1

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

Seperti kebanyakan orang tua lainnya, alasan saya ingin mulai masukin Jojo ke preschool adalah:

- untuk sosialisasi dengan anak-anak lain (kasian di rumah sendirian, nasib anak tunggal)
- biar nggak di rumah terus sama ART, ditungguin sih tapi sambil nonton sinetron dan disetelin lagu2 disko dangdut dengan volume kencang
- menghabiskan baterei energinya yang luar biasa melimpah
- biar lebih mandiri, terutama makan sendiri sambil duduk anteng

Walaupun saya WFHM, tapi kan ga selalu di rumah, beberapa kali seminggu harus pergi untuk urusan kerjaan ke tempat2 yang ga memungkinkan untuk bawa Jojo. Jadi ga bisa 100% ngawasin juga, dan ga bisa mengandalkan kemampuan ART yang segitu-segitu aja untuk mengasuh Jojo.

Plus saya ada satu motif tersembunyi yang egois: pengen ke gym lagi! Maunya sih ninggalin Jojo di sekolah selama saya nge-gym, jadi ga kepikiran di rumah dia ngapain, ART nyetel sinetron ga dll. Selama ini kalo mau olahraga di rumah, sit-up bench, yoga, treadmill dll ga pernah lancar kerna digangguin sama Jojo yang pengen tau mamanya lagi ngapain.

Jadi kriteria saya mencari sekolah adalah:
- dekat dengan rumah (ga mau habis waktu di jalan dan berkutat dengan kemacetan)
- dekat dengan gym
- tim sekolah yang care dengan anak
- bahasa Inggris
- ada outdoor play area
- harga terjangkau

Setelah mencoba berbagai preschool di daerah saya (Renon, Denpasar), pilihan jatuh ke Jumping Beans Playgroup and Kindergarten di daerah Sanur. Sekolah lokal lama yang baru diambil alih oleh keluarga Australia. Bangunan sih tua dan tidak mewah, tapi ini satu-satunya preschool dengan native speaker. Harganya pun jauh lebih murah daripada sekolah international/national plus/franchise lainnya yang telah dicoba - bahkan sekolah2 mahal inipun tidak punya native speaker. Selain guru native (anak dari kepala sekolah) ada juga 3 guru lokal, untuk kelas playgroup 18 bulan - 3 tahun, pre-kindy 3 - 4 tahun, Kindergarten 4 - 6 tahun. Karena baru dibuka kembali under new management, muridnya masih sedikit sekitar 15 anak jadi 4 guru masih cukup untuk saat ini. Enaknya di sini fleksibel, boleh masuk half-day program (jam 9 pagi - 12 siang) atau full day (jam 9 pagi - 2.30 siang). Ohya, lokasi sekitar 15 menit naik mobil dari rumah dan dari sekolah ke gym tinggal ngesot, ga sampai 5 menit :)

Waktu free trial, Jojo masih 16 bulan jadi keliatan banget dia belum lincah berlari, memanjat mainan dan main di sand box. Kepala sekolahnya berbaik hati mengijinkan ART yang biasa menemani Jojo untuk ikut menunggui dan mengawasi seandainya Jojo perlu bantuan. Tapi saya pikir, nanti jadi counterproductive ya? Batal mandiri nanti kalau tiap kali melirik, mbaknya langsung nyamperin :) Dan kebiasaan selama ini si mbak cenderung memanjakan, takutnya nanti malah overprotective sampai ngegendong dan nyuapin di sekolah, wah saya ga mau Jojo jadi raja kecil...

Nah sekarang Jojo dah hampir 19 bulan, dah ada kemajuan baik di bidang komunikasi (makin banyak kosakata) dan kemampuan motorik (dah bisa panjat tangga sendiri kadang malah bikin ngeri orang tuanya!). Nampaknya sih term berikutnya, awal Januari 2013, jadi deh Jojo mulai sekolah. Half day 2 x seminggu dulu, ntar kalau betah bisa nambah 3x seminggu atau ambil yang full day di school year berikutnya. Nanti saya update gimana separation anxiety nya, secara dia lumayan lengket sama saya dan masih breastfeeding walaupun cuma siang sebelum nap n malem menjelang tidur aja. Dari sekarang dah mulai dibisik-bisikin menjelang tidur: bentar lagi Jojo mulai sekolah, Jojo betah dan ceria di sekolah, punya banyak teman, bermain bersama, mama say bye-bye di pagi hari dan ketemu lagi di siang hari, dsb. Wish us luck ya!

learning something new every day...

2

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

Mama, tahun ini si kakak (2.5th) mau dimasukin PG-A + childcare, 8am-4pm. Lagi mikir2 nih apa aja yang harus disiapin dari sekarang, baik perlengkapan maupun kesiapan si anak.

Yang udah gw pikirin sih, u/ perlengkapan :
1. Alat makan & toilettries sendiri
2. Baju ganti 2 setel/hari
3. Training pants/cd yg agak banyakan, karena di childcarenya diajarin toilet training (tapi kalo pas sekolah kan enggak ya, apa ttp harus sedia diapers?)
4. Bekal sarapan dan snacks (makan siang udah disapin sama childcare nya, tapi gmn kalo di menunya ada yang nyebabin alergi?)

Sedangkan untuk kesiapan mental, saat ini masih gw godok buat bisa sendiri ;
1. buka-pake baju sendiri
2. gosok gigi sendiri
3. makan-minum sendiri
4. bilang kalo mau pipis/pup
5. jangan banyak nangis (ini agak susah siiih, secara lagi usianya terrible two..apa2 lebay bgt ada aja alesan buat nangis strategi/manja)

Kesiapan2 ini sih dimaksudkan biar dia gak terlalu demanding gitu sama childkeepernya, kan dia juga megang anak2 lain trus guenya juga biar tenang nitipinnya kalo anak udah agak mandiri.

Ada yang masih gue bingungin nih ;
1. Perlu gak dibawain obat-obatan? semacem parcet atau obat alergi..gue agak parno sih takut panas dikit buru2 dikasih, di luar sepengetahuan gue. Tapi kalo gak disiapin gimana kalo anaknya sakit?
2. Boleh gak gue tanya ke KepSek nya perihal apa ada anak yang punya penyakit di kelas, buat preventif aja gitu walo udah lengkap imunisasinya tapi kalo kena exposure ketauan gitu darimananya.
3. Mainan gak dibolehin bawa dari rumah, takut iri-irian sama anak lain plus disana juga udah ada mainan dan ada programnya jadi takut mengganggu, cuma gue takut si kakak nyari2 mainan kesayangannya.
4. Apa perlu gw catat jadwal sehari2 si kakak trus kasih ke pengasuh?
5. Kalo soal penanganan tantrum, dsb, apa gue mesti intervensi misal ngasih tau biasanya si kakak bs terdistraksi sama anu, atau biarkan aja mereka yang handle?
6. Etisnya kapan aja kita boleh telepon/ngecek anak ke sekolah?

Eh satu lagi ya, kalo perbandingan guru:murid 1:10 itu standar atau kebanyakan ya, ma?

Mohon masukannya ya mamaaa...nubie nih deg2an mau melepas anak sekolah, thanks a lot :)

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

nyimak dan menunggu jawaban dari mommies yg lain utk pertanyaan mommy sorella#maaf belum bisa bantu jawab# :)
hayoo mommies yg lain..ditunggu yah info dan tips ny (nathan msh 2y tp lg ngumpulin info dan tips jg..hehehe)

even you`re not baby anymore..but in my heart you`re always my baby..

4

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

hi sorella.. wow, persiapannya detil sekaliii!! jadi malu sama gue yang dulu waktu naia mulai sekolah mah cuek banget. karena gue percaya sekolah dan childtakernya udah punya sertifikasi dan dari interview mereka emang terlihat sudah terbiasa handle anak2. my advice, trust them! karena mereka udah handle berbagai macam moment dengan anak yang berbeda2, sementara kita ya cuma sama anak kita doang..

gue ga bisa bantu banyak karena anak gue di childcare di singapore, dimana disini kayaknya rada beda sih. tapi ga papa gue share aja ya.

1. untuk obat2an - karena anak gue kebetulan emang gak ada obat2an, dan ga ada alergi, jadi gue gak pernah kepikiran untuk naro obat. dan biasanya childcare disini hanya menerima obat2an yang emang di provide dari resep dokter, bukan obat lepasan. dan itu akan mereka ikuti sesuai instruksi. jadi kalo naro obat dan bilang "tolong dikasih kalo misalnya si anak begini atau begitu" biasanya mereka gak mau. karena kalo emang ternyata pas lagi di childcare, anaknya panas, mereka akan bawa ke dokter langsung. ditanggung dari childcarenya. selain itu, setiap datang ke childcare, anak2 itu di cek temp-nya, tangan, kaki, mulut.

2. anak lain pasti ada aja yang punya penyakit, dll. tapi personally kalo gue sih cara preventif bukan dengan tau dia sakit apa. karena childcare harusnya tau kalo emang penyakit si anak menular, si anak gak bakalan boleh ada di sekolah. tindakan preventif nya itu biasanya di childcarenya mereka ngajarin anak2 untuk selalu cuci tangan sebelom makan, abis main, dll. jadi gak saling nularin.

3. gak usah takut dan berpikir anak akan nyari mainan kesayangan. dr experience gue, justru mereka excited karena menemukan mainan baru di sekolah yang ga ada di rumah. bahkan mungkin malah nemu mainan kesayangan di sekolah, jadi ga kangen sama yang di rumah.

4. untuk pertama kali, it will help ngasih jadwal sehari2. jadi childtaker-nya tau.. untuk pengenalan. lama2 nanti habit si anak akan berubah selama di childcare, mengikuti jadwal yang udah ditetepkan oleh childcarenya.

5. ngasih tau kayak si anak sukanya apa, biasanya kalo marah karena apa, gitu sih boleh2 aja. it will help them during adjusting period. tapi biasanya nanti childtakernya akan tau kok kalo udah lama.

6. hmm.. kalo gue malah ga pernah. kecuali kalo anak gue lagi kurang fit, gue cek untuk tau apa di childcare gapapa. orang tua lain sih mungkin suka nelpon yaa.. gak tau juga. tapi gue jarang. karena mikirnya, anak gue ada di childcare dimana gue udah percaya dan tau kalo childtakernya baik2 dan sangat care sama anak gue. gak mungkin diapa2in. mungkin sih karena anak gue udah lama disitu. tapi mungkin di awal2 gapapa coba ngecek misalnya sesudah makan siang, atau sesudah nap time.

jadi intinya sih, waktu kita memilih childcare itu, kita udah kenal baik dan tau schedule mereka, bagaimana nanti yang ngasuhnya, orangnya seperti apa.. kalo perlu kita liat dulu cara dia handle anak2 lain sebelom anak kita masuk kesitu. kalo udah sreg, ya udah.. lepasin aja. kalo kata nyokap gue, wallahu alam.. karena it's part of their growing up, separated from the parents and become independent. emang banyak yagn bilang mungkin too early. well, maybe.. tapi so far karena gue ngantor, gue ngeliat banyak positifnya kok dari anak gue yang stay di childcare dari umur 22bln.

and don't worry ttg terrible two. you'll be surprise kalo ternyata pas sama pengasuh di childcare justru mungkin lebih behave loh. tantrum dan lebay itu hanya ke ortunya aja hehe.. ini sampe sekarang gue suka komplen ke guru2nya naia di sekolah krn di rumah naia begini begitu.. trus mereka pasti bilang.. itu normal, tapi di sekolah naia is a good girl.. very independent, bla bla bla... lah?? beda banget ama di rumah! hihi..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

5

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

Ih slesta makasih banyak yaaaa, helpful banget deh jawabannya *hugs*

Iya akhirnya bulet deh, gw daftarin Arraf sekolah PG+childcare pulangnya, cuma 2x seminggu, karena hari sabtunya gak ada childcare, gak apa-apa, cocoklah buat gw yang WAHM.

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

6

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

waah klo sharing pengalaman di sini ya..
1st thing 1st berasa ya betapa berkah tak terkira punya anak yg gak rewel.. jadi mamanya tenang apapun alternatif pengasuhannya..

selama di daycare mungkin ini yg bisa di share:

WHY DAYCARE
jujur, ini solusi yg dulu saya anggap paling 'hina' di bidang pengasuhan anak, tapi memang sesuai ya quote dari AlQuran:
"yang baik menurutmu belum tentu baik bagimu, dan sebaliknya"
[list=*]

  • sarana sosialisasi.. emang lbh baik cari daycare yg anak2nya seumuran.. sambil belajar berbagi (anakku pelitnya ampun deh, padahal anaknya supel)[/*]
  • bersih.. dateng2 kadang belom mandi.. pulang udah harum n bersih, sampe detil ke kuku, rambut, dll.. :D [/*]
  • gendut.. anakku gtm all de way gak pake moment.. ternyata cuma pas sama emaknya doang.. di daycare doong, 5 menit 1 mangkok penuh abis.. di rumah, separo porsi aja bisa 2 jam -__-.. mungkin karena banyak temen jadi maem nya banyak[/*]
  • mandiri n gak manja.. [/*]
  • bonding quality meningkat.. seharian gak ketemu.. pas ketemu udh rapi jali cantik siap bobo.. jadi bisa fokus ke stimulasi n bonding.. ngajak dia cerita2.. nyanyi.. ketawa2.. memorize words (dulu mah pulang kantor masih berkutat dgn mandiin, ngasih makan (yg bisa berjam2), trus bobo, gak sempet ngobrol n bawaannya gampang marah).. masa2 jahiliyah banget deh.. maap ya nak..[/*]
  • last but not least, kewarasan emak jd cenderung stabil :D kewarasan saya anjlok saat anak gtm, pikiran kemana2.. gak nyangka daycare jd solusinya.. alhamdulillah sekarang anakku pola makannya udah agak stabil walopun sama emaknya.. [/*]


    WHY DON'Ts
    [list=*]
  • masalah klasih daycare.. pingpong penyakit.. pilek aja terus ganti2an.. tapi ya, klo mo dipikir2.. 6 bulan cuma pilek doang klo sakit kan alhamdulillah bgt.. gak diare gak batuk, jd efek sakit paling banter cuma sampe "ih jelek amat, umbelan mlulu".. berat badan aman.. napsu makan aman.. *sekarang aja alhamdulillah,, pas kejadian sakit ttp panik tak terkira :D* [/*]
  • umur habis di jalan
    daycare anakku deket k kantorku n ayahnya.. tp jauh dari rumah.. jadi ya sehari2 dia ikut berjam2nya di jalan.. khawatir?? iya banget.. tp ya alhamdulillah lagi, ntah berkah bawaan dr lahir, ntah krn di latih fisiknya dr kecil, ya anaknya fine2 aja.. [/*]
  • pricey.. iya banget kan.. mahaal.. apalagi untuk ibu2 yg masih serabutan kerjanya kayak aku.. tp ya dipikir, segitu untuk biaya anakku di handle 10 orang (wlopun yg in charge resmi cm 1) ya masuk akal sih.. jadi itung2an nya bukan biaya 'pengasuh' aja, tp biaya sosialisasi, biaya perbaikan gizi (kasus sy doang yg emaknya gak becus nyuapin), biaya pendidikan (karena ada kurikulum belajar sambil bermaen), biaya ketenangan mamah anak dihandle byk org, daaaan biaya utk menjamin kewarasan si mamah krn makan si bayi cukup [/*]


    mudah2an bisa bantu ibu2 yg galau tentang daycare ya :)
    prinsipnya sih,, tentukan tujuan dan fundamental globalnya.. apa yg harus dicapai, prinsip apa yg harus dipegang.. nah mo daycare, mo babysitter, mau eyang, mau rawat sendiri slama 2 hal itu tercapai, ya why not (dgn +- tentunya karena keterbatasan kita sebagai manusia)

    Mother of #gorgeousRunni | @amaliarahmah | http://amaliarahmah.com

    *Children do teach us a lot more about whole universe with their unique way,,
    when we, the parents, claim ourselves as the ones that do it..
    *
  • 7

    Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

    amaliarahmah, bantu banget nih buat urban mama yang galau :)

    kalo gw pribadi nggak memilih daycare karena kebetulan rumah mertua cuma beda satu blok dari rumah, jadi meskipun pake mbak, ada yang selalu mantau meski pun nggak setiap saat. Trus yang gw bersyukur banget, komplek gw itu banyak ibu2 setengah baya yang udah pensiun atau memang dari dulu IRT, mereka care banget dan seneng sama anak kecil, jadi mreka kurang lebih kayak bantu mantau anak2 di rumah, bikin gw berasa lebih aman, satu lagi, gw gak kerja tiap hari, jadi sayang aja kalo harus dimasukin daycare..

    twitter and IG: @zataligouw
    Blog : http://www.zataligouw.com/

    8

    Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

    salam kenal mama-mama semuanya...
    anakku Gendis 2tahun 4bulan, udah mulai heboh minta sekolah (cos suka sirik n mupeng kalo liat saudara or tetangga pada pergi n pulang sekolah). kita tinggal di pinggiran yogya (desa wisata ketingan - mlati). butuh info nih dari mama-mama yang stay di yogya, kira-kira sekolah yang cocok buat gendis. pengennya sih ada english lesson dikit, n ramah di kantong. ada temen yang recomended ke blue dolphin, alamatnya di sagan, tapi rada jauh juga.. maklum kita tinggal di desa.
    ditunggu saran n masukan dari mama-mama semuanya...makasih
    *maaf kalo salah tempat*

    9

    Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

    gak salah tempat kok Nanda Melantika..

