1

Topic: Training Pants

Paas banget nih mau berpikir untk hunting TP...
Sekarang sih Fazil udah mulai TT, tapi susah banget yaa..abisnya kalo dia pas diajak ke kamar mandi dia ga pipis-pipis, nah pas udah keluar dari kamar mandi baru deh ngemberr..
hmm trus bingung juga nih, kalo pake celana dalam pas TT gitu, kalo tidur malem gimana? kan 'kecelakaan'nya sering hehehe..

2

Topic: Training Pants

risky imo kalo lagi TT gitu, bertahap. yang siang di bisain dulu, kalo udah baru mulai TT yang malem. sementara yang siang belom bisa, ya tetep pake diaper dulu.

anyway, bahasan ttg toilet training ada di SINI yaa..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

3

Topic: Training Pants

sepertinya abid jg trmasuk yg kurang cucok kalo make TP,
pipisnya banyak, jd tetep slalu berantakan pipisnya walo udah pake TP plus clana panjang :(
dulu belinya karna laper mata aja ngeliat TP nissen yg lucu2, eh trnyata sama aja spt celdam yg disisipin selembar handuk tipis.
*ini murni pendapat pribadi* :D
Nah..pernah jg bli TP ecokidy, tebel & gk bikin pipis berantakan ke lantai siy,
tapi malah bikin abid gk cepet "laporan" kalo udah pipis di celana :((
serba salah nih jd emak ^_^
akhirnya, abid balik pake celana dalem lagi, plus musti rajin ngajak pipis di toilet..Smangat!!

4

Topic: Training Pants

huaa.. aku suka topik ini, jadi join.. selama ini silent reader :)

aku beli banyak tp.. disney, mom&bab, imsevimse dan juga celana dalam biasa (buat cadangan klo TP nya ludes)..

bener si, tadi aku baca ada yg bilang klo mmg belum masanya otot2 penahan pee bekerja dgn baik, so kadang kita paksain ni anak mo lulus TT ga bisa juga.. kembali ke masing2 anak..

aku semangat beli TP karena anakku dah 2thn, clodinya ludes digosok sama pembokat (huaa, padahal jaman aku beli adanya import huhu..).. mo beli clodi lagi, kok kemunduran, tapi klo ga.. anggaran buat beli pospak bikin pusing.. manalagi anakku sensi, cuma bisa merk tertentu (g**n or ma** **ko).. hrr hrr..

manfaat beli TP, biar dia ga kepleset, soalnya pas pake celdam biasa udah berapa kali kepleset.. kebetulan anakku super aktif.. seketat2nya mengawal dia, pastilah ada momen kelepasan dikit, kepleset.. huhu..

hasilnya dah berapa bulan ini, tau klo pee di toilet, tp ya ga perfect.. suka2 dia mau.. kdg ngompol sana sini juga, termasuk malam. Udah bisa kasitau klo pee, bilang 'pipi', tapi seringnya abis dah pee.. :O tapi kita tetep rajin ajarin ke toilet, ngarep suatu hari tiba2 sadar :P

merk TP yg baik? reviewku ya.. disney itu tergolong tipis. pee anak 2thn bnyk bangetttt.. so ga ada bedanya dgn celdam biasa, mahal malahan :( termasuk nissen sama aja. aku ga beli si, cuma liat pas sobatku beli.

mam&bab agak tebel, lebih oke dari disney/nissen.. tapi sayangnya susah carinya.. nemu waktu itu di fb di cloudshop, cuma stok dia buat nomer 100 waktu itu dah abis (anakku termasuk gede sizenya). Lumayan tebel, jadi ga parah tumpah2 di lantainya.. sempet dievakuasi dulu :)

imse vimse, ini paling top, tebel. tapi harganya juga top markotop, sekitar 150an kali ya.. lupa. cume klo mo beli banyak ini, wadow, ampon.. cukup sekali trauma clodi import anakku brodol (12 biji bok!!).. imse vimse bahannya tergolong yg banyak aturan buat cuci.. seperti layaknya clodi import. Nah, TP yg ini andalan buat bobok malam, jadi disayang2 makenya pas malam aja :)

total ada 10 or 12 TP, sisanya satu lusin celdam, yang tiap hari pasti kepake juga.. karena TP nya ludes diompolin hehehe.. atau klo TP ga kering karena hujan hohoho

gitu deh.. motivasiku lebih ke menghemat pengeluaran sih, selain ngarep anakku segera lulus TT hehehe :)

oiya, klo ada yg tau yg jual TP imse vimse ready stock, info ya.. pengen nambah lagi 1 or 2.. huhuhu..

5

Topic: Training Pants

waahhh Justina lengkap juga reviewnya..btw sama aku jg sempat pakein TP Radit yg imse vimse,tebel jadinya gak gampang banjir..tp ya itu kok lama2 aku pikir radit jadi ke-enakan jadi rada gak aware klo dah basah...jadi si imse vimse ini dipake klo pas lagi jalan2 aja..
klo sehari-hari dirumah sih radit pake TP yg tipis (unbranded)..basah sih basah la ya..tp mayan klo cuman sekali-dua kali pipis gak lgsg bleber ke mana-mana tp si celana dan sekitarnya tetep basah n bikin si anak gak betah,tp krn kebetulan TP yg ini cuman punya sekitar 5 krn belinya iseng2 doang selebihnya aku pake celana hadiah dari baby happy yg warna-warni--juz like eka said-- tp biar gak bocor2 amat,aku akalin pake insert tambahan dari bahan handuk tp lebih tipis trus lapisan atasnya aku kasih kain yg stay dry biar gak bikin lecet...and TT goes on...blm menunjukan hasil yg memuaskan sih..kecuali buat pup krn lebih gampang liat tanda2nya...

MamaSmurfyangselalurianggembira ^_^Y IG : @nika.susanti

6

Topic: Training Pants

thalia wrote:

- training pants, karena tebel, malah jadi susah buat si anak belajar buka celana sendiri (apa lagi buat cewek ya, yang kalo pipis mesti buka celana). pas dipakein celdam biasa, aina malah belajar buka dan pake celana sendiri... jadi lbh lancar TT-nya. tapi mungkin buat cowok, yang tinggal ngeluarin burungnya dari slot pipit itu, ga gitu ngaruh kali ya? .


otty..terima kasih sudah buka thread ini, pas banget waktu itu aku juga sedang berencana untuk mengajar ilyasa TT

Thalia, sLesTa, gabriella..terima kasih untuk ulasannya tentang celana dalam.

Sebenarnya dari dulu aku juga tertarik untuk beli training pants ini, tapi aku masih maju mundur karena harganya yang menurutku mahal dan waktu pemakaiannya yang sepertinya tidak lama. Dan setelah membaca review para mamas, akhirnya aku mantap membeli celana dalam untuk ilyasa. Aku beli yang murmer di hypermart, satu paket harganya 30 ribuan dan isinya ada 3 biji. Kemarin Aku langsung beli sekitar 20an biji.

Aku baru mulai TT ilyasa seminggu kemarin, walaupun masih kadang kecelakaan, yang kuperhatikan dari efeknya memakai celana dalam ini antara lain
[list=*]
  • Walaupun pipisnya yang tumpah juga banyak, tapi alhamdulillah tidak pernah sampai membuat Ilyasa terpeleset. Dugaanku karena di umurnya yang ke 2 yr ini dia sudah mengerti kalau air yang berceceran di lantai itu bahaya, bisa bikin dia terpeleset, jadi dia sudah bisa pergi menghindar.[/*]
  • Kalau dia pipis di celana dan aku sedang tidak ada di dekatnya, dia sudah bisa buka celana luar dan celana dalamnya sendiri. Malah kadang kalau bajunya ikut basah, dia buka juga bajunya..kemampuan barunya ini bener2 membuatku surprise

    Akhirnya, ga nyesel deh beli celana dalam..horayyy :)[/*]

  • 7

    Topic: Training Pants

    @indiriani: wow thanks sharingnya, jd makin yakin buat beliin celdam buat naldi (25m). Mudah2an berhasil ni toilet trainingnya *cross finger*

    naldi's mama, abank's wife and an employee

    8

    Topic: Training Pants

    trias.kelly..wah, anak kita seumuran yah. Ilyasaku 25,5 months. Iya, smg naldi juga cepat lulus toilet trainingnya ya. Dan utamanya, celana dalam ini bisa tetap dipake setelah anak kita lulus TT :)

    9

    Topic: Training Pants

    kalo pengalaman aku..
    1. yg merk nissen itu ukurannya gede banget.. jadi malah bocor samping kemana2 kalo dipake anakku, tapi secara penampakan dia sangat menyerupai celdam..
    2. yg disney itu, pas sih, dan sementara itu jadi juara TP buat anakku, cukup buat nampung 1 kali pipis.. dan begitu udah dipipisin dia pasti resah sendiri karna basah.. tapi lantai & kasur sedikit selamat dari banjir ompol..
    3. kombinasi antara celdam trus didobel sama celana waterproof beli di M*TH*RC*R*, yang ini juga lumayan berhasil sih..

    so far belom berani untuk bener2 pake celdam.. dan kalo pergi keluar & waktu tidur (nap or night) masih pake dispo.. hopefully soon..

    10

    Topic: Training Pants

    Akhirnya TP di rumah betul2 pensiun... dipake sekitar 6 bulan lah... sekarang tidur pun si Albert udah gak mau pake TP... pokoknya dia bilang Albert sudah besar, tidak mau pakai celana handuk... hahaha...
    Ke mana2 sekarang pakai celdam... tidur pun pakai celdam...

    "Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
    –Elmer and the Rainbow

    11

    Topic: Training Pants

    phoenix wrote:
    kalo pengalaman aku..
    1. yg merk nissen itu ukurannya gede banget.. jadi malah bocor samping kemana2 kalo dipake anakku, tapi secara penampakan dia sangat menyerupai celdam..


    Setuju :)
    Aku pake trainingpants Nissen juga, yang 6 layer. Belinya waktu mau ultah pertama. Maksudnya mo mulai dikenalin sama "basah", soalnya sebelumnya fullydispo. Tapi ternyata belinya kegedean, dan kayanya kalo bagian pinggangnya pas, tetep secara lingkar paha kegedean juga, dan lebih rawan bocor samping.

    Akhirnya ga kepake juga, sampe pas 2 tahun 1 bulan (seinget aku) mulai toilet training. Untuk dipakein pas malem aja.
    Meskipun 6 layer, kalo kena basahan, Raikhal sih tetep ngerasa ga nyaman. Jadi ga yang nyerep-nyerep banget.
    Bagian dalemnya kan kaya dari handuk gitu ya, itu kalo menurutku cukup halus, dan awet ga brudul benangnya.

    Lina

    12

    Topic: Training Pants

    Aha, ketemu thread ini :D

    Ixia sekarang mau 15 bulan, udah beberapa hari ini waktu siang kucoba pakein TP, beli punya nissen 125rb/4pcs, total udah 4x coba kecolongan terus nih, misalnya pas diriku lagi ga dikamar bareng ixia, hahaha pas dilihat udah "accident" duluan :P

    Tapi kadang memang diriku yang masih belum konsisten sih, maksudnya mau dikenalin dulu celana lain selain pospak dan clodi. Kalau malam ixia full pospak dari tidur sampe bangun, kalau siang sampai sore full clodi. Tapi review kebanyakan lebih mendingan pake celdam aja ya?

    ...Ixia Maira Naobie...
    My Twitter
    My Facebook
    My Instagram

    13

    Topic: Training Pants

    waaa senangnya ada thread ini .. pas banget emang lagi kepikiran mau beli training pants .. tp kayaknya skr jadi mikir-mikir lagi .. takut ga kepake..

    anakku skr 15bulan kl d rmh pake celana dalem aja sih .. cloth diaper cm dipake pas tidur n pergi-pergi. N dia udah biasa dibawa pipis ke kamar mandi .. cm kadang-kadang kl kita lagi lupa bawa dia ke kamar mandi suka 'accident' deh

    Love ur parents. We are so busy growing up. We often forget they are also growing old.

    14

    Topic: Training Pants

    kalau pengalamanku, Hazel (14 bulan) dari lahir emang jarang pakai pospak. Pakai celana pop plus aku lapisin kain segiempat yang dilipat memanjang (lebih mirip tampon kali ya). Umur 6 bulan dah mulai di tatur pipis. Emang butuh konsistensi kita sering2 bawa ke toilet. Berhubung dirumah cuma b2 ma suami n ga da pembantu *rada cape juga nyuci2* jadi coba pakai BNK Pull up pants dengan catatan tetep rajin rajin bawa ke toilet.

    Oia, menurutku training pants yang paling manjur memang pake celdam/celana sajaahh + konsistensi kita.. ;))

    @emaknyahazel

    15

    Topic: Training Pants

    Aku beli training pants pas musim gugur tahun lalu utk nyoba TT sblm winter (krn pas summer ngga keburu, ribet pulang kampung). Ada dua yg udah dicoba, Happy Heiny's dan Superundies. Adik ipar jg ngasih 4 biji Nissen tp size-nya lbh besar jd masih longgar. Ternyata begitu mau mulai TT dan baca buku referensi, metodenya ngga saranin pakai TP, langsung celdam aja. Nyengir deh... Untung dua2nya dibeli dgn harga diskon.

    Berhubung thread-nya ttg training pants, dan kami udah trial HH dan Superundies, jadi inilah sedikit reviewnya:
    [list=*]

  • HH: modelnya pocket, jd bisa stuffing insert (dibeli terpisah). Inner dr fleece (ini yg aku ngga ngerti, bukannya hrsnya ngga stay dry spy anak merasa basah ya? cmiiw). Modelnya gembung di bagian depan dan belakang. Kl dipakai si kecil, aku kasih satu insert microfiber, bs nampung pipis sekali. So far ngga bleber keluar.[/*]
  • Superundies: snapnya bukan di samping melainkan agak ke belakang. Bagian inner bukan bahan stay dry. Modelnya jg pocket dan di inner udah ada lapisan soaker tipis dr microfiber. Nampung lah satu kali accident pipis. Modelnya lebih rapi, ngga gembung2.[/*]


    Dari kedua itu, aku lbh suka yg Superundies. Kl yg Nissen, blm bisa review. Pernah sih dipakai, tp berhubung kegedean ya ngocor aja gitu... :) Dipinjemin ama temen, satu Bambino Mio. Tp idem, msh kegedean, blm dicobain. Anakku langsing sih. Size TP HH dan Superundies aja ambil yg paling kecil.

  • 16

    Topic: Training Pants

    utang review Bumwear TP :)

    ukurannya M, ternyata sedikit kesempitan buat Rara (mau dilempar ke flea bentar lagi), baru dipake 5 kali, habis itu pensiun.
    Aku dapet covernya aja tanpa insert, kalau inner dari fleece, sepertinya sama tuh kayak HH yang dimention mba puspita jewel.
    diisi insert microfiber mantap. jadi malah ga jadi TP..Hehehe..

    Sekian.

    17

    Topic: Training Pants

    Wah, beneran deh tum adalah ensiklopedinya para ibu, semoga gak berlebihan. Baru mau nyari besok eh nemu bahasan ini. Jaman si sulung pake celdam sih. Nah, adiknya ini karena ngikut kakaknya berkegiatan kemana mana jadi saya pikir butuh macam training pant. Nggak jadi aja beli, pake dispo yang pull up saja seperti kaknya dulu. Tips ni buat yang mau tatur bayinya, jadi kalau mau masuk gedung apapun radar kita nyari toilet begitu "mau pipis, bu.." lari deh gak perlu bertanya toilet sebelah mana. Dulu sih berhasil, dan sampai sekarang pun kalau emergensi numpang pipis di spbu...sama konsistensinya mom. *maaf keun kalau oot kemana mana, masih berhubungan kaaan*

    hari ini adalah hari baik

    18

    Topic: Training Pants

    Kalau aku punya training pants dan celdam. both works well. enaknya pake training pants seperti yg sudah dibilang mama-mama lain, pipisnya gak beleberan kemana-mana (selama ukuran pas). kalau lg pake celdam terus accident, ya gitu deh bleberan. not much tapi emang licin ya.

    kalau tidur (siang n malam), ganti pake modern clodi. sekali waktu lupa ganti, untungnya pake training pants, as ngompol, selamat deh kasur.

    Cloth diaper for my El, cloth menspad for myself, what will be for my husband??? Using with love and passion about the Earth.

    19

    Topic: Training Pants

    Hi moms..salam kenal...baru kenal TUM sktr 3 hari yang lalu (*telat banget ya). Anakku ntar mei udah umur 3 thn...kalo pagi - sore udah pake CD dari dia umur kurang dr 2 thn.Masalahnya kalo malem selalu pake pospak MMPK yg XXL...mau ngelepas pospak mamanya yg ragu2 :)
    Padahal pake pospak nya menjelang dia tidur sekitar jam 9 malam & sebelumnya udah diajak pipis dulu ke toilet.
    Nah skrg mamanya mulai mikir penghematan nih,secara lg hamil 4 bln...enaknya kalo malem pake TP aja ato gimana ya ?kalo tiba2 lepas pospak masih ragu nih. Kadang pospaknya kalo pagi ga terlalu penuh sih,tergantung juga ama minumnya...

    20

    Topic: Training Pants

    Sebenarnya lagi tergoda juga buat beli training pants (biasa....emak tergoda model yang lucu-lucu :p ). Tapi setelah nyimak thread ini, jadi berpikir ulang. Alin sejauh ini belum pakai celdam ataupun TP untuk sehari-hari, jadi langsung celana biasa aja. Dia pakai clodi kalau bobo siang dan pakai pampers kalau bobo malam. Pakai celdam biasanya kalau pergi-pergi aja, buat bungkus pampers-nya (kalau pas dia pake baju yang modelnya rok gitu).

    Hmm....sepertinya bunda akan perbanyak koleksi celdam aja deh, dan mulai biasain Alin pakai celdam setiap hari :)

    -- alin's partner in crime --

    21

    Topic: Training Pants

    ikutan sharing yah, Rossi (2y4m) punya TP cuma 3 biji, made in China semua;
    - yang pertama warna abu2 polos, di bagian belakang ada tulisan I will go apaa gitu, ga inget :) di labelnya sih tertulis merk Good Bear, ini dikasih ama kakakku menjelang ultah Rossi ke 2. pas dicobain masih kedombrongan jadi ga dipake lagi, anaknya juga masih full clodi, aku aja yang kurang konsisten karena baru punya baby hihi.. Nah setelah ultah yang ke-2, mulai kenceng lagi TT-nya, dan pas dipake udah muat tuh. Bagian paha ngepas banget, Rossi agak susah pakai-lepas sendiri, lapisan handuknya tebal tapi gak bulky. Pernah suatu saat lupa ganti clodi pas mau bobok, masih pake TP ini, dan ngompol, pas aku cek ternyata gak rembes ke kasur lho, basahnya cuma di TP dan celana luar sedikit lembab.

    - 2 TP lagi gak jelas merk apa, yang ada gambar Anpanman-nya itu lho. Kalo yang ini tipis, mungkin kalo dipipisin langsung bocor, belum pernah accident soalnya.

    Dari segelintir TP yang dimiliki, kok ga ada keinginan nambah lagi ya? hehe.. anaknya malah ngefans ama celdam Kungfu Panda :D jadi tetep lebih banyak stok celdam.

    22

    Topic: Training Pants

    cuma kepikiran.... kalo pake clodi pocketnya aja, alias gak pake insert, bisa gak ya alih fungsi jadi TP? sayang punya clodi banyak.

    farahbun= farah + bunda. together we'll be, to infinity and beyond..

    23

    Topic: Training Pants

    Wahh telat banget deh masuk thread ini...
    El udah 20 bln dan masih pake clodi di rumah/dispo pas pergi2...
    Kalo untuk TT, ada ngaruhnya ngga buat anak yang belum lancar ngomong?
    So far dia ngerti sih kalo disuruh jadi rada bingung juga gimana TT-nya...
    Kayanya pgn nyobain beli beberapa TP dan celdam aja ya sekalian...

    Reborn since El was born
    @inicrey

    24

    Topic: Training Pants

    walah...aq telat taunya thread ini. bln lalu beli TP merk Bear Box, 1set isi 2pcs,60rb/set. tdnya beli krn penasaran aja. 2minggu lalu beli lg 2 set merk Bear Box dan Catassy. make TPnya gantian dg cln pop+alas ompol+popok tali. mnrtku, 2merk ini ga terlalu berbeda,krg lbh aja. klo yg BearBox, lingkar pahanya agak lbh besar,jd kdg2 klo pipis, ya pipisnya keluar aja gitu (tergantung posisi anakku). sdgk yg catassy, lingkar pahanya mlh tll sempit untuk anakku, jd berbekas merah bgt di pahanya. ini dg catatan : ukuran TPnya sama yah.. (anakku pk 80)
    tnyt si TP ini klo dipake pss tidur, mlh lbh parah drpd cln pop+AO, alias pipisnya meluber lbh luas kemana2.

    Garnetzhia and Ametysha are my little angels

    25

    Topic: Training Pants

    moms, bertanya dunk, emang TT diajarkan sejak bayi/anak umur brp sih? di beberapa penjual TP online, kok sdh dijual TP buat bayi umur 4 bulan ya? apa iya umur segitu sdh bisa diajarin TT?

    uminya Rafisqy Raefal