1

Topic: Homeschooling

Dear mamas moderator,sori OOT..kalo obrolan mengenai homeschooling udah ada belum ya?Thanks

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

2

Topic: Homeschooling

kayaknya blum ada tuh. yak, kalo gitu, kita mulai disini aja ya, nya... :)

btw, gue sebenernya sangat tertarik ama homeschooling... well, blum tentu mo beneran homeschooling aina, tapi pengen research2 dan tau lebih banyak ttg homeschooling.

kalo ada yang pernah mencoba, bisa di-share?

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

3

Topic: Homeschooling

Thalia : ing jg pgnnya gitu loh,Thal!Ga tau deh masi lama juga sih..ngelahirin aja belom.Hehehe.Tp kita sering ngebahasnya..banyaklah yg dia khawatirin dr sekolahan.

Btw,mungkin mamas di sini ada yg bisa sharing ga ya homeschooling tu kaya apa..Kemaren di TV dibahas ada anak homeschooling karna keinginannya sendiri gitu.Penasaran deh,sebenernya homeschooling itu positif dan negatifnya apa.Thanks sblmnya buat Thalia udah buat thread ini :)

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

4

Topic: Homeschooling

Gue gak punya pengalaman homeschooling. Dulu sempet tertarik buat homeschooling Icha, tapi akhirnya diputusin gak jadi. Dan gue mau sharing alesan gue aja, semoga bisa ngebantu buat pertimbangan.

Dari artikel2 yang gue baca, menurut gue pribadi homeschooling itu lebih tepat buat anak berkebutuhan khusus. Bukan berarti khususnya itu cacat atau kurang ya, tapi emang kebutuhannya berbeda. Misalnya gini, si anak punya bakat menggambar yang luar biasa, dan emang hobinya gambar melulu. Kalo disekolahin di sekolah biasa, ada kemungkinan si anak gak nyaman, karena ngerasanya beda sama temen2 seumurannya. Dan belum tentu juga kurikulum dan guru2 di sekolah bisa menyalurkan memaksimalin bakat si anak. Kalo di homeschooling, kurikulum bisa disesuaikan, tanpa mengabaikan pengetahuan2 yang emang si anak harus punya. Jadinya si anak juga ngerasa lebih nyaman, bakat tersalurkan, trus gak ketinggalan pelajaran.

Kalo mau tau +/- nya homeschooling bisa baca disini: http://www.sumardiono.com/index.php?option=com_content&task=view&id=298&Itemid=79

“The mother's heart is the child's schoolroom.”

5

Topic: Homeschooling

Link tambahan...

http://sumardiono.com/images/stories/200902/ResearchHS2008.pdf

“The mother's heart is the child's schoolroom.”

6

Topic: Homeschooling

a-ha! thank you, dina! *baca2 dulu*

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

7

Topic: Homeschooling

Waa,thanks ya linksnya..

Btw,kalo ada info seminar homeschooling khususnya area Jkt/Bdg let me know yaa,mamas..Kalo ga salah homeschoolingnya Kak Seto dulu pernah buat seminar ya.CMIIW.Kalo ada yg pernah ikutan boleh loh dishare.Hehehe.Thanks.

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

8

Topic: Homeschooling

Saking parnonya sama model pendidikan kita, suami gue sempet agak ogah menyekolahkan Kira (sekarang 6th) di sekolah konvensional. Maunya homeschooling aja. Tapi setelah Kira tumbuh jadi anak yang super pemalu kalau di luar kandang, gue memutuskan homeschooling nggak cocok untuk dia. Jadilah dia kami sekolahkan di (dulu) TK dan (sekarang) SD deket rumah.

Gue setuju dengan dina kalo homeschooling cocoknya untuk anak yang sangat berbakat di suatu bidang dan sulit menyesuaikan diri dengan sistem pendidikan konvensional. Kalau anaknya punya kelemahan dalam bersosialisasi, seperti anak gue, kayaknya mending dimasukkan ke sekolah konvensional aja.

:)

9

Topic: Homeschooling

Gue juga lagi minat homeschooling anak gue. Tapi yg gue takutin adalah guenya gak konsisten. Hehehe... Soalnya gak cuma anak doang yg musti belajar, tapi kita juga ikutan belajar dan konsisten...

10

Topic: Homeschooling

funnyfunky,

Setau gue homeschooling gak harus diajar sama mama/papanya sendiri, bisa juga manggil guru private ke rumah untuk ngajarin anak kita. Apalagi untuk mata pelajaran yang agak2 berat kaya sains gt..

“The mother's heart is the child's schoolroom.”

11

Topic: Homeschooling

Pernah kepikiran untuk home schooling dan koleksi beberapa buku ttg homeschooling. Ide homeschooling bagus dan ideal, karena ilmu bisa didapat dimana saja tidak harus di sekolah, tapi akhirnya memutuskan untuk ke sekolah biasa saja, menurut aku di sekolah biasa akan belajar tentang keterampilan hidup dengan bertemu dan bersosialisasi dengan teman yang heterogen.

buku ttg homeschooling : Ibuku Guruku oleh Marty Layne penerbit MLC (mizan learning center). Marty praktisi home schooling untuk anak-anaknya :)

selamat browsing homeschooling..:)

12

Topic: Homeschooling

Ponakan gw di homeschoolingin oleh ka seto. Nanti ya gue tanyain ke kakak gw feedbacknya. Btw, dia sma kls 3 dan alasan HS karena ngga betah / nggak cocok sama temen2 sekulnya (halah manja aja kali ya ponakan gw :-) )

@LizCherie

13

Topic: Homeschooling

Bundashafa, waaa..thanks info buku homeschoolingnya.
Liz, ditunggu yaa crita soal feedback Kakak lo itu. :D Penasaran bgt ama pendapat orangtua yg anaknya homeschooling.
Thanks all :)

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

14

Topic: Homeschooling

liz, gue juga nunggu nih... serius pengen tau ttg homeschooling. soalnya ga kenal siapapun yang nge-homeschool anaknya.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

15

Topic: Homeschooling

Pengen homeschooling tp alasannya sih biar chise ga sekolah terlalu dini aja..jd belajar dirumah sampe usia playgroup atau tk. Ga pengen chise 'sekolah' terlalu dini..

Pernah ikutan seminar pesat (yg adain milis sehat), jd kebetulan topik soal tumbuh kembang anak. Pilihan utk menyekolahkan anak terlalu dini emang kembali ke ortunya sih, cuman si psikolog kasih catatan klo seringkali sebenarnya anak sedang eksplore sesuatu kemudian kita 'interupt' dgn schedule harus berangkat ke 'sekolah' nya. Jd klo bisa puas-puasin dia 'bermain'. walau emang di 'sekolah' balita biasanya bermain. tp concern si psikolog di 'waktu' utk sekolahnya itu...

btw sorry banyak tanda kutip, sekolah utk anak balita mungkin bukan sekolah lah yaa..kelas bermain mgkn maksudnya hihi...

Nah karena pengen chise tetap belajar sambil bermain dirumah...mau dong input web atau buku utk jadi guideline belajar bermainnya nih utk usia 2, 3 thn gitu :) hihi sempet nemu bbrp web blm kelar jg dibaca alamatnya lupa ga dibookmark.... :(

16

Topic: Homeschooling

Waduh ternyata kakak gue itu pelit ngomong. Pas gue tanya apa manfaatnya HS, dia jawabnya cuma: "bagus dan enak anak gak stress asal ortu nya aja yg bawel mengingatkan utk buka email sewaktu ada distance learning"

@LizCherie

17

Topic: Homeschooling

ikutan yaaa..

saya minat banget homeschooling anak2.. dan sebelum tahu apa itu homeschooling atau gimana2nya, saya mikirnya homeschooling itu ya belajar pelajaran sekolah tapi di rumah. mikirnya juga, mesti biayanya lebih murah daripada sekolah swasta (di kompleks rumah, masuk playgroup aja ada yg 13jutaan kayaknya...haduh..).

cuman setelah bawa caca (3 tahun) trial ke tumbletots, music wonderland, dll.. si caca-nya keliatan seneng banget "pergi ke sekolah". belum diputusin sih jadinya mau masuk kemana, dan sampai sekarang caca masih "sekolah" di rumah.. :)

maaf kalau oot, ada yg pernah denger atau tau tentang unschooling? yg ini lebih menarik lagi konsepnya, well menarik buat saya.. :)

18

Topic: Homeschooling

Liz - yah, sayang... gpp deh, siapa tau kapan2 kakak mau cerita lebih panjang lagi :)

rrraisha - waaa, iya! gue juga sempet research2 ttg unschooling. sebenernya, conceptually, gue lebih tertarik ama unschooling dari pada homeschooling. tapi seperti caca, kayaknya aina seneng deh sekolah. sekarang aja suka sok ngaku sekolah...

dan tetep aja, yang bikin gue kuatir itu satu: Because they often lack a diploma from an accredited school, it may be more difficult for unschooled students to get into college or get a job.

mungkin gue end up setengah2...

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

19

Topic: Homeschooling

tentang homeschooling ini,
konsepnya mungkin ampir sama dengan working at home dad/mom yaa..
asal disiplin dan ada kurikulum dan schedullenya.
aku pernah baca juga di majalah (lupa) bahwa homeschooling ini ada persyaratannya juga; misalnya harus ada ruangan khusus, fasilitas, kurikulum, schedulle, guru dan murid.
gurunya, bisa orang tuanya, bisa juga manggil guru private.

misalnya harus ada ruangan khusus, peraturan (misal gak boleh ada boneka or anjing ato kucing dan binatang piaraan di dlm kelas), harus ada pendukung untuk tiap2 pelajaran, dan kalo gak ada harus ada rujukan kemana si anak harus pergi.
contoh untuk mata pelajaran berenang: kalo gak punya kolam renang, si anak dan guru harus pergi ke kolam renang A, untuk mata pelajaran musik: gak punya alat2 musik maka si anak harus ke studio B untuk practice alat musik..
intinya sama aja kayak sekolah, tapi tempatnya di rumah.
bila syarat2nya dipenuhi maka lulusan homeschooling ini sama aja kayak yg sekolah biasa, bisa dapet ijazah gitu...
pernah nonton videonya juga di Metro TV, lupa acaranya apaan :)

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

20

Topic: Homeschooling

helooo dah sepi yah....
Kebetulan saya lagi seneng buka-buka web tentang homeschooling, abis menarik banget, jadi punya ide banyak buat bahan belajar anak di rumah. Web yang biasa saya buka ada di sini dan sini .
Kalau melihat anak-anak homeschooling kayaknya asik deh, enjoy banget belajarnya dan punya multiple intelligent. Dan diumur yang masih tergolong kecil mereka udah punya banyak keahlian, umur 6 tahun udah bikin buku seru kan...
Kalau sekarang sih belum kepikiran untuk me- homeschool kan Sami, gue belum punya tenaga dan waktu yang cukup. One day maybe...
Tapi bahan belajar anak homeschool itu bisa jadi ide loh buat belajar anak-anak kita dirumah. Apalagi Sami di playgroup cuma 2 jam, pasti gak banyak dapatnya di sekolah. Jadi gue selalu kasi aktivitas tambahan dirumah.
Dari homeschooling jadi tau bahwa belajar itu memang benar-benar "tanpa batas" bukan hanya harus dari sekolah formal dan bergantung pada guru di sekolah. Dan yang paling penting "learn must be fun"....

he's my lil' racer 3...2...1...GO!!!!!!!!!

21

Topic: Homeschooling

Adikku (laki-laki, sekarang kelas 1 SMA) homeschooling, dari TK sampai SMP di sekolah biasa, masuk SMA aja nih pilih HS. Enaknya HS tuh waktunya lebih fleksibel, bisa atur hari ini mau belajar apa besok apa, dan yang paling asik dari kelas 1 SMA udah bisa ikut ujian paket C yang kalau lulus sama aja dengan lulus SMA. Kalau belum lulus bisa ikut semester depannya karena ujian paket C dilaksanakan 2x dalam 1 tahun. Dan ngga usah khawatir, ijazah paket C diakui negara dan diterima di perguruan tinggi manapun. Trus ngga ada batasan maksimal berapa kali boleh ikut ujian, ngga ada batasan usia juga :)

Insya Allah minggu depan adikku akan ikut ujiannya di Tangerang, kalo dia lulus berarti dia nyelesein SMA hanya dalam waktu 1 tahun dari sejak lulus SMP, bahkan anak2 yang masuk kelas akselarasi butuh waktu minimal 2 tahun untuk lulus SMA ;)

Tapi diatas semua itu, alasan utama dan paling penting kenapa kita sekeluarga setuju dengan konsep HS karena insya Allah HS dapat menjadi salah satu sarana untuk menjaga akidah dan akhlak anak dari bahaya pergaulan zaman sekarang. Kita ngga pusing mikirin sosialisasi--yang kabarnya jadi alasan utama ortu kenapa belum tertarik dengan HS--karena jauh lebih penting menjaga akidah daripada menjaga hubungan pertemanan bahkan kekeluargaan. Karena toh hidup di dunia hanya sebentar, sementara nanti di akhirat pertanggung jawabannya sendiri2, keluarga, teman, dan seluruh manusia ngga ada yang bisa menolong kita.

Insya Allah Saifa juga kelak akan kami HS-kan :)

ummubebek bukan ibunya bebek, tapi umi-nya saifana dan irhabi :)
email & fb: [email protected]

22

Topic: Homeschooling

Aku mau tanya, dengan HS, anak akan terlindungi dari bahaya pergaulan zaman sekarang. Artinya, anak akan selalu berada di lingkungan yang aman dan nyaman bagi dirinya. Jika tiba2 anak harus keluar dari lingkungan tersebut, apakah tidak ada pengaruh pada dirinya? Apakah dia cukup siap untuk menghadapi lingkungan di luar lingkungan yang dipilihkan orangtuanya?

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

23

Topic: Homeschooling

Aku salut utk keluarga yg homeschooling dan unschooling anak2nya. I've looked into the idea but don't have the courage and energy to do it. Untung, aku ada kesempatan volunteer di sekolah jadi aku bisa liat cara belajar mereka, dan dari yang aku lihat, aku sudah cocok sekali dengan cara mengajar guru2 di sekolah anakku yang lebih banyak menggunakan permainan dan practical way of learning. Mungkin utk mereka yg ingin unschooling, bisa baca buku2nya John Holt, dia orang pertama yg menyebutkan istilah unschooling, aku lagi baca bukunya yg berjudul 'how children fail' dan 'how children learn', tapi dia banyak menulis buku2 ttg homeschooling juga.

Thalia, if you like the idea of unschooling but still unsure, the alternative, you can look into waldorf steiner school. Kayaknya ada di Singapore.

24

Topic: Homeschooling

kayaknya seru juga ya homeschooling ini.. pernah sih baca di majalah, dan enaknya ya si anak bisa bebas milih hari itu mo belajar apa.. terus waktu belajarnya juga bisa di tentuin sendiri ( mo sore ato pagi ).. si emak yg ngajar juga hrs lebih melek pelajaran2 sekolah kali yaa.. niat seh buat nerapin ini ke Aga, tp apa daya energi dan sumber daya msh blm mendukung.. mungkin nanti kali yaa kalo dah smp or sma.. :P

mamahnya Aga & Asa :)

25

Topic: Homeschooling

Indie - tfs.Pgn deh baca buku2nya John Holt :D

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva