1

Topic: Mengatasi Kecanduan Belanja di Online Shop

sebelumnya, moderator, tolong di ceck yak, apa sebelumnya dah ada yang bahas tentang topic ini (malas mau liat ndiri,hehe)
lagi G.A.L.A.U ney mom, setelah dihitung-hitung pengeluaran bulan ini hampir 2 jeti demi mengikuti nafsu belanja OS (pusing bin puyeng ney :'( help me pliiiiiiiiiiiiiiiiissssssssssss.....

habis ney mau ada sidak ney dari komandan regu (suami mksudnya, hehehe)

:D Dhias's wife 'n Asyam's mom :D
YM: coshi mickley

2

Topic: Mengatasi Kecanduan Belanja di Online Shop

ya ampuuunnn agata166,, samaaaa.. kecanduan olshop.. hikshikss..
kecanduannya ya gara-gara sering add olshop yang punya fb..diliatin melulu deh.. :(
paling ya sebelum belanja di list dulu mau beli apa.. terus belinya nunggu dana-nya ada.. lumayan ke rem napsu belanjanya..
tapi gawatnya kalo dapet bonus.. war wer war werrrrr...soalnya pendapatan tak terencana..

ehh, mamods.. ini topik sudah adakah sebelumnya? sepertinya masuk disini ya.. http://theurbanmama.com/forum/post130154.html#p130154
cmiiw :)

3

Topic: Mengatasi Kecanduan Belanja di Online Shop

agata166 tret yang dikasih oleh amaliaputri itu bisa dipake untuk ngecek tips2 berguna bagaimana untuk belanja hemat.

untuk online shop, salah satu caranya ya tidak visit ke shop2 tersebut heheh.. intinya sebenernya sama aja, control your wants. dan sebelom beli, tanya dulu, is this wants or needs? kalo emang gak perlu dan ga butuh2 amat, mungkin gak perlu dibeli atau gak di tunda.

catet udah belanja apa aja, jadi bisa tau udah spent berapa. jadi ada controlnya dan ga bablas semua dibeli.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

4

Topic: Mengatasi Kecanduan Belanja di Online Shop

Ah samaa saya juga kecanduan ol shop karena alasan harga yg lebih murah di banding offline shop, gampang pilih2nya tinggal klik2, dan barang langsung diantar ke rumah. Hadeeuuhh.. Kalo belanja di dunia nyata saya masih bisa ngerem, pilah pilih mana yg needs and wants. Tapii kalo di dunia maya batasan needs and wants buat saya jadi kabur. Yg ga butuh jadi berasa butuh. Ko jadi berasa ga ada remnya, kecuali kalo dompet menipis -_-"

So far saya memang belum bisa fully stop belanja online, tapi cara saya untuk menghindari beli yg engga2 adalah dengan jarang2 buka onlineshop. - Kalo di fb, saya unsubscribe, biar barang2 yg dia post ga usah keliatan di newsfeed saya.
- Terus ngurangin frekuensi buka2 online shop dari hp, kan kalo buka online shop dari laptop atau PC kan rada2 ribet tuh.
- Kalo yg pake BBM, mungkin bisa diremove aja tuh contact online shop yg suka dagang via BBM. Karena kalo liat fenomena belanja via BBM, entah kenapa ko kayanya jadi lebih impulsif, pengen buru2an dapet, takut ga kebagian, dll. *berdasarkan pengamatan, krn untungnya saya ga pake BB*.
- Kalo yg paling ekstrim mungkin yaa ga usah pak koneksi internet, biar ga onlen2an. *eh tapi nanti jadi ga bisa buka TUM ya?* ;p Buat saya pribadi, saya pake koneksi internet selama di kantor. Dimana saya teracuni oleh onlen shop jg dikantor. Kalo di rumah, udah fully ngurus anak. Dan kmrn2 ga pake hp berkoneksi internet, jadi males aja kalo harus onlen nyalain laptop dulu. Skrg dikasi hp bekoneksi internet sama suami, tapi dipake buat buka TUM aja. Hehe.. :D

Dan bener kata sLesTa catet udah belanja apa aja dan pengeluarannya berapa. Jadi ketauan deh kalo belanjaan kita udah out of budget. *nasihat untuk diri sendiri dan mulai cari2 notes buat nyatet belanja onlen bulan ini* -_-"

Asha Lavenda My Lavender Love

5

Topic: Mengatasi Kecanduan Belanja di Online Shop

wah.. menarik nih.. asal para mama di Mama's Mall gak pasang tampang serem aja.. heuheu.. ampuunn..
IMHO, belanja Online ini malah lebih mudah diatur. Karena kita tidak diburu2 untuk segera memutuskan beli atau tidak. Masih ada waktu sambil memandangi barang, sampai puas, bahkan sampai gak pengen lagi. Just for share, Here are my tips:

- Kalo untuk FB saya split dan punya 2 account FB. 1 account yg bener2 atas nama saya untuk saudara2, sahabat2 dan kerabat yg digunakan utk ajang ngerumpi dan silaturahmi.. hehe.. sementara 1nya untuk para OLS2 yg jadi langganan. FB OLS ini dibuka kalau sedang dibutuhkan. Misal: baju tidur KI-KA sudah banyak yg ga muat, saatnya belanja. Tapi mau beli offline waktu terbatas, jadilah surving OLS di FB ini. survey harga, survey model, memang mudah. Tapi FB OLS ini tidak boleh dibuka kalau tidak butuh belanja. Apalagi sekedar iseng2 buka, dilarang keras. hahaha.. krn bisa dipastikan bakalan transfer deh.. hihihi...

- Kalo OLS dari HP, saya memang tidak punya dan sengaja tidak ingin punya HP yang canggih yg bisa buat sosialisasi selain SMS dan Telp (atau ga mampu beli HP canggih yaa.. hehe). Jadi HP saya fungsinya hanya bisa untuk telp, sms, mms, dan muter musik. that's it. Selain itu, gak bisa. Mengembalikan fungsi HP ke kebutuhan awal.

- Kalau ada kebutuhan belanja, biasanya dari awal bulan saya list butuh belanja online apa saja. sblm belanja, saya catat dulu:
beli A - 2 biji - harga sekian - di OLS A1
beli B - 1 biji - harga sekian - di OLS B2
akhir bulan di catat. sesuai dengan anggaran belanja atau tidak. Kalau sesuai baru dieksekusi setelah terima gaji/bonus. Kalau tidak sesuai, mana saja yang harus dicoret. Jadi catet2 anggarannya, sebelum proses transfer uang. biasanya awal bulan baru saya transfer2 ke OLS 1-2-3 sesuai kebutuhan.

- kalo ini hukumnya wajib: Cari informasi atau REVIEW tentang barang yang mau dibeli, sebanyak-banyaknya...!!!! Kalau review bagus, budget mepet, pandangin aja dulu barangnya.. dipajang di wall. perlu gak ya.. kalau perlu buat apa? kalo misal gak punya barang ini, aku mau pake yang mana? kalo masih ada yg lama yg masih bagus kenapa musti beli yg baru ini? bla..bla..bla.. sampe biasanya gak pengen lagi. hehe.. :D krn bosen mandangin barangnya aja..

- oh iya, saya juga membatasi diri, buka FB dan semua keperluan internet ini hanya dari kantor. jadi waktu surving soal OLS ini hanya saat dikantor saja. Kecuali urgent bgt, baru recokin suami pake internet di rumah.

sekian.. :D

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

6

Topic: Mengatasi Kecanduan Belanja di Online Shop

Alhamdulillah, engga sampe kecanduan dan kebobolan gara-gara belanja online. Klo sering-sering buka toko online shop sih hampir setiap hari, tapi keinginan hati untuk belanja masih bisa di rem klo inget sisa uang tabungan. Klo ngga bisa beli ya cuma liat-liat aja sambil berandai-andai klo dapat bonus atau rapelan belinya.

Berjuang untuk masa depan Banyu dan Binar
my positive

7

Topic: Mengatasi Kecanduan Belanja di Online Shop

Yang perlu diatasin gak cuman kecanduan belanja di online shop, tapi juga kecanduan mantengin treadnya flea market tum wkwkwkkk. Tiap hari bisa lebih dari sekali tuh buka2 flea market dari page paling depan sampei paling belakang. gaswattt,,, hihihihii

Jiwa raga dan seluruh hidup, rela dia berikan,, -Bunda

8

Topic: Mengatasi Kecanduan Belanja di Online Shop

emak-emak mkasih infonya yaks...
emak amaliaputri iyakah dah ada?? weleh moderator, maap ye...kagak buka2 dulu sebelumnya hehehe *mringis ke slesta*
nah masalahnya neh yang punya os tuh temen ndiri, hadah,,jadi deh tiap ada barang baru ditag.. :'(
pengennya tuh buka OS juga, nah belinya tuuh buat dijual lagi, eh ney bukan barangnya kejual malah kepake ndiri huhuhu *nangis*

nule aih..bener banget..aq juga kagak pake hp berkoneksi internet (secara hapenya udah dirusakin ma ankaquw huhuhu) tapi koneksinya pake modem,palagi nyala 24 jam, so waktu anak tidur jadi iseng2 juga buka fb n nongollah tuh OS dengan berbagai dagangan yang bikin ngiler *untungnnya kagak mpek netes*
tapi siplah...ntar jurus2mu aq terapkan *nyontek dunk berarti..hehe*

ayuahmadberarti aq juga kudu berandai-andai aja ya...n ngerem tuh keinginan..sip..sip...

:D Dhias's wife 'n Asyam's mom :D
YM: coshi mickley

9

Topic: Mengatasi Kecanduan Belanja di Online Shop

mbak Nana, wahhh aku juga sering berkunjung ke thread flea market!!! pengennya nyari barang second yang murah.. tapi alhamdulillah,, mungkin karena barangnya jarang jadi begitu ada..ternyata udah dirasa gak butuh.hwehee
KiraKara, ehh..pernah karena kebanyakan review harga sana sini jadinya males beli..hihihiii

lessons learnt kalo olshop...
jangan langsung beli. Tunggu 2-3 hari, atau kalo perlu tunggu diskon.hehee... jadi butuh waktu agak lama buat mikir, sebenarnya butuh atau enggak yah..
list apa yang mau dibeli, biar ga kebablasan karena barang tersebut sekedar lucu atau pas ada diskon..
nanya ke suami, Soalnya kalau belanja ada temennya jadi bisa diajak diskusi..
sama seperti saran mommies yang lain, jangan keseringan online..hwehehee

10

Topic: Mengatasi Kecanduan Belanja di Online Shop

saya termasuk yg kecnduan dengan olshop, msh mencari cara terapi yang baik.. :D

11

Topic: Mengatasi Kecanduan Belanja di Online Shop

Wih baru tau ada trit ini. Judulnya sungguh menohok diriku. hehehe :D
Aq juga masi setengah2 menahan diri nih, kadang bisa ngerem kadang juga kebablasen.. Masi belum kokoh imannya, hiks :(

12

Topic: Mengatasi Kecanduan Belanja di Online Shop

waaah thread ini sungguh jleb! hahaha tampaknya saya baru akan mulai kecanduan niy :p
so far yang efektif malah buka ols banyak2 trus compare sana-sini sampe akhirnya eneg sendiri dan ga pengen lagi hihihi

13

Topic: Mengatasi Kecanduan Belanja di Online Shop

gue dulu super ketergantungan online shop dannn blogwalking ke blog2 nggak penting yang bikin pengen belanja juga jadinya =p cara paling mudah adalah nggak browsing ols sama sekali, dan stop temenan sama ols di FB =D ekstrim sih, tapi emang kalo nggak gitu sih pasti tergoda terus huehehehe

a working mum who longs to be at home with baby yo all day.

14

Topic: Mengatasi Kecanduan Belanja di Online Shop

agata166, silahken loh dicontek tips nya kalo berkenan. Saya juga belum insaf2 amat ko dari kecanduan belanja onlen :p Hehe..

amaliaputri wrote:

nanya ke suami, Soalnya kalau belanja ada temennya jadi bisa diajak diskusi..


Waduh, kalo yang ini saya malah kebalikannya amaliaputri. Tiap saya laporan ke suami, dia malah bilang, sok aja beli. Dan dengan senang hati malah mau ngebayarin. Haha.. :D Tp krn ga enak hati kalo dibayarin, malah ga jadi beli. Hehe..

Asha Lavenda My Lavender Love

15

Topic: Mengatasi Kecanduan Belanja di Online Shop

aahhh..ternyata banyak mommies yg kcanduan yaah (alasan cari temen..) :P

16

Topic: Mengatasi Kecanduan Belanja di Online Shop

hehehe, kecanduan, hmm, tp kdg emang ols lebih murah si drpd blnja offline, koq bs ya.. utk kebutuhan baby..
pdhal klo baju2 org dewasa lbh mhl ols..
ni lg browsing2 bj baby n hampir tiap hr tu ceki2 d flea tum..
nyari brg buat kebutuhan baby yg hrgny miring berhubung budget terbatas..
hehehe..

17

Topic: Mengatasi Kecanduan Belanja di Online Shop

untungnya ga sampe kecanduan sama onlineshop, emang harus ada kontrol diri, beneran butuh apa cuman sekedar pingin,tapi jangan trus di butuh2in ya.cek juga udah punya barang yang diinginkan. bener emng yg dibilang mamas diatas, stop intip2 ke online shop tsb,kl perlu diremove.

18

Topic: Mengatasi Kecanduan Belanja di Online Shop

sama banget sih, tp klo aku gini:
1. stop cuci mata di online store yg bikin ngiler2
2. kalopun pengen beli, cari yg preloved aja
3. karena keluargaku suka jln, kadang aku suka tunda belanjaan yg bisa dibeli langsung.. ditunda.. tundaaaa terus. sampe akhirnya ga jadi beli (artinya barang itu ga teralu urgen buat aku)

i am full time a mother! ;)
blog // twit // insta

19

Topic: Mengatasi Kecanduan Belanja di Online Shop

Aku juga msh kcanduan ni sama ols....dulu bisa tiap hari trima paket dr kurir,tp alhamdulilah bgt sjak pindah ikut suami ke negeri antah brantah (lebay :p) malah sama skali gak blanja onlen.
Cumaaaaaaan....yg pusing klo pas mudik nii,pasti sbulan sblmnya uda sibuk menimbun barang dr ols buat di bawa balik :D dan yg plng susah ditolak itu emank klo yg punya ols temen sendiri....slalu aja ada alasan buat membeli dech jdnya :p

Klo aku tipsnya :
- Bener2 batesin jumlah ols d smua acccount dunia maya qta (FB,Twitter,bahkan BB skalipun) jd klo mreka lg update stock baru lgs bisa ketimpa sama berita dr tmn2 qta yg laen...aman dech newsfeednya ;)
- Aku biasanya pake prinsip 3DWNS (3 Days Wait aNd See)...artinya klo tertarik sama suatu barang aku tunggu sampe 3 hari dlu,klo bsknya msh kbawa mimpi sampe 3 hari brarti bli tp klo bsknya udah lupa ya udah aman dech dompet :D
- Yg trakhir sich karna aku pindah jd keinginan buat blanja ols itu bener2 berkuraaaaaang bgtss ( klo tips yg ini sich blm tentu berlaku buat smua mamas d sini ya,cmn di aku efektif bgt )

l'odeur d' Alya...hmmm,c'est parfait ;)

20

Topic: Mengatasi Kecanduan Belanja di Online Shop

*nunjuk tangan* moi moi....

Saya juga salah satu online shop addicted. Berhubung saya n hubby tinggal di negeri antah berantah (gabon, africa....hehehe lebih parah dr geimuth tuh) dimana ga Ada toko sama sekali...resto Aja bisa dihitung :( akhirnya pas ke tanah air buat numpang Lahir (skrng udah 8 bulan) saya jadi shopaholic! Ngak online ngak offline dijamah....*tutup muka* jadi barang numpuk dengan many baby stuff hhihihi... Sampai Ada yang ke double dengan kado 7 bulanan saking udah lengkapnya hehehe....rencana mau di flea ah....

Well aku yakin addictedku bakal berhenti nanti klo baby udah arrive into this world and saya kembali ke Gabon....

Sukses ya moms :)

21

Topic: Mengatasi Kecanduan Belanja di Online Shop

Kalau aku suka belanja OLS tapi untungnya masi biasa tahan napsu belanja...
Secara beli ols ga Liat barang aslinya, jadi biasa aku suka banding2in bbrp model 'n sambil baca review barang ato testimonial orang2... Jadi kadang sampe mikir beli apa ga yah???
Wants or needs.... Bener2 harus di cek ulang...
Walopun kadang ada juga yg belinya ga perlu2 amat... Hehehehe... Apa lagi ada diskon... :D

22

Topic: Mengatasi Kecanduan Belanja di Online Shop

Kalau aku suka belanja OLS tapi untungnya masi biasa tahan napsu belanja...
Secara beli ols ga Liat barang aslinya, jadi biasa aku suka banding2in bbrp model 'n sambil baca review barang ato testimonial orang2... Jadi kadang sampe mikir beli apa ga yah???
Wants or needs.... Bener2 harus di cek ulang...
Walopun kadang ada juga yg belinya ga perlu2 amat... Hehehehe... Apa lagi ada diskon... :D

23

Topic: Mengatasi Kecanduan Belanja di Online Shop

Kalau gue rajin liat2 OLS tapi jarang beli juga sih.
Soalnya suka mikir takut aslinya gak sebagus keliatannya
Biasanya pemikiran itu cukup ampuh buat nahan diri gak beli.
Jadi bener2 OLS buat windowshopping ajah...

24

Topic: Mengatasi Kecanduan Belanja di Online Shop

giemuth mb anggi ternyata dirimu pindah di jeddah too,kmren suka liat tl di twitter udh gatel pengen nanya,tp kali aja lagi travelling ke sonoh.. :D

beteweey,biar gak oot.kalo aku biasanya alokasi dana khusus buat beli2,nah klo udah habis,biasanya nunggu sampe akhir bulan mendekati tanggal gajian,klo ada sisa bisa bwt beli2 lagi,tp klo enggak nyisa yaa pake jatah gaji bulan depan.
proses nunggu itu lumayan kok bisa buat dipikir-pikir lagi kita bener2 perlu gak barangnya..

sama juga sm mb wid,sukanya ngelist barang,mana yg mo dibeli,trus bandingin sm bbrp ols, tambahan tips juga aku suka nyari ols yg di jakarta,klo di luar jakarta masih dipikir2 bgt mo ambil apa enggak soalnya pengaruhnya ma ongkir yg lumayan ke rumahku yg terpencil ini :D

"mom of two"
#rasyaabhinaya
#brianaryasatya

25

Topic: Mengatasi Kecanduan Belanja di Online Shop

Kena dehhh pagi2 diriku ttg blnja os, huhuu... Rasnya tgn gk bs berhenti klik add cart klo udah nangkring di inet... Huaaaaa!!! Kudu belajar ngeremmm nehh, gud idea jg ya bust notes total os sebulan + kebutuhan apa aja yg diperlukan biar sadar diri.. Hayo2, insyaffff!!!! :D

~ Enjoying My Motherhood ~