1

Topic: Long Distance Love

@ Ria Andiani: ya ampuun ini iaa? ria yang kuliah di TL? ini nissa PL.. hehe.. horeee ketemu lagi disini..dan masih betah LDR..ckckck.. masih di bank of tokyo? tinggal dmana iaa?
@ Eka : amiiin...trimakasiih..smoga ntar bisa lancar juga kaya dirimu..

yummiemommy n cuttiebebe

2

Topic: Long Distance Love

Wah, ternyata banyak ya yang senasib menjalani LDL/LDM/LDR.

Aku dan suami tadinya waktu nikah tinggal di Jakarta tapi pas lahiran Cinta aku pulang kampung, rencana balik ke Jakarta tertunda terus sampai akhirnya dapat kerja di Surabaya sementara suami tetap di Jakarta.
Giliran kontrak kerja udah habis dan mau nyusul suami eh malah dia yang ditugaskan kantornya ke Brunei. Jadi sudah hampir 3 tahun ini kami menjalani LDM. Cinta sih kenal papanya tapi nggak bisa dekat karena jatah ketemu kami cuma sebulan - 2 bulan sekali. Paling sedih kalo pas baru ketemu Cinta kelihatan sekali melepas rindu sama papanya. Dipelukin terus, diciumin, apa-apa maunya sama papa. Tapi nanti mendekati hari-hari kepergian papanya tiba-tiba dia menjauh, musuhin suami :(
Semoga tahun ini rencana kami untuk bisa hidup bersama lagi bisa terkabul.

full time mother, part time writer
Twitter: @alfakurnia
Blog: pojokmungil.com

3

Topic: Long Distance Love

sebelumnya sama sekali ngga berpikir akan ngejalanin LDM/LDL. tp ternyata kejadian jg. skrg lg menghitung hari krn papanya Nay dpt beasiswa dr kantornya. bulan mei besok berangkat, untuk 2 thn ke depan (maybe more, kalo lanjut S3).

higss.. semoga aku bisa se-tough mamas di sini yaa..

4

Topic: Long Distance Love

suryaningtyas wrote:
@ Ria Andiani: ya ampuun ini iaa? ria yang kuliah di TL? ini nissa PL.. hehe.. horeee ketemu lagi disini..dan masih betah LDR..ckckck.. masih di bank of tokyo? tinggal dmana iaa?
@ Eka : amiiin...trimakasiih..smoga ntar bisa lancar juga kaya dirimu..

ya ampyuuunn, nisaaaaaaa...heheh ga nyangka ketemu disini heheheh..abis ga ngenalin, fotonya dari samping siy heheheh, cantiiikkk bgt avatarnya :D
ia msh di BOT, tinggal di sudirman park jeng...
Semoga lancar kehamilannya ya nis sehat ibu and baby :)

To Riri : Sabar ya bu, awal2 pasti kerasa bgt berat, tapi tenang aja kl mau share kan ada kita2 :) You're not alone darling...

davina biggest fans

5

Topic: Long Distance Love

asal diniati baik-baik insyaallah semua nya akan berjalan dengan baik dan sesuai rencana... sukses ya mbk... salam kenal juga nie...

yang selalu ingin lebih baik dari hari sebelumnya, dan bisa membantu semuanya dengan iklasss....

6

Topic: Long Distance Love

Haalo mama-mama!!
Aku mo cerita pengalamanku pertamakali zahra ketemu papanya setelah 3 bulan gak ketemu.
Jadi ceritanya tu, zahra (6M) sekarang udah mulai kenal wajah orang,kalo sama orang yg jarang ketemu dia pasti nangis.Papanya zahra baru bisa pulang setelah 3 bulan ini.Hari-hari menjelang papanya pulang aku mulai mikirin gimana caranya biar zahra gak nangis waktu ketemu papanya,biar papanya juga gak sedih.
kebetulan banget 3 hari sebelum papanya zahra pulang aku dikasih buku sama DSA ku tentang perkembangan anak usia 6-12 bulan.
Dari buku itu aku baca kalo bayi bisa membaca reaksi ibunya ketika betemu dengan orang asing,kalo ibunya kelihatan akrab dan menerima orang tersebut,bayi juga akan begitu.
Waktu papanya zahra sampai rumah,zahra baru bangun tidur,papanya langsung menghampiri tempat tidurnya zahra dan bilang "assalamualaikum zahra..."
zahra nya diem ngeliatain papanya
aku langsung peluk papa terus aku bilang : "zahra ini papa"
aku juga cium pipi papanya sambil bilang berulang kali :"zahra ini papa"
zahra perhatiin aku terus
akhirnya dia senyum sama papanya
dan langsung mau digendong
gak pake nangis
aku senang sekali.papanya juga senang

love zahra,berumon and books

7

Topic: Long Distance Love

TFS mama alesha,
tips nya bagus neh..bentar lg saya en suami jg LDM,dia akan research ke Dortmund s/d Dec.10...sbnrny sudah sering ditinggal tugas,maklumlah suami TNI AD...tapi itu sebelum punya anak...nah ini pertama kali en kalo ketemu dhimas Insya Allah sdh 14M...jd butuh persiapan mental lebih..ada senangnya ditinggal ini bukan tugas yg berbau "perang/peace keeper"..hehehe

8

Topic: Long Distance Love

Mamas,
I feel you. Aku dan suami punya background yang sama yaitu pertambangan. Awal pernikahan, aku bekerja di konsultan tambang di Jakarta dan suami running his own company yang juga bergerak dibidang yang sama, konsultan pertambangan (kok aku gak ngelamar ajah di perusahaan suami sendiri yah…hohohoho). Sering banget ditinggal ma suami wira-wiri dari satu pulau ke pulau yang lain, dari kota satu ke kota yang lain ataupun dari hutan satu ke hutan yang lainnya. Gak keberatan sama sekali. Hampir bersamaan dengan dinyatakannya aku hamil oleh dokter, saat itu pula suami diterima sekolah di Jerman. Masih gak keberatan sama sekali. Aku memutuskan resign dari kerjaan dan balik ke Jogja agar lebih banyak meluangkan waktu bersama suami dan fokus pada kehamilan.

Kandungan menginjak usia 6 bulan saat suami harus terbang puluhan ribu kilometer dan bersekolah disana. Tetap gak keberatan, tapiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii begitu malam hari tiba-tiba kok mewek sejadi-jadinya. Tempat tidur kok berasa luaaaaaaaaaaaassssssssss sekali, gak bisa tidur. Hari-hari berikutnya juga mewek ajah bawaannya , gak ada angin gak ada hujan (lho emang kl ada angin/hujan harus mewek???). Feeling empty, gitu.

Tibalah saat melahirkan, suamipun tidak ada disampingku. Saat melahirkan aku ditemani oleh ibuku, 2 teman perempuanku, dan 3 sahabat laki-laki suamiku. Ketika Baby Kaysan lahir, susternya bingung yang mana bapaknya???
Yang menemaniku diruang persalinan setelah aku melahirkan adalah laki-laki expatriate bertubuh gempal, yang ng-adzanin adalah laki-laki lokal yang juga bertubuh agak gempal, yang mendokumentasikan kelahiran adalah laki-laki lokal bertubuh langsing (hohohohoo).

Konyolnya lagi ketakutanku dikira baby sitter ma orang lain ketika jalan-jalan bersama Baby Kaysan. Baby Kaysan berkulit putih dan bermata sipit (persis banget ama ayahnya) sedangkan aku berkulit gelap dan bermata lebar.
Orang lain: “iiiiiiiiihhhh lucunya….chubby banget….mamahnya mana?”
Aku: Gubrak !!!Arrrrrrrrrrrggggggggggggg!!!!!

Akhirnya Baby Kaysan bertemu ayahnya setelah berusia 1 bulan. Menghabiskan waktu bersama selama dua bulan setelah itu hingga sekarang ditinggal lagi (huhuhuhuhu).

LDM inilah menjadi penyebab utama baby blues-ku. Menjalani kehamilan dan membesarkan Baby Kaysan tanpa didampingi suami rasanya beraaaaaaaaaaaaaaaaat sekali (mewek lagi huhuhuhuhuh). Sampe detik ini masih takut untuk hamil lagi, takut kalo mengalami kondisi yang sama dengan kehamilan sebelumnya.

TIPS: Aku dan suami berkomunikasi via YM untuk chatting dan SKYPE untuk ber-teleconference-ria, lebih murah daripada pake video call. Kadang suami juga telpon pake VOIP, lebih murah dari telepon biasa.

9

Topic: Long Distance Love

dear mama kaysan.. weleh cerita kita hampir samaa.. aku juga melahirkan putri pertama..tanpa suami disisiku..krna alasan yang sama pula..misua sekolah.. hhh... stiap hari skype.. ;)) salam kenal

yummiemommy n cuttiebebe

10

Topic: Long Distance Love

Moms,
ini kan LDL ama Suami yah, ada g yah yang pernah mengalami LDL dengan Anak, karena sesuatu alasan, anak diasuh oleh kakek nenek dan beda kota dengan kita.

11

Topic: Long Distance Love

dear mamas,
toss!! aku ikut gabung ya di sini... :) mau cerita tapi gak sanggup euyy..lagi gak ada tisu deket2, takut banjir...hehe

Nunuk, ayo cerita..LDL mu sama anak gimana??

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

12

Topic: Long Distance Love

halo mamas,
Baru tau ada thread ini.. Aku ikut gabuung..
LDL sama suami mulai dr hamil 4bln.krn satu dan lain hal,aku tinggal di jkt, n suami di riau (di kabupaten plg ujungnya riau),sama ma mamas yg lain,waktu hamil bnr2 single fighter deh,ga da yg nemenin,scr ortu jg lg diluar negeri n mil jauh. :( Alhamdulillah,pas melahirkan suami dpt cuti kerja n bisa ngedampingi (lahiran 1mgg lbh cpt), n tetap nemenin sampe aqeqahan Al. Jd slm kurleb 3mgg, suami yg urusin aku n baby Al.. Senangnya..
Sampe skg Al umur 8,5bln, aku ma suami msh LDL. Diusahain max.2 bln sekali ketemuan,n plg lama cm 1mgg.. Duuh.. Terakhir ktm pas Al umur 6bln, lucunya slm 2hr,dia ga mau dkt ayahnya,pdhl setiap hr aku sll nunjukin foto ayahnya.dlm shari telfonan bs >6kali,tp klo lwt telp,ayahnya manggil ga mau bersuara,diam seribu bahasa..
Alhamdulillah lg, udah 3bln ini,tempat suami bs mms an,or video call, jadinya setiap ada perkembangan skecil apapun ttg Al,lgs didokumentasikan n dikirim..
Yg bikin sedih,ya klo ada apa2 ma Al, aku hrs ngurus sendiri,pergi sdr. suami cm memantau lwt telp.. N yg pasti pulsa telp gila2an.. :p

To have a child is to know the beauty of life..-parenthood-

13

Topic: Long Distance Love

nunuk, aku ga kebayang deh LDL ma anak. setiap pergi kerja yg sampe malam aza, kepikiran mulu..
Ayo di sharing..

To have a child is to know the beauty of life..-parenthood-

14

Topic: Long Distance Love

Hi hot mommas, senasib bgt nich :(
Boleh sharing y ..
Sebagai istriny orang lapangan pasti dah biasa bgt y LDRan..
Dari awal nikah sampe skrg my baby K dah mo 7bln jquhan..
Walopun g tlalu jauh sampe k luar negri, tapi tetep y ngenes berasa lonesome..
Awal nikah kt dah niat nunda punya baby dl gara2 alasan jauhan Ini.. Saat itu suami msh tugas d Indramayu n cuma punya jatah waktu liburan 2minggu sekali..sedangkan aku msh harus d Jakarta..
Kita dah dtg k spog untuk minta alat kontrasepsi (pil kb) yg tnyata hrs diminum saat haid lg dtg deras2ny (cmiiw)..
Tapi tnyata Allah punya rencana lain, si haid g dateng aj gt after honeymoon.. Bersyukur bgt dkasih rejeki yg g diduga berikut g kebayang got pregnant tanpa ad siapa2 disamping gw.. Jauh Dr suami n orangtua ..
Emang bner kek tmen2 yg lain alamin rasany iriiii bgt klo pas lg k spog liat bumil2 cantik yg diantar suaminy.. G usahkan gt denger curhatan temen sesama bumil yg suka dipijitin kakiny Sama suami aj Bs bkin emosi gw naik turun :D.. Tapi alhamdulilah gw bisa menjalani masa kehamilan dgn baik.. G pake ngidam2an secara baby K mungkin ngerti y g da bapakny yg bs disuruh ksana kemari :D
Masuk cumil pindahan k Bdg n itu jd masa2 terindah buat gw krn itu pertama kaliny kami Bs bareng selama lbh Dr 2hari :)
Mendekati akhir cumil muncul masalah baru, gw blm dpt asisten buat jagain baby K, pdahal orangtua (kandung n in law) Sama sekali g Bs diharapin.. Itu yg MIL udah nyindir2 baby K dsini aj sama nenek susu Maj gampang kn byk d Toko.. Dlm hati nangis tp gw diem aj n ttp bdoa smoga segera dkasih jln..
N alhamdulilah bnr aj 1hr menjelang masuk gw dpt BS.. N baby k dibawa ngekos sj gt sampe skrg :D
G kebayang gmana rasany klo hrs LDL with my baby :(

Jd pjg bner y curhatny :D
Maaph y moms menuh2in, abisny lg mellow bgt gara2 baru dtinggal hubby k makasar n g tau untuk brapa lama.. Secara mau lebaran gituh huks :'(

15

Topic: Long Distance Love

Wah mamas gak sengaja nemu thread ini .. ;p
Aku jg lg LDL nih sm suami.. Dulu wkt pacaran sebenernya jg sempet LDL,krn aku kuliah di Bdg n pacar (skrg jd suami) di Jkt n bisa ketemu cuma 2 minggu skali. Tp pas tamat kuliah,kerja n nikah sih bareng teruuuus krn ak balik ke Jkt.
Dari dulu kami punya mimpi kerja n hidup di Bali coz we love Bali so much. Pas anakku Ray umur 1 thn tiba2 ak dpt tawaran kerja di Bali n didukung suami 100%. Akhirnya sejak 2bln yg lalu aku n ray berikut oma opa nya (my parents yg udah pensiun) boyongan pindah ke Bali. Jadi deh kami LDL.. I feel u all mamas yg LDL jg.. Krn walopun dibantu ortu tetep gak sama n gak bisa mnggantikan peran suami..
Hrs berperan jd mom, dad n working at the same time is not easy.. Apalagi wkt ray sakit :( musti bawa ke dokter sendiri, nebus obat sendiri, nangis jg sendiri..
Doain ya mamas mudah2an papa nya ray cepet dpt kerja di Bali jg jd kami bisa segera mwujudkan mimpi utk kerja n hidup di Bali.. Amin..

16

Topic: Long Distance Love

Dear Moms,
So nice to share here, Aku dan suami g pernah LDL, tapi aq pernah LDL dengan Si Lincah Roma, Kurleb 2 Bulanan karena alasan gda yg bantu jaga (dr awal aq punya anak, aq hanya ingin ada ikatan sodara yg jaga), dan disitulah masalahx, sempat uji coba 1 Bulan, sodara mesti nglanjutin kuliah, jadi pulang ke kampung, akhirnya Mertua dan orang tuaku memutuskan Si Lincah Roma tinggal di kampung Ortuku. Dan diasuh langsung oleh Ibuku Tanpa Mbak. Perkembangan motoriknya sangat pesat disana, karena banyak bersosialisasi dan di stimulasi oleh sodara2 disana. Aku dan Suami (Kyaknya g perlu ceritain perasaanx kan) harus pulang 1 bulan sekali (menguras Bank sangatt). Foto dan Videonya kami diberi update tiap hari di FB, Video Call sangat tdk membantu. Hikzzz... Selama itu aku masih ASI, Aku selalu mencari dan menanti info2 orang2 yang kekampungku, untuk ku titipkan ASI ku. Freezer-Bandara-On Flight-Bandara-Rumah Freezer (Kurleb 5 jam). i jaz ken sei: I Love to be Like Thiz, Love the Situation, and Love to dream for togethernes...

17

Topic: Long Distance Love

nunuk gak kebayang rasanya. btw, kamu ada dimana dan anak kamu itu ada dimana? biar bisa kebayang jarak & jauhnya.. sekarang gimana? sudah berkumpul lagi kaan?

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

18

Topic: Long Distance Love

Nunuk: trus skrg gmn? Msh jauhan sm baby nya? You're so tough *all thumbs up
I just can't imagine that.. I think LDL with hubby is much easier than with our baby..
Salut buat mb nunuk.. Semangat ya..! Smg cepet kumpul lg..

19

Topic: Long Distance Love

Mom Slesta dan Mom Sella dan Mom lain yang baca, Thanks ya...
Sebenarnya aku pengen share lebih dalam cuma its so wide, dan aku hanya ingin membagi sebatas itu, berat rasanya. Aku juga punya teman sekantor yang ngalamin juga, cuma parahnya Suami, istri dan anak ada di 3 kota yang berbeda, dilakoni sampai sekarang, usia anaknya 1 .5 tahunan. Kami sering share sama seperti moms disini, memang sangat sulit dipercaya hal ini terjadi.
Thumb for all Mom yang kuat ngejalanin LDL-nya

20

Topic: Long Distance Love

@mba nunuk: yang sabar y mba, semoga segera ad jalan keluar biar bisa ngumpul y.. Amien..
Tmen deketku ad 2 yg jauhan Ibu bapak n anak beda lokasi semua.. Alasanny Sama kek mba karena lbh merasa nyaman klo anak dijaga orangtua ..
Makany aku termasuk yg nekat bawa baby sendiri n tinggalin dgn BS.. Aku ngerasa g sanggup mba klo hrs LDL dgn anak, alhasil aku bela2in bayar Kos mahal d blakang kantor demi bisa plg k rumah tiap istirahat :D
Tapi kadang aku sedih jg Mbak klo liat anakku gaulny cuma Sama aku n BSny :(
Y bgitu deh mba y, smua keputusan yg kt ambil insya Allah yg tbaik untuk anak kita walopun pasti ad plus minusny ..
Yuk kita salibg mendoakan biar masa2 LDL Ini cpet berakhir :)
Amieeennnn..

21

Topic: Long Distance Love

n3n9nyak4n9: iya memang keputusan yang berat, keputusan yg hebat Mba ngkost deket biar bisa pulang. Pokoknya aq masih salut deh ma Ibu2 bekerja dan masih bisa bersama anak. Soalx bagi aq Kepercayaan u BS/ART itu sangat sulit. Aq sey selalu menguatkan diri, klo apa yg kubuat sekarang, bisa membuat aq tetap dekat ma anakku, ada waktu2 tertentu dan harus disiplin tiap hari aq dan suami menelfon untuk memperdengarkan suara aq dg mbacakan doa, curhat, dan sekedar bertanya padanya (walaupun mungkin dia blm ngerti), aq yakin hal itu tersimpan di memorinya. Dan aq setiap saat dan bertekad tetap memberikan ASI, aq anggap itu update tubuh dan jiwaku untuknya, Jadi aku tetap merah dikantor dan dirumah teratur 3 jam sekali agar tidak mengganggu suply/demand ASIku.
Hopely the best come fast

22

Topic: Long Distance Love

huhuhu... trnyata bnyk jg yg punya pengalaman sama. bahkan yg lbh "berat" lg ngalamin LDLnya. Jd g ngerasa sendiri. G bs bayangin klo hrs LDL sm anak. Hebat deh Nunuk

Aku jg LDL sm suami. sejak hamil 7bln, aku pulg krmh ortu di probolinggo,,smntara suami tetep di denpasar. ktmuannya paling 1bln skli. Br kerasa pas suda ada Maika. Sedih bgt g bs sharing apa2 yg brhubungan dng Maika. Cm telpon yg jd andalan.

Ada kejadian yg bikin mewek... Waktu Maika lahir, ayahnya smp nemenin smp usia 1mggu (pas puput pusarnya). Dan br ktmu lg waktu Maika selapanan (35hr). Waktu ayahnya mo gendong,,maika lsg nangis kejer. Bgtu aku ato uti-nya (mamaku) yg gendong lsg diem. Mgkn krn dia blm trbiasa sm "bau" yg gendong. Smp suamiku blg gni "Maika lupa sm ayahnya". Hiks.... :'( Aku yg mewek dengernya. Biar g smkin sedih,aku blg aja klo gendongnya g pas,,makanya jd rewel.
Bgtu jg waktu jadwal pulg buln berikutnya (pas maika 2bln). Si anak tetep nangis kejer klo dgendong ayahnya. Kynya aku hrs mulai niru caranya mama raihan ato mama alesha.

Dan semoga qta bs segera brkumpul lg...

..::a yummy mommy wannabe::..

http://soundofmee.wordpress.com

23

Topic: Long Distance Love

Salut deh sama para Mamas di sini yg bisa tabah ngejalanin LDL..:-)

Aku termasuk salah satu korban LDL (haiyah..lebay..;p). Saat aku kelas 3 SD Papaku mendapat beasiswa studi lanjut S2 ke Amerika, krn itu terpaksa ninggalin Mama & 4 anak2nya yg msh kecil, adikku yg bungsu mlh baru lahir.

1,5 tahun kemudian balik ke Indonesia & 2 adikku yg terahir bahkan sempat gak mengenali beliau..trus waktu aku kelas 2 SMP Papa kembali mendapat beasiswa S3 (Ph.D) di Amerika (again) selama hampir 4 tahun, di tahun ke-3 saat Papa sdg nyusun disertasi Mama nyusul ke sana utk ndampingi slm 10 bulan, praktis kami anak2nya ditinggal & dititipkan ke Eyang & Tante kami.

Emang sih sepulang Papa dr Amerika, kehidupan perekonomian keluarga kami meningkat drastis krn di luar karir Papa sbg Dosen, tawaran pekerjaan & jabatan2 lain yg menggiurkan jg antre menanti beliau, tapiii...

Byk bgt moment kebersamaan yg hilang, saat ikut lomba2 & menjuarainya gak ada Papa yg ngasih ucapan selamat & pelukan..cm Mama yg dengerin curhatan kami, tp gak ada Papa yg bisa ksh solusi..Mama udah sibuk ngurus rumah tangga & anak2nya, tp gak ada Papa yg ngajak kami rekreasi brg & nemeni kami belajar.. Bahkan saat Ultah Sweet 17-ku gak ada Papa (& Mama) di sisiku.
Aku & adik2ku dulu jg srg bgt nangis kl kesepian & kangen sama Papa, mana komunikasi agak terhambat krn jaman dulu khan blm ada internet & HP, cm via pos yg nyampenya 2 minggu (total sama balesan suratnya jd sebulan) jd cerita2nya udah basi :-p, telpon 1x/bulan di rumah tetangga kami yg jaraknya 500 mtr (kami blm pny telp, jaman dulu pasang telp mahal euy!).

Tp itu dulu..eeh, sekarang hampir mau terulang lg kejadian kyk dulu, aku punya Suami seorang Dosen yg tahun depan mau studi lanjut S3 ke luar. Doooh, trauma deh aku kl hrs LDL lagi!..mana aku, suami & anakku Nendra selalu bertiga kemana2, jd ngebayangin aja gak sanggup rasanya kl hrs pisah sementara..Suamiku akhirnya mengusahakan utk bisa bawa istri & anaknya, dia berprinsip kl keluarga hrs ikut kemanapun dia pergi..hehehe..

rosalia8hans.wordpress.com | @RosaliaHans
Rosalia Surya Budi
Architect, Interior Furnishings Designer, Free Thinker, Full Time Mom & Wife.. :)
(Non Scholae Sed Vitae Discimus)

24

Topic: Long Distance Love

Dear Mamas,
Akhirnya lebaran ini aku dan anakku sudah tidak LDL lagi, di usianya yang 10 Bulan aku sudah bisa bersama, akhirnya aku bisa mendapat solusinya, Hikmah Romadhon yang tak pernah kulupakan seumur hidupku...
Aku bahagia Mamas.....bahagia............

25

Topic: Long Distance Love

mba nunuk selamat ya dah berkumpul kembali, ASI nya masih lancar ya mba?

Mungkin kalau aq jadi mba.....tidak kuat aq menjalaninya......
sekarang aq LDL sama suami, hari ini beliau ke site dan kembali lagi nanti 7 minggu kemudian......mudah2an dipermudah segala urusannya.....AMIN
sebenarnya waktu anakku 4 bulan kami satu kota, karena mengingat terpelosoknya tempat tinggal kami (berau-kalimantan timur) mana suka mati lampu, jadi kami putuskan agar saya dan anak tinggal di jakarta dan suami tetap di berau, tinggal di mes.

MamanyaShabrina
"Yuk berhemat pemakaian Listrik dan Air serta kita pilah sampah organik dan non organik di rumah kita" :D