1

Topic: Investasi Emas

dyaharini wrote:
Setelah baca thread ini, jadi makin mantap mo investasi emas *tampak telat huhuhu...
Mo nanya, klo bank yang ada fasilitas SDB yang buka wiken ada ga sih?
Soalnya ribet juga klo mo naruh/ngambil harus pake cuti dulu.
eh ini OOT ga? ga kan? kan SDB nya buat nyimpen emas ceritanya.
*hayah, maksa. ;p


klo di bank mandiri jkt plaza mandiri (sblh komdak) ga bisa mba, krn biaya sdb itu lsg dipotong dr rekening kita, jd ngikutin office hour bank tsb.
(soalx aq buka dsitu :) )
tp klo buat nyimpen/naro/nambah org yg bisa buka sdb, bisa pas wiken krn dy buka..info lbh lnjt, sila buka
http://www.bankmandiri.co.id/article/680323188111.asp

Tidak ada pekerjaan yang lebih mulia di muka bumi ini daripada memelihara, menumbuhkan, dan membesarkan keluarga yang baik. -MarioTeguh-

2

Topic: Investasi Emas

ayaoka, jadi klo mo daftar untuk pembukaan awal SDB harus office hour, tapi klo misal mo ngambil/nyimpen barang di SDB bisa pas wiken? bener kan maksudnya gitu?
makasih ya link nya.

@dyaharini

3

Topic: Investasi Emas

Riri,
Ntu udah dijawab jeng Aqeela yah..hehe :P

4

Topic: Investasi Emas

mau laporan, ahirnya udah nyoba beli LM lgsg di antam pulogadung. ternyata lumayan gampang jg koq, ngga seribet yg dibayangin.
begitu dateng ambil nomor antrian utk loket transaksi retail & tunggu sampe nomornya dipanggil. di loket transaksi retail sebutin ukuran brp yg mau dibeli & jumlahnya, stl itu akan dihitung total biaya yg harus dibayar (berdasarkan harga per gram yg tcantum di web antam. no tax. no additional fees). stl dikasi tau ttl harganya, akan dikasi nomor antrian kasir utk bayar. sistem pembayaran bisa cash (max 50jt), debit, atau transfer, tp kalo tranfer lbh ribet jd mending cash ato debit aja. btw, ATM yg tersedia cuma Mandiri. stl bayar, cari loket pengambilan yg kosong & kasih bukti pembayaran utk disiapin LMnya. selesai deh! :)
ohya, kalo mau ke sana mending dtg pagi sekalian soalnya stoknya cepet abis, terutama yg ukuran sedang (5-10gr).

tisa,
iya, udah dicatet juga :)

5

Topic: Investasi Emas

tisa,
Maaf ya mbak nyamber *malu.com*

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu

6

Topic: Investasi Emas

Mamas.. ada yang pernah beli LM lewat goldgram[dot]co[dot]id??

salah satu investasi jangka panjang aku dan suami juga di LM, awalnya beli di toko mas ibu kota cikini, rutin tiap bulan gitu. Terus disimpan di SDB mandiri. setelah setahun, kita beli brankas yang agak besar dan berattt banget buat simpan LM dan dokumen2 penting. Nah sekarang pembelian kita lakukan lewat goldgram[dot]co[dot]id. Sertifikat kita cetak saat udah terkumpul 100 gram, karena kalau di bawah 100 gram kena biaya pencentakan. Sebelum 100 gram itu ya cuma kaya ada account berapa gram jumlah LM kita.

Gimana menurut mamas tentang website itu ya??

Vania : Nata & Arsa's mom
http://vaniasatriadi.com @drVania

7

Topic: Investasi Emas

bunnia
Belum pernah...tp aku pernah beli LM di Toko Mas Ibu Kota Cikini. Klo liat website dan tokonya sih meyakinkan kooook :)

Aku ama suami dulu sempet pengen coba sih, tp ga jd soalnya kita akhirnya memutuskan utk invest rutin beli RD sementara LM hanya utk dana darurat...Jd baru beli LM nanti pas uangnya udah terkumpul (saat ini di-pool aja di tabungan).

8

Topic: Investasi Emas

bunnia,
maxudnya itu sertifikat di-issue sama si goldgram yah? tp itu LM antam? dpt sertifikat antam juga ngga?

sama kaya marina, skrg baru pake LM untuk balancing our investment portfolio aja. blm dipake utk 1 tujuan khusus. dan blm berani invest emas lewat web2 gitu.. ehm, kalo biaya admin-nya gimana ya Van?

9

Topic: Investasi Emas

moms, kl inves LM sm nggak dgn inves dinar dirham,,,perbedaannya apa y ? minta penjelasannya *msh bingung*

10

Topic: Investasi Emas

aufa Ini yang gue dapet dari berbagai sumber :)
LM: emas 24 karat, beratnya beda2
Dinar: emas 22 karat, beratnya 4.25 gram
Dirham: perak, berat 2.975 gram

yang selalu kangen sama si pipi gembil

11

Topic: Investasi Emas

aufa, coba nambahin ya ... prinsipnya sama seperti yang dibilang otty. LM beratnya macem2, ada yg gedhe bgt, dinar cm 4,25 gram, sedangkan dirham itu perak

sama-sama bagus kok 33-nya, tapi balik lagi ke kantong kita ...

kalau dana yg mw diinves mayan tebel, silakan pilih LM. makin besar beratnya, jatuh harganya lebih murah drpd beli yg gram-nya kecil. minusnya, kalo gedhe, dy jd g terlalu liquid. misal pengen jual ya mesti jual keseluruhan ...

dinar, karena dia berat n karatnya lebih kecil, harganya juga lebih terjangkau. jd bs jadi pilihan bwt kaum berkantong kecil. jadi misal ada dana dikit, daripada amblas mending langsung inves ke dinar. minusnya, dia ada tambahan biaya cetak n PPN ... jd sebenernya LM lebih murah.

dirham, lebih kecil lagi. paling liquid. sekarang malah banyak penjual yg mw dibayar pake dirham. bisa jadi pilihan invest bwt yg nominal uang tabungannya mepet. nanti setelah ngumpul banyak dy bs kok ditukar ke dinar, lumayan mudah.

mudah2an g salah ini jawabnya :)

less ego, more heart

12

Topic: Investasi Emas

Mamas, mau sharing yah abis dapet info nih tentang beli emas di Pegadaian..

Untuk program MULIA (kredit pemilikan emas), ternyata di beberapa unit Pegadaian bisa bayar lewat transfer bank, biasanya yang bisa adalah kantor cabang (bukan unit) di area kotamadya/kabupaten, karena dia sudah ada rekening giro. Tapi kalo transaksi MULIA-nya di unit kecil, karena dia ga bisa punya rekening giro, jadi ga bisa memakai pembayaran melalui transfer.

Trus di beberapa unit Pegadaian Syariah, kita juga bisa beli emas LM dengan harga sesuai harga publish LM day-to-day, secara cash, silahkan cek di kantor PS terdekat, kan ga perlu jauh2 beli ke LM tuh :)

Ada juga jasa penitipan emas, buat alternatif penyimpanan di SDB bank.
Biayanya untuk berat di bawah 100gram, 10.000 per bulan, sedangkan berat lebih dari 100gram biayanya progresif (semakin berat, biayanya nambah).

Sekian dulu infonya :)

a happy wife & mom always defines me best! :)
@mamaaltair

13

Topic: Investasi Emas

wah, lg pulkam, balik-balik sudah ada ttg thread ini, senang bisa belajar dari para moms disini.

Sebenarnya sjk 2 thn lalu aku jg mulai ngumpulin emas sedikit2, buat tambah2 biaya pendidikan anak krn rencananya asuransi pendidikannya baru mau dipakai waktu dia kuliah nanti. Tapi caranya masih tradisional banget *malu :P*
Biasanya sebulan aku menyisihkan 300 ribuan, terus dibeliin setahun sekali waktu aku pulang ke jawa. Lumayan juga, bisa dpt kurleb 15 gram setahunnya.

Tapi krn metodeku yg masih tradisional bgt, aku belinya yg perhiasan saja. Memang kalau emas yg perhiasan ada ongkos pembuatannya, makanya aku pilihnya yg ongkos pembuatannya murah. Kalau kata penjualnya sih yg ongkos pembuatannya murah yg ga diselep *duh, ga tahu bahasa bakunya*. Pokoknya yg ga dibikin mengkilap dan standart banget modelnya spt rantai untuk kalung/gelang, kalau cincin yg model polos, atau gelang2 model bangkok gitu. Memang masih ada biaya pembuatannya, tp ga segede potongannya kalau dibandingkan dg beli perhiasan yg modelnya keren2 dan mengkilap itu. Aku juga ga pernah pakai emas yg kubeli krn kalau rusak sedikit saja harganya bakalan jatuh sekali, selain juga krn aku tidak terlalu suka pakai perhiasan. Jadi habis beli langsung disimpan saja.

Tapi habis baca thread ini jadi tertarik buat beli yang LM. Tapi pastinya harus menyiapakan modal yg lumayan gede ya. Rencananya kalau untuk dana pendidikan anak ke-2 nanti, insyaAllah mau total invest ke LM saja, ga pakai asuransi pendidikan lagi. Salah satu pertimbangannya krn gampang beli/jualnya dan krn kewajiban menzakati emas jika sdh mencapai nishobnya, insyaAllah bisa lebih berguna untuk orang lain yg sdg membutuhkan.

Riri..makasih ya info ttg ANTAM-nya. Ternyata ANTAM yg di Pulo Gadung toh, kirain bisa sembarang kantor ANTAM di jakarta, soalnya di dkt Citos jaksel juga ada kantor ANTAM :)

jessti..trims juga untuk info beli emas di pegadaiannya.

marina..hi mbak *dadadada*..aku pernah tanya ttg SDB Bank BCA di Balikpapan bbrp bulan lalu, katanya lagi penuh semua heheh. Ternyata mandiri ada yg kosong ya. Pernah ngobrol2 juga dg orang, dia bilang kalau emas dr kalimantan (perhiasan) kalau di jual di Jawa kurang laku, lain dg emas dr palembang yg bakalan laku keras, krn kadarnya kali ya?

14

Topic: Investasi Emas

ngomong-ngomong harga LM di toko emas ama di logammulia.com ko lebih mahal di tokoemas ya? Bedanya 11ribu. Itu wajar apa gimana si,mamas? Mohon pencerahannya :)

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

15

Topic: Investasi Emas

indriani,
sama sama mba :)

nyanya,
IMO sih wajar koq. beli emas ke ANTAM kan jg ada ongkos transportnya, dan toko emasnya jg pasti ngambil margin keuntungan. tp biasanya sih bedanya ngga jauh2 bgt ya. yg perlu dicurigai itu kalo harganya jauuuh lebih murah..

16

Topic: Investasi Emas

Riri - iyayaaa kalo lebih murah kita harus curiga. Okay, thanks pencerahannya yaaaa :)

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

17

Topic: Investasi Emas

indriani budi utami wrote:

marina..hi mbak *dadadada*..aku pernah tanya ttg SDB Bank BCA di Balikpapan bbrp bulan lalu, katanya lagi penuh semua heheh. Ternyata mandiri ada yg kosong ya. Pernah ngobrol2 juga dg orang, dia bilang kalau emas dr kalimantan (perhiasan) kalau di jual di Jawa kurang laku, lain dg emas dr palembang yg bakalan laku keras, krn kadarnya kali ya?


Hi, Jeng...iiiih, lg pulkam yaaa...kapan dongs kita kopdar *maaf, mod...aku lgs push-up nih krn OOT*

Iya, di mandiri masih banyak yg kosong tp hanya yg size paling kecil...
Duh, aku ngga pernah nih beli emas perhiasan di Balikpapan sini...jd ngga tau....tp iya, mgkn krn kadarnya beda...

18

Topic: Investasi Emas

Riri, nyanya, klo murahnya jauuuuh, emang harus curiga, cuma klo lebih murah dikit, kayanya oke. Soalnya suami beli LM di toko mas di Cikini, selalu lebih murah dibanding di ANTAM. Soalnya kan sebenernya ga jelas toko mas nya beli LM nya kapan, kli aja belinya pas harga emas lagi turun. Kata suami sih, setiap beli LM di toko mas, penjualnya nelpon dulu, mungkin mastiin harga emas sekarang berapa, trus ya dijualnya turun2 dikit laah dari harga ANTAM. CMIIW ya.

@dyaharini

19

Topic: Investasi Emas

nyanya
11 ribu agak kemahalen deh.. biasanya cm selisih 1-2rb

cmiiw

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu

20

Topic: Investasi Emas

*menyimak sangat thread ini :p

kmrn br beli LM di pegadaian dgn sistem kredit soalnya.br tau kl tyt di BRI Syariah juga ada.

mama sayang dimas sekali pisan euy... :cool

21

Topic: Investasi Emas

Riri wrote:
mau laporan, ahirnya udah nyoba beli LM lgsg di antam pulogadung. ternyata lumayan gampang jg koq, ngga seribet yg dibayangin.
begitu dateng ambil nomor antrian utk loket transaksi retail & tunggu sampe nomornya dipanggil. di loket transaksi retail sebutin ukuran brp yg mau dibeli & jumlahnya, stl itu akan dihitung total biaya yg harus dibayar (berdasarkan harga per gram yg tcantum di web antam. no tax. no additional fees). stl dikasi tau ttl harganya, akan dikasi nomor antrian kasir utk bayar. sistem pembayaran bisa cash (max 50jt), debit, atau transfer, tp kalo tranfer lbh ribet jd mending cash ato debit aja. btw, ATM yg tersedia cuma Mandiri. stl bayar, cari loket pengambilan yg kosong & kasih bukti pembayaran utk disiapin LMnya. selesai deh! :)
ohya, kalo mau ke sana mending dtg pagi sekalian soalnya stoknya cepet abis, terutama yg ukuran sedang (5-10gr).


antrinya lama ngga? trus katanya ANTAM bukanya cuma sampe jam 2 yah?

22

Topic: Investasi Emas

tiaalbaar,
aku baru skali sih beli di sana lgsg. waktu itu dtg jam 10 dan dlm 2jam-an udah beres. bukanya -kalo ga salah- sesuai jam kerja sampe jam 16:00. tp stoknya bisa habis sblm itu. pas aku ke sana ukuran 10gr udah sold-out jam 11an

23

Topic: Investasi Emas

Baru balik ke thread ini lagi..
Riri & marina *angguk2* iya sih, kayanya website goldgram.co.id itu buat yang mau invest emas "beneran", soalnya emang kena biaya keanggotaan per tahun (300rb rupiah). Keuntungannya cuma lebih praktis, bisa beli online. Soal harga sih sama aja, sesuai harga emas saat itu.

Sidta oo.. baru tau kalo dirham lebih liquid, kirain selama ini dirham justru paling gak liquid dibanding yg lain, tapi harganya lebih cepet naik dibanding LM n dinar. Kalo gt invest dirham oke juga dong ya..

Vania : Nata & Arsa's mom
http://vaniasatriadi.com @drVania

24

Topic: Investasi Emas

Mom riri,

Itu beli LMnya Antam Pulo Gadung dimananya yaa..?

" Finally mummy and always love my Baa baa...."

25

Topic: Investasi Emas

aQeeLa wrote:
nyanya
11 ribu agak kemahalen deh.. biasanya cm selisih 1-2rb

cmiiw


Serius kemahalan? Emang di Bandung harganya kisaran berapa ya? Ada yang tau kah?

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva