1

Topic: Mandi Bersama Anak, Yes or No?

Moms and Dads,
pertama2 sori ya kalo topik ini kedengerannya agak mengganggu..
pertanyaannya, mandi bareng anak, yes or no?
Kalau iya, kenapa?
Kalau iya, sebaiknya kapan berhenti mandi bareng dengan anak2?

Aku mempraktekkan mandi bareng anak sejak anak pertama, lebih karena alesan kepraktisan. Dulu kami ga ada pembantu sehingga susah untuk ninggalin anak, utk mandi sekalipun. Makanya anak2 mandi bareng kita.

Nah.. ini jadi keterusan.. karena enak, praktis banget. Proses mandi jadi lebih cepat, dan sekalian. Dan anak2 jadi belajar juga soal jenis kelamin, dan ngerti bahwa mereka itu cowok bukan cewek, membandingkan badan ibu dan bapaknya. Jadi kapan sebaiknya kami berhenti melakukan ini?

a frantic housewife :p

2

Topic: Mandi Bersama Anak, Yes or No?

Chaerani, Yes, sejauh anak perempuan mandi sama ibu, anak laki2 mandi sama ayah...

Pertama ngelakuin itu pas icha udah gedean, dia minta masuk ke kamar mandi pas gue mandi, ya udah sekalian aja mandi bareng. Pertama emang banyak pertanyaannya, ini apa, itu apa? Ya jawab aja, hehe... :D

Tapi gatau juga deh, kapan idealnya harus berenti... Soalnya dulu gue pas masih SD, kadang2 masih mandi sama nyokap, masalah kepraktisan juga sih, secara kamar mandi terbatas... Mungkin senyamannya aja kali ya...

“The mother's heart is the child's schoolroom.”

3

Topic: Mandi Bersama Anak, Yes or No?

kalau gw bukan mandi bareng anak. tapi mandi pas ada anak di kamar mandi. karena kita juga ndak ada pembantu, pintu kamar mandipun sewaktu2 bisa dibuka sama vanya. jadi kalau giliran gw mandi selalu bagian depan badan menghadap ke tembok :D

yg tidak bisa dihindari ketika gw lagi mandi, tiba2 vanya ingin pup. daripada dia selalu suruh gw dancing, mendingan jadi kesempatan untuk mengajari dia cara mandi sambil dipraktekan langsung. sekalian juga mengajari dia hands, finger, back, legs, hair etc semua dilakukan sambil menghadap ke tembok

bapak dari vanya sekaligus baby assistant di nenen baby shop

4

Topic: Mandi Bersama Anak, Yes or No?

ran, kalo gue sih sering mandi bareng aina, sekalian main2 bubbles dan lain2... dia nanya2 sih, ttg anggota badan dan banding2in antara dia dan gue... tapi kalo ari udah ga pernah lagi. soalnya, waktu itu dia kelabakan waktu aina nanyain, kok pipitnya ari lain (hihihihi).

sama kayak yudhis, kita kalo mandi, pintu kamar mandi selalu dibuka, biar aina bisa keluar masuk kapan aja, dan kita juga bisa denger dia ngapain aja. tp kalo gue lagi di rumah, ari sih tutup pintunya.

honestly, kita parah banget nih dalam hal ngajarin "perbedaan kelamin" di aina... ga tau mesti gimana. dan gue juga ga tau akan gimana kalo gue punya anak cowok. mungkin gue minta ari yang mandi bareng dia. kalo gue mandiin dia, bakaln fully clothed.

bukannya karena gue rasa itu yang bener. lebih kearah gue ga tau mestinya gimana, jadi cari amannya aja dan menghindar :P

menurut yang lain gimana?

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

5

Topic: Mandi Bersama Anak, Yes or No?

awalnya gw mandi brg anak karena dia suka susah bgt kalo disuruh mandi..jd setiap kita mandi brg, dia suka seneng bgt, dan bener kata chaerani praktis hemat waktu kalo mandi brg anak..walopun dia suka celoteh2 nanya2 ttg anggota tubuh..
tp gw jg sama kyk thalia, pasti bakalan bingung kalo seandainya anak gw laki, pasti gw bakalan nyuruh suami gw yg mandi brg dia...

oh iya, mandi bareng ini ga setiap waktu gw lakuin, paling seminggu sekali, biasanya gw curi2 waktu mandi pas dia lg tidur...soalnya gw tetep aja risih kalo mandi brg anak gw, meskipun dia berjenis kelamin sama..

