1

Topic: Tips: Mengajari Anak Makan Sendiri

Hi People,

Mhn inputnya donk, gimana si ngajarin anak makan sendiri dengan baik?

Ben is 2 years and 3 months, so far masih disuapin. Dia bisa si makan sendiri, tapi berhubung emang anaknya ga mau diem, jadi kalo makan yang finger foods e.g. fries, buah potong2 kecil, dan especially makanan yang dia tergila-gila, e.g. watermellon, dia pasti bisa makan sendiri abis sambil duduk manis.

Nah kalo utk makanan lainnya, dia paling mau nyemal nyemil 1-2 cicip, trus dia turun dari kursi and start just doing his things.
Ujung2nya, di bujuk duduk trus disuapin sambil dia maen/ ntn (baddd habit).

For your info, dia dari dulu emang Picky eater, atau susah makan hehehehe...jadi dari awal emang harus sambil cerita gue kasih makannya...(sighs)...
Gmana ya ngajarin supaya dia bisa makan sendiri...gue gak ngarepin dia bisa habisin 1 piring makanannya like when he's being fed, but at least he can eat quite a lot of his portion?

Thanksss

2

Topic: Tips: Mengajari Anak Makan Sendiri

hi Mitzy,

anakku (2.5thn), yang dari blum setaun aja udah berusaha makan sendiri, masih sering disuapin kok.... makan sendirinya mood2an gitu. sama kayak Ben, kalo makanannya dia suka, semangat dan cepet abis. kalo ga suka... haduuuuh, bujuk kiri, bujuk kanan...

daftar usaha gue (ada yg sukses, ada yang gagal total, hehehe):
- menerapkan peraturan: makan selalu harus di meja makan. or at least ga boleh sambil jalan2.
- makan bareng terus2an di satu meja. dia pake high chair, biar tingginya sama. jadi kayak orang gede gitu deh.
- dikasih utensil sendiri yang mirip ama yang kita pake... jadi pake efek "kayak papa mama!". mungkin makannya berantakan, ya apa boleh buat...
- TV dimatiin (tapi kalo makannya pinter, TV boleh nyala).
- kasih makanannya lain2. 4 sendok pertama pake opor, kalo bosen, tambah kerupuk. kalo bosen lagi, tambah bawang goreng, masih bosen juga, masukin kuah sup... etc etc.
- kalo kita lagi makan bareng dia, pasang tampang "nikmat"... kesannya lunch kita surga dunia gitu... kadang2 aina kebawa suasana dan ikutan, "mmm, enaaaaaak sekali!".
- kalo udah kelar, dipuji... pinter makannya! cepet lho! kalo kayak gini hebat nih! etc etc.
- kalo emang ga mau makan sama sekali, gue biarin.... ada bbrp kali, aina ga makan siang, karena dia ngotot ga mau. ya udah. biasanya dia jadi laper, trus pas makan malem, makannya banyak. tapi peraturannya tetep: makan harus di meja makan. ga boleh sambil jalan2.
- makanannya ganti2, lunch lain ama dinner. biar ga bosen... (tapi ibunya capek, huuh).
- semua makanan disiremin cheese diatasnya... (haha, desperate banget nih, dan ternyata cuma working sementara).

tapi ya gitu... ada yang sukses, ada yang engga. kalo aku sih mikirnya, gpp lah, ntar kalo udah gede, pasti mau makan sendiri. apa lagi kalo udah masuk sekolah dan ngeliat temen2 lainnya makan sendiri :)

apa lagi ya? ntar kalo keinget lagi, aku tulis lagi deh... siapa tau ada 1 atau 2 yang bisa diterapin ke Ben. good luck ya, mitzy!