    Duh Gendis lucu banget, kayak anakku juga yg udah minta sekolah..

    Urban mama yg di jogja mungkin bisa bantu?

    twitter and IG: @zataligouw
    Blog : http://www.zataligouw.com/

    10

    Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

    chint13 wrote:
    slesta, oh gitu ya.. gw pikir beda loh antara childcare dgn preschool. :p
    childcare itu gak ada yg less than half day (4hrs) kayaknya. dan juga nggak ada K1-K2 nya kan? jadi lebih ke nitip anak tapi sambil ada pelajaran. jadi umurnya bisa dari 18mos - usia anak SD. misal, u/ anak yg udah SD abis selesai sekolah dia trus ke childcare ini krn di rumah gak ada yg jagain. anak2 ini ntar ada waktu istirahat, bikin PR, dan makan.
    kalo u/ yg muda2, emang diasuh full day ama mereka.

    kalo preschool, lebih ke sekolah aja. bukan nitip anak. tapi mereka terima as early as 20mos juga.
    dan u/ yg nursery or younger, ada yg cuma 1-3 jam. dan ada tingkatan sampe K2.
    disediain makanan juga.

    tapi kalo ternyata ada childcare yg merangkap preshcool ya bagus.. all in!
    keep looking shin.. :)


    Ada moms, sekarang kayaknya sudah mulai di gabung seperti sekolah anakku, dia kebetulan daycare tapi termasuk preschool juga, jadi 2 jam sehari sudah ada kegiatan sesuai kurikulum nya, jadi gak report anter jemput lagi mom..
    dan mereka sudah terima dari usia 3 bulan loh..
    basically daycare yang terstruktur lebih tepatnya ya mom

    What you see Is what you get>>>>Be yourself Only Better>>>>

    11

    Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

    moms..gmana ya bujuk anak biar mau sekolah..anakku 3,5th gak mau sekolah lagi krn slama ini yg tadinya nenek atau mba nya dibolehin nemenin masuk klas, skali waktu dilarang sama gurunya..eeh nangis jerit,trus skarang dah ga mau ke sekolah lagi..anakku emang tipikal ga mau diem..tp di lingkungan baru dia pemalu bgt..gmana tuh yaa..

    12

    Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

    mami syauqi, pelan-pelan aja, jangan dipaksain. Kalo pengalaman gw pribadi, anakku yang baru masuk PG harusnya seminggu 3x, tapi kadang, saat dia nggak mau sekolah, gw akan coba bujuk, kalau nggak mau, ya nggak dipaksa, biar dia nggak trauma untuk pergi ke sekolah dan merasa sekolah sebagai beban, toh masih PG juga.

    mungkin untuk kasus mami syauqi, anaknya ditemenin aja dulu, ijin sama gurunya, sambil sesekali dicoba di'tinggal' gitu aja terus samep si anak merasa nyaman dan percaya kalo gak ada nenek/mbaknya dia akan tetep baik2 aja di kelas..

    twitter and IG: @zataligouw
    Blog : http://www.zataligouw.com/

    13

    Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

    mami syauqi
    sependek pengalaman saya bersama dua anak yang sama-sama dulunya takut ditinggal di kelas berikut yang bisa saya share:
    Sebelum sekolah saya ceritakan dulu sekolah itu seperti apa, ada apa saja, akan beraktifitas apa saja, dan akan beraktifitas dengan siapa saja. Saya cerita kalau sekolah itu bermain dan belajar bersama guru, teman-teman.
    Kalau Pertama kali masuk playgroup si anak takut, nangis, dan gelendotan sepanjang jam sekolah saya kira itu wajar. Anak gak mau ditinggal itu karena dia merasa tidak nyaman dan tidak merasa aman. Jadi agar ia mau ditinggal, tentunya membantu memastikan pada si anak bahwa kondisi aman dan nyaman. Kenalkan pada guru-gurunya. Koordinasi dengan gurunya, agar anak mau bermain dengan gurunya dan nyaman ada di dekat gurunya. Kenalkan dengan teman-temannya, dikenalkan kalau bermain sama teman itu juga asyik. Kalau anak merasa aman dan nyaman di sekolah, harapannya mengurangi rasa takut si anak. Selama proses adaptasi itu memang harus selalu didampingi. Dengan kerjasama yang baik dengan pihak sekolah, semoga anaknya makin lebih mandiri ya...

    -WiwiT-
    An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
    @wiwidwadmira | the Setyadi's

    14

    Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

    mami syauqi
    Anak saya yg terlatih ketemu orang baru (krn selalu dibawa kerja/kampus) dr umur 3 bulan juga jerit2 kok wkt sekolah (daycare/sekolah) baru (oiya ini si anak umurnya 2yo)..
    Lamaa nangisnya, baik pas dianter, maupun dijemput.. tp finally setelah seminggu dia baek2 aja.. udh gak pernah nangis lagi.. senyum pas diantar dan dijemput..

    klo saya prinsipnya, iya ditemenin dl, dikasih pemahaman, dan harus liat saat kita ninggalin dia (gak pura2 sembunyi gitu).. ada saat dia tetap nangis, ada lgsg senyum n salim tanda dia mengerti.. trus pas pulang, dilanjutkan pelajaran atau pengalaman di sekolahnya (nyanyi, ngaji, atau sekedar bertanya siapa aja temen2nya, temennya td gimana, dll).. hehe.. maksud saya sih sederhananya menanamkan: Mama will always be with you even when you're in school (and mama's in work)..

    Mother of #gorgeousRunni | @amaliarahmah | http://amaliarahmah.com

    *Children do teach us a lot more about whole universe with their unique way,,
    when we, the parents, claim ourselves as the ones that do it..
    *

    15

    Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

    ya moms..trimakasih saran2nya..aq sekarang lagi nemenin anakku sekolah dalem kelas..untungny alagi masa cuti anak kedua,,sedih banget kalo liat temen2nya yang udah mandiri..anakku di sekolah pemalu pendiam,, tapi kalo dirumah huaaa ampuun lincah n susah diatur,, kadang aq mikir kok bisa ya begitu...tp tiap anak punya karakter masing2 ya..mudah2an nanti bisa lebih mandiri..amiin..harus semangaaat;)

    16

    Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

    Aduh sticky ya forum ini. Saya ramaikan kembali, ya. Mama, aku guru yang harus masuk jam 7. Anakku 3 y. Minggu lalu 3 hari dia mau masuk PAUD, aku yang nunggu, kebetulan siswa-siswaku sedang ke Bali, jadi aku ijin. Tapi dia tidak mau, bahkan jerit-jerit di gerbang PAUD, kalau yang nganter ayah atau neneknya. Aku paham kalau anakku tu memang harus pelan-pelan kenalannya. Aku yakin juga kalau aku yang nunggu, lama-lama dia akan mau di PAUD. Tapi kan nggak mungkin ijin sebulan nggak ngajar. Atau nekad ijin aja, ya? Bener-bener pusing karena biasanya yang ngasuh dia, kalau nggak neneknya, ya ayahnya. Padahal mendesak banget ini, karena neneknya akan naik haji tahun ini, sedang ayahnya pas musim haji itu kemungkinan masih layar.

    17

    Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

    Hi moms!

    Maaf kalo OOT, mohon diredirect ke arah yg benar ya.

    Saya sedang cari child care full day/half day di Singapore, kalo ada yg bisa casual/daily per visit aja. Soalnya mau nemenin keluarga yg berobat di Mt. Elizabeth selama 2 bulan.

    Selama ini Niko (22bln) di Jakarta sudah rutin di daycare sejak umur 3 bulan. So far dia menikmati hari-harinya di "sekolah" dan belakangan sudah ikutan belajar sama kakak-kakaknya di kelas toddler. Malah mamanya yg jadi jiper sepulang dari daycare dia semangat banget tunjuk dan sebutin angka 1-9. Kami memilih untuk tidak punya nanny/ART/supir dan bukan tipe orang tua yg pingin anaknya terlalu cepet belajar terlalu banyak terlalu dini, tp anak ini memang semangat jadi ya kami ikutin aja maunya ke mana.

    Menurut pengalaman Niko dan daycare-nya, kami cukup tenang dan percaya dengan daycare tsb. Intinya memang komunikasi antara apa yg kita harapkan dan apa yg mereka (carer) bisa deliver. So far, keperluan dan kebutuhan Niko selama di daycare selalu terpenuhi. Pastinya ada +/-, tapi selama bisa dikomunikasikan dan dicari solusinya bareng2, daycare jawaban untuk membantu kami beraktifitas sehari2.

    Sakit batpil udah jadi bagian dari rutinitas, tp selama gak parah banget ya gak bawa ke dokter. Namanya virus obatnya cuman istirahat dan minum yg banyak. Kami jd belajar untuk gak panik pas Niko sakit sambil memantau kondisinya. Sama-sama ingetin daycare-nya untuk lebih perhatikan higenitas dan kondisi anak2nya. Kalo sakit agak parah ya mendingan bolos daycare, drpd ketularan/nularin ya kan?

    Nah, karena mau tinggal sementara di Singapur, sepertinya perlu meneruskan rutinitas "sekolah"(mamanya jg perlu untuk punya waktu/ruang lega untuk urusan ina inu di RS). Rutinitas ini dalam arti kegiatan sehari2: bangun-sarapan-ganti baju-berangkat-"sekolah"-pulang-main-mandi-makan-sikat gigi-baca-tidur. Menurut kami penting tetap ada rutinitas tsb karena kali ini kami pergi cukup lama. Kalau hanya liburan 1-2minggu biasanya kami bebasin aja tanpa rutinitas itu.

    Semoga ada yg pernah punya pengalaman sama ya. Apa ada yg punya info ttg daycare full day/half day di sekitar Orchard?

    Thanks moms :)

    18

    Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

    purilestari
    coba masuk ke thread daycare reviews atau masuk ke Schools in Singapore kalau gak salah sLesTa pernah cerita ada sekolah + daycare. Semoga segera ketemu :)

    -WiwiT-
    An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
    @wiwidwadmira | the Setyadi's

    19

    Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

    anak saya usia 21 bulan, lagi nyari paud/playgroup daerah jakarta barat nih. ada yang punya referensi gk?

    20

    Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

    haii para mommies2 keceh... salam kenal sblmnya yaa.. maklum newbie hihihi..
    mohon info dan arahan dunk dari mommy2 dsini..ada yang sudah pernah atau ada pengalaman skolahin putra/putrinya di PG Sekolah Alam cikeas (SACI) atau di PG Quantum Indnesia ? mohon inf dan alasan kenapa mommies mensekolakan putra/putrinya di salah satu sekolah itukah ?

    karena rencananya, Insya Allah tahun depan ak mau masukin anakku ( cowok) sekolah Playgroup pas di usianya 3.5 thun.. tapi masih binguuung banget.. mau yg di SACi/Quantum..

    Trimakasih sebelumnya ya mommies...

    21

    Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

    hai mom...saya jessica..
    saya mau review daycare nih, mungkin mommy2 cantik di forum ini lagi cari dayccare di daerah jakarta barat. 
    kebetulan ada Bens daycare nih mom..tempatnya bersih, nyaman dan seperti rumah kedua buat anak. di bens juga mereka di asuh oleh guru2 mom..makanya ga rugi deh kalau titip anak di bens.. dan guru2 nya ramah ramah dan baik hati.. penampilannya juga cantik2 dan rapi loh mom..pokoknya mereka sangat profesional. kebetulan di bens daycare itu juga ada sekolah preschool nya..
    biasanya yg udah 2 tahunan langsung ambil paket yang sekalian sekolah..
    sekolahnya dengan bahasa pengantar bahasa inggris loh mom, dan memakai metode montessori..wajar sana kalau anak-anak happy banget kalau sekolah. pas cek harganya, ternyata sangat terjangkau, kisaran 1.5juta-2.5 juta/bulan..apalagi kalau ambil paket yang sekalian sekolah sudah termasuk sangaat ekonomis deh..dan kualitasnya juga bagus banget..
    dan katanya tahun ajaran baru lagi ada promo besar2an nih..

    oh ya, kemarin aku sempat cek IG nya sih, banyak banget event2 yang seru loh..coba deh cek IG twinklestarsjkt