1

Topic: Mulai Kapan Anak Mandi Air Dingin

MaMod,
Sebelumnya maaf, Gak tahu udah ada atau belum. hasil search masih nihil. Jadi saya post disini. Kalau sudah ada boleh di gabung, atau dipindahin deh.. :D

Mamas,
Anak usia berapa ya mulai boleh mandi pakai air dingin? Alasannya apa? Anak saya 22months, pengen saya biasakan mandi air dingin.. Tapi kendalanya mereka belum terbiasa dan lagi gak diijinin sama eyangnya.
Kalau mamas punya artikel menarik atau alasan logis yang bisa membantu saya menjelaskan ke eyangnya, saya pasti akan sangat berterima kasih.

Oh iya, kalau punya tips & tricks membiasakan anak dengan air dingin boleh juga donk di share.. Salah satu dari si kembar ini gak suka banget sama yg namanya air dingin.. sampe nangis-nangis jejeritan...

Thanks for share ya Mamas...
^_^

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

2

Topic: Mulai Kapan Anak Mandi Air Dingin

Kira Kara - wah, kalo aina udah dibiasain mandi air dingin waktu masih 6 bulan. eyangnya malah bilang telat, mestinya dari 3 bulan, hihihi. alesannya eyang aina sih ga complicated: biar lebih mudah aja, jadi ga ngerepotin orang tua mesti nyampur air panas terus2an.

beda2 ya?

dulu sih caranya ga langsung air dingin, tapi tiap mandi, takeran air angetnya dikurangi. lama2 jadi biasa.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

3

Topic: Mulai Kapan Anak Mandi Air Dingin

Ki-Ka, pertama kali mandi air dingin kayanya 6 bulanan deh ya .. lupa. pokoknya waktu nyoba2 renang. tapi kan jakarta airnya nggak dingin-dingin banget, trus udaranya juga gerah gitu jadi emang ngga enak mandi air anget ...

klo di rumah mbahnya (ngrambe n padas :P) mulai deh mesti pake trik. klo pagi mau mandi, sikat gigi dulu, cuci muka, apa kek biar dia adaptasi dulu sm hawa dingin, trus nyiramnya juga satu-satu ngga langsung diguyur dari atas ...

less ego, more heart

4

Topic: Mulai Kapan Anak Mandi Air Dingin

Kira-Kara
hmmm.. kalo kilan sih udah mandi pake air dingin sejak 4 bulan.. sama kayak thalia, caranya dikurangin dikit2 porsi air angetnya.. biar lama-lama biasa.
Kemaren sempet 1 bulan full air anget lagi karena Kilan lagi sakit.
Sekarang (13 bulan) udah balik ke air dingin lagi. Nggak pake adjusting air panas ke dingin. Pertamanya nangis dan ngamuk karena udah lama pake air anget. tapi setelah semingguan dan mandi sambil diajak main, lama2 biasa kok.. nggak ngamuk lagi
Buat si kembar yang jejeritan (eh, cuma 1 ya?) gimana kalo yang dimandiin yang suka air dingin dulu... biar yang nggak suka air dingin bisa ngeliat bahwa sodaranya bisa enjoy, dan hopefully bisa termotivasi...

eh iya, itu mandinya udah diguyur apa masih pake bath tub? kalo berendem kan berasa banget air dinginnya? coba aja diguyur dikit2 dari bagian kaki, lama2 ke atas..

Mother of Universe

5

Topic: Mulai Kapan Anak Mandi Air Dingin

Aq lupa Zhiezhie mulai dikenalin mandi air biasa umur brp. Yg jelas wkt 1th,,uda mandi air biasa. Toh,,kalo hbs pup,,gnt clodi/pospak/ hbs pipis jg dibasuhnya pk air biasa. Cm emg kalo mandi pagi mst rada tricky... Disiram kakinya dl pelan2,,mainan sikat gigi,gayung,bebek,br pelan2 ke atas. Kalo rambut emg msh pe-er bgt... Dia msh sk gelagapan mskpn aq uda pelan2 guyurnya dan dia jg uda disuruh merem. Jd kalo keramas ga tiap hr. Nangis jerit2?? Itu jg tiap hr tjd sm zhiezhie kalo mandi di kmr mandi,,awalnya. Tp skrg uda ga pk nangis lg.
Awalnya mandiin air biasa,,aq ajak dia mandi di luar...mainan air pk selang,ember kecil,gayung,,Zhiezhie sk bgt..akhirnya dimandiin sekalian... Biasanya seminggu 1x ato 2minggu sekali,,dia mandi di luar bw bebek munchkin tubnya. Mandinya diatas jm 8,jd air ga dingin,ada matahari. Kdg kalo keenakan dia smp leyeh2 brasa sun bathing (sayang,,ga ada fotonya. Ada di kamera papanya).
Cm tetep yah,,mbahnya yg sk ribut kalo tiap hr zhiezhie dimandiin air biasa. Kalo tb2 dia pilek,,dibilangnya gr2 mandi air biasa. Kdg2 msh sk pk air anget kalo udara dingin. Kalo pas di hotel,mandi air anget lg.

Garnetzhia and Ametysha are my little angels

6

Topic: Mulai Kapan Anak Mandi Air Dingin

Kira Kara
kalo bitha, mendekati umur 2 th udah aku latih pake air dingin pertama sih badannya dilap pake waslap yg diperes dulu *itu aja udah jerit2* trs lama2 pake waslap yg ga diperes begitu juga kalo kramas.
sama kayak thalia, airnya dibikin lama2 jadi dingin *tapi ga ngaruh juga hmmmm*

sampe sekarang kalo pake gayung masih jerit2 ga mau langsung mogok mandi tp trs aku ada ide buat peluk dia dan diguyur bareng2 eee lama2 dia mau lagi lagi katanya

kalo pake shower masih hap hap tuh mulutnya padahal cm badannya yg kena coba kalo mandi abis renang kena shower juga malah seneng *aneeh deh*

tapi sampe sekarang eyangnya kalo mandiin masih pake air anget jadi dia bingung juga kok beda ama bundanya, kalo pagi dingin kalo sore anget.
Yah biarlah lama2 juga pasti mandi pake air dingin :D

:) Amazing Life with Amazing Son :)

7

Topic: Mulai Kapan Anak Mandi Air Dingin

iiiihh telat banget ya berarti lycka :(
lycka 12m baru-baru ini gw ajarin mandi aer dingin, cuman tetep kalo ke rumah neneknya dibikinin aer anget.
selama ini sih seru-seru aja dia mandinya, pake adegan goyang-goyang bahu kedinginan :D

tehniknya pengurangan aer anget yang terus akhirnya ga dicampur. soalnya waktu itu mikirnya emang bakal repot kalo pas lagi trip. kan selama ini juga kalo abis berenang, bilasnya pake aer biasa.

masih berasa sedikit ga tega sih kalo adegan keramas :P

8

Topic: Mulai Kapan Anak Mandi Air Dingin

Kalo aku dari si baby pulang hospital. Tapi bukan mandi ya? Cuma setiap baby pup, aku langsung cuci di bawah kran air. Soalnya pup nya baby kan lengket gitu. Itu juga salah satu cara mengenalkan air biasa ke baby. Terus pelan2 dari situ sering area yang di basahi air dingin di perluas, pelan2 ke punggung dan perut sampai akkhirnya seluruh badan. Anaknya diam saja. Tapi harus di bawah kran air langsung, soalnya pernah di coba di pake in gayung anaknya kaget dan nangis, jadinya kembali lagi pakai keran langsung. Bak mandi ke pake kalo anaknya mau berendam air hangat karena sedang demam. Sekarang umur anakku 7 bulan. Jadi bisa di bilang , dari 2 bulan sudah mandi full air dingin. Tapi jangan kelamaan mandinya, dan harus di buat fun. Pastikan air jatuhnya di atas kepala bagian belakang. Sesekali aja kepala bayi di siram keseluruhan, biar shampoo nya bersih.

Ibu adalah madrasah bagi anak-anaknya

9

Topic: Mulai Kapan Anak Mandi Air Dingin

Ikuutan sharing..

Hazel positif konsisten pake air dingin waktu pindah rumah. Karena waktu umur kurang dari 1 tahun kami tinggal di daerah yang airnya kurang bagus, jadi memilih pake air hangat (dimasak dulu) :D

Selanjutnya setelah kita pastikan kualitas air dirumah baik baru deh pake air biasa. Kalau pulang ke Batu Hazel lebih memilih air kran/dingin daripada shower yang hangat. Selama tidak terlalu lama mandi (batasannya aku lihat dijari2nya, kalau sudah mengkerut waktunya disudahi)

Hmmm mungkin bukan air dingin ya, tapi air kamar mandi..dimana suhunya suhu ruang jadi aman dan nyaman aja buat anak. Baru dibilang air dingin kalau kita mandi di daerah pegunungan (Bandung, Batu, dkk) cmiiww

@emaknyahazel

10

Topic: Mulai Kapan Anak Mandi Air Dingin

Memang banyak yg menyarankan diatas usia 6 bulan bayi sdh dikenalkan dg air dingin, tapi based on pengalamanku, usia kapan akan dikenalkan tergantung jg pd suhu udara di daerah tempat tinggal apakah dingin/panas dan juga daya tahan anak itu sendiri, maksudku ada alergi dingin/tidak.

Dulu waktu masih tinggal di jakarta yg notabene daerah panas, anakku sejak usia setahunan sdh kumandikan dg air dingin, dg catatan tubuhnya sdg vit, tidak sdg sakit/demam. Sama juga, lumayan telat mengenalkan air dingin krn dapat larangan dari kakek nenenk :).

Waktu awal tinggal di bandung (anakku mulai usia 2.5 thn) jg sdh kubiasakan mandi air dingin. IMHO udara bandung sdh tdk sedingin dulu, tapi airnya masih tttp brrr..dingin. Tapi kuamati sejak tinggal di Bandung, anakku jd bolak-balik flu. Sempat batuk-pilek sebulan lebih, akhirnya kubawa ke dokter, ternyata alergi dingin. Disarankan menghindari yang serba bertemperatur dingin. Akhirnya sudah 6 bulan ini anakku balik mandi air panas lagi. Blm tahu kapan mau mengenalkan air dingin lagi karena sekarang saja jg masih bolak-balik pilek :(.

11

Topic: Mulai Kapan Anak Mandi Air Dingin

ki-ka,
Sama kyk fmila24, anak2 dikenalin air dingin dari newborn. kebetulan RS tempat mrk lahir sistemnya bgitu. Bukan air dingin yg nyess gitu sih, air dinginnya yg 1' di atas suhu tubuh, kayak air minum biasa.
Di rumah, krn airnya (bandung) dingin banget, jadinya dicampur air panas, sampe suhunya jadi 'biasa'. Skrg di cibubur, airnya justru anget, gerah jadinya :)

Ga ada aturan baku harus mulai umur brp ngenalin anak mandi air dingin. kecuali memang ada alasan medis atau pny penyakit yg berhubungan dgn suhu tubuh, jg utk bayi prematur memang ada treatment khusus.

Mandi air hangat atau air dingin utk anak/bayi hanya masalah kebiasaan aja, biasanya tergantung faktor geografis juga. Di daerah yg berhawa dingin, mandi air hangat itu kan 'sesuatu' yaa..trus di daerah berhawa panas, mandi air dingin jg jadi 'sesuatu' :D

Kalo liat bule2 di TV sih, anak2 bayinya malah dilempar2in ke kolam/danau (beneran dilempar), dan ga apa2 juga. Dengan catatan emang ga ada masalah medis, kondisi anak normal sehat ya.

Mandi air hangat - air dingin juga memberi efek terapis yg berbeda. Misalnya terapi mandi air dingin sbg detox, dan mandi air hangat sbg refleksiologi (err..ya sejenis itu lah..istilahnya aku ga gitu ngeh).
Misalnya mandi pk air hangat dan air dingin bergantian utk melancarkan aliran darah/ aliran ASI, dll. Ada teknik2 khusus.

Intinya mandi sih untuk membersihkan tubuh scr lahiriah, untuk manfaat psikologisnya mandi bs menyegarkan pikiran (air dingin), jg bisa menyamankan (air hangat).
Makanya anak2 selalu seneng main air, soalnya kalo air dingin mereka ngerasa seger, dan kalo air hangat mereka seneng berendem lama2 krn nyaman :)
yang penting happy!


Selamat mandi, yaa..Ki-Ka!

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

12

Topic: Mulai Kapan Anak Mandi Air Dingin

lupa tepatnya kapan fayyadh mulai mandi air dingin.
soalnya di bengkulu ini lumayan panas, jadi malah gerah dan lebih seger pake air dingin. Fayyadh juga gak pernah protes kalo dimandiin air dingin, soalnya emang pada dasarnya fayyadh suka maen aer.

mbak eka, baru tau kalo air dingin dan air anged punya efek terapis yang beda. TFS ya mb

13

Topic: Mulai Kapan Anak Mandi Air Dingin

bunda fayyadh,
Iya pernah denger/baca/nonton ttg terapi mandi air dingin - air hangat ini, tapi lupa di mana.. :)
Jadi memang dibiasain anak2 utk mandi air dingin pagi2 biar seger pikirannya pas mau sekolah/belajar, trus mandi air hangat sore/malam biar tidurnya nyenyak :)

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

14

Topic: Mulai Kapan Anak Mandi Air Dingin

wah... Mamas, thanks a lot sharingnyaa..
PR banget nih buat eyangnya sedikit longgar.
Awal ceritanya sih waktu kita ajak renang.. kebetulan sore itu yg renang banyak sekali anak seusianya bahkan baby 1th'an. Ki-KA marah2 krn dingin. pdhl menurut kita airnya anget krn abis kena matahari siang.. Herannya di kolam renang yg marah cuman KI-KA aja. Akhirnya kita notice ada something wrong nih dengan kesehariannya. tanya tetangga kanan-kiri ternyata anaknya udah mulai dimandiin air dingin pas usia 9 bulan'an.
Berarti KI-KA telat nihh..
bilang eyangnya buat mandiin air dingin, gak dikasih. apalagi tahu anaknya jejeritan.. setelah ngobrol plus cari bantuan darurat (adik ipar dan om2) akhirnya boleh mandi air dingin kalo pagi. sore masih air anget plus pelan2 dikurangin (krn jatah mandi sore sama eyang, bunda ke ktr. hehe). akhirnya kita sepakat deh..
Sekarang tinggal membiasakan KI-KA biar lebih nyaman mandi air di kmr mandi. Eh agar konotasinya jadi positif, yg semula kita gunakan istilah air dingin akhirnya kita ganti jadi air segerrr.. untuk penanaman sugesti.
Report tips and tricksnya menyusul yaa.. setelah sukses membuat KI-KA nyaman nanti... just wish me luck Mamas...
thanks for support and sharing... thanks a lot.. :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

15

Topic: Mulai Kapan Anak Mandi Air Dingin

eka & bunda fayadh,
di sby sini ada tuh, tempat khusus terapi seperti itu.. biasanya sih yg ikut terapi kebanyakan bapak2. karena air dingin dan air angetnya ekstrim banget bedanya.. itupun berdasar cerita temen2 ktr yg sering ikutan.. tapi yang ini khusus untuk dewasa kali yaa.. krn perbedaan suhunya ekstrim sekali... bahkan beberapa ada yg stroke ikutan terapi.. :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

16

Topic: Mulai Kapan Anak Mandi Air Dingin

iya lupa eiy ama efek terapi yang dibilang eka :)
sebelumnya suka mandiin lycka aer anget dipagi hari, karena airnya di rumah masih dingin kalo pagi. air dingin (air keran) kalo pas mandi sore, karena mikirnya biar seger abis aktifitas.

17

Topic: Mulai Kapan Anak Mandi Air Dingin

Wah, berarti anakku dah telat bangettt... si Abang dah hampir 4 taon masih aja mandi aer anget. Klo agak dingin dikit mulai deh jerit2, apalagi klo diajak berenang, awalnya pasti malu2in dulu pake nangis2. Padahal Jambi ini puanaaasss banget, tapi aer PAM di tempatku dinginnn. Jadi dia gak mau klo pake aer keran langsung. Harus mulai dikurangin dikit2 nih campuran aer angetnya :-(

Loving my little family so much!

18

Topic: Mulai Kapan Anak Mandi Air Dingin

anakku 3 taon masih pakai aer anget, emang dia suka sih, tapi kalau dibawa ke kolam renang sejak 1 taon ga ada masalah. emang doyan aer anget gt.

19

Topic: Mulai Kapan Anak Mandi Air Dingin

afdhal 21 bulan mulai mandi air dingin pada umur 7,5bulan waktu dia udah mulai bisa berdiri pegangan..tapi adiknya sekarang 5 bulan mulai mandi air dingin sejak 3,5 bulan..adiknya lebih cepat mandi pake air dingin tidak ada alasan apa2 hanya demi kepraktisan saja...ibunya malas masak air panas tiap mau mandi hehehehe..

20

Topic: Mulai Kapan Anak Mandi Air Dingin

Seingetku, aku pernah iseng baca majalah national geographic, disana ada mini article yang jelasin kalo sbenernya bayi itu lebih tahan dengan suhu rendah dibanding orang dewasa (kalo ga salah perbandingannya itu, 2x lebih tahan). makannya lebih banyak laporan kasus dimana bayi meninggal kepanasan daripada kedinginan, misalnya kayak ketebelan dibedong atau terlalu banyak dikasih minyak kayu putih.

kalo aku sekarang lagi biasain 'Aqilla (18 mos), air asli nya bandung. jd kadang pas mandi, suka aku ciprat-cipratin air dinginnya. dan kalau cebok (dengan catatan, di siang hari dan udara ga terlalu menggigit dinginnya), aku pake air dingin most of the time.

semoga bisa membantu :)

a wife of a wonderful husband. a mom of a graceful daughter. "Which of your Lord's gifts you can betrayed?"

Topic: Mulai Kapan Anak Mandi Air Dingin

sama ni dn mom hatzsiahaan..kalo nathan (13m) selalu mandi pake air hangat, pernah pake air dingin lsg flu..tp kalo berenang pake air dingin ga ada masalah..kadang bingung jg sih, koq mandi bs flu tp berenang gpp..

even you`re not baby anymore..but in my heart you`re always my baby..

22

Topic: Mulai Kapan Anak Mandi Air Dingin

Kalo aku masih mandiin Arraf pake air anget dari bayi sampe kurleb 1th, wkt 6 bulan pernah coba dimasukin kolam air dingin tapi dia nangis-nangis jadi gak dicobain lagi. Dulu alasannya karena tinggal di Bandung, serumah gak ada yang kuat mandi pake air dingin jadi Arraf ikutan berhangat ria, hihi. Setelah pindah ke jakarta, masih pake air hangat tapi batas hangat aja karena air kerannya aja udah hangat.

Setelah 1th, kalo mandi dia suka berendam di baskomnya dari airnya hangat sampe airnya jadi dingin. Pas pindah ke Malang, pagi-pagi mandinya pake air hangat, malam mandi air dingin *waaah, baru tau kalo efeknya kebalik ya*.

Tapi setelah mandi air dingin itu tidurnya malah jadi nyenyak loh, karena air dingin itu memberikan sinyal ke tubuh badan sedang dingin, jadi tubuh mengeluarkan suhu yang lebih tinggi alias menghangatkan diri (ini efeknya sama spt kompres hangat dan dingin).

Gak ada efek apa-apa mandi pake air dingin, flu enggak, bersin atau panas juga enggak. Kalo emaknya gak tau nih, sekalinya mandi air dingin langsung bersin-bersin, hihi cemen..

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

23

Topic: Mulai Kapan Anak Mandi Air Dingin

[email protected]@[email protected]@n wrote:
sama ni dn mom hatzsiahaan..kalo nathan (13m) selalu mandi pake air hangat, pernah pake air dingin lsg flu..tp kalo berenang pake air dingin ga ada masalah..kadang bingung jg sih, koq mandi bs flu tp berenang gpp..


Mom, Nathan ada alergi dingin gak? Kalo alergi dingin, mungkin saat itu bukan flu tapi akibat alergi dinginnya. Kalo berenang saat matahari sudah muncul sih biasanya gak akan berefek terhadap alerginya.
Karena pengalaman, saya sendiri alergi dingin. Kalo pagi mendung atau mandi shubuh pasti hidung langsung meler. dan meler itu otomatis akan berhenti setelah saya ketemu matahari.. hihihi.. alias setelah badannya anget. Dan itu bukan flu. Juga tidak menular. Saya sampai berfikir (apa ini hanya sugesti saya yaa..) hehe.. tapi itu akan otomatis berulang ketika saya berada di daerah dingin seperti Malang. Saya tidak berani mandi sebelum matahari bener2 kliatan.. haha.. (penakut banget gak sih?! hhehehe). KI-KA ada potensi hal yang serupa. Karena masa kecil ayahnya juga sama.. Tapi setelah besar, alergi dingin ayahnya sudah jauh banyak berkurang..

Tapi tidak menghalangi saya untuk membuat KI-KA terbiasa mandi air kran.. Semakin mereka terbiasa, semakin kebal dengan alerginya.. Semoga.. Sekarang lagi bener-bener treatment deh buat KI-KA biasa mandi air kran. Sudah gak jerit2 heboh lagi.. sudah mau guyur badannya sendiri, meskipun masih sambil menggerutu dingin. Kalo yang guyur bundanya baru mereka marah-marah. Mungkin karena kaget aja.. kalo guyur sendiri kan mereka lebih siap.. hehe.. :D

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

Topic: Mulai Kapan Anak Mandi Air Dingin

mom ki-ka, nathan ky nya ada alergi dingin sih...tp yg buat bingung kalo smbl mandi air hangat dia suka megang2 air dingin yg di ember (kalo dh selesai di sabunin-dibasuh air hangat-berendam di bak mandi ny),nah dkt bak ny tu ada keran air+ember besar..kadang2 aq siram2 dikit jg pake air dingin,ekspresi ny lsg kaget gtu..dr 9bln bersihin patpat ny kalo baru siap pup pake air dingin...nathan tetap ga tahan jg tp dia suka tangan+kaki ny basah kena air dingin..tar mau coba trik dbwah keran air krn males+boros gas pake air hangat trs mana jd agak repot kalo pergi2+nginap krn mesti pake air hangat*waks...panjang jg curcol nya*

even you`re not baby anymore..but in my heart you`re always my baby..

25

Topic: Mulai Kapan Anak Mandi Air Dingin

mungkin nathan sekedar seneng aja maen air, makanya waktu berenang fun ajah. dan mungkin karena ada efek mataharinya momm.
dulu lycka awalnya begitu, pas berenang ga masalah berenang dan bilas dengan air biasa. begitu di rumah awal membiasakan mandi air keran, kaget banget dan jerit-jerit.
jadi, sebelum mandi. biar aja dia main air di ember, basah-basahan sendiri, baru mandiin dengan aer anget. yang nantinya mengurangi kadar angetnya.