1

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

chyntiasm - problemku sama persis nih... preschoolnya banyak yang udah pake buku, atau jadwalnya padat, dll. akhirnya ampe sekarang masih blum dimasukin ke sekolah juga, soalnya ga ketemu yang cocok, padahal udah 3.5 tahun.

kayaknya nunggu ampe TK aja deh...

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

2

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

cynthiasm wah anak preschool pake buku? anak gue sih dulu di PG1 gak ada buku sama sekali. begitu masuk PG2, mulai dapet buku sih, tapi untuk belajar phonics dan bukunya juga kalo gue liat lebih buat orang tuanya untuk ngajarin anaknya bareng2 gitu, jadi bukan buku sekolah sih itungannya. itu juga cuma bayar sekali buat beli bukunya, dan belajarnya juga bukan yang kayak di akademis gitu. masih untuk bermain dan lebih banyak ke arts & crafts, bermain, etc.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

3

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

thalia : sama maunya juga tk masukinnya. cuma biasalah suka ada yg ikut campur... hehehhe
karna pengalaman dari bbrp temen anaknya udah mulai males2an sekolahnya.
akhirnya ikut sunday school, karena seminggu sekali sih lumayan mau ikut. pas bilang sekolah , langsung ambil tas di lemarinya.
cuma besoakannya pas bangun tidur, bilang "ayo kita sekolah", udah mulai males , malah nangis

sLesTa : iya, ini sampe nanya berkali2 buat anak 2thn, dan jawabannya "iya momy, kalo 2thn 1minggu 5x dari jam 08 - 10 dan pake buku"
kayaknya kasian banget yah masih 2thn gitu,
kalo 2thn rata2 1minggu 2-3x dan ga pake buku juga.
cuma nanya sama sana sini yg anaknya dah sekolahin disitu pada bilang bagus,
sampe yg jauh aja bela2in sekolahin disitu..
*tepok jidat deh*

4

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

Me: Tadi di sekolah ngapain aja?
Rere: Tadi di sentranya Umi Hestu, main pasir, abis itu meronce.. makan siangnya abis tapi selesainya terakhir, awalnya makan sendiri terus abis itu didulang Umi (selalu terakhir, hihi..) abis itu ikut sholat ma
Me: Rere happy gak disekolah? (pertanyaan wajib tiap hari)
Rere: (sambil nyungir) happy dong ma :D

Udah cocok banget deh ama PGnya Rere. Uminya sabar-sabar (sabar nyuapin makan siang :D) Gak text book. Kebersihan lumayan lah yaaa.. (bukan penganut harus higienis, biar anaknya bebal, hohoho) dan yang paling penting RAMAH di KANTONG (uang gedung bisa dicicil sesuka hati, yippi)

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu

5

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

mau share lagi soal preschool
akhirnya kemaren trial lagi di tempat preschool yg bikin penasaran
secara uang pangkalnya disc 50%
setelah dikasih perinciannya,
ternyata ada bayar uang buku juga
nah pas ikut trialnya
baru tau bukunya itu berupa buku yg ada gambar dan untuk mewarnai
biasanya kalo ikut trial cuma dikasih kertas bergambar
jadi nanti si anak tinggal mewarnai
yah ujung2nya tetep aja ga sreg di hati preschoolnya

6

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

bhumy udah 3 bulan ini di playgroup di yogya. deket rumah, ga sampe 10 menit naek motor. namanya MILAS playgroup. jadi kalo pagi dia playgroup n kalo sore jadi restoran vegetarian (salah satu the best vegetarian resto di yogya). dulu awal sejarahnya emang kolektif komunitas di yogya dan sempet gratis. kalo sekarang per bulannya 125 ribu dan uang tahunannya 125 ribu juga. ga ada uang masuk yg ga masuk akal. uang tahunannya juga bisa dicicil 6 bulan dan kita juga dipersilahkan menabung di sekolah.

kelasnya dibagi dua, kelas kecil n kelas besar. kelas kecil 2-3 tahun. kelas besar 3-4 tahun. kelas kecil jam 8 - 10, kelas besar jam 10 - 12. setiap kelas maksimal 15 orang, gurunya 4 orang. monday to friday.

jadi yang susah untuk masuk sekolah ini kadang karena musti daftar jauh2 hari. bhumy masuk juli kemaren, aku daftarin dari januari. karena banyak waiting list.

aku suka banget sama sekolah ini. tiap hari ada buku diary yg diisi gurunya n juga kita bisa kasih komen n curhat. bukunya juga dari recycle kerajinan. so memang agak green school gitu disini. bangunan sekolahnya semua dari bambu. salah satu favorit spot gwe untuk ngadem sore2 di yogya memang. dulu sebelum dia sekolah, kalo weekend sering makan siang disini.

guru2nya juga very critical n talkative. sangat bisa diajak curhat dan mereka ada kelas edukasi orangtua juga. kegiatannya dari nonton bareng, diskusi (curhat orangtua), sampe bikin outbond bareng juga. jadi memang dibasiskan menjadi komunitas yg interaktif.

dengan kondisi aku sebagai single parent, ini adalah sekolah yang sangat bisa diajak kerjasama. i wish mereka punya jenjang berikutnya, karena sayangnya sampe playgroup aja. anak2 yang tergabung disini juga sangat diverse in their background. but they can play together:)

hari pertama bhumy sekolah, dalam waktu setengah jam udah nempel sama gurunya. ya udah aku mlipir aja. waktu itu kan trial seminggu ya, buat mutusin anaknya mau sekolah apa ngga, ato kita cocok apa ngga. hari kedua dah aku tinggal. hari kelima, he told me to stay at the motorcycle and just drop him off, coz he can walk himself to the gate *terharu dah gwe*.

anak2 disini juga dapet snack yg sehat, basisnya vegetarian n mengandung buah n sayur, sering jajanan pasar n belajar minum jus. dan harus habis, kalo ga habis ga boleh pulang. bhumy malah sering nambah :P di lingkungan sekolah dan sewaktu kegiatan sekolah tidak boleh ada makanan siap saji dan dalam kemasan plastik. jadi waktu bhumy ultah aku bikin brownies isi wortel n bayam buat dibagi2 di sekolah. aku bawa seloyangnya diiket ke motor n dipotong2 di sekolah.

yang aku paling suka dari pendidikan di sekolah ini adalah anak2 dilatih menjadi mandiri. anak2 ga boleh ada yg pake popok n mereka diajar toilet training. wcnya didesain buat anak2, ada pegangan buat mereka. diajarin cebok sendiri. dan yg membuat bhumy sukses toilet training karena dia harus mencuci celananya sendiri ketika dia pup di celana. abis itu sampe sekarang kapok dan saya lega setengah mati hehehe.

anak2 juga dilatih buat bersih2 sendiri, kalo bikin kotor. belajar nyapu n lap sendiri. mainan dikembalikan, sepatu rapi dan tasnya ditaruh di tempatnya masing2. kurikulum mingguannya tiap harinya juga selalu ditempel di board, jadi kita tau kegiatan anak kita untuk hari itu.

ada kegiatan di luar sekolah juga, kaya berenang mingguan, memasak bersama, memasak di sekolah, outbond atau mengunjungi tempat sambil belajar. tahun lalu mereka mengunjungi klenteng, biar anak2 tau kaya apa klenteng itu dan belajar mengenai keragaman. seru deh kegiatannya:)

and yes, i do believe a good school not necessary have to be expensive. a good school i believe teach our kids with hearts. and i'm so glad to find it here.

writer. translator. mother to asabhumy. yoga addict. banci dapur.

7

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

Aah tertarik Astrid, tapi milas itu daerah selatan bukan?

hari ini adalah hari baik

8

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

astridreza: Milas daerah jalan Prangtritis ya? depan hotel Matahari ke barat terus belok kanan? kalo lokasinya masi di situ, ngga terlalu rame ya. jadi cukup aman buat anak2.
paling suka masakan vegetariannya Milas. tempatnya juga asik. dulu waktu cuma jadi resto, udah banyak mainannya lo. *loh kok malah OOT*

9

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

Fra (22m) udah seminggu ini gabung di child care (cc) dkt kantor ayahnya di Bekasi, masih tahap penyesuaian, nangis di awal2 ditinggal & saat dijemput, tapi skrg udah 2 hr ini dijemput tanpa tangisan, malah udah bs dadah2 sama temen2nya di cc

Di sana dapat 2x snack pagi-sore & 1x lunch, walo aku selalu bekalkan utk makan siang & sorenya sih
Slama ini yg udah2, snack paginya macam serabi kuah, muffin, kue basah/biskuit, trus kalo snack sorenya itu segala macam jus (melon, alpukat, tomat, dll), makan siangnya berupa nasi sop makaroni, spagetti, pure kentang salmon, dll (less sayur sih menurutku, makanya tetep aku bekelin sayur kukus buat ekstra cemilan)

Setahunnya kena uang pangkal 2,5 juta, spp per bulan 600 ribu, masuk senin-jumat dr jam 07.00-18.00
Dalam setahun ada 1x field trip, renang setiap sebulan sekali, tiap hari ada report harian kegiatan anak, termasuk perilaku & pola makan-tidur anak
Bahasa yg digunakan di sana 100% indonesia, ini mrpkn pilihanku agar Fra ga bingung dg bahasa ibunya

10

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

namila and adhya yoi, daerah selatan. eike kan di bugisan, jadi cuma 10 menit, motoran sante nyampe. bisa nyambi ke superindo ato ke pasar gading. bener gang setelah hotel matahari. salah satu tempat paling rindang di selatan :) iya dulu sebelom sekolah bhumy juga apal banget letak mainannya hehehehhe :D legonya satu tas besar, kalo digelatakin sama dia, separo bale2 langsung penuh. ada perpustakaan n ada bagian khusus anak2nya juga yang super asik :)

writer. translator. mother to asabhumy. yoga addict. banci dapur.

11

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

mamas,
ada yg pernah rayain ultah anaknya di child care ga?
sharing dong...

#mamod, mohon maaf kalo udah ada threadnya silakan dipindah aja ya..

12

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

Astridreza, siiip tak jadwalin ke sana..tks

hari ini adalah hari baik

13

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

missyayuk gue selalu bikin acara ultah anak di child care. tapi ya ini child care di spore yaa.. dan biasanya simpel aja. pas waktu makan siang kita dateng, bawa kue, trus tiup lilin, bagi2 goodies. udah deh.. soalnya anak2nya mesti mandi dan bobo siang abis itu :)

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

14

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

namila ngobrol2 aja dulu sama gurunya, sapa tau ketemu gwe lagi jemput anak heheheh

writer. translator. mother to asabhumy. yoga addict. banci dapur.

15

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

Slesta,
ow..jd simple gitu aja ya, kirain se-rempong klo HUT di resto fast food gitu
tahun lalu sih Fra ultah pertama di AW permata hijau, tahun ini pengen di cc-nya aja, mayan hemat cuman 12 anak & 6 miss, hehehe...
tfs ya...

16

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

anak saya 14 mos mulai ikutan playgroup, sebelum kelas dimulai dia keliatan hepi2 aja, tapi begitu kelas dimulai dia mulai nangis. hari ini adalah hari ke 3 dan saya diminta untuk tidak menemani anak saya lagi dikelas. hasilnya: anak saya meraung minta keluar kelas, bu gurunya pun jadi ga tega. saya disarankan untuk menyekolahkannya 1 minggu sekali saja agar tidak trauma (sekolah yg sekarang senin-jum'at) karena anak saya dianggap masih terlalu kecil dibanding teman2 nya yang lain (yang lain berusia 18 bulan - 3 tahun). tapi bagaimana anak saya bisa mengikuti kelas walaupun hanya 1 minggu tapi keadaan jiwanya masih tidak siap ditinggal ibunya.. jujur saya sedih mengenai hal ini karena dirumah dia hanya diasuh oleh seorang bude yang sudah tua dan kurang bisa memberi pengetahuan untuk anak saya. mohon masukannya ya mamas...

terima kaish

ibu yuna * mbok e yuna * mamak Q

17

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

hi mom,

salam kenal yah..
btw umur berapa si anaknya masuk k child care or pre school?
lebih baik anak kita masukkin k child care aj yah, daripada diasuh sama baby sitter kali y...selain itu, di sana juga banyak temennya khan?
trus tolong info child care or pre school di gading serpong ap y?

tq y..

18

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

Bennet,
Fra dulu masuk ke child care sejak umur 21,5 bulan
sekarang udah 2,5 bulan join, udah adaptasi bgt, enjoy dia di sana
kmrn tgl 4 Nov ulang tahunnya yg ke-2 dirayain di child care, rame & seru
dg budget 500 ribu aja udah bs adain party seru, tiup lilin, makan tiramisu & pop corn party, bagi goody bag sehat (apel, uht kotak, pop corn home made, coklat beng-beng, inaco jelly 3 pcs, wafer keju, croisant home made)
untuk miss2 teacher dipesenin hoka2 bento aja, hehehe...

19

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

yunitaariani, kalo di liat dr segi umur & mental, keqnya si anak belum siap deh. IMO, gak usa dipaksa, kasian anaknya ntar jadi trauma. Pengetahuan kan bukan hanya dari sekolah, bukan hanya sekedar hitungan or baca tulis. HTH

@lina_moi

20

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

bennett, kebetulan pertanyaannya udah dibahas di beberapa topik yang udah ada; umur berapa mulai sekolah, day care or babysitter ?, serta thread day care reviews. silakan meneruskan disana ya mama ...

less ego, more heart

21

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

Mamas, ikutan sharing ttg childcare yah, anakku slm 20 bln slalu diasuh oma nya, dan krn kasian sm oma nya yg jadi gak bisa lg ikut pengajian dan senam, jadilah kami daftarin anak kami k childcare yg berada di gedung yg sama dgn suami sy bekerja, di I-Lead ,,waiting list nya lumayan lama kurleb 8 bln..hari pertama sih dia enjoy bgt maen2,,pas ditinggal jg msh biasa aja,,tp bsknya dia udah sadar bakal ditinggal seharian,,lgsg lah menagis meraung2,,sy ga tega bgt aplg slama ini kan dia sll sm oma nya,,yg pst blm pernah dgn org asing gt,,berhari2 sll begitu,smp akhrny sy ngobrol sm salah 1 guru nya yg blg sbaiknya utk awal2 jgn terlalu lama ditemenin, kalo si anak ud nyaman dan percaya dgn mereka, baru deh boleh kl ortunya mu nemenin seharian jg,,dan ktny smua anak jg begitu, malah lama2 pada gamau pulang hehe..bagus sih mnrt ku disitu, diajarin tertib dan disiplin gitu, juga berinteraksi dgn sesama bayi2, jadi skalian preschool gitu dan kita pun lbh tenang krn ad supervisornya jg

-FullTimeWorkingMami-

22

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

Duh, ini maap ya kalo threadnya salah tempat..agak rancu soalnya.

Karena berbagai pertimbangan, gue+suami mutusin gak ambil ART/BS buat anak-anak kami (23m dan 2m). Gw FTM, jadi kita pikir ya sangguplah kerjasama ngurus dua anak sendiri + rumah, asal komitmen mau kerja bakti aja.

Belakangan kita kepikiran buat 'nyekolahin' kakak, soalnya energi toddler luar biasa kenceng, batrenya gak abis-abis, gw berdua suami aja sering kewalahan ngikutinnya, seringkali kita ketiduran sementara si kakak masih asik ngoceh sambil main mobil-mobilan.

Jadi kita pikir nih anak butuh tempat penyaluran energi selain di rumah, yg mana kadang emaknya lg sibuk sama urusan rumah tangga trus sekalian buat sosialisasi juga biar gak 'jago kandang' mulu.

Sebenernya sih tiap sore gw ajakin keluar buat main sama anak-anak komplek, lari-larian, dsb tapi lagi-lagi kalo ditanya sama orang lain dia gak mau jawab, cuek aja fokus sama urusan/mainannya sendiri padahal di rumah udah banyak banget ngomongnya. Kalo main juga dia belum bisa berbagi, suka pengen mainan orang lain. Gw pikir mungkin kalo di childcare bisa dilatih buat berbagi, kalo di rumah kan adeknya masih nuborn blum bs diajak main, yg ada dijailin teruus :(

Selain itu, ngelatih weaning (bener gak sih dengan cara gini?), sementara ini gw masih tandem nursing, gak masalah sih..cuman kalo gw gak tega nge-weaning, mungkin kalo di sekolah gw harapkan bisa self-weaning krn sekarang juga nen nya cuma kalo mau tidur aja.

Kebetulan ada childcare full day gak terlalu jauh dari kantor suami. Setelah cari tahu tempat, fasilitas, cara asuh dan biaya, kita cocok. Cukup 3x seminggu aja, tapi dari jam 8-4. Buat gw+suami, childcare itu isinya cuma bermain dan guru adalah fasilitator.

But then kita balik lagi ngeliat diri sendiri, udah bener gak ya kita mau masukin kakak ke sekolah. Baru 2th, kayanya masih kekecilan..somehow kasian juga, apa gak sebaiknya main dirumah aja gitu biar keperhatiin semua-muanya. Tapi inget lagi bhw kadang kita sering 'terlalu sibuk', jadi untuk ngasih stimulasi yg maksimal ke dia, mungkin perlu bantuan 'sekolah'.

Ini yang galau memang ibu-bapaknya ya, gimana sih biar tau yang butuh sekolah itu sebenernya kita atau anaknya?

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

23

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

Sorella
Kita senasib.. miriip banget. Anakku 2 (arza; 2 tahun dan abrisham; 5 bulan) tanpa ART juga.

Dan saya bisa merasakan kegalauanmu.. :P. karena saya sendiri melihat arza mainan sendiri terus di rumah karena saya ngurusin si adek.. Udah jarang ngajak main ke taman komplek coz saya g kuat klo harus kejar2 arza plus gendong adeknya *nasib,,g punya stroller*

Trus, arza tuh "jago kandang" bgt.. di rumah pecicilan dan full of energy (manjat, tendang, lempar, teriak-teriak, nyanyi2) tapi begitu ketemu orang lain langsung diam seribu bahasa plus anteng luar biasa..
Saat di playground dan ketemu anak2 sebayanya, dia kelihatan ketakutan dan butuh waktu sekitar 30 menit baru deh mau main sama tuh anak2 sebayanya tapi tetep dengan muka tegang plus takut :(

Sudah survey2 sekolah..karena saya+suami berkeinginan arza punya penyaluran energy plus sosialisasi juga.. tapi apa daya, cari sekolah itu jodoh2an.. pas di hati g pas di kantong.. pas di kantong, g pas di hati.. :(. Sekolah yang pas di hati dan kantong nerima murid min. usia 3 tahun

Akhirnya ambil keputusan untuk stay di rumah dulu,, sampe usia 3 tahun baru dimasukin ke playgroup. Tapi klo weekend diajakin ke keramaian yang banyak orang dan anak2; ikut car free day, jalan santai,, trus kadang2 juga diajakin ke playground di mall2 itu * jadi bertanya-tanya.. kok g ada playground yang di taman gitu ya.. biar anak bisa main di tanah*

Lalu saya juga beli buku2 yang isinya aktivity buat balita biar g mati gaya, beli puzzle, beli vcd kesukaan dia yang distelnya bertahap biar g bosen..

IMO.. klo sudah nemu childcare yang cucok..kenapa g? toh cuma 3x seminggu..
Ehm..tapi kenapa g cari playgroup/preschool saja? coz klo chilcare yang tadi disebutin kok rentang waktunya lama sekali..
*just my two cents*

Find Me @Mama's Mall
Qibi Zaqibi
ARISAN BUKU YUUK

24

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

piyut hedew, mirip! emang ya umur segitu nendang bgt energinya *lap keringet*

Mmm, disitu juga ada sih playgroupnya buat 2th jam 8-10, tapi gw+suami ngerasa kakak belum butuh 'program' sekolah. Klo childcare nya bisa pulang jam 2 sih, sudah plus makan + mandi (opsi jam 4 biar bisa diantar-jemput sm ayahnya sementara gue pny cukup waktu istirahat)

Selain itu ya biaya juga beda, kalo PG ada biaya installment dan seragam, rencana sih mau liat minat anaknya dulu kalo masih seneng 3th terusin ke PG, klo gak skip aja nanti 4th langsung TK.

Btw, ngelink blog nya ya :)

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

25

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

Sorella
Dicoba aja dulu.. dilihat minatnya.. si arraf hepi atau g disitu..

Boleh,, tapi blog-nya banyak sarang laba2nya.. :P. jarang apdet :D

Find Me @Mama's Mall
Qibi Zaqibi
ARISAN BUKU YUUK