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

3

Topic: Tips: Mengajari Anak Makan Sendiri

hi mitzy..
yak, gue juga setuju ama thalia. semua yang diterapin thalia itu juga gue terapin ke anak gue, Naia (skrg 20bln). dan dari pertama emang selalu diajarin makan itu di high chair. ada kalanya sih engga, terutama kalo lagi ada oma opanya!! (bete). tapi most of the times akhirnya dia lebih milih makan di atas kursinya karena tingginya sama kayak mama papanya dan dia bisa makan sendiri.

ada masanya dia emang pengen ngelakuin semua sendiri. dari makan, minum, sampe pake sepatu & pake celana maunya sendiri. ya dibiarin aja sih, dan emang dari sebelom umur setahun dia udah bisa makan sendiri, pake utensils. brantakan? tentu! tapi gak papa. biasanya pas dia makan sendiri gitu, kita cuma ngeliatin sambil ngebantuin aja. misalnya dia ngambil makanannya cuma dikit2.. ya dibantu biar rada banyakan masuk ke sendoknya. selama yang nyuapin ke mulutnya dia sendiri, biasanya dia cuek.

dan iya biasanya kita modifikasi makanan kesukaannya. contohnya, naia itu suka sekali makan pasta. jadi ya biar mau, kita bikin pasta (macaroni) di sup. trus macarani/spaghetti pake sauce. ato gak kadang si macaroni di rebus, trus tar pas makan di sebarin di atas nasinya jadi sambil ngambil macaroni, nasinya ikutan diambil. hihi.. somehow that works. walopun makin kesini udah makin pinter, yang diambil macaroni nya aja.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

4

Topic: Tips: Mengajari Anak Makan Sendiri

Nah ini nih bagian gue banget secara koki dirumah.
Basicly cara mengajarkan makan hampir sama dengan Thalia & Sinta, cuman pada awal belajar makan yang gue mainin adalah rasa dari makanannya. Dari pertama Vira makan (4 bulan) pasti jus buah, setelah mulai agak solid selalu pasti nasi tim dengan sayuran. Rasa cuma garem, yang penting sesuai gizi. Kita biasain makan yang rasanya gak terlalu nikmat supaya gak susah (rencananya sih begitu), dan lumayan berhasil sampai Vira umur 18 bulan.

Setelah jadi orang kantoran dan Vira full time dirumah neneknya kalau siang, ini rada struggle, karena ya dimanja. Sebagian ajaran soal makan sendiri dkk banyak yg luntur apalagi setelah kenal dikenalin sama Indomie oleh kakeknya beberapa bulan yg lalu, gak mempan deh kalo bikin mie dan harus pake taktik beragam masakan seperti Thalia.

Kalo soal makan sendiri sih gue mainin curiousity dia. Awalnya waktu masih sebelum 1 tahun masih freestyle, alias finger licking good, alias makan pakai tangan dan super berantakan. Selain pakai sendok, aku lebih sering makan pakai chopstiks, jadi aku ajarin keduanya. Sendok aku beliin yang berwarna warni agar dia tertarik (which will only last for 3-4 weeks, jadi jangan beli lagi kalau sudah), lalu beli sendok kecil yang stainless.

http://farm3.static.flickr.com/2048/2538064758_efc42295c8.jpg

Makan awalnya berantakan, sewaktu umur 2 tahun lebih-lebih dikit dah lumayan. Makannya gak begitu berantakkan karena tiap selesai makan kalau berantakan aku suruh dia yang bersihin, jadi akhirnya dia pilih gak berantakan daripada bersih-bersih. Kalau selesai makan atau makannya gak berantakan langsung dipuji, diajak tos dan make funny faces. TV always strictly off during meals.

makan pakai sumpit sungguh membantu, soalnya dia pengen bisa dan seperti diatas, asal kita kelihatan enjoy pasti dia minta. Makan sendiri kalau pagi dan siang, kalo sore ditolerir lah disuapin karena pasti main dan lari-larian sama tetanga.

http://farm4.static.flickr.com/3349/3602243082_326c6e95f4.jpg
http://farm4.static.flickr.com/3448/3387093263_0fb8e446e0.jpg

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

5

Topic: Tips: Mengajari Anak Makan Sendiri

Urban Papa wrote:
Makannya gak begitu berantakkan karena tiap selesai makan kalau berantakan aku suruh dia yang bersihin, jadi akhirnya dia pilih gak berantakan daripada bersih-bersih. Kalau selesai makan atau makannya gak berantakan langsung dipuji, diajak tos dan make funny faces.


waaah, good idea nih, suruh dia yg bersihin kalo berantakan! gue mo contek ah...

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

6

Topic: Tips: Mengajari Anak Makan Sendiri

vira lucu banget! bisa pake sumpit pulak!

And thelilsolder is back. Fire!

7

Topic: Tips: Mengajari Anak Makan Sendiri

Baru join, langsung masuk thread ini. Vira pinteeeeer.....

8

Topic: Tips: Mengajari Anak Makan Sendiri

hansa (2 thn) kalo pagi2 pinter bgt makan sendiri...biasanya pagi2 gw bikinin nasi goreng/telor orak-arik/spagheti...ga ada tips2nya sih, tp emg kalo tiap bangun tidur dia selalu kelaperan, jd pas gw kasih makan..langsung abis...hehe..

tapi kalo udah siang+sore...lain lagi ceritanya...biasanya awalnya aja dia makan sendiri, selebihnya diacak2..jd sisanya gw suapin deh...

9

Topic: Tips: Mengajari Anak Makan Sendiri

bundahansa, wah kalo aku kebalik... aina kalo pagi makannya susaaaah banget. ampir selalu diemut, kecuali telur rebus. itu juga suka bengong. sedangkan kalo siang dan malem, biasanya lancar... mungkin karena lebih bervariasi kali ya? apa mungkin kalo pagi lebih demen susu....

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

10

Topic: Tips: Mengajari Anak Makan Sendiri

Urban papa Wow viraaa pintar sekali..:) Gmn nih cara ngajarin pake sumpit? Gw aja br bs pake sumpit smp..:p

'Being a full-time mother is one of the highest salaried
jobs... since the payment is pure love' ~mildred~

11

Topic: Tips: Mengajari Anak Makan Sendiri

Urban Papa
Vira pinter bangeeettt.. :) Makannya lahap hap lg.

Bumi br 1.5bln MPASI. Dr awal siy aku biasain makan duduk di booster chair. Dl awal MPASI aku blm beli booster chair jdnya duduk di bouncernya. Hehe
Setelah ada booster chair aku kasih mangkok dan sendok sendiri yg diisi buburnya (sedikit). Hasilnya? Sendok digigit2, setelah itu mangkok diobok2, walaupun sebagian ada yg ditelan. Yg ada acara cuci muka dan keramas pake puree. Hihihi Buat aku diambil sisi funnya aja siy. :)
Kl waktunya jus buah atau air putih aku pakein di training cup dia gape bgt megangnya (tanpa diarahkan) dan lgsg minum glek2 gitu. Cm tetap aku awasi krn tkt tersedak.
Bumi pake Mag2 lgsg yg step 2 (step 1 dot, dia gak mau, malah digigit2 aja dotnya).

~Life is good~

12

Topic: Tips: Mengajari Anak Makan Sendiri

Thank you Shnod & Ysee. Makannya dah pinter, tapi kalau lahapnya itu cerita lain lagi. sekarang lagi fase susah makan nih Ada hubungan dengan gastro, nanti akan buat thread baru soal ini.

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

13

Topic: Tips: Mengajari Anak Makan Sendiri

Urban Papa
gastro tuh apa ya? hehe maap
gastro refluks maksudnya?

~Life is good~

14

Topic: Tips: Mengajari Anak Makan Sendiri

shinod wrote:
Urban Papa
gastro tuh apa ya? hehe maap
gastro refluks maksudnya?


IMHO
Bantu jawab yaa...
Gastro itu radang pada lambung/usus.
Akibatnya jadi diare, bisa disertai dengan atau tanpa muntah.
Gastro refluks aku kurang tau pasti pengertiannya apa. Yang ku tahu, refluks itu biasa diartikan muntah.

'Being a full-time mother is one of the highest salaried
jobs... since the payment is pure love' ~mildred~

15

Topic: Tips: Mengajari Anak Makan Sendiri

Mamas..papas.. pengalaman nya pada ngajarin anak pake utensil kapan ya?

Atreyu (9mos) udah gape banget makan pake tangan :p , lg mikir kpn mulai diajarin makan pake sendok-garpu (ato sumpit skalian kyk kakak Vira? :p) dan gmana langkah2nya.

Shinod
sama banget tu!! anak gw jg pake magmag...lgs step 2 (pas mulai minum ASIP selain pake sendok) dan step3 (sedotan, biar gampang klo jalan2 bw botol minum sedotan aja) dr awal MPASI..yg dot dilepeh2 sama dia hehehe. Sekarang udah mulai pk step 4 yg kyk tutup gelas tp ada lubangnya... seru kalo dia minum pake itu.. berkali2 berusaha ngobok tp gk bisa hahaha.

Carita Chandra Sakirun
------------------------------------------
If we're about to die anyway, I'd rather die fighting! Come for me, G'mork! *I* am Atreyu!
(Atreyu *The Never Ending Story*)

16

Topic: Tips: Mengajari Anak Makan Sendiri

YSee - aku bukan Urban Papa, tapi mo ikutan kasih usul untuk chopsticks... kalo aku pake chopstick helper, yang bentuknya kayak gini:

http://farm3.static.flickr.com/2699/4155084910_2a65aba852_m.jpg

kalo mo sistem murah, pake karet gelang + kertas dilipet2 aja, biar jadi capitan. emang sih, jadinya masih blum jago pake sumpit beneran. tapi anaknya demen banget makan pake sumpit jadinya, hihihi.

SakirunS, umm aku sebenernya ga tau sebenernya kapan mesti dikasih utensils... tapi kalo aku sih, ditawarin aja. kalo liat dari foto2, aina udah megang sendok dari sekitar 7-8 bulan. tapi kayaknya ga beneran dipake deh, cuma buat ngacak2 doang.

pas umur 1 taunan sih emang udah beneran pake utensils (sendok, garpu). tapi waktu itu utensils masih "optional" (boleh ganti2, tangan, sendok, etc). tapi seinget gue, udah lumayan rapi makannya.

kalo ga salah, pas dia 2 taun, baru gue beneran ajarin gimana pake sendok, garpu, etc... (suap dari depan, jangan dari samping), dan dikasih peraturan, kalo pake sendok, jangan campur tangan lagi, biar ga kotor...

ga tau nih, kelambatan apa kecepetan?

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

17

Topic: Tips: Mengajari Anak Makan Sendiri

thalia ooh aku pernah liat ada yg jual di mp..
Bs ya dipake sm toddler?
Anakmu umur brp yaa di foto itu?
Seneng bgt kyknya makan mienya:D

SakirunS
Sama kyk thalia..
Aku jg ngenalin utensil ke rasya umur 7 blnan.
Belajar eksplorasi aja dgn sendok.
Biasanya sih umur segini sendoknya buat mukul2 meja makannya:p

Bener2 diajarin make malah umur 1 thn.
Belum lancar bgt sih, tp setidaknya dia udah tau cara nyendok nasi di piringnya utk dimasukin ke mulutnya.
Konsepnya aja yg kita ajarin dl.
Untuk bisanya, pasti dia butuh waktu jg.
Selamat belajar ya mom:)

'Being a full-time mother is one of the highest salaried
jobs... since the payment is pure love' ~mildred~

18

Topic: Tips: Mengajari Anak Makan Sendiri

YSee, di foto itu aina ampir 2.5 tahun. bisa kok, pake chopsticks yang pendek aja :)

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

19

Topic: Tips: Mengajari Anak Makan Sendiri

thalianoted..rasya jg hampir 2 thn nih. Mau coba tips mu lg aah..kl berhasil br beli. tks yaa.

'Being a full-time mother is one of the highest salaried
jobs... since the payment is pure love' ~mildred~

20

Topic: Tips: Mengajari Anak Makan Sendiri

urbanpapa gastroentritis kali ya maksudnya..
enak bgt liat vira makan. klao gt ga perlu pasang muka nikmat kaya thalia blg. ini dl jg aq terapin..meski sbnrnya kalo mkn aq memang sll menikmati...hahaha...

tp di beberapa anak perempuan aq liat makan sendiri lbh rapih drpd anak laki ya..
oiya razan jg skrg terbiasa jg bersihin makanan kalo tumpah atau berantakan. sekarang karna dia udh tau musti gt biasa sblm makan mnta koran buat alas. jd selesai makan tu koran tgl diraup trus lgsg buang...haha..

pengen coba trik thalia buat ajarin razan pake sumpit. doyan mie kocok seh dia.

-nia-
ibunya razan & ragha
follow me @nieafardina

21

Topic: Tips: Mengajari Anak Makan Sendiri

wiii..canggih2 bener ya anak kecil jaman sekarang! vina & aina jago banget pake sumpitnya, gw aja baru bisa pake sumpit pas udah gede *lupa umur berapa* :D

memang mesti dibiasain dari sejak dini kali ya ke anak untuk belajar makan sendiri pake utensils. kadang gemes juga sama raza (10mos), kalo makanannya dikasi ke dia sendiri, seringnya piringnya dibalik dan tumpah semua deh tu makanan.
sampe saat ini baru bisa comot2 pake tangan, jadi makanannya dibikin ala fingerfood, itupun kadang2 kalo pas pertama kali comot dia ngerasa makanannya masih agak panas, dia ga maw comot langsung dari piring, mawnya kita ambilin dl, trus dikasi ke tangan dia..

a happy wife & mom always defines me best! :)
@mamaaltair

22

Topic: Tips: Mengajari Anak Makan Sendiri

kok aku gak ngajarin anak cara pake peralatan makan ya...parah ya,
si kakak umur 2 tahun udah bisa makan sendiri, tapi gak diajarin khusus cuman belajar dari pengamatan.
si adik juga sama gak diajarin khusus, tapi lebih diperhatiin, umur 14 bulan udah bisa pake sendok dan beberapa hari kemudian makan potongan mangga pake sendok.
gak tau juga ini telat apa gak, yang jelas dua-duanya gak pake training khusus ;)

bahagia punya Sya-Vee

23

Topic: Tips: Mengajari Anak Makan Sendiri

jadi pingin ngajarin ogan makan sendiri :p
pinter juga ide pake sumpitnya... cuma rada ngeri kecolok mata, abis anakku ga bisa diem tangannya
kira2 mulai umur berapa ya bisa pake sendok sendiri?

24

Topic: Tips: Mengajari Anak Makan Sendiri

nyemonk - kalo baca2 post diatas, ada banyak kok penjelasannya. umumnya ngasih utensilnya sebelum 1 taun, udah boleh main2 ama utensil waktu makan. tapi biasanya sih bener2 bisa make (rapi, ga tumpah2) sekitar umur 2 taunan.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

25

Topic: Tips: Mengajari Anak Makan Sendiri

thalia, sama kaya aina, rere juga kalo makan pagi susyeeee banget.. btw, sumpitnya lucu banget.. kira2 disini ada yg jual gak ya?

menu favenya rere sih ikan goreng mentega dengan taburan keju diatasnya (harum ikannya bener2 sedap euy)
makan nasinya sih masih disuapin, hiks (secara rere makannya susah) tp kl makan ikannya nyomot sendiri, hehe

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu