Liburan ke Singapura? Yuk, baca tips ini dulu!

Musim liburan sudah tiba nih dan buat saya dan urban Mama Papa yang tinggal di Singapura, ini artinya ada 2:

1. Great Singapore Sale (GSS) telah tiba
2. Akan semakin sering melihat turis dari Indonesia mengunjungi pulau kecil ini. :)

Nah karena sering sekali ada pertanyaan tentang tempat-tempat seru dan kids friendly di Singapura ditanyakan oleh urban Mama di thread ini, saya pikir ini saat yang tepat untuk merangkum karena saya yakin, ada beberapa urban Mama & Papa yang sudah merencanakan liburannya ke Singapura di musim libur sekolah ini.

Tiket & Hotel

Sekarang ini flight tujuan Singapura sudah sangat banyak ditambah lagi promo yang menggiurkan. Jadi tidak ada salahnya kalau urban Mama yang ingin berjalan-jalan ke Singapura untuk rajin-rajin browse dan compare harga, bisa lewat internet atau tanya-tanya ke travel agent. Bahkan terkadang travel fair pun bisa jadi menguntungkan karena terkadang ada paket ekonomis.

Untuk akomodasi di musim liburan ini, banyak sekali hotel–hotel yang memberikan paket promosi yang sayang untuk dilewati, mulai dari hotel bintang lima sampai dengan yang berbintang tiga. Karena transportasi di Singapura sangat amat nyaman, jadi walau tinggal di tempat yang sedikit jauh dari Orchard Road sekali pun, urban Mama dan Papa bisa tetap dengan mudah menuju Orchard Road dan tempat belanja lainnya, serta menikmati diskon menarik selama Great Singapore Sale.

Itinerary

Ini penting banget dibuat oleh urban Mama, tidak hanya liburan ke Singapura, tapi liburan kemana saja. Kalau jalan-jalan membawa anak, itinerary ini memiliki peranan yang sangat penting supaya kita punya tujuan akan kemana saja. Tentunya agak berbeda dengan itinerary waktu masih jalan-jalan beduaan ama suami aja, itinerary bersama anak ini mesti amat sangat fleksibel. Jadi kalau ternyata tidak mungkin didatangi, silakan dicoret dan lanjut ke destinasi berikutnya. Yang penting, daftar tempat-tempat yang akan didatangi sudah lengkap dan tentunya akan lebih baik kalau kids-friendly.

Selain itu, itinerary juga memudahkan kita untuk memaksimalkan waktu dan bisa menyesuaikan juga dengan budget. Urban Mama & Papa bisa loh membuat e-itinerary online di yoursingapore.com seperti Mama Crey yang akhir tahun lalu berkunjung ke Singapura setelah memenangkan TUM Challenge.

Kids Friendly Places in Singapore

Cobalah untuk menjelajahi Singapura di tempat-tempat lainnya yang menarik selain Orchard Road. Buatlah itinerary, dimana Mama dan Papa bisa diisi dengan mengunjungi tempat-tempat yang sudah pernah di review oleh kami. Seperti Jurong Bird Park, Singapore Zoo, Sentosa, Universal Studio, Botanical & Jacob Ballas Garden, dan banyak lagi. Review-review kami di article dan juga di forum mudah-mudahan membantu Mama untuk menyusun itinerary ya.

Yang pasti, Singapura itu adalah negara yang amat sangat kids-friendly, jadi kemana pun urban Mama & Papa pergi, jangan sungkan untuk bertanya dimana nursing room, karena most likely pasti ada. In most malls juga biasanya selalu ada area bermain buat si kecil... dan GRATIS! Jadi sambil urban Mama shopping, si kecil bisa bermain di playground bersama urban Papa, atau saling bergantian. Gak repot kok!

Saya sarankan, sebelum berlibur ke Singapura, urban Mama dan Papa untuk mengunjungi website www.yoursingapore.com untuk dapat refrensi berlibur lebih banyak. Di website ini, urban Mama dan Papa bisa mendapatkan informasi lengkap dengan ulasan untuk masing-masing attraction dan tempat-tempat yang ingin dikunjungi termasuk juga harga masuk. Paling tidak bisa membantu urban Mama dan Papa dalam menyusun budget liburan, sehingga bisa disesuaikan.

Transportasi

Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya, transportasi di Singapura amatlah mudah dan convenient. Jadi gak mungkin nyasar deh. Untuk transportasi umum seperti MRT dan SMRT bus, sebaiknya urban Mama memiliki EZ-Link karena ini akan sangat memudahkan sekali. Kalau dalam satu hari tersebut, Mama dan Papa berencana untuk pergi ke banyak tempat menggunakan transportasi umum, saya sarankan untuk membeli Singapore Tourist Pass karena akan menghemat waktu dan biaya.

