1

Topic: Vaksinasi Kanker Serviks

trias.kelly...aku kan ud 2x suntik niy...kalo yg ketiga ikut promo gsk bs ga ya? mayan hemat 100rban...

Btw mau curhat, bukan nakutin lhoh...seminggu yll dapet kabar ada temen yg baru merit kurleb 1 thn, blm punya baby, kena kanker serviks..

mamanya kayla n nayya
@ariprastawati
@sepasang_kembang

2

Topic: Vaksinasi Kanker Serviks

@mrs tody: wah sayang ri, ga bisa, soalnya hrs didaftarin sejak awal, anak2 disini pada ikutan. Kalo di tengah2 gini ga bisa, soalnya hrs sama intervalnya, nah kayanya pertengahan bulan ini deh hrsnya dipanggil lagi buat vaksin terakhir.
Nah itu yg 600rban itu dimana ri?RSPP-kah?

naldi's mama, abank's wife and an employee

3

Topic: Vaksinasi Kanker Serviks

trias waaa....telat d...600rban di rs graha permata ibu, didepok sana jeng...

mamanya kayla n nayya
@ariprastawati
@sepasang_kembang

4

Topic: Vaksinasi Kanker Serviks

Hi moms...barusan aku tanya2 ttg vaksin ini di twitter, ternyata dah pernah di bahas juga yah di thread ini.....:)

Kebetulan hari ini aku jg barusan papsmear di YKI,cilandak hasilnya harus nunggu dulu +/- 14 hari...*mudah2an hasilnya bagus deh...*
Anyway td sempet liat biaya vaksin di YKI,kok ya agak mahal yah..skitar 900 an something...bener segitu yah??

@Trias.Kelly: mau ikutan promo gsk msh bisa kah??

@mrs.tody : RS.graha permata ibu,Depok sebelah mana ya? itu diluar biaya RS n dr.nya?

5

Topic: Vaksinasi Kanker Serviks

siska.knoch - hehehe, pantes... ternyata dokternya di rumah :P

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

6

Topic: Vaksinasi Kanker Serviks

@ siska - thanks for the info mbak, lagi ditimbang2 niih ;)

7

Topic: Vaksinasi Kanker Serviks

moms, kemaren gue baru dari dokter. dokter umum sih bukan obgyn, kebetulan emang lagi berobat biasa, terus iseng tanya soal vaksin ini.
Eh dia bilang, sebenernya vaksin ini diperlukan kalau suka berganti pasangan, karena virus HPV ini menularnya lewat kontak seksual.. Dia sih nggak bilang gue nggak perlu suntik, tapi dia bilang 'mahal fan..'hehe
Kalau di sini harganya 300 euro buat 3 kali suntik, tapi kalau untuk anak 12-18 tahun, gretong.. dan mungkin karena anak 12-18 tahun masih muda dan 'kesempatan' buat berganti pasangan lebih tinggi, sementara kalau gue yang udah bangkotan ini, palingan cuma laki gue yang doyan, itu juga udah syukur ada yang mau.. :)

So, gue bingung juga. Tadinya gue malah gak percaya ama kata si dokter.. hehe.. eh terus gue browse article TUM,kan pernah ada dokter yg ngebahas ini kan, dan dia juga bilang kalau penularannya secara seksual..

Oya, dokter gue juga bilang, kalau partnernya ada virus HPV, ya pastilah kita resiko ketularan.. nah tapi apakah si partner terinfeksi apa nggak itu susah diketahui, cuma kalau dalam kasus gue, di mana kita nikah udah 7 th lebih dan so far gue baik2 aja.. jadi yah kayaknya gak perlu..

bingung juga euy, atau mungkin cukup pap smear setahun sekali aja yah?..
hmm..

8

Topic: Vaksinasi Kanker Serviks

tiar_chantique rs graha permata ibu di beji bu....iya 600rb vaksinnya aja, kalo sama dokter 800an d...

fanny info aja, temenku ada yg kena kanker serviks, dia ud nikah 1 thn blm punya baby, mmh kayaknya g pernah ganti2 pasangan jg..aku g tau d apa suaminya ada virus HPV atau g...

mamanya kayla n nayya
@ariprastawati
@sepasang_kembang

9

Topic: Vaksinasi Kanker Serviks

Mrs Toby, aduh kasian banget temennya yah :( terus gmn? moga2 gak harus diambil rahimnya yah..

Oya, mo klarifikasi (halah kayak artis aja!) di postingan gue sebelumnya,
Gue kan bilang 'vaksin itu buat yg suka berganti pasangan'.. itu nggak bener yah. kok kesannya gue 'menuduh' sekali. Tapi maksud gue itu lebih dikondisikan ke diri gue sendiri yg udah menikah 7 th dan nggak berada di kategori umur yg disaranin lagi..

eniweiii gue nemu link yg bagus nih.. http://www.mayoclinic.com/health/cervical-cancer-vaccine/WO00120/NSECTIONGROUP=2

HTH yah

10

Topic: Vaksinasi Kanker Serviks

ternyata ada threadnya yaa...gw juga rencananya pengen vaksin ini tapi masih maju mundur mengingat harganya yg mahaaal yaaa
Soalnya mau pap smear juga belum jadi2 deh hehehe, barusan abis baca link yang dikasi sama fanny jadi berencana nunda dulu, selain mihil ternyata not recomended mengutip artikel mayoclinic "The cervical cancer vaccine isn't recommended, however, for women older than age 26"
Pap smear dulu deeeh hehehe

kangen teyuuus sama maliq paha montoq :)
www.mypetitefamilia.blogspot.com

11

Topic: Vaksinasi Kanker Serviks

mommies, jadi vaksin kanker serviks utk woman lbh dr 26 th ga dianjurin ya?waduhh..pdhl q skrg 26th..kebetulan jg q masih ASIX (babyq 3,5mo). rncn penge kasih ASI ampe 2th. terakhir ke obgyn, beliau bilang tunggu smp ASI sls dulu lah..nah, brarti 2th dunk.blom lg ada rncn mo kasih AyRa adek,bakalan ktunda lebih lama lagi kan?!.mohon info dunk mommies, benernya boleh ga sih perempuan yg lg ASIX divaksin kanker serviks?qlo boleh, ketika baby udh jalan ASI brp bln?tq

12

Topic: Vaksinasi Kanker Serviks

Jadi ikutan pengen ngasih masukan nih..
kebetulan kantorku punya program pencegahan kanker leher rahim aka cervix untuk daerah Kab. Karawang dengan menggunakan metode deteksi dini IVA, jadi moga-moga aku bisa ngasih masukan ya buat yang rencana mau vaksin.

Memang vaksin itu berguna banget untuk cegah kanker leher rahim.. tapi ada tapinya nich.. hanya akan tokcer diberikan kepada yang belum pernah berhubungan sex, kenapa? karena kanker leher rahim itu disebabkan oleh virus HPV yang dapat ditularkan melalui hubungan sex. Jadi kita nich ibu-ibu udah pasti beresiko banget kena virus HPV.

Apakah harus vaksin? terus terang ini masih pro dan kontra, even di negara yang sudah maju sekalipun, yang setahu aku program vaksin ini lebih ditujukan untuk anak remaja umur 9-14an tahun dengan asumsi umur segini mereka belum berhubungan.

Trus kalo nga vaksin gimana mencegahnya? ya PAP SMear atau Tes IVA jadi salah satu metode deteksi dini yang bisa kita lakukan, karna dengan mengetahui sejak dini tentunya dapat dilakukan tindakan yang pastinya akan lebih cepat menolong sebelum kanker menjadi..

oh iya, kanker leher rahim ini dikenal kanker yang toleransinya cukup tinggi.. kenapa? karna begitu virus HPV kena, masih ada 5-10 tahun jenjang waktu yang diperlukan virus tersebut untuk menjangkiti cervix kita sehingga menjadi kanker. Makanya perlu deteksi dini, sehingga sebelum menjadi kanker, bisa diobati..

oh iya, faktor risiko dari penyakit ini antara lain :gonta ganti pasangan hub. sex (baik kita maupun pasangan), daya tahan tubuh rendah , merokok, melahirkan banyak anak, pernah kena penyakit IMS.

duch moga-moga informasinya bermanfaat dan mom's bisa ambil keputusan bijak apabila tidak atau mau di vaksin, secara muahalll dan menurut saya pribadi kurang efektif lagi hehehe

ask, believe then receive... thats the secret
@FmLambe

13

Topic: Vaksinasi Kanker Serviks

kemaren barusan tes pap smear, hasilnya kelas II, ada sedikit radang dan harus ada pengobatan karena ada bakterinya, tapi gak terlalu serius, dan kata dsog-nya itu wajar klo kita pake' KB IUD,

sebelumnya memang sudah dikasih info tentang vaksi HPV ini, satu paket-nya 3 kali suntik, per suntik 750rb, bisa dibayar sekalian atao per suntik..

mo nanya, apa klo mo vaksin hasil tes pap smearny harus bagus dulu yah.. ? berarti klo' seperti kasusku , harus pengobatan dulu, trus pap smear lagi, ato gmn ? trus kata dsog-ku untuk yg pake KB IUD dapet hasil tes pap smear kelas I hampir gak mungkin, apa bener ya, ato ada momma yang punya pengalaman laen ?

thks ya..

being a mother is wonderful..
http://anathakamil.wordpress.com

14

Topic: Vaksinasi Kanker Serviks

evi pane aku juga pake IUD ud sekitar 1,5thn. Dulu pap smear pas ud pake IUD kurleb 6 blnan n hasilnya bagus, aku g tau kelas brp ya...tp mnrt dsog-nya bagus, bisa langsung vaksin kanker serviks n diminta pap smear setahun lg (oya skr ud hampir waktunya pap smear lg niy).

Kalo hasil pap smear ada bakteri kayaknya emang harus diobati dulu krn vaksin-nya g bs bekerja optimal...nanti kalo ud pengobatan tuntas baru d pap smear lg trus kalo hasilnya ud bagus baru divaksin...CMIIW

mamanya kayla n nayya
@ariprastawati
@sepasang_kembang

15

Topic: Vaksinasi Kanker Serviks

ouw gitu ya mrs tody, berarti emang harus nunggu hasil pengobatan selesai, btw pengobatannya cuman dikasih antibitoik diminum selama 3 hari aja sih, apa trus bisa langsung papsmear lg, ato nunggu 6 bulan ky' yang bagian saran di lembar hasil-nya ya ? *maap borongan nanya.. * ..

TIA ya,,

being a mother is wonderful..
http://anathakamil.wordpress.com

16

Topic: Vaksinasi Kanker Serviks

evi pane sebaiknya siy sesuai saran yg dilembar hasil pap smear ya....Biasanya dsog yg mau melakukan pap smear maupun vaksin jg ngecek lg kok mom gmn riwayat si pasien sebelumnya. Jd emang sebaiknya kontrol n cek kandungan ke dokter yg sama...jd tau riwayat kesehatan kandungan kita....atau kalo terpaksa mau ganti dokter ya minta copy riwayat kesehatan kita...CMIIW

mamanya kayla n nayya
@ariprastawati
@sepasang_kembang

17

Topic: Vaksinasi Kanker Serviks

Oiya mau nambahin info dikit,kan waktu itu nanya sama obgyn-ku sebenernya perlu nggak vaksin HPV? Mnurut obgyn, once kita sexually active keefektifan dr vaksin itu menurun jauh jd sekitar 50-60% kalo nggak salah, jd msh ada kmungkinan kena kanker rahim skitar 40%. Yg paling efektif itu vaksin pas umur remaja yg sudah haid dan blum pernah berhubungan seksual sama sekali. Nah utk para remaja perempuan2 vaksin ini bs 90% efektivitiasnya. Jd mnurut obgyn,utk kita2 yg udh menikah dan belum vaksin,pencegahan paling baik adalah rutin papsmear. CMIIW ya mamas! Kbetulan obgyn ku itu tmasuk org yg sangat RUM. Jd kalo dia merasa tdk perlu gak bakal pasiennya disarankan.

A proud mommy of my baby Esha

18

Topic: Vaksinasi Kanker Serviks

Keevie, setuju banget dengan obgynnya, vaksin itu hanya efektif diberikan pada saat kita masih virgin aka masih remaja, kalau diluar negri vaksin ini memang hanya diberikan untuk remaja usia 9 - 14 tahun dimana pada usia tersebut diharapkan mereka belum sexually active, diIndonesia agak aneh malah dijualnya ke ibu-ibu yang notabene tidak terlalu efektif lagi, mungkin lebih mudah ngejualnya kali ya :d.

ask, believe then receive... thats the secret
@FmLambe

19

Topic: Vaksinasi Kanker Serviks

moms,,
aku hari ini baru aja disaranin sm kakakku yg berprofesi jadi bidan bwt imunisasi ca servic,, nah aku masi bingung, soalnya aku skrg masi menyusui, kira2 ngaruh gak ya buat asi yg dihasilkan? trus klo ngaruh sebaiknya gmn ya? usiaku 24th dengan baby yg baru jalan 4bulan.. minta share pengalamannya ya moms..
thanks ^^

20

Topic: Vaksinasi Kanker Serviks

Baca2 di thread ini,jd vaksin kanker serviks ini efektif utk wanita usia remaja yg blm pnh melakukan hub seksual. Kalo utk adikku yg umurnya 28th,blm menikah/blm pnh hub seks,,msh efektif ga yah kalo dia mo vaksinasi kanker serviks?

Garnetzhia and Ametysha are my little angels

21

Topic: Vaksinasi Kanker Serviks

bundanadiandra Gue baruuuu aja imunisasi juga! Suntiknya sama dokter yang nanganin selama hamil-melahirkan, jadi dia udah tau kondisi gue gimana. Pas kontrol gue tanya, dok kalo saya mau imunisasi, gpp ga soalnya kan masih menyusui? Katanya gpp, trus langsung dijadwalin deh. Sekarang udah suntik 2x, tinggal suntik terakhir di bulan November nanti.

keevie, siscalambe Nah iya sih, tapi gue mikirnya yah lumayanlah efektif 40% masih ada proteksi daripada ga ada proteksi sama sekali hehe... Lagian imunisasi ini juga diganti full sama kantor, so ga ada ruginya di gue (secara finansial). Makanya gue masih tetep ambil imunisasi ini. Tapi itu terserah masing2 orang lagi :)

yang selalu kangen sama si pipi gembil

22

Topic: Vaksinasi Kanker Serviks

Hai moms, nimbrung ya, aku udah vaksin serviks 2 x, ikut d puskesmas tmpat sodara ku kerja, ga tau lg mesti ikut dmana,soalna dipuskesmas dket sini, mengharuskan ad 10 orang yg ikut skali vaksin,aku ikut sama adikku, bayarna 600rb/vaksin. Klo pegel2 disaranin kompres pake air anget sampe ilang pegelna,tp d aku kok agak lama ya, untuk bener2 ilang pegelna itu sampe 1 minggu. Btw aku belum nikah,jd ga pake papsmear dulu. Ad batasan umurnya kah? Juli 28 ini aku genep 27, lewat dong ya? Soalna diatas ad yg bilang 26,

23

Topic: Vaksinasi Kanker Serviks

banyak banget pertanyaan gw yang kejawab lewat thread ini nih. Mau buru-buru pap smear ah..udah lama rencana, tapi masih takut-takut..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

24

Topic: Vaksinasi Kanker Serviks

share ya....


begitu melahirkan demya aku langsung pasang IUD dan langsung jadwal untuk vaksi kanker serviks karna ibu ku meninggal karena kanker tersebut jadi secara GEN kemungkinan besar akan terturun ke aku. dan ada beberapa keluarga ku yg memiliki riwayat sakit kanker

aku vaksin di rumah sakit Puri Cinere dengan dr. Dewi ratih (yg menangani demya) dengan menggunakan produk dr dexa namanya gradasil, harga nya totali lupa sekitar 2-3 jutaan untuk 3 kali suntik.

pernah juga konsultasi dengan dr Inayatullah SPOG di rumah sakit Azra Bogor yg memang Om ku sendiri. dr Gen sudah pasti akan ada menurun tapi sebaiknya vaksin di berikan pada usia puber apalagi apabila sudah sex aktif.

pencegahan sih normal aja spt hidup sehat dan olahraga teratur bisa memperkecil resiko tsb.

mudah2an membantu dan CMIIW ya....

Mamonya demya
"teman hidup" papo demy
Finance & Accounting manager FUCHS Indonesia
Dimana bumi kupijak, Disitu langit kujunjung

25

Topic: Vaksinasi Kanker Serviks

maaf moms kalo lemot,,, hehe msh ngga nangkep soalnya kenapa kalau mau hamil tidak boleh vaksinasi?

kalau ditengah2 vaksinasi lalu hamil ada masalahkah?
trims...