6

Topic: Mandi Bersama Anak, Yes or No?

Waah, berhubung sama2 perempuan, gue dan Ayla bisa dibilang sangat sering mandi bareng. Dia nanya2 sih pasti, dan gue jawab sejujur2nya, tentang perbedaan certain body part's sizes, and hair and no hair. Dan sejauh ini dia sangat bisa menerima, dan bisa bilang, "ooh, so I'll be like you when I'm bigger mommy?" dan dia paling suka kalo bisa nyabunin gue, she feels smart and grown somewhat karena bisa melakukan apa yang gue lakukan.

Taapiiiii, tidak seperti Yudhis, suami gue sangat2 menolak untuk mandi bareng Ayla. Dan gue nya pun pasti risih kalo dia harus mandi berdua. Gue takut Ayla parno karena gue inget banget pas masih kecil ngga sengaja ngeliat punya babe gue dan alamak rasanya mau bunuh diri deh dan sejak itu jadi benci boys. Jadi gue ngga siap kalo Ayla harus go through that. Let her learn what boys have from study books aja deh, not the real deal :D

Rock 'n Roll Momma

7

Topic: Mandi Bersama Anak, Yes or No?

Ngacung !! hihi aku sering mandi sama chise, awalnya karena buru-buru biar praktis. Sempet dia nunjuk en sebut nenen. Tapi mungkin karena masih 2t dia blm terlalu perhatiin, alhamdulillah .. blm siap mamanya jawab pertanyaan ttg perbedaan body. Biasanya aku kasih mainan jadi buat ngalihin perhatian dia selama mamanya buru2 selesain urusan mandi. Biasanya chise main air di ember yg dbuka krannya, kelar mamanya baru deh chise dimandiin...

Klo papanya anti bgt, jangan deh...ntar horor kyk djemima bilang,s oalnya gw juga gitu :D

8

Topic: Mandi Bersama Anak, Yes or No?

sejak alde masuk nursery a, mandi udah ga bareng lg ran. soalnya alde dijemput pagi banget jd gw selalu mandi duluan.

sama sih krn alasan kepraktisan, suka mandi bareng. ya, alde pernah nanya certain body parts n gw jawab jujur trus gw bilang kalo alde is a boy n mama is not.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

9

Topic: Mandi Bersama Anak, Yes or No?

Mungkin kalo punya anak cowok, lebih gampang ngasih dia pengertian soal mama's body daripada kalo punya anak cewek dan diajarin dad's body ya Nit. Arrrhh, memikirkannya pun ku tak sanggup ahahahah *jadi teringat trauma dulu.

Rock 'n Roll Momma

10

Topic: Mandi Bersama Anak, Yes or No?

iya, bener ya, djem... kok kayaknya banyak anak cowok yang mandi bareng ama ibunya, dan ampir ga ada anak cewek yang mandi bareng ama bapaknya... kok kayaknya jauh lebih susah (apa taboo?) untuk ngejelasin. bapaknya juga ga berani....

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

11

Topic: Mandi Bersama Anak, Yes or No?

Kita malah gak pernah ada yang mandi bareng. Kita sudah kebiasaan bangun pagi jam 4.30, jadi kita pada mandi duluan, setelah beres baru deh bangunin anak dan aktivitas mereka mulai, dari dimandiin, gosok gigi, dll.

Gak tau deh kalo ada rasa taboo atau apa, kita memang begitu aja dari awal dan menurut gue sih paling praktis. Kalau weekend aja paling gue bangun dan mandi rada siangan, tapi pas gue mandi ya anak-anak dah pada mandi semua dan antara lagi main, makan, atau nonton Tv.

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

12

Topic: Mandi Bersama Anak, Yes or No?

Gw termasuk yg mandi brg anak laki2 krn alasan kepraktisan. Gak sering sih, tp klo lg buru2 ya mau ga mau. Nara suka nanya2 penasaran knp tubuhnya beda, jd gw jelasin dgn cool aja ini itu apaan dan kita beda krn bunda perempuan & nara laki2 sperti ayah. Gw jg ngga pake kata ganti untuk anggota tubuh pribadi, so p*n*s is p*n*s, cuma gw bilang klo ngomong itu ga boleh kenceng2...

metariza.com | mother of two |@metariza

13

Topic: Mandi Bersama Anak, Yes or No?

wah seru nih topiknya!
gue malah sering banget take a bath bertiga sambil ngobrol atau tebak2an bahasa indonesia antara papa dan alyssa. dan anak gue udah tau perbedaan body parts antara ce dan co, dan dia sih santai aja. gue emang gak kepingin dia menganggap penis dan veejayjay itu sebagai sesuatu yang tabu/jorok/kotor/mesum. mereka anggota badan, dengan fungsi masing2 sama dengan tangan kaki, dll.
cuma gue bilang aja sih ke neng al kalau veejayjay dia gak boleh diumbar ke semua orang. cuma mama/papa/oma/uti/tante yg boleh liat (misal ganti celana/rash/dsb). gue juga bilang kalau selain orang yg diatas ada yg berani pegang2, dia harus kabur/lari/teriak dan ngaduin ke kita.
sampai kapan anak boleh mandi bareng? hmm.. gue gak tau. sampai masing2 ngerasa gak nyaman aja kali yah.

14

Topic: Mandi Bersama Anak, Yes or No?

ow parents... thanks for sharing. udah baca semuanya, gue mau coba gaya nudisnya yudhis ajah.

And thelilsolder is back. Fire!

15

Topic: Mandi Bersama Anak, Yes or No?

wah, gue kayaknya tertarik a la fanny, nih... mesti nebelin urat jaim dulu tapi... *deg2an*...

hehe, ini jadi kayak menu gini, bisa pilih2... :P

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

16

Topic: Mandi Bersama Anak, Yes or No?

kalo gw udah gak mandi bareng lagi sama adam (4.5 thn) sejak umur 2.5 thn an deh...jd dia udah ngerti kalo gw lagi mandi, gak boleh buka pintu.

17

Topic: Mandi Bersama Anak, Yes or No?

Jujur gw agak risih mandi bareng sama rasya. jd dr dia bayi sampe hampir 2thn, gw blum pernah mandi bareng sekalipun. Palingan dia kl mandi bareng sama ayahnya aja itupun jarang2.

Sebenernya umur brp ya perlu diajarin mengenai "jenis kelamin", cukup ga ya ngajarin mereka tentang perbedaan jenis kelamin dr fisik yg terlihat aja?

'Being a full-time mother is one of the highest salaried
jobs... since the payment is pure love' ~mildred~

18

Topic: Mandi Bersama Anak, Yes or No?

ysee Naia baru kemaren mulai gue taro di daycare. trus kan emang masuk di playgroup 1. gue liat di kurikulumnya, mereka itu diajarin selaen socializing juga untuk kenal diri sendiri. gak hanya nama tapi juga gender mereka. jadi kayaknya sih kalo udah umur 2 tahun, udah bisa diajarin yah. yang basic2 aja.. kalo papa itu cowok, mama itu cewe. dan genital bisa juga diexplain, walopun gak detail2 amat.

kalo gue seringnya itu naia suka pegang2 genitalnya kalo abis mandi. trus suka gue larang, dan akhirnya gue bilang aja.. "naia, gak boleh pegang2 (dia bilangnya "pegang" kalo nyentuh area genitalnya)... yang boleh cuma mama ama mbak iyah ama oma yah!"

belom tentu dia ngerti 100% sih pastinya, tapi hopefully bisa membantu. gue sendiri pun belom ngajarin genital & perbedaan cewe ama cowo sih ke naia. hopefully dengan dia udah mulai sekolah dan ketemu temen2 yang gak hanya cewek, dia bisa mulai ngerti yah.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

19

Topic: Mandi Bersama Anak, Yes or No?

sLesTa Ngajarin kl bunda itu cewe dan ayah itu cowo sih udah. Kalo rasya itu cowo sama kyk ayah jg udah. So far sih dia udah lumayan ngerti. Kl utk genital, dia udah tau "brgnya" dia sendiri. He called it "burung". Diajarin tino nya a.k.a neneknya. Jd lah dia bilang kl itu burung.

Gw jg berharap nya gitu. Dengan sekolah, dia akan lebih mengerti perbedaan gender ini.

'Being a full-time mother is one of the highest salaried
jobs... since the payment is pure love' ~mildred~

20

Topic: Mandi Bersama Anak, Yes or No?

Iya yah Shint, kenapa anak kecil suka pegang2 their stuff, mungkin karena penasaran, mungkin karena enak, gue ngga tau. Tapi kalo lagi mandi trus Ayla pegang2 gitu, gue suka nanya,

"Hey Ayla, why are you touching your jay-jay?"

She said, "aku suukkkaa.."

Trus I said, "Nanti sakit lho dipegang2, nanti luka.."

Baru deh dia stop. Tapi dia tau kok siapa cewek dan siapa cowok karena kalo dia lagi mandi tiba2 bapaknya buka pintu, pasti dia langsung nutup kelaminnya dan bilang, "dadddyy, noooo aku malluuu aku lagi maanndddii.." :D

Rock 'n Roll Momma

21

Topic: Mandi Bersama Anak, Yes or No?

Sejak nggak ada pengasuh, saya selalu mandi bareng Cinta (2 thn 10 bln) dengan alasan kepraktisan. Itu pun dia suka nanya "kok mama ada itunya? kok Cinta nggak ada? kok begini? kok begitu?" Yah, dijelasin lah sesederhana mungkin.
Kalau sama papanya belum pernah mandi bareng, papanya malu dan anaknya juga jarang mau dimandiin papanya. Mungkin nggak biasa karena jarang ketemu.
Soal kapan mau berhenti, belum tahu juga nih. Mungkin kalau dia sudah umur 4 tahun atau aktivitas kami mengharuskan untuk mandi sendiri sendiri

full time mother, part time writer
Twitter: @alfakurnia
Blog: pojokmungil.com

22

Topic: Mandi Bersama Anak, Yes or No?

nggak ah! takut!

sekarang sih gilby masih bayi, jadi its ok aja.. tapi nanti kalo udh gede n bawel nanya2, gak mau!

heyho.. mama mer is in the house yoo..
*peace*

23

Topic: Mandi Bersama Anak, Yes or No?

hhmmm
aku sih suka mandi ama Maira..tapi pas ga ada art aja n demi praktis..
bagus juga buat ngajarin Maira pipis sambil jongkok...

awalnya dia nunjuk kok ada yg keluar dari bawah mama gitu..tapi ya alhamdulillah akhirnya dia bisa pipis jongkok..(selama ini berdiri terus)

cuma ada 1 yg bikin worry..bingung apa mesti dijelasin atau gimana..
suka nunjuk "mimik" nya dia...sambil ketawa...
naah aku bingung ini dia mau tau atau dia mau maenin..soalnya kalau mimik dia emang suka maenin mimik yg satu lagi...
sedangkan kayaknya kalau dijadiin maenan gitu mesti dikasih tau kan ke anaknya kalau mimik bukan maenan..

any input?
thanks before

24

Topic: Mandi Bersama Anak, Yes or No?

berhubung anak gw cew,, gw tentu melakoni ritual mandi bareng ma ayya anak gw,, hehe.. apa lg sambil berendem di bath up, nyanyi bareng, maen aer, guyur2an,, alasan utama siy emng kepraktisan,, sekalian... krn di sini gk ada yg bntuin..
klo bsk pny anak cow... mmm mgkn mndi bareng nya sama si ayah aja..

25

Topic: Mandi Bersama Anak, Yes or No?

sudah sebulanan ini Hamad sering mandi pagi bareng aku, alasan utama mandi bareng ya biar praktis & cepat. Soalnya kadang akunya udah rapi pake baju kerja eh Hamad ngerengek minta dimandiin kan ga mungkin kita ganti baju lagi. Jadi sekarang setiap bangun tidur langsung ngajak Hamad mandi bareng.

Keuntungan lain mandi bareng sekalian mengajarkan ke Hamad urutan mandi, belajar pake gayung sendiri, belajar nyiram badannya sendiri yah walaupun banyakan acara main airnya karena nunggu aku selesai mandi baru dia dimandiin.

Kalo kapan berhenti mandi bareng bingung jawabnya mungkin nanti ada waktunya Hamad pengen mandi sendiri.