Biar lebih lengkap, ajaklah si kecil berkeliling ke penjuru Singapura dengan Hop on Hop Off Hippo Bus yang akan mengajak urban Mama dan Papa untuk berkeliling CBD area di Singapura.

Additional Tips supaya acara Jalan-Jalan semakin Menyenangkan:


  • Untuk urban Mama & Papa yang membawa bayi, saya sarankan untuk membawa strollers. Jalanan di Singapura ini amat sangat stroller-friendly kok, jadi gak bakal repot bawa-bawa stroller. Sebaiknya, tentu saja membawa light stroller (even better kalau umbrella stroller) untuk memudahkan kalau akan naik turun transportasi umum.

  • Di saat jam tidur bayi, bisa juga loh urban Mama & Papa selipkan waktu untuk berkujung ke museum, seperti National Museum of Singapore, Museum Peranakan, Asian Civilization Museum, dan masih banyak lagi museum di Singapura yang bagus-bagus dan menarik untuk dikunjungi. Selain itu, dengan mengajak si kecil ke museum di jam tidur mereka, akan lebih nyaman karena museum yang sepi sehingga tidak mengganggu jadwal tidur mereka.

  • Bagi urban Mama yang masih memerah ASI, tetaplah memerah ya! Kulkas di kamar hotel biasanya tidak bisa membekukan ASIP, jadi kalau memang perlu, bisa dititipkan di freezer kitchen hotel. Bawalah plastik/wadah khusus untuk menyimpan, sehingga walau disimpan di freezer dapur, ASIP tetap terjaga kebersihannya. Saat pulang ke Indonesia, belilah es dan streofoam (biasanya ada di 7 Eleven) sehingga saat sampai di Indonesia, ASIP bisa tetap beku.


  • Kalau urban Mama & Papa akan berkunjung di saat #GreatSingaporeSale dari tanggal 27 May sampai 24 Juli 2011, silakan kunjungi web ini untuk melihat interesting deals yang ada.

  • Bawa passport Mama & Papa ketika jalan-jalan di Singapura, seringkali ada diskon khusus untuk turis hanya dengan menunjukkan passport.

  • Buat Mama yang ingin mendapatkan GST Refund, mesti meminta form nya di tempat Mama belanja. Tapi GST Refund biasanya hanya diberikan ketika urban Mama & Papa belanja minimum $100 di satu tempat. Kumpulkan form tersebut dan isi datanya dengan lengkap. Refund dilakukan di Changi airport, jadi sebelum urban Mama & Papa check-in di airport ketika akan pulang ke Indonesia, datang lah ke airport lebih cepat dan luangkan waktu untuk claim refund di counter khusus. Biasanya petugas GST Refund suka meminta lihat barang-barang yang dibeli, jadi lakukan sebelum check in. Cash akan dikembalikan setelah urban Mama & Papa melewati pintu imigrasi, nanti akan ada area khusus untuk claim cash refund nya.


Mudah-mudahan info dan tips dari kami cukup jelas ya. Kalau ada pertanyaan lain, silakan ditanyakan di forum thread khusus tentang Singapura.

37 Comments

  1. avatar
    Ayu Gardianti August 18, 2011 10:37 pm

    pas banget baca ini abis lebaran nanti kami sekeluarga punya rencana ke singapore selama seminggu..makasih ya sharingnya :)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    gitacintarty July 4, 2011 9:32 am

    Nice review mama shinta! Seneng banget baca Artikel ini! Many thankss,, saya pasti akan follow instruksi yang ada supaya bisa menikmati Singapore to the max!! :)

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    noviza istidarianty June 22, 2011 9:49 am

    Hmm senengnya baca artikel ini soalnya aku baru pindahan seminggu ke singapore nih. jadi ada clue mau jalan2x kemana. Banyak destinations-nya ternyata yaa...Kebetulan apartemenku deket east coast park tinggal jalan (marine drive) jadi tambah semangat deh baca comment2xnya mommies diatas

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Kintan June 22, 2011 4:56 am

    Thanks for sharing Mom Shinta! Berguna banget deh nih artikel untuk planning liburan ke Singapore bareng si kecil :) sekarang kebetulan lagi di Spore selama 1 minggu. Kemarin seharian ngajak Nahla naik bus ke East Coast park...ceritanya picnic. Dia seneng bgt! Puas deh jalan-jalan di pinggiran pantai yang rindang sambil makan bekal. Mungkin karena di Jakarta udah susah nemu open space yang rindang, jadi sesuatu se-simple picnic bisa menjadi pengalaman yang special bagi anak. Btw, kalau tempat makan yang enak tapi juga ada pilihan makanan yang bisa dimakan bayi 11 bulan dimana ya? Soalnya Nahla belum dikenalin gula garam dan juga BLW jadi skrg bingung cari tempat makan..

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Ayuning Martha Riskiyani June 9, 2011 1:28 pm

    Thanks Slesta..

    Next trip ke sana lagi deh ^_^

    1. avatar

      As .