sini, saya jadi ingin sekali makan puding roti. Berhubung di rumah tidak ada oven, saya mencoba membuatnya menggunakan slowcooker." /> sini, saya jadi ingin sekali makan puding roti. Berhubung di rumah tidak ada oven, saya mencoba membuatnya menggunakan slowcooker." />

Puding Roti Dalam Slowcooker

Sejak melihat artikel Shinta disini, saya jadi ingin sekali makan puding roti. Berhubung di rumah tidak ada oven, saya mencoba membuatnya menggunakan slowcooker.

Yup! slowcooker!

Beberapa waktu yang lalu saya berhasil membuat roasted potato dengan menggunakan slowcooker. Ini dia cuplikan hasilnya:

Cukup mirip dengan yang di restaurant kan? ;) Jadi kali ini saya mencoba lagi bereksperimen 'memanggang' dengan slowcooker.

Slowcooker yang saya gunakan adalah SC Takahi ukuran 1,2L. Tapi menurut saya brand atau ukuran slowcooker yang lain juga bisa digunakan. Hanya disesuaikan saja dengan takarannya, yaitu tidak melebihi 3/4 dari ukuran panci slowcooker.

Untuk resepnya, saya mengikuti resep Shinta dengan beberapa penyesuaian seperti perbandingan ingredients agar pas dengan ukuran slowcooker saya. Selain itu saya juga sesuaikan dengan bahan-bahan apa saja yang ada di rumah.

Bahan Puding Roti:


  • 5 lembar roti tawar (saya menggunakan roti tawar kupas, tapi sepertinya akan lebih enak bila ada kulitnya, biar lebih banyak tekstur yang crunchy).

  • 4 cup kemasan kecil unsalted butter (kebetulan di rumah hanya tersisa unsalted butter Anchor).

  • 2 telur.

  • 1 susu UHT ukuran 250ml.

  • 1/2 cup gula pasir.

  • 1 bongkah gula jawa, diiris tipis dan dicacah (bisa dicampur semua ke adonan, tapi saya buat sebagian untuk taburan sebagai pengganti gula halus.

  • 2 pisang ukuran sedang, iris.

  • Jika di rumah ada bubuk kayu manis dan kismis bisa digunakan, supaya rasa telurnya tidak terlalu kentara. Tapi di resep ini tidak saya gunakan juga tidak jadi masalah.


Cara membuat:

  • Susun roti tawar di dalam slowcooker, susun bertingkat bersama irisan pisang sampai dengan 3/4 tinggi slowcooker, sisihkan.

  • Lelehkan unsalted butter, kemudian kocok bersama telur, susu, dan gula pasir.



Upsss, ada yang turut campur ingin membantu :)


  • Setelah adonan tercampur rata, campurkan dengan sebagian cacahan gula jawa (sebagian kecil lagi saya simpan untuk taburan di atas puding roti saat matang) kemudian tuang ke dalam slowcooker.




  • Masak selama 4-5 jam (saya menggunakan setting Auto). Sampai ketika ditusuk dengan garpu/pisau, adonan sudah tidak lengket lagi.


Tadaaaa! Ini dia penampakannya...


Hasilnya?

Cukup untuk 4 kali makan. Setengah dihabisin kakak sendiri :D Pisangnya melted, mengeluarkan selai yang manis dan yummy!

Bila dimasukkan ke dalam kulkas terlebih dahulu sebelum dimakan (sesudah panci slowcooker-nya dingin tentunya) tekstur puding roti jadi lebih padat lho...

Untuk saya sendiri, saya kasih topping es krim vanilla-coklat :) why? because i just thought bread, banana, and chocolate will be a perfect combination.

Untuk mama yang memiliki slowcooker di rumah, selamat bereksperimen yah!

Related Tags : ,,

12 Comments

  1. avatar
    Riskaa February 2, 2016 1:38 pm

    asikkkk...akhirnya nemu mennu yg pake sc *laplap sc udah berdebu*

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    syifa ratna October 2, 2013 11:20 am

    mba. roasted potatonya ga ditambah apa2 lgi? cuma kentang aja?

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Amel September 19, 2013 8:21 am

    @saieu, haduh maap baru bacaaa.. Coba kujawab yah.. Pengalaman pas buat untuk pertama kalinya, begitu matang dan masih panas langsung potong-potong kemudian diangkat dari SC. Jadinya malah hancur dan berhamburan gitu.
    Setelah sisanya aku simpan di lemari es, teksturnya lebih memadat tapi tetap lembut yah..maksudnya tidak seperti bolu yang padat..
    Percobaan selanjutnya sebelum dipotong, aku masukin ke lemari es (setelah SCnya dingin terlebih dahulu), pas dipotong-potong dan diangkat sukses gak hancur :)
    Semisal pengen lebih padat, takaran susunya dikurangi aja mom. Lalu biar luarnya gak gosong, coba dikurangi takaran gulanya yah.. semoga membantu..

    @vini, aku pakainya pisang barangan :)

    @pritta, sama-sama mom pritta :)

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Pritta Edison September 19, 2013 7:34 am

    enaaak nih kayanya, bikinnya jg ga susah sptnya.. TFS ya mom..

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Vini Ratnasari September 18, 2013 8:08 pm

    huooo it looks yummy.
    mau tanya dong.. pisangnya pake pisang apa yah? takut ada yg suka sepet gitu rasanya kalo diolah..

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.