1

Topic: Vaginismus

Salam kenal semuanya..
Alhamdulillah nemu forum ini.. Hiksss
Luar biasa perjuangan mbak2 dan ibu2 sekalian...
Ternyata banyak yg bernasib sama dg saya..
I am not alone.. Hiks..

Setelah baca2 share2 dan saran2 nya, saya coba praktekkan beberapa menit lalu..
Saya coba dg memasukkan kelingking dg diberi lubricant..
Bisa masuk tapi hanya sebagian, pas gak tahan sakit langsung saya tarik keluar..
Eh ternyata ada bercak darah di jari saya..

Apakah normal seperti itu?
Adakah teman2 disini yg punya pengalaman serupa?
Darah itu apakah selaput dara yang robek atau mungkin vagina saya lecet kena ujung jari ya?

Begitu lihat darah tadi saya langsung pusing dan ingin muntah..
Serasa mau pingsan.. :(

Mohon pencerahannya..

Terimakasih sebelumnya..

2

Topic: Vaginismus

sudah pernah beberapa kali mba..
sudah konsultasi ke banyak dokter, dari dokter singapore sampai dokter di usa ( waktu itu saya tinggal di usa).
dan akhirnya dokter di usa check darah saja ca-125.
Saya pernah coba minta dibius saja pada saat di pap smear tapi dokternya tidak mau, dan akhirnya ada satu dokter china yang mau ( sekarang sudah ditutup karena illegal), dan dokter china tersebut tidak memberikan keterangan apa apa mengenai hasil test pap smear saya, beliau hanya mengatakan bahwa walaupun saya sudah di bius tetap saja padasaat saya hendak di pap smear saya masih menendang nendang :(. apakah ada teman teman vaginismus yang kesulitan juga untuk pap smear?

mohon bantuannya....

3

Topic: Vaginismus

hafidza,
apakah kuku jari kelingking tajam? kalau kukunya pendek, mungkin itu bukan karena jari kelingking ya.. Jika belum pernah IC kemungkinan memang selaput dara yang belum robek sempurna.

janey
baru cobain papsmear setelah melahirkan jadi sudah lebih lancar. Tapi dulu waktu hamil dan mau melahirkan rasanya periksa pembukaan itu lebih sakit drpd pas melahirkan bayi. Tiap suster periksa pembukaan itu saya marah-marah. Kontraksi saja tidak terasa sakit, tapi periksa pembukaan itu rasanya lebih bikin emosi. Justru saat melahirkan saya bisa rileks, dan gak terasa sakit yang hebat. Hanya ada rasa mules seperti orang kena diare.

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

4

Topic: Vaginismus

Bunda Kira Kara, berarti kalo kita coba latihan IC pake teknik dillating jari itu bisa bikin selaput dara robek ya bun?
Sebelum nyoba tadi saya potong kuku dulu sih, jadi mestinya nggak tajam n dikasih pelumas juga..

5

Topic: Vaginismus

dear ibu hafidza,

saya sudah coba bu, tapi dokter saja tidak bisa melakukannya, seperti mentok begitu, seperti ada dindingnya...saya sudah coba beberapa kali, malah kata dokternya alatnya ini yang paling kecil, tapi tidak bisa masuk bu..saya tidak tahu lagi harus apa, bingung, sedih..saya saat ini sedang mencari dokter kandungan yang mau membius saya hanya untuk pap smear dan check semua kandungan saya. HIks..

pernah saya ke dokter kandungan yang ada di kelapa gading dan dokter tersebut menganjurkan saya operasi miss v karena lubangnya terlalu kecil, katanya hymen saya terlalu tebal sehingga tidak bisa ditembus..waktu saya mau menjalankan operasi, suami saya bilang tidak usah, karena dia tidak menginginkan saya sakit, biarlah seperti ini saja.

pernah ke dokter singapore, beliau menganjurkan syarat syaraf miss v saya di botox supaya lebih relax. tapi tidak juga bisa. Saya sudah menghabiskan banyak uang untuk ini, saya putus asa.

apakah ada ibu ibu yang kenal dengan dokter yang baik yang mau mengerti keadaan saya dan mau pap smear saya dalam keadaan saya tidak sadar.

saya juga sudah melakukan konsultasi,konseling, phisologi dll semua sudah saya lakukan, tapi rasa takut dan tidak suka sex itu membuat saya gagal dan gagal lagi. Dulu waktu kecil saya pernah hampir diperkosa ( sexual abused ) beberapa kali, itu yang membuat saya menjadi takut dan tidak suka sex bu.

mohon masukannya yah ibu ibu..apabila ada kenal dokter yang baik dan bisa membantu saya dalam hal ini.

terima kasih sebelumnya.







hafidza wrote:
Bu Janey, saya pernah pap smear.. Waktu itu sering nyeri perut setelah operasi usus buntu, oleh dokter bedah disuruh ke obgyn..

Saya waktu itu masih nggak ngerti apa itu pap smear dan gak bilang juga ke obgynnya kalo saya belum pernah IC sama suami.. Taunya belakangan kalo ternyata pemeriksaan yg saya lakukan itu papsmear. Saya tinggal di Jepang, dan obgyn nya nggak lancar bahasa Inggris juga, jadi mungkin dia njelasin tapi saya yg kurang paham..

Nggak usah takut kalo mau papsmear, nggak seserem yg dibayangkan kok..
Waktu saya periksa itu saat dimasukin alatnya nggak sakit, cuman agak kaget n terasa aneh aja saking belum pernah IC..

Hmm kira2 ada efeknya nggak ya kalo saya papsmear padahal masih perawan?
Apa itu artinya selaput dara saya udah robek ya?

6

Topic: Vaginismus

Halo bunda2 semua lama saya ga nongol...
Sekarang saya udah berhasil hamil 20 weeks baby kembar sesudah muter muter nyari dokter yg bisa inseminasi pake bius...kebetulan masalahku bukan cuma vaginismus tp jg sel telur kecil2...sebelum inseminasi saya udah hipnoterapi dan bs ic tp belum sempurna.dan karena umur yg nambah terus saya putuskan insem dlu baru lanjut hipno nya...bunda2 yg lain jgn menyerah ya buat sembuh dari vaginismus n pny keturunan jg..

7

Topic: Vaginismus

Bu Janey... :(
Hikss.. Saya ikut sedih banget baca cerita ibu.. :( Pingin bantuin tapi bingung juga.. Saya nggak punya kenalan maupun rekomendasi dokter untuk disarankan.. Maaf :(

Saya hanya bisa bantu berdoa pada Allah.. Semoga dimudahkan segala usaha bu Janey dan suami.. Semoga keluarga ibu selalu dalam lindunganNya..

Saya sampai sekarang belum bisa IC, padahal udah ingiiin sekali punya anak..

Tapi alhamdulillah walaupun progressnya lambat, setiap ada kemajuan walaupun sedikit dalam hubungan kami, suami sangat mengapresiasi dan terus menyemangati.. Saya pun terus menerus mensugesti diri dan berpikir positif..

Membaca sharing ibu2 di forum ini juga sangat meningkatkan rasa percaya diri saya.. Terimakasih banyak ibu2 atas sharing pengalaman dan infonya..

Mohon doakan kami ya.. saya, bu Janey, dan ibu2 lainnya yg sedang berusaha sembuh dari vaginismus.. Semoga kami segera lulus! ~^^/

8

Topic: Vaginismus

hai mama Janey,
*hug* saya pun ikut sedih baca ceritanya. Apakah mama sudah pernah mencoba untuk hypnotherapi? Sekarang sudah ketemu masalah vaginismusnya berasal dari rasa trauma. Sependek pengetahuan saya, yang harus disembuhkan adalah traumanya dulu. Selama kita belum mampu menerima masa lalu kita, maka tubuh kita pun akan secara otomatis menolak.
Saran saya, coba konsultasi ke hypnotherapis, dan lakukan rangkaian hypnotherapi untuk trauma dan vaginismus. Semoga segera bisa menemukan titik terang ya mama...
Our biggest support goes to you, mama! :)

cynthlee
woow.. ikutan seneng baca kabarnya. Kembar oeey.. Welcome to twin club! aseeekk.. nambah lagi nih.. Masuk ke thread-thread tentang si kembar yuuuk! Biar bisa update perkembangan si kembar. Semoga setelah melahirkan, vaginismus pun ikut berkurang ya!

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

9

Topic: Vaginismus

mama janey,
hugs... aku jadi sedih juga bacanya...
mungkin aku ga bisa bantu karena tidak mengalami... tapi selalu support dan ngasih semangat supaya mama janey ngga putus asa. semangat yaa mama janey :)
semoga luka batinnya bisa sembuh. pelan tapi pasti. sabar yaa... peluk kenceng.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

10

Topic: Vaginismus

mama janey,

sama kayak mama-mama yang lain, saya nggak mengalami sendiri tapi I'm sending you all the spirit and support.

Setuju dengan hipnoterapi untuk menyembuhkan trauma. Saya dulu juga hipnoterapi untuk bisa hypnobirth sekalian menghapus beberapa sugesti buruk yang saya rasa bisa mempengaruhi kelahiran bahkan kehidupan pernikahan saya. Saya dibantu di Kelas Bunda oleh hypnotherapist-nya namanya Mba Marchie. Beliau seorang doula juga, dan memang sering membantu pasangan yang ingin memiliki anak. Kalau mama janey tertarik bisa PM saya untuk kontaknya, atau googling sepertinya juga bisa.

Tetap semangat yah mama, kami di sini selalu dukung mama :*

11

Topic: Vaginismus

Seneng bgt bs nemu forum ini.. trnyata im not alone.. pertama tau kena vaginismus.. bener2 stress sedih.. mau crt sm siapa juga bingung. Secara temen2 gak ad yg mengalami.. tp setelah baca2 forum dsni makin semangat buat sembuh dr vaginismus.. makasih buat bunda2 yg udh berhasil sembuh n mau sharing.. sangat menginspirasi sekali.. smga saya jg bs segera sembuh dr vaginismus

12

Topic: Vaginismus

Bunda janey..

tetap semangat ya.. u are not alone.. mgkn bun janey bs coba ke hinoterapi untuk menghilangkan trauma nya.. saya juga rencana mau carihipnoterapi.. smga bs segera tersembuhkan

13

Topic: Vaginismus

Dear all mom ( Hafidza, Cynthlee, kira kara, ninit, qisthi, ismaya)..

Terima kasih atas concern dan saya sambut hugs dari moms yang begitu baik hati.
I'm not alone. Thanks for all the support. Sampai terharu ternyata walo di dunia maya, saya bisa merasakan kehangatan dan rasa persaudaraan dari kalian.

Hypnotherapy sudah pernah saya coba waktu di state, and it didnt help. as i said, saya udah coba banyak alternatif, mungkin saya harus menerima keadaan saya. Dokter yang pap smear saya aja 1 tahun yl mengatakan walau saya sudah dibius saya masih menendang nendang ketika benda itu dimasukkan ke v saya :) untung muka dokternya tidak ketendang waktu itu.. :)

Btw untuk mom yang lain, keep trying, you are not alone. i love y'all

love and hugs,
janey

14

Topic: Vaginismus

Halo bunda,
saya baru menikah satu bulan, saya masih ragu apakah saya vaginisus atau tidak. Berikut keadaan saya :
1. Sebelum menikah saya mendapat info kalo malam pertama sakit banget. Dan katanya selama satu minggu masih terasa ada yang mengganjal di vagina. Itu info beberapa waktu sebelum saya menikah.
2. Saat menikah saya dalam kondisi haid, jadi baru mencoba berhubungan setelah habis masa haid.
3 waktu mencoba berhubungan, saat penetrasi mulut vagina saya terasa perih. Itu belum semua masuk, saya langsung meminta suami untuk tidak melakukan malam itu.
4. Malam brikutnya saya dan suami coba lagi. Tapi pas di mulut vagina serasa mau nembus tembok, trus paha saya refleks menekan tubuh suami sehingga suami ga bisa gerak. Dan Sangat sakit. Itu terjadi sampai hari ini.
Pertanyaanya,
1. Apakah saya mengalami vaginismus?
2. Ke dokter spesialis apa dan dimana jika mengalaminya? Mohon info di wilayah bandung ya bunda.

15

Topic: Vaginismus

Dear bunda nisyara

bantu jawab ya bun.. sepertinya dari gejalanya sih memang vaginismus. Krn saya juga merasakan hal yg sama persis bun.. klo buat info lbh jelas sih bun nisyara bs baca share pengalaman bunda2 lain dr page 1..

16

Topic: Vaginismus

Buat bunda yang vaginismus dan udah konsultasi ke dokter kandungan, ada resep dokter buat ngilangin rasa sakit, mau gel ataupun obat. Minta resepnya, soalnya barusan saya konsultasi ke dokter kandungan dia malah bilang ga da apa2 normal semuanya. Khan kalo yang vaginismus emang normal semuanya. Saya skr cuma mau deflorasi aja dulu. Mohon infonya bunda.

17

Topic: Vaginismus

Bunda nisyara
Coba pake KY gell bun, ada dijual d apotik2 kok. Dulu dokterku pernah kasih resep itu. Waktu itu lumayan dari ga bs ic sm skali jd bs ic meskipun cm setengah. Smoga membantu ya

18

Topic: Vaginismus

Maksih infonya... nanti saya coba...

19

Topic: Vaginismus

Saya juga penderita vaginismus..sudah merit slama 6 bln tapi blum bisa ic sempurna..masuk tapi hny smp pintu vagina aja kyknya..pernah coba dilating pke jari pke pelumas juga tapi mentok kyk ada tembok yg sakit rasanya klo ditembus..itu krn otot vaginanya nutup x ya..klo pemeriksaan dalam juga gak bisa..usg transvaginal juga gk bisa krn ud takut sakit bgt..huhu..btw ada yg pernah coba dgn krim anestesi topikal gitu gk ya ?

20

Topic: Vaginismus

cynthlee wrote:
Halo bunda2 semua lama saya ga nongol...
Sekarang saya udah berhasil hamil 20 weeks baby kembar sesudah muter muter nyari dokter yg bisa inseminasi pake bius...kebetulan masalahku bukan cuma vaginismus tp jg sel telur kecil2...sebelum inseminasi saya udah hipnoterapi dan bs ic tp belum sempurna.dan karena umur yg nambah terus saya putuskan insem dlu baru lanjut hipno nya...bunda2 yg lain jgn menyerah ya buat sembuh dari vaginismus n pny keturunan jg..



Alo boleh tahu kah insem dimana yg boleh bius ?

21

Topic: Vaginismus

cynthlee wrote:
Bunda nisyara
Coba pake KY gell bun, ada dijual d apotik2 kok. Dulu dokterku pernah kasih resep itu. Waktu itu lumayan dari ga bs ic sm skali jd bs ic meskipun cm setengah. Smoga membantu ya



Kalo boleh tau merk gell nya apa bun Cynthlee?
Sejenis pelumas/ lubricant gitu yah?

Selamat ya buat kehamilannya ^^/
Semoga lancar, sehat, selamat hingga persalinan nanti.. Aamiin..

22

Topic: Vaginismus

Ya ampuun saya gak teliti baca.. Merek nya "KY" ya?
Saat pertama baca saya kira KY itu singkatan "kayak".. Hehe.. Maapkeun..
Ntar cari ah di apotek ^^

23

Topic: Vaginismus

@bunda lisapaulina
Banyak kok rs dan dokter yg bs bun,asal blg dari awal klo ada kendala vaginismus dan memang jelas2 udh coba segala cara, dokternya pasti mau bantu.
@ bunda hafidza
Iya bun, nama lubricant nya KY gell
Kata dokter ku itu yg paling aman dan ga mengganggu sperma
Smoga membantu ya bun

24

Topic: Vaginismus

cynthlee wrote:
@bunda lisapaulina
Banyak kok rs dan dokter yg bs bun,asal blg dari awal klo ada kendala vaginismus dan memang jelas2 udh coba segala cara, dokternya pasti mau bantu.
@ bunda hafidza
Iya bun, nama lubricant nya KY gell
Kata dokter ku itu yg paling aman dan ga mengganggu sperma
Smoga membantu ya bun



@cynthlee Bisa info dokter nya n dimana ? Klo bs yg di jkt..tq y atas bantuannya..

Udh desperate nih gk bisa ML..kasian suami jg n udh ditanya org2 kok blm isi..hadehh..kudu sabar

25

Topic: Vaginismus

@lisapaulina
Klo d jakarta yg aku tau di RS medistra...coba aja konsul sm dokter kandungan d sana dan ceritain klo bunda udh pengen bgt buat hamil tp terkendala vaginismus