantung di langit-langit ruangan. Anak-anak juga diajak untuk membuat rumah masa depannya, diajak bermimpi dan membangun interpretasi mereka sendiri. Rumah masa depan tersebut dapat dipajang di galeri. Menarik, bukan?

4. Children's Museum

Urban mama pernahkah bertanya-tanya bagaimana seniman bekerja? Di Children's Museum ini, anak-anak layaknya seniman cilik diajak menjalani proses kreatif di balik suatu karya seni. Pada ruangan ini sudah disiapkan alat dan bahan-bahan yang dapat anak-anak gunakan untuk membuat hasil karya ciptaannya sendiri. Anak-anak dapat melukis, membuat figur dari kertas, sedotan, kancing dan bahan-bahan lainnya. Children's Museum ini diperuntukkan bagi anak-anak usia 7 tahun ke atas.

 

Jika urban mama dan si kecil mengunjungi Singapura, ingat untuk mampir ke Keppel Centre for Art Education yang beralamat di 1 Saint Andrew's Road Singapura. Menyenangkan sekali bermain dan berkarya di museum yang memang khusus disediakan untuk anak-anak agar mereka bisa belajar sekaligus menikmati kebersamaan dengan seni. Informasi lengkap mengenai Keppel Centre for Art Education dapat dilihat di sini.

4 Comments

  1. avatar
    Shinta Daniel August 31, 2016 11:01 am

    waaaaw keren yaa museumnyaaa.. bener2 tempat buat anak2 belajar sambil bermain, fun banget..

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Cindy Vania August 24, 2016 9:29 am

    Keren bangeeeeeet! Ini di Keppel Centre aja bisa seharian nih :D

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    ninit yunita August 24, 2016 7:38 am

    setuju sama rian, fotonya kece banget peh! <3
    nah bener banget. salah satu tujuan yang fun tapi ada edukasinya juga kalo ke singapura pastinya ke keppel centre for art education ini. anak-anak pasti seneng deh kalo diajak ke sini dan tempatnya center pula, gampang dijangkau.

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Rian Rosita Luthfi August 23, 2016 1:24 pm

    ceuu..
    kece banget sih poto potonyaaa..
    Bagus-bagus banget ya fasilitas edutainment untuk anak-anak di Spore. Kayanya kalo ke Spore ga cukup deh 2-3 hari kalo gini mah. Thanks infonya ceceuu...